Aspek Four Tasks of Management, Managerial roles, dan Management Thought Lee Man Sik & Ga Yeol Chan dalam Drama Kkondae Intern 2020

Drama Komedi perkantoran Mantan Direktur yang banting setir menjadi Karyawan Senior Magang


0

Sumber: Youtube KOCOWA TV

Kkondae Intern merupakan drama Korea yang yang disutradarai oleh Nam Sung – Woo dan penulis naskah Shin So-ra. Menceritakan drama perkantoran yang awalnya mantan bos dari seorang pemuda magang terlalu menyiksa dalam mempekerjakan seorang sehingga mendapatkan masalah namun setelah mengundurkan diri pemuda magang tersebut tidak menyerah dan akhirnya berhasil. Setelah berhasil dan menjadi pimpinan dari perusahaan kompetitor di ramyeon. Tidak disangka mantan bos nya yang membuat dia tidak semangat akhirnya bertemu dan bekerja sebagai pegawai magang.

Sumber: https://annyeongoppa.com/2020/07/03/10-reasons-why-you-should-watch-kkondae-intern/ 

Sinopsis

Berawal dari kelulusan setelah kuliah Ga Yeol Chan mendapat kesempatan untuk bisa magang di perusahaan Onggol Food. Memiliki bos yang sangat otoriter yaitu lee man sik, yang sangat suka membuat pekerja magang mengerjakan tugas yang tidak seharusnya dikerjakan. Suatu Ketika Ga yang cheol dijebak oleh Lee Man Shik sehingga Ga yeol Chan mendapatkan perlakuan yang sangat tidak baik membuat dia malu dan akhirnya memilih untuk mengundurkan diri. 5 tahun berselang ga yeol chan bekerja keras dengan pimpinannya yang bernama namgoong pyo, sehingga ia mendapatkan jabatan yang sangat prestis di perusahaan ramyeon tersebut dan selalu mendapatkan kontrak dengan perusahaan lain hal ini membuat iri anak bos perusahaan yang mana di gadang2 akan menjadi CEO selanjutnya dalam RUPS 6 bulan ke depan. Anak bos tidak tinggal diam dan ingin mencari kelemahan Ga Yeol Chan. Usut punya usut ternyata Lee Man Sik adalah solusi yang tepat agar ga yeo ceroboh dalam melakukan pekerjaannya. Dimana Lee Man Sic direkrut untuk menjadi pekerja magang senior setelah keluar dari perusahaan lamanya sebab tidak mau dengan jabatan baru untuk memimpin bagian gudang. Selain itu di tambah 2 pekerja magang (Lee Tae Lee dan Joo Yoo) yang tidak kompeten di bidang pemasaran dan penjualan menambah beban ga yeol chan untuk bisa bekerja dengan baik. 

Setelah Lee Man Sic masuk pada perusahaan tersebut Ga Yeol Chan mulai tidak nyaman dan akhirnya memperlakukan Lee Man Sic sama seperti dulu ia diperlakukan secara tidak adil. Namun mereka mempunyai cara sendiri-sendiri untuk saling menjatuhkan satu sama lain,  Lee Man Sic dengan anak bos perusahaan selalu memiliki rencana untuk menggagalkan kontrak yang akan dijalankan oleh Ga Yeol Chan.

Konflik bermula dimana lee man sik berhasil menjalankan misinya untuk berusaha menggagalkan kontrak Ga Yeol Chan dengan perusahaan makanan dari china, namun usaha man sik gagal ketika beliau berhasil menyelamatkan hidup dari bos perusahaan makanan dari china sehingga Lee Man Sik berhasil memenangkan  kontrak pertamanya sebagai karyawan magang senior.  Selanjutnya Lee Man Sik membuat kesalahan karena salah mengirim Jenis produk yang seharusnya diberikan oleh Joonsu food adalah Mie rasa kari ayam namun yang diberikan oleh Departemen pemasaran adalah Mie Ayam super Pedas setelah itu muncul video dimana Bapak Lansia memakan Mie Ayam Pedas karena terlalu pedas akhirnya membuat bapak tersebut meninggal. Akhirnya citra perusahaan rusak dikarenakan berita bohong yang tersebar. Setelah ditelusuri ternyata video yang ditampilkan oleh bapak tersebut hanya potongan karena setelah itu video selanjutnya adalah bapak tersebut sangat menyukai Mie ayam super pedas.  Potongan Video lanjutannya menjadi viral dan membuat Mie Ayam Super pedas menjadi Pemasaran yang tidak terduga.

Dalam sebuah rapat untuk membuat inovasi produk baru dari ramen, ada salah satu karyawan muda mencuri dan mengaku bahwa ide yang dibuat Lee Man Sic yaitu ramen pollack kering itu adalah idenya, dengan adanya masalah tersebut Ga Yeol Chan memberikan tugas kepada lee man sic dan karyawan tersebut untuk membuat proposal tentang ide ramennya, sehingga yang mampu membuat proposal dengan baik dan menarik itulah orang yang dianggap mengeluarkan ide tersebut. Tugas yang diberikan oleh Ga Yeol Chan membuat Lee Man Sik Berusaha keras untuk bisa mempelajari komputer dengan baik dan benar sehingga memaksa dia belajar dengan sungguh - sungguh tetapi usia tidak dapat membohongi, Lee Man Sik jatuh sakit.

