Persaingan Twin Tulipware dengan Tupperware dan Lock n Lock

Apa itu Twin Tulipware ? Ada apa dengan Twin Tulipware dengan Tupperware? Akankah Twin Tulipware menggantikan posisi Tupperware dan Lock n Lock di masyarakat?


0

Sudah tidak asing bagi kita jika peralatan rumah tangga khususnya untuk wadah makan dan minum menggunakan bahan baku plastik. Bagi sebagian orang produk plastik digunakan untuk tujuan keamanan, karena jika jatuh tidak akan pecah. Indonesia banyak diserbu oleh produk plastik dari berbagai macam dunia, dari China, Inggris, Korea, dan masih banyak lagi. 

Produk Korea yang telah memasuki pasar Indonesia adalah Lock n Lock. Dilansir dari Kompas.com, presdir Lock n Lock Indonesia, Woo Hack Jin Indonesia merupakan pasar potensial dan optimis dengan pertumbuhan usahanya. Secara global, pertumbuhan penjualan dari Lock n Lock menunjukkan ke arah positif dimana pada tahun 2000 mencapai 8,2 juta dolar Amerika menjadi kurang lebih 243 juta dolar Amerika pada tahun 2009. 

Dilihat dari sejarahnya, Lock n Lock didirikan pada 11 November 1978. Kemudian pada tahun 1998, meluncurkan empat sisi pengunci wadah makanan. Tahun 2002, melakukan launching Lock n Lock mall yang merupakan pusat perbelanjaan online resmi. Lock & Lock juga sempt berganti nama dari untuk terjadi perubahan nama dari Hana Mart Co.,Ltd  menjadi Lock & Lock Co.,Ltd ditahun 2003. Lock n Lock melebarkan bisnisnya di luar negeri mulai dari tahun 2004, dimana bisnisnya didirikan di China, kemudian di Vietnam pada tahun 2007, dan mendirikan sales unit di Indonesia tahun 2009. Tahun 2010, Lock n Lock sudah terlisting di Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI).  Selain China, Vietnam dan  Indonesia Lock n Lock juga mendirikan sales unit di Jerman pada tahun 2010, di Australia 2012, di USA 2016 dan masih eksis sampai sekarang. 

Lock n Lock memiliki berbagai macam kategori produknya seperti wadah makanan, peralatan masak, gelas, dan botol air. Kantor Lock n Lock di Indonesia berada di Palma Tower Lt. 17 Jl. RA Kartini II-S Kav.6 Pondok Pinang – Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Lock n Lock telah mengoperasikan toko yang dikelola langsung di kota-kota besar sepert Jakarta, Surabaya, dan Medan. Hal tersebut dilakukan supaya memperluas pangsa pasar.

Negara lain yang ikut bersaing di Indonesia dalam produk wadah makanan adalah Amerika. Tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia jika mendengar produk Tupperware. Produk ini banyak disenangi oleh kaum hawa. Kata Tupperware sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Earl Silas Tupper yang merupakan seorang pebisnis dari Amerika. Tupperware muncul pada tahun 1946. Brand Tupperware mulai popular sejak Earl Silas Tupper bertemu dengan Brownie Wise. Saat itu Brownie Wise membantu dalam memasarkan Tupperware. Brownie memasarkan produk disaat momen perayaan atau pesta. Dari sini lah produk Tupperware mulai terkenal. Startegi pemasaran yang digunakan Brownie dikenal sebagai Tupperware Party.

Tupperware dipasarkan di Indonesia pada tahun 1991. Pada tahun 2013, sudah lebih dari 70 distribustor resmi tersebar di berbagai kota di Indonesia. Indonesia merupakan pasar terbesar untuk Tupperware. Angka penjualan Tupperware di Indonesia pada tahun 2013 mencapaik lebih dari $200 juta dengan 250.000 distributor. Tupperware terus eksis dan dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Di Indonesia sendiri terdapat perusahaan yang memproduksi wadah makanan dari plastic yang masih eksis saat serbuan produk impor. Perusahan lokal wadah makanan di Indonesia adalah Twin Tulipware. Twin Tulipware merupakan produk lokal yang didirikan pada tahun 2000 di Bandung. Nama Twin Tulipware diambil dari kata Twin karena pendirinya ada dua orang, dan kata Tulip yang merupakan nama bunga. Founder dan Komisioner dari Twin Tulipware adalah Paulus Muliadi beserta istri Kumala Andjani dan  Kam Ka Liong beserta istri Dewi Gunawan. Pada tahun 2002, PT Dian Megah ndo Perkasa menindaklanjuti perkembangan Twin Tulipware yang mengalami restrukturisasi di bidang manajemen dan pemasarannya. Saat ini Twin Tulipware telah memiliki pabrik dan lebih dari 50 cabang serta stockist yang tesebar di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Twin Tulipware, merupakan salah satu produsen peralatan rumah tangga yang berbahan palstik berkualitas yang cukup terkenal di Indonesia dan mampu bersaing dengan produk impor. 

