Sentuhan Khusus untuk Popoku Akan Mengubah Stigma Semua Diapers adalah Pampers

Sentuhan lembut untuk kulit bayi dan sentuhan khusus untuk “popoku” diapers merek indonesia yang diproduksi PT zensei Indonesia saatnya bergerilya untuk pemasarannya


1
1 point

Buah hati  merupakan anugerah untuk orang tua apalagi yang sangat menantikan kehadiran seorang bayi, tetapi bisa juga membuat orang tua baru atau pertama kali memiliki anak kebingungan. Faktor pemicu kebingungan ini pada saat pemilihan produk perawatan dan kesehatan untuk buah hatinya. kebingungan ini berlaku untuk semua orang tua tak terkecuali orang tua yang sudah pernah memiliki anak.

Semua orang tua akan memberikan produk terbaik untuk buah hatinya dari kepala sampai ujung kaki seperti pakaian dan sepatu apalagi untuk produk popok karena popok ini akan langsung menyentuh kulit bayi yang bersangkutan. 

Popok bayi yang beredar di pasaran ada dua jenis yang pertama popok kain dan yang kedua popok sekali pakai atau diapers.Masing-masing popok ini memiliki kelebihan yang berbeda yang dimana akan dijelaskan pada gambar berikut : 

Pada saat seperti sekarang ini orang tua banyak memilih membeli popok sekali pakai (diapers) dikarenakan kemudahan dan kepraktisannya, tidak perlu mencuci dan menyimpan seperti popok kain. Apalagi di zaman sekarang ini yang serba cepat dan memungkinkan kedua orang tua bekerja. Jadi, kebutuhan akan popok sekali pakai sangat cocok untuk orang tua jaman sekarang.

Jika membicarakan diapers atau popok sekali pakai, yang pertama terpikirkan di benak kita atau orang indonesia kebanyakan “pampers” yang kita tahu itu adalah nama dari salah satu merk dari diaper, sama dengan yang dialami honda untuk sepeda motor dan odol untuk pasta gigi.

Banyak yang sudah terlanjur menyebut pampers sebagai diapers di indonesia , ini mengindikasi bahwa nama produk pampers sudah menjadi nama generik untuk popok sekali pakai dan ini merupakan keuntungan bagi pampers sendiri karena pampers tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengenalan akan produknya lagi, di sisi lain yang merajai penjualan diapers di indonesia adalah mamypoko yang diproduksi oleh PT Unicharm indonesia perusahaan yang berasal dari jepang, tak kalah juga indonesia memiliki popoku yang di produksi PT Zensei Indonesia, tetapi tidak bisa di pungkiri popoku harus menghadapi persaingan ketat dengan pampers dan mamypoko yang lebih dulu sudah merajai pasar diapers di indonesia.

Sekilas profile perusahaan, pampers, mamy poko, dan popoku dijejelaskan pada tabel berikut :

Nama Perusahaan

Procter & Gamble Co. (P&G) 

Unicharm corporation

PT Zensei Indonesia

Produksi pada tahun 

1962

2000

2005

Negara Pemilik

Amerika Serikat

Jepang

Indonesia

Orang dibalik Brand

Victor millis ingin mempermudah dirinya untuk mengganti popok cucunya, yang pada akhirnya beliau berinovasi dengan menciptakan pampers.

Didirikan oleh Keiichiro tahun 1961 yang membuat anaknya Takahisa Takahara menjadi orang terkaya no lima di jepang dengan hanya menjual popok dan pembalut wanita.

Michael Gunawan dengan bercita-cita ingin menjadi pengusaha, yang akhirnya mendirikan PT Zensei Indonesia yang di mana awal memulai seperti semut menghadapi gajah dengan bermodalkan satu mesin saja untuk memproduksi popok bayi

Varian popok bayi

  • Pampers premium care

  • Baby dry pants

  • Pampers new baby

  • Mamy Poko Premie Care

  • mamyPoko Perekat royal soft

  • MamyPoko Pants Royal Soft

  • Mamy poko Extra Dry

  • Mamy poko Standar

  • Mamy Poko Pants extra kering

  • mamypoko pants air fit

  • Popoku perekat

  • Popoku celana

  • Popoku cilukba

Customer Value-Driven Marketing Strategy

Video diatas memperkenalkan icon dari mamypoko yang diberi nama “Pokojang” salah satu strategi pemasaran dari mamypoko. Strategi pemasaran merupakan alat untuk menentukan segmen pasar tertentu. Dalam strategi pemasaran ini terdapat empat langkah yang dijelaskan pada gambar dibawah :