Terjadi masalah lagi dimana mantan pacar dari salah satu pegawai magang Tae Lee memberikan tuduhan dan menyebarkan berita terhadap perusahaan Joonsu Food, yang mana tuduhan tersebut berisi bahwa dalam kemasan ramen terdapat kecoa, yang mengakibatkan Ga Yeol Chan akan digugat apabila tidak dapat membuktikan bahwa perusahaan tidak salah dalam hal itu, Ga Yeol juga mendapatkan ancaman dari Bosnya untuk dipecat dan diusir dari rumah dinasnya. Namun Lee Man Sic tidak tinggal diam akan masalah itu, ia dan rekan-rekannya melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap tubuh kecoa yang ada dalam ramen tersebut, dan hasil tes DNA kecoa membuktikan bahwa kecoa tidak murni berasal dari kemasan ramen perusahaan Joonsu Food namun berasal dari rumah mantan pacar Tae Lee tersebut. Disisi lain anak bos tidak menyukai bahwa Ga Yeol Chan akhirnya terbukti tidak bersalah, sehingga Lee Man Sic yang tidak memenuhi perintah dari anak bos untuk menyingkirkan Ga Yeol Chan akan dikeluarkan dari perusahaan.

Setelah mendapat pembelaan dari Ga Yeol Chan akhirnya Lee Man Sic tidak jadi dipecat dari perusahaan. Walaupun masalah tentang kecoa itu sudah terbongkar namun tidak berhenti begitu saja, karena 91% masyarakat korea terlanjur mengetahui insiden tersebut dan hanya 43% masyarakat saja yang mengetahui bahwa berita tersebut tidak benar. Tentu hal ini membuat penjualan dari ramen ayam pedas turun hingga 38% dan produk pesaingnya menjadi lebih disukai oleh masyarakat. Setelah adanya insiden kecoa sebenarnya Ga Yeol Chan ingin mengeluarkan produk baru yaitu kimchi broth chicken ramen pedas dan akan segera melakukan promosi, namun hal itu tidak mendapatkan persetujuan dari bos perusahaan. Bos menyarankan untuk melakukan kampanye produk, yang mana karyawan perusahaan Joonsu Food harus membeli ramen yang mereka produksi sendiri, hal ini membuat persaingan antar karyawan untuk presentasi pembelian ramen yang mereka lakukan. Setelah beberapa hari bos perusahaan meminta laporan kinerja kampanye dengan melihat respon dari pelanggan pada media sosial, namun ketua Ahn meminta kepada Lee man sic untuk hanya memasukkan komentar positif saja dari pelanggan, hal itu membuat Ga Yeol Chan marah akibat membuat laporan dengan tidak jujur. Dengan kejujuran tersebut Ga Yeol Chan malah mendapatkan omelan dari bos, sehingga membuatnya untuk membuat komentar-komentar dari akun yang dibuatnya sendiri dan itu dilakukan juga oleh semua karyawan perusahaan untuk meningkatkan respon positif di media sosial agar penjualan ramen meningkat kembali.

Dalam web barang bekas ketua tim menemukan foto yang menampilkan kardus mie Ramen ayam pedas dijual ulang. Netizen korea mengetahui hal ini dan memberikan komentar yang kurang baik terhadap produk tersebut. Ga Yeol Chan sebagai Manajer tim diharapkan dapat menemukan akun yang bernamakan dubabba92 untuk menghapus postingannya, karena komentar yang membuat citra perusahaan rusak. Karena salah satu dari tim pemasaran adalah dbuabba92 maka ga yeol chan berinisiatif untuk membeli seluruh produk yang dibeli oleh karyawan sehingga menyebabkan ga yeol chan merugi 

Masalah datang lagi dimana CEO Joonsu food memiliki media sosial dan sangat suka komentar positif yang ada dengan produknya. Tim departemen pemasaran berusaha keras untuk meningkatkan review di media sosial dengan membuat akun palsu yang sangat banyak agar ratusan komentar positif dapat dilihat dan data yang diberikan sesuai dengan apa yang dilihat oleh CEO. tidak disangka komentar buruk yang diberikan oleh Ga yeol Chan terhadap ide pemagang ketahuan dan membuat marah seluruh pemegang sehingga lee tae Lee akan melaporkan kepada Pemerintah ditambah joo yoon soo juga disuruh melakukan hal dianggap kurang profesional oleh Oh Deou Goun. Konflik memuncak sehingga tim Pemasaran bertengkar di dalam kantor secara tidak langsung hal ini mengancam posisi dari ga yeol chan.

Beredarnya berita di media tentang pemaksaan dari perusahaan Joonsu Food kepada para karyawannya untuk membeli produk ramen membuat Ga Yeol Chan disalahkan oleh semua orang, karena CEO perusahaan Namgoong Pyo melemparkan kesalahan tersebut kepada Ga Yeol Chan. Perusahaan menghukum ga yeol chan dan 2 pemanggang lainnya dengan denda skors sementara sehingga posisi manajer pemasaran dan penjualan digantikan oleh Park Young tak. Ga yeol Chan menerima dengan berat hati. Karena dengan diam di rumah tidak dapat menyelesaikan masalah makan Ga yeol Chan bersama 3 pegawai Magang pergi ke Mokpo untuk melakukan R & D menemukan Ramyeon Jenis baru. Sifat asli Ga Yeol Chan sudah dikeluarkan dengan menyuruh karyawan magang seenaknya. Untuk mempersingkat waktu Ga yeol chan membagi 2 team. Team 1 ( Lee Tae Lee dan Yoo Soon YOO ) team 2 ( lee man sik & Ga yeol chan). Dalam perjalanan menuju restoran di seberang laut Ketua Tim Joonsu food memanggil Ga yeol chan karena penangguhan kerjanya sudah diberhentikan diharap datang bekerja secepatnya. Kesialan selanjutnya berlangsung dikarenakan cuaca yang buruk menyebabkan Team 1 tidak bisa pulang dan tidak memiliki uang tunai untuk bertahan hidup di pulau.

