“RACIKAN” ERA BARU KFC DI KALA PANDEMI


0

“RACIKAN” ERA BARU KFC DI KALA PANDEMI

Sebagai pemegang hak waralaba tunggal untuk merek KFC di Indonesia, PT Fast Food Indonesia Tbk didirikan oleh Keluarga Gelael pada 1978. Pada 1979, Perseroan mendapatkan akuisisi waralaba dengan pembukaan gerai pertama pada bulan Oktober di Jalan Melawai di Jakarta. Pembukaan gerai pertama terbukti sukses dan diikuti dengan pembukaan geraigerai selanjutnya di Jakarta dan ekspansi hingga ke sejumlah kota besar lainnya di Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Sukses membangun merek ini, menanamkan KFC dalam benak konsumennya sebagai merek waralaba cepat saji yang terkenal dan dominan di Indonesia.

   Source : https://kfcku.com/, diakses pada tanggal 04 April 2021

Hingga tahun 2019, KFC memiliki jaringan Restoran KFC Indonesia dengan total 748 gerai yang tersebar di 169 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Keseluruhan gerai yang ada tersebut terbagi menjadi beberapa jenis outlet sperti Free Standing, In-line, Mall, Food Court, KFC Box hingga Mobile Catering.

Dalam laporan keuangan KFC di tahun 2019, tercatat pula bahwa perseroan mempekerjakan 16.884 karyawan dalam berbagai latar belakang pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah karyawan tersebut mengalami peningkatan 849 karyawan dibandingkan dengan tahun 2018. Komposisi karyawan didominasi oleh pekerja muda dengan rentang usia 20 – 29 tahun dengan sebagian besar ditempatkan di area operasional di luar Jabodetabek. Berdasarkan jenjang pendidikan, sebagaian besar karyawan KFC merupakan tamatan pendidikan SMA atau yang setara dengan komposisi 93% dari seluruh karyawan atau sejumlah 15,783 orang.

                                              Source : Laporan Tahunan PT Fast Food Indonesia

Dalam laporan keuangan KFC di tahun 2019, KFC membukukan nilai penjualan kotor sebesar Rp. 6.943,5 juta dengan menjaga pertumbuhan transaksi total sebesar 7,52%, sehingga transaksi keseluruhan tercatat 109,9 juta pada 2019. Pendapatan KFC di tahun 2019 tercatat sebesar Rp. 6,71 triliun, atau naik sebesar 11,45% dari pendapatan di tahun 2018 sebesar Rp. 6,02 triliun. Sedangkan untuk laba perusahaan tahun 2019 ditetapkan sebesar RP. 241,55 milliar, yang meningkat dari tahun sebelum nya sebesar Rp. 212,01 milliar atau naik sebesar 13,93%.

                                                 Source : Laporan Tahunan PT Fast Food Indonesia

KALA KFC ‘TERGIGIT” OLEH PANDEMI COVID 19

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Pandemi Covid-19 benar-benar memberikan dampak “pukulan” yang luar biasa bagi semua sektor usaha di Indonesia. Pun demikian dengan sektor jasa yang ada Indonesia, terutama yang bergerak di industri makanan dan minuman telah mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Para pelaku usaha juga harus selalu berkreasi dalam memutar otak dan merubah strategi penjualan. Disisi lain himpitan peraturan tentang aturan pemberian upah kerja minimum serta harga bahan baku yang cenderung tidak stabil sebelum pandemic Covid-19, telah memberikan tantangan tersendiri bagi para pemilik bisnis restoran di tanah air.

Selama pandemic, kebiasaan baru atau yang kerap disebut era “new normal” memberikan perubahan tatanan bisnis restoran, seperti :

  1. Jam operasional yang terbatas

    Di awal pandemic merebak di tanah air, mengharuskan pemilik restoran untuk menutup usaha nya lebih cepat, hal ini berkaitan dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah setempat. 

  2. Pembatasan jumlah pengunjung

    Aturan mutlak “jaga jarak” menjadi aturan dasar yang harus dipenuhi oleh pemilik restoran sebagai usaha untuk mengurangi transmisi penyebaran virus. Syarat yang harus dipenuhi berujung kepada jumlah pengunjung yang dibatasi hanya 25% – 50% atau setengah dari kapasitas pengunjung yang tersedia di restoran tersebut

  3. Penutupan sementara pusat perbelanjaan (Mall)

    Di awal masa pandemic, penutupan sementara pusat-pusat perbelanjaan (mall) di tanah air, menjadi momok tersendiri bagi para pelaku usaha, tidak hanya bagi para pemilik restoran, tetapi juga di sektor retail lain nya seperti grosir, kebutuhan rumah tangga, fashion, dan lain sebagainya. Hal ini berimbas langsung kepada restoran-restoran yang berada di dalam pusat perbelannjaan, yang harus dengan rela untuk menutup usaha nya tersebut

    Dalam perkembangannya, banyak di antaranya yang berusaha bertahan dengan melakukan strategi jemput bola ke pelanggan. Hal ini diketahui dari beragam unggahan di media sosial mengenai karyawan restoran yang harus bertugas menawarkan makanan yang diproduksi, bahkan hingga di pinggir jalanKFC (PT Fast Food Indonesia Tbk.) merupakan salah satu bisnis restoran yang sangat terdampak dengan adanya pandemic covid tersebut. Dampak yang sangat nyata tersebut adalah :

  4. Ditutup nya 115 gerai KFC di awal Pandemic

    Seiring dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar yang ditetapkan pemerintah demi mengurangi penyebaran virus covid-19, hal ini membuat sektor pariwisata, penerbangan, perhotelan dan sektor yang terdampak lainnya hampir lumpuh. Dikarenakan konsumen yang mengurangi mobilitas dan cenderung berdiam di dalam rumah. Hal ini menyebabkan 115 gerai KFC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik di pusat perbelanjaan, tempat transit konsumen seperti bandara, stasiun dan gerai lainnya. Sebanyak 33 gerai KFC diantaranya terjadi penutupan hingga pandemic berakhir.

  5. Hampir 10.000 karyawan KFC yang terdampak

    Jumlah karyawan KFC per januari 2020, berdasarkan Laporan Tahunan tahun 2019,  sebanyak 15.783 orang, dimana 12.280 orang atau hampir 75% diantaranya bekerja dibagian operasional (mulai dari pelayan, penyaji hingga pemasak). Penutupan sejumlah gerai yang terjadi selama pandemic, tentunya telah berdampak kepada hampir 10 ribu karyawan yang bekerja secara langsung di bagian operasional tersebut. Data menunjukkan sebanyak 4.988 karyawan telah dirumahkan dikarenakan gerai yang telah ditutup baik sementara maupun permanen selama aturan pembatasan sosial berskala besar, dan 4,847 karyawan telah dilakukan pemotongan gaji.. Langkah tersebut dengan secara hati-hati dan terpaksa dilakukan oleh KFC demi efisiensi dan keberlangsungan hidup perusahaan. Hal ini disertai dengan komitmen dari KFC untuk mempekerjakan kembali dan mengembalikan benefit yang didapatkan oleh karyawan KFC setelah pandemic berakhir.

  6. Penurunan Pendapatan 25%-30% di tahun 2020

    Dengan penerapan pengurangan jumlah pengunjung di restoran, hal ini berdampak secara langsung kepada penurunan pendapatan penjualan perusahaan. Penjualan selama 9 bulan di tahun 2020 hanya sebesar Rp. 3,58 Triliun (atau turun 28,4% dari tahun sebelumnya). Hal ini menyebabkan KFC merugi Rp. 298,33 Miliar yang disebabkan karena menurunya jumlah pengunjung. KFC memproyeksikan penjualan selama tahun 2020 adalah sebesar RP. 5,03 Triliun. Penurunan pendapatan tersebut tentunya akan berdampak secara tidak langsung kepada karywan dan stake holder yang mengharapkan pandemic ini dapat segera berakhir.

