Membuka Box Pandora: Maju atau Mundur sama-sama Mati!

Pengorbanan berlandas keluarga


1
1 point

Film: Pandora (2016)

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=jpCJx2A4GU8

Problem Identification

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan memberikan ide dan inovasi baru dalam meningkatkan kualitas hidup umat manusia. Meningginya jumlah umat manusia di bumi ini, semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi seperti kebutuhan akan makanan, minuman, listrik, serta sumber daya lainnya. Film Pandora mengisahkan upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Korea Selatan akan listrik melalui PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). Sejak awal, Jae Hyeok selaku pemeran utama yang bekerja sebagai teknisi pada PLTN tersebut, tidak menyukai pekerjaannya dikarenakan memori masa lalu ayah dan saudara kandungnya yang meninggal akibat terpapar radiasi saat ada kebocoran pada PLTN tersebut. Kebenciannya disebabkan oleh konsekuensi yang ditimbulkan oleh energi nuklir sangatlah menyakitkan, ditambah dengan tingkat kesadaran dan pengawasan petinggi atas energi tersebut sangat rendah.

Ketakutan Jae Hyeok mulai menjadi kenyataan ketika terjadinya kebocoran pada salah satu gedung setelah gempa bumi yang mengguncang daerah tersebut. Kebocoran ini memicu suhu nuklir yang dijaga kestabilannya mengalami peningkatan yang pesat, yang mana hal ini berbahaya dan memicu penyebaran radiasi. Situasi semakin menyulitkan ketika kabar buruk ini ditutupi oleh oknum politik agar bisa mengatasinya sendiri dengan pertimbangan hal lain sehingga penanganan atas situasi sulit yang sedang terjadi di PLTN tidak diatasi dengan tanggap.

Situasi krisis mulai terasa ketika terjadi ledakan pada salah satu gedung yang mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu pada energi nuklir, tingkat radiasi yang mulai tinggi dan tersebar di udara. Penanganan atas kerusakan yang lambat berakibat pada rendahnya kemungkinan energi tidak meledak dan menghancurkan negara tersebut. Kabar buruk yang mulai tersebar membuat kepanikan satu negara sehingga berdampak jalan dan tempat transportasi dipenuhi oleh masyarakat yang panik akan terkontaminasi radiasi. 

Korea Selatan dilanda kepanikan massal atas ledakan nuklir yang mampu menghancurkan negara tersebut. Efek buruk yang mampu memusnahkan Korea Selatan, mengharuskan seluruh pihak memutar otak guna menghentikan ancaman nuklir yang terus membayangi. Hingga pada akhirnya, kumpulan teknisi PLTN rela menjadi relawan yang harus melawan keganasan nuklir sekaligus radiasinya demi menyelamatkan keluarga dan negaranya.

Quick Critical Thinking

Analyctical Thinking

Penggunaan energi nuklir merupakan salah satu bentuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sudah seharusnya perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang. Seperti pada film Pandora, energi nuklir dimanfaatkan untuk mensuplai kebutuhan listrik masyarakat. Akan tetapi, perkembangan pada IPTEK tentu harus dibarengi dengan salah satu prinsip islam, yang mana salah satunya ada bersikap kritis atas dampak negatif yang kemungkinan timbul (Zahro, 2015). Pandora menggambarkan rendahnya sikap kritis yang dimiliki pemegang kepentingan terhadap tanggap bencana dan bahaya dari energi yang mereka manfaatkan sehingga ketika terjadi musibah, mereka menanggapinya dengan tidak sungguh-sungguh dan mengorbankan banyak jiwa.

Pada film ini, kita juga melihat beberapa pihak bersikap takabur. Sikap ini terpancar ketika mereka merasa yakin bahwa pengaman pada energi nuklir tidak akan goyah dan bersifat aman. Padahal, kondisi kesehatan bangunan dan detail kecil pada fasilitas PLTN tersebut dianggap belum siap dan stabil. Akan tetapi, ketika daerah PLTN terguncang oleh gempa bumi, fasilitas tersebut mengalami kebocoran yang berdampak pada meningkatnya suhu dan radiasi. Sikap takabur tersebut tentu berseberangan dengan pandangan islam terhadap manajemen risiko. Pada dasarnya, Allah SWT hanya satu-satunya dzat yang bersifat stabil, selebihnya merupakan hal yang dipenuhi risiko dan bersifat fluktuatif. Tidak seorang pun bisa menghindari kondisi fluktuasi dan hidup tanpa risiko.

Pada kasus Pandora, masyarakat yang bekerja di PLTN sebagian besar tidak memiliki pilihan lain untuk mendapat pekerjaan yang mereka inginkan. Keberadaan PLTN dianggap sebagai salah satu peluang bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Pekerjaan yang penuh risiko membuat terciptanya pelimpahan tugas kepada pekerja kasar guna menghindari terpaparnya risiko radiasi, hal ini tentu saja menyalahi aturan bekerja menurut pandangan islam. Berdasarkan artikel Etika Bisnis dalam Islam oleh Saleem et al (2018), manusia memiliki kebebasan dalam bekerja dan berusaha. Artinya, manusia memiliki kebebasan dalam mencari pekerjaan dan melakukan profesi apa saja yang menjadi pilihannya sendiri. Akan tetapi, ia tidak akan ikut serta dalam kegiatan yang melanggar hukum. Seperti sekelompok teknisi pada film Pandora, ditekan dan dipaksa untuk menyelesaikan tugas yang membahayakan jiwa raga mereka, serta mereka tidak memiliki kebebasan dalam melakukan tugasnya. 

Problem Solving

Berdasarkan film Pandora, sangat disayangkan sekali melihat sikap pihak pemangku kepentingan yang cenderung menutupi fakta demi image yang baik di depan publik, sedangkan situasi genting sedang terjadi dan perlu tanggapan cepat dan tepat. Menurut Saya, akan lebih baik sejak awal terjadinya kerusakan pada gedung energi nuklir, pihak yang bertanggung jawab secara cepat menanggapi sesuai situasi yang ada di lapangan. Apabila sejak awal hal tersebut dilakukan tanpa mempertimbangkan salah satu pihak dirugikan, kepanikan massal dan terror kehancuran negara Korea Selatan tidak perlu hinggap disetiap pemikiran masyarakat hingga sang kepala negara.

Sumber:

Ombong Sapada, Andi, and Muhammad Arsyam. “Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Menurut Pandangan Islam”. Osf.Io, 2020, Accessed 10 Apr 2021.

Suparmin, Asyari. “Manajemen Risiko Dalam Perspektif Islam”.Uia.e-journal, Accesed 10 Apr 2021.

Foto Thumbnail : Wikipedia


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format