Garuda Indonesia Menghadapi PHK di saat Pandemi Berkelanjutan


0

Pandemik Kini diprediksi terus berlanjut setelah adanya program vaksinasi dari pemerintah RI untuk masyarakat. Beberapa perusahaan kini menghadapi masalah baru yaitu aturan New Normal yang diusung oleh pemerintah pusat untuk mengatasi lonjakan naiknya COVID 19. Beberapa Pengamat kebijakan publik memprediksi bahwa setelah diberikan vaksin kemungkinan untuk ekonomi bangkit masih bisa asal tidak cepat.

Masalah lama yang sulit diatasi saat ini adalah:

“Pemutusan Hubungan Karyawan”

Maskapai Garuda Indonesia buka suara terkait adanya karyawan yang diputus kontrak. Manajemen maskapai membenarkan adanya pemutusan kontrak lebih awal pada karyawan tersebut. Hal ini didukung Manajemen maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) mengungkapkan dampak yang dialami akibat pandemi virus corona (Covid-19). 

Perseroan masih melakukan pengurangan produksi atau kapasitas baik di rute domestik maupun internasional di tengah dampak pandemi Covid-19 yang menghantam industri penerbangan global dan domestik. Selain itu, perusahaan juga melakukan efisiensi guna mengurangi beban perusahaan demi bertahan di tengah pandemi yang juga dirasakan oleh maskapai lainnya di dunia.

Mitra Piranti, VP Corporate Secretary Garuda, mengatakan jumlah karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat ini sebanyak 18 orang. Namun mengenai jumlah PHK yang dilakukan oleh perseroan kepada pegawai dari Januari 2020 sebagaimana tertuang dalam Hasil Survey sebelumnya adalah PHK dalam kondisi biasa dan tidak berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Adapun jumlah karyawan yang terdampak dengan status lainnya (contoh pemotongan gaji 50%, dan lainnya) mencapai 7.184 karyawan. sejak pandemi Covid-19 berlangsung, perseroan mengalami penurunan dari sisi produksi, seiring dengan implementasi kebijakan pemerintah dengan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa provinsi/daerah serta negara lainnya. 

Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja keuangan perseroan di kondisi buruk seperti ini, perseroan juga membeberkan beberapa rencana strategis baik dari sisi keuangan dan operasional.

Dari sisi keuangan, cashflow atau arus kas merupakan hal yang paling penting untuk menjaga berjalannya bisnis atau keberlanjutan (Going Concern) perusahaan. Garuda Indonesia mempunyai dua kategori biaya yang sangat berpengaruh terhadap pengeluaran kas yaitu biaya tetap yang meliputi biaya sewa pesawat, biaya pegawai, administrasi kantor pusat dan kantor cabang dan biaya variabel penerbangan yang meliputi biaya bahan bakar, biasa kestasiunan, biaya catering, biaya navigasi dan biaya tunjangan terbang bagi awak pesawat.

“Agar Garuda Indonesia tetap beroperasi, maka kami melakukan beberapa strategi yaitu melakukan negosiasi dengan lessor untuk penundaan pembayaran sewa pesawat (lease holiday), dan memperpanjang masa sewa pesawat untuk mengurangi biaya sewa per bulan.”

Saran Job Desk yang bisa disarankan untuk Garuda Indonesia

Marketing International Administration

Sedangkan tujuan dari Marketing International Administration sendiri adalah untuk :

  • Meningkatkan brand awerness perusahaan
  • Meningkatkan minat pasar terhadap produk
  • Meningkatkan intensitas pasar terhadap produk
  • Memfasilitasi pembeli

Persyaratan umum :

  • Mahir berbahasa Inggris bisa dibuktikan dengan IELTS minimal 6,5 dan Toefl ITP di atas 550
  • Sehat Jasmani dan Rohani 
  • Mengerti dunia Marketing
  • Pria/Wanita, usia maksimal 20 tahun ke Atas
  • Pendidikan minimal lulusan SMA
  • Teliti dan pekerja keras
  • Bersedia ditempatkan di wilayah kerja PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Kriteria Khusus :

  • Mampu memahami keunikan produk perusahaannya. Dengan mengetahuinya maka nanti akan lebih mudah dalam melakukan strategi pemasaran.
  • Memiliki kemampuan dibidang pemasaran dan komunikasi. Jelas ini dua hal yang harus dipunya kalau ingin berprofesi sebagai Marcom.
  • Mampu cepat tanggap. Seseorang yang bekerja sebagai Marcom harus cepat tanggap terhadap situasi persaingan yang ada. Selain itu juga dapat dengan sigap berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah yang ada.
  • Punya softskill yang bagus. Karakter dalam profesi ini sangat dijunjung tinggi. Misalnya saja pandai bergaul, open mind, dan berjiwa enerjik. Menjaga attitude juga sangat penting, karena menjaga attitude diri sendiri sama artinya menjaga citra perusahaan.