Ga yeol chan dan lee man sik masih menunggu cuaca normal kembali dan harus bertahan hidup dengan baik di pulau tersebut. Sedangkan lee tae lee dan Yoo soo joo bersenang - senang di pulau sebrang karena ditemani oleh anak CEO perusahaan yang sangat membenci Ga Yeol Chan. akhirnya ga yeol chan dapat kembali menuju Seoul. Tidak tinggal diam untuk mengembalikan kepercayaan CEO Joonsu food, ga yeol melakukan riset dengan meracik ramyeon baru. Setelah berkali kali eksperimen akhirnya ramyeon gurita pedas san berhasil masuk pada pasar korea. Jumlah penjualan mie gurita pedas sangat meningkat signifikan dari beberapa bulan setelah perilisan.

Sumber: https://dramaqu.asia/nonton-kkondae-intern-2020-subtitle-indonesia/ eps 15-16.

Namun setelah beberapa bulan produknya laris perusahan Taesoon food mengalami permasalahan, pemerintah menemukan kandungan berbahaya (karsinogen) dari Taesoon food. Perusahaan yang bekerja sama dengan taesoon food salah satunya adalah Joonsu food dan menyebabkan penurunan penjualan pada produk Joonsu food. Ceo dari joo soon ingin Ga Yeol chan meminta pertanggungjawaban dan kompensasi dari taesoon food. CEO perusahaan tidak mau menunggu hasil tes laboratorium mengenai produknya yang sedang dilakukan oleh ga yeol chan dan lee man sik. Namun ga yeol chan ingin membuktikan sendiri dengan melakukan uji lab di beberapa laboratorium. Hasil yang didapat sangat mengguncang ga yeol chan. Ternyata penyebab adanya kandungan berbahaya dalam produk tersebut diakibatkan oleh mesin yang tidak berjalan dengan baik yang mana temperatur mesin mengalami kenaikan dengan sendirinya, CEO dari perusahaan Taeseon berencana akan memperbaiki mesin dalam satu bulan lagi karena untuk perbaikan mesin tersebut membutuhkan banyak dana. Setelah mesin diperbaiki ternyata produk yang diproduksi sebelumnya sudah terlanjur diambil oleh pemasok dan dipasarkan kepada masyarakat. Hal ini sangat merugikan Ga Yeol Chan dan karyawan lainnya karena masyarakat menginginkan kedua perusahaan untuk berhenti beroperasi.

Hasil nya ternyata kandungan karsinogen memang dimiliki oleh Tae soon food sehingga Joonsu food memiliki produk yang tidak baik. Solusi yang diberikan oleh ga yeol chan adalah membuat bumbu yang diracik sendiri tapi tantangan selanjutnya juga belum selesai dimana dia harus berhasil meningkatkan penjualan Mie Gurita Pedas yang sudah dianggap netizen korea sudah teracuni oleh kandungan karsinogen. Strategi yang dilakukan oleh Ga yeol chan memasarkan Mie Gurita Pedas ke China dan berhasil. Cara yang tidak disangka - sangka lee tae lee yang tidak sengaja memakan sampel mie yang akan dipromosikan kepada pelanggan di mall Joonsu menjadi konten video yang viral dan mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat sehingga hal tersebut dapat mengembalikan kepercayaan publik. RUPS akan berjalan dalam waktu Dekat Ceo yang sekarang sangat mendukung ga yeol chan untuk bisa menjabat CEO namun banyak sekali rintangan agar yang naik bukan ga yeol chan.

Ny kuu tidak menyukai bahwa ga yeol chan melangkahi dia dan diangkat sebagai CEO. dikarenakan Ga yeol Chan sangat menyukai 3 pemagang dan 1 karyawan kontraknya, NY kuu menggunakan mereka untuk membuat ga yeol chan goyah dan melepaskan Slot CEO nya. Ny ku sudah menyiapkan laporan kepada polisi untuk menyingkirkan Direktur pelaksana Nam Joo gyu dan ketua tim. Karena 3 pemagang akan dijadikan saksi hal ini yang dapat membuat posisi untuk menjadi karyawan permanen akan digagalkan. Yeol chan tidak terima akan hal ini dan memaksa ny kuu untuk tidak melaporkan hal ini. Hari presentasi seluruh pemagang telah dimulai, di saat semua sudah selesai memperlihatkan keahlian yang didapat selama 6 bulan magang diJoonsu food. Polisi datang untuk menangkap Nam Joo sak (direktur pelaksana) dan an song jong (Ketua Tim).

Setelah menuju kepolisian laporan yang diberikan oleh Ny Kuuk tidak terbukti sehingga polisi melepaskan Mereka semua. Dalam perekrutan karyawan tidak ada kolusi dan mereka direkrut secara profesional. Tidak disangka ternyata ny kuk adalah pemegang saham terbesar kedua setelah CEO dia memang ingin menjadi CEO selanjutnya dikarenakan dia memiliki kepemilikan saham sebesar 19.8 % diwakilkan oleh orang lain agar rencana busuknya tidak diketahui agar dia memiliki andil suara dalam RUPS dan dapat menjadi CEO Selanjutnya. Untuk dapat memenuhi persyaratan sebagai calon CEO Ga yeol Chan harus melewati wawancara kandidat CEO dengan eksekutif dan para direktur yang lain. Tapi ny Kook berusaha menjebak Ga Yeol Chan. Karena Lee Man sik sudah mengetahui rencana ny kook di pagi itu dia menggantikan Ga Yeol Chan pergi dengan mobilnya agar Ga Yeol CHan bisa selamat dan melanjutkan wawancara pemilihan CEO. Rencana ny kook gagal dan Ga Yeol chan berhasil diwawancarai oleh para eksekutif. Tetapi memasuki pertengahan sesi wawancara ga yeol chan gelisah mengkhawatirkan Lee Man Sik. Ternyata Lee man sik di tangkap dan di siksa oleh suruhan Ny Kook dan menghubungi Ga yeol chan agar tidak menyelesaikan wawancara. Ga yeol chan langsung pergi menyelamatkan Lee Man Sik.

Sesampai Ga Yeol Chan di gudang tempat penyekapan Lee Man Sik, Anak buah Ny Koo menyerang Ga Yeol Chan sampai akhirnya Joon soo, Lee Tae Lee dan Ok Kyung tiba menyelamatkan Lee man sik dan ga yeol chan, akhirnya semua selamat. Ga Yeol Chan akan dipromosikan menjadi Direktur Pelaksana serta pengumuman mengenai pemilihan pegawai tetap telah dipublikasikan dan yang lolos yaitu pegawai magang Joo yoon soo. Ny koo belum menyerah untuk dapat menggagalkan ga yeol chan untuk naik jabatan, ia melakukan berbagai macam cara untuk membuat ga yeol chan jatuh dan tidak jadi dipromosikan menjadi direktur pelaksana. Namun semua karyawan tidak tinggal diam, semuanya bekerja sama termasuk Namgoong joon soo untuk mengumpulkan bukti-bukti akurat mengenai kebusukan dari Ny koo. Akhirnya salah satu bukti rekaman pembicaraan Ny koo dan lee tae lee diekspos oleh namgoong joon soo dalam sebuah rapat petinggi perusahaan mengenai korupsi yang dilakukan Ny koo untuk membeli saham dengan menggunakan ekuitas perusahaan, hal ini membuat Ny koo di penjara. RUPS dilaksanakan dan Ga Yeol Chan ditunjuk sebagai Direktur pelaksana, namun untuk beberapa waktu ia memilih untuk mengundurkan diri dan setelah 2 tahun berjalan Ga Yeol Chan memiliki bisnis dan perusahaan ramyeon yang didirikannya sendiri. Selain itu setelah 2 tahun Lee man sik dan Lee tae lee berhenti bekerja di Joonsu Food karena kontrak magang mereka habis dan mereka gagal untuk di promosikan menjadi pegawai tetap. Hal ini membuat Lee man sik dan lee tae lee harus mencari pekerjaan baru, Lee tae lee mendapatkan kabar dari Joonsu Food kembali karena proposal produk lamanya dikembangkan dan berhasil memperoleh respon yang baik dari pasar, sehingga lee tae lee mendapat tawaran untuk menjadi pegawai kontrak lagi di Joonsu Food. Kemudian setelah beberapa waktu bisnis Ga yeol chan bangkrut dan membuatnya harus memulai karir dari awal, tidak disangka Ga yeol chan dan Lee man sik memperoleh pekerjaan barunya di satu perusahaan yang sama.

END

Karakter yang bertolak belakang:

  • Lee Man Sik

Lee Man Sik awalnya merupakan seorang direktur di perusahaan onggol food, sebagai pemimpin ia memiliki karakter yang sangat otoriter terhadap karyawan yang tidak ia sukai. Namun sebenarnya ia adalah kkondae yang baik dan peduli terhadap orang lain. Setelah ia resign dari perusahaan lamanya dan bekerja menjadi karyawan magang senior di perusahaan Joonsu Food karakter ia mulai terlihat berubah, menjadi lebih peka terhadap hal-hal kecil yang menyangkut nasib orang lain dan sangat pekerja keras, memiliki motivasi belajar yang tinggi walau di tempat kerjanya ia yang paling tua. Selain itu Lee Man Sik tidak lagi haus akan hormat, namun menjadi pribadi yang lebih terbuka dan mau menerima kritikan dari orang lain.

  • Ga Yeol Chan

Ga Yeol Chan awalnya menjadi karyawan magang dalam sebuah perusahaan yang dibawahi oleh seorang bos yang bernama Lee Man Sik, pada saat ia magang ia diperlakukan tidak adil oleh bosnya tersebut dan akhirnya ia memutuskan untuk keluarkan dan mencari pekerjaan lain. Setelah 5 tahun berselang ia akhirnya berhasil dan sekarang menjadi manajer dalam sebuah perusahaan ramyeon (Joonsu Food). Ga Yeol Chan merupakan orang yang sangat pekerja keras dan tidak mudah menyerah, ia selalu memiliki ide-ide brilian untuk melakukan inovasi pada produk ramennya. Akan tetapi ia terkadang masih memiliki sifat kekanak-kanakan dan terkadang tidak bisa mengontrol emosinya pada saat terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginannya. Namun ia merupakan seorang manajer yang baik dan peduli terhadap karyawannya, sampai terkadang ia rela mengorbankan dirinya sendiri demi kepentingan karyawannya.

Four task Of Management Lee Man Shik 

Planning 

Pada saat kejadian Lee Man Sik di jebak oleh Ga Yeol chan dengan membuka email yang berisi RansomWare. Hal ini membuat Lee Man Sik bingung karena dia tidak terlalu memahami. Akhirnya teman Lee man Sik menginformasikan bahwa dia di jebak oleh Ga Yeol Chan. cara licik yang dilakukan oleh Lee Man Sik adalah berpura pura mimisan dan sakit di depan Ga yeol sehingga dia merasa tidak enak hati. Akhirnya jebakan itu berhasil dan membuat Ga Yeol Chan mengaku bahwa dia yang melakukan hal itu. Sehingga membuat Lee Man Sik aman dari hukuman.

Organizing

Dalam satu masalah yang terjadi untuk menyelamatkan citra perusahaan tim marketing bergerak cepat untuk meningkatkan komentar positif di perusahaan. Ga yeol chan dan tim berusaha untuk menyelamatkan dengan memberikan banyak komentar positif di salah satu social media. Lee Man sik dengan caranya menyuruh sekitar 10 teman dan anaknya untuk membuat komentar positif di internet untuk menyelamatkan citra perusahaan

Pada saat awal awal Ga yeol menghina pekerjaan Lee man sik dan dianggap hasil pekerjaan nya tidak bagus. Dengan kesal lee man sik berusaha untuk belajar dengan giat demi membuat proposal yang sesuai dengan standar dari Ga Yeol Chan. setiap harinya begadang dalam semingguan hingga akhirnya Lee Man sik berhasil. Tetapi tidak terduga Lee Man Sik terlalu lelah hingga dibawa ke rumah sakit

Leading

Lee Man Sik mencari jalan keluar untuk membuktikan bahwa perusahaan Joonsu Food tidak salah mengenai tuduhan kecoa yang ada pada ramen itu, sehingga ia melakukan pemeriksaan DNA kecoa ke laboratorium yang sudah dikenal sejak masih bekerja sebagai direktur di perusahaan lamanya. Selain itu ia juga memotivasi rekan kerjanya seperti pada saat Lee Tae Lee mengalami kesulitan akibat diperlakukan tidak wajar dan disuruh-suruh oleh Oh Dong Geun, karena Oh Dong Geun mengira bahwa yang menyebarkan rekaman suara tentang ide ramen pollack kering bukan ia yang membuatnya itu adalah Lee Tae Lee. Lee Man Sik langsung memberikan pesan di grup karyawan magang dan mengajak untuk berkumpul makan malam bersama.

Controlling

Lee Man Sik adalah mata-mata yang disiapkan Nam gong untuk membuat Ga Yeol Chan ceroboh. Dia ditugaskan untuk mengawasi apa yang dilakukan Ga Yeol Chan, ditugaskan sebagai orang yang dapat membatalkan kontrak dan membuat kontraknya gagal. Lee Man sik sangat baik dalam melakukan hal ini namun yang dilakukan hasilnya sebaliknya sehingga kontrak berhasil


Four task Of Management Ga Yeol Chan

Planning 

Pada saat Ga Yeol Chan terdesak dengan tangguhan dari CEO perusahaan, ia tidak tinggal diam begitu saja. Tetapi Ga yeol chan berusaha keras untuk membuat dan mempersiapkan produk baru dari ramen dengan melakukan inovasi pada bahan dan beberapa toping yang menarik dalam ramen tersebut. Ga Yeol Chan bersama tim magangnya melakukan research di mokpo dan pulau manji yang terpencil demi memperoleh inovasi baru pada produk ramen yang akan dibuatnya, seperti Ramyeon dengan gurita, Ramyeon ayam dengan beberapa jenis makanan laut, ramyeon Lobster, skate ramyeon, dan rose stew budaejjigae ramyeon. Setelah berkali-kali melakukan percobaan Ga Yeol Chan akhirnya menghasilkan produk ramyeon baru yang diberi nama pedas webfoot gurita ramyeon.

Organizing

Adanya potongan video pendek tentang lansia yang memakan mie ayam super pedas dan diduga meninggal dunia, langkah cepat yang dilakukan Ga Yeol Chan untuk mengembalikan reputasi perusahaan yaitu dengan cara mengajak para karyawannya untuk membagikan mie ayam putih dan menarik peredaran mie ayam super pedas apabila ada lansia yang terlanjur membelinya, supaya tidak ada lagi hal buruk tersebut menimpa lansia lainnya.

Leading

Ga Yeol Chan bisa dikatakan sebagai seorang pemimpin yang baik, ia mampu mengayomi para karyawannya dan selalu memberikan motivasi apabila ada karyawannya yang mengalami kesulitan. Misalnya seperti pada masa kampanye perusahaan berlangsung, salah satu karyawan magang yang bernama joo yoon soo kehabisan uang karena membeli ramen yang terlalu banyak dan akhirnya ia mempromosikan dan menjual kembali ke website penjualan barang bekas, hal itu membuat ketua Ahn tau dan marah. Namun yang dilakukan Ga Yeol Chan pada saat rapat bersama yaitu menyuruh para karyawan yang ingin menjual ramen yang telah mereka beli kepadanya.

Selain itu pada saat Lee Man Sik akan dikeluarkan dari perusahaan karena tidak mau memenuhi perintah dari anak bos, ia mampu menyuarakan kebenaran dan membuat anak bos tidak jadi memecat Lee Man Sik. ia juga yang menyebarkan rekaman suara kepada seluruh karyawan dengan tujuan membuka kebenaran bahwa ramen pollack kering itu merupakan ide Lee Man Sik. Ia juga membantu Lee Man Sik untuk membayar tagihan rumah sakit perawatannya Tuan Yeo.

Ga Yeol Chan juga sering membantu karyawan lain seperti Lee Tae Lee ketika diperlakukan tidak baik oleh mantan pacarnya, karena ia sebagai seorang manajer perusahaan memiliki prinsip untuk selalu menjaga nama baik perusahaan dan para karyawannya.

Controlling

Ketika karyawannya Tak Jung Eun dan Lee Man Sik membuat laporan dengan data dan catatan palsu, Ga Yeol Chan tidak mau menerimanya dan menyuruh karyawannya tersebut untuk memperbaiki laporan atau proposal yang telah mereka buat.

Selain itu pada saat Lee Man Sik diberikan tugas untuk membuat proposal tentang inovasinya, ia memberikan kritik kepada Lee Man Sik untuk membuat proposal yang lebih singkat dan berbobot karena Lee Man Sik membuat halaman terlalu banyak.



Managerial Roles Lee Man Sik

Interpersonal Roles


Figurehead (FigureHead)

Menjadi sosok yang sangat berpengalaman dalam industri Ramyeon selama 30 tahun. Ilmu penjualan yang sudah di luar kepala sehingga dengan cepat mengetahui hal apa yang perlu dilakukan untuk dapat menjual barang tersebut dengan cepat. Hal ini tercermin dalam presentasi Ujian bagi karyawan magang dimana ia diberikan soal bagaimana cara menjual Hp dengan cepat di depan para eksekutif. Cara yang ia lakukan dengan menjual Hp ia sendiri dan memiliki kontak ribuan supplier dan cara yang dilakukan sangat efektif dan tepat

Leader (Pemimpin)

Pernah Memimpin Perusahaan Rival sehingga dapat menyaingi Joonsu food pada masanya dengan berhasil mendapatkan kontrak di luar korea. Dalam memimpin Lee Man SIk dengan pengalamannya yang sangat banyak dapat menentukan keputusan yang paling tepat untuk meyakinkan ga yeol chan dalam memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan Mie Gurita Pedas

Liaison (Penghubung)

Lee Man SIk setelah mendapatkan memprlakukan bawahan yang buruk. Menjadi titik perubahan di saat dia bekerja di Joonsu food. dia menjadi dekat dengan pekerja yang lain dan berusaha bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan perusahaan

Informational Roles


Monitor (Pemantau)

Dalam melakukan pemantauan sebagai manajerial dia bisa berhasil dalam melakukan pekerjaan di Joonsu food maupun di Ongol Food. diJoonsu food sebagai pemantau yang baik dalam pemilihan CEO Selanjutnya dan mengharapkan Ga Yeol chan yang terpilih dalam kepemimpinan selanjutnya

Disseminator (Penyebar Informasi)

Pada saat Joonsu food mendapatkan masalah kandungan karsinogen, Lee Man Sik orang pertama yang tidak percaya dan menyelidiki apakah hal tersebut benar terjadi dia salah satu orang yang mencari informasi terlebih dahulu. Memang ditemukan kandungan Karsinogen tetapi pilihannya untuk mengecek terlebih dahulu adalah tindakan yang tepat.

Di saat Kasus Kecoa terdapat di makanan. Lee Man Sik yang menemukan cara untuk dapat mengatasi hal tersebut

Spokesperson (Juru Bicara)

Pengalaman 30 tahun yang di dapat selama bekerja di Ongol Food menjadikan ia juru bicara yang sangat baik. Hal ini tercermin dalam adegan saat presentasi di ujian karyawan magang

Decisional Roles 


Entrepreneur   (Wirausahawan)

Menemukan resep di restoran sup di daerah yang sangat terpencil membuat Lee Man SIk Meyakinkan Kontrak kepada pengusaha makanan SUp agar Resepnya bisa diambil sebagai Calon Ramyoen selanjutnya. Dapat melihat peluang bahwa Ramyeon Sup ini akan sukses besar

Disturbance Handler

Di saat Ga Yeol Chan di jebak oleh ny Koo agar tidak berhasil dinaikan menjadi CEO. Lee man Sik orang pertama yang berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menggantikan Ga Yeol berangkat dengan Mobil sebelum Ujian Wawancara Calon CEO, dia sudah mengetahui bahwa ga yeol chan akan di jebak.

Resource Allocator

Di Saat Turunya Penjualan dari Joonsu Food karena terdapat kandungan karsinogen. Lee man Sik adalah orang yang menyarankan agar  MIe Gurita Pedas Dijual di China Terlebih dahulu. Solusi yang diberikan sukses besar

Negosiator

Di saat pertemuan dengan Klien dari China Mr Binghao. Lee Man Sik melakukan pekerjaan dengan baik dan benar . memperlakukan Mr Binghao dengan sangat Baik sehingga Mr Binghao tidak pikir panjang untuk memperpanjang kontrak dengan Junsu food


Managerial Roles Ga yeol Chan

Interpersonal Roles


Figurehead (FigureHead)

Ga yeol chan merupakan manajer departemen yang baik, ia dapat dijadikan panutan para karyawannya. Sebagai manajer ia dapat menghargai karyawan baru maupun lama dan memperlakukan mereka dengan adil, hal itu bukan tanpa alasan karena untuk memulai karirnya, ia juga berawal dan berjuang dari bawah dengan sangat keras. Seperti yang dilakukannya pada saat Tak Jung Eun baru menjadi pegawai kontrak di Joonsu food, disaat Tak Jung Eun disuruh oleh pegawai lainnya untuk mengerjakan sesuatu hal yang bukan merupakan jobdesknya, Ga Yeol Chan mampu membela dan memberikan peringatan kepada karyawan lain tersebut untuk tidak memperlakukan pegawai baru dengan cara seperti itu. 

Leader (Pemimpin)

Selama bekerja menjadi manager Joonsu Food, Ga yeol chan mampu mengesampingkan kepentingannya demi kepentingan perusahaan dan karyawannya, bahkan rela tidak dipromosikan menjadi direktur pelaksana demi para pegawainya agar tetap bisa bekerja di Joonsu Food karena ancaman dari Ny koo yang akan menyebarkan berita tentang pelanggaran perekrutan pegawai magang atau nepotisme oleh perusahaan. Ga Yeon chan tidak hanya seorang atasan yang suka memerintah bawahannya namun ia merupakan sosok leader yang sesungguhnya yang bisa bergaul dengan pengawainya seperti tidak ada batas kekuasaan diantara mereka.

Liaison (Penghubung)

Ga Yeol Chan selalu menjaga hubungan baik dengan banyak rekan bisnisnya, pada saat insiden ramyeon yang diproduksi oleh Taeseon sebagai mitra bisnis dari Joonsu food memiliki kandungan karsinogen, dan hal itu disebabkan oleh kesalahan pemimpin Taeseon yang tidak mengontrol mesin yang digunakannya. Ga yeol chan mampu mencegah CEO Namgoong pyo untuk meminta kompensasi pertanggungjawaban kepada pihak Taeson. Hal itu dilakukan supaya pemimpin Taeson tidak terbebani oleh adanya kesalahan yang mereka lakukan tersebut.

Informational Roles


Monitor (Pemantau)

Dalam mengevaluasi tugas yang dikerjakan karyawannya, Ga Yeol Chan selalu membaca dan memberikan kritik saran apabila terdapat kekurangan dalam proposal tersebut. Sebagai contoh pada saat salah satu pegawai magang yang bernama Joo Yoon Soo mengajukan laporan proposal yang dibuatnya mengenai usulan ekspansi produk pada pasar ASEAN, feedback yang dilakukan Ga yeol chan yaitu dengan memberikan beberapa note pada lembar proposal tersebut dan memberikan semangat kepada Joo Yoon Soo untuk tetap melakukan perbaikan dengan baik. 

Disseminator (Penyebar Informasi)

Memberikan informasi yang diperoleh kepada pihak internal dari beberapa riset yang telah dilakukan di mokpo dan pulau manji, kemudian dilanjutkan untuk meracik produk dengan menciptakan rasa baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan melibatkan pendapat para pegawainya mengenai rasa, tekstur, ketebalan ramyeon dan beberapa faktor lainnya agar diperoleh rasa ramyeon yang lezat (pedas webfoot gurita ramyeon) dan dapat di terima oleh pasar. 

Spokesperson (Juru Bicara)

Ga yeol chan memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menarik perhatian mitra bisnisnya sehingga banyak kontrak yang berhasil diatasinya. Selain itu ia mampu menyuarakan hati para pegawainya kepada Ny koo sebagai tim pengevaluasi kerja tim magang dan pegawai tetap, untuk bisa diterima semua oleh perusahaan sampai ia merelakan tersingkir dari posisi promosi direktur pelaksana Joonsu Food tahun 2020.

Decisional Roles 


Entrepreneur   (Wirausahawan)

Setelah beberapa kasus Joonsu Food (lansia diberitakan meninggal setelah makan ramyeon pedas, kasus tentang kecoa, kasus tentang kandungan karsinogen dalam ramyeon). Ga Yeol Chan selalu memiliki ide yang bagus dengan mengeluarkan produk baru seperti kimchi broth chicken ramen pedas, remyeon gurita pedas, dan lain sebagainya. Hal itu tulus dilakukan oleh Ga yeol chan untuk mengembalikan nama baik Joonsu Food. 

Disturbance Handler

Pada saat masalah melanda Joonsu Food karena adanya berita kecoa dalam ramyeon ayam pedas, Ga Yeol Chan mengunjungi orang yang menyebarkan berita tersebut dan menawarkan beberapa kontrak damai. Selain itu ia juga menindaklanjuti kasus kecoa tersebut dengan melakukan tes laboratorium tubuh kecoa yang ada dalam kemasan ramyeon, demi memperoleh kebenaran dan menyelamatkan reputasi perusahaan di mata masyarakat. 

Resource Allocator

Ketika perusahaan mengalami masalah reputasinya buruk di mata masyarakat karena adanya kasus kecoa, sehingga membuat perusahaan untuk bertindak lanjut dengan mengadakan kampanye produk ramyeon nya. Ga Yeol Chan mengambil langkah untuk tidak memberatkan karyawannya dalam membeli produk yang terlalu banyak, sehingga ia meminta karyawannya untuk menjual ramyeon yang telah dibelinya kepadanya, sampai uang yang dimilikinya terkuras banyak. Disaat urgent pun Ga yeol chan memikirkan anggaran yang dimiliki oleh karyawannya tersebut.

Negosiator

Ga yeol chan telah menghadiri beberapa pertemuan kontrak bisnis, yang mana seperti kehadirannya di salah satu restoran dengan pemilik perusahaan makanan china yang ingin melakukan kerja dan negosiasi bisnis, dengan ditemani oleh Lee man sik sebagai rekan kerjanya.

Management Thought:

Dalam kontek Behaviour Management Theory:

Ga Yeol Chan

Memegang teguh penerapan Theory X dia menganggap bawahannya kurang bisa bekerja dan dia kurang percaya akan hasil yang berikan oleh karyawannya. Hal ini tercermin dari 3 scene pada episode 13. 15, san 19 dimana pada scene - scene tersebut diperlihatkan ga yeol chan memakai seluruh karyawannya karena bekerja tidak becus dan tidak sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Ga Yeol Chan padahal Ceo lebih menyukai ide yang diberikan oleh Karyawan Ga Yeol Chan. pada satu scene ga yeol terlihat sangat kecewa terhadap dirinya dikarenakan sudah menilai jelek Bawahannya padahal dirinya sendiri yang terlalu cepat mengambil keputusan bahwa pekerjanya kurang bagus dalam bekerja.

Lee Man Sik

Memegang  teguh penerapan Theory X dia menganggap bawahannya kurang bisa bekerja dan harus selalu diawasi. Dimana  pada episode pertama saat Lee Man Sik menjadi manajer umum sedangkan Ga Yeol Chan sebagai pegawai magang. Dia memberikan tanggung jawab yang tidak seharusnya dilakukan bahkan Lee Man Sik Merunduk Ga yeol chan di depan pekerja lainnya.

Solusi:


Lee Man Sik

Ga Yeol Chan

Four tasks of management

Walaupun lee man sik merupakan kkondae dan harus bekerja dengan anak muda yang umurnya jauh berbeda dengan dirinya, sebaiknya ia harus mempersiapkan segala sesuatu yang akan dihadapinya dan menyesuaikan diri dengan keadaan serta perkembangan jaman pada masa sekarang (dengan lebih awal mempelajari tentang teknologi, seperti cara menggunakan komputer dengan baik). Sehingga pada saat membuat dan mengedit proposal atau menyelesaikan pekerjaan yang lain tidak mengalami kesusahan.

Ketika mempunyai sebuah planning yang harus dijalankan dan diselesaikan, sebaiknya Ga Yeol Chan melakukannya dengan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya. Ia sebaiknya tidak terlalu membebankan tugas-tugas nya kepada pegawainya. Selain itu Ga Yeol Chan perlu menahan emosi yang kadang kurang stabil apabila terjadi suatu masalah yang menimpanya, karena pada saat emosi banyak kata-kata keluar dengan tidak terkontrol, akibatnya bisa melukai hati orang lain.

Managerial roles

Sebaiknya pada saat masih berada pada jabatan yang tinggi, Lee man sik sebaiknya tidak memperlakukan karyawannya dengan semena-mena. Lebih mau mendengarkan keluh kesah yang dirasakan oleh bawahannya, dan sebaiknya ia tidak terlalu kaku sebagai pimpinan, harus bisa menjadikan karyawannya sebagai teman supaya ia bisa menjadi figur yang baik apabila dicontoh oleh bawahannya.

Sebagai pemimpin yang baik, Ga yeon chan tidak harus selalu terlihat baik di depan karyawannya apabila kinerja karyawannya belum tentu sesuai dengan ekspektasi darinya. Sebaiknya ia harus berani untuk mengatakan yang sebenarnya secara objektif dan jujur, baik itu hal yang kurang menyenangkan ataupun tidak. Karena apabila ia di depan karyawan memuji dan dibelakang berkata lain, maka hal itu akan sangat menyakiti hati dan membuat kecewa karyawannya tersebut.

Management thought

Sebagai seorang pimpinan yang baik, sebaiknya Lee man sik tidak harus menyepelekan pekerjaan yang sudah susah payah diselesaikan oleh karyawannya. Apabila ia tidak menyukai orang tersebut karena sesuatu hal di luar pekerjaan, seharusnya tidak di menyangkutkan masalah tersebut dalam kantor, sehingga menyebabkan kurang kondusifnya pekerjaan tersebut. Ia harus lebih objektif dalam menilai sesuatu.

Ga yeol chan sebaiknya memperbaiki perilakunya dalam menilai orang lain. Ia sebaiknya tidak menilai orang lain termasuk karyawan magangnya hanya dari tampilan luarnya saja, tanpa melihat dulu karakter dan kinerja orang tersebut di dalam perusahaan. Karena tidak selamanya penilain awal yang ia berikan tersebut akan selamanya berlaku pada masa depan.

The dream team:

1. Tubagus D Ahcmad

2. Bella Aprilia S

Artikel ini telah dicek antiplagiarism via website www.duplichecker.com

Sumber:

Jones, Gareth R., George, Jennifer M.. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

https://www.youtube.com/watch?v=EZijgEeaqr8

https://dramaqu.asia/nonton-kkondae-intern-2020-subtitle-indonesia/ eps 1-24

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fwww.hancinema.net%2Fphotos%2Ffullsizephoto1182944.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.hancinema.net%2Fphoto-new-poster-added-for-the-upcoming-korean-drama-kkondae-intern-141235.html&tbnid=n3MfjqIeBZAmcM&vet=12ahUKEwiV7eC-4YTwAhXrO7cAHcwRAVIQMygBegUIARCNAQ..i&docid=xqmLVCYKaH4CiM&w=1495&h=1000&q=kkondae%20intern%202020&hl=id&ved=2ahUKEwiV7eC-4YTwAhXrO7cAHcwRAVIQMygBegUIARCNAQ (Gambar Thumbnail)





Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
TheDreamTeam

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format