Film The Help (2011) : Ketidakadilan dalam Diskriminasi Ras Kulit Hitam

Drama Sejarah Amerika yang Mengangkat Permasalahan Sosial terhadap Kaum Minoritas dengan Pro dan Kontra


7
7 points

The help merupakan film drama sejarah Amerika yang berhasil diproduksi tahun 2011 dengan disutradarai oleh Tate Taylor. Terinspirasi dari Novel berjudul The Help karya Kathryn Stockett yang menjadi naskah film. Film ini menceritakan tentang adanya diskriminasi ras antara kulit hitam dan kulit putih yang mengangkat cerita dari Aibileen Clark dan Minny Jackson sebagai pembantu kulit hitam yang bekerja dengan majikan mereka berkulit putih yaitu Hilly Holbrook dan Elizabeth Leefolt di Kota Jackson,Amerika tahun 1963.Tugas Aibileen Clark mengasuh anak perempuan dari Hilly Holbrook sedangkan Minny Jackson mengurus ibu dari Elizabeth Leefolt.

Sumber : pinterest.com 

Setiap hari,Hilly Holbrook dan Elizabeth Leefolt,mereka memperlakukan semena-mena terhadap pembantunya. Mereka  merasa kasta orang kulit putih lebih tinggi dengan orang kulit hitam. Hal ini mendorong mereka untuk berdiskusi mengajak teman-temannya untuk membuat dinding pemisah dikhususkan pembantu mereka dan toilet yang terpisah agar mereka terhindar dari isu penyakit yang menular dari orang kulit hitam.

Masalah utama yang diangkat

Hilly dan Elizabeth sedang berkumpul membahas rencana pembuatan undang-undang yang berisikan peraturan kerja yang mendiskriminasi pembantu keturunan Afrika-Amerika sehingga para pembantu tertindas. Tidak sengaja Aibileen yang dekat dengan tempat duduk mereka mendengar pembicaraan tersebut. Hal ini membuat Aibileen terdorong untuk menceritakan rencana para majikan mereka ke teman-teman pembantu,mereka sangat ingin melawan rencana tersebut namun mereka takut membahayakan posisi mereka dalam mendapatkan pekerjaan sebagai minoritas di Amerika.

Sumber: pinterest.com 

Eugenia Skeeter yang menjadi teman majikan mereka dan juga seorang penulis memiliki ide rencana perlawanan dengan niat menolong mereka dari ketidakadilan,kesengsaraan dan ingin memberikan harapan kehidupan kerja yang lebih dari saat itu. Awalnya Aibileen dan Minny menolak tawaran untuk diwawancarai oleh Eugenia yang menginginkan mereka untuk menceritakan kisah kehidupan mereka selama bekerja dengan kulit putih. Namun, melihat perlakuan ras kulit putih yang semakin semena-mena terhadap mereka ras kulit hitam membuat mereka berani untuk bercerita kepada Eugenia masalah-masalah yang mereka alami.

Kasus Rasisme Tidak Pernah Terselesaikan

Banyaknya korban dari warga kulit hitam di Amerika mengalami ketimpangan sosial di tahun 1880. Kasus kematian pada warga kulit hitam sering bermunculan kabar berita mereka mengalami kekerasan dari aparat polisi. Belum diketahui kesalahan mereka sering mengalami yang menjadi penyebab terjadinya tindak kekerasan.

Menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan disebutkan bahwa “perlindungan terhadap tenaga kerja dimaksudkan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja/buruh dan menjamin kesamaan kesempatan serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja atau buruh dan keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha.”

Rasisme terhadap warga kulit hitam Afrika disebabkan karena warga kulit putih ingin mempertahankan kekuasaan negaranya (status quo). Rasisme di Amerika yang paling terlihat banyaknya kasus perbudakan dan adanya Undang-Undang negara yang tidak berperi kemanusiaan atau tidak manusiawi untuk dapat dikatakan menjadi hukum. Penghapusan tentang peraturan perbudakan tidak terselesaikan hingga kini. Orang kulit hitam Afrika merasa tertindas atas perbuatan yang dilakukan orang kulit putih Amerika.