Kelengakapan berkas lamaran :

  • Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup.
  • Foto Copy ijazah dan transkrip
  • Fotokopi KTP
  • Pasphoto ukuran 4 x 6 cm
  • Nomer hp yang bisa di hubungi

Kuota Penerimaan Profesi dibutuhkan :

  • 50 orang 

Jobdesk Pekerjaan :

  • Memperkenalkan Garuda Indonesia ke Luar Negeri melalui media sosial
  • Menganalisa pasar serta kebutuhan konsumen
  • Melihat persepsi konsumen tentang sebuah produk atau produk yang dijualnya
  • Mengevaluasi perilaku pasar yang sudah dipetakan untuk digunakan sebagai acuan target
  • Menentukan strategi promosi dan media yang akan digunakan

Sistem Seleksi yang bisa dilakukan :

Seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan. Proses pemilihan ini yang dinamakan dengan seleksi. Proses seleksi sebagai sarana yang digunakan dalam memutuskan pelamar mana yang akan diterima dan tidaknya. Prosesnya dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan oleh pelaksana fungsi SDM dan manajerial.

  • Dalam hal ini perlu disadari bahwa proses seleksi karyawan baru merupakan kegiatan penting bagi perusahaan maupun bagi calon karyawan itu sendiri. Mempertahankan ataupun mengembangkan suatu sistem seleksi yang menghasilkan karyawan produktif dan mencari peluang untuk meningkatkan cara kerjanya sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Sistem seleksi yang efektif pada dasarnya memiliki tiga sasaran, yaitu:
    • 1. Keakuratan, artinya kemampuan dari proses seleksi untuk secara tepat dapat memprediksi kinerja pelamar. Agar bisa mendapatkan tipe karyawan yang sesuai dengan kebutuhannya.
    • 2. Keadilan, artinya memberikan jaminan bahwa setiap pelamar yang memenuhi persyaratan diberikan kesempatan yang sama di dalam sistem seleksi. Sehingga tidak ada sistem nepotisme dalam menjalankan prosesnya, agar tujuan dari seleksi tersebut bisa terlaksana dengan baik.
    • 3. Keyakinan, artinya taraf orang-orang yang terlibat dalam proses seleksi yakin akan manfaat yang diperoleh.

Selain dari saran jobdesk baru yang kami rekomendasikan di atas, cara lain agar perusahaan ini bisa bertahan dari hantaman pandemi adalah dengan melakukan PIVOT. 

PIVOT BISNIS GARUDA INDONESIA

Pivot adalah perubahan strategi bisnis dengan catatan masih tetap mempertahankan visi bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya. Ini adalah hal yang biasa dalam sebuah bisnisstartup. Tidak jarang, pivot justru menjadipenyelamat bisnis dari kebangkrutan.

Pivot ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara maupun strategi. Hal tersebut tentunya dilihat dari masalah apa yang sedang dialami oleh perusahaanstartuptersebut. Contohnya saja melakukan pivoting dalam hal produk atau mengubah target market.

Untuk hal ini biasanya perusahaanmemiliki produk yang sudah dibuat, namun di sisi lain mereka juga merasa target market mereka belum sesuai. Jika hal ini terjadi, maka perlu untuk melakukan pivot bagi sebuah bisnisperusahaan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Pivot dimaksudkan untuk nenghindari perusahaan dari kebangkrutan.

Hal yang dilakukan setelah pivoting adalah:

  1. Membuat perencanaan bisnis yang lebih matang dan fleksibel
  2. Fokus dengan rencana dan ide baru
  3. Mengubah target pasar
  4. Ciptakan produk yang lebih baik dari kompetitor
  5. Ajak konsumen yang loyal untuk menggunakan produk yang baru
  6. Selalu berikan informasi kepada investor

Beberapa pivot bisnis yang sebaiknya dilakukan Garuda Indonesia agar tetap bisa produktif di masa pandemi, juga untuk menghindari perusahaan dari kebangkrutan dan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannnya adalah:

1. Menghadirkan pengalaman makan FINE DINING di dalam pesawat AIRBUS A330-300 Garuda Indonesia tanpa harus melakukan penerbangan.

Seperti yang kita ketahui Bersama, inflight menu di Garuda Indonesia merupakan salah satu menu makanan terbaik, terenak dan memiliki kualitas tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan inflight menu pada maskapai Internasional lain sekalipun. Oleh sebab itu, merupakan hal yang baik jika Garuda Indonesia melakukan pivot ke bisnis restoan fine dining dengan pengalaman bersantap di dalam pesawat tanpa harus melakukan penerbangan. Garuda Indonesia bisa menyajikan makanan terbaik andalan mereka, untuk disajikan dalam bentuk fine dining dengan menyewa chef khusus yang ahli dan kompeten di bidangnya,.

2. Tour Penerbangan 

Garuda Indonesia juga bisa berinovasi  menawarkan penerbangan kemana pun. Bedanya, layanan ini  memungkinkan penumpang naik dan terbang dengan pesawat, tetapi mendarat di tempat yang sama saat lepas landas.
Penumpang disajikan masakan lokal saat terbang di atas negara/kota itu 

3. Kursus Terbang

Untuk penumpang yang ingin mencoba simulasi penerbangan, Garuda Indonesia dapat menawarkan layanan layanan bagi para para pengunjung untuk mengontrol simulator A380 selama setengah jam yang dibanderol harga tertentu,

Kokpit yang digunakan dalam simulator merupakan alat yang menyerupai aslinya, bahkan sampai ke tombolnya. Peserta dapat memilih untuk lepas landas dan mendarat di bandara pilihan mereka,. Paket empat hari "menjadi pilot" juga mencakup simulator.  

4. Pengiriman Kargo

Walaupun penumpang pesawat sedangn mengalami penurunan yang signifikan akan tetapi hal kebalikan justru terjadi pada pengiriman kargo selama masa pandemi. Perusahaan bisa memodifikasi beberapa unit pesawatnya untuk dijadikan pesawat khusus kargo. 


BEST PRACTICE YANG DAPAT DILAKUKAN PERUSAHAAN:

  1. Melakukan pivot bisnis seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Membuat sebuah job (jabatan baru) seperti yang sudah dijelaskan di atas
  3. Mengubah strategi perusahaan, efisiensi, hingga perubahan model bisnis.
  4. Menjaga Kesehatan seluruh pegawai terutama pegawai di garda terdepan Garuda Indonesia seperti para pilot dan awak kabin. Seperti rutin melakukan test PCR Covid-19, melakukan vaksinasi terhadap para awak kabin sehingga para penumpang merasa nyaman dan aman terbang Bersama Garuda Indonesia.
  5. Melakukan digitalisasi. Stakeholder harus mampu mengimplementasikan digitalisasi dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan passenger experience dan sebagai upaya menghadapi tantangan Covid-19. 
  6. Mengembangan bisnis non-aeronautika. Pelaku industri penerbangan harus mengeksploitasi bisnis non-aeronautika yang selama ini mungkin belum tersentuh optimal. Meningkatnya bisnis non-aeronautika dapat mengkompensasi penurunan bisnis aeronautika yang tertekan pandemi. Perlu adanya cara-cara baru penggunaan teknologi selain untuk meningkatkan customer experience juga secara fundamental kita harus bisa mengekesplor apakah dapat menghasilkan pendapatan tambahan menggunakan teknologi.
  7. Menerapkan protokol Kesehatan dengan 5 kunci utama, yaitu physical distancing, pemeriksaan kesehatan, layanan tanpa sentuhan, kebersihan dan disinfeksi fasilitas, serta perlindungan terhadap setiap orang.
  8. Mempertahankan serta meningkatkan BRAND IMAGE dari perusahaan Garuda Indonesia yang sudah terbangun selama ini, sebagai maskapai nomor satu di Indonesia. Seperti melakukan branding yang kencang pada sosial media karena pada masa sekarang, pengaruh sosial media sangat efektif untuk meningkatkan brand image.

Sumber:

https://blog.modalku.co.id/bisnis/sektor-umkm/segera-lakukan-pivot-jika-startupmu-jalan-di-tempat/

https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f8e8fa8890a5/ragam-pivot-maskapai-dunia-mulai-buka-restoran-hingga-kursus-terbang

https://www.cnbcindonesia.com/market/20200504162333-17-156135/bisnis-dihantam-corona-ini-strategi-airasia-demi-bertahan

https://money.kompas.com/read/2020/07/23/200147926/ini-tiga-jurus-yang-dilakukan-industri-penerbangan-di-masa-pandemi?page=all

https://tirto.id/garuda-indonesia-semakin-terpukul-rugi-rp16-triliun-per-q3-2020-f6Kk

https://www.wartaekonomi.co.id/read311578/4-fakta-garuda-indonesia-phk-700-karyawan-nomor-3-paling-menyakitkan

https://mediabumn.com/karyawan-garuda-indonesia-di-phk/

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5230271/garuda-indonesia-putus-kontrak-700-karyawan

DISUSUN OLEH KELOMPOK 8 – BRAVEHEARTED

MAHATIR M TAMHER

YOSI AMELIA PUTRI

SEPTIAN ARIF NUGROHO




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
SeptianArif

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format