Teror Mencekam di Hotel Mumbai


1
1 point

Sinopsis

“Hotel Mumbai” merupakan film yang diangkat dari kisah nyata tragedi serangan terorisme yang mengguncang dunia di India. Pada tahun 2008 terdapat serangan teroris di kota Mumbai dimana terdapat banyak penembakan dan pengeboman di 12 titik yang memakan korban 170 orang tewas, dan lebih dari 300 orang terluka. Sutradara dalam film ini adalah Anthony Maras, dimana ia berhasil membuat seluruh penonton film ikut merasakan ketegangan ketika serangan teroris itu terjadi. Bahkan penonton pun tak diberi jeda untuk bernafas, hanya ada suasana tegang sepanjang film dimulai.

Film ini dimulai dengan kedatangan 10 pemuda yang berperan sebagai teroris, dan pemuda-pemuda ini dipantau dan mendapatkan komando dari jauh oleh seseorang yang mengendalikan keseluruhan teror yang dilakukan. Para teroris ini merupakan boneka dari pemimpin yang mendoktrin kan ajaran yang salah pada mereka. Oleh pemimpin tersebut, mereka dijanjikan uang untuk keluarga mereka dan dijanjikan surga. Latar belakang mereka juga berasal dari masyarakat miskin dan tidak berpendidikan sehingga mereka mudah didoktrin oleh hal tersebut. 

Lalu mulailah mereka berpencar ke titik yang sudah ditentukan untuk melakukan teror. Terdapat beberapa teror di awal film yaitu di stasiun dan di cafe. Namun pada akhirnya film ini berfokus pada teror yang terjadi di Hotel Mumbai.

Ada satu tokoh bernama Arjun, pada film ini ia berperan sebagai pelayan di Hotel Mumbai. Hotel ini memiliki prinsip bahwa tamu adalah dewa. Pada saat hari terjadinya teror, Hotel Mumbai kedatangan tamu istimewa yaitu pewaris dari hotel tersebut yang bernama Zahra dan David. Mereka merupakan pasangan suami istri yang sedang berkunjung ke India. 

Ketika teror di awal film terjadi, terjadilah chaos di kota itu yang memaksa seluruh masyarakat bergerak menuju Hotel Mumbai untuk mencari perlindungan. Pada saat chaos tersebut pihak hotel membuka pintu guna memberikan tempat yang aman bagi masyarakat di sana. Namun diantara masyarakat tersebut terdapat terdapat teroris yang menyusup dan berhasil masuk ke dalam hotel mewah itu. Hotel Mumbai menjadi target utama bagi teroris karena mereka menganggap di dalam hotel itu terdapat turis-turis dari benua Eropa dan Amerika yang merupakan target operasi teroris itu. Petaka pun dimulai, pada situasi yang tidak kondusif para teroris menembakkan senjata api ke kerumunan yang ada di hotel. Mereka membunuh semua orang yang ada di lobby hotel itu. Sedangkan Zahra dan David sedang melakukan makan malam di restoran hotel bersama tamu-tamu spesial lainnya. Dan ketika terjadi serangan mereka menggunakan restoran hotel sebagai tempat persembunyian. Terdapat pula Arjun didalam karena sedang bertugas malam itu.

Di situasi yang sangat menegangkan tersebut, David dan Zahra teringat bahwa bayi mereka bersama pengasuhnya sedang berada di kamar. Lalu dengan penuh keberanian dan tentunya kenekatan, David berusaha menyusul ke kamar untuk menyelamatkan bayi dan pengasuhnya. Ia juga harus berusaha mencari cara agar tidak dilihat oleh teroris yang berjaga di lobby hotel. Pada saat yang bersamaan, para teroris masuk ke dalam kamar-kamar hotel dan menembaki tamu-tamu yang tak bersalah satu per satu. 

Pada saat itu Arjun bersama kepala staf hotel memikirkan cara agar dapat membawa tamu-tamu ini ke tempat yang lebih tertutup dan lebih aman. Sembari menunggu bantuan polisi dari pemerintah setempat. Akhirnya Arjun memutuskan untuk membawa tamu tersebut ke ruangan di lantai atas hotel melalui tangga darurat yang tempatnya berdekatan dari restoran itu. 

