Deranged (2012): Konspirasi Dibalik Wabah Penyakit

Wabah penyakit mematikan telah menelan banyak korban jiwa. Asal-usul wabah tersebut menjadi misteri dan ada sebuah konspirasi dibaliknya


1
1 point

Sinopsis

Fenomena kekeringan di berbagai wilayah negara Korea selama musim gugur membuat pasokan air bersih menipis. Air menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia pada masa kekeringan. Namun, apa jadinya jika air tersebut mengandung parasit mematikan?

     Jae-hyeok (tokoh utama), seseorang yang temprament hidup dengan keadaan pas-pasan berusaha mencari nafkah untuk keluarganya dengan bekerja di sebuah perusahaan farmasi Jo-ah. Dia tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Dia memiliki soerang adik bernama Jae-pil yang berprofesi sebagai polisi. 

     Misteri bermula ketika ditemukannya beberapa mayat dalam kondisi mengenaskan disekitar sungai dan jumlahnya terus bertambah pesat. Penyelidikan terus berlanjut sampat polisi menemukan beberapa cacing cacing parasit didekat tubuh mayat korban. Cacing parasit tersebut bernama Yeongasi. Cacing parasit tersebut hidup didalam air dan terus berkembang biak mencari inangnya. Para korban yang terinfeksi parasit ini diduga telah pergi ke tempat rekreasi air sebelum beberapa hari mengalami gejala hilang nafsu makan dan mengalami dehidrasi berat sebelum meninggal akibat serangan jantung. Keadaan semakin parah ketika Jae-hyeok menyadari bahwa keluarganya telah terinfeksi cacing parasit tersebut.  Wabah cacing parasit tersebut telah memakan lebih dari 100 ribu korban. Presiden Korea Selatan pengumumkan bahwa kondisi saat ini menjadi bencana nasional. 


      Sebuah penyelidikan menunjukkan bahwa wabah cacing parasit Yeongasi disebabkan oleh sekumpulan orang yang melepaskan beberapa ekor anjing kedalam sungai hingga meninggal. Ada sebuah penemuan mengejutkan dari seorang pasien bahwa cacing parasit Yeogasi dapat dibunuh dengan obat Windazol dari perusahaan farmasi Jo-ah, namun obat tersebut sudah tidak diproduksi lagi sehingga jumlahnya sangat langka. Karena jumlahnya yang langka, Jae-heok dan Jae-pil memutuskan untuk mencari obat Windazol. Perjalanan mereka terhambat oleh adanya pihak yang menghalangi mereka dan muncul konspirasi dibalik bencana nasional ini. Berkat usaha dari kedua bersaudara tersebut, obat pembunuh cacing Yeongasi berhasil diproduksi dan didistribusikan sehingga menyelamatkan banyak orang. Selain itu, salah satu dalang dibalik bencana nasional ini berhasil terungkap, yaitu James Kim sebagai wakil perusahaan farmasi Jo-ah dan tim penelitiannya. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa James Kim dan tim penelitinya membuat varian parasit baru lalu menyebarkannya ke masyarakat melalui air dan James Kim menjual saham perusahaan farmasi Jo-ah kepada pemerintah dengan harga yang mahal untuk mencari keuntungan.

Isu Permasalahan

Beberpa mayat ditemukan dalam kondisi mengenaskan di kisaran sungai dan jumlahnya terus bertambah banyak. Setelah diselidiki korban meninggal tersebut disebabkan oleh cacing parasit Yeongasi yang telah berkembang biak didalam air. Cacing tersebut berasal dari mayat anjing yang hanyut disungai. Korban yang telah terinfeksi Yeongasil akan terus mencari air hingga membuat dirinya terbunuh. Masalah semakin rumit ketika obat pembasmi cacing tersebut sudah tidak diproduksi dan jumlahnya sangat terbatas. Masalah ini juga memiliki konspirasi dibaliknya. Konspirasi tersebut menunjukan bahwa adanya keterlibatan pihak perusahaan farmasi yang membuat kekacauan demi mendapat keuntungan.

Dua Karakter Penting

Karakter utama: Jae-hyeok

Jae-hyeok merupakan seorang karyawan dari perusahaan farmasi Jo-ah. Dia digambarkan sebagai orang yang temperament, keras kepala, dan sering kali bertindak ceroboh. Meskipun dia memiliki sifat seperti itu, dia tetap menyayangi keluarganya dengan caranya sendiri dan dia selalu bekerja keras untuk mencari nafkah dengan cara yang baik dan dia juga digambarkan sebagai orang yang bertanggung jawab dalam bekerja. Walaupun penghasilannya tidak banyak, dia tetap tidak melakukan pekerjaan yang melanggar hukum demi mendapatkan uang.

Karakter antagonis: James Kim

James Kim merupakan sorang petinggi dari perusahaan farmasi Jo-ah. Dia digambarkan sebagai orang yang tenang, egois, dan pandai merencanakan sesuatu. Dia bersama tim peneliti perusahaannya membuat suatu varian parasit baru lalu disebarkan ke masyarakat hingga dia menjual saham perusahaanya dengan harga yang mahal kepada pemerintah demi mencari keuntungan. James Kim melakukan hal yang tidak berkemanusiaan dengan membunuh ribuan orang demi mencari uang keuntungan perusahaan.

Perbandingan Dua Karakter Berdasarkan Analisis Jurnal Business Ethics in Islam – Saleem et al (2018)

Jurnal Business Ethics in Islam, karya Saleem et al menjelaskan bahwa sistem perekonomian saat ini sebagian besar dipengaruhi oleh norma, nilai social dan moral, dan metafisik. Junal tersebut juga menjelaskan tiga konsep dalam menjalankan bisnis yang etis berdasarkan prespektif islam.

  1. Konsep jaminan hak. Konsep ini menjelaskan bahwa seluruh kegiatan perekonomian harus dilakukan dengan adil dan tidak mengeksploitasi hak orang lain.
  2. Konsep kebebasan bekerja dan berwirausaha: konsep ini menjelaskan bahwa setiap manusia berhak untuk bebas memilih pekerjaannya asalkan tidak melanggar hukum yang berlaku.
  3. Konsep halal dan haram: konsep ini menjelaskan bahwa hanya produk yang sudah terjamin kehalalannya dalam proses produksinya dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat
Konsep
Jae-hyeok
James Kim
Jaminan Hak
Jae-hyeok awalnya bekerja diperdagangan saham kini bekerja sebagai karyawan di perusahaan farmasi Jo-ah. Bekerja di perusahaan farmasi tersebut tidak menghasilkan uang yang lebih banyak daripada melakukan perdagangan saham. Meski dalam keadaan ekonomi yang terbatas, Jae-hyeok tetap bekerja sesuai dengan hukum yang berlaku dan adil demi mendapatkan uang.James Kim merupakan seorang petinggi dari perusahaan farmasi Jo-ah. Dia melakukan cara yang kejam dengan cara menyebar parasit ke masyarakat melalui air sungai hingga menyebabkan ribuan orang menjadi korban dan dia juga menjual saham perusahaannya kepada pemerintah dengan harga yang mahal demi mendapatkan keuntungan. Hal yang dilakukan James Kim sangat bertentangan dengan konsep jaminan hak
Kebebasan bekerja dan berwirausaha
Jae-hyeok merasa kapok bekerja di perdagangan saham karena mengalami kerugian besar. Dia memutuskan untuk berkerja di perusahaan farmasi Jo-ah dengan resiko yang lebih kecil. Walaupun penghasilannya lebih kecil, dia tetap mematuhi hukum dalam bekerja.
Tim peneliti perusahaan farmasi Jo-ah merasa dirugikan akibat saham mereka dipotong menjadi setengah oleh pemimpin perusahaan yang baru. Tim peneliti tersebut melakukan balas dendam dengan membuat varian parasit baru lalu disebarkan kepada masyarakat. James Kim juga membantu mereka demi kelancaran rencana mereka.
Halal dan haram
Jae-hyeok tidak melakukan pekerjaan haram yang merugikan banyak orang demi mendapatkan uang. Dia tetap bekerja mendapatkan uang dengan cara yang halal meski penghasilannya tidak banyak.James Kim melakukan pekerjaan kotor yang merugikan banyak orang demi mendapat keuntungan. Cara yang dilakukan oleh James Kim adalah cara yang tidak halal

Perbandingan Dua Karakter Berdasarkan Analisis Jurnal Egel and Fry (2017) - Spiritual Leadership as a Model for Islamic Leadership

Jurnal Spiritual leadership as a model for Islamic leadership karya Egel and Fry (2017) menjelaskan tentang teori kepemimpinan berbasis spritual yang berkaitan erat dengan jaran islam.  Ada dua konsep yang dijelaskan dalam jurnal ini.

  1. Konsep Management from an Islamic Practice (MIP). Konsep ini menjelaskan tentang bagaimana praktik manajerial dalam organisasi sudah sesuai dengan nilai-nilai dan praktik islam.
  2. Konsep Leadership from an Islamic Practice (LIP). Konsep ini menjelaskan tentang model kepemimpinan yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi yang sesuai dengan prinsip dan ajaran islam.
Konsep
Jae-hyeok
James Kim
Management from an Islamic Practice (MIP)
Jae-hyeok hanya seorang karyawan dari perusahaan farmasi Jo-ah. Konsep MIP tidak terlihat dengan jelas oleh Jae-hyeok. Walaupun tidak terlihat dengan jelas dia tetap bertanggung jawab kepada keluarganya dan tetap amanah ketika menjalankan tugasnya demi menyelamatkan banyak orangJames Kim bekerja sebagai petinggi perusahaan farmasi Jo-ah tidak menerapkan MIP. Hal tersebut ditandai dengan terbunuhnya salah satu peneliti perusahaan demi menyembunyikan obat Windazol. Dia juga terlihat menutupi keburukan yang dilakukan perusahannya demi mendapat keuntungan
Leadership from an Islamic Practice (LIP)
Jao-hyeok tidak terlihat memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, namun dia memiliki fokus utama untuk menyelamatkan banyak orang dan dia juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keluarganya dan masyarakat lainnya.  Segala hal yang dia lakukan tersebut berdasarkan inisiatifnya sendiri. Dia tidak menunggu perintah dari siapapun untuk melakukan apapun. Sifat kemandirian dan tanggung jawab tersebut sudah sesuai dengan nilai dan praktik islamJames Kim memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus. Hal tersebut ditandai dengan kematangan perencanaannya dan praktiknya sudai sesuai dengan rencananya demi mendapat keuntungan perusahaan meski akhirnya terbongkar semua perbuatan James Kim. Walaupun James Kim memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, tetap saja cara yang dilakukan adalah cara yang tidak sesuai dengan nilai dan praktik islam

 

Perbandingan Dua Karakter Berdasarkan Analisis Jurnal Haider (2015) - Relationship Between EI and OCB

Jurnal Relationship Between Emotional  Intelligence (EI) and Organizational  Citizenship Behaviour (OCB) karya Syed Nadeem Abbas Haider (2015) menjelaskan tentang hubungan antara kecerdasan emosional (EI) dengan Organizational  Citizenship Behaviour (OCB) yang dimoderator oleh etika kerja islam (IWE).

  1. Konsep kecerdasan emosional (EI). Konsep ini menjelaskan tentang kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi kondisi emosi dalam diri sendiri dan kondisi emosi orang lain.
  2. Konsep organizational Citizenship Behaviour (OCB). Konsep ini menjelaskan tentang bagaimana perilaku sukarela seseorang dalam organisasi dapat terjadi dan dampaknya terhadap organisasi.
  3. Konsep etika kerja islam (IWE). Konsep ini menjelaskan tentang konstruksi bagaimana nilai dan etika dalam islam mempengaruhi perilaku seseorang.
KonsepJae-hyeokJames Kim
EIKondisi kecerdasan emosional Jae-hyeok diperlihatkan tidak begitu bagus sehingga dia sering kali bersikap tempramental dan bertindak ceroboh.Kondisi kecerdasan emosional James Kim diperlihatkan dalam kondisi yang bagus. Dia tetap tenang dalam merencanakan sesuatu dan bertindak dengan hati-hati sesuai rencananya. Dia juga tetap berusaha tenang ketika pemerintah mendesaknya untuk memberitahu resep obat Windazol.
OCBJae-hyeok sering kali terlibat cekcok dengan rekan kerjanya, namun dia tetap berusaha bekerja sesuai dengan posisi jabatannya.James Kim rela mengorbankan rekan kerjanya demi mencapai tujuannya. Dia tetap kooperatif dengan investor perusahaannya agar pihak perusahaan dan investor tidak dirugikan
IWESebagai seorang ayah, dia tetap bertanggung jawab dan amanah demi keselamatan keluarganya dengan mencari obat Windazol. Dia juga memiliki sifat kemandirian yang bagus untuk mencapai tujuan.  Sebagai petinggi perusahaan, James Kim melakukan perbuatan keji yang merugikan orang lain demi mendapat keuntungan. Dia bahkan rela mengorbankan bawahannya demi mencapai tujuannya 

Pandangan Kasus Ini

James Kim dan tim peneliti membuat wabah penyakit demi mencari keuntungan. Korban yang ditimbulkan mencapai lebih dari 100 ribu orang dan 3000 orang lainnya meninggal. Hal tersebut sangat tidak berperikemanusiaan dan tidak sesuai dengan ajaran islam dalam berbisnis. 

وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

"Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu  menyuap dengan harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian  harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 188)

Perbuatan yang dilakukan oleh James Kim dan tim penelitinya sudah dinggap sebagai pembunuhan massal. Pembunuhan massal sangat bertentangan dengan ajaran islam dan melanggar hukum. Allah sudah melarang umat islam membunuh satu sama lain.

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ

“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.” QS Al-Maidah ayat 32.

Sebagai seorang muslim, hendaklah kita mencari pekerjaan yang halal dan baik. Pekerjaan tersebut bisa dalam bentuk apapun asalkan sudah jelas kehalalannya. Pekerjaan yang halal akan mendatangkan berkah dan rizki yang halal juga. Pekerjaan tersebut bisa mendatangkan pahala yang akan menjadi bekal di akhirat nanti.

أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللَّهَ وَأَجْمِلُوا فِى الطَّلَبِ فَإِنَّ نَفْسًا لَنْ تَمُوتَ حَتَّى تَسْتَوْفِىَ رِزْقَهَا وَإِنْ أَبْطَأَ عَنْهَا فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَجْمِلُوا فِى الطَّلَبِ خُذُوا مَا حَلَّ وَدَعُوا مَا حَرُمَ

“Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram.” (HR. Ibnu Majah no. 2144, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani).

Solusi Permasalahan

Wabah penyakit mematikan yang terjadi di Korea Selatan telah menelan banyak korban jiwa. Cacing parasit Yeongasil bikinan James Kim dan tim penelitinyalah yang menjadi penyebab masalah ini. Jae-hyeok selaku karakter utama memiliki caranya tersendiri dalam menyelesaikan masalah. Sebagai seorang muslim, ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika menghadapi masalah seperti itu.

1. Tidak panik

Ketika terjadi suatu masalah, hendaklah kita tidak panik dalam merespon masalah tersebut. Rasa panik yang berlebihan membuat masalahan menjadi semakin rumit. Seperti yang ada difilm, warga setempat merasa panik ketika terjadi wabah penyakit mematikan. Hal tersebut kekacauan diseluruh wilayah. Menghadapi masalah tersebut memerlukan ketenangan dan rasa hati-hati agar tidak bertindak ceroboh yang akan memperparah keadaan.

2. Ikhtiar dan Tawakal

Ikhtiar atau berusaha merupakan salah satu cara utama ketika akan mencapai sesuatu. Seperti sebuah pepatah "usaha tidak akan mengkhianati hasil", seseorang yang melakukan pekerjaan secara sungguh-sunguh akan mendapat hasil yang dia inginkan. Seperti yang dijelaskan dalam film, Jae-hyeok berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencari nafkah dan mencari obat Windazol untuk keluarganya meski banyak tantangan yang dia hadapi. Jae-pil juga berusaha mencari penyebab wabah mematikan yang terjadi dan mencari pelaku dibalik masalah ini. 

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

"Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia." QS. Ar-Rad ayat 11.

Selain ikhtiar, seorang muslim juga diharuskan untuk berdoa agar Allah SWT memudahkan segala urusannya.

وَقَالَ يٰبَنِىَّ لَا تَدۡخُلُوۡا مِنۡۢ بَابٍ وَّاحِدٍ وَّادۡخُلُوۡا مِنۡ اَبۡوَابٍ مُّتَفَرِّقَةٍ‌ؕ وَمَاۤ اُغۡنِىۡ عَنۡكُمۡ مِّنَ اللّٰهِ مِنۡ شَىۡءٍؕ‌ اِنِ الۡحُكۡمُ اِلَّا لِلّٰهِ‌ؕ عَلَيۡهِ تَوَكَّلۡتُ‌ۚ وَعَلَيۡهِ فَلۡيَتَوَكَّلِ الۡمُتَوَكِّلُوۡنَ

"Dan dia (Yakub) berkata, "Wahai anak-anakku! Janganlah kamu masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berbeda; namun demikian aku tidak dapat mempertahankan kamu sedikit pun dari (takdir) Allah. Keputusan itu hanyalah bagi Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya pula bertawakallah orang-orang yang bertawakal." QS. Yusuf ayat 11.

Penulis

Sabda Alam Teduh Nusa (18/429512/EK/22121)

Referensi

Saleem, Maimoona, et al. (2018). Business Ethics in Islam. The Dialogue, 13(3), 327.

Egel, E., & Fry, L. (2016). Spiritual Leadership as a Model for Islamic Leadership. Public Integrity, 19(1), 77-95.

Haider, S. (2015). The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) And Organizational Citizenship Behaviour (OCB): The Moderating Role Of Islamic Work Ethics (IWE). ASEAN Journal of Psychiatry, 16 (1).


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
SabdaATN

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format