Sumber : www.topbrand-award.com

Dari gambar tersebut produk Twin Tulipware belum berada dalam Top Brand, sedangkan Tupperware dan Lock n Lock sudah masuk ke dalam Top Brand. Tahun 2019 dan 2021 posisi Tupperware berada di atas Lock n Lock. Hal ini menandakan bahwa diantara Twin Tulipware, Tupperwar, dan Lock n Lock yang menjadi top brand adalah Tupperware.

Sumber : https://www.locknlock.com/eng/finance/category-state

Sumber : https://ir.tupperwarebrands.com/~/media/Files/T/TupperWare-IR/documents/annual-reports/2019/2019-10-k.pdf

Grafik di atas menjelaskan penjualan Lock n Lock secara global. Dari grafik tersebut dari tahun 2016 hingga tahun 2018, penjualan Lock n Lock mengalami penurunan. Sedangkan tabel di bawah grafik merupakan penjualan produk Tupperware dalam kurun waktu 5 tahun (tahun 2015 – tahun 2019). Tahun 2019, penjualan Tupperware secara global mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. 

Twin Tulipware melakukan plagiarism?

Persaingan antar brand untuk wadah makanan semakin terasa. Pemilik brand berlomba-lomba menciptakan produk yang dapat diterima di masyarakat. Brand Tupperware sudah sangat kuat di Indonesia. Tupperware memiliki ciri khas pada produknya. Dimana terdapat logo di tutupnya serta warna yang colourfull pada produknya. Munculnya Tupperware ini sangat mendapatkan respon yang baik, sehingga banyak perusahaan yang mencoba untuk memproduksi produk seperti Tupperware. Twin Tulipware, merupakan produk lokal yang memproduksi produk sekilas mirip dengan Tupperware. Namun berbeda dengan Lock n Lock yang memiliki ciri khas berbeda dengan Tupperware maupun Twin Tulipware.

Tupperware sendiri sudah mendaftarkan dan mematenkan brandnya secara resmi di Indonesia dengan nomor pendaftaran 263213, 300665, 300644, 300666, 300658, 339994, 339399. Sedangkan brand Twin Tulipware baru mengajukan permintaan pendaftaran brand pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Pengajuan brand yang dilakukan Twin Tulipware mendapatkan perhatian khusus oleh Tupperware. Pihak penerima lisensi Tupperware, menemukan bahwa desain-desain dari produk-produk Twin Tulipware sama dengan Tupperware. Jika dilihat dari kasus ini, dari Twin Tulipware melakukan pelanggaran etika dalam berbisnis. Dapat dikatakan bahwa Twin Tulipware telah melakukan plagiarism terhadap produk Tupperware. Kondisi ini menyebabkan kerugian bagi Tupperware. 

Bentuk pelanggaran yang dilakukan Twin Tulipware diantaranya, terdapat kesamaan penggunaan brand Tulipware dan Tupperware untuk produk-produk sejenisnya, penempatan brand pada bagian bawah wadah dan bentuk tulisan yang sama sehingga membingungkan konsumen terkait asal-usul dari produk tersebut, brand Twin Tulipware yang digunakan pada produk-produknya berbeda dengan etiket brand yang diajukan permohonannya pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Plagiarism terhadap brand telah tercatat dalam Pasal 103 Undang-Undang Merek 2016, dimana menyatakan bahwa tindak pidana merek merupakan delik aduan, akan tetapi dalam penanganan kasus brand dapat diselesaikan melalui hokum perdata, hokum pidana, administasi negara, penangan oleh Pabean, penanganan oleh Badan Standar Industri, dan penanganan oleh Badan Standar Periklanan. Pengaturan hukum merek dalam Undang-Undang Merek yang Baru Nomor 20 Tahun 2016 telah berupaya memberikan perlindungan hukum terhadap pemegang hak brand terkenal.

