Sudut Pandang Islam Mengatasi Permasalahan Kesenjangan Sosial dalam Film Snowpiercer

Permasalahan dalam film Snowpiercer adalah adanya kasta sosial yang membuat adanya kesenjangan sosial antara kelas bawah dan kelas elit di kereta abadi Snowpiercer.


1
1 point

Sinopsis Snowpiercer (2013)

Pada tahun 2014, dunia dilanda pemanasan global yang sangat parah yang mana membuat para ilmuwan melakukan percobaan untuk mengendalikan perubahan iklim. Para ilmuwan tersebut menaburkan zat kimia ke atmosfer dengan tujuan untuk mengurangi efek dari pemanasan global. Akan tetapi percobaan tersebut memberikan dampak yang sangat buruk bagi bumi. Efek dari percobaan tersebut membuat seluruh permukaan bumi tertutup oleh es dan suhu bumi menjadi sangat dingin dengan temperatur minus 119 derajat celcius. Tidak ada manusia manapun yang bisa bertahan hidup di suhu sedingin itu.

 Untuk menolong manusia dari mati kedinginan, sebuah perusahaan yang bernama Wilford Industries membuat kereta dengan bahan bakar abadi yang memiliki rute mengelilingi bumi yang memiliki tujuan sebagai tempat penyelamat bagi manusia dalam menghadapi suhu yang sangat dingin di luar. 

Snowpiercer memiliki penumpang sebesar seribu penumpang yang terbagi kedalam dua kelas, kelas elit dan kelas bawah. Kelas elit berada di bagian depan dengan dilengkapi berbagai fasilitas dan kemewahan. Sementara keadaan sangat berbalik di gerbong kelas bawah. Mereka hidup berdesak-desakan dan hanya makan makanan berupa jelly dengan bentuk yang aneh. Keadaan tersebut membuat penumpang kelas bawah melakukan pemberontakan untuk memutus kesenjangan antar kelas tersebut.

Identifikasi Masalah

Permasalahan yang terdapat dalam film Snowpiercer adalah adanya kasta sosial yang membuat adanya kesenjangan sosial antara kelas bawah dan kelas elit di kereta Snowpiercer. Kelas elit yang dipimpin oleh Wilford yang mana juga sebagai pemimpin dan pendiri kereta abadi Snowpiercer dan kelas bawah yang dipimpin Curtis, seorang survivor yang memiliki semangat juang tinggi dalam memperjuangkan haknya sebagai manusia. Perbedaan yang sangat terlihat antara kelas elit dan kelas bawah adalah dari segi makanan dan fasilitas. Kelas elit mendapatkan fasilitas mewah berupa kolam renang, kamar per individu dengan fasilitas lengkap dan taman yang asri dan hijau. Kelas elit juga mendapatkan makanan beragam dan mewah ala restaurant michelin yang dibuat oleh koki kelas dunia. 

 Sedangkan kelas bawah mendapatkan fasilitas seadanya dengan satu kamar tidur untuk banyak orang yang membuat tiap anggota kelas bawah hidup secara berdesak-desakan. Makanan yang diberikan oleh kelas bawah juga makanan seadanya berupa jelly dengan rasa dan bentuk yang sangat aneh. Curtis selaku pemimpin dari kelas bawah berikinan untuk memperjuangkan hak kelas bawah dan menaikkan derajat dari kelas bawah agar mendapatkan fasilitas yang sama dengan kelas elit. Hal tersebut tentu saja membuat adanya pertikaian antara kelas bawah dan kelas elit.

 Sumber :  Kumparan.com 

Permasalahan adanya kesenjangan kasta sosial merupakan isu yang lama yang sudah ada di kehidupan kita sejak dahulu kala. Bahkan dalam agama hindu juga menganut sistem kasta yang terdiri dari Sudra, Waisya, Ksatria dan Brahmana. Adanya kasta tersebut tentu saja akan membuat munculnya kesenjangan sosial antar kelas. Kasta sosial juga akan membuat adanya praktek perbudakan yang mana hal tersebut merupakan praktek yang tidak terpuji dan terlarang pada zaman sekarang. Indonesia telah melarang praktik perbudakan yang mana dijelaskan pada UU No. 39 Tahun 1999 yang berbunyi “tidak seorang pun boleh diperbudak atau diperhamba. Perbudakan, perdagangan budak, perdagangan wanita, dan segala perbuatan apapun yang tujuannya serupa dilarang”. Maka dari itu sistem kasta sosial harus segera dihilangkan agar semua manusia mendapatkan haknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Perbandingan Kelas Elit dan Kelas Bawah Menurut Jurnal Saleem et al (2018)

Menurut Saleem et al, agama islam merupakan sebuah agama yang membentuk tatanan, sosial-moral, ekonomi dan politik yang adil. Hal-hal tersebut diawali dan diperjuangkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam memulai gerakan penyebaran agama islam di tanah Arab. teori moral islam menjadi tujuan utama dalam islam untuk membentuk kehidupan yang adil dan tentram. Teori moral tersebut disebarkan melalui-melalui ajaran yang terdapat pada Al-Quran, sunnah dan hadist.

Dalam film Snowpiercer, perbedaan kelas yang mana kelas elit mendapatkan fasilitas yang lebih mewah dan lengkap dibandingkan kelas bawah menunjukkan adanya pelanggaran dari teori moral islam. Kelas elit mendapatkan semua hak dari segi ekonomi, sosial dan politik. Contohnya adalah pada saat adanya kasus yang tersangkanya adalah kawanan dari kelas elit, tersangka tersebut mendapatkan hukuman yang tidak sesuai dengan perbuatannya. kelas elit mendapatkan kekebalan hukum di persidangan yang mana hal tersebut merupakan pelanggaran dari teori moral islam.

Saleem et al dalam jurnalnya juga menjelaskan tiga konsep yang dapat dijadikan acuan dalam membandingkan antara kedua kelompok yang saling bertolak belakang yang mana dalam film Snowpiercer adalah dua kelompok dari kelas elit dan kelas bawah. Berikut adalah perbandingan dari kelas elit dan kelas bawah berdasarkan tiga konsep yang dijabarkan oleh Saleem et al :

 

Konsep
Kelas Elit
Kelas Bawah
Protection of Lawful Property
Kelas elit mendapatkan fasilitas dan makanan yang lengkap yang mana hal tersebut tidak sesuai dengan konsep protection of lawful property yang menjelaskan bahwa islam melarang memakan harta dengan sesama islam dengan tujuan untuk kepentingan pribadi.
Kelas bawah mendapatkan ketidakadilan dengan properti yang didapatkan oleh kelas bawah tidak sama dengan kelas atas bahkan properti yang didapatkan melanggar ham dengan fasilitas seadanya. Ketidakadilan yang didapatkan oleh kelas bahwa merupakan pelanggaran dari konsep protection of lawful property dan melanggar dari apa yang disampaikan di surat An-Nisa ayat 26 yang menjelaskan tentang larangan memakan harta dengan sesamamu.
Distribution of Inheritance
Distribusi kekayaan di kereta jelas tidak merata dengan kekayaan terpusat di kelas elit. Kelas elit enggan membagikan hartanya dalam bentuk sedekah, zakat, wakaf dan warisan dengan tujuan untuk menguntungkan kelompok atau keluarganya sendiri.
Kelas bawah memiliki kekayaan yang merata dan lebih rendah dari kelas elit yang mana hal tersebut meningkatkan rasa saling peduli akan sesama anggota yang mana pembagian materi, makanan, dan fasilitas meningkat. Pembagian kekayaan dapat dalam bentuk sedekah, zakat maupun warisan.
Freedom of Work and Enterprisee
Kelas elit mendapatkan kebebasan dalam  memperoleh pekerjaan dan profesi apapun. Hal tersebut dijelaskan oleh surat Al Maidah ayat 87 yang menjelaskan tentang kebebasan dalam mendapatkan pekerjaan.
Kelas bawah mendapatkan pekerjaan yang sudah diatur oleh kereta dan tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai apa yang kita mau. Kelas bawah bahkan melakukan pekerjaan yang hukumnya haram dalam islam seperti menjadi pembunuh bayaran, dealer narkoba dll. Hal tersebut tentu saja melanggar dari ajaran islam.

Perbandingan Kelas Elit dan Kelas Bawah Menurut Jurnal Egel dan Fry (2017)

Egel dan Fry mengatakan bahwa agama islam merupakan dasar dari kepemimpinan. Bagi para pemimpin islam, pengejaran konsep spittal dan material tidak dapat dipisahkan. Islam menetapkan kode aturan untuk kegiatan bisnis dan administrasi publik islam. Egel dan Fry membagi bentuk kepemimpinan kedalam dua bagian, yaitu spiritual leadership management dan islamic leadership management. Berikut adalah perbandingan dari kelas elit dan kelas bawah berdasarkan konsep spiritual leadership management dan islamic leadership management :  

 

KonsepKelas ElitKelas Bawah
Spiritual Leadership Management
Kepemimpinan yang dilakukan oleh Wilford selaku pimpinan kelas elit yang sesuai dengan SLM adalah dalam memimpin stabilitas di kereta. Wilford menentukan tujuan, cita-cita dan membuat daya tarik yang sangat kuat kepadanya sehingga bawahannya hormat dan patuh kepadanya.
Kepemimpinan yang dilakukan oleh Curtis dalam kelas bawah menunjukann pada daya tahan dia sebagai pemimpin, selalu menyebarkan harapan yang positif kepada kaumnya dan menjaga harmonisasi serta kepedulian dengan anggotanya.
Islamic leadership management
Wilford mengaplikasikan gaya ILM kedalam kepemimpinan di keretanya dengan membuat dia sebagai Pemangku kepentingan dan dianggap sebagai sebuah kepercayaan yang mana dalam hal ini tuhannya adalah Wilford.
Curtis menggunakan imam sebagai dasar dari sebuah motivasi yang mana mencakup keyakinan yang berakar di dalam hati. Hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi kaum bawah dalam memperjuangkan haknya.

Perbandingan Kelas Elit dan Kelas Bawah Menurut Syed Nadeem Abbas Haider

 Syed nadeem dalam artikelnya yang berjudul The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) and Organizational Citizenship Behaviour (OCB) : The Moderating Role of Islamic Work Ethics (IWE) menjelaskan bahwa EI adalah kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi keaadaan emosi pribadi serta menilai keadaan emosional orang lain. Sedangkan OCB adalah serangkain kegiatan sukarela yang dilakukan untuk memperbaiki iklim kerja organisasi. IWE adalah konstruk yang dikembangkan untuk memasukkan nilai-nilai etika agama dalam kehidupan profesional seseorang. IWE merupakan penengah antara hubungan EI dan OCB. Ketiga faktor tersebut menjadi tolak ukur dalam kesuksesan suatu individu atau organisasi. Berikut adalah perbandingan kelas bawah dan kelas elit berdasarkan konsep EI, OCB dan IWE :

KonsepKelas ElitKelas Bawah

Emotional 

Intelligence


Kelas elit memiliki self-awareness yang tinggi yang dibuktikan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dan saling dan sadar terkait perilaku emosionalnya. Kelas elit juga memiliki self- management yang tinggi dengan dibuktikan mampu mengatasi konflik secara efektif dan jelas dalam menyampaikan ide dan informasi. Maka dari itu personal competence dari kelas elit tinggi yang mana hal tersebut menunjukkan kelas elit memiliki EI yang bagus secara individual.
Kelas bawah memiliki social awareness yang tinggi yang mana ditunjukkan tingkat kepedulian yang tinggi dengan sesama anggota nya dan saling tolong-menolong dengan sesama anggota kelas bawah. Hal tersebut juga menunjukkan kelas bawah memiliki relationship management yang tinggi pula dengan bukti antar anggota kelas bawah saling bahu-membahu dan bekerja sama untuk memperjuangkan haknya di kereta Snowpiercer.
Organizational Citizenship Behavior
OCB  dari kelas elit menunjukkan score yang rendah dikarenakan rendahnya sikap suportif dan gotong royong antar anggota kelas elit. Hal tersebut dikarenakan hampir semua anggota kelas elit mementingkan keperluan pribadinya dibandingkan keperluan antar anggota.
Sedangkan OCB dari kelas bawah bertolak belakang dari OCB kelas elit dikarenakan sikap suportif, gotong royong dan tanggung jawab sosial yang tinggi antar anggota. Tiap anggota dari kelas bawah selalu mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Islamic Work Ethics
IWE dari kelas elit menunjukkan nilai yang rendah dikarenakan tiap anggotanya sedikit yang memasukkan nilai-nilai etika agama dalam kehidupan profesional mereka. Kelas elit menganggap  nilai-nilai agama tidak begitu penting dan berpengaruh terhadap kehidupan professional mereka. Maka dari itu kebanyakan dari kelas elit adalah orang yang tidak beragama dan tidak percaya akan tuhan. Karena mereka semua menganggap tuhan yang sebenarnya adalah Wilford yang membangun kereta abadi untuk menolong umat manusia dari mati kedinginan.
Kelas bawah menjunjung tinggi nilai-nilai agama yang mana mereka menganggap agama merupakan pedoman dalam menjalankan kehidupan professional mereka. Mereka menganggap membantu antar anggota kelas bawah merupakan bentuk kemuliaan yang mana balasannya akan mereka dapatkan di akhirat. Mereka percaya juga bahwa nilai-nilai agama akan mengubah nasib mereka suatu saat nanti. Maka dari itu IWE dari menunjukkan nilai  tinggi yang mana lebih tinggi dari IWE kelas elit.

 

Pandangan Islam terkait Kesenjangan Sosial antara Kelas Bawah dan Kelas Elit

 Sistem kasta dalam kereta Snowpiercer yang menyebabkan kesenjangan sosial di kereta berasal dari egoisme kelas elit yang ingin mendapatkan semua fasilitas kereta tanpa mementingkan hak semua orang di kereta. Dalam islam, orang yang mendapatkan harta yang lebih baik dan status sosial yang lebih baik harus berbagi kepada orang yang kurang mampu atau miskin yang mana dalam konteks ini adalah anggota kelas bawah. Berbuat baik dalam islam hukumnya wajib. Hal tersebut tertera pada surat Al-Isra ayat 7 yang berbunyi,

Artinya : "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai,"Qs. Al-Isra : 7.

Kesenjangan sosial merupakan suatu masalah serius menurut islam. Alquran menjelaskan bahwa masalah kesenjangan sosial harus diatasi agar masyarakat dapat hidup sejahtera dan perekonomian tersebar secara merata. Alquran juga menjelaskan agar golongan mampu menyisihkan hartanya untuk golongan yang tidak mampu agar kesenjangan sosial dapat teratasi. Hal tersebut dijelaskan di surat Al-Mudatsir ayat 42-44 yang berbunyi, 

 

                                                                                                                      مَا سَلَكَكُمْ فِى سَقَرَقَالُوا۟ لَمْ نَكُ مِنَ ٱلْمُصَلِّينَوَلَمْ  نَكُ نُطْعِمُ  ٱلْمِسْكِين  

                                                                                                                                                                                     Artinya : "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? "mereka menjawab :  "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat. Dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin. " Qs Al-Mudatsir : 42-44       

Kasta sosial antara kelas elit dan kelas bawah tidak dibenarkan dalam islam. Islam mengenalkan persaudaraan antar sesama manusia tanpa memandang derajat dan kasta sosial orang tersebut. Dalam islam, semua manusia mempunyai derajat tanpa mengenal status sosial. Maka dari itu dalam islam tidak mengenal sistem kasta. Hal tersebut dijelaskan oleh hadits Abu Hurayrah yang berbunyi : “Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada bentuk atau rupa kamu, juga tidak kepada harta benda kamu. Akan tetapi Allah SWT memandang kepada hati dan amal perbuatanmu semata.” (Hadist Ibn Majah).

Solusi untuk Kelas Elit dan Kelas Bawah di Film Snowpiercer

Sistem kasta sosial pada kereta Snowpiercer harus ditiadakan. Sistem kasta sosial membuat kesenjangan sosial yang sangat tinggi diantara dua kasta tersebut. Kedua kelas dapat mehilangkan sistem perkastaan di kereta dan mengganti dengan sistem demokrasi yang mana setiap masyarakat di kereta dapat bahu-membahu satu sama lain untuk selamat dari mati kedinginan. Para anggota kereta dapat saling membantu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan tinggal dengan nyaman dan aman di kereta.

Sistem demokrasi telah diterapkan di beberapa negara. Salah satu negara yang telah menerapkan adalah Indonesia. Pada sistem demokrasi tersebut, setiap warga negara memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya dan melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Islam mengajarkan bahwa kemampuan masing-masing suatu individu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kemampuannya. Akan tetapi, islam juga mengajarkan untuk menyebarkan kesetaraan dan ketidaksetaraan. Hal tersebut dijelaskan di surat Al-Hasyr ayat 7 yang menjelaskan tentang bahwa harta yang dimiliki suatu individu janganlah beredar hanya di golongan menengah keatas saja. Harta tersebut dapat dibagikan kepada golongan orang yang kurang mampu. Hal tersebut dijelaskan semua di surat Al-Hasyr ayat 7 yang berbunyi, 

مَآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلٰى رَسُوْلِهٖ مِنْ اَهْلِ الْقُرٰى فَلِلّٰهِ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ كَيْ لَا يَكُوْنَ دُوْلَةً ۢ بَيْنَ الْاَغْنِيَاۤءِ مِنْكُمْۗ وَمَآ اٰتٰىكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ وَمَا نَهٰىكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوْاۚ  وَاتَّقُوا اللّٰهَ 

ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِۘ

Artinya : "Harta rampasan (fai') dari mereka yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (yang berasal) dari penduduk beberapa negeri, adalah untuk Allah, Rasul, kerabat (Rasul), anak-anak yatim, orang-orang miskin dan untuk orang-orang yang dalam perjalanan, agar harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya". Qs Al-Hasyr : 7.

 Sumber :  Amazon.com

Kasta sosial akan menyebabkan kesenjangan sosial. Adanya kesenjangan antara kelas elit dan kelas bawah akan menyebabkan ketidakadilan pada kelas bawah yang menyebabkan kelas bawah mendapatkan fasilitas yang kurang layak dan makanan yang tidak layak untuk dimakan. Maka dari itu kasta sosial dan kesenjangan sosial harus diatasi agar semua masyarakat dalam kereta Snowpiercer mendapatkan hidup yang nyaman, aman dan tentram di tengah bumi yang membeku ini. 

Referensi

Penulis

 Muhammad Rifaldo Wirawan


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format