Bentuk diskriminasi ras terhadap warga kulit hitam Afrika memberi dampak terhadap tingkat kesenjangan Sosial dan Ekonomi antara warga Di Amerika.

sumber : majalah.tempo.co

Dikutip data sensus Bureau tahun 2019, kesenjangan sosial dan ekonomi antar warga di Amerika. Berisikan informasi bahwa pendapatan warga Afrika Amerika di Amerika sangat rendah apabila dibandingkan dengan data pendapatan warga Asia, hispanik, dan kaukasia disana.Pendapatan yang diperoleh setiap tahunnya oleh warga Afrika Amerika di Amerika ini hanya sebesar 58,7 ribu dollar Amerika,sedangkan pendapatan yg diperoleh asal warga  hispanik di Amerika mencapai 70,9 ribu dollar Amerika lalu pendapatan warga  Asia serta kaukasia tergolong lebih besar  sebab mencapai 98,2 dan  119,8 ribu dollar Amerika.

Perbandingan Etika Bisnis pada Film The Help dengan jurnal Saleem at el (2018)

Maimoona Saleem,Ayaz Khan dan Muhammad Saleem dalam jurnal mereka yang berjudul “Business Ethics In Islam”menyatakan bahwa sistem ekonomi sebagian besar dipengaruhi oleh norma dan nilai sosial-moral dan metafisik dan dengan demikian mereka tidak dapat dinilai dalam isolasi dan abstraksi. Menurut jurnal Saleem at el,penting untuk memeriksa elemen-elemen yang menentukan sikap moral dan metafisik.Sistem ekonomi harus dapat memainkan peran operasional perilaku manusia. Islam percaya dengan adanya keadilan di semua lapisan masyarakat karena Allah telah menjamin kesejahteraan hambanya. Ada beberapa konsep etika bisnis di Islam pada jurnal ini, yaitu:

  • Distribution of Inherent : Peningkatan dan pembagian bagi hasil kekayaan agar perputaran kekayaan dapat ditingkatkan.
  • Freedom of work and enterprise : Hak untuk memperoleh pekerjaan dan menjalankan profesi yang diinginkan dengan syarat tidak melakukan pekerjaan yang melanggar hukum (halal dan haram).
  • Value based economic : Mempunyai moral yang baik dalam menjalankan pekerjaan yang sesuai maka akan membawa pada pengelolaan kerja yang beretika.

Konsep etika bisnis dalam Islam ini kemudian akan menjadi landasan teori untuk membandingkan sistem ketenagakerjaan Eugenia “Skeeter” Phelan dengan Hilly Walters Holbrook. Adapun hasil perbandingan tersebut yaitu:

Konsep Etika Bisnis
Eugenia “Skeeter” Phelan
Hilly Walters Holbrook

Distribution of Inheritance Skeeter mempekerjakan pembantunya yang bernama Constantine Jefferson selama 26 tahun secara adil dengan memberikan pembantunya gaji yang sesuai dengan jam kerja yang telah diberikan pembantunya untuk mengurus Skeeter. Hilly dikenal sebagai majikan yang perhitungan pada persoalan keuangan dengan para pembantunya yaitu Aibileen Clark dan Yule  Mae Davis. Saat Yule meminjam uang kepada Hilly karena mengalami kesulitan dalam membayar uang kuliah putranya,namun Hilly menertawakan Yule dan mengabaikannya.
Freedom of work and enterprise Skeeter bekerja sebagai jurnalis berita di salah satu surat kabar Amerika,ia sering mengangkat permasalahan ketidakadilan yang dirasakan di negerinya terutama

Ia bebas menulis apapun yang ada dalam pikirannya yang cenderung memiliki keberpihakan pada etnis kulit hitam yang selalu mengalami tindakan negatif.

Hilly bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga yang sering berkumpul dan suka mengadu domba pembantunya kepada teman-temannya kulit putih untuk bersikap rasisme.
Value Based Economics Skeeter memiliki moral yang baik karena ia telah memutuskan untuk menulis cerita dari kehidupan etnis kulit hitam yang hidup sebagai pelayan dan pembantu untuk etnis kulit putih. Dia mencoba untuk melawan kondisi sosial yang melarang isu etnis kulit hitam untuk diangkat dalam ranah publik. Memiliki moral yang kurang baik,karena Hilly memiliki sikap pelit dan rasisme terhadap pembantunya. Hilly menerapkan aturan pemisahan dalam penggunaan toilet. Orang kulit putih yang memiliki pelayan kulit hitam dianjurkan membangun toilet khusus untuk pelayannya. Hal ini didasari Hilly menganggap orang kulit menyebarkan penyakit berbahaya dan serius bagi etnis kulit putih melalui penggunaan toilet yang sama.

Analisis Film The Help dari Hadits dan Ayat Al-Qur’an menurut jurnal Saleem at el

Menurut perspektif Islam dari jurnal Saleem et al, dijelaskan bahwa dalam sistem Ekonomi Islam menjelaskan gagasan akan Keesaan dan Keunikan Allah SWT sebagai satu-satunya pemelihara dan pemilik segala sesuatu di alam semesta. Di dalam Bisnis Islam,Allah sebagai pengendali kekuasaan dan Allah SWT yang memberikan rezeki ,maka manusia sebagai hambanya harus memiliki sikap adil terhadap anggota pekerjanya.

Sesungguhnya Allah SWT telah berfirman untuk memerintahkan hamba-Nya bersikap adil atas rezeki yang diberikan dalam Al Quran surah Fatir ayat 3 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْۗ هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللّٰهِ يَرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۗ  لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۖ فَاَنّٰى تُؤْفَكُوْنَ 

Artinya : Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

Analisis : Hilly Walters Holbrook sukar membagi harta bendanya terhadap kaum yang membutuhkan pertolongan dan lemah. Dapat diambil pelajaran bahwa harta kekayaan sebagai nikmat yang diberikan Allah bukanlah sepenuhnya miliknya namun harta tersebut milik Allah SWT.Oleh karena itu dengan cara berbagai terhadap sesama umat atau anggota pekerjanya yang mengalami kesulitan akan dibalas keberkahan dari Allah SWT.

Berdasarkan jurnal Saleem at el ini terdapat konsep halal dan haram dari tindakan bisnis yang dilaksanakan dalam keseharian.Allah SWT berfirman untuk mengingatkan untuk mengikuti konsep melarang perbuatan kemungkaran pada etika bisnis Islam dalam surat Al-Maidah ayat 87 yang berbunyi :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحَرِّمُوْا طَيِّبٰتِ مَآ اَحَلَّ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ 

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Analisis : Tindakan Skeeters dalam menjual Buku yang ditulis dari cerita para pembantu yang tertindas merupakan tindakan yang terpuji. Pembelajaran dari Rasulullah yang sangat suka menolong serta membantu orang lemah. Maka,umat Islam tersebut berada pada posisi kebaikan, dan kemenangan karena  ”Sesungguhnya Allah telah memenangkan umat ini dengan adanya kaum dhu’afa, karena doa-doa, shalat, dan keikhlasan mereka.” (HR An Nasai’i).

Perbandingan Mengelola Sumber Daya Manusia dengan jurnal Khan (2016)

Shah Khan dalam jurnalnya yang berjudul “Islamic Perspective of Human Resource Management: Some Salient Features”menyatakan bahwa segudang perpecahan sosial menimpa bangsa pada umumnya terutama bersumber dari HRM.Penerapan prinsip-prinsip HRM Islam dapat secara signifikan membantu mengatasi krisis dalam pelatihan kepemimpinan,keterampilan profesional,pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan untuk karir yang produktif dan peran yang berguna di dalam masyarakat.Terdapat beberapa konsep perspektif Human Resource Management pada jurnal ini,yaitu :

  • Pendelegasian wewenang : Pemberian wewenang dan kebebasan profesional yang cukup sehingga pegawai tidak merasa terhambat dalam melakukan keadilan dengan pekerjaannya dan menjaga ketertiban negara.
  • Penilaian kinerja : Melakukan pengawasan dan meminta pertanggung jawaban pekerja kepada publik. Pegawai mendapat kesempatan untuk menyuarakan pendapat atau keluhan pekerjaanya terhadap penyalahgunaan kekuasaan & kewenangan.
  • Konflik kepentingan : Situasi seseorang mendapatkan kekuasaan dan kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan memiliki atau diduga memiliki kepentingan pribadi atas dari penggunaan wewenang yang dimilikinya sehingga akan berdampak pada kualitas dan kinerja yang seharusnya.

Konsep perspektif Human Resource Management dalam Islam ini kemudian akan menjadi landasan teori untuk membandingkan sistem ketenagakerjaan Eugenia “Skeeter” Phelan dengan Hilly Walters Holbrook. Adapun hasil perbandingan tersebut yaitu:

Konsep perspektif Human Resource Management Eugenia “Skeeter” Phelan

Hilly Walters Holbrook

Pendelegasian wewenang Skeeters sebagai majikan dari Constantine Jefferson yang menerapkan cara desentralisasi,dimana Skeeters mempekerjakan Constantine dengan pengelolaan kewenangannya mengikuti peraturan pemerintah yang harus bersatu dan adil.Skeeters menetapkan peraturan bahwa pembantunya harus mendapatkan keadilan dan dianggap sebagai keluarga. Hilly menggunakan sistem sentralisasi yang mengacu pada peraturan pusat.Hilly tidak mementingkan hak asusila dan toleransi dengan pembantunya.Hal ini sengaja dilakukan untuk  menjauhi pembantunya.
Penilaian kinerja Dari sikap skeeters,membuat Constantine menghargai sikap dari majikannya. Balasan sikap Constantine dalam berterimakasih ini dengan selalu menyemangati Skeeters untuk  membangun karakter majikannya menjadi lebih memiliki pemikiran positif, percaya diri dan pemberani. Sikap Hilly yang tidak tolerir menjadikan dirinya angkuh dan mengakibatkan Minny menanamkan pola pikir yang buruk terhadap majikannya. Minny sebagai pembantunya saat melihat perlakuan Hilly yang tidak pantas kepadanya dan tidak bisa diimplementasikan sebagai menjadi contoh karakter sosial baginya untuk ditiru.
Konflik kepentingan Skeeters memiliki keinginan untuk membela keragaman warga dengan cara membantu keadilan terhadap diskriminasi Ras yang rendah dalam komunikasi di masyarakat dan banyaknya kasus politik ekonomi memiliki kemajuan dengan cara mengaplikasikan Buku yang ia tulis dengan judul “The Help menyatakan bahwa pembantu orang kulit hitam  juga harus mendapatkan kesempatan untuk dihargai dan mendapatkan hak-haknya. Hilly menganggap stigma dari tingkat kedudukan ras orang kulit putih lebih tinggi dibandingkan orang kulit hitam.Stigma ini mengakibatkan pembantu orang kulit hitam Afrika yang di Amerika merasa tertindas dan di diskriminasi. Hilly ingin mempertahankan status quo di Amerika.