  7. Penerapan Protokol Kesehatan di Seluruh Restoran KFC

    Dengan semakin merebaknya virus Covid-19 di tanah air, hal ini yang menyebabkan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) mengeluarkan beberapa panduan untuk makan di restaurant diantaranya :

    • Untuk tamu yang masuk ke area restoran harus selalu memakai masker.
    • Masker hanya boleh dilepas saat makan dan minum. 
    • Karyawan restoran harus mengawasi tamu anak-anak secara khusus. 
    • Tamu yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celsius tidak boleh masuk area restoran. 
    • Tamu harus diarahkan menggunakan hand sanitizer yang disediakan sebelum duduk di meja.
    • Meja harus berjarak minimal 1 meter dengan meja lainnya.
    • Jika ada antrean, harus disediakan penanda batas berjarak minimal 1 meter. 
    • Tamu harus menunggu di depan area restoran dengan tetap menjaga jarak. 
    • Kasir harus selalu menyarankan pembayaran non-tunai.
    • Penyajian semua jenis condiment tidak bisa langsung diletakkan di meja tapi harus dibawakan sesuai permintaan tamu. 
    • Untuk pick-up, sistem pick-up tanpa kontak lebih baik dilakukan. 
    • Restoran harus menetapkan area tunggu untuk mengambil pesanan dengan penanda batas berjarak 1 meter satu sama lain.
    • Dan sebagainya

      Penerapan protokol kesehatan di restoran tersebut merupakan hal wajib yang dilakukan oleh KFC diseluruh gerai nya. Bagi operasional restoran, hal ini akan memberikan dampak menurunnya jumlah pengunjung yang melakukan makan di tempat (dine-in).

SOLUSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA KFC DITENGAH PANDEMI

Pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap hampir 10ribu karyawan KFC dengan rincian 4,988 karyawan yang dirumahkan dan 4,847 karyawan yang mendapatkan pemotongan gaji. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang membuat kisruh diantara para karyawan, manajemen KFC dan serikat pekerja melakukan kesepakatan bersama (Bipartit Solution) sebagai berikut :

  • Penundaan sebagian kecil gaji untuk karyawan yang bekerja di level toko
  • Pemotongan gaji dan penundaan sebagian kecil pembayaran gaji untuk karyawan level toko yang dirumahkan
  • Pemotongan gaji 50% bagi karyawan yang berpenghasilan diatas upah minimum provinsi dan 30% bagi karywan yang berpenghasilan dibawah upah minimum provinsi
  • Penurunan dan penundaan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang bervariasi mulai dari tingkat manajemen senior ke atas

Hal ini telah sesuai juga dengan teori yang disampaikan oleh Ferrel (Business Foundation 12th edition, 315) perihal perundingan bersama. Perundingan bersama adalah proses negosiasi yang dilakukan oleh manajemen danserikat pekerja dalam mencapai kesepakatan tentang kompensasi, jam kerja, dan kondisi kerja untuk unit perundingan. Tujuan negosiasi adalah untuk mencapaikesepakatan tentang kontrak kerja, dokumen tertulis formal yang menjelaskanhubungan antara serikat pekerja dan manajemen untuk jangka waktu tertentu, biasanya dua atau tiga tahun.Dalam perundingan bersama, masing-masing pihak mencoba menegosiasikan kesepakatan yang memenuhi permintaan; kompromi seringkali diperlukan untuk mencapai hal tersebut.

Manajemen mencoba menegosiasikan kontrak kerja yang mengizinkan perusahaan untuk mempertahankan kendali atas hal-hal seperti jadwal kerja;mempekerjakan dan memberhentikan pekerja; standar produksi; promosi, transfer, danpemisahan; rentang manajemen di setiap departemen; dan disiplin. Serikat cenderunguntuk fokus pada masalah kontrak seperti besarnya upah; tarif gaji yang lebih baik untuk lembur, liburan, dan shift yang tidak diinginkan; penjadwalan kenaikan gaji; dan manfaat. Inimasalah akan dijabarkan dalam kontrak kerja, yang akan dipilih oleh anggota serikat pekerjaterima (dan patuhi) atau tolak.Selama masa ekonomi sulit, serikat pekerja mungkindipaksa untuk menerima giveback — upah dan tunjangan diberikan kepada pemberi kerjayang memungkinkan mereka untuk tetap kompetitif atau, dalam beberapa kasus, bertahan dan terus menyediakan pekerjaan bagi serikat pekerja.