Segmentasi

usia yang dituju dari newborn sampai balita yang bisa mandiri buang air, dan dari waktu jadi waktunya bermain pampers menghadirkan diapers untuk bermain dan untuk waktu tidur

memiliki tipe preemie untuk bayi prematur sampai balita yang aktif bermain

memproduksi popok dari usia bayi sampai popok dewasa 

Targeting 

target pasar adalah seluruh dunia 

dipasarkan pada rumah sakit untuk mamypoko premiee dan untuk mamypoko lainnya dipasarkan di seluruh dunia

target pasar di jatim, sumsel, sumut dan jakarta

Differentiation

popoknya dibagi menjadi dua waktu popok untuk waktu bermain dan popok pada saat buah hati tidur, ukuran yang ditawarkan size N=<10lbs, 1=8-14lbs, 2= 12-18lbs, 3=16-28lbs,4=22-37lbs, 5=27+lbs,6=35+lbs,7=41+lbs

memproduksi popok terkecil untuk bayi dengan berat lahir rendah dan sangat memperhatikan kesensitifan kulit bayi. ukuran yang ditawarkan XS,S,M,L,XL,XXL, dan XXXL

mengantongi sertifikat halal dan juga sertifikat dari dinkes. ukuran yang ditawarkan S,M,L,XL

Positioning

karena pampers sudah menjadi nama produk untuk diapers di indonesia, ini membuat pampers sangat kompetitif selain ada di seluruh dunia dan memang pampers sangat berfokus akan kualitas popoknya

mamypoko selain menjual langsung ke customer, mamy poko juga menjual ke Rumah sakit saja (B2B), seperti popok premiee yang dikhususkan untuk bayi prematur hanya di jual ke rumah sakit saja, mamypoko berada pada market challengers di indonesia , karena mamypoko bukan popok pertama yang ditawarkan di indonesia

popoku membuat menempatkan strateginya pada popok bayi dan orang dewasa, untuk pemasarannya pertama kali door to door, tetapi sekarang sudah berubah dengan memasarkan langsung kepada customer, tapi tetap popoku berada pada market yang challenger di indonesia walaupun popok dari produk lokal karena pemasaran yang dilakukan masih terbatas. jadi popoku masih terdengar asing di indonesia

Pada zaman sekarang ini revolusi pemasaran sangatlah cepat dan banyak pilihannya, sekarang bisa melakukan pemasaran dengan Social media salah satunya instagram jika di lihat dari instagram masing-masing brand. Semua brand sangat aktif melakukan pemasarannya lewat instagram tetapi popoku masih kurang menjangkau customer baru. 

Followers popoku terpaut jauh dari kompetitornya, kenapa popoku produk popok bayi dari brand lokal kurang diminati di indonesia? apakah produk lokal memang kurang apresiasinya di indonesia sendiri? untuk menjawab ini bisa kita lihat dari grafik di bawah :

Pada grafik “usage of diapers” diatas ditunjukan data bauran pemasaran dari popok atau diapers di indonesia. Dari data diatas brand MamyPoko memiliki brand awareness yang paling tinggi sebanyak 70 di sisi lain Popoku memiliki brand awareness sebanyak 17,8 sangat terpaut jauh. Pampers sering digunakan sebanyak 14,8 dan jika dibandingkan popoku yang hanya sebanyak 2.0. jika dibandingkan popoku dengan mamypoko dan pampers masih lah terpaut jauh. Disini sudah ditunjukan popoku haruslah bergerilya dalam pemasarannya, bukan karena tidak diminati atau karena produk lokal tidak dicintai tetapi popoku kurang memperkenalkan produknya ke masyarakat indonesia dengan kata lain pemasaran popoku belum efektif. Jadi, produknya masih terdengar asing di telinga masyarakat. Adanya perubahan strategi promotion sangat diperlukan oleh PT Zensei indonesia, memang tidak segampang membalikkan telapak tangan dan pastinya akan membutuhkan modal yang besar serta memakan waktu yang cukup lama.

Perubahan strategi yang dilakukan bisa dimulai dengan pertanyaan sederhana yaitu :

  1. apa sudah mencapai target?

  2. apa sudah sesuai dengan ekspektasi pasar?

  3. apakah produknya sudah memberikan arti bagi konsumennya?

Pertanyaan sederhana ini yang bisa menjawab perubahan strategi yang seperti apa yang harus ditempuh oleh popoku.


Pampers tanpa P&G, apa jadinya?

