Mengenal Perbedaan dan Konflik Karakteristik Manajerial pada Search: WWW

Drama berasal dari Korea yang menceritakan konflik antara 3 tokoh wanita yang menekuni dunia karir pada perusahaan search engine.


0

Serial TV ini bercerita tentang Bae Ta Mi, seorang manajer perusahaan search engine terbaik di Korea yang bernama Unicon. Banyak pengguna memilih portal web Unicon untuk browsing internet dibandingkan portal web lainnya. Bae Ta Mi sebagai manajer Unicon memiliki strategi agar Unicon tetap menjadi search engine terbaik. Namun atasannya yang bernama Song Ga Kyeong memiliki strategi yang berbeda, dan apa yang dilakukan Ga Kyeong bukanlah hal yang benar menurut Ta Mi. Ga Kyeong kerap kali menghapus dan memalsukan top searched Unicon untuk melindungi perusahaan ibu mertuanya. Berapa kalipun Ta Mi menentang, Ga Kyeong tetap melakukan hal tersebut.

Singkat cerita, munculah konflik akibat pemalsuan algoritma search engine Unicon yang membuat Unicon dituntut oleh pihak yang merasa dirugikan. Ga Kyeong yang tidak ingin dirinya dan ibu mertuanya terseret, memerintahkan Ta Mi hadir mengikuti persidangan untuk membela Unicon. Ta Mi yang sejak awal tidak membenarkan apa yang dilakukan Ga Kyeong pun terpaksa membela Unicon di persidangan. Ga Kyeong meminta Ta Mi untuk berbohong dan mengatakan bahwa berubahnya top search Unicon disebabkan oleh algoritma yang error, bukan karena Unicon melakukan pemalsuan algoritma.

Ta Mi yang selalu mengedepankan hal yang benar tidak ingin mengatakan kebohongan tersebut. Ia pun mengakui bahwa Unicon melakukan pemalsuan algoritma, namun hal tersebut dikarenakan Unicon memiliki peraturan tertentu untuk menghapus top search yang berhubungan dengan skandal perzinaan yang belum terbukti benar. Pembelaan Ta Mi pun berhasil menyelamatkan Unicon di persidangan. Namun, pihak Unicon merasa dirugikan oleh pengakuan Ta Mi, sehingga Ta Mi dipecat dari Unicon.

Merasa dikambing-hitamkan dan tidak terima oleh hal tersebut, Ta Mi memutuskan untuk bekerja di perusahaan kompetitor Unicon bernama Barro. Bersama dengan mantan rivalnya Cha Hyun, mereka membentuk team untuk membuat Barro menjadi search engine terbaik dan mengalahkan Unicon. Selama bekerja di Barro, Ta Mi memaksimalkan strategi dan kemampuannya yang selama ini tidak dapat ia terapkan di Unicon. Perlahan-lahan Ta Mi dapat membuktikan pada Ga Kyeong bahwa apa yang Ta Mi lakukan adalah benar. Ga Kyeong menyadari bahwa ia juga harus berani berada di jalan yang benar meskipun harus melawan ibu mertuanya. Pada akhir cerita, Ta Mi, Ga Kyeong, dan Cha Hyun pun  dapat berteman baik kembali.

Karakter Tokoh

Pada serial TV Search: WWW, dapat ditemukan dua karakter yang berlawanan dalam memimpin perusahaan. Bae Ta Mi, adalah seorang yang kompetitif, terlihat dari keinginannya untuk selalu mempertahankan posisi Unicon dan mengkhawatirkan celah sekecil apapun. Ia juga kritis dan selalu mengambil keputusan berdasarkan analisis. Bae Ta Mi tidak menyukai manipulasi dan selalu ingin melakukan hal yang benar. Bae Ta Mi juga seorang yang pemberani, ia kerap mengambil keputusan yang terlalu beresiko. Namun ia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas semua keputusan yang diambil.