Analisis Film The Help dari Hadits menurut jurnal Khan (2016)

قُلْت يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَا تَسْتَعْمِلُنِي قَالَ: إنَّك ضَعِيفٌ وَإِنَّهَا أَمَانَةٌ وَإِنَّهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ خِزْيٌ وَنَدَامَةٌ إلَّا مَنْ أَخَذَهَا بِحَقِّهَا وَأَدَّى الَّذِي عَلَيْهِ فِيهَا

“Aku (Abi Dzar) berkata, “Hai Utusan Allah, tidakkah kau memakaiku (untuk sebuah jabatan)?” Maka Rasul-pun menjawab: “Sungguh kau itu lemah, sedangkan (jabatan) itu sungguh ialah amanah, dan sungguh akan menjadi kehinaan dan penyesalan pada hari kiamat, kecuali bagi yang mengambil haknya (dengan benar) dan menjalankan kewajiban di dalamnya.”

Analisis : Dari hadits ini menunjukkan bahwa jabatan atau kekuasaan tidak diperuntukkan bagi orang yang tidak memiliki keahlian maupun kredibilitas kerja dan bersikap adil karena di neraka kelak akan mendapatkan balasan siksaan api neraka serta penyesalan. Namun,jika seseorang tersebut dapat mumpuni atas kekuasaan yang didapatkan maka ia akan mendapatkan balasan kebaikan yang setimpal.Kemampuan kinerja Aibileen yang sangat baik dalam mengasuh putri dari Hilly Walters Holbrook dengan sepenuh hati maka ia akan mendapat balasan kebaikan dari Allah SWT.

Perbandingan Pengaruh Pengetahuan Manajemen terhadap Efektivitas Kepemimpinan Kerja dengan jurnal Haider (2015)

Syed Nadeem Abbas Haider membahas dalam jurnalnya yang berjudul “The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) and Organizational Citizenship Behaviour (OCB) : The Moderating Role OF Islamic Work Ethics (IWE).Jurnal ini menyatakan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Emotional Intelligence (EI) dan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dengan peran moderasi Islamic Work Ethics (IWE) dengan data yang diperoleh dari survei lalu dimasukkan ke dalam model regresi linier untuk mempelajari hubungan antara variabel-variabel ini. Terdapat beberapa konsep pengetahuan manajemen terhadap efektivitas kepemimpinan kerja pada jurnal ini,yaitu :

  • Emotional Intelligence (EI) : Kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi keadaan emosi pribadi serta menilai keadaan emosional orang lain.
  • Organizational Citizenship Behaviour (OCB) : Kumpulan kegiatan sukarela yang dilakukan untuk memperbaiki iklim kerja organisasi dengan sikap suportif, tanggung jawab etis, dan inisiasi diri.
  • Islamic Work Ethics (IWE) : Struktur yang dikembangkan untuk memasukkan nilai-nilai etika agama dalam kehidupan profesional seseorang.

Konsep pengetahuan manajemen dalam Islam ini kemudian akan menjadi landasan teori untuk membandingkan sistem ketenagakerjaan Aibileen Clark dengan Minny Jackson. Adapun hasil perbandingan tersebut yaitu:

Konsep pengetahuan manajemen
Aibileen Clark

Minny Jackson
Emotional Intelligence (EI) Membantu menjalin hubungan dengan orang lain

Aibileen menjalin hubungan yang baik dengan para pembantu orang kulit hitam di Amerika.

Mengembangkan jenjang karir

Aibileen telah bekerja sebagai pembantu selama 28 tahun dengan pengalaman yang dimilikinya,ia mampu bekerja dengan setulus hati kepada anak majikannya.

Mampu memecahkan masalah

Aibileen berani mengutarakan keluh kesahnya sebagai pembantu dari orang kulit hitam yang tertindas kepada Skeeters,agar ceritanya diangkat dan menjadi pembelajaran bagi kaum lemah agar tidak pernah takut mendapatkan keadilan.

Membantu menjalin hubungan dengan orang lain

Minny memiliki sikap toleransi yang tinggi sehingga membuatnya dapat berteman dengan siapa saja.

