PANDEMI, TAMBAH BEBAN ATAU ANGKAT KEAHLIAN UNTUK KARYAWAN PUSAT KEBUGARAN


0

PANDEMI, TAMBAH BEBAN ATAU ANGKAT KEAHLIAN UNTUK KARYAWAN PUSAT KEBUGARAN.

-Minimnya kegiatan di tempat olah raga, membuat semua bisnis harus berinovasi dan menyatukan interaksi manusia melalui teknologi.Melalui layanan “Home Sweat Home” klien tetap bisa berolah raga dengan panduan para Personal Trainer.- 

IDENTIFIKASI MASALAH

Kehadiran pandemi Covid 19 atau penyakit Corona di awal tahun 2020, mengakibatkan interaksi antar manusia jadi jauh berkurang. Pemerintah juga memberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan COVID 19 sehinga banyak tempat interaksi sosial wajib tutup.  Hal ini berdampak serius terhadap bisnis yang mengedepankan jasa pelayanan seperti rumah makan, pusat kebugaran dimana harus terpaksa ditutup untuk sementara waktu.

Selain itu, selama masa pengenalan dengan penyakit Corona, ahli medis gencar menyampaikan edukasi pencegahan penyakit baru ini.  Aerosol yang merupakan percikan sangat kecil hasil aktifitas manusia dianggap mudah bertebaran di pusat kebugaran yang merupakan tempat tertutup.  Aerosol ini juga bisa menempel di peralatan olah raga.  Dokter Spesialis Olahraga menjelaskan “Pusat kebugaran dan tempat olah raga public merupakan tempat dengan risiko penularan tinggi. Terlebih olahraga merupakan Aerosol Generating Procedures (AGPs).”Manajemen pusat kebugaran sedang membersihkan peralatan olahraga. – istimewa

Belum lagi dengan adanya pusat kebugaran di Tasikmalaya sebagai sumber cluster covid 19, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan agar masyarakat melakukan latihan fisik atau berolahraga di rumah saja.

PENGURANGAN JUMLAH KARYAWAN KARENA PANDEMI

Tingginya kewaspadaan masyarakat, sontak membuat pusat kebugaran menjadi sepi. Sebut saja dua tempat berolah raga kelas premium seperti Fitness First dan Celebrity Fitness, pengunjungnya berkurang hingga 60 persen.  Padahal semangat kedua tempat ini sedang berkobar karena gaya hidup masyarakat yang semakin paham akan kesehatan. Tahun 2017, mereka tergabung dalam satu perusahaan bernama Evolution Wellness, cabangnya semakin banyak, sehingga rekruitmen untuk mengisi 3 divisi utama yaitu front desk, sales dan personal trainer menjadi arus rutin.

Namun dengan terjangan covid 19, satu per satu member mengajukan cuti kehadiran selama setahun untuk keamanan kesehatan.Member yang hadir pun hingga pertengahan 2021 ini masih 50 persen dari jumlah biasa.  Personal Trainer yang bertugas mendampingi klien saat berolah raga secara privat menjadi banyak yang tidak ada pekerjaan.  Beberapa cabang Celebrity Fitness pun berakhir tutup karena kurang pendapatan untuk menutupi keperluan operasional.

Perusahaan akhirnya mengambil keputusan untuk memutus masa kerja Personal Trainer yang baru bekerja dibawah setahun, dengan pemberian kompensasi.  Berdasarkan UU Omnibus Law soal Ketenagakerjaan, kompensasi tetap diberikan untuk pekerja berstatus kontrak atau Pegawai Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Perpanjangan masa kontrak dilakukan maksimal sampai tiga tahun.

Perusahaan juga mengikuti kewajiban untuk menerbitkan surat verklaring atau parklaring sesuai ketentuan pasal 1602z KUHPerdata, dalam rangka membukakan kesempatan bagi karyawan yang diberhentikan agar mendapatkan pekerjaan selanjutnya.