Berbeda dengan Bae Ta Mi, Song Ga Kyeong sebagai direktur Unicon tidak memiliki kendali penuh dalam memimpin perusahaannya. Ia dikendalikan oleh ibu mertuanya yang merupakan pimpinan KU Group. Terlihat pula bahwa Ga Kyeong tidak memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Ia menyalahkan Ta Mi agar Unicon dan KU Group aman. Song Ga Kyeong berfokus pada menjatuhkan Barro dengan menciptakan masalah-masalah untuk Barro, sedangkan Ta Mi berfokus pada meningkatkan Barro agar dapat lebih baik dari Unicon. Seiring berjalannya waktu, Ga Kyeong menyadari bahwa ia harus berani menentang ibu mertuanya untuk dapat berada di jalan yang benar. 

Selain itu, diceritakan pula tokoh yang berhubungan dengan Bae Ta Mi dan Song Ga Kyeong bernama Cha Hyun. Cha Hyun adalah teman SMA Ga Kyeong, ia mengatakan bahwa Ga Kyeong adalah orang yang baik sebelum masuk ke KU Group. Cha Hyun adalah seorang pejudo yang terpaksa melepas impian karir judonya untuk mengikuti Ga Kyeong. Namun Ga Kyeong berubah dan membuat hubungan mereka tidak baik. Cha Hyun yang sedari awal merupakan rival Ga Kyeong dan Ta Mi, kini menjadi partner Bae Ta Mi di Barro. Meskipun berada dalam satu team untuk membuat Barro menjadi perusahaan yang terbaik, Cha Hyun selalu menentang keputusan Ta Mi. Ia menganggap Ta Mi adalah orang yang berbahaya karena merupakan mantan pekerja Unicon. Ia juga menganggap Ta Mi terlalu beresiko dalam mengambil keputusan. Namun Ta Mi selalu meyakinkan Cha Hyun bahwa ia akan bertanggung jawab akan keputusan tersebut. Seiring berjalannya waktu, Cha Hyun dan Ta Mi dapat saling percaya dan membuat Barro menjadi lebih baik.


FOUR TASK OF MANAGEMENT 

Characterize

Bae Tami

Cha Hyeon

Seon Ga-Kyeong

. Planning



Bae Tami merupakan lead actreess yang awalnya berperan sebagai kepala departemen pencarian UNICON. Lalu di akhir episode 2 dan episode 3 Bae Tami memutuskan untuk bekerja di perusahaan kompetitor yaitu Barro sebagai seorang manager. Tujuan yang ditetapkan oleh Bae Tami adalah Barro  mampu mencapai peringkat 1 pada perusahaan berbasis internet di Korea.
Bae Tami merencanakan hasil perkembangan perusahaaan akan terlihat paling lambat pada bulan ke 6 setelah dia bergabung. Strategi Bae Tami berfokus pada peningkatan jumlah pengguna situs Barro dengan mengangkat issue yang digemari dan menggunakan strategi iklan TV dengan menonjolkan karakter yang berbeda dari pesaingnnya yaitu UNICON, Barro membangun citra sebagai platform internet dengan mesin pencariaan tercepat. Serta membagi tugas setiap individu sesuai dengan kemampuaanya.



Cha Hyeon atau Scarlett merupakan sosok kepala tim di perusahaan Barro yang ambisius dan kompetitif. Sebelum Bae Tami bergabung Cha Hyeon adalah kepala tim. Cha Hyeon selalu memegang teguh prinsip-prinsip moral dan etika Barro dalam melakukan perencanaan dan pengambilan strategi seperti tidak mengintimidasi atau menyudutkan orang. Cha Hyeon mampu berfikir out of the box seperti pada episodepeluncuran emoji di web Barro dia berhasil meningkatkan index  web Barro dengan strategi "kontroversi". Sebagai seorang kepala tim pada eps. 1 dan eps. 2 Cha Hyeon terkadang mudah terbawa emosi dalam pengambilan keputusan, namun Cha Hyeon adalah seorang yang loyal terhadap perusahaannya.



