Industri Pertelevisian Tumbang; Artis kini merambah Media Online untuk Bertahan Hidup akibat Pandemi Covid-19

Bukan hanya banjir subscribers, para artis yang menjelma jadi Youtuber ini mendapatkan penghasilan ekstra yang tak bisa dibilang sedikit.


1
1 point

Industri Pertelevisian

Industri televisi dan radio merupakan subsektor ekonomi kreatif yang mempunyai andil sangat besar terhadap penyebaran informasi. Gempuran teknologi digital dalam menyebarkan informasi membuat industri televisi dan industri radio dianggap hampir menemui akhirnya.

Namun meski tidak se-mutakhir gawai, akses terhadap televisi dan radio Indonesia jauh lebih merata menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Hal inilah yang membuat kedua media informasi konvensional tersebut tak lekang oleh waktu.

Sumber: medium.com

Pandemi koronavirus 2019-2020 telah memiliki dampak besar padaindustri televisi, mencerminkan dampak di semua sektor seni , menutup atau menunda produksi program televisi di banyak negara dengan konsekuensi negatif terhadap pendapatan (melalui penjualan hak dan iklan) dan pekerjaan. Acara televisi di Indonesia mulai menerapkan imbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus korona, baik dengan membatalkan pertunjukan maupun melakukan pertunjukan tanpa penonton. Pada 14 Maret 2020, stasiun televisi antv membatalkan undangan menghadiri hari ulang tahun antv ke-27 dan mengadakan acara tanpa penonton,disusul pembatalan undangan acara hari ulang tahunKick Andy pada hari yang sama dan juga mengadakan acara tanpa penonton. Pada 16 Maret 2020, stasiun televisi Indosiar mengumumkan bahwa acaraLiga Dangdut Indonesia 2020 digelar tanpa penonton. Pada tanggal yang sama, pagelaran Karnaval SCTV yang baru berjalan selama 30 menit di Kudus, Jawa Tengah terpaksa dihentikan dari durasi seharusnya selama 180 menit.Perayaan ulang tahun penyanyi Betrand Peto Putra Onsu yang sedianya akan dirayakan bersama para fansnya dalam program Brownis Trans TV pun akhirnya digelar dan tayang tanpa kehadiran fans di studio.Begitu juga dengan program Mata Najwa yang digelar tanpa penonton di studio mulai 18 Maret 2020,serta beberapa program lainnya yang biasanya melibatkan penonton, seperti Rumah Uya dan Ini Talk show.

Sumber: regional.kompas.com

Pada 24 Maret 2020, Polsek Pasar Minggu membubarkan kegiatan syuting sinetron Kisah Cinta Anak Tiri di Jalan Mursid, Kebagusan, Jakarta Selatan. Kapolsek Pasar Minggu Komisaris Prayitno bersama Lurah Kebagusan Leo melakukan pengecekan ke rumah yang dijadikan lokasi syuting sinetron tersebut. Dalam pengecekannya, ditemukan ada kurang lebih 100 orang kru beserta pemain sinetron yang berada di lokasi. Temuan itu bertolak belakang dengan maklumat yang sudah dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Aziz, yakni melarang masyarakat berkegiatan melibatkan orang banyak.

Sumber: Vidio.com

Rumah produks iSinemArt memutuskan menghentikan seluruh kegiatan syuting berbagai judul sinetron mulai 25 Maret. Berbagai rumah produksi lainnya juga ikut menghentikan sementara proses syuting sinetron. Namun, rumah produksi MNC Picturesyang sebelumnya sempat menghentikan proses syuting sinetron, memutuskan untuk kembali memulai proses syuting sinetron, namun di dalam ruangan tertutup. Episode baru sinetron seperti Dunia Terbalik danTukang Ojek Pengkolan mengalami perubahan cerita dan formasi pemain, serta pembentukan set lokasi syuting yang harus dibuat semirip mungkin dengan lokasi aslinya sebelum pandemi melanda. Sejumlah sinetron spesial Ramadanpun mengalami dampaknya. Misalnya, dua produksi judul sinetron khusus Ramadan produksi Kharisma Star Vision Plus yang telah disiapkan harus ditunda meskipun belum rampung karena syuting dihentikan. Satu judul sinetron sudah setengah rampung, satu lagi masih di tahap awal produksi. Jumlah episode yang selesai pun baru sedikit. Pada akhirnya, beberapa judul sinetron yang sempat dihentikan pun tayang kembali ketika erakenormalan baru, seperti Samudra Cinta pada 29 Juni, Istri Kedua pada 6 Juli, dan Bawang Putih Berkulit Merah pada 26 Juni.

Buyer Behavior – FHF Bab 11 yang saat ini sedang terjadi perubahan terhadap masyarakat dalam menonton acara tv dari pertelevisian terkait adanya kebijakan pada masa Pandemi Covid-19 untuk proses shooting maupun on air. 


Perpindahan Buyer Behaviour ini mempengaruhi tingkat penayangan iklan yang menurun akibat jumlah penonton pada acara XTV yang juga ikutan menurun, jumlah penonton yang menurun disebabkan oleh kurangnya acara TV yang ditayangkan akibat pembatasan pembuatan acara baik secara on air maupun off air. Pada FHF Bab 1 hal-hal ini terpengaruhi  oleh faktor The Forces of Supply and Demand. 


