Menilai Aspek Management Dari Ben dan Jody dalam Serial Filosofi Kopi The Series

Perbandingan antara dua orang yang memiliki karakteristik berbeda yaitu Ben dan Jody tentang bagaimana mereka mengimplementasikan aspek management mereka


0
GoPlay Indonesia

Sinopsis

Filosofi Kopi The Series yang merupakan series dari Film Filosofi Kopi yang terkenal yang dimana disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan tentunya dengan karakter utama mereka yaitu Ben dan Jody yang dimana Film tersebut ditulis oleh Dee Lestari. Series ini hampir mirip dengan film Filosofi Kopi yang dimana karakter utama mereka hampir selalu bertengkar atau bisa dibilang tidak pernah akur yang dimana mereka selalu berbeda pendapat dan tentunya dengan tingkah laku Ben yang keras kepala tetapi selalu membawa candaan.

Series ini menceritakan kembali tentang kisah Filosofi Kopi dari awal. Dimana pada awal episode series ini ditampilkan dengan adegan Jody dengan Ben yang dimana mereka pergi ke kedai kopi untuk mencari referensi untuk kedai kopi mereka bersama.

Chicco Jerikho sebagai Ben dan Rio Dewanto sebagai Jody. Mereka mempunyai suatu bisnis kedai minuman kopi yang sudah terkenal di Jakarta dan bahkan sudah dikenal melalui media sosial. Filosofi Kopi mempunyai beberapa karyawannya yaitu Aga, Maldi dan Nana. Mereka berencana untuk melakukan perjalanan keliling Indonesia untuk menjual kopi mereka, ada delapan kota yang mereka kunjungi yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Salatiga, dan kota yang terakhir adalah Bali. Dalam perjalanan mereka banyak konflik yang terjadi dimulai dari para karyawan mereka yang tidak dijinkan untuk ikut dalam perjalanan itu sehingga ada salah satu dari mereka yaitu Nana yang akhirnya harus kembali ke Jakarta dikarenakan suaminya yang melarang dia namun akhirnya ketika mereka sampai di Bandung ada seorang perempuan bernama Amel yang mau untuk join bersama team mereka menggantikan posisi Nana. Konflik lainpun mulai terjadi di setiap daerah yang mereka kunjungi dari keuangan, percintaan dan bahkan persahabatan mereka. Di akhir cerita, Ben dan Jody akhirnya tetap mempertahankan persahabatan mereka untuk memajukan Filosofi Kopi yang mereka bangun bersama.


Dua Karakter yang akan dibahas dalam Filosofi Kopi The Series

Ben

Sumber: Tribunnews.com

Ben adalah seorang pemuda yang sangat terobsesi dan sangat menyukai kopi. Dia mempunyai seorang ayah yang merupakan petani kopi di daerahnya. Karena Ben sangat mengenal kopi sejak dia kecil akhirnya dia memiliki keinginan untuk mempunyai kedai Filosofi Kopi bersama Jody sahabatnya. Dia adalah orang yang bertanggung jawab dalam racikan kopi dari kedai Filosofi Kopi ini. Ben adalah sosok yang keras kepala dan sangat idealis.

Jody

Sumber: Tribunnews.com

Jody adalah sahabat dari Ben, mereka bersama-sama membangun kedai Filosofi Kopi. Dia berperan sebagai pihak yang bertanggung jawab pada finansial dan operasional kedai tersebut. Oleh karena itu, dia lebih perhitungan dan sering mengutamakan profit namun dia sangat loyal terhadap sahabatnya Ben dan selalu percaya kepadanya.


Sumber : Contemporary Management 11th Edition, by Jones and George

Untuk mencapai tujuan yang dibuat secara efektif dan efisien, suatu perusahaan atau bisnis harus melakukan Four Task of Management dan manager sangat berperan dalam melakukan tugas untuk mencapai tujuan tersebut . Pada film Filosofi Kopi ini, kita akan melihat perbandingan dalam Four Task Management yang dilakukan oleh dua karakter yang berbeda yaitu :

Four Task Management

Ben

Jody

Planning

Menentukan strategi, tujuan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan.






Solusi :




Menyerahkan perencanaan rencana perjalanan mereka untuk menjual kopi ke beberapa daerah di Indonesia kepada Jody. Namun Ben adalah orang yang berperan dalam menyiapkan racikan kopinya.



Walaupun Ben hanya berfokus pada racikan kopi namun setidaknya Ben harus memiliki rencana kedepan dalam mencapai tujuan mereka sehingga bisnis mereka lebih terlihat ada tujuan yang jelas.


Melakukan perencanaan dari awal dengan menjual kedai yang dimiliki dan membeli mobil bekas untuk dipakai dalam rencana perjalanan mereka menjual kopi.




Jody harus bersama-sama dengan Ben dalam melakukan perencanaan yang matang untuk melakukan rencana  perjalanan mereka sehingga di setiap daerah yang mereka datangi, mereka sudah tahu harus berbuat apa untuk menaikan penjualan mereka.

Organizing

Mengatur sistem kerja dan pelaporan agar setiap pekerja dapat bekerja bersama untuk mencapai tujuan bisnis.





Solusi :



Ben bertugas dalam meracik kopi dan semua yang berhubungan dengan rasa dari kopi yang mereka jual bahkan dia berusaha untuk mencari biji kopi yang enak untuk dijual.



Menurut kami, Ben dan Jody telah mengorganize usaha mereka dengan baik karena mereka telah membagi tugas mereka masing-masing agar lebih terfokus pada bidang mereka.



Jody adalah orang yang bertugas dalam operasional dan keuangan dalam filosofi kopi. Selain itu mereka mempunyai karyawan lain yang berfungsi sebagai barista, kasir dan yang melayani pesanan.



Leading

Bagaimana seorang manager dapat memotivasi dan mengkoordinasi teamnya secara bersama-sama untuk mencapai tujuan mereka.








Solusi :




Ben adalah tipe pemimpin yang lebih susah diatur, cepat emosi, tidak mau kalah, dan tidak berpikir dua kali dalam mengambil keputusan namun dia sering memikirkan karyawannya dengan memberikan waktu istirahat walaupun pemasukan mereka belum mencapai tujuan.



Ben terlihat lebih santai dalam film ini, seharusnya dia tahu merencanakan kapan mereka harus santai dan kapan mereka harus mengejar profit perusahaan agar usaha mereka tidak rugi.


Hal yang berbeda dilakukan oleh Jody, dia selalu berusaha untuk mencapai tujuan menghasilkan uang dengan tipe yang lebih kaku namun Jody juga yang bertanggungjawab dalam menghitung pelaporan keuangan.





Karena sosoknya yang bertanggung jawab pada keuangan membuat Jody terlihat lebih mementingkan profit sehingga terkadang dia melihat hanya dari sisi keuangan saja seharusnya dia mampu mendorong karyawan untuk menghasilkan uang namun juga tetap memperhatikan jam istirahat karyawannya.

Controlling

Manager berperan dalam proses mengontrol dan mengevaluasi seberapa baik perusahaannya dalam mencapai tujuan dari perusahaan tersebut dalam hal efektivitas dan efisiensi.




Solusi :




Selaku pihak yang bertanggung jawab pada kopi yang dijual, Ben pada film ini mencari biji kopi yang enak untuk mereka gunakan pada produk kopi mereka dan dia selalu mengontrol rasa dan racikannya agar baik untuk dijual.


Ben harus lebih kreatif dan terbuka untuk ide-ide baru dalam racikan kopinya sehingga produk mereka dapat lebih berkembang.


Jody selalu mengontrol filosofi kopi dari sisi keuangan bahkan dia yang mencari pinjaman atau donator jika mereka kekurangan untuk membayar gaji karyawan dan operasional mereka.




Jody harus lebih peka dan mencari tahu bagaimana cara memasarkan produk mereka sehingga bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.


Gambar Peran Managerial Roles

Menurut teori Mangerial Roles oleh Mintzberg, peran manager terbagi menjadi tiga yaitu Decisional (Enterpreneur, Disturbance Handler, Resource Allocator dan Negotiator), Interpersonal (Figurehead, Leader dan Liaison) dan Informational (Monitor, Disseminator dan Spokesperson).Dari film Filosofi Kopi, perbandingan dua karakter Ben dan Jodi dalam hal Managerial Roles Mintzberg adalah :

Managerial Roles

Ben

Jody

Decisional












Solusi :


Ben adalah seorang entrepreneur karena dia berusaha untuk membuat racikan kopinya menjadi lebih nikmat dengan mencari biji kopi yang baik dan enak untuk mereka gunakan pada produk mereka serta dia beranggapan bahwa dengan mempromosikan filosofi kopi maka mereka dapat memperoleh banyak pelanggan.


Ben harus lebih kreatif pada racikan kopi mereka dan terus aktif dalam mempromosikan bisnis mereka.

Jody adalah seorang resource allocator dan negotiator karena dialah yang berurusan dengan operasional perusahaan dalam hal budgeting, financing, human resources, dan berhubungan dengan suppliers mereka.






Jody harus lebih mampu membuat perencanaan keuangan yang baik dan mampu bernegosiasi dengan baik sehingga ketika dia membutuhkan pinjaman, dia mampu memberikan kepercayaan kepada investor atau krediturnya .

Interpersonal







Solusi :


Sosok Ben merupakan pemimpin yang susah diatur, cepat emosi, tidak mau kalah namun lebih memperhatikan kesejahteraan karyawan dalam hal waktu istirahat.


Agar mencapai tujuan bisnisnya, dia harus mampu menahan ego dan lebih bisa melihat kondisi keuangan bisnis mereka.

Jody adalah orang yang sangat mementingkan profit dari usaha mereka sehingga kesannya lebih terlihat kaku dan kurang fleksibel.



Profit adalah hal yang penting dalam suatu bisnis, namun tidak lupa juga kita harus membangun relasi yang baik dengan pelanggan agar dapat menarik pelanggan untuk datang membeli kembali produk kita.

Informational












Solusi :


Dalam film ini karena sosok Ben lebih bertanggung jawab ke cita rasa kopi mereka sehingga dia hanya memonitoring jika ada hal yang perlu dilakukan untuk usaha mereka maka dia memberitahukan hal tersebut kepada Jody.  





Harus lebih peka terhadap kondisi keuangan yang mereka hadapi dan solutif dalam usaha mereka.

Jody berperan sebagai pemimpin yang take action jika terjadi hal-hal terhadap operasional perusahaan. Dia berperan sebagai disseminator ketika dia menyampaikan kepada karyawan-karyawannya bahwa mereka harus menunda pembayaran gaji karena penjualan mereka yang kurang berhasil. 


Harus lebih terbuka tentang kondisi usaha mereka kepada Ben sehingga mereka dapat mencapai tujuan bisnis mereka dengan baik secara bersama-sama. 


Dengan berjalannya zaman, teori-teori yang membahas management pun ikut mengalami perubahan yaitu seperti:

Gambar Evolusi dari Management Thought

Jadi sebelum masuk kedalam pembahasan tentang management thought, management didefinisikan sebagai seni menyelesaikan sesuatu dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia sebaik-baiknya. Selama berabad-abad yang lalu, struktur organisasi telah mengalami perubahan radikal, dan sekaligus proses manajemen. Oleh karena itu, beberapa teori telah dikemukakan selama berabad-abad yang dianggap penting untuk memahami operasi bisnis. Ini, ketika dipukul bersama, dengan sebutan management thought. Didalam management thought ini yang akan dibahas yaitu tentang Behavioral management theory yang dimana teori manajemen perilaku (behavioral management thought) ini sering disebut dengan gerakan hubungan manusia karena membahas dimensi kerja manusia. Ahli dari peneliti teori perilaku mempercayai bahwa pemahaman yang baik terhadap perilaku manusia di tempat kerja mereka, seperti halnya motivasi, konflik, harapan, dinamika kelompok, dan meningkatkan produktivitas. Kemudian dari teori ini akan kita sambungkan dengan topic yang akan dibahas yaitu dengan series film berjudul Filosofi Kopi the series yaitu:

Management Thought

Ben

Jody

Behavioral Management Theory

Ben yang merupakan icon dari Filosofi Kopi The Series memiliki kemampuan dalam meracik kopi yang sangat baik diantara yang lainnya. Tetapi perilaku Ben bisa dibilang terlalu memiliki ego yang sangat tinggi dan dia merupakan sosok yang sangat idealis yang dimana dia sangat berpegang teguh terhadap pendiriannya dan tidak dapat diganggu gugat. Ben sendiri juga merupakan sosok yang dapat memotivasi dan menjadi pemimpin di tempatnya, karena Ben yang memiliki kemampuan tinggi dalam meracik kopi dan juga memiliki skill-skill yang tidak dimiliki oleh Jody, maka Ben bisa mengatur para baristanya tetapi dengan syarat Ben juga harus bisa menahan emosi dan egonya serta Ben juga harus bisa memahami para baristanya lebih dalam yang dimana dalam arti Ben harus bisa mengerti apa yang dirasakan oleh para baristanya dan tidak hanya memikirkan ego beserta idealis yang sudah dia tanamkan sejak dulu.

Jody yang dimana kurang memiliki keahlian dalam meracik kopi tetapi dia memiliki jiwa bisnis yang sangat bagus dibandingkan dengan Ben. Jody yang dimana selaku pemilik kedai Filosofi Kopi dan tentunya salah satu yang memanage Filosofi Kopi itu tentunya juga merupakan sosok pemimpin yang bagus dikedai kopi tersebut. Tetapi dibalik itu, Jody juga merupakan sosok yang sangat perhitungan yang dimana sifat Jody berbanding terbalik dengan Ben. Jika dilihat dari segi managementnya, Jody lebih unggul daripada Ben, karena pada dasarnya Jody juga merupakan pemilik dari kedai tersebut dan tentunya Jody juga bisa dibilang lebih ahli dalam bidangnya, Jody memiliki kemampuan lebih yaitu dalam hal planning, financing, managing human resources, dan lainnya. Hal ini membuat Jody dan Ben memiliki kriteria mereka masing-masing dan tentunya memiliki keunggulannya sendiri. Dan juga dibalik itu, sosok Jody merupakan sosok yang sangat loyal entah itu terhadap kedai miliknya maupun pekerjanya termasuk kawannya yaitu Ben yang dimana Jody merupakan sosok yang sangat percaya terhadap kerabatnya.


Solusi dan Saran:

Berdasarkan hasil dari penjabaran kedua tokoh tersebut, berikut ini merupakan beberapa hal yang akan dibahas dimana sebaiknya dilakukan oleh kedua tokoh tersebut agar bisa memimpin kedai kopi mereka menjadi lebih baik dan tentunya lebih maju:

Aspek

Ben

Jody

Task of Management

Karena Ben merupakan orang yang memiliki ego besar dan mudah emosi, Ben memilik ketrampilan sendiri dibandingkan dengan Jody, yang dimana Ben memiliki keahlian khusus dalam meracik kopi dan tentunya memiliki kemampuan untuk menggaet konsumen dari kedai kopi milik mereka, Ben memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal kopi. Tetapi untuk kepemimpinan, Ben memiliki ego dan tingkat emosi yang tinggi yang dimana bisa dibilang Ben kurang cocok untuk dijadikan pemimpin karena kurang bisanya mengatur emosinya yang dimana pada bisnis, emosi itu harus bisa diatur dan tidak semata-mata memutuskan sesuatu dengan kehendaknya sesukanya. Tetapi Ben memiliki idealism yang tinggi terhadap kopi racikannya yang dimana itu juga merupakan hal yang lumayan penting pada bisnis mereka.