Di masa new normal selama pandemic Covid-19 ini berbagai upaya ditempuh KFC untuk dapat mempertahankan eksistensi nya di usaha ritel makanan cepat saji ayam goring. Seiring dengan diterapkan nya protokol kesehatan untuk bisnis usaha restoran, beberapa hal yang mungkin dapat ditempuh oleh KFC dalam menyiasati nya adalah : 

  1. Menambahkan fungsi PIC / departemen baru baik di struktur organisasi Toko maupun di struktur organisasi perusahaan seperti fungsi digital yang dapat lebih focus untuk dapat mengembangkan peranti digital yang dikembangkan oleh KFC maupun dengan local source seperti grabfood, gofood dan yang lain nya.
  2. Menambahkan lini khusus di fungsi digital ini yang bertujuan agar KFC dapat lebih focus dalam pengembangan promosi secara daring dan aplikasi serta juga pengembangan proses order take away yang melalui aplikasi dan jasa pengantaran tersebut. Dengan dikelolanya fungsi digital secara lebih komprehensif, diharapkan dapat meningkatkan penjualan melalui aplikasi program digital.

    Aplikasi digital ini dapat juga diberikan fungsi tambahan berupa pembagian secara virtual untuk pemberian voucher ataupun promo-promo menarik lain nya yang dapat diberikan KFC kepada para konsumen. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembelian produk-produk yang ditawarkan KFC dalam voucher atau promo yang sedang berlangsung

                                 Source : Aplikasi Gojek, diakses pada tanggal 04 April 2021

    Pesatnya kemajuan teknologi dapat membantu berjalannya bisnis restoran di masa pandemi ini dimana segalanya dilakukan tanpa sentuhan maupun kontak langsung. Sehingga pelaku usaha restoran perlu memanfaatkan berbagai teknologi dalam operasional sehari-hari. Menu digital menjadi salah satu kewajiban, dimana kini pengunjung tinggal melakukan scan QR-code untuk mengakses menu yang ingin dipilih, sehingga risiko tinggi kontak dengan buku menu dapat diminimalisir. Pembayaran cashless juga menjadi opsi utama untuk mengurangi kontak dengan mesin EDC (Electronic Data Capture).

    Perubahan perilaku konsumen dengan hadirnya berbagai platform delivery online juga menghadirkan tantangan bagi pelaku usaha yang selama ini mengandalkan konsumen hanya dari pesanan dine-in saja. Tingginya pesanan melalui layanan antar yang didukung kemudahan akses melalui platform online delivery juga diperkirakan akan tumbuh signifikan sepanjang tahun karena memungkinkan pelanggan untuk mengkonsumsi makanan favorit mereka tanpa harus berinteraksi langsung di dalam restoran dengan banyak orang. Maraknya promo serta ditambahnya fitur mengambil pesanan makanan sendiri di restoran (self pick-up) juga menjadi salah satu faktor pertimbangan tingginya konsumsi makanan melalui platform online delivery.on di Indonesia.

  3. Menambahkan fungsi dibagian promosi yang dapat lebih focus kepada promosi dan paket-paket yang menarik konsumen. Promosi diharapkan dapat dibuat dalam porsi lebih menarik untuk paket-paket yang dibeli melalui aplikasi ataupun take away.

    Hal ini diharapkan dapat mendukung program yang diberikan oleh pemerintah selama masa pembatasan sosial berskala besar dan juga dapat memberikan atensi khusus kepada konsumen dalam membuat pesanan di rumah.
                                  Source : https://kfcku.com/, diakses pada tanggal 04 April 2021

    Promo-promo menarik yang ada tersebut dapat diberikan kepada konsumen melalui jejaring media sosial yang saat ini sedang berkembang di konsumen seperti whatsapp, Instagram, facebook, dan sebagainya.

  4. Memperkaryakan karyawan-karyawan yang telah dirumahkan untuk dapat membantu melakukan promosi serta penjualan secara langsung kepada konsumen. Hal ini tentu saja dibutuhkan satu divisi/lini struktur organisasi baru yang khusus untuk focus terhadap kualitas serta tata cara pelaksanaan distribusi produk kepada para karyawan lainnya

    Pelaksanaan distribusi bisa diterapkan melalui sales poin di kawasan/wilayah tertentu baik di rumah maupun ditempat umum, atau bisa juga dilakukan secara keliling di wilayah tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas konsumen yang hendak membeli KFC maupun merangsang minat beli konsumen dengan membeli KFC di wilayah yang dekat dengan konsumen.

                                  Source : https://kfcku.com/, diakses pada tanggal 04 April 2021

Artikel ini dibuat oleh Team Geronimo :

  1. Henry Julianto Tarigan
  2. Riva Selviani Harahap
  3. Priyonggo Setyoadi

Referensi :


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format