Game Horor Indonesia yang Mencekam Masih Kalah dengan Game Horor Luar Negeri

DreadOut 2 yang masih tetap kalah bersaing dengan Game buatan Luar Negeri


2
2 points

Memasuki abad ke 21 (saat ini), industri yang bergerak dibidang permainan digital (game) semakin berkembang pesat. Game yang dulunya hanya bisa dimainkan secara langsung atau real life, sekarang sudah banyak yang bisa dimainkan melalui digital seperti Handphone, komputer, laptop, dan perangkat elektronik lainnya, bahkan sudah banyak game yang bisa dimainkan secara digital dan bersamaan dengan orang lain (online). 

Industri game di Indonesia

Dilansir oleh Bisnis.com, Asosiasi Game Indonesia (AGI) menyebut game Tanah Air terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir, mereka juga optimis bahwa pengembangan industri ini kedepannya akan semakin membaik. Di Indonesia sendiri game yang paling banyak diminati konsumen adalah gamemobile, lalu setelah itu game PC atau komputer dan yang terakhir adalah game console

Sumber: newzoo.com

Indonesia sendiri sudah berhasil membuat beberapa game yang bisa dikatakan cukup sukses di pasar industri game, namun tetap saja masih kalah saing dengan game buatan luar negeri yang masuk ke pasar Indonesia, salah satu contoh game buatan Indonesia yang cukup sukses namun tetap kalah saing dengan game luar negeri yaitu game DreadOut 2.

DreadOut 2

DreadOut 2 merupakan game horor PC atau komputer yang diterbitkan oleh Digital Happiness asal Indonesia pada tahun 2020. Game ini mengisahkan kembali tentang seorang murid SMA yang bernama Linda yang sudah berhasil keluar dari “dunia horor” di game sebelum nya (DreadOut). Linda kembali merasakan gangguan-gangguan mistis dan kembali teringat kejadian yang terjadi di game sebelum nya, yaitu dimana semua teman-teman nya dan ibu guru yang pergi liburan bersama Linda meninggal dan hilang entah kemana. Linda pun kembali menyelidiki kasus tersebut dan berupaya mengungkap kematian dari guru dan teman-teman nya. Nuansa horor di game DreadOut 2 ini masih tetap ada dan mencekam, berbagai macam makhluk halus “khas Indonesia” seperti pocong, kuntilanak, dan makhluk halus lainnya masih diperlihatkan di game ini.

Game DreadOut 2 ini cukup menarik perhatian para gamers di Indonesia, namun rating yang diperoleh masih dibawah dari rating game DreadOut.


Sumber: Metacritic.com

Sedangkan data rating untuk game DreadOut 2 menurut steamdb.info, peminat nya yang memberikan ulasan positif terhadap game ini berkisar sebanyak 71%, yang dimana cukup tinggi, namun dengan nilai rating sebesar itu, game ini masih kalah bersaing dengan game horor lainnya yang masuk ke Indonesia. Menurut data yang diperoleh dari katadata.co.id penikmat game horor DreadOut 2 ini porsinya sangat minim di Indonesia, tak lebih dari 7%, game ini masih kalah bersaing dengan game luar negeri bertemakan horor yang masuk ke Indonesia di tahun yang sama. Dua contoh game luar negeri yang menyaingi DreadOut 2 di pasar Indonesia adalah game Phasmophobia dan Amnesia: Rebirth

Sumber: steamdb.info

Phasmophobia

Phasmophobia merupakan game yang diterbitkan oleh Kinetic Games yang merupakan studio game asal Inggris yang berfokus pada virtual realitas. Game Phasmophobia bernuansa horor yang dimana menceritakan tentang 4 orang pemain yang menginvestigasi suatu rumah berhantu. Game ini dilengkapi dengan fitur online yang dimana para pemain dapat bermain bersama-sama maksimal 4 orang. Nuansa horor dari game Phasmophobia juga cukup mencekam, sebelum permainan dimulai, para pemain akan diberi kesempatan untuk memilih beberapa peralatan yang dapat membantu mereka dalam menginvestigasi suatu rumah dalam game tersebut. Game yang diterbitkan tahun 2020 ini sangat populer di Indonesia, game ini bahkan mampu mencapai peringkat ke 6 di platform Twitch.

Phasmophobia mendapatkan respon yang sangat baik di pasar Indonesia, banyak para influencer, youtubers, dan gamers terkenal yang memainkan nya. Rating yang didapatkan oleh game ini juga sangat baik yaitu mencapai 96%. Game ini juga mendapat kan penghargaan di Best Debut Game setelah 3 bulan dirilis.