Selain perlindungan merek, terdapat pasal yang mengatur terkait hak desain. Hal tersebut dijelaskan pada pasal 9 ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 dimana pemegang hak desain memiliki hak eksklusif  untuk melaksanakan sendiri hasil dari desain industrinya atau memberi  izin pihak lain untuk melakukannya, dan melarang pihak lain untuk meniru, menjiplak, maupun mengedarkan produk yang telah diberi Hak Desain Industri.

Perbedaan

Twin Tulipware

Tupperware

Lock n Lock

Produk

Keunggulan produk Twin Tulipware

Logo

Sumber : diolah

Dari tabel tersebut, sangat jelas bahwa terdapat kemiripan antara produk dari Twin Tulipware dan Tupperware, sedangkan Lock n Lock terlihat paling berbeda dari segi produk maupun logonya. Adanya kemiripan ini, membuat Tupperware mengalami kerugian secara materil maupun immaterial sehingga pihak Twin Tulipware harus melakukan ganti rugi karena telah merugikan pemegang hak produk Tupperware.

Langkah yang sebaiknya diambil oleh Twin Tulipware adalah segera menyelesaikan dengan pihak Tupperware dan ke depannya dapat membuat produk dengan ciri dan karakteristik yang berbeda seperti halnya yang dilakukan oleh Lock n Lock.

4P untuk Twin Tulipware, Tupperware, Lock n Lock

Dalam memulai bisnis, perusahaan menentukan segmen, target dan positioning untuk produknya. Segmentasi merupakan aktivitas dalam membagi pasar berdasarkan kategori. Setelah menentukan segmentasinya, perusahaan melakukan target untuk pasarnya. Perusahaan harus melakukan positioning yaitu mengembangkan strategi pemasaran.

Segementasi dan Targeting dari Twin Tulipware, Tupperware, dan Lock n Lock

Segmentasi dari Twin Tulipware adalah seluruh masyarakat Indonesia, sedangkan targetnya adalah kaum wanita khususnya ibu rumah tangga. Target dari Twin Tulipware berada pada rentang usia 25 tahun hingga dewasa. Segmentasi dari Tupperware dan Lock n Lock adalah seluruh masyarakat secara global. Targetnya sama dengan Twin Tulipware yaitu kaum wanita khususnya ibu rumah tangga.

4P merupakan marketing mix atau bauran pemasaran merupakan strategi perusahaan dalam menjalankan suatu bisnis. Bauran pemasaran dibuat setelah perusahaan menentukan target dari pasarnya. Dalam bauran pemasaran terdapat 4 poin, yaitu price (nilai yang diberikan untuk suatu produk), produk (barang atau jasa yang dijual), promotion (aktivitas yang dilakukan supaya konsumen mengetahui produk), dan distribusi (penyaluran produk hingga sampai ke konsumen). Berikut bauran pemasaran dari Twin Tulipware, Tupperware, dan Lock n Lock

Twin Tulipware

Tupperware

Lock n Lock

Produk

Produk Twin Tulipware adalah perlatan rumah tangga seperti food & beverage container, peralatan dapur berbahan metal serta  kecantikan 

Produk Tupperware adalah food & beverage container, diffuser, peralatan masak

Produk Lock n Lock adalah food & beverage container, peralatan memasak

  • Line Produk
  • Tulip Living à jenis peralatan rumah tangga

  • Tulip Set à peralatan rumah tangga yang terdiri 1 set dengan warna senada

  • Tulip Kids à produk untuk anak-anak

  • Tulip Lady à produk kecantikan

  • Tulip Home à barang metal

  • Tulip Maestro à produk yang terkesan elegan

  • Health

  • Outdoor à produk yang mudah dibawa saat di luar rumah

  • Food Preparation àproduk untuk membantu agar lebih cepat dan praktis

  • Food Serving à produk yang memilliki warna senada dalam 1 set

  • Food Storage àproduk untuk menyimpan makanan (toples)

  • Cookware à peralatan masak

  • Food Container

  • Cookware

  • Tumbler

  • Kitchen Goods

  • Thermal/Cold Insulation

  • Water Bottle

Price

Harga dari produk Twin Tulipware sangat bervariasi tergantung ukurannya. Rentang harga untuk produk Twin Tulipware Rp 18.000 – Rp 9.600.000. Produk dengan harga paling murah adalah sendok dan garpuk teh. Sedangkan yang paling mahal adalah panci presto.