Ketika bantuan polisi datang, ternyata jumlah anggota polisi tersebut kalah jumlah dengan teroris. Beberapa polisi juga tumbang oleh timah panas dari teroris yang berjaga. Namun dua polisi yang berhasil melewati teroris itu akhirnya bertemu dengan Arjun dan mereka pun menuju ruang cctv hotel untuk melakukan pemantauan dan laporan guna mendapatkan bala bantuan.

Disisi teroris, mereka berhasil menyandera beberapa tamu penting dari hotel Mumbai dan diancam akan dibunuh oleh teroris itu. David dan Zahra pun ikut disandera oleh mereka. Dimana para sandera tersebut adalah tamu dari benua Eropa dan Amerika, dan secara perlahan sandera tersebut dibunuh satu persatu. Tidak ketinggalan pula David dibunuh di depan istrinya sendiri. Ketika Zahra akan dibunuh, ia mampu membaca salah satu surat dalam Al-Quran dan sang teroris pun justru menjadi bingung dan menangis. Pada kesempatan tersebut Zahra memanfaatkan kondisi untuk melumpuhkan teroris.

Singkat cerita bantuan yang masif pun datang yaitu pasukan khusus teroris diterjunkan di Hotel itu, dan berhasil melumpuhkan dan membunuh teroris yang ada. Bahkan hingga detik akhir sebelum teroris tersebut mati, sang pemimpin teroris masih sempat menjanjikan surga bagi mereka.

Tidak dapat dipungkiri dalam film ini ada beberapa tokoh penting, namun Arjun lah yang menjadi sorotan karena berhasil melakukan aksi-aksi heroik untuk menyelamatkan seluruh tamu dan mendatangkan bala bantuan.

Analisis berdasarkan Jurnal Saleem et al

Pada jurnal ini ditekankan bahwa sistem ekonomi sebagian besar dipengaruhi oleh norma dan nilai sosial-moral dan metafisik. Tentunya pada kasus Hotel Mumbai nilai sosial dan moral menjadi hal yang sangat penting dan perlu di garis bawahi.

Etika Bisnis dalam Islam

Arjun

Teroris

Freedom of Work and Enterprises

Arjun bekerja dengan sepenuh hati, bahkan juga mengikuti prinsip dari hotel yang mengharuskan melayani dengan totalitas. Arjun melakukan pekerjaan itu dengan tujuan dapat menafkahi keluarganya (anak dan istrinya)

Pada konteks film ini seluruh anggota teroris berasal dari keluarga yang tidak mampu, dan melalui aksi yang dilakukan mereka berharap mendapatkan uang dan surga untuk keluarga mereka dan diri mereka sendiri. Namun mereka telah salah jalan karena sesungguhnya tindakan terorisme (membunuh manusia) adalah hal yang haram dilakukan dan pasti melanggar hukum Islam.

Theory of Morals

Arjun memiliki moral yang baik dan bisa menerima kondisi. Ia juga bisa hidup berdampingan dan tidak memaksakan pada suatu kondisi tertentu.

Karena memiliki latar belakang yang tidak berpendidikan, maka moral dasar dari teroris tersebut salah sehingga mereka sudah terlanjur di doktrin oleh hal yang salah.

Ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan jurnal Saleem et al

  • Surat Al-Baqarah Ayat 129

رَبَّنَا وَٱبْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

“Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.” 

  • Surat Al-Maidah Ayat 87

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحَرِّمُوْا طَيِّبٰتِ مَآ اَحَلَّ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”

Analisis berdasarkan Jurnal Egel dan Fry

Spiritual Leadership dalam Islam

Arjun

Teroris

Vision

Arjun memiliki visi yang jelas dalam bekerja. Ia percaya bahwa dengan bekerja sepenuh hari dan ketika ia bisa mengendalikan dirinya untuk fokus pada melayani tamu hotel maka ia akan mendapatkan hasil yang baik.

Selain itu ia juga memiliki visi yang jelas ketika menolong para tamu hotel untuk membawa ke tempat yang lebih aman, setelah itu ia berusaha untuk menggapai ruang cctv guna mendapatkan informasi dari teror di dalam hotel itu.

Pada konteks vision, teroris ini justru tidak memiliki visi. Ia hanya mendengarkan kata pemimpin namun tidak memikirkan tindakan itu baik atau tidak, apakah di masa depan tindakannya akan membawa dampak baik atau tidak bagi mereka.

Hope

Arjun memiliki segala keyakinan dan tindakan yang berakar dari hati. Tanpa ada sedikitpun rasa kesal maupun benci ketika bekerja. Hal itu diwujudkan dalam tindakannya menolong yang merupakan perbuatan amal soleh bagi muslim.

Teroris tersebut justru tidak memiliki iman yang benar, namun ia percaya pada pemimpin yang salah sehingga menuntunnya ke jalan yang salah pula. 

Ayat Al-Quran yang berkaitan dengan jurnal Egel and Fry

Surat Al Mukminun ayat 8-9

“dan orang-orang yang memelihara amanah (yang diembankannya) dan janji mereka, dan orang-orang yang memelihara solatnya.”

Analisis berdasarkan Jurnal Khan

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Islam

Arjun

Teroris

Integritas

Arjun telah bekerja dengan integritas tinggi. Bahkan di tengah terjadinya teror ia tidak pulang ke rumah namun tetap mengabdi dan melindungi seluruh tamu yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa Arjun merupakan orang yang bertanggung jawab atas pekerjaannya.

Pada film ini teroris tidak berintegritas sesuai dengan integritas Islam. Dimana ia justru membunuh sesama manusia tanpa pandang bulu dan tidak bertanggung jawab atas tindakannya.

Menghindari Conflict of Interest

Pada film ini, terbukti Arjun dapat menghindari conflict of interest dan mendahulukan kepentingan bersama-sama di tengah teror yang sedang terjadi. Arjun tetap mengutamakan perlindungan bagi seluruh tamu yang ada pada saat ia bertugas saat itu.

Teroris pada saat itu terlibat conflict of interest. Tentunya aksi mereka pun merupakan conflict of interest dimana ia tidak memikirkan kepentingan orang banyak dan hanya memenuhi ego dari kepentingan mereka. 

Ayat-ayat terkait jurnal di atas:

  • Surat An Nisa ayat 135

Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Maha Teliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.

  • Surat An Nisa ayat 59

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikan lah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

Solusi

Terdapat berbagai permasalahan yang timbul di dalam film ini. Tentunya hal tersebut dibarengi dengan beberapa solusi. Masalah yang utama dalam film Hotel Mumbai adalah terkait ilmu pengetahuan dan kepercayaan. Sesuai dengan konsep Human Resources dalam Islam, kita sebaiknya mencari pemimpin yang benar pada jalannya sesuai dengan ajaran Islam dan tidak salah tafsir. Sehingga pemimpin tersebut dapat menuntun kita ke jalan yang benar sesuai dengan pedoman Al-Quran. Selain itu juga perlu adanya pembekalan ilmu pengetahuan kepada seluruh masyarakat sehingga tidak mudah dibodohi. Hal ini juga sudah menjadi tanggung jawab pemimpin supaya amanah dalam menyampaikan suatu hal atau ilmu sehingga dapat dipertanggung jawabkan kelak di akhirat.

Trailer

Penulis:

Fauzi Akmal Rabbani

18/426629/EK/21960


Referensi:

Saleem, Maimoona, Ayaz Khan, and Muhammad Saleem. “Business Ethics in Islam.” Dialogue (Pakistan) 13.3 (2018).

Khan, Shah. “Islamic Perspective of Human Resource Management: Some Salient Features.” International Journal of Islamic Business & Management (2016).

Egel, Eleftheria, and Louis W. Fry. “Spiritual leadership as a model for Islamic leadership.” Public Integrity 19.1 (2017).


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format