Gerobak yang Dapat Menyelamatkan Karyawan Geprek Bensu

Bagaimana cara Geprek Bensu menyelamatkan karyawannya dengan sebuah gerobak?


0

Pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan melakukan PHK terhadap karyawannya untuk menyelamatkan kondisi keuangan perusahaan masing-masing. Seperti data yang disajikan oleh Republika, data pekerja yang telah di PHK kurang lebih seperti dalam infografis berikut ini:

Diantara 39 ribu perusahaan yang terkena dampak COVID-19, salah satunya adalah restoran penjual ayam geprek, yaitu Geprek Bensu. Geprek Bensu sempat mengalami kenaikan penjualan yang cukup baik di tahun 2019, dan oleh karena itu jumlah outlet dan karyawannya terus meningkat hingga mencapai 6.500 orang karyawan. Namun, untuk mempertahankan kondisi keuangan perusahaannya, Geprek Bensu terpaksa harus melakukan penutupan di beberapa outlet dan melakukan PHK sebanyak 2.500 karyawannya.

Artis ternama di Indonesia, Ruben Onsu, mendirikan bisnis waralaba ayam geprek siap saji yang bernama Geprek Bensu pada tanggal 17 April 2017. Ruben Onsu dikenal sebagai artis, pembawa acara, pebisnis dan juga CEO PT Geprek Bensu Indonesia.

Ide awal Geprek Bensu dibuat dikarenakan ayam adalah salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia, sehingga Ruben ingin menjadikan ini tantangan untuk melakukan inovasi untuk memberikan opsi baru untuk masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi makanan ayam.

Geprek Bensu ini menghadirkan makanan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat yaitu dimulai dengan harga Rp. 5000 sampai Rp. 25.000. Adapun menu andalan Geprek Bensu adalah Geprek Bensu Original, Geprek Bensu Sambal Embe, Geprek Bensu Leleh (Keju Mozarella dengan telur), dan Geprek Bensu Telur Asin, selain pilihan ayam, Geprek Bensu memberikan pilihan terhadap sambal dan menu khas dari daerah di Indonesia antara lain Geprek Bensu nasi rebon, sambal teri, nasi rendang, oseng mercon, tutug oncom.

Geprek Bensu saat ini adalah bisnis yang besar, yang memiliki karyawan yang berjumlah ribuan lebih. Bisnis Geprek Bensu sangat terdampak akibat Covid-19. Menurut Ruben hal ini yang paling sedih dalam perjalanan hidupnya, di luar pemikiran, tidak ada persiapan, jadi semuanya berubah drastis dan ia harus mengambil tindakan.

Dikarenakan pandemi Covid-19, karyawan Geprek Bensu harus dirumahkan sebanyak kurang lebih 2.500 orang yang bergantung hidup kepada bisnisnya Ruben. Menurut Ruben, dari 6.500 karyawan yang saya bisa selamatkan hanya 4.000. Ketika mereka kemarin-kemarin tidak dirumahkan, keuangannya terdesak sehingga tidak dapat lagi menyelamatkan karyawan-karyawannya. Manajemen tidak sanggup menggaji karyawan selama beberapa bulan kedepan. Untuk itu, keputusan melakukan PHK harus diambil, namun dengan memberikan pesangon berupa satu kali gaji dan pemberian THR di muka. Hal ini tidak lain dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan secara general.

Pada tahun 2019, gerai geprek bensu tergolong sangat banyak, yaitu sebanyak 120 gerai yang didirikan di beberapa daerah di Indonesia, bahkan ada beberapa gerai yang membuka cabang diluar negeri, yaitu di Hongkong, Taiwan, dan di Amsterdam. Lalu ada juga gerai yang menggunakan sistem kemitraan atau franchise, kurang lebih sebanyak 60 gerai.

Geprek Bensu sangat dipengaruhi oleh harga bahan bakunya, seperti harga cabai dan harga ayam segar. Karena harga kedua bahan baku tersebut fluktuatif, maka secara tidak langsung terjadi peningkatan dalam biaya produksi.

Strategi membuka gerai – gerai baru digunakan oleh Geprek Bensu untuk menekan harga agar tidak naik, namun meningkatkan volume penjualan. Lokasi yang strategis sangat menentukan volume penjualan, sehingga harus dipikirkan secara matang. Ruben mengkalkulasi, jika dalam tiga bulan pertama gerai tidak memperoleh omset 50% dari modal, maka perlu strategi pemasaran yang lebih untuk menggenjot penjualan.

Pada saat covid-19 melanda indonesia dan penerapan PSBB yang diberlakukan di beberapa tempat seperti mall mengakibatkan banyaknya gerai geprek bensu yang tutup dan mengakibatkan terganggunya cash flow perusahaan; karena diawal perusahaan tidak ingin menaikkan harga sedangkan berkembangnya bisnis kuliner ini banyak bergantung kepada pasokan harga cabai, ayam, pembukaan cabang baru, dan promosi dari artis untuk meramaikan gerai. Bagaimanapun juga ini merupakan bisnis kuliner dan kami melihat dengan banyaknya gerai geprek bensu sangat kesulitan dalam mengelola gerai dan banyaknya cost dalam promosi-promosi gerai yang sepi dengan diisi oleh para artis ibukota. 

Berdasarkan teori yang disampaikan oleh Ferrel, dkk., untuk mengelola manajemen sumber daya di suatu perusahaan, diperlukan beberapa pendekatan. Diantaranya penentuan  analisis pekerjaan, deskripsi pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaannya. Setelah penentuan analisis pekerjaan, manajemen perlu menentukan karakteristik penilaian untuk keperluan bonus karyawan. Dari teori tersebut, kami menyarankan Geprek Bensu untuk mengambil langkah-langkah sesuai yang disampaikan oleh Ferrel, dkk. sebelum melakukan PHK terhadap karyawannya.

Perkembangan Desain Outlet Geprek Bensu

Alih-alih dengan melakukan PHK kepada 2.500 karyawannya, kami mengusulkan agar manajemen Geprek Bensu dapat mengadopsi sistem penjualan yang selama ini telah diterapkan oleh Sabana Fried Chicken, yaitu penjualan dalam bentuk booth (atau konsep gerobak seperti yang digunakan di awal pendirian Geprek Bensu  tahun 2017 pada video sebelumnya) atau kios-kios yang lebih kecil dibandingkan konsep restoran yang dilakukan oleh Geprek Bensu selama ini. Booth dan kios yang dibuka dapat berada di lokasi daerah yang jauh dari kota sehingga dapat merangsang daya beli masyarakat lokal sekitar, tentunya dengan harga yang menyesuaikan dengan kantong masyarakat sekitar. bagaimana caranya untuk menurunkan harga jual tersebut?

Proses Seleksi dan Rekrutmen

Salah satu cara tercepat untuk menurunkan harga jual adalah dengan menekan biaya produksi dan penjualan, dan sebagai usulan dari kami, biaya yang dapat dihilangkan adalah biaya sewa tempat. Karena dengan menggunakan booth atau kios sederhana, masing-masing mitra (cabang Geprek Bensu) tidak perlu menyewa tempat yang luas karena dapat memanfaatkan halaman rumah masing-masing mitra. Mitra yang dimaksud disini adalah karyawan Geprek Bensu yang terkena (atau akan terkena) dampak pandemi dan di-PHK. Karyawan yang merasa mampu mempunyai halaman yang cukup untuk mendirikan booth atau kios di “kampung halamannya” dapat diberikan kesempatan untuk melakukan penjualan dan sekaligus menjadi sarana bagi Geprek Bensu untuk menjangkau pelosok-pelosok daerah (terutama di kampung-kampung).

Dengan mengurangi biaya sewa tempat, diharapkan harga pokok produksi satu porsi makanan dapat menurun sehingga harga yang dijual oleh booth atau kios dapat lebih murah dibandingkan harga di restoran yang terletak di kota. Untuk ukuran kios atau booth yang kecil, tentunya tidak membutuhkan manager khusus atau pengelola secara tersendiri, namun mitra itu sendiri dapat menjadi koki atau jenis pekerjaan lain yang mendukung kios tersebut. Sehingga, selain dengan mempunyai tempat untuk meletakkan booth atau kios, calon mitra juga harus mempunyai kualifikasi pekerjaan sebagai berikut:

Jenis Pekerjaan
Analisis Pekerjaan
Deskripsi Pekerjaan
Spesifikasi Pekerjaan
Koki Masak & Kasir
Usaha kecil membutuhkan orang yang dapat bekerja secara double tasking. Dengan kapasitas penjualan yang lebih kecil, serta pelanggan yang lebih sedikit, usaha kecil tidak memerlukan orang yang bertugas khusus di kasir. Sehingga, orang yang bertugas memasak, juga harus dapat merangkap sebagai kasir
Mengolah/memasak segala bahan mentah menjadi masakan sesuai yang diorder oleh pelanggan, dengan rincian sbb:
- Menanak nasi
- Menggoreng ayam
- Mengulek cabe
- Meracik minuman
- Menyiapkan tempat penyajian
Dibutuhkan keterampilan memasak dengan cepat dan sudah berpengalaman di geprek bensu sebelumnya, sehingga pelayanan kepada pelanggan dapat lebih cepat
Mencuci seluruh peralatan masak sesudah penggunaan di akhir hari
Dibutuhkan keterampilan mencuci yang higienis untuk menjaga kualitas makanan yang disajikan
Melayani pembayaran dari pelanggan dari segala bentuk uang, misal uang cash, atau uang digital seperti OVO, gopay, shopee pay, dsb.
Terampil dalam perhitungan (uang) dan melek teknologi sehingga mudah untuk pengaplikasian metode pembayaran digital
Melakukan pembukuan pemasukan dan pengeluaran yang terjadi sampai dengan akhir hari
Terampil dalam perhitungan dan pencatatan administrasi keuangan (akuntansi sederhana)
Pengantar Pesanan & promotor
Selain dengan memanfaatkan jasa pengantaran online, usaha ini juga dapat menyediakan pengantaran makanan dengan harga yang lebih murah karena tidak ada mark up yang diberikan seperti pada pemesanan secara online. Pengantar pesanan akan mengantar makanan secara gratis dengan batas kilometer tertentu (tidak terlalu jauh dari lokasi warung). Pengantar makanan juga dapat bertindak sebagai promotor warung, dengan menyebarkan info-info makanan di media sosial seperti whatsapp, instagram, dsb.
Menerima pesanan baik secara langsung maupun pesanan melalui whatsapp, telepon, dan medsos lainnya
Cekatan dan teliti dalam mencatat pesanan, serta melek teknologi agar dapat menerima pesanan melalui berbagai media
Melakukan pengantaran makanan kepada pelanggan
Dibutuhkan karyawan yang dapat mengendarai motor dan mempunyai sim C, serta mempunyai motor sendiri (namun bensinnya akan termasuk dalam biaya operasional warung)
Melakukan pengambilan bahan baku baik berupa makanan maupun tempat penyajian yang dibutuhkan oleh warung
Melakukan stock opname setiap akhir hari untuk memastikan ketersediaan bahan baku untuk penjualan di hari berikutnya
Terampil dalam perhitungan dan pencatatan administrasi keuangan (akuntansi sederhana)
Melakukan promosi baik secara langsung (melalui pamflet, dll.), dan secara tidak langsung seperti promosi di sosial media seperti instragram, whatsapp, dan aplikasi lainnya
Dibutuhkan karyawan yang melek teknologi sehingga mudah untuk pengoperasian media sosial yang menarik pelanggan

Selanjutnya, untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut, dapat dikategorikan menjadi beberapa karakteristik penilaian yang dapat digunakan sebagai dasar pemberian bonus kepada mitra/karyawan.

Jenis Pekerjaan
Karakteristik penilaian kinerja
Porduktivitas
Sales
Temawork
Communication
Creativity
Koki masak
v
v
v


Kasir

v
v
v

Pengantar pesanan
v
v
v


Promotor

v
v
v
v
Karakteristik
Penilaian
Nilai ideal
Produktivitas
Waktu yang dibutuhkan koki untuk menyajikan satu porsi pesanan
10 menit
Waktu yang dibutuhkan pengantar pesanan untuk mengantar ke tempat tujuan
10 menit
Sales
Omzet penjualan per hari
Rp500ribu
Teamwork
Konflik antar karyawan yang menyebabkan penurunan produktivitas
0 (tidak ada)
Communication
Jumlan klaim dari pelanggan
0 (tidak ada)
Creativity
Penambahan jumlah order dalam satu bulan
30 order

Karakteristik penilaian tersebut akan dilakukan evaluasi secara bulanan, kemudian apabila melebihi target, maka karyawan ybs dapat menerima bonus tambahan selain gaji pokok. Perhitungan pemberian gaji dan bonus untuk karyawan/mitra adalah sebagai berikut:

Kategori
Keterangan
Gaji Pokok
Gaji diberikan kepada karyawan/mitra secara bulanan
Bonus Bulanan
Bonus bulanan diberikan kepada karyawan apabila melebihi nilai ideal yang telah ditetapkan pada tabel di atas
THR
THR diberikan setiap hari raya idul fitri sebesar 1x gaji pokok
Bonus Tahunan
Bonus tahunan diberikan kepada 25 besar mitra dengan penjualan tertinggi selama satu tahun

Demikian saran yang dapat kami berikan kepada manajemen Geprek Bensu, untuk mengurangi PHK yang dilakukan dan mencegah bertambahnya pengangguran di Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
mentari

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format