Harga untuk produk Tupperware lebih mahal dibanding Twin Tulipware. Rentang harganya adalah Rp 40.000 – Rp 10.100.000

Produk dengan harga paling murah adalah sendok sedangkan yang paling mahal adalah tched complete set free classy

Harga untuk produk Lock n Lock di atas Rp 24.000 

Place (distribution)

Konsumen hanya dapat membeli melalui delear/manager

Konsumen dapat membeli melalui member/salesforce resmi Tupperware Indonesia dan melalui website Tupperware. Dalam website tersebut bisa membeli produk atau bergabung menjadi member/salesforce Tupperware. Selain itu konsumen bisa membeli produk melalui Tupperware party.

Konsumen dapat membeli di supermarket-supermarket tertentu. Selain itu juga dapat membeli di website lock n lock mall

Promotion

Promotion Twin Tulipware dilakukan dengan mulut ke mulut karena delear/ manager akan mencari konsumennya. Twin Tulipware juga memiliki akun Instagram dan youtube. 

Promotion Tuppware dilakukan dengan mulut ke mulut karena salesforce akan mencari konsumen. Tupperware juga memiliki akun Instagram dan youtube.

Promotion Lock n Lock dilakukan dengan memberikan katalog . Supermarket yang menjual produk Lock n Lock akan memberikan informasi terkait produk Lock n Lock. Lock and Lock juga memiliki akun Instagram dan youtube.

Sumber : diolah

Dari tabel di atas, diketahui jelas terkait bauran pemasaran dari Twin Tulipware, Tupperware dan Lock n Lock. Promotion Strategy yang dilakukan oleh Tulipware dan Tupperware adalah personal selling, dimana member resmi dari keduanya melakukan penjualan langsung kepada konsumen sehingga terjadi komunikasi dua arah antara member dan konsumen. Sedangkan Lock n Lock menggunakan publicity dimana saat produk sudah masuk ke dalam supermarket, maka supermarket akan memberikan katalog dimana dalam katalog ada produk Lock n Lock dan produk lainnya.

Twin Tulipware melakukan B2B dimana member melakukan pembelian produk kemudian dijual lagi kepada konsumen. Produk Twin Tulipware hanya dapat dibeli di member resmi dari Twin Tulipware. Sedangkan Tupperware dan Lock n Lock melakukan B2B dan B2C dimana konsumen dapat membeli di member resmi dan website. Berikut akun Instagram dana akun youtube dari Tupperware, Twin Tulipware dan Lock n Lock.

   

Sumber : Akun Youtube dan Instagram Twin Tulipware

   

Sumber : Akun Youtube dan Instagram Tupperware

Sumber : Akun Youtube  dan Instagram Lock n Lock

Jika dilihat dari pemaparan di atas serta pengikut akun Instagram dari ketiganya, Twin Tulipware masih tertinggal dengan Tupperware dan Lock n Lock. Kedepannya diharapkan agar Twin Tulipware lebih diperbanyak promotion dan diperluas jaringan member resminya. Akan lebih baik jika konsumen dapat membeli produk Twin Tulipware secara langsung tanpa melalui member resmi.

Dalam berbisnis, terdapat Task Enviroment dimana memiliki hubungan dengan pihak – pihak dalam berbisnis seperti konsumen, distributor, competitor, supplier. Pihak – pihak tersebut tidak secara langsung berpengaruh dalam operasi dalam sehari-hari melainkan seluruh bisnis di suatu negara. Supplier merupakan pihak yang menjual bahan baku. Distributor adalah pihak yang membantu dalam menjualkan produk. Konsumen merupakan pihak yang membeli produknya dan competitor adalah perusahaan yang memiliki industry produk yang sama. Berikut task environment dari Twin Tulipware, Tupperware, dan Lock n Lock.

Sumber : https://www.iedunote.com/organizational-environment-elements

Task Enviroment

Twin Tulipware

Tupperware

Lock n Lock

Distributor

Member resmi dari Twin Tulipware

Member resmi dari Tupperware, Website resmi dari Tupperware

Supermarket dan website mall resmi dari Lock n Lock

Konsumen

Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dan Global 

Masyarakat Indonesia dan Global

Kompetitor

Tupperware

Twin Tulipware, Calista Otaru

Claris, Lion Star

Sumber : diolah

Dari tabel di atas diketahui bahwa sebagai produk lokal, konsumen dari Twin Tulipware hanya masyarakat Indonesia saja, berbeda dengan Tupperware dan Lock n Lock yang memiliki konsumen masyarakat Indonesia dan Global karena keduanya merupakan produk asing yang terjual di berbagai negara termasuk Indonesia. 