Seon Ga Kyeong meruakan sosok pemimpin
perusahaaan UNICON yang dalam menjalankan fungsinya berada di bawah pengaruh orang lain.Planning Ga Kyeong  didasarkan pada intervensi dari pemerintah dan mitra perusahaan. Perencaan cenderung tidak solutif dan cenderung terbawa emosi serta menipulatif. Hingga pada episode 13 Karakter Ga Kyeong menunjukan  perkembangan karakter dimana Ga Kyeong berani mengambil keputusan yang berbeda dari direksi dan dalam perencanaannya merebut posisi Dirut Ga Kyeong memiliki strategi yang efektif dan efisien dengan mengumpulkan bukti UNICON yang melanggar peraturan UNICON Internasional. Ga Kyeong mampu menjalankan strategi dengan mempertahankan UNICON diposisi 1 Namun di eps. 15 Barro menggeser posisi UNICON.

Organizing



Bae Tami sebagai seorang manager mampu menghandle Cha Hyeo atau Scarlett yang sebelumnya adalah rivalnya untuk bekerja sama bersama dalam 1 team dan memiliki kesepakatan bersama (eps.2). Team Bae Tami yang terdiri dari Alex Ellie Jenny Joseph Scarlett ini bekerja sesuai dengan arahan Bae Tami. Bae Tami dalam setiap episode terlihat sebagai sosok manager yang memiliki kemampuan intrapersonal dalam menjalin relasi dengan team nya. Dia sangat terbuka dengan kritik dan saran yang disampaikan anggota teamnya serta di eps. 10 terlihat seorang Bae Tami yang dengan terbuka mendengarkan keluh kesah karyawan/ anggota team nya.




Cha Hyeon dalam menjalankan tugasnya dengan
mengedepankan aspek profesionalitas, serta mampu mengutarakan sanggahannya pada suatu keputusan dan memberikan saran yang logis. Cha Hyeon mampu membuat Brian sang CEO Barro untuk terlibat dalam rapat dewan internet Korea dan meyakinkannya unuk kembali ke Barro sebagai direktur.



Ga Kyeong mampu mengendalikan bahkan
menekan karyawannya dengan memanfaatkan kelemahan individu tersebut. Pada eps. 13 Ga Kyeong secara terbuka bersedia menjalin kerjasama dengan kompetitornya dalam membuktikan intervensi pemerintah pada situs web di Korea.






Characterize

Bae Tami

Cha Hyeon

Seon Ga-Kyeong

Leading


Perjalanan Bae Tami dalam memimpin tim tidaklah mudah, dalam proses pencapaian visi Barro sebagai perusahaan pencarian no 1 keputusan Bae Tami sangat efektif. Di eps. 4 Bae Tami mampu mengatasi permasalahan iklan dengan penggantian model ambassador menjadi iklan animasi yang menarik dan tepat sasaran yaitu "Barro menggantikan UNICON". Pada eps 7 dan 8 Bae Tami bahkan bersedia mengganti keputusannya dalam pemilihan webtoonist. Bae Tami juga memberikan semangat kepada Ellie ( Jo Ara) untuk terus berkembang walaupun diremehkan. Pada eps. 10 Bae Tami berdiskusi dengan Alex dan meyakinkan value kinerja Alex di Barro. Kegigihan Bae Tami dalam memimpin timnya akhirnya membuat Barro berada di puncak peringkat web pencarian di Korea


Cha Hyeon memimpin beberapa keputusan yang
dilakukan oleh tim Barro. Cha Hyeon mampu memposisikan dirinya sebagai partner bagi Bae Tami dan leader bagi tim member yang lain. Cha Hyeon juga membela Bae Tami saat diintimidasi oleh Seon Ga-Kyeong