Sumber: steamdb.info

Amnesia: Rebirth 

Game selanjutnya yang diproduksi luar negeri dan menyaingi DreadOut 2 di Indonesia adalah game Amnesia: Rebirth. Game ini di produksi oleh Frictional Games asal Swedia dan diterbitkan tahun 2020 lalu. Game ini memiliki genre yang sama dengan DreadOut 2 yaitu horor, yang menceritakan tentang 2 orang, sedang berpergian menggunakan pesawat dan tiba-tiba pesawat nya mengalami kecelakan dan terjatuh di sebuah gurun. Beberapa saat sebelum pesawat terjatuh, sang ayah merasakan kejadian mistis dan melihat sesuatu makhluk di dalam pesawat. Sang ayah pun selamat dan terbangun setelah beberapa hari, namun ia merasa bingung dan menanyakan pada dirinya “kemana semua orang?”. Amnesia: Rebirth memulai game nya dengan seorang karakter bernama Tasi Trianon yang berusaha menyelediki dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan semua orang, mengapa semua nya menghilang. Game ini disajikan dengan alur cerita yang menarik, nuansa horor nya pun sangat mencekam dengan menghadirkan makhluk-makhluk yang berbentuk aneh dan wujud menyeramkan.

Amnesia: Rebirth mendapatkan rating baik di kalangan para gamers. Game ini menyaingi DreadOut 2 dengan rating positif 75%, sedikit lebih tinggi dari pada DreadOut 2 dan mendapatkan rating 8 dari Indonesia.

Sumber: steamdb.info

Sumber: gamereactor.asia 

Kalah Bersaing 

Game DreadOut 2 masih kalah bersaing di Indonesia dikarenakan target dari penjualan nya masih sedikit kurang sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia pada umumnya. Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk melihat gameplay orang lain, yaitu gameplay orang luar negeri, daripada memainkan game itu sendiri. Hal ini bisa kita lihat dari grafik yang tertera dibawah ini.

Grafik tersebut menunjukan bahwa game DreadOut 2 ini lebih banyak mendapat perhatian di platform Twitch, yang dimana hanya melihat orang lain memainkan game nya. Masyarakat umumnya juga lebih menyukai game yang bisa di mainkan dengan bersama orang lain, game yang dapat berinteraksi secara aktif seperti game Phasmophobia.

Game Phasmophobia memiliki jumlah pemain yang lebih banyak dari DreadOut 2, bisa dilihat dalam grafik dibawah ini.

Game ini mulai naik setelah 3 bulan dirilis. Jumlah Twitch viewers langsung melonjak tinggi dan jumlah pemain juga meningkat. Game ini banyak diminati oleh pasar dikarenakan konsep bermain dari game ini adalah online. Strategi segmentasi pasar game ini sangat baik, mengingat game ini dirilis pada masa pandemi, banyak masyarakat yang dirumah, maka dibuat lah game dengan konsep bermain yang bisa sekaligus berinteraksi dengan orang lain. Segmentasi pasar yang sangat menonjol diterapkan adalah segmentasi psikografis dan perilaku, yaitu menurut Ferrel, Hirt, dan Ferrel (2020) dalam buku nya yang dijelaskan bahwa segmentasi psikografis melihat karakteristik personal, gaya hidup, dan motif, sedangkan untuk perilaku dijelaskan bahwa bagaimana kita melihat perilaku konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Strategi marketing yang bagus terhadap pasar, akan mendapat kan informasi yang bagus pula untuk cara kita memasarkan suatu produk. Berikut dibawah ini segmentasi pasar dari masing-masing game:

Segmentasi Pasar

DreadOut 2

Phasmophobia

Amnesia: Rebirth

Demografis

Menargetkan konsumen dengan usia 15 tahun keatas, karena dalam game ini masih terdapat sedikit konten kekerasan. Game ini dapat dimainkan baik untuk pria maupun wanita

Game ini memiliki target pasar di semua rentan usia, karena konsep dari game ini tidak terlalu rumit dan tidak ada unsur konten dewasa nya. Pria maupun wanita juga dapat memainkan nya

Game ini menargetkan pasar nya di rentan usia 17 tahun keatas, karena game ini memiliki konten dewasa seperti pembunuhan, kekejaman dan lain-lain. Dapat dimainkan oleh pria dan wanita

Geografis

Internasional, rilis di komputer

Internasional, rilis di komputer

Internasional, rilis di komputer

Psikografis dan perilaku

Konsumen yang menyukai nuansa game horor

Konsumen yang menyukai nuansa game horor dengan berinteraksi secara langsung dengan pemain lain

Konsumen yang menyukai nuansa game horor dengan alur cerita, teka-teki dan grafik yang bagus














Berbeda hal nya dengan game Amnesia: Rebirth, game ini mendapat rating positif lebih tinggi dari pada DreadOut 2 dikarenakan memang game ini menyesuaikan dengan keinginan dari konsumen nya, yaitu para gamers. Grafik dan alur cerita yang ditampilkan pada game ini lebih menarik dari DreadOut 2 dan lebih disukai oleh para gamers. Game ini juga menampilkan banyak latar tempat yang tidak umum ada di horor game seperti gurun pasir, goa kristal, dll. Amnesia: Rebirth juga memiliki interaksi (pasif) yang lebih banyak didalam game nya, peralatan atau item yang dapat digunakan dalam game juga cukup menarik. Game ini menerapkan konsep rancangan dari proses operasi yang cukup baik yaitu customization, karena membuat dan mengkemas produk nya sesuai dengan keinginan konsumen nya, maka dari itu game ini lebih populer dari DreadOut 2, bila dilihat dari data penonton di Twitch, Amnesia: Rebirth juga mendapatkan penonton yang lebih banyak dari DreadOut 2.