Pada tahun 1950s Victor mills memikirkan cara yang termudah untuk menggantikan popok cucunya. Victor mills adalah seorang insinyur kimia yang berkebangsaan amerika ini pun mencari cara dan kebetulan pada saat itu beliau bekerja untuk Procter & Gamble Co atau yang kita kenal dengan P&G, dengan pikiran sederhana “hanya ingin mempermudah mengganti popok cucunya sehari-hari” victor mills menggunakan cucunya sebagai subjek uji coba dan penemuannya berhasil menciptakan Pampers yang kita kenal sekarang, karena penemuan ini, P&G sebagai tempat victor millis bekerja saat itu mulai serius mendalami popok ciptaan beliau, Lima tahun kemudian pampers mulai diproduksi dan dijual di pasaran, sampai sekarang pampers masih memegang pasar popok sekali pakai di dunia.

Bila dipikirkan kembali penemuan victor millis jika tidak diberi dukungan oleh P&G mungkin sekarang kita tidak akan mengenal yang namanya Diapers atau popok sekali pakai.

Popoku bisa mengambil nilai-nilai yang ada di kejadian victor mills dengan P&G, jadi bukalah kesempatan menerima dukungan dari pihak lain atau membuka pintu masuknya investor untuk menanamkan modal dalam PT Zensei Indonesia, cara ini harus diperhitungkan mengingat pemasaran produk memakan biaya yang banyak.

Dalam options for organizing a business ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh PT Zensei untuk mendapatkan pendanaan dari investor. Cara yang bisa ditempuh salah satunya adalah dengan Go publik. 


Beli UCID di BEI menjadikan kita pemilik MamyPoko

PT unicharm indonesia Tbk adalah perusahaan yang menaungi popok Mamypoko, terdaftar di Bursa efek indonesia sebagai UCID tertanggal 20 desember 2019 dikutip dari warta ekonomi saham yang akan ditawarkan sebanyak-banyaknya 20 persen dari modal ditempatkan disetor penuh setelah saham perdana dengan nominal Rp.100 per saham. Setelah resmi terdaftar di BEI PT Unicharm indonesia mengantongi dana segar yang di dapat dari investor yang menanamkan modalnya melalui pembelian saham ini.

Popoku bisa juga melakukan hal yang sama dengan Mamypoko lakukan dengan berubah menjadi public corporation.

Public corporation adalah korporasi yang menjual, membeli atau memperdagangkan sahamnya ke public. Keuntungan menjadikan perusahaan go public sebagai berikut:

  1. perolehan modal dapat untuk membiayai pertumbuhan perusahaan

  2. membayar hutang, melakukan ekspansi, dan perluasan bisnis

  3. bisa meningkatkan struktur permodalan dalam perusahaan

Jadi bila PT zensei indonesia merubah menjadi perusahaan terbuka atau go publik untuk perubahan strategi pemasaran dan perencanaan yang akan dilakukan akan cepat bisa terlaksana mengingat popoku adalah brand indonesia jadi harus bisa menjadi raja di rumah sendiri.


Popoku Bikin Si Kecil Nyaman Tanpa Tangis

Semua kegiatan usaha tujuan utamanya mendapatkan profit atau pendapatan guna keberlangsungan umur perusahaan tetapi bukan hanya itu saja yang diperhatikan, perusahaan perlu mengingat serta melaksanakan etika bisnis dan corporate social responsibility karena  termasuk sebagai tolak ukur penentu keberlangsungan suatu perusahaan. Dalam buku  business foundation : A changing world penulis O.C.Ferrell/Geoffrey A. Hirt/ Linda Ferrell dijelaskan bahwa social responsibility merupakan sebuah kewajiban dari pelaku bisnis terhadap masyarakat atau lingkungan untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif dalam menjalankan bisnisnya yang berpengaruh terhadap lingkungan sekitar, dengan adanya csr ini akan menurunkan gangguan sosial terhadap lingkungan sekaligus  meminimalisir terjadinya konflik lingkungan di sekitar perusahaan.

PT zensei indonesia sebagai induk dari popoku telah melaksanakan CSR dengan nama “popoku bikin si kecil nyaman tanpa tangis” dalam bentuk memberikan sumbangan popok dan juga dalam bentuk lainnya ke posyandu di sekitar lokasi perusahaan selain itu popoku menggelar lomba bayi sehat dan juga lomba foto bayi ceria.