Tupperware dan Lock n Lock merupakan produk asing yang mampu bersaing di Indonesia, bersaing dengan produk lokal Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan keduanya mampu melakukan ekspansi dengan membangun anak perusahaannya di Indonesia. Terdapat kantor dan pabrik untuk Tupperware dan kantor untuk Lock n Lock. Melihat ekspansi yang dilakukan Tupperware dan Lock n Lock, diharapkan Twin Tulipware juga mampu berekspansi di negara lainnya dan tetap memperhatikan budaya, etika, peraturan, ekonomi dan politik di negara lain supaya bisa tetap eksis meskipun bukan di negara sendiri.

Best Practice dan Solusi

Produk lokal untuk peralatan rumah tangga dari plastic yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia adalah Lion Star. Produk ini sudah ada sejak tahun 1972. Lion Star memiliki banyak varian produk dan sudah melakukan ekspor ke berbagai negara. Lion Star selalu melakukan inovasi secara berkala. Produk Lion Star juga mudah ditemukan karena hampir semua toko yang menjual peralatan rumah tangga juga menjual produk Lion Star. Pedagang keliling, toko kecil pinggir jalan hingga supermarket juga menjual produk Lion Star. Produk Lion Star berbeda dengan produk plastik lainnya. Lion Star juga memiliki berbagai macam lini produk tidak hanya wadah makanan dan minuman saja. Produk Lion Star juga sudah memiliki lisensi. Berikut beberapa produk dari Lion Star.

Sumber : Akun Instagram Lion Star

Twin Tulipware untuk kedepannya bisa mengikuti jejak dari Lion Star. Menciptakan produk yang berbeda dengan yang lainnya, sehingga memiliki ciri khas tersendiri dan tidak dianggap melakukan plagiarism. Selain itu lini produk Twin Tulipware juga dapat diperbanyak lagi seperti halnya Lion Star. Jika lini produknya bervariasi maka target pasarnya juga banyak. Bisnis global yang telah dilakukan oleh Lion Star juga dapat dicontoh sehingga Twin Tulipware juga mampu melakukan ekspor ke beberapa negara.

Penulis

Atika Raisa Fitri Muhana

UTS BMN / 472001 / 78c

Artikel ini sudah diperiksa Duplichecker.com

Referensi

O.C. Ferrel Geoffrey A. Hirt, Linda Ferrel "Business Foundations A Changing World" Twelfth Edition

Gareth R. Jones Jennifer M.George "Contemporary Management" Eleventh Edition

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-921556/produk-melamin-berbahaya-serbu-indonesia

https://nasional.kompas.com/read/2010/07/08/15592019/lock..lock.siap.rebut.pasar.indonesia

https://www.tribunnews.com/bisnis/2014/03/24/lock-wadah-makanan-asal-korea-gencar-pasarkan-produknya-di-indonesia#:~:text=Salah%20satunya%20adalah%20Lock%26Lock%2C%20produk,di%20Korea%20Selatan%20pada%201978.&text=Semua%20produk%2Dproduk%20Lock%26Lock%20disertifikasi,sehingga%20aman%20bagi%20anak%2Danak.

https://www.locknlock.com/eng/Foreign/index/Indonesia%20Corporation

https://en.wikipedia.org/wiki/Lock_%26_Lock

https://www.mic.co.id/id/brand/index/lock-lock-1

https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/97491/APRILIA%20TRI%20HASTUTI-150710101376-CHNS-U.pdf?sequence=1&isAllowed=y

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/viewFile/18318/17846

https://www.locknlockmall.co.id/

https://www.twintulipware.com/

file:///C:/Users/toyer/Downloads/Katalog_Twin_Tulipware_2020-2021_-_share@.pdf

https://www.tupperware.co.id/

https://news.detik.com/suara-pembaca/d-1456158/kurang-dari-tiga-bulan-sudah-tiga-pengunci-lock–lock-patah-

https://www.locknlockmall.co.id/

https://tlc.tupperware.co.id

https://industri.kontan.co.id/news/50-penjualan-tupperware-ada-di-pulau-jawa

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=tupperware

https://www.locknlock.com/eng/finance/category-stat

https://lionstar.id/


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
atikaraisa

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format