Frictional Games “mendekor” game nya yaitu Amnesia: Rebirth sedemikian rupa agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para gamers. Ferrel, Hirt dan Ferrel (2020) menjelaskan, dalam proses operasi sebelum suatu perusahaan memulai produksi nya, pertama harus menentukan metode yang sesuai untuk mengubah sumber daya dan menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam bukunya di jelaskan, suatu produk biasanya dirancang untuk diproduksi menggunakan salah satu dari tiga proses yaitu, standardization, modular design, dan customization. Standardization adalah membuat identik suatu produk, komponen yang dapat diganti, atau bahkan keseluruhan produk. Modular design yaitu melibatkan membuat item dengan sendiri yang dapat digabungkan atau diubah agar mendapatkan produk yang berbeda. Customization adalah membuat produk sesuai dengan keinginan dari konsumen nya yang dimana akan menghasilkan ciri khas tersendiri dan sesuai dengan kebutuhan dan kemauan konsumen.

Solusi dan Best Practice

Melihat kalah bersaing nya game DreadOut 2 ini dengan game buatan luar negeri, Digital Happiness sebagai penerbit dari game DreadOut 2 dapat mengambil strategi pemasaran yang lebih baik untuk game ini, yaitu dengan segmentasi pasar yang tujuan nya lebih sesuai di era moderen saat ini. Digital Happiness juga bisa memberikan update atau perubahan terbaru mengenai game ini, membuat game ini dapat menjadi game yang bisa dimainkan bersamaan (multiplayer mode), agar bisa lebih menjangkau apa yang diinginkan oleh konsumen. Game ini juga dapat ditambahkan alur cerita sampingan atau seperti mini game tersendiri, menambahkan mode bermain yang baru, latar tempat yang diperbanyak lagi, serta menambah collectible item yang dapat diperoleh oleh para pemain agar lebih menarik dan lebih sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Bisa kita lihat salah satu game horor buatan luar negeri yang cukup sukses meraup pasar yang besar, yaitu game Resident Evil 3 yang diterbitkan oleh CAPCOM Co., Ltd pada tahun 2020. Game ini memiliki grafis yang bagus, alur cerita yang menarik, lalu nuansa horor yang menghadirkan makhluk-makhluk berwujud aneh dan menyeramkan. Game ini juga menyajikan aksi dari karakter yang dimainkan dengan sangat bagus. Game ini juga memiliki konsep online dan bisa bermain bersama dengan orang lain. 

Selain dari banyak hal diatas, hal yang dapat di contoh lagi dari game ini adalah platform penjualan game ini. Resident Evil 3 tidak hanya dipasar kan di PC atau komputer saja, namun game ini juga terdapat di playstation 4 dan Xbox One. Dilansir oleh kumparan.com Capcom merilis Resident Evil 3 di tiga konsol, yakni Playstation 4, Xbox One, dan PC. Ini merupakan strategi pemasaran yang baik untuk diikuti oleh Digital Happiness sebagai penerbit dari DreadOut 2, dapat diperkirakan akan mendapatkan pasar yang lebih besar dan bisa menyaingi game luar negeri lainnya. Strategi bisnis memanfaat kan teknologi seperti ini, dijelaskan pula oleh Jones dan George (2020) dalam bukunya bahwa terdapat teknologi lebih yang harus digunakan agar suatu produk dapat bersaing, didalam buku ini disebut The General Environment. Kemampuan yang digunakan oleh manajer untuk mendesain, produksi, dan distribusi dari sebuah produk. Jadi seorang manajer atau dalam kasus ini penerbit apabila bisa memanfaat kan perkembangan teknologi di era seperti ini, maka bisa memungkinkan untuk mendapatkan penjualan yang lebih besar.


Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Penulis

Muhammad Jodi Aprianda Fadhlan



Referensi

Ferrell, O.C., Hirt, G. dan Ferrell, L. (2020). Business: A Changing World. 12th Edition, McGraw-Hill, New York.

https://teknologi.bisnis.com/read/20200819/564/1280850/tantangan-dan-optimisme-industri-game-di-indonesia (diakses pada 23 Maret 2021)

https://www.metacritic.com/ (diakses pada 25 Maret 2021)

https://katadata.co.id/dinihariyanti/berita/5e9a55776f93c/biaya-pengembangan-gim-horor-dreadout-2-lebih-rp-28-miliar#:~:text=Realisasi%20penjualannya%20tercatat%20sekitar%20US%24%201%20juta. (diakses pada 25 Maret 2021)

https://steamdb.info/ (diakses pada 26 Maret 2021)

https://www.gamereactor.asia/amnesia-rebirth-diumumkan-untuk-pc-dan-playstation-4/ (diakses pada 26 Maret 2021)

https://kumparan.com/berita-hari-ini/resident-evil-3-remake-rilis-bagaimana-cara-memainkannya-1t9SPppbsan/full (diakses pada 27 maret 2021)

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Managers R Us

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format