Narcos S1E1, Awal Mula Kejayaan Pablo Escobar

Seperti yang dia katakan, “…jika [kokain] dijual seharga $10 per gram di sini, bayangkan berapa harganya di Miami.” Di situ lahirlah seorang gembong.


0

Episode pertama serial TV Narcos bermula di sebuah daerah bernama Bogota, Kolombia pada tahun 1989. Kisah Narcos dinarasikan oleh Steve Murphy. Ia berbicara tentang betapa sulitnya badan intelijen saat itu untuk menangkap panggilan telepon, terutama panggilan satelit. Mereka menangkap Poison memanggil Lizard yang mengatur pertemuan di pub lokal malam itu. Mereka menggunakan informasi itu untuk menginformasikan Drug Enforcement Administration (DEA) tentang pertemuan ini. Mereka, pada gilirannya, meneruskan informasi ini ke Horacio Carrillo yang menggunakannya untuk menjatuhkan Poison. Ia membunuh banyak orang (tidak bersalah) di pub itu sebagai efek samping dari membunuh Poison, hal ini lalu digunakan sebagai ilustrasi tentang apa yang diperlukan untuk melawan bisnis narkoba.

Kejadian yang dikisahkan tadi merupakan gambaran dari apa yang akan terjadi di akhir Season pertama. Setelah adegan pertama tadi dan diputarnya opening credits, penonton dibawa kembali ke Chili, tahun 1973 untuk awal yang sebenarnya. 

Murphy memandu kita melewati tahun 70-an, menunjukkan bagaimana kebijakan pemerintah Nixon dan dukungan untuk diktator Chili Augusto Pinochet membantu mengatur panggung untuk perdagangan kokain di tahun 80-an. Berikutnya, beberapa tokoh penting diperkenalkan, yaitu Cockroach, Pablo Escobar, Gacha dan keterlibatan mereka dalam sebuah bisnis narkoba yang diinisiasi oleh sindikat bernama Medellin Cartel.

Cockroach adalah pemain utama dalam bisnis perdagangan manusia dan pelaku utama yang melibatkan Escobar dalam seluruh operasi. Kami bertemu dengannya saat salah satu laboratoriumnya di gurun Chili digerebek oleh militer, atas perintah Pinochet. Pinochet sedang menindak, tetapi tidak dengan cara berhenti dan berhenti. Sebaliknya, dia membuat semua orang terbunuh melalui regu tembak. Namun Cockroach sangat beruntung, karena dia berhasil bertahan hidup, regu tembak gagal menembaknya dan Cockroach memiliki cukup akal untuk bermain mati sampai dia bisa melarikan diri.

Sembari Chile menindak, Cockroach perlu mengeluarkan produk narkobanya ke luar negeri. Secara khusus, ia membutuhkan penyelundup untuk membawa kokain dengan melintasi perbatasan dan masuk ke Kolombia. Di situlah Pablo Escobar berperan. Ketika ia melihat proses dan obatnya, ia melihat visi berupa uang. Cockroach mungkin berkeinginan untuk pindah ke Kolombia, tetapi Escobar memiliki visi yang jauh lebih besar. Seperti yang dia katakan, “…jika [kokain] dijual seharga $10 per gram di sini, bayangkan berapa harganya di Miami.” Di situ lahirlah seorang gembong.

Kembali ke Miami pada tahun 1979, Murphy adalah seorang polisi muda pemberantas hippies yang kehidupannya berkutat dengan pot atau ganja. Ia juga sering diolok-olok oleh rekan-rekannya, dan pada suatu ketika mereka bercanda dan mempermainkannya agar mendekati gadis-gadis di bar arena bowling hanya untuk bersenang-senang. Gadis khusus ini justru berakhir menikahi Murphy.

Sekali lagi melompat ke depan, Murphy menunjukkan bagaimana, di awal 80-an, kokain memarak di Amerika. Murphy dan teman-temannya berjuang menggeledah kilo demi kilo kargo di pelabuhan, tapi usaha itu hampir tidak berbuah apapun demi mengehentikan operasi jahat ini. Selain itu, Escobar dan krunya semakin memiliki banyak kekuatan dan pengaruh, yang berarti bahwa menekan penyelundup mereka bukanlah perkara mudah.

Operasi tim Escobar terus berkembang. Ia menyewa seorang pria bernama The Lion untuk menyelundupkan kokain ke Miami, dengan ibu Escobar yang membantu menjahitkan jaket sebagai benda yang akan diselundupkan 5 kilo kokain ke dalamnya agar memungkinkan dia untuk melintasi perbatasan. Escobar terus menemukan cara baru untuk memperluas operasinya, mulai dari memasukkan kokain di ban cadangan truk pengangkut hingga menanggalkan pesawat pribadi sehingga Lion dapat mengangkut lebih banyak semuanya dalam satu kali perjalanan.

Escobar dan The Lion juga menggunakan wanita sebagai penyelundup kokain untuk melintasi perbatasan, membayar mereka ribuan dolar untuk menelan masing-masing 50-70 butir pelet kokain. Narcos melakukan pekerjaan yang baik dalam mengilustrasikan korban kemanusiaan lewat kisah perdagangan narkoba di sini, sebagaimana seorang gadis hamil yang menjadi bagian dari transaksi ini akhirnya meninggal di rumah sakit di Miami, yang kebetulan adalah tempat istri Murphy bekerja sebagai perawat.

Narkoba semakin menghancurkan Miami juga negara secara garis besar, yang membuat Presiden Reagan untuk memulai Peperangan melawan Narkoba. Murphy ingin berbuat lebih banyak. Ia ingin berada di garis depan. Hal ini dibuktikan ketika dia dan rekannya pergi untuk menjatuhkan Cockroach, dan membuat salah satu pembunuh bayaran Escobar tertangkap. Namun pada prosesnya ada anggota agen DEA lainnya terbunuh sebagai taruhannya.

Cockroach mulai tidak patuh, mencuri keuntungan dari Escobar lewat bantuan Kolonel Carrera, kepala milisi lokal. Hal itu membuat Escobar harus membuat kesepakatan dengan Carrera. Escobar akan membayarnya $1 juta dan untuk hak memindahkan kokainnya dengan aman ketika melintasi perbatasan dengan imbalan nama orang yang mencuri darinya. Carrera menyerahkan nama Cockroach, dan dengan itu ia memberikan Escobar kendali penuh atas perdagangan narkoba.

Di sisi lain Murphy berhasil menangkap pembunuh bayaran itu dan jaminannya ditetapkan sebesar $ 2 juta, tetapi itu bukan sesuatu yang tidak dapat ditangani oleh Escobar dan tim operasinya. Baginya itu hanyalah harga dalam menjalankan bisnis. Dengan kematian agen DEA dan pembunuhnya kembali ke bisnis perdagangan narkoba. Murphy jadi harus lebih keras dalam tugasnya untuk benar-benar menindak Escobar dan Kolombia.

Istrinya, yang juga menyaksikan efek dari perdagangan narkoba, setuju untuk berkemas dengannya dan pindah ke Kolombia, di mana keduanya dapat melakukan yang paling baik dan mudah-mudahan menghentikan operasi ini dengan mengambil sumber: Escobar dan anak buahnya.

Semua ini tentu tidak akan semudah itu. Kembali pada tahun 1989, di mana episode tersebut dimulai, Murphy terlihat sedang mengambil gambar di bar karaoke tempat Poison terbunuh. Ia ditemukan di sana oleh salah satu anak buah Escobar, yang melