Space Sweepers (2021): Tim Victory vs UTS pada Misi Penyelamatan Bumi Akibat Krisis Lingkungan

Space Sweepers merupakan film produksi Korea Selatan yang menceritakan krisis lingkungan pada 2092 sehingga Bumi tidak dapat ditinggali lagi.


2
2 points
Sinopsis

Sinopsis dan Review Film Space Sweepers via Netflix

Space Sweepers merupakan film produksi Korea Selatan dengan bertema luar angkasa dan berlatar tahun 2092. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Yoo Hae Jin, dan Jin Seon Kyu. Film ini menceritakan ketika terjadi krisis keamanan di bumi dimana bumi sudah tidak layak untuk ditinggali lagi. Akibat kondisi tersebut, muncullah sebuah perusahaan bernama UTS Corporation yang membuat pemukiman baru bagi manusia di luar angkasa. Pada film Space Sweepers ini, sempat dijelaskan melalui percakapan antar tokohnya bahwa bumi tidak dapat ditinggali lagi karena adanya berbagai bencana alam dan bencana ekologi yang membuat bumi tidak layak untuk ditinggali. Pendiri UTS, James Sullivan, melakukan sebuah penelitian agar manusia dapat tinggal di Planet Mars dengan mengembangkan pohon kehidupan yang bernama Super Plant. Akan tetapi, tidak semua manusia dapat tinggal di distrik tersebut sehingga terdapat dua golongan yaitu Warga UTS dan Non-Warga UTS dimana non-warga UTS berprofesi sebagai pengumpul sampah. Menurut James Sullivan, manusia merupakan sosok yang “kotor” sehingga ia hanya ingin mempertahankan sebagian manusia yang memiliki kekayaan seperti dirinya.

Sebagai warga non-UTS, Kim Tae-ho yang diperankan oleh Song Joong Ki dan tim (The Victory) berpetualang di luar angkasa untuk mengumpulkan sampah antariksa yang nantinya akan dijual agar mendapatkan uang. Pada pencarian sampah, Tim Victory justru menemukan anak kecil, Dorothy, yang ternyata merupakan robot android yang dituding berbahaya karena dapat meledakkan diri dengan sangat hebat. Dorothy adalah robot ciptaan Tim Rubah Hitam yang merupakan rival dari UTS dan pernah mengancam UTS 3 tahun lalu. Tim Victory lalu memutuskan untuk menghubungi Rubah Hitam untuk meminta tebusan uang. Akan tetapi, UTS mengetahui rencana ini dan berusaha menggagalkan rencananya.

Seiring berjalannya waktu, ditemukan fakta bahwa Dorothy bukanlah robot android melainkan anak manusia yang memiliki partikel robot nano. Partikel robot nano ini membuat Dorothy dapat berhubungan dengan robot nano lainnya dan dapat menghidupkan kembali pohon yang sudah layu. Dorothy-lah satu-satunya yang dapat menghijaukan bumi kembali. Namun, UTS bersikeras untuk menculik Dorothy ke pabrik luar angkasa yang sudah dipasangi bom hidrogen. Penculikan ini bertujuan agar dapat mempercepat pembangunan kehidupan di planet baru karena Dorothy juga dapat membocorkan kebohongan yang dilakukan UTS mengenai bumi tidak dapat diselamatkan lagi. Pertarungan antara UTS Corporation vs Tim Victory untuk menyelamatkan Dorothy dan bumi menjadi akhir dari film ini.

TIM VICTORY

Sumber: https://cultura.id/space-sweepers-review

The Victory merupakan tim pencari sampah antariksa yang berisikan Kapten Jang, Kim Taeho, Tiger Park, dan Bobs si robot. Kapten Jang merupakan kapten wanita yang disegani oleh timnya, Kim Tae Ho merupakan pilot pesawat yang memiliki emosi tinggi, Tiger Park yang berhati lembut, dan Bobs si robot yang cerdik dan perhatian. Kombinasi anggota ini membuat Tim Victory menjadi tim yang solid. Untuk mendapatkan uang, Victory mengumpulkan kapal antariksa di luar angkasa untuk dijual. Dalam perjalanannya, Victory menemukan Dorothy, robot penghancur massal, yang diperkirakan dapat dijual sangat mahal. Akan tetapi mereka harus berurusan dengan pesaing-pesaingnya, hingga akhirnya mereka juga berurusan dengan James Sullivan. Kesuksesan Tim Victory di akhir film ditunjukkan dengan keberhasilan mereka untuk menyelamatkan dunia dari meledaknya bom hidrogen.

UTS Corporation

Sumber: https://pradt.co/media/p-spacesweepers2.jpg 

UTS Corporation yang dibentuk oleh James Sullivan adalah perusahaan yang menciptakan tempat tinggal baru untuk manusia karena pada 2092 bumi sudah tidak layak ditinggali akibat adanya kerusakan lingkungan dan bencana alam. Akan tetapi, tidak semua manusia dapat tinggal di planet baru milik James Sullivan ini. Hanya orang-orang yang dianggap kaya saja yang dapat tinggal di planet baru sebagai warga UTS. Semakin menuju akhir film, diperlihatkan bahwa sebenarnya James Sullivan berkeinginan untuk menghancurkan Dorothy dengan menggunakan bom hidrogen. Pertarungannya melawan Tim Victory di luar angkasa sungguh mendebarkan penonton. Tak dapat dipungkiri, James Sullivan kalah melawan Tim Victory dan bumi dapat diselamatkan.

Analisis Etika Bisnis Islam Menurut Jurnal SALEEM et al (2018)

Pada artikel yang ditulis oleh Maimoona Saleem, Ayaz Khan, dan Muhammad Saleem mengenai Etika Bisnis dalam Islam, dijelaskan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya dan pemilik segalanya di alam semesta. Allah SWT telah memberikan manusia kecerdasan dan rezeki yang menakjubkan. Allah SWT adalah ‘arsitek’ yang telah memberikan manusia banyak cara untuk mencari nafkah kebutuhan hidupnya. Pada film Space Sweepers, diceritakan bahwa Tim Victory yang memiliki pekerjaan untuk mengumpulkan sampah yang nantinya akan dijual sehingga Tim Victory dapat mendapatkan uang agar dapat bertahan hidup. Hal ini adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan Tim Victory untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Walaupun alam semesta berada dalam keadaan krisis, masih banyak jalan untuk mencari nafkah, salah satunya seperti yang Tim Victory lakukan. Selain itu, kemuliaan Tim Victory untuk menyelamatkan Dorothy dan Bumi menunjukkan etika yang sesuai dalam Islam karena bertujuan untuk menyelamatkan bumi yang merupakan ciptaan Allah SWT. 

Berbeda dengan yang dilakukan James Sullivan si Pendiri UTS Corporation. Karena keinginannya untuk menguasai dunia, ia justru menipu dengan mengatakan bahwa bumi tidak dapat diselamatkan lagi sehingga ia membuat pemukiman baru di planet baru. Rasulullah SAW bersabda:

“Hai manusia, berbaik-baiklah dalam mencari (nafkah), karena sesungguhnya hamba tidak mendapatkan (sesuatu), kecuali apa yang telah ditakdirkan padanya.”

Tindakan yang dilakukan James Sullivan termasuk salah satu akhlak buruk karena keinginannya untuk mendapatkan sesuatu yang seharusnya bukan miliknya. Ketamakan untuk menguasai dunia justru membawanya ke mala petaka, yaitu kehancuran pada dirinya sendiri.

Analisis Islamic Perspective of Human Resource Management: Some Salient Features Menurut Jurnal Shah Khan (2016)

Islam mengintegrasikan kemajuan spiritual dan material. Islam juga mengintegrasikan pertumbuhan dan kesejahteraan individu dan kolektif dan keseimbangan antara dunia dan akhirat. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan aspek dunia dan akhirat secara bersamaan. Prinsip-prinsip Human Resource Management dalam Islam terbukti dapat menyelesaikan permasalahan secara efektif dan solutif, baik penyalahgunaan wewenang di lembaga nasional hingga perpecahan sosial yang menyebabkan kesengsaraan bangsa secara luas. Pengaplikasian prinsip HRM secara Islam dapat membantu krisis dalam pelatihan, kepemimpinan, kemampuan, dan pengetahuan. Berikut merupakan analisis HRM secara Islam antara Tim Victory dengan UTS Corporation:

Prinsip HRM Tim Victory UTS Corporation
Konflik Kepentingan
Tim Victory terdiri dari 4 anggota tim yang memiliki tujuan menyelamatkan bumi dari keserakahan UTS Corporation dan pada akhirnya tim ini berhasil menyelamatkan bumi dan alam semesta.
UTS Corporation yang dipimpin oleh James Sullivan menciptakan planet baru namun berkata bahwa penciptaan planet baru ini sebagai akibat dari kerusakan bumi. Padahal, ia-lah yang sejatinya memiliki tujuan untuk menghancurkan bumi dengan cara menghancurkan Dorothy. Tujuan yang tidak mulia ini membawa James Sullivan kepada kekalahan.
Kategori Orang
Tim Victory termasuk ke kategori kelas ketiga dengan ciri-ciri campuran, yaitu antara pengetahuan, kemampuan, ketidak jujuran, dan kadang jujur. Kejujurannya terlihat ketika Victory ingin melakukan penawaran kepada Tim Rubah Hitam untuk menjual Dorothy, yaitu mereka benar-benar membawa Dorothy dan tidak menipu. Skill Victory ditunjukkan pada saat perlawanan melawan James Sullivan dalam membawa gas hidrogen ke tempat yang jauh.
James Sullivan memiliki keinginan untuk memenuhi keegoisan dirinya yaitu menguasai dunia. Ia merupakan kategori kelas kedua yang memiliki keambisiusan yang tinggi.
Kepemimpinan Tim Victory yang dipimpin oleh Kapten Jang merupakan tim yang solid. Setiap anggota tim saling menghormati satu sama lain dan bekerja sama untuk menyelamatkan dunia.
UTS Corporation melakukan segala kegiatan berdasarkan perintah James Sullivan. Apapun yang Sullivan katakan maka akan dilakukan oleh seluruh anggotanya, termasuk perintah untuk menculik Dorothy agar manusia dapat segera meninggalkan bumi dan pindah ke planet buatannya.
The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) And Organizational Citizenship Behaviour (OCB): The Moderating Role Of Islamic Work Ethics (IWE)  Menurut Jurnal Haider (2015)

Menurut Jurnal yang ditulis Haider, jurnal ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara Emotional Intelligence dan Organizational Citizenship Behaviour pada Etika dalam Islam. Kecerdasan Emosional (EI) merupakan alat yang efektif dan efisien untuk memperpanjang eksistensi dan masa jabatan dalam sebuah organisasi karena membantu diri sendiri dalam membangun hubungan dan rasa hormat di antara karyawan dalam organisasi. Organizational Citizenship Behavior merupakan seperangkat aktivitas atau tindakan yang dilakukan karyawan kepada organisasi secara sukarela untuk memperbaiki lingkungan kerja organisasi. Berikut merupakan analisis antara Emotional Intelligence dan Organizational Citizenship Behavior pada Tim Victory dan UTS Corporation:

Konsep SDM Tim Victory UTS Corporation
Emotional Intelligence (EI)
Pada saat bertarung melawan James Sullivan, Tim Victory mengutamakan kecerdasannya daripada emosinya. Dengan begitu, Tim Victory dapat berhasil melawan Sullivan karena menggunakan ide yang tak terduga
James Sullivan mengutamakan emosi dan ambisinya untuk merebut Dorothy dari Tim Victory sehingga ia tidak sadar bahwa Tim Victory mengelabui dirinya pada saat saling bertarung di luar angkasa
Organizational citizenship behavior (OCB)
Kerja sama tim Victory terlihat sangat baik dan kompak yang bahkan memiliki peran dan kewajiban masing-masing sehingga membawa kemenangan
James Sullivan bertindak tanpa melakukan diskusi dengan anggotanya dimana anggotanya hanya menuruti perintahnya saja
Solusi dan Saran

Rusaknya bumi yang mengakibatkan tidak layaknya bumi untuk ditinggali pada masa depan merupakan krisis lingkungan yang perlu kita perhatikan sedari sekarang. Seorang muslim wajib menjaga lingkungan karena lingkungan merupakan salah satu ciptaan Allah SWT. Dalam ajaran Islam juga diajarkan tentang bagaimana seorang muslim bersikap untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

Adapun hadits mengenai larangan untuk mencemari lingkungan:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : اتقوا اللاعنين . قالوا : وما اللاعنان ؟ قال : الذي يتخلى

في طريق الناس أو في ظلهم . (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"Jauhilah dua perbuatan yang mendatangkan laknat!" Sahabat-sahabat bertanya, "Apakah dua perbuatan yang mendatangkan laknat itu?" Nabi menjawab, "Orang yang buang air besar di jalan umum atau di tempat berteduh manusia." (HR Muslim)

 

Hadits melarang untuk membakar pohon:

قال أبو بكر رضى الله عنه لما بعث الجنود نحو الشام : . . . ولا تغرقن نخلا ولا تحرقنها ولا تعقروا بهيمة ولا شجرة تثمر ولا

تهدموا بيعة ولا تقتلوا الولدان ولا الشيوخ ولا النساء . (رواه البيهقي في السنن)

Abu Bakar Radhiyallahu ’anhu berpesan ketika mengirim pasukan ke Syam, " … dan janganlah kalian menenggelamkan pohon kurma atau membakarnya. Janganlah kalian memotong binatang ternak atau menebang pohon yang berbuah. Janganlah kalian meruntuhkan tempat ibadah. Janganlah kalian membunuh anak-anak, orang tua, dan wanita." (HR Ahmad)

 

Ayat Al Quran yang menjelaskan bahwa merusak lingkungan merupakan ciri dari orang munafik:

قال الله تعالى : وَإِذَا تَوَلَّى سَعَى فِي الْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ وَاللَّهُ لا يُحِبُّ الْفَسَادَ . (البقرة : 205)

Artinya: "Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan." (QS Al Baqarah: 205)

Menurut Cendekiawan Muslim Yusuf Al Qaradhawi dalam bukunya yang berjudul Islam Agama Ramah Lingkungan, seorang muslim yang menjaga lingkungan sama dengan ia menjaga jiwanya. Kerusakan lingkungan yang terjadi dapat membahayakan kehidupan manusia dan hewan. Ditegaskan pula bahwa menjaga lingkungan berarti menjaga keturunan, yaitu keturunan manusia di bumi. Kerusakan lingkungan yang terjadi di masa sekarang akan berimbas ke generasi mendatang dan mereka yang akan mendapatkan imbasnya. Menjaga lingkungan juga berarti menjaga harta milik Allah SWT karena harta sejatinya bukan hanya uang, melainkan juga pohon, tanaman, dan bumi.

Abu Hayyan dalam buku tafsirnya Al-Bahru al-Muhith membahas hal ini dengan menafsirkan Al-Araf ayat 56. "Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang yang berbuat baik".

Melestarikan lingkungan bukanlah sebuah konsep saja, melainkan pedoman yang perlu dilakukan oleh seluruh Muslim di muka bumi.

 

Referensi

Alamsyah, R. M. (2020, June 26). 5 Dalil Ajaran Islam tentang Melestarikan Lingkungan. Muslim Okezone. Retrieved April 4, 2021, from https://muslim.okezone.com/read/2020/06/26/614/2236977/5-dalil-ajaran-islam-tentang-melestarikan-lingkungan?page=1

Film Space Sweepers 2021. (2021, February 9). Tribunnews. Retrieved April 4, 2021, from https://www.tribunnewswiki.com/2021/02/09/film-space-sweepers-2021

Hafil, M. (2020, January 15). Tanggung Jawab Menjaga Lingkungan Hidup dalam Islam. Republika. Retrieved April 9, 2021, from https://republika.co.id/berita/q44nvq430/tanggung-jawab-menjaga-lingkungan-hidup-dalam-islam

Haider, S. N. A. (2015). The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) And Organizational Citizenship Behaviour (OCB): The Moderating Role Of Islamic Work Ethics (IWE) (Vol. 16). ASEAN Journal of Psychiatry.

Khan, S. (2016). Islamic Perspective of Human Resource Management: Some Salient Features.

Saleem, M., Khan, A., & Saleem, M. (2018). Business Ethics in Islam.

Official Trailer Space Sweepers 2021


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Aliza Zahra

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format