Inul Vizta digoyang pandemi, saatnya ngebor digitalisasi

Digital podcast jadi sumber income baru yang menjanjikan untuk meraup cuan


0

PT Vista International Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama VIZTA Karaoke memposisikan sebagai “KARAOKE KELUARGA YANG TRENDY DAN SELEBIZZ”. Karaoke yang berdiri sejak tahun 2005 ini memang ditargetkan untuk memenuhi selera masyarakat kelas menengah metropolis trendy yang menginginkan bernyanyi, hang out, maupun berpesta pada tempat dan suasana yang colourful, cozy, fun, nyaman, sopan dan “selebriti abizz”, namun dengan biaya yang terjangkau.

Ditinjau dari fasilitas, jenis layanan, dan harga sewa ruangannya, industri retail karaoke dapat dibagi atas 2 kategori yaitu Karaoke eksekutif dan Karaoke keluarga. Kedua jenis tempat karaoke ini mempunyai ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Vizta mengambil kelebihan dari kedua konsep ini dan menjadikannya sebuah konsep karaoke baru (Sumber:https://www.vizta.co.id/index.php/about-us/).

November 2020, Pedangdut Inul Daratista pun tidak luput dari dampak pandemi Covid-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat bisnisnya tidak dapat beroperasi hingga tidak ada pemasukan sampai 8 bulan terakhir dan terpaksa mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ribuan karyawannya dari bisnis rumah karaoke miliknya yang di Jakarta.

“Di Jakarta banyak (Inul Vizta) ada 20 cabang lebih. Karyawannya hitung saja satu outlet ada yang 75 karyawan, kalau di atas 20 sampai 30 (outlet) berapa tuh (yang di-PHK),” kata Inul dikutip dari detikcom saat ditemui di Gedung Transmedia, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Ia bilang keputusan PHK karyawan ini bukan opsi pertama yang dipilih. Inul sudah mencoba untuk bertahan dengan cara merogoh kocek pribadinya untuk membayar gaji karyawan.

(https://www.cnbcindonesia.com/news/20201105161102-4-199581/inul-habis-habisan-kena-pandemi-phk-ribuan-karyawan-karaoke)

Digital transformasi

Belakangan ini, media siaran terus semakin berkembang dengan seiringnya mulai pesatnya kemajuan teknologi dan juga kompleksitasnya kebutuhan manusia. Beberapa tahun lalu mulai muncul siaran audio melalui internet. Siaran audio melalui internet ini disebut dengan sebutan podcast.

Pada awalnya, podcast dikenal sebagai audio blogging yang merupakan sebuah tren lawas yang dimulai kemunculannya pada tahun 1980-an. Pada tahun 2004, nama podcast mulai dipakai dan menjadi sorotan karena seiring adanya kemajuan internet juga munculnya iPod sebagai medianya.

Istilah podcast sendiri muncul dan lahir dari gabungan kata iPod dan juga broadcasting. Pada awal kemunculannya iPod digunakan sebagai alat untuk merekam dan juga sebagai media untuk mempublikasikannya. Podcast sendiri sempat booming pada awal kemunculannya di Amerika sebagai pilihan masyarakat untuk mendengarkan berbagai macam informasi. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, podcast mulai dikenal di masyarakat tahun 2000an.

(Sumber: https://indovoiceover.com/podcast-yang-mulai-menjadi-trend-kembali/)

Jumlah pendengar podcast per bulan di US mencapai jutaan per data yang dirilis oleh analytics.podtrac.com, bahkan top 10 publisher mempunyai 100 juta unik audience dan ratusan juta download. Bisa dibayangkan berapa besar pendapatan dari digital podcast ini.

Tidak hanya di Amerika Serikat, podcast ini juga menjamur di Indonesia. Spotify menyebut tahun 2020 menjadi tahun podcast Indonesia. Bagaimana tidak, podcast kini seolah jadi bagian yang tidak terlepas dari kehidupan. Pasalnya, di podcast berbagai hiburan hingga inspirasi bisa didapatkan. Di Indonesia sendiri, konsumsi podcast, khususnya melalui Spotify, meningkat pesat. Begitu pula dengan ekosistem storyteller lokal yang terus berkembang. Tema yang diperbincangkan di podcast pun begitu beragam, mulai dari cerita terbaru dari artis favorit, cerita horor yang membuat merinding, hingga komedi. Dalam kondisi pandemi, hiburan dari podcast membantu pendengar untuk betah berada di rumah.

Dari sisi persaingan, dilansir dari podcastinsights.com, per bulan April 2021, jumlah podcasts hanya 1,75 juta, tapi jumlah bloggers ada lebih dari 600 juta.

Deretan podcast yang paling populer d Indonesia sepanjang tahun 2020 versi Spotify:

1. Rintik Sendu

2. Podkesmas

3. DesTanya Siapa?

4. Do You See What I See

5. Teman Tidur

(Sumber:https://www.liputan6.com/tekno/read/4425294/ini-deretan-podcast-paling-populer-di-indonesia-dalam-spotify-wrapped-2020)

Tidak hanya dilirik oleh perorangan, saking potentialnya bisnis digital podcast ini,  kalangan pebisnis professional, PT Mahadika Radio Integra Tbk (MARI) juga tertarik untuk membangun digital podcast dengan brand Noice. MARI bahkan sudah meluncurkan generasi kedua Noice (2.0) di bulan Maret 2021 dan dalam waktu 2 minggu Noice berhasil menduduki peringkat 4.3 di Google Play Store. MARI akan menyediakan Employee Stock Option Program (ESOP)  untuk penyedia konten, sebagai upaya untuk membangun ikatan dalam komunitas sosial.

Monetizing Noice bisa diperoleh dari iklan dan subcribers, valuasi program. Pendapatan dari iklan ini sangat potensial karena siaran podcast bisa didengarkan ulang/ setelah siaran, maka hal ini akan menjadi peluang untuk menarik lebih banyak iklan. MARI dengan target active user 1 juta berani memasang target pendapatan Rp100 Miliar pada tahun 2021 (2020: Rp67 miliar). (Sumber: Kontan)

Podcast: Tutorial Gampang gak pake mumet

  • Cari genre podcast yang menarik
  • Pilih Co-host (optional) tapi membantu untuk diskusi lebih mengalir
  • Beli domain name atau cari domain yang gratis, contoh Bluehost 
  • Format tayangan dan episode/ serial, berapa lama tayangan, style, teaser, Ad spot (iklan)
  • Bikin cover art yang kreatif
  • Intro & outro music
  • Pemilihan alat
  • Audio recording & editing, misal Alitu
  • Unggah ke platform digital yang jumlah active usernya jutaan, misal Apple Podcasts (iTunes), Spotify
  • Trik Promosi, pakai Buzzsprout’s

(Sumber:https://www.podcastinsights.com/start-a-podcast/#Show_Format)

Pembahasan

Selama pandemic, operasional perusahaan inul Vizta di segmen karaoke sangat terdampak, bahkan Inul menutup 64 outlet karaokenya (sumber: https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/26/214631166/cegah-corona-64-outlet-karaoke-inul-vizta-di-seluruh-indonesia-tutup)

Dari dampak hal tersebut, Inul juga memecat pegawai-pegawainya, untuk mengatasi hal tersebut, kelompok kami menyarankan untuk mengganti sementara beberapa jabatan yg terkait dengan bisnis karaoke, serta melakukan digital transformasi dengan cara menambah divisi di bidang layanan hiburan digital mencakup podcast dan streaming.Untuk mendukung penambahan layanan tersebut, diperlukan satu jabatan baru Ring Leader.

Proses menambah jabatan baru tersebut diawali dengan Perencanaan SDM. Pada Proses Perencanaan SDM, terdapat 3 hal, yaitu job analysis, job description, serta job specification. Job Analysis ditentukan dengan melakukan suatu observasi atau studi mengenai informasi yang terkait pada suatu pekerjaan (Ferrell, dkk., 2020). Job analysis meliputi tugas-tugas pada posisi tersebut, knowledge, skills, dan abilities (KSA) yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, job analysis ini nantinya digunakan untuk Menyusun job description, dan job specification (Ferrell, dkk., 2020).

Job Description merupakan penjelasan secara formal dari suatu pekerjaan, yg biasanya meliputi job title, tasks, relationship with other jobs, physical and mental skills yg dibutuhkan, tanggung jawab serta tugas dan kewajiban, serta kondisi-kondisi terkait pekerjaan (Ferrell, dkk., 2020). Job specification meliputi deskripsi dari kualifikasi yg dibutuhkan atas suatu pekerjaan, yg meliputi latar belakang Pendidikan, pengalaman pekerjaan, serta karakteristik personal (Ferrell, dkk., 2020).

Selanjutnya adalah proses rekrutmen. Rekrutmen merupakan proses mengumpulkan pelamar yang memenuhi syarat yg telah ditentukan ke dalam sebuah wadah, untuk selanjutnya manajemen akan memilih dari wadah tersebut (Ferrell, dkk., 2020). Rekrutmen dapat berasal dari baik sumber internal, maupun eksternal. Kemudian, kandidat-kandidat tersebut akan melalui proses seleksi. Seleksi merupakan proses mengumpulkan informasi mengenai pelamar dan menggunakan informasi tersebut sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perekrutan (Ferrell, dkk., 2020). Seleksi berawal dari sorting atas lamaran pekerjaan (application) yang didapatkan, bagi lamaran pekerjaan yg lolos, akan melalui proses berikutnya yaitu, testing atau yg biasa dikenal dengan psikotes, kemudian dilakukan wawancara oleh user terkait, serta akan dilakukan reference checking pekerjaan sebelumnya seorang kandidat, beberapa seleksi kerja juga menambahkan tes Kesehatan di akhir rangkaian seleksi.

Tugas berikutnya yg harus dilakukan oleh bagian Human Resource Management adalah memberikan pelatihan dan pengembangan (training and development). Training and development digunakan untuk meningkatkan skill pegawai pada jabatan saat ini, serta mempersiapkan mereka untuk promosi serta meningkatkan tanggung jawab (Ferrell, dkk., 2020). Training and development juga diberlakukan pada pegawai baru, misalnya melalui on-the-job training, pekerja akan belajar sambal melakukan pekerjaan mereka pada jabatan sebenarnya (Ferrell, dkk., 2020). 

Setelah pegawai bekerja beberapa waktu, HRM juga akan melakukan penilaian kinerja. Penilaian kinerja hal penting karena merupakan sarana memberi feedback seberapa baik pekerja melakukan pekerjaanya ataupun melakukan improvement (Ferrell, dkk., 2020). Beberapa bentuk penilaian kinerja diantaranya adalah penilaian kuantitatif, kemudian ranking system, ataupun dengan peilaian kualitatif yg misalnya adalah penilaian soft skilpenilaian 360 (Ferrell, dkk., 2020). Selain itu, dari asesmen kinerja, HRM akan mengetahui hal-hal yang dinilai kurang pada seorang pekerja, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk memberikan training dan development pada pegawai tersebut

Untuk jabatan yg kami usulkan, training diawali dengan pemberian on-the-job training selama kurang lebih 3 bulan. Kemudian selama 1 tahun bekerja, pegawai pada jabatan tersebut akan diberikan penilaian kinerja secara kuantitatif berdasarkan KPI (Key Performance Indicators) serta penilaian soft skill berdasarkan penilaian 360. Apabila pada penilaian itu ada skill-skill utama yg kurang, misalnya adalah  kreativitas, Kerjasama tim, ataupun kemampuan komunikasi, tugas HRM adalah memberikan training and development sesuai kebutuhan dari pegawai tersebut.

Setelah pegawai bekerja, kewajiban dari perusahaan adalah memberikan kompensasi. Kompensasi finansial meliputi wages (upah), salary (gaji), commission (insentif), bonuses, serta profit sharing. Wages merupakan reward finansial berdasaran pada jumlah jam kerja atas suatu capaian output, salary merupakan reward finansial yg dihitung mingguan, bulanan, atau tahunan. Kemudian commission merupakan insentif yg akan dibayarkan sejumlah besaran tertentu atau presentase atas pencapaian prestasi dari pekerja, misalnya presentase dari penjualan (Ferrell, dkk., 2020). Profit Sharing merupakan kompensasi sebesarpresentase dari keuntungan perusahaan yg didistribusikan pada pekerja yg sudah membantu membesarkan perusahaan (Ferrell, dkk., 2020).

Kemudian juga ada kompensasi non finansial, atau biasa disebut dengan benefit. Contoh dari benefit yg diberikan oleh perusahaan diantaranya asuransi Kesehatan, dan pension, penitipan anak, employee assistan program, membership, car ownership program dll (Ferrell, dkk., 2020).

Kompensasi yg akan diterima oleh jabatan baru tersebut sekitar Rp25-30 juta. Selain itu benefit yg diberikan oleh perusahaan berupa asuransi jiwa dan kesehatan, voucher untuk grooming, serta rencana pension.

Jabatan

Spesifikasi

Deskripsi

Internal/ External 

Ring Leader Posisi: Head/ Senior Manager

Range gaji per bulan:

25 – 30 juta

  • Pengalaman kerja 5 tahun di bidang digital dan marketing
  • Pendidikan minimal S1
  • Memahami SEO 

Ring Leader memimpin dan memberikan arahan kepada tim untuk menyelesaikan project. Koordinasi dengan CEO dan klien. Bertanggung jawab untuk menyelesaikan konten sesuai target.

External

Outreach Manager

Posisi: Manager

Range gaji per bulan:

15- 20 juta

  • Pengalaman di bidang public relation minimal 3 tahun di dunia entertainment
  • Kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik

Bertanggung jawab untuk mencari prospek tamu podcast, industry expert/ ahli, menyaring topik podcast mingguan, mencari dan follow up prospect klien/ tamu

External

Host/ announcer, Posisi: Senior Officer

Range gaji per bulan:

10 – 15 juta

  • Pengalaman siaran minimal 2 tahun
  • Pendidikan min. S1 jurusan komunikasi/ Bahasa/ ilmu budaya
  • Berpenampilan menarik
  • Mengikuti trend dan berita terkini

Bertanggung jawab untuk mewakili brand, mengisi suara dan memandu siaran, membuat narasi

Internal/ External

Tim Produksi

Posisi: Supervisor dan Staff

Range gaji per bulan:

6 – 9 juta

  • Memiliki kemampuan menulis dan editing script
  • Pengalaman minimal 2 tahun di bidang yang sama/ terkait
  • Berpikir kritis dan analitis

Bertanggung jawab untuk proses produksi, menulis rancangan narasi untuk dipublish 

Internal/ external

Audio Engineer 

Posisi: Staff 

Range gaji per bulan:

5-7 juta

  • Mempunyai pengetahuan dasar terkait audio
  • Berpengalaman untuk mixing dan composing audio dengan music

Bertanggung jawab untuk tuning, mixing dan leveling audio.

Internal

Sumber:

1. Ferrell, O. C., Hirt, G. A., & Ferrell, L. (2020). Business Foundations: A Changing World (12th Ed). New York: McGraw-Hill Education.

2. https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/26/214631166/cegah-corona-64-outlet-karaoke-inul-vizta-di-seluruh-indonesia-tutup

3. http://analytics.podtrac.com/podcast-publisher-rankings

4. https://www.podcastinsights.com/start-a-podcast/

5. https://www.cnbcindonesia.com/news/20201105161102-4-199581/inul-habis-habisan-kena-pandemi-phk-ribuan-karyawan-karaoke

6. https://noice.id/

Penulis kelompok Alphabravo:

Dhana Strata Nusantara

Muhammad Syawaluddin Fatih

Novy Wulansari


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format