Dalam pengoperasian dan pembuata acara-acara TV pastinya banya melibatkan orang-orang yang berperan dengan tugas dan tanggung jawab masing, namun pada kenyataannya pemerintah melarang melakukan aktivitas dengan banyaknya orang-orang terlibat pada masa pandemi covid-19. Menurut FHF BAB 2 terkait Business Ethic, para pemilik dari Industri Pertelevisan harus memperhatikan hal tersebut. Karena antara mencari uang dan mengikuti peraturan pemerintah agar tidak menyebarkan Covid-19 adalah dua hal yang baik namun sangat bertentangan atau yang bisa dibilang dengan sebutan Ethical Delima.


YouTube menjadi media pengganti andalan para Ar

Untuk menyambung hidup deretan artis pun banting setir membuka usaha untuk menambah penghasilan,Job on air seperti di televisi menjadi berkurang. Apalagi beberapa konser yang sudah direncanakan pun batal. Beberapa artis yang memiliki usaha juga terdampak.

Komedian Sule mengaku ikut terdampak pandemi corona atau COVID-19. Ramadan tahun ini ia hanya mengisi satu acara saja di salah satu televisi swasta.


Sumber: detik.com

Karena popularitasnya dianggap menurun, Sule disebut-sebut mulai jatuh bangkrut. Ditambah lagi pandemi virus corona atau COVID-19 membuat Sule berpikir untuk menjual koleksi mobil mewahnya. Sule mulai mulai merasa terbebani untuk memanjakan mobil mewahnya, baik dari segi bensin dan pajak yang tinggi. Pandemi ini membuatSuletidak lagi memiliki pekerjaan tetap. Dia mengaku kalau pemberhentian program televisi yang selama ini menjadi tumpuan dirinya membuat penghasilannya berkurang

Saat ini banyak artis televisi papan atas yang beralih ke media online seperti YouTube untuk bisa terus melakukan aktivitas mereka sebagai pekerja seni dan menjadi salah satu pemasukan walaupun tidak sebesar job on air di televisi.

Kini hampir semua artis memilikichannelYoutube. Bahkan tak sedikit di antaranya sudah meninggalkan dunia televisi untuk fokus sebagai konten kreator Youtube. Bukan hanya banjirsubscribers, para artis yang menjelma jadi Youtuber ini mendapatkan penghasilan ekstra yang tak bisa dibilang sedikit.


Salah satu artis yang meraup untung banyak dari Youtube adalah Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven. Dilansir Social Blade, nama pasangan yang menikah pada 2018 silam ini, menduduki peringkat tertinggi artis dengan jumlah penghasilan tertinggi di Youtube.  

Sumber: merdeka.com

Channel pertama mereka, Baim Paula berhasil mencuri perhatian dengan memiliki 14,5 juta subscribers dari 741 video yang mereka unggah. Sementara di akun kedua mereka, Bapau Family, berhasil meraup 3 juta subscribers dari 201 video. 

Dengan belasan juta subscribers tersebut, tentu Baim Wong dan Paula juga mendapatkan penghasilan yang fantastis. Di laman Social Blade, ia menempati peringkat 9 daftar Youtuber berpenghasilan tertinggi di Indonesia. Pasangan tersebut berhasil memperoleh lebih dari 57 ribu hingga 916 ribu dollar AS tiap bulan. Jika dikonversikan menjadi kurang lebih Rp800 juta hingga Rp12 miliar rupiah.

Maka dari itu, sebagai alternative dari kurangnya Job on Air maupun off Air, maka membuat acara/konten dengan menggunakan media online seperti YouTube adalah hal yang sangat bagus untuk dilakukan oleh Artis maupun perusahaan Televisi.

Referensi

1.^ Sweney, Mark (19 Mei 2020). "How coronavirus has animated one section of the film industry". the Guardian. Diakses tanggal 6 Agustus 2020.

2.^ "Gara-gara Corona, 4 Acara di Stasiun Televisi Indonesia Digelar Tanpa Penonton". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-09.

3.^ developer, mediaindonesia com (2020-03-15). "Andy F Noya: Pertama Kali Siaran tanpa Penonton". mediaindonesia.com. Diakses tanggal 2020-04-09.

4.^ "Mulai Senin, Liga Dangdut Indonesia Digelar tanpa Penonton". Republika Online. 2020-03-16. Diakses tanggal 2020-04-09.

5.^ JawaPos.com (2020-03-16). "Ikuti Arahan Pemerintah, Acara Karnaval Dihentikan, Sekolah Diliburkan". radarkudus.jawapos.com. Diakses tanggal 2020-11-14.^ a b Times, I. D. N.; Putra, Adi. "Antisipasi Penyebaran Corona, 6 Program TV Ini Tayang Tanpa Penonton". IDN Times. Diakses tanggal 2020-11-14.

6.https://www.merdeka.com/sumut/jualan-peyek-hingga-bakpao-6-artis-ini-banting-setir-selama-pandemi-corona.html?page=3

7.https://ayobandung.com/read/2020/05/11/88853/sepi-job-saat-ramadan-penghasilan-sule-berkurang-drastis

8.https://www.republika.co.id/berita/qc74iv4924000/jual-mobil-mustang-rp4-miliar-sule-jatuh-bangkrut

9.https://www.merdeka.com/sumut/baim-paula-di-posisi-atas-ini-daftar-artis-youtuber-indonesia-berpenghasilan-terting.html?page=2

10.BUSINESS FOUNDATIONS: A CHANGING WORLD - FHF




Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format