Mengembangkan jenjang karir

Minny memiliki kemampuan dalam hal memasak kue dan makanan berat.Pada Film The Help,Minny terkenal dengan kue pie buatannya.

Mampu memecahkan masalah

Mengajak dan mengumpulkan pembantu lainnya untuk mengangkat cerita kehidupan bekerja dengan orang kulit putih kepada Skeeter.

Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Aibileen mampu mengendalikan perilakunya sendiri dalam bekerja dengan Hilly walaupun diperlukan semen-mena. Minny kurang dapat mampu mengontrol tindakan dan perilakunya saat bekerja karena ia memiliki karakter yang mudah emosi dan marah.
Islamic Work Ethics (IWE) Hilly sebagai majikan Aibileen selalu dihormati hal ini dibuktikan dari Aibileen yang memiliki sikap profesional terhadap pekerjaannya mengurus Mae Mobley anaknya Hilly dengan hati-hati dan penuh kasih sayang mendidik Mae menjadi anak yang pintar. Minny yang selalu jujur dan tepat waktu dalam bekerja membuktikan Minny memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab.Dari Film The Help,Saat Minny bekerja dengan Celia sebagai majikan barunya,Ia bekerja dengan tepat waktu.

Analisis Film The Help dari Ayat Al-Qur’an menurut jurnal Haider (2015)

Sesungguhnya Allah SWT telah berfirman untuk memerintahkan hamba-Nya untuk mampu bersikap menahan emosi dan amarah dalam Al-Quran surah Ali-Imran ayat 134 yang berbunyi:

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ  

Artinya : “(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”

Analisis : Allah SWT menyukai orang yang bertaqwa dan hamba yang menahan amarahnya serta dapat memaafkan kesalahan orang lain.Sikap pemaaf dan sabar dari tokoh karakter Aibileen menggambar orang yang memiliki kebaikan dan di cintai oleh Allah SWT,walaupun ia mendapatkan perlakuan tidak adil dari majikannya Hilly Walters Holbrook.

Pro dan Kontra tentang Diskriminasi Ras Menurut Pandangan Islam 

Diskriminasi Ras menjadi suatu permasalahan yang berujung pada pro dan kontra di dalam masyarakat. Pemikiran kontradiktif tentang perbedaan warna kulit yang menjadi tolak ukur rasisme pada zaman dahulu hingga sekarang masih tidak pernah lepas kaitannya dengan pembahasan masalah fisik manusia sehari-hari.

Menurut perspektif Islam,Allah SWT telah menciptakan makhluknya berbeda-berbeda dengan tujuan agar hambanya dapat mengenal antara satu dengan yang lainnya. Allah SWT berfirman pada surah Al-Hujurat ayat 13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ 

Artinya : Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti.

Perbedaan Suku,Budaya dan Ras membuat umat Islam dapat saling menghargai perbedaan dan melarang sikap ta’assub yang merupakan sikap membabi buta buta terhadap suku,ras maupun bangsa tertentu dan tidak memperdulikan hal itu salah ataupun benar yang bisa digolongkan dzalim dan terdzalimi.

Nah,disini penulis menolak tindakan diskriminasi ras dikarenakan akan menimbulkan prasangka buruk dan mengganggu kesehatan jiwa pada korban yang disalahkan. Resiko yang menimpa korban rasisme ini akan melumpuhkan harapan,motivasi serta kepercayaan diri seseorang dalam menjalani kehidupan.

Saran dan Solusi untuk Pro dan Kontra Diskriminasi Ras

Dalam menghadapi segala perbedaan yang terjadi didunia ini,Allah menyimpan hikmah untuk kita bersatu dengan saling melengkapi dengan kelebihan dan menutupi kekurang antar muslim. Orang yang berpegang teguh untuk tidak bermusuhan maka Allah akan selalu membantunya dalam kesulitan.Allah SWT telah berfirman di dalam surah Ali Imran Ayat 103 yang berbunyi :

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ  

Artinya : Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.(QS Ali Imran ayat 103)

Solusi pada film The help dengan menerapkan sikap mengatasi rasisme sesuai dengan ajaran Alquran dan hadits. Berikut ini beberapa solusi sikap yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,yaitu :

  1. Menerima keragaman,Banyaknya perbedaan meliputi Ras,Suku dan Budaya sebaiknya mampu kita terima dan mengakuinya untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati antar umat muslim.
  2. Menumbuhkan sikap toleransi,Toleransi membuat persatuan dari adanya perbedaan semakin dekat.Toleransi akan menjauhkan umat muslim dari konflik dan kasus yang menimbulkan perpecahan.
  3. Tidak membatasi untuk berteman dengan orang yang berlatar belakang berbeda,Sebagai muslim dan muslimah dapat memposisikan dirinya untuk bergaul dan berteman dengan orang yang memiliki perbedaan darinya untuk belajar menjadi orang yang lebih bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh  Allah SWT.
  4. Mengenal perbedaan ras dengan belajar budaya lain,Mempelajari budaya lain akan  mendapatkan pengalaman hidup dengan mengenal dan mengetahui kekayaan dan kebesaran Allah SWT akan keberagaman makhluk hidup sebagai ciptaannya.

Terdapat hadist yang menjelaskan perbedaan kulit bukan sebuah masalah.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ انْظُرْ فَإِنَّكَ لَيْسَ بِخَيْرٍ مِنْ أَحْمَرَ وَلَا أَسْوَدَ إِلَّا أَنْ تَفْضُلَهُ بِتَقْوَى. رواه أحمد

Dari Abu Dzar r.a,Nabi Muhammad telah bersabda“Perhatikanlah! Sesungguhnya kamu tidak lebih baik dari orang yang berkulit merah dan tidak juga dari orang yang berkulit hitam kecuali jika kamu melebihi mereka dalam bertaqwa.” (H.R. Ahmad)

Kesimpulan yang dapat kita petik dari film the help ini yaitu suatu perbedaan merupakan rahmat dari Allah SWT berikat kepada hambanya. Tidak ada perbedaan baik suku,budaya,bahasa maupun ras yang dapat menjadi pembeda diantara lainnya selain ketaqwaannya kepada Tuhannya.

Sumber Pustaka :

  • Saleem, Maimoona, Ayaz Khan, and Muhammad Saleem.2018. “Business Ethics in Islam.” The Dialogue 13 (3): 332.
  • Khan, Shah. 2016. “Islamic Perspective of Human Resource Management: Some Salient Features.” International Journal of Islamic Business & Management”.The Dialogue (1) 88-91.
  • Haider, Abbas, and Syed Nadeem. 2015 “The relationship between emotional intelligence (EI) and organizational citizenship behavior (OCB): The moderating role of Islamic work ethics (IWE).” ASEAN Journal of Psychiatry 16.1 : 11-21.

Sumber dari Situs web :

  • Esterina Christy,Firdhy.2020. “Kesenjangan Sosial dan Ekonomi antar Warga di Amerika”.<https://data.tempo.co/read/712/kesenjangan-sosial-dan-ekonomi-antar-warga-di-amerika> diakses 7 april 2021
  • Kusumasari,Diana.2011<“www.=””>hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt4e839394d938a/aturan-tentang-diskriminasi-di-tempat-kerja/>. diakses 10 april 2021
  • Harismi,Asni.2020.< https://www.sehatq.com/artikel/rasisme-adalah-pemikiran-buruk-tentang- ras-yang-berisiko-timbulkan-stres-pada-korbannya> diakses 10 april 2021
  • Bahraen,Raehahul. 2021.ada-rasisme-dalam-islam.html> diakses 10 april 2021

Penulis :

Dea Cindy Wijayanti (18/423465/EK/21789)


Like it? Share with your friends!

7
7 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
7
Genius
Love Love
12
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
3
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format