Jody yang merupakan pemimpin dari Filosofi Kopi karena Jody yang mengatur segala sesuatunya dari sisi finansial, perekrutan, hingga pendanaan dari kedai tersebut Jody lah yang bertanggung jawab atas semuanya. Selain itu juga, Jody merupakan sosok pemimpin yang baik karena Jody bukan merupakan tipe orang yang keras kepala dan idealis, tentunya Jody selalu mempertimbangkan sesuatu dari segala aspek dan Jody juga merupakan orang yang loyal terhadap segala sesuatu yang dimilikinya. Segala sesuatu tugas dari management sudah dipegang oleh Jody yang dimana karena Jody merupakan owner dari kedai Filosofi Kopi dan tentunya operasional dari kedai tersebut. 

Managerial Roles

Managerial Roles yang dilakukan oleh Ben yaitu tentang memanage kopi dikedainya tersebut. Segala sesuatu tentang kopi itu dibawah kendali oleh Ben, karena Ben memiliki kemampuan yang handal dalam menghandel kopi racikannya dan tentunya Ben yang bisa dibilang sebagai head barista, dia yang bertanggung jawab atas racikan kopi yang diciptakan.

Jody yang bergerak dibelakang Ben juga memiliki peran penting yang dimana Jody bertugas sebagai pengatur keuangan dari kedai kopi tersebut dan pengatur dari operasionalnya juga. Jody yang dimana selaku pemilik dan investor dari kedai kopinya itu memiliki peran yang sangat krusial dan tentunya dia merupakan sosok pemimpin yang lebih bijak dan loyal terhadap kedai kopi miliknya tersebut.

Management Thought

Ben seharusnya bisa untuk mengurangi ego dan emosi beserta keras kepalanya agar tidak sering terjadi perselisihan antara dia dengan Jody, dan tentunya Ben harus mengurangi sikap idealisnya dan harus berfikir realistis. Yang dimana realistis disini itu Ben beserta Jody sedang menjalankan bisnis mereka Bersama dan tentunya harus bisa menyesuaikan keadaan di tempat kerja mereka dan konsisten terhadap pekerjaannya.

Jody disini sudah bisa dibilang merupakan sosok pemimpin yang baik, tetapi dibalik itu Jody harus bisa selalu memanage keuangan dari kedai kopi mereka beserta operasional dari kedainya tersebut. Karena hal itu bukanlah hal yang sepele dan tentunya membutuhkan tanggung jawab yang besar untuk tetap bisa menjalankan bisnis mereka Bersama dan juga pastinya Jody harus sama-sama terbuka dengan Ben karena mereka menjalankan bisnis mereka Bersama.


Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/


Sumber :

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/05/29/123155210/filosofi-kopi-akan-segera-hadir-dalam-bentuk-film-seri?page=all

https://lifestyle.bisnis.com/read/20170705/226/668689/karakter-ben-di-filosofi-kopi-sudah-menyatu-dengan-chicco-jerikho

https://journal.sociolla.com/lifestyle/filosofi-kopi-ben-jody

https://www.mukhsinpro.com/2017/02/web-series-filosofi-kopi-prolog.html

https://www.tribunnews.com/images/seleb/view/1708592/jumpa-pers-film-filosofi-kopi-2-ben-jody

https://i.ytimg.com/vi/hR3uvOGFkXE/maxresdefault.jpg (Thumbnail)

https://www.goplay.co.id (Filosofi Kopi The Series)


Penulis :

Bellatrix Kezia

Jisnu Mahan Pratama Putra

Kelompok 5 Pra-MBA UGM (Lords of Profit)



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format