SOLUSI JABATAN BARU AGAR TIDAK PENGURANGAN KARYAWAN

Di era praktis seperti sekarang, tentu banyak klien yang tidak menyukai kerumitan tata cara berolah raga di tempat umum, seperti menggunakan masker, menyemprotkan disinfektan ke tiap alat fitness dan mengontrol diri untuk tidak menyeka keringat di wajah.

Minimnya kegiatan di tempat olah raga, membuat semua bisnis harus berinovasi dan menyatukan interaksi manusia melalui teknologi.Melalui layanan “Home Sweat Home” klien tetap bisa berolah raga dengan panduan para Personal Trainer.Meskipun tentu cara tersebut menghasilkan perbedaan signifikan, karena tidak dapat mengamati postur dan gerakan secara detil.

Dengan dorongan keadaan, Evolution Welness memperkuat system Informasi Teknologi, IT untuk mengintegrasikan kegiatan oleh raga di pusat kebugaran dengan rumah klien, menggunakan layanan aplikasi melalui ponsel pintar. Empat divisi utama mulai dari Divisi Operasi , Marketing, Digitilized, Finance & GA. Front Desk & Trainer dipaksa melek sistem komputer dengan diberikan pelatihan singkat

STRATEGI BISNIS PUSAT KEBUGARAN DI MASA PANDEMIC      

Dikutip dari artikel Mindbodybusiness, lockdown dan penutupan studio dan gym di seluruh negara bagian di Amerika Serikat, membuat industri kebugaran menawarkan virtual fitness dan hal ini mendapat response yang baik. 40% konsumen sekarang mengatakan mereka menggunakan pre record video kebugaran dimana sebelumnya hanya 27% sebelum COVID. Demikian pula, 37% orang Amerika telah menggunakan semua kebugaran live streaming dibandingkan dengan hanya 12% yang melakukannya sebelum COVID.

Pandemi juga mendorong konsumen untuk mencoba bentuk olahraga baru. Mungkin karena semakin banyak kelas online yang tersedia atau kenyamanan ekstra di rumah untuk mencoba sesuatu yang baru — 29% orang Amerika memulai kelas olahraga atau kebugaran baru yang belum pernah mereka coba sebelum COVID.

Meskipun tahun 2020 menunjukkan peningkatan dramatis dalam adopsi kebugaran virtual, tidak semua generasi menggunakan layar secara setara. Generasi Milenial melakukan lebih banyak streaming langsung dan latihan yang direkam sebelumnya daripada kelompok usia lainnya dan peralatan gym rumah yang terhubung paling populer di Generasi Z. Terutama, Generasi Muda Boom (yang berusia 55+) paling kecil kemungkinannya untuk mengambil bagian dalam streaming langsung dan pra latihan yang direkam serta latihan dengan peralatan gym rumah yang terhubung.

Planet Fitness, salah satu pusat kebugaran terbesar di Amerika Serikat melihat hal ini sebagai peluang dalam mempertahankan bisnis. Selain tetap membuka pusat kebugaran dengan konsep higienis yang dibatasi kapaistasnya, digitalisasi merupakan strategi yang mereka dilakukan. Virtual workouts melalui live streaming maupun recorded content dapat diakses melalui aplikasi bagi member maupun non member. 

Dengan adanya aplikasi ini Planet Fitness dapat mempertahankan bisnisnya secara saham mengalami peningkatan per Agustus 2020

Pusat Kebugaran :Menuju New Normal

Normal

New Normal

Place

Fitness Center

Every Where

Time

Scheduled

Anytime

Virtual Workouts

No

Yes

Apps

No

Yes

Social Distancing

No

Yes

Dari perbandingan di atas dapat dilihat adanya perubahan strategi bisnis yang semula offline menjadi online sehinga dibutuhkan penyesuaian organisasi bisnis yang lebih agile dan adaptif dimana Divisi Marketing dan Divisi Operasional harus berbasis digital. Secara konseptual untuk organisasi bisnis tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

Jabatan

Job Description

Requirement

Front Desk

Registrasi dan maintain data customer

  • 1 Year Experience

Sales & Promotion

Meningkat jumlah member dan promosi

  • 2 Year Experience

Rental Equipment

Maintenance asset yang disewkan

  • 2 Year Experience

IT Support & MDM

Maintenance aplikasi customer dan content video

  • 2 Year Experience

Front Desk

Front Desk kini bukan hanya bertugas untuk menggesek kartu member dan melihat berapa sisa kelas yang dapat diikuti, melainkan dituntut cermat memantau jumlah peserta kelas online, berkomunikasi jika ada pembatalan, dan merekapitulasi database peserta.

