Pirates of Silicon Valley : Mengulik Persaingan Perusahaan Raksasa, Apple dan Microsoft

Siapa sangka dua perusahaan raksasa tersukses abad ini, Apple dan Microsoft memiliki sejarah yang saling terkait. Berikut ulasan lengkapnya.


1
1 point

Sinopsis

Piratses of Silicon Valley adalah sebuah film yang menceritakan tentang dua orang pebisnis yang paling sukses saat inidimana produknya hinga kini masih merajai produk serupa dari bisnis mereka, yaitu Bill Gates, pendiri Microsoft, dan Steve Jobs, pendiri Apple.

Film ini menceritakan bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs merintis karir mereka masing-masing, mereka membangun perusahaannya dari nol, mereka mencari dan mengembangkan ide, kemudian mereka bersaing, namun dengan kecerdasandan nilai yang dipegang, mereka berdua sukses pada perusahaan masing-masing.

Pada adegan pertama film ini diawali dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak yang berkuliah di universitas di Berkeley,California yang menceritakan pendirian perusahaan Apple pada 1976 dan terus berkembang. Apple lebih berkembang dahulu dibanding Microsoft yang dibuat oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 1975.

Sebenarnya, dua perusahaan ini memiliki fokus yang berbeda. Bill Gates yang dibantu oleh Paul Allen fokus untuks membuat bahasa mesin komputer agar komputer itu berjalan baik, dan Steve Jobs fokus untuk membesarkan apa yang Wozniak ciptakan sebelumnya yaitu komputer personal yang dilengkapi dengan layar kecil. Jobs dan Wozniak memulai semuanya dari garasi ayah Steve Jobs.

Suatu hari Mike Markula, seorang Pegawai Intel Corporation yang tengah mencari peluang bisnis dating menemui Steve Jobs dan dia menawarkan 250 ribu dolar untuk proyek Apple, sehingga merekapun memulai proyek Apple  dengan lebih professional.Suatu hari di sebuah pameran komputer, Apple benar-benar membuat para pengunjung terpukau dengan hasil karya dan kagum akan komputer Apple. Dari sinilah Apple bermula dan berkembang cepat hingga mampu mendirikan kantor dan menerbitkan Apple II ke pasar yang bahkan mampu bersaing dengan IBM.

Sementara Bill Gates memulai bisnisnya setelah mendapatkan kesempatan yang ditandai dengankeberhasilan mendapatkan kontrak untuk menjadi programmer mesin Altair 8800. Darisitu mereka semakin berkembang dan pada akhirnya mereka memberanikan diri untuk ke IBM dan menawarkan suatu sistem yang dapat memecahkan masalah IBM yang Bill Gates namakan DOS(Disk Operation System). Sebenarnya Bill tak pernah membuat satu sistem operasi , namun pintarnya Bill Gates dengan bantuan Paul berhasil membeli sistem operasi dari Seatle dengan harga 50 ribu Dolar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjualnya ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Pada saat itulah Microsoft mulai dikenal orang dan berkembang, tetapi sang kompetitor yang ingin sekali mengalahkan IBM yaitu Apple tidak hanya diam, mereka membuat produk yang mereka namakan Lisa, sebuah komputer yang dia beri nama seperti nama anak pertamanya Steve Jobs. Lalu dengan jeniusnya  Jobs memanfaatkan proyek gagal dari perusahaan Xerox berupa teknologi mouse dan GUI (Graphic User Interface). Ia menggagas pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama Macintosh. 

Mengetahui komputer keluaran terbaru dari Apple yaitu Lisa, Bill Gates pun tak bisa diam juga. Keberhasilan Steve Jobs yang sangat cemerlang membuat Bill Gates mengambil langkah berani dengan mengajak Jobs bekerja sama dengan tujuan utama mempelajari teknologi Grafis dan Sistem OperasinyaBill Gates dan rekan-rekannya yang niatnya hanya menginginkan Lisa, namun Macintosh pun didapatnyaMicrosoft mendapatkan  3 prototype dari Apple dan hal ini sangat menguntungkan dari  pihak Bill Gates dan rekan-rekannya yang terlibat dalam pembuatan microsoft tersebut. Hal itu karena kemampuan negosiasi Bill Gates yang sangat piawai.

Dengan mudahnya Bill Gates dan kawan-kawan merubah dan mengembangkan prototype dari Apple dan menghasilkan sistem operasi yang dinamakan Windows. Steve jobs yang mengetahui hal itu sangat marah karena merasa ditipu oleh Gates, dan Jobs memanggil Gates ke kantornya dan marah padanya. Namun Gates mampu menjelaskan dengan baik semua yang mereka kerjakan sehingga Steve Jobs menerima penjelasan itu dengan baik dan mereka langsung menjadi sahabat.

Sementara Steve Jobs membuat blunder, dia membuat  Macintosh Developers dan Apple II Developers bersaing, namun  Steve Jobs malah menganggap hal ini sebagai sesuatu yang hebat dan dia menganggap macintosh adalah yang terbaik diantara pendahulunya yaitu Lisa dan Apple II. Bagi orang pada umumnya saat itu dapat dikatakan bahwa  Apple menghancurkan dirinya sendiri. Sampai akhirnya Steve Wozniak berhenti dari Apple dan presiden Apple saat itu, John Sculley memecat Steve Jobs. Namun pada tahun 1997, Jobs dipanggil Kembali ke Apple.Di akhir cerita, Bill gates telah menjadi orang terkaya di dunia dan sekaligus juga memiliki saham Apple Computers Inc. dengan Microsoft yang dimilikinya. 

                                                             Trailer Pirates of Silicon Valley

Pengenalan Karakter

1. Steve Jobs

Steve Jobs adalah salah satu pemeran utama dalam film tersebut sekaligus teman dari Woz yang bersama-sama mengembangkan teknologi berdasarkan ide dari Woz sendiri. Ia mengembangkan perusahaan bernama Apple yang menjadi sebuah perusahaan teknologi tersukses hingga saat ini. Steve Jobs bersama Steve Wozniak mendirikan perusahaan Apple pada tahun 1976 dan terus berkembang. Pada awalnya, fokus utama perusahaan ini adalah menciptakan komputer personal yang sudah dilengkapi dengan layar kecil yang semua proses bisnisnya dimulai dari garasi milik ayah Steve Jobs

2. Steve Wozniak

Steve Wozniak yang akrab dipanggil Woz adalah teman akrab Steve Jobs dalam mendirikan perusahaan Apple. Siapa sangka bahwa ide pendirian oerusahaan ini justru bermula dari ide milik Woz sendiri. Sejak kedatangan Mike Markulaseorang Pegawai Intel Corporation yang saat itu dia tengah mencari peluang bisnisdan menawarkan 250 ribu dolar untuk proyek Apple, mereka berdua secara aktif melakukan berbagai eksperimen secara professional hingga melakukan pameran karya computer pertama mereka dan mampu membuat para pengunjung terpukau dengan hasil karya dan kagum akan komputer Apple, Dari sinilah Apple bermula dan berkembang Cepat hingga mereka mampu mendirikan kantor dan menerbitkan Apple II ke pasar yang mampu bersaing dengan IBM.

3. Bill Gates

Bill Gates adalah tokoh utama dibalik pendirian perusahaan bernama Microsoft yang dia dirikan Bersama Paul Allen pada tahun 1975. Perusaaan yang dia dirikan berfokus pada pembuatan bahasa mesin komputer agar komputer bisa berjalan dengan baik. Kesuksesan perusahaan Microsoft ini berawal dari Bill Gates yangmendapatkan kesempatan setelah berhasil mendapatkan kontrak untuk menjadi programmer mesin Altair 8800. Semenjak itu, mereka terus berkembang dan sampai pada akhirnya mereka memberanikan diri untuk ke IBM dan menawarkan suatu sistem yang dapat memecahkan masalah IBM yang Bill Gates namakan DOS(Disk Operation System).

4. Paul Allen

Paul Allen adalah rekan bisnis Bill Gates yang ikut merintis perusahaan bernama Microsoft. Sebenarnya sebenarnya Bill dan Paul tak pernah membuat satu sistem operasi apapun, melainkan membeli sistem operasi dari Seatle dengan harga 50 ribu Dolar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjualnya ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Permasalahan yang Ada dalam Film Pirates of Silicon Valley

Bill Gates yang memulai Microsot setelah berhasil mendapatkan kontrak untuk menjadi programmer mesin Altair 8800. Setelah itu mereka terus berkembang dan sampai pada akhirnya mereka memberanikan diri untuk ke IBM dan menawarkan suatu sistem yang dapat memecahkan masalah IBM yang Bill Gates namakan DOS(Disk Operation System). Namun sebenarnya Bill tak pernah membuat satu sistem operasi apapun. Lalu dengan pintarnya Bill Gates dengan bantuan Paul berhasil membeli sistem operasi dari Seatle dengan harga 50 ribu Dolar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjualnya ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi. Sejak saat itu, Microsoft semakin berkembang. 

Sang competitor, yang ingin sekali mengalahkan IBM yaitu Apple tidak tinggal diam, mereka membuat produk yang mereka namakan Lisa, sebuah komputer yang dia beri nama seperti nama anak pertamanya Steve Jobs. Lalu dengan jeniusnya  Jobs memanfaatkan proyek gagal dari perusahaan Xerox berupa teknologi mouse dan GUI (Graphic User Interface). Ia menggagas pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama Macintosh. 

Mengetahui komputer keluaran terbaru dari Apple yaitu Lisa, Bill Gates pun tak bisa diam juga. Mengetahui keberhasilan Steve Jobs yang sangat cemerlang. Dia mengambil langkah berani dengan mengajak Jobs bekerja sama dengan tujuan utama mempelajari teknologi Grafis dan Sistem Operasinya, sungguh beruntung Bill Gates dan rekan-rekannya, niatnya hanya menginginkan Lisa, namun Macintosh pun didapatnya, Microsoft mendapatkan  3 prototype dari Apple dan hal ini sangat menguntungkan dari  pihak Bill Gates dan rekan-rekannya yang terlibat dalam pembuatan microsoft tersebut. Dengan mudahnya Bill Gates dan kawan-kawan merubah dan mengembangkan prototype dari Apple dan menghasilkan sistem operasi yang dinamakan Windows.

Analisis Berdasarkan Jurnal

Spiritual leadership as a model for Islamic leadership (Egel and Fry (2017)

Kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinan yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual (keilahian). Tuhan adalah pemimpin sejati yang mengilhami, mempengaruhi, melayani dan menggerakkan hati nurani hamba-Nya dengan cara yang sangat bijaksana melalui pendekatan etis dan keteladanan.

Dalam konsepTransposition of Spiritual Leadership into ILM dalam islam pada jurnal ini antara Bill Gates dan Steve Jobs adalah sebagai berikut :

  1. VISION
  2. HOPE/FAITH and IMAN , ISLAM
  3. Altruistic Love and Rahmah

Konsep Spiritual Leadership

Stave Jobs

Bill Gates

Vision / Visi

Jobs memiliki visi yang kuat untuk membesarkan menjadikan perusahaan Apple menjadi perusahaan raksasa, bahkan mengalahkan IBM.

Gates memiliki visi yang kuat untuk bersaing mengalahkan Apple. Bahkan ia tak segan menggunakan segala cara, tak terkecuali dengan cara yang merugikan Apple dengan mencuri prototype-nya 

Hope / Harapan

Jobs memiliki keyakinan besar untuk menjadikan Apple perusahaan raksasa yang mengalahkan IBM. Jobs Bersama rekannya melakukan kerja keras untuk mewujudkannnya.

Gates ingin mengalahkan Apple sebagai kompetitornya, namun dia tidak memiliki pandangan yang jelas terkait harapan. Dia banyak melakukan peniruan dan pencurian prototype milik orang lain.

Altruistic love / Welas Kasih

Jobs memiliki welas kasih dalam menjalankan bisnis. Gates yang tertangkap basah mencuri prototype-nya bahkan bisa dia maafkan dan dijadikan sahabat yang saling support satu sama lain.

Gates dalam menjalankan bisnisnya tidak memiliki welas kasih. Dia tidak segan melakukan segala cara untuk mencapai kesuksesan. Dia tidak segan untuk mencuri ide maupun prototype milik orang lain. Gates amat licik dalam mewujudkan keinginannya.

Business Ethics in Islam (Saleem 2018)

Muhammad Saleem, Maimoona Saleem, dan Ayaz Khan dalam jurnalnya yang bertajuk “Business Ethics in Islam” menyatakan bahwa permasalahan sistem ekonomi yang selama ini hanya dinilai dalam sudut pandang socio-moral, Norma Metafisika dan value tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang abstrak dan khusus. Dengan sudut pandang islam, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut baik dari sumber Al-Qur’an maupun Hadits. Terlebih lagi, perilaku sistem ekonomi suatu negara yang menjunjung tinggi etika bisnis akan dapat mensejahterakan berbagai stakeholder yang terlibat. Ada beberapa konsep etika bisnis dalam islam pada jurnal ini, yaitu :

  • Theory of Morals : Menjelaskan mengenai mengapa suatu perbuatan dianggap baik/buruk, mengapa kita sebuah tindakan dengan cara tertentu, dan bagaimana kita menentukan sebuah perilaku itu benar ataupun salah. 
  • Equity and Equality : Equality artinya setiap individu atau kelompok orang diberikan sumber daya atau kesempatan yang sama. Equity mengakui bahwa setiap orang memiliki keadaan yang berbeda dan mengalokasikan sumber daya dan peluang yang tepat yang diperlukan untuk mencapai hasil yang setara.  

Steve Jobs

Bill Gates

Theory of Morals

Jobs dapat menunjukan perilaku moral islami dalam menjalankan bisnisnya. Dengan misi yang besar dan harapan yang kuat, dia dan rekannya tetap bisa berada pada jalur yang sejalan dengan konsep teori moral. Dia mengandalkan kecerdasan, ketekunan, ketelitian dan kepiawaiannya untuk mengembangkan Apple hingga mengalahkan perusahan sekelas IBM.

Gates dalam menjalankan bisnisnya tidak sejalan dengan teori moral. Dia akan melakukan segala cara, bahkan yang dianggap melanggar moral sekalipun untuk mewujudkan keinginannya. Bahkan, setelah tertangkap basah mencuri prototype milik Apple, dia tidak segan untuk bersilat lidah, menolak semua tuduhan yang dilemparkan Jobs kepadanya.

Equity and Equality

Jobs memiliki penerapan moral yang didasarkan pada equity, dilihat dari upayanya dalam membesarkan Apple dengan menempuh cara-cara yang dibenarkan. 

Gates masih menerapkan moral yang not equality. Hal itu terlihat dari berbagai upaya yang dilakukan untuk mengalahkan perusahaan Apple dengan cara-cara yang tidak dibenrkan. Bahkan jauh sebelum itu, Gates tidak pernah merancang sendiri pemerogramannya, melainkan mengambil milik orang lain lalu mengembangkannya. Hal ini tentu bertentangan dengan konsep equity dan equality dalam agama Islam. 

Emotional Intelligence and Organizational Citizenship Behaviour (Haider 2015)

Syed Nadeem Abbas Haider dalam jurnalnya yang berjudul “The Relationship between Emotional Intelligence (EI) and Organizational Citizenship Behaviour (OCB) : The Moderating Role of Islamic Work Ethics (IWE) “ menyatakan bahwa setiap individu memiliki tingkat emotional intelligence yang berbeda-beda sehingga dengan adanya ajaran agama islam dapat mendukung keterlibatan profesionalitas kerja dengan tetap menjaga emosi pada kadar yang wajar. Menurut Haider, manajer tetap perlu memberikan benefit yang lebih dan tetap menjalin hubungan interpersonal yang baik dengan karyawannya untuk mengembangkan OCB organisasi. Ada beberapa konsep dalam jurnal ini, yaitu :

Emotional Intelligence : kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengelola emosi Anda sendiri dengan cara yang positif untuk menghilangkan stres, berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi tantangan dan meredakan konflik.

Organizational Citizenship Behaviour : serangkaian kegiatan sukarela yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki iklim dari sebuah organisasi melalui sikap yang suportif, tanggung jawab etis, dan inisiasi diri.

Steve Jobs

Bill Gates

Emotional Intelligence

Jobs memiliki kemampuan untuk memahami emosi dirinya sendiri dan orang lain yang ditunjukkan dengan tetap tenang ketika dia mengetahui bahwa prototype miliknya telah dicuri oleh competitor bisnis yaitu Bill Gates. Ia bahkan memaafkan dan menjadikan Gates sahabat untuk saling memberi support dalam membesarkan bisnis masing-masing,

Gates juga memiliki kemampuan memahami emosi dirinya sendiri dan orang lain yang ditunjukkandengan tetap tenang bahkan ketika tindakannya dalam mencuri prototype milik Apple diketahui oleh Jobs. Dengan ketenangan dan kemampuan negosiasi, dia bisa menenangkan Jobs sehingga kesalahannya termaafkan. 

Organizational Citizenship Behaviour

Jobs yang memang sejak awal memiliki misi untuk menjadikan Apple sebagai perusahaan raksasa yang mengalahkan perusahaan sekelas IBM mampu tetap tenang dan fokus pada setiap Tindakan dan keputusannya. Dia memastikan bahkan step by step, misi yang dia inginkan mampu diwujudkan.

Gates kurang memiliki focus dan kepercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri. Dia kerap kali memlukan perilaku-perilaku yang tidak etis karena lebih percaya terhadap produk lain dan tidak mampu bersaing dalam menciptakan produk.

Analisis dari Perspektif Islam

Bill Gates mencuri Prototype yang sudah susah payah dibuat oleh Stave Jobs dan Rekannya.

Tindakan Gates yang memanfaatkan kebaikan Jobs sebagai pendiri perusahaan Apple dengan mencuri prototype miliknya telah mencederai konsep bisnis sesuai tuntunan agama Islam. Pencurian hasil kekayaan intelektual semacam ini tentu merupakan perbuat maksiat dan dipandang sebagai perbuatan yang zolim. Sebagai competitor bisnis yang memulai semuanya dari nol, sudah selayaknya Gates menghormati karya dari Jobs yang dengan susah payah dalam mewujudkan misinya. Gates seharusnya lebih percaya diri terhadap kemampuan dirinya, menikmati setiap proses dalam membesarkan Microsoft dengan menghindari perbuatan-perbuatan yang dianggap tidak etis.

Dalam surah Ali Imran ayat 189 disebutkan 

وَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : 

Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Menurut tafsir dari kementerian agama republic Indonesia, ayat ini menyampaikan bahwa seluruh kerajaan langit dan bumi dengan segala isinya, dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu terhadap ciptaan-Nya dengan memberinya kehidupan dan rezeki, mengatur, mematikan, membalas, dan menghitung setiap amal perbuatan manusia. Disini dijelaskan bahwa sesuatunya itu sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah SWT. Sudah selayaknya kita meyakini ayat ini dengan bersungguh-sungguh dalam melalui rangkai proses mengembangkan sebuah bisnis hingga mencapai tujuan yang diinginkan, karena setiap perbuatan yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT.

Pencurian Hak Kekayaan Intelektual oleh Bill Gates

Pencurian prototype oleh Bill Gates terhadap Jobs sesungguhnya adalah bentuk pencurian hak kekayaan intelektual yang tentu berseberangan dengan ajaran Islam. Hal ini berseberangan dengan firman Allah dalam surah An Nisa ayat 29 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu

Ayat ini menjelaskan dengan jelas bahwa Allah melarang kita untuk mendapatkan sesuatu dengan jalan yang bathil (tidak benar). Jika memang Bill Gates membutuhkan prototype milik Apple untuk mendukung kesuksesan bisnisnya, dia hendaklah melakukan penawaran untuk membeli prototype tersebut dimana jual beli semacam ini diperbolehkan dalam agama Islam.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwas Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam bersabda

لَعَنَ اللهُ السَّارِقَ يسْرِقُ البَيْضَةَ فَتُقْطَعُ يَدُهُ، وَيَسْرِقُ الحَبْلَ فَتُقْطَعُ يَدُهُ

Artinya :

“Allah melaknat pencuri yang mencuri sebuah telur, maka dia dipotong tangannya, dan pencuri yang mencuri sebuah tali, maka dia dipotong tangannya (pula).” (HR. Bukhari no. 2574)

Hadits ini menerangkan bahwa agama Islam menolak keras kegiatan mecuri milik orang lain. Jika mencuri telur atau seutas tali dihukum dengan dipotong tangannya, maka bayangkan seberapa beratnya kasus pencurian hak kekayaan intelektual berupa prototype yang sudah susah payah dibuat. 

Solusi Dari Perspektif Islam

Seorang muslim yang bijak tentu tidak akan jatuh di lobang yang sama, mereka akan mengambil ibrah disetiap perjalanan hidup yang dia lakui, dan belajar dari berbagai pengalaman. Bahkan tidak hanya belajar dari pengalaman diri sendiri, tetapi juga pengalaman orang lain. Sebagaimana kita ketahui Bersama bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Sudah selayaknya kita menjadikan setiap pengalaman buruk masa lalu diri sendiri maupun orang lain agar hal serupa tidak terjadi dikemudian hari. Beberpa ibrah yang bis akita petik dari film pirates of silicon valley ini diantaranya :

Menjalani Persaingan Bisnis dengan Fair

Bisnis dalam pandangan islam dipandang sebagai perbuatan mulia dan penuh kebermanfaatan. Melalui kegiatan bisnis, lapangan kerja tercipta, berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat bisa disediakan dan mampu menjaga roda perputaran ekonomi suatu negara. Bahkan seorang pebisnis memiliki kontribusi besar terhadap negara memalui pajak yang dia bayarakan setiap tahun.

Namun, segala kebaikan dalam bisnis akan sia-sia jika kita menjalankan bisnis dengan curang untuk memenangkan persaingan. Seorang pebisnis sudah selayaknya menerapkan nilai-nilai Islam dalam persaingan bisnis, karena nilai-nilai Islam ini berlaku secara menyeluruh (rahmatan lil ‘alamin).

Bahkan dalam hadits Rasulullah disebutkan, seorang pebisnis yang jujur itu akan Bersama para nabi dan para syuhada. Sungguh suatu derajat yang teramat tinggi dan luar biasa, sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang artinya : 

"Seorang pengusaha yang jujur bersama para Nabi, orang-orang jujur, dan para syuhada." (HR Tirmidzi).

Bertindak Jujur dan Mengutamakan Jalan yang Halal

Jika dalam berbisnis, kita membutuhkan suatu produk atau jasa yang akan mampu menunjang kesuksesan bisnis kita, maka sudah selayaknya kita mendapataknnya dengan cara yang jujur. Mencuri hak milik orang lain adalah perbuatan tercela, apapun alasannya. Bisa jadi orang lain sebenarnya sangat terbuka dan mau membantu bahkan competitor bisnis sekalipun. Dengan menjelaskan apa yang kita butuhkan dengan baik-baik, tentu aka nada jalan keluar yang baik tanpa harus mencuri ide atau hak milik orang lain.

Penyusun :

M Hasan Fajri 

18/429500/EK/22109

Referensi

https://www.merdeka.com/quran/an-nisa/ayat-29#:~:text=Wahai%20orang%2Dorang%20yang%20beriman,Dan%20janganlah%20kamu%20membunuh%20dirimu.

https://hukumpolitiksyariah.com/2020/04/08/dosa-mencuri-dan-hukumnya/

https://www.republika.co.id/berita/nclsc7/yuk-terapkan-nilai-islam-dalam-persaingan-bisnis-ini-caranya

https://pa-sampit.go.id/prinsip-hukum-islam-dan-etika-bisnis-islam-dalam-waralaba-berbasis-syariah/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format