The Wizard of Lies : Bisnis Penipuan yang Selalu Mencari Korban Baru.


0

Sinopsis The Wizard Of Lies

The Wizard of Lies merupakan salah satu film yang diangkat dari kisah nyata yang menggemparkan dunia investasi di Amerika pada tahun 2008. Film ini bergenre drama biografi dan kriminal yang menceritakan tentang penipuan yang dilakukan oleh salah satu broker saham, penasihat investasi serta pemodal ternama di Amerika saat itu, Bernard L Madoff atau yang lebih dikenal dengan nama Bernie Madoff. Tokoh utama dalam film ini diperankan oleh salah satu aktor ternama di Amerika yaitu Robert De Niro. Kisahnya diangkat berdasarkan buku non-fiksi yang berjudul The Wizard of Lies : Bernie Madoff and the Death of Trust yang ditulis oleh Diana B. Henriques yang kemudian diangkat menjadi salah satu FILM HBO Original yang disutradarai oleh Barry Levinson.

Kisah ini bermula ketika Bernard Madoff mulai mendirikan perusahaan investasinya pada 1960. Bermodal 5.000 dolar hasil tabungannya selama bekerja ditambah 50.000 dolar yang ia pinjaman dari keluarganya dan ia memutuskan untuk mendirikan Bernard L. Madoff Investment Securities, LLC. bersama istrinya, Ruth Alpern. 

Dalam pengoperasian usahanya, Perusahaan Madoff menjanjikan tingkat imbal hasil yang besar ketimbang Investment Securities lain yang ada di Amerika Serikat dan terlebih lagi Madoff bisa membuat bukti pertanggungjawaban yang terlihat nyata di mata investor. Kliennya pun secara cepat meluas karena imbal hasil yang diberikan Madoff sangatlah besar. Banyak tokoh-tokoh terkenal di dunia seperti Steven Spielberg, Larry King, hingga Kevin Bacon, serta lembaga keuangan besar yang akhirnya ikut “menitipkan” uangnya kepada Madoff. Hingga akhir 1980 dan tahun itu juga perusahaannya telah menangani lebih dari 5 persen volume perdagangan di New York Stock Exchange.

Perusahaan Madoff terus berkembang pesat setiap tahunnya. Hal ini timbul atas rasa Kepercayaan para investor terhadap Madoff. yang berperan besar dalam merintis Nasdaq. Selain itu ia juga pernah duduk di National Association of Securities Dealers dan menjadi penasihat untuk Securities and Exchange Commission untuk perdagangan surat berharga. 

Selama berpuluh-puluhan tahun Madoff mengelola perusahaan investasi palsu milikinya. Investasi palsu yang ia lakukan dikenal dengan sebutan Ponzi Scheme. Skema ini ia lakukan dengan cara memutar dana investasi para investor baru untuk membayar imbal hasil kepada investor lama. Pada tahun 2008, ketidakberesan terkait investasi palsunya mulai tercium ketika para investor dijanjikan akan mendapatkan bonus jutaan dolar lebih awal oleh perusahaan yang dijalankan oleh Madoff. Pemberian bonus tersebut menimbulkan rasa kecurigaan di kalangan investor sehingga investor bertanya-tanya dari mana uang tersebut berasal, karena diwaktu yang bersamaan Amerika Serikat telah berada di tengah suasana krisis akibat adanya kasus tentang Subprime Mortgages.  Mengetahui ada hal yang janggal para investor kemudian berbondong-bondong menarik dananya dari perusahaan madoff sehingga perusahaan madoff mengalami masalah liquidity yang tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikan dana dari para investornya. Setidaknya pada saat yang bersamaan jumlah dana yang ditarik oleh investornya sekitar US$ 7 milliar dan perusahaan Madoff hanya memiliki US$300 juta untuk diberikan kepada investornya.

Kegagalan likuiditas yang terjadi di perusahaannya merupakan akhir dari perjalanan atas penipuan yang ia lakukan dan membuat Madoff harus mengakui bahwa perusahaannya melakukan Skema Ponzi selama bertahun-tahun. Madoff ditangkap pada bulan Desember tahun 2008. Kala itu, penyidik federal AS memperkirakan kerugian para nasabah mencapai hampir US$ 65 miliar atau sekitar Rp865 triliun. Madoff dijatuhi hukuman berupa 150 tahun penjara yang berdasarkan pada 11 tuntutan yang ditetapkan oleh hakim.

Sumber : https://yonulis.com/2021/04/10/walt-before-mickey-datangkan-kesuksesan-dari-realisasi-mimpi/

Adapun beberapa tokoh yang memiliki peranan yang signifikan dalam Film ini. Diantaranya adalah Diana B. Henriques yang berperan sebagai jurnalis di Film maupun di dunia nyata. Setelah Diana mewawancara Madoff, Diana membuat catatan jurnalis dan menjadikan catatan tersebut menjadi buku dan kemudian diangkan menjadi film The Wizard of Lies. Selanjutnya ada Mark Madoff yang merupakan anak sulung dari Bernard Madoff yang melaporkan Madoff ke otoritas yang berwenang di Amerika Serikat. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk kekecewaannya terhadap Madoff. 

Analisis  Model Kepemimpinan Spirital Berdasarkan Egel and Fry (2017)

Dalam jurnal Egel and Fry (2017), disebutkan bahwa prinsip kepemimpinan dalam Islam sebagai berikut :

  • Inner life : memahami dan memanfaatkan kekuatan dari dalam diri untuk menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.
  • Vision : gambaran masa depan untuk perjalanan organisasi, cita-cita, dan alasan mengapa pemimpin dan pengikut harus berusaha keras untuk menciptakan masa depan tersebut
  • Hope  : Harapan dan kepercayaan terhadap visi yang disepakati.
  • Alturistic love : Rasa keutuhan, harmoni, dan kesejahteraan dengan alat ukur berupa integrity, trust and loyalty, humility, dan patience.
  • Membership : Rasa saling memiliki diantara satu ama lain dalam suatu organisasi sehingga munculnya rasa saling memahami dan menghargai

Konsep Spiritual Leadership Bernard L. Madoff Diana B. Henriques
Inner Life Sering menunjukan jabatannya sebagai bos yang bisa menyuruh para karyawannya untuk melakukan apapun. Seorang pekerja keras yang tidak ingin menyusahkan orang lain dalam mencapai keinginan yang sedang ia usahakan.
Vision Menyudahi semua kebohongan yang telah ia perbuat selama melakukan skema ponzi dalam menjalankan bisnisnya dan mendapatkan maaf dari para investornya. Menguak kejahatan investasi yang dilakukan Bernard L. Madoff
Hope Mendapatkan waktu lebih untuk menutup semua penipuan yang ia lakukan Melakukan wawancara secara langsung terhadap Madoff mengenai penipuan yang ia lakukan dengan tujuan untuk memberika edukasi tentang investasi bagi masyarakat diseluruh dunia
Alturistic Love Kepemimpinannya dianggap tidak memiliki integrity karena semua kegiatan usahanya dilakukan secara tertutup dan tidak jujur kepada karyawan serta investornya Loyal terhadap keinginannya dalam mewujudkan visi yang ia tetapkan diawal.

Adapun perintah bagi manusia untuk menjadi pemimpin yang baik bagi dirinya dan bagi orang lain, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah Swt. yang menjadikan manusia sebagai khalifah yang menjaga keseimbangan bumi sampai akhir zaman di dalam surat Al-Baqarah ayat 30:  

وَإِذْقَالَرَبُّكَلِلْمَلَائِكَةِإِنِّيجَاعِلٌفِيالْأَرْضِخَلِيفَةًۖقالُواأَتَجْعَلُفِيهَامَنْيُفْسِدُفِيهَاوَيَسْفِكُالدِّمَاءَوَنَحْنُنُسَبِّحُبِحَمْدِكَوَنُقَدِّسُلَكَۖقَالَإِنِّيأَعْلَمُمَالَاتَعْلَمُونَ

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Analisis Etika Bisnis Islam Berdasarkan Jurnal Saleem Et Al (2018)

Di dalam jurnalnya Saleem Et All mengungkapkan bahwa ekonomi dalam pandangan islam percaya akan keadilan di seluruh lapisan masyarakat. Islam telah menetapkan batasan-batsan dalam berbisnis yang membuat para kaum muslim untuk selalu berprilaku etis terhadap semuanya baik terhadap operasi bisnisnya maupun terhadap orang-orang yang berada pada bisnis tersebut. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam surat Al-Maidah Ayat 87 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحَرِّمُوْا طَيِّبٰتِ مَآ اَحَلَّ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”

Business Ethics in Islam Bernard L. Madoff SEC Investigator
Theory of Morals Penipuan yang dilakukan Madoff merupakan tindakan yang tidak bermoral karena mengambil uang dari orang lain dan memanfaatkan uang tersebut demi memenuhi keinginannya. Moral yang dianut oleh SEC Investigator mendorong adanya keterbukaan akan kasus penipuan serta bentuk penegakan keadilan bagi para klien dari perusahaan Madoff.
Equity Tindakan yang dilakukan Madoff jelas tidak mempertimbangkan keadilan, ia hanya mementingkan keinginan dirinya sendiri dan menutupi itu semua dengan egonya. Tindakan yang dilakukan SEC bertujuan untuk mencari kejelasan atas kejanggalan kegiatan investasi yang dilakukan Madoff sehingga terwujudnya transparansi kegiatan usaha tersebut.

Analisis Penerapan Hubungan Emotional Intelligence (EI) dan Organizational Citizenship Berdasarkan Jurnal Haider (2015)

Emotional Intellifence merupakan suatu kemampuan seseorang untuk mengelola dan mengontrol emosi sendiri dan juga orang lain. Seseorang yangg memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat menggunakan kondisi emosi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu dan membangun hubungan jangka panjang. Sedangkan, OCB merupakan serangkaian kegiatan sukarela untuk memperbaiki iklim atau culture kerja organisasi. 

Bernard L. Madoff Mark Madoff
Emotional Intelligence Di dalam diri Madoff tidak memiliki self awerness yang baik sehingga ia bisa melakukan apapun yang ia inginkan seenaknya dengan melakukan penipuan investasi kepada banyak orang. Setelah mendengar pengakuan dari ayahnya mengenai penipuannya. Mark langsung melaporkan ayahnya ke otoritas federal karena jika tidak dilaporkan akan ada kemungkinan untuk menipu orang lebih banyak lagi.

 Solusi dari Konflik

Akar permasalahan dari film The Wizard of Lies ini berasal dari ego Bernard L. Madoff seorang, maka solusi dari film The Wizard of Lies adalah sebagai berikut:

  • Empati dan Kepedulian

Madoff harus meningkatkan rasa empati dan kepeduliannya terhadap orang yang berhubungan dengannya. Madoff harus membayangkan dampak dari penipuan yang ia lakukan serta membuat peristiwa tersebut menimpa oleh dirinya sendiri. Hal itu bisa membuat Madoff untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan orang lain.

Hal ini ditekankan pada hadist riwayat al-Hâkim dan al-Baihaqi:

, َمَنْ ضَارَّ ضَرَّهُ اللهُ وَمَنْ شَاقَّ شَقَّ اللهُ عَلَيْه 

Barang siapa membahayakan orang lain, maka Allâh akan membalas bahaya kepadanya dan barang siapa menyusahkan atau menyulitkan orang lain, maka Allah akan menyulitkannya.”

  • Terbuka terhadap Kegiatan Bisnisnya

Dalam perusahan investasi milik Madoff, Ia tidak menjelaskan bagaimana perusahaan tersebut bekerja untuk menghasilkan uang sehingga banyak dari investor tidak mengetahui bahwa kegiatan usaha tersebut adalah tindakan penipuan. Dengan adanya keterbukaan dalam kegiatan bisnis, membuat Madoff sulit untuk melakukan penipuan sehingga kemungkinan mudarat yang muncul dari bisnis tersebut sangatlah kecil.

Referensi

Haider, Syed Nadeem Abbas. 2015. “The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) and Organizational Citizenshp Behaviour (OCB): The Moderating Role Of Islamic Work Ethics (IWE)”. ASEAN Journal of Psychiatry, 16.

Egel, Eleftheria & Louis W. Fry. 2017. “Spiritual Leadership as a Model for Islamic Leadership”. Routledge Taylor & Francis Group: 77–95. 

Haider, Nadeem Abbas. “Relationship Between Emotional Intelligence (EI) and Organizational Citizenship Behaviour”   (2015)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format