Menempatkan jadwal kelas daring dan luring di aplikasi, website dan sosial media setiap awal bulan, agar klien dapat mengetahui program olah raga yang ditawarkan.

Sales & Promotion

Mengkonsepkan promosi agar ramai peminat kelas daring.Disamping itu, bekerja sama dengan Front Desk dan Personal Trainer untuk mengatur jadwal kegiatan olah raga yang sekiranya dapat diikuti oleh seseorang berturut turut.  

Berada di rumah selain membuat klien fleksibel mengikuti kelas, juga membuat seseorang dapat ikut ragam kelas dalam sehari.Misalnya, member bisa bertahap mengikuti kelas online Yoga, Conditioning and Strengthening, kemudian Cardio, tanpa melelahkan jantung karena tingkat olah raga nya yang naik perlahan.

Rental Equipment

Mencegah kerugian akibat mesin olah raga yang banyak menganggur, karyawan sales juga kini bertugas untuk menyewakan mesin olah raga dengan klien di rumah menggunakan sistem deposit, sehingga bila ada kerusakan dan, tersedia dana untuk perbaikan. 

Program sewa alat dan mendatangkan klien merupakan tantangan besar di saat pandemi karena masyarakat berada dalam situasi harus mendahulukan kebutuhan primer.  Komisi menjadi penyemangat bagi para karyawan yang berhasil membantu keberlangsungan usaha saat pandemi.

Personal Traning

Kini pelatih olah raga terbagi dua dengan proses seleksi, Pelatih fitness luring bisa memiliki kemampuan bahasa inggris minim, namun yang berpotensi memiliki kemampuan bahasa inggris lebih baik maka diberi kesempatan lebih untuk mengajar kelas olah raga system daring.  Dengan teknologi, jangkauan peserta senam menjadi semakin luas, bahkan bisa menyatukan member dari berbagai belahan dunia dalam satu waktu, mengingat Fitness First dan Celebrity Fitness memiliki cabang di berbagai negara.

Di kesempatan lain, Personal Trainer juga harus mengawasi kegiatan olah raga offline, agar komunikasi antar klien dilakukan dengan menjaga jarak.  Selain itu, instruksi gerak olah raga kini menggunakan tv monitor sehingga pelatih hanya mengkoreksi gerakan dari jarak dua meter.  

Setiap kali latihan, satu set peralatan yang terdiri dari sekiranya 5 jenis mesin juga sudah disiapkan, sehingga hanya digunakan satu orang hingga tuntas.  Setelah selesai digunakan, pelatih membersihkan dengan disinfektan untuk siap digunakan member lain.

IT Support & Master Data Management

Melakukan maintenance aplikasi dan master data customer sehingga memudahkan customer dalam melakukan aktivitas fitness. Video content serta live streaming dapat diterapkan untuk memudahkan customer melakukan aktivitas secara daring.

Sumber:

https://covid19.go.id/p/berita/pusat-kebugaran-dibuka-begini-tips-agar-tetap-aman-dari-penularan-covid-19
https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-011037781/masih-buka-saat-pandemi-sebuah-pusat-kebugaran-di-tasikmalaya-jadi-klaster-baru-covid-19
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/08/140000120/celfit-dan-fitness-first-tawarkan-kelas-online-olahraga-apa-saja
https://www.mindbodyonline.com/business/education/blog/2021s-top-fitness-trends-and-what-they-mean-your-fitness-business
https://www.glofox.com/blog/online-fitness-marketing-strategies/

Maximus Team:

Femi Famela Fauzi

Zulham Anggia Nasution


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format