Dalam memimpin perusahaan Ga Kyeong pada awalnya tidak dapat menjalankan dengan baik. Pada episode 16 ditunjukkan karakter managerial Ga Kyeong di perusahaan UNICON. Citra UNICON turun seiring pengakuan manipulasi algoritma yang dilakukan UNICON serta penutupan skandal-skandal pemerintahan. Pada episode ini Ga Kyeong menekankan kepada bawahannya bahwa walaupun UNICON berada pada posisi ke 2 pada peringkat web pencarian di Korea.Penetuan strategi dan perencanannya tidak boleh ada unsur mengcopy. Barro, UNICON harus kembali berjaya dengan tetap memegang value situs web-nya yang elegan, sedangkan Barro web nya dikemas dengan konsep santai dan milenial.

Controlling


Bae Tami merupakan seorang manager yang senantiasa melakukan evaluasi pada setiap keputusan atau strategi yang telah dilaksanakan timnya, serta apresiasi pada tim member yang berhasil. Bae Tami memiliki kemampuan yang baik dalam menjalin relasi dan negosiasi dengan client, Bae Tami mampu membaca kelmahan client yang dapat menguntungkan untuk Barro. Sebagai seorang manager Bae Tami mengambil tanggung jawab penuh pada setiap tindakan, dan pada eps 12-16 digambarkan karakter Bae Tami yang selalu mempertahankan keputusan teamnya dan bahkan bisa bekerja sama dengan kompetitornya untuk mempertahankan aspek kebabasan media masa di Korea.


Cha Hyeon menjalankan tugas controlling dengan
aktif memantau  perkembangan Barro. Dan selalu mengingatkan pada rekan kerja yang lain apabila strategi yang direncanakan tidak sesuai dengan moral dan etika perusahaan. Cha Hyeon mampu mengendalikan emosi dan karyawan departemen lain saatmuncul keputusan penghapusan departemen buku Maya, karena itu adalah salah satu strategi efektif meningkatkan pelanggan Barro.


Pada setiap episode terlihat sosok Song Ga-Kyeong yang melakukan controlling pada kinerja karyawan dan strategi perusahaan. Pada eps. 10 Ga Kyeong melakukan evaluasi hasil tawaran kerja pada beberapa karyawan Barro sebagai trik menggentarkan Bae Tami. Bahkan pada eps. 12 dan 13 saat Ga Kyeong di skors dia tetap melakukan fungsi kontrol secara tidak langsung pada kinerja karyawannya.



MANAGERIAL ROLE

Decissional Disturbance Handdle


Song Ga Kyeong
Keputusan berada di bawah tekanan dan cenderung mengikuti arah intervesi. Ga Kyeong cenderung berhati-hati dalam mengambil keputusan dan cenderung sedikit lambat. 


Cha Kyeong
Keputusan Cha Kyeong selalu pada zona aman,takut mengambil risiko, namun sudut pandang yang ia gunakan biasanya berbeda dari yang lainnya. 


Bae Tammi
Berani mengambil resiko selama keputusan yang dibuat sesuai dengan visi perusahaan, namun terkadang apda situasi tertentu keputusannya didasarkan pada arus pangsa pasar saja melenceng dari etika perusahaan. Hingga akhirnya Karater ini mampu membuat keputusan yang sesuai dengan etika perusahaan  dan mencapai tujuan.

Intra Personal

Figurehead


Song Ga-Kyeong
Dari ketiganya sebenarnya sosok figure terdapat pada Song Ga Kyeong yang pada awalnya Ga-Kyeong adalah seorang yang terbuka dan mau merangkul juniornya termasuk Bae Tammi dan Cha Hyeaon Namun seiring konflik yang disajikan sejak eps. 1 Ga Kyeong kehilangan jati diri sebagai seorang pemimpin. Di akhir episode Ga Kyeong mampu mengembalikan  value perusahaan 


Cha Hyeon
Cha Hyeon adalah sosok dengan persona ambisius, berani, dan lincah. Figur manager yang paling menonjol adalah bagaimana Cha Hyeon mempertahankan nilai moral perusahaan dalam setiap pengambilan keputusan pada situasi segawatapapun.


Bae Tammi
Merupakan sosok manager yang berani, risk taker,dan mengayomi , Bae Tammi memiliki figur managerial yang kuat pada dirinya dan keberaniaanya dalam bertindak dan mengambil keputusan yang berbeda membuat Bae Tammi memiliki persona manager yang berbeda.dan Tammi konsisten dalam mencapai visi perusahaan dalam keadaan apapun

Leader 

Song Ga Kyeong
Perintah yang dikeluarkan cenderung menjebak namun terarah, kekurangannya adalah penjaminan keadilan bagi karyawannya. Dan Ga Kyeong cenderung mengabaikan aspek itu, dan jarang mendengar keluhan karyawan.


Cha Hyeon
Perintah yang dikeluarkan Cha Hyeon biasanya tegas dan jelas, Cha Hyeon bersifat flexible walaupun cenderung keras, dia bisa melakukan apapun untuk mencapai tujuan perusahaan 


Bae Tammi
Perintah yang dikeluarkan Bae Tammi biasanya berasal dari lingkungan kerja atau work flow dalam sistem kerja timnya. Kemampuan Tammi bahkan membuat Cha Hyeon bersedia bekerja bersamanya.

Laison

Song Ga- Kyeong
Kepemimpinannya kurang tegas dan pemisahan wewenang atau kekuasan dengan direktur lain tidak jelas, sehingga pembagian tugas dalam organisasinya tumpang tindih. 


Cha Hyeong
Kepemimpinan Cha Hyeong dalam sebuah pekerjaan selalu profesional dan bisa menyingkirkan gengsinya untuk bekerja sama dengan rivalnya sendiri. Cha Hyeong mendefinisikan pekerjaan timnya secara jelas sesuai kemampuan tiap individu


Bae Tammi
Memiliki kempuan dalam menjalin hubungan intrapersonal dengan karyawannya, dan membagi job-task sesuai dengan kemapuan setiap individu. Bae Tammi memberikan ruang bagi setiap individu untuk berkembang. Dan jeli melihat kelemahan rivalnya.

Information


Monitor 

Song Ga Kyeong
Monitoring kinerja karyawan tidak dilakukan dengan penuh, hanya mengandalkan laporan jajaran pimpinan divisi. Performa managerialnya tidak dapat menunjukan suatu yang ekstrim hanya sebatas mempertahankan posisi perusahaan dan tidak ada tindakan tegas terhadap intervensi. 


Cha Hyeong 
Performa tim member diawasi oleh Cha Hyeong dalam setiap pergerakan laman atau situs Barro. Sisi managerial Cha Hyeong dievaluasi oleh pimpinannya dan dia menalankan saran dari seniornya tersebut, berani menantang atau melakukan perlawanan pada suatu lingkungan eksternal yang tidak kondusif.


Bae Tami
Monitoring kinerja karyawan  dilakukan secara terbuka dan konsisten oleh Tami Performa managerial yang paling menonjol dariTammi adalah kemampuan memonitor pergerakan sebuah keputusan dan terbuka menerima evaluasi kinerjanya dari senior dan rekanannya.

Disseminator

Song Ga Kyeong
Tidak banyak melakukan aksi terhadap tekanan yang didapatkan, dan pergantian karyawan memberikan efek yang cukup signifikan dalam mempertahankan perusahaan

Cha Hyeong
Penuh aksi dan loyalitas dalam mencapai visi dan tujuan perusahaan, serta mengkomunikasikan dengan senior maupun juniornya dengan baik dan jelas.

Bae Tammi
Menetapkan tujuan baru dengan value yang baru, value ini menimbulkan work flow yang berbeda dari sebelumnya sehingga pembagian fungsi kerja disesuaikan kemampuan individunya

Spokesperson 

Song Ga Kyeong
Mempertahankan posisi perusahaan dengan menyabotase Barro dengan menghalangi iklannya, merebut model ambasador dan meluncurkan program yang sama persi dengan Barro. Selain itu, membuat citra Barro turun dengan pemalsuan berita.


Cha Hyeong 
Menetapkan strategi kontroversi sebagi salah satu media meningkatkan pelanggan dikuti dengan permintaan maaf setelah timbulnya kontroversi. 


Bae Tammi
Menetapkan strategi iklan di TV dengan menonjolkan karakter baru dan membidik pangsa pasar yang berbeda sehingga pemilihan model iklannya disesuaikan trend. Namun setelah sabotase Tammi meluncurkan iklan animasi yang ternyata meningkatkan share Barro. Menetapkan strategi baru dengan pembaruan laman web dan kecepatan mesin pencarian 

Management Thought

Barro

Unicon

Baro menerapkan behavioral theory dimana teori ini mengedepankan sikap manager yang mendorong karyawannya untuk mencapai tujuan seperti di kantor Barro mereka tidak memanggil satu sama lain dengan jabatan namun nama lain agar terjalin hubungan yang lebih terbuka namun tetap saling menghargai.

UNICON menerapkan Teori Birokrasi sebuah rancangan formal pada organisasi serta fungsi administrsinya.






SARAN 


Bae Tami

Cha Hyeon 

Song Ga-Kyeong

Four Task Management


Kekurangan Bae Tami adalah sense of feelings dari pemberitaan yang dimuat dalam situs. Selain itu, Bae Tami diharapkan untuk bisa memperlakukan tim membernya secara sama sehingga tidak timbul rasa useless dari salah satu pihak anggotanya, serta lebih bertindak hati-hati dalam melakukan perlawanan. Keberanian harus diiringi rasa waspada pada setiap kemungkinan akibat yang akan muncul dari keputusan yang dibuat.


Kekurangan Cha Hyeon adalah pada kontrol emosinya, dan ambisi yang tidak selaras dengan logika. Cha Hyeon selalu mengedepankan etika hingga terkadang lupa sisi bisnis dari sebuah perusahaan Maka, akan lebih baik jika Cha Hyeon dapat bertindak bijak dengan mempertimbangkan bussines ethic dan profit bersamaan. Serta lebih berani mengambil resiko agar perusahaan dapat naik indexnya.


Kekurangan Ga Kyeong adalah kepercayaan diri dan melawan tekanan. Sehingga Ga Kyeong akan lebih baik jika dia berani melawan arus, mengembalikan visi perusahaan, dan membangun hubungan intrapersonal dengan karyawannya. Ketika seorang pemimpin tidak berani mengambil tindakan maka dipastikan kinerja anak buahnya pun tidak akan efektif.

Managerial Role

Decissional Disturbance Handdle

Bae Tammi harusnya lebih waspada terhadap setiap kemungkinan yang ditimbulkan dari keputusaanya. Karena Bae Tammi dikenal public apabila ada skandal maka citra perusahaan turun. 

Cha Hyeon harus banyak belajar membuat keputusan atau setidaknya risk management yang dia punya diperkuat sehingga Cha Hyeon akan menjadi berani mengambil resiko dan tidak selalu main aman.

Song Ga-Kyeong seharusnya membuat keputusan yang mempertimbangkan aspek adil bagi seluruh perusahaan dan mampu mengendalikan tekanan dari intervensi pihak lain.

IntraPersonal

Figurehead

Sebagai risk taker control emosi dalam memilih resiko diperlukan. Konsitensi dalam perencanaan perlu dipertahankan

Konsistensi Cha Hyeon dalam mengedepankan etika perusahaan dalam pengambilan keputusan harus dipertahankan dan ditanamkan pada karyawan lain

Ga-Kyeong seharusnya mampu mempertahankan konsitensi nya baik dalam perencananaan dan jatidirinya, agar tidak terjdi gejolak dalam kepemimpinan perusahaan

IntraPersonal

Leader

Keterbukaan Bae Tammi dalam menerima pendapat orang tetap dipertahankan, dan menentukan target yang rata pada setiap tim member

Dalam memebrikan perintah terkadang perlu penjelasan detail tentang tujuan yang diinginkan supaya tidak terjadi target missing.

Memperbaiki hubungan personal dengan karyawan serta mendengarkan keluh kesah karyawannya.

IntraPersonal

Laison

Kemampuan komunikasi yang baik menimbulkan bonding yang kuat dalam team hal ini perlu dipertahankan

Profesionalitas Cha Hyeon perlu dipertahankan dan membuat kemungkinan berkolaborasi dengan rivalnya

Ketegasan sangat diperlukan dalam membagi kuasa atau wewenang agar adil bagi seluruh perusahaan

Information

Monitor


Monitoring dilakukan secara terbuka oleh Tami pada kinerja karyawannya, namun evaluasi kinerja menejer belum ditetapkan, sehingga harus ditetapkan

Monitoring dilakukan secara langsung dan pro aktif Cha Hyeon harus dipertahankan, dan hasil evaluasi senior digunakan sebagi saran pembangun

Karena ketidaktegasan dalam menentukan wewenang maka managerial tidak dapat dimonitor dengan objektif dan efektif, kejelasan wewenang dan pembagian tugas yang jelas memepengaruhi fungsi monitoring ini.

Information

Disseminator

Membagi fungsi organisasi berdasarkan kemapuan individu merupakan hal yang paling efektif dan efisien seperti yang dilakukan Bae Tammi

Loyalitas yang tinggi dari Cha Hyeon perlu dijaga dan dilestarikan pada kkaryawan lain.

Lebih baik tidak mencampurkan emosi aau rasa gengsi dalam keputusan managerial sebuah perusahaan. Karena efek nya akan sangat besar dan signifikan.

Information

Spokesperson

Strategi pemasaran disesuaikan dengan pangsa pasar dan pemilihan karakter yang kuat mempengaruhi citra perusahaan seperti yang dilakukan Tammi

Strategi kontroversi yang diterapkan Cha Hyeon adalah hal yang selaras dengan value perusahaan yang santai, kontroversi ini terbukti meningkatkan pelanggan untuk membuka web Barro dan diikui dengan permintaan maaf sebagi media penghibur

Melakukan inovasi dan mengandalkan kreativitas, daripada focus dengan mengintervensi perusahaan lain, lebbih baik focus dengan strategi yang dapat dikembangkan pada 


Management Thought : 

Management Thought yang cocok dengan alur cerita ini adalah teori lingkungan organisasi. Dimana pada teori ini seorang manager akan memperoleh dan memanfaatkan sumber daya dengan pengaruh dari lingkungan. Dimana teori ini terbagi menjadi 3 jenis dan jenis teori Lingkungan yang paling tepat adalah Kapabilitas Dinamis. Dimana suatu perusahaan mampu membangun dan menghubungkan serta merubah proses untuk mengatasi perubahan internal dan eksternal secara cepat. Dari drama korea “WWW” Perusahaan UNICON dan Barro adalah perusahaan yang bergerak dibidang IT dimana perkembangan terus bergerak dengan cepat, selain itu sebagai platform pencarian informasi pengaruh baik dari pemerintah dan  masyarakat menuntut industri ini adaptif dengan kebijakan yang dikeluarkan dan perubahan sikap atau perubahan informasi yang dibutuhkan pelanggan atau masyarakat. Selain itu, dari sisi perusahaan maka akan dituntut untuk tetap memenuhi target klik dan views yang menghasilakn profit. Maka dapat dikatakan teori ini sangat cocok untuk perusahaan jenis IT ini. 


Kelompok 7 All Bosses Club:

Camelia Dewi F.

Muh Rafa Subhannallah.



Referensi:

Gareth R. Jones, J. M. G. (2020). Contemporary Management (Eleventh E). McGraw-Hill Education.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format