Sama halnya dengan PT zensei indonesia, pampers juga melakukan CSR dengan membagikan pampers sebanyak 723 ke seluruh puskesmas di kota surabaya untuk merayakan hari ulang tahun surabaya yang ke-723 pada tahun 2016 dengan tagar #PakaiPampers

Dikutip dari mix.co.id ini dilakukan pampers sebagai rasa terima kasih pampers kepada seluruh ibu di surabaya yang telah senantiasa menggunakan dan memberikan kepercayaan pampers sebagai produk perawatan bayinya. Tak kalah juga MamyPoko dengan menggelar kampanye pada tahun yang sama yaitu 2016 yang bertema “MamyPoko Love Touch” melalui kampanye ini MamyPoko mengedukasi ibu-ibu yang berpartisipasi dalam kampanyenya bahwa sentuhan orang tua pada anaknya berdampak besar pada tumbuh kembang anak. corporate social responsibility ini dilakukan MamyPoko mengajak seluruh keluarga indonesia untuk saling berbagi kelembutan sentuhan cinta melalui kelembutan MamyPoko kepada bayi yatim piatu dengan cara mengumpulkan foto pelukan cinta betagar #mamypokolovetouch kemudian foto itu akan dihitung sebagai jumlah popok yang akan disumbangkan ke panti asuhan yayasan sayap ibu.

Tak terlepas dari tujuan untuk corporate social responsibility secara tidak langsung MamyPoko mendapatkan tanggapan positif akan kampanyenya ini dengan melibatkan semua masyarakat di seluruh indonesia sekaligus juga mamypoko semakin dikenal oleh masyarakat. Nama baik mamypoko semakin menjulang karena cara yang pintar untuk melakukan corporate social responsibility ini, menjadikan sebuah paket yang sangat komplit untuk sebuah kampanye corporate social responsibility, menjalin hubungan dengan konsumennya, menarik minat konsumen baru dengan cara mengajak ikut meramaikan kampanye #mamypokolovetouch secara digital jadi semua orang tua di seluruh indonesia bisa ikut berpartisipasi. selain bisa melakukan corporate social responsibility mamypoko berhasil menarik minat banyak orang akan produknya.

Perusahaan yang baik memberikan dampak positif pada sekitarnya berlaku juga untuk semua pelaku bisnis yang ada. Secara keseluruhan untuk brand popoku, pampers dan mamypoko telah memberikan kontribusi yang baik terhadap indonesia walaupun berbeda skalanya, tetapi perusahaan-perusahaan ini telah menjalankan etika bisnis dan corporate social responsibility dengan seharusnya. 

Harus sangat diperhatikan oleh popoku perihal pemasaran dan penetapan rencana kedepannya dari produk popoku ini masihlah kurang dibandingkan mamypoko dan pampers 

Dengan mengambil langkah pertama yaitu bisa dengan memperbaiki strategi pemasarannya atau juga berinovasi dengan produknya. tak luput juga untuk pengemasan harus terus berkembang dan di perbaharui, agar bisa mendapatkan konsumen baru dan meninggalkan kesan di hati para konsumennya “something of value” bila itu berhasil dilakukan oleh popoku,mungkin saja saat konsumen membeli produk diapers yang ada di benak konsumen adalah merek popoku bukan lagi pampers. Pada kesimpulannya kampanye cintai produk lokal tetap harus disuarakan tetapi haruslah selaras dengan usaha dari perusahaan itu untuk dikenal oleh masyarakat indonesia dan selalu ingat untuk menjalankan bisnis dengan semestinya dan sewajarnya.


Penulis :

Ni Made Arini Noviyanthi 470332


Referensi :

Ferell, O. C., Hirt, G. A., & Ferell, L. Business Foundations: A Changing World. 12th Edition. McGraw-Hill Education, 2020

https://www.alodokter.com/popok-bayi-sekali-pakai-vs-popok-kain

https://id.wikipedia.org/wiki/Pampers#:~:text=Riwayat,Pampers%20diperkenalkan%20pada%201961.

https://id.wikipedia.org/wiki/Unicharm

https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-2747854/michael-gunawan-siap-bawa-merk-lokal-popoku-ke-pasar-internasional

https://www.wartaekonomi.co.id/read258248/mau-jadi-pemilik-pembalut-charm-dan-popok-mamy-poko-gak-mahal-kok

https://www.pampers.co.id/sejarah#:~:text=Victor%20Mills%20adalah%20seorang%20insinyur,1997).

http://zensei-indonesia.com/ie/environment.php

https://mix.co.id/corporate-social-initiative/csr/philantrophy-pampers-untuk-hut-surabaya/

https://mix.co.id/marcomm/brand-communication/imc/unicharm-gelar-kampanye-mamypoko-love-touch/

https://economy.okezone.com/read/2020/06/26/320/2237046/pria-ini-punya-harta-rp92-4-triliun-berkat-jual-pembalut-hingga-popok

https://id.mamypoko.com/id/about/who-is-poko.html

https://www.ubaya.ac.id/2018/content/news_detail/870/Cita-Cita-Jadi-Orang-Kaya.html

https://nakita.grid.id/read/029508/tunjukkan-cinta-pada-anak-lewat-sentuhan-?page=all

Artikel ini telah dicek anti plagiarisme via web quetext.com



Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format