JAKARTA UNDERCOVER (2017) : Elegi Prostitusi dalam Renjana Asmara Ibu Kota

Menyingkap tabir kelam bisnis seksualitas ditengah hingar bingar dunia malam Kota Jakarta


1
1 point

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

َمَنْ ضَارَّ ضَرَّهُ اللهُ وَمَنْ شَاقَّ شَقَّ اللهُ عَلَيْه

Barangsiapa membahayakan orang lain, maka Allah akan membalas bahaya kepadanya dan barangsiapa menyusahkan atau menyulitkan orang lain, maka Allah akan menyulitkannya
– HR Al Hakim dan Al Baihaqi

Sebuah film yang diangkat dari buku karya Moammar Emka yang berjudul Jakarta Undercover, kembali dirilis pada tahun 2017 setelah sempat menimbulkan pro dan kontra penanyangan pada film pertamanya di tahun 2006. Mengemas alur cerita yang berbeda namun dengan tetap mempertahankan sisi gelap kehidupan di ibukota tentang liarnya dunia malam dan bisnis prostitusi bawah tanah. Susanti Dewi selaku produser mengemas film ini melalui kacamata sang penulis yang dianggapnya relevan dengan keadaan Jakarta. Melalui penayangan 100 menitnya, film Moammar Emka’s Jakarta Undercover menampilkan alur cerita yang cukup pelik tentang konflik etika jurnalistik serta seluk beluk bisnis perdagangan manusia dan prostitusi.

Sinopsis

Film ini mengisahkan tentang Pras (Oka Antara) yang mengejar cita-citanya menjadi seorang wartawan dengan berangkat ke Jakarta dan berguru pada Djarwo (Lukman Sardi), seorang pemimpin redaksi sebuah majalah berita. Suatu ketika Pras menyadari tulisannya dimanfaatkan kantornya untuk tujuan tertentu, terlebih setelah ia bertemu Awink (Ganindra Bimo), seorang penari malam, yang memperkenalkannya pada Yoga (Baim Wong), sosok penting dalam dunia bisnis gelap Jakarta.

Di sisi lain, Pras juga bertemu dengan seorang supermodel bernama Laura (Tiara Eve), yang kemudian menganggap Pras berbeda dengan kebanyakan lelaki yang ia temui di Jakarta. Tanpa disadari Pras terseret ke tengah pusaran dunia antah berantah Jakarta. Meski demikian ia tetap bertahan dengan keinginannya mengejar karier dan berusaha meyakinkan Djarwo untuk membantu menjadikan gagasannya agar jadi kenyataan.

Gambaran Umum

Film ini menampilkan paradoks antara pesta harian masyarakat kelas atas dipadukan dengan kehidupan masyarakat kelas bawah yang digambarkan melalui suasana rumah susun yang sempit. Jakarta Undercover memperlihatkan sudut pandang dari orang-orang yang terlibat di dunia hiburan malam, seperti pelacur, mucikari, dan bandar narkoba. Filmnya mewakili potret kehidupan di Jakarta yang tidak pernah terlihat sebelumnya.

Cerita diawali dari Pras, seorang perantau dari Jawa yang berprofesi sebagai wartawan majalah ibukota. berbekal cita-cita dan idealisme, ia datang ingin mencoba mencicipi bagaimana rasanya menaklukkan kota Jakarta dan berharap mampu menjadi wartawan yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Pejabat demi pejabat sudah sering ia temui untuk dimintai keterangan. Namun, dalam menjalani pekerjaannya itu, ia merasa jenuh karena hanya sekedar dituntut untuk mempublikasikan pencitraan pejabat – pejabat negara. Ia "merasa tidak signifikan" sebagai seseorang wartawan karena hanya diperalat oleh penguasa media tempatnya bekerja.

Berangkat dari idealismenya yang ingin memberi manfaat bagi sesama, ia tak segan membantu banyak pihak yang membutuhkan bantuan. Hingga pada suatu hari tanpa sengaja ia menolong penari malam bernama Awink. Perjumpaan inilah yang membawa Pras masuk ke dunia "bawah" Jakarta. Ia lantas mendapat inspirasi untuk mengulik lebih dalam tentang kehidupan gelap tersebut, terutama setelah ia mengenal sosok lain yang bernama Yoga, seorang “party planner” dimana ia banyak memegang posisi kunci terkait dunia malam di Jakarta. Dikatakan sebagai posisi kunci karena sebenarnya ia adalah seorang bandar narkoba dan bisnis illegal lainnya. Bisnis yang dijalankan oleh Yoga adalah peninggalan orang tua. Adegan pengenalan Yoga dalam film mensiratkan bahwa bisnis hitam ini sudah mendarah daging di setiap golongan masyarakat. Terkait dengan latar belakang dan kehidupan Yoga, Awink sudah banyak mengingatkan Pras bahwa mereka harus menjaga kepercayaan Yoga. Semua hal yang akan Pras dengar ataupun saksikan harus terus dirahasiakan.

Insting Pras sebagai seorang jurnalis merasa tergugah setelah masuk dalam pusaran dunia kelam tersebut. Terlebih saat ia mengenal Laura, seorang model yang terpaksa merangkap menjadi PSK kelas atas demi menghidupi diri sendiri dan keluarga. Adegan dalam film menceritakan lebih dalam tentang proses bagaimana seorang Laura bertemu dengan mucikari atau yang biasa dipanggil "mami". Seperti manajemen artis pada umumnya, "mami" juga bekerja dengan sistem yang sama yaitu sebagai perantara yang memasarkan artisnya pada klien yang menyediakan jasa wanita penghibur baik untuk menjadi ladies company hingga menjurus pada kebutuhan seksual. Kesamaan cerita hidup mereka yang sama – sama merasa gagal dalam meraih impian mengantarkan mereka menjadi kian dekat. Drama percintaan pun dimulai, hal ini memaksa Pras untuk masuk lebih dalam tentang dunia yang Laura jalani selama ini.

Kisah hidup teman dan kekasihnya mengisyaratkan bahwa dunia malam tidak segegap gempita yang terlihat, ada banyak konflik batin, tekanan, bahkan paksaan yang menjadikan mereka harus terus menerus terjebak dalam lingkungan yang tidak pernah memberikan sebuah opsi. Pras menggali informasi dari Awink, mami, dan wanita penghibur lain dengan wawancara off the record. Metode pengumpulan informasi yang dilakukan Pras tergolong melanggar etika wawancara karena Pras tidak pernah memberitahu teman-temannya bahwa ia seorang wartawan dan pernyataan narasumber direkam tanpa persetujuan mereka yang mana hal itu merupakan pelanggaran privasi.

Demi mengejar signifikansinya dalam menjadi seorang jurnalis, Pras mempublikasikan catatannya dengan judul headline Jakarta Undercover: Seksualitas Membabi Buta di Ibu Kota. Membabi buta identik dengan dampak buruk yang akan timbul karena melakukan hal – hal yang dilakukan diluar kontrol dan tanpa peduli risiko. Jakarta Undercover memberi pengetahuan pada masyarakat tentang maraknya bisnis gelap yang sangat tak lazim di sekitar mereka. Disisi lain, memberi efek waspada terhadap pelaku dan pengguna jasa prostitusi tersebut. Selayaknya mendapat sanksi sosial berupa aib yang akan mencoreng nama baik karena sebagian yang terlibat termasuk kaum elit dan terpandang.

Analisis

Mengusung hal yang lekat dengan kehidupan kota besar seperti Jakarta, dilansir dari investigasi yang dilakukan oleh Tempo, Tempo Institute, dan Free Press Unlimited mengatakan bahwa walaupun bisnis malam terkait prostitusi jelas dilarang dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 tentang Kepariwisataan. Kenyataannya masih terdapat beberapa tempat yang menyajikan bisnis tersebut dengan akses masuk yang relatif mudah untuk ditemui. Contoh nyata dari kehidupan yang diangkat dalam film Moammar Emka's Jakarta Undercover meliputi tempat – tempat hiburan berikut seperti,

1. Alexis di Pademangan, Jakarta Utara

Hotel Alexis sendiri mempekerjakan PSK Lokal dengan tarif berkisar Rp 1,2 juta dan PSK berkewarganegaraan asing dengan tarif Rp 2,5 jutaan. Jika ingin memperoleh layanan pijat erotis (erotic massage) dari gadis lokal, tarifnya Rp 1.375.000, namun pijat erotis dari gadis asing tarifnya antara Rp 1.375.000 hingga Rp 2,5 juta.

2. Emporium Hotel di Jalan Pecenongan Raya, Jakarta Pusat

Menyajikan striptease atau tari telanjang secara terang – terangan di depan pengunjung lantai tiga. Lebih lanjut, seorang pelanggan klub di Emporium mengatakan penari striptis tersebut bisa diajak berhubungan intim dengan tarif Rp 2 juta per jam. Di lantai dua, tersedia layanan pijat dengan tarif Rp 1 juta hingga Rp 1,2 juta per jam. Biaya itu termasuk layanan seksual di kamar khusus.

3. Malio Hotel, Komplek Wisma Niaga Veteran RI, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat

Bisnis seks di Hotel Malio begitu terang – benderang. Di lounge lantai dua, seorang muncikari biasa dipanggil “Mami” akan menawarkan pekerja seks asal Uzbekistan, Cina, dan Vietnam, juga perempuan lokal, dengan tarif Rp 900 ribu-2,4 juta.

4. Classic Hotel di Jalan Samanhudi, Sawah Besar, Jakarta Utara

Setidaknya terdapat tiga arena besar yang bisa dimasuki pengunjung untuk memilih wanita penghibur. Salah satunya di lantai tiga yang disebut sebagai Terminal 2. Tak ada perbedaan tarif di Classic karena jasa pelayanan seks semua perempuan di sana bisa dibilang paket hemat, yakni Rp 365 ribu.

5. Illigals Hotel, Hayam Wuruk Tower, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat

Di Illigals Hotel menyediakan pelayanan seksual dengan tarif wanita penghibur Rp 2,4 juta. Meski Club Voyeur buka hingga pukul delapan pagi, layanan perempuan tersebut berlangsung 24 jam sehari tanpa henti. Tak hanya itu, disini juga tersedia ekstasi hingga sabu – sabu. Harganya sama dengan ekstasi, Rp 500 ribu untuk 0,2 gram, dan diedarkan oleh anggota staf Illigals yang biasa dipanggil “Kapten”

Menjanjikan sumbangan pajak hingga Rp 769,5 miliar per tahunnya dengan perputaran uang hingga lebih dari 1 milyar per hotel per harinya membuat bisnis prostitusi menjadi bisnis yang sangat menggiurkan dan nyaris tak pernah tersentuh hukum meskipun terjadi banyak pelanggaran, dari jam buka hingga perdagangan manusia.

Film Moammar Emka's Jakarta Undercover tidak seperti film pada umumnya, dimana film ini tidak menampilkan secara jelas tentang sisi putih maupun sisi hitam para tokoh yang terlibat di dalamnya. Seolah menjadi refleksi tentang kehidupan bahwasanya film ini menjelaskan jika setiap manusia memiliki sisi hitam dan juga sisi putih dalam hidupnya. Hal ini sesuai dengan salah satu pepatah arab yang mengatakan,

الإنسان محل الخطأ

manusia adalah tempatnya salah

Topik yang diangkat dalam film ini menjadi kontroversi besar ditengah masyarakat, tentang dunia malam dan kegelapannya, merupakan salah satu contoh bentuk usaha yang menginginkan keuntungan sangat besar dengan mengabaikan prinsip – prinsip etika dalam bisnis tersebut. Padahal sebagaimana merujuk pada artikel berjudul Islamic Perspectives on Profit Maximization yang ditulis oleh Abbas J. Ali, Abdulrahman Al-Aali, dan Abdullah Al-Owaihan menjelaskan bahwa memaksimalkan keuntungan dalam sebuah bisnis bukanlah hal yang salah selama yang dilakukan adalah tindakan yang baik dan keuntungan yang didapatkan diperoleh melalui cara yang beretika. Konsep etika dalam bisnis dipaparkan lebih lanjut melalui artikel Business Ethics in Islam karya Maimoona Saleem, Ayaz Khan, dan Muhammad Saleem yang mengatakan bahwa konsep etika dalam berbisnis menurut kacamata Islam diterapkan melalui tata kelola bisnis yang merujuk pada penegakkan nilai dan norma sosial.

            Dalam film ini terdapat dua kubu yang terlihat jelas yaitu kubu non klub malam (yang terdiri dari Pras) dan kubu klub malam (Awink, Yoga, Laura). Berikut adalah perbandingan pelanggaran etika dalam pekerjaan yang mereka jalani,

Kubu (Tokoh)
Non Klub Malam (Pras)
Klub Malam (Awink, Yoga, Laura)
Pelanggaran Etika Pekerjaan
Pelanggaran kode etik jurnalisme meliputi,

1. Tidak menyatakan identitas kepada narasumber (Kode Etik Jurnalistik PWI Bab III pasal 9)

2. Menyiarkan keterangan off the record (Kode Etik Jurnalistik PWI Bab III pasal 14)
Pelanggaran ketentuan perundang – undangan yang berlaku meliputi,

1. Menjadi bandar narkoba dan mengedarkannya (UU No 35 Tahun 2009 Pasal 114)

2. Terlibat bisnis prostitusi (UU No 21 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 7 jo. Pasal 2 ayat 1)

3. Bisnis perdagangan manusia (UU No 21 Tahun 2007 Pasal 4)

Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin telah menunjukkan tata cara yang baik dalam bekerja, sebagaimana yang dibahas dalam artikel Spiritual Leadership as a Model for Islamic Leadership mengatakan bahwa ketika kita akan melakukan sebuah kegiatan/pekerjaan/memimpin sesuatu hal, terlebih dahulu dilandasi oleh niat yang baik yang diwujudkan dalam bentuk visi, dimana visi tersebut harus memberikan makna dan perubahan yang positif bagi hidup kita. Selanjutnya, dalam membentuk lingkungan pekerjaan kita harus membangun sebuah budaya organisasi yang dilandasi nilai-nilai cinta altruistik dimana ketika kita sebagai leader atau sebagai pengikut, kita harus memahami orang lain agar dipahami serta harus menghargai agar kita bisa dihargai. Contoh perilaku bisnis yang ditunjukkan tokoh – tokoh dalam film tersebut adalah contoh yang tidak mencerminkan nilai kepemimpinan islam sebagaimana yang tercantum dalam artikel. Bukan hanya sekedar konsep esensi pekerjaan mereka, bahkan tindakan yang dilakukan mereka pun merupakan tindakan yang dilarang dalam islam. Sebagaimana tertulis dalam QS Al – Isra ayat 32,

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk

Bisnis dunia malam yang penuh dengan pelanggaran etika sejatinya sudah diramalkan Rasulullah sebagaimana tersebut dalam hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ أَمِنْ حَلَالٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ

Akan datang suatu masa pada umat manusia, mereka tidak lagi peduli dengan cara untuk mendapatkan harta, apakah melalui cara yang halal ataukah dengan cara yang haram 
– HR Bukhari

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga telah menyampaikan ancaman terhadap orang-orang yang memakan harta yang haram. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهُ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ النَّارُ أَوْلَى بِهِ

Sesungguhnya tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari harta yang haram. Neraka lebih pantas untuknya 
– HR Ahmad dan Ad Darimi

Islam sangat menindak tegas terhadap status halal dan haram, Allah SWT telah memberi peringatan bagi orang – orang yang mengkonsumsi harta yang haram melalui QS Al – Baqarah ayat 168,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan pada Ka’ab bin ‘Ujroh terkait efek dari orang yang mengonsumsi harta yang hukumnya haram

يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ إِنَّهُ لاَ يَرْبُو لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ إِلاَّ كَانَتِ النَّارُ أَوْلَى بِهِ

Wahai Ka’ab bin ‘Ujroh, sesungguhnya daging badan yang tumbuh berkembang dari sesuatu yang haram akan berhak dibakar dalam api neraka 
– HR Tirmidzi No 614

Selain memastikan bahwa pengikutnya akan masuk neraka, mengonsumsi harta yang diperoleh dari cara haram juga tidak akan membawa kemanfaatan bagi dirinya, melainkan hanya menyebabkan musibah dan bencana, sebagaimana diriwayatkan Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

إِذَا ظَهَرَ الزِّناَ وَالرِّبَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلُّوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ اللهِ

Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah 
– HR Al Hakim

Saran dan Solusi

Perbuatan dosa, baik besar maupun kecil, merupakan sebab utama kesengsaraan manusia. Dosa itu berdampak negatif pada diri pelakunya meliputi keresahan, keterpurukan, bahaya kesehatan, akal, dan pekerjaan. Dampak lain berupa menghilangnya rasa persatuan, keguncangan maupun keributan pada masyarakat. Pesan yang dapat diambil dari film tersebut dapat dijadikan reminder bagi kita untuk selalu melakukan tindak yang baik dan benar, karena tindakan yang baik dan benar akan mengarahkan kita meraih ridho Allah SWT dalam menjalani hidup. Maka saran yang dapat dilakukan bagi semua pihak yang paling utama adalah dengan segera bertaubat, sesuai dengan QS An Nisa ayat 17,

إنّما التوبة على الله للّذين يعملون السّوء بجهالة ثم يتوبون من قريب فأولئك يتوب الله عليهم وكان الله عليما حكيما

Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera. Maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Selanjutnya dalam hal ini seluruh pihak harus bekerjasama dalam memberantas prostitusi, salah satunya menyangkut pemerintah. Pemerintah harus lebih serius dalam menangani masalah tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa peraturan tentang larangan prostitusi merupakan peraturan skala daerah. Sehingga dalam hal utamanya bagi pemerintah daerah jangan hanya memberi larangan namun enggan untuk memberdayakan. Pemerintah daerah harus berpikir bagaimana cara mereka hidup kedepannya jika mereka kehilangan lapangan pekerjaan yang saat ini mereka jalani. Saran dalam hal ini pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan dinas ketenagakerjaan ataupun pihak – pihak lain yang berkepentingan untuk mengadakan pelatihan/keahlian yang bisa mereka gunakan untuk mencari rezeki dengan cara yang halal.

Manusia lahir dalam keadaan suci, fitrah. Jika manusia mengotori fitrahnya itu lantaran hawa nafsu yang menguasai dirinya, hingga orang lalai, salah, berbuat dosa atau maksiat, maka kesempatan untuk membersihkan diri masih terbuka dan selalu dibuka untuk siapa saja yang mau kembali, kembali ke jalan yang benar.

Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang – orang beriman dan bertakwa

آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن


Referensi Tambahan :

https://www.alhikmah.ac.id/pintu-taubat-masih-terbuka-sebelum-nafas-sampai-di-tenggorokan/

https://almanhaj.or.id/2772-etika-mencari-nafkah.html

https://rumaysho.com/22549-tujuh-dampak-harta-haram.html

https://metro.tempo.co/read/1059061/ini-4-bisnis-seks-paling-moncer-di-dekat-istana-presiden-jokowi

https://pekanbaru.tribunnews.com/2017/10/30/wow-tarif-psk-asing-di-hotel-alexis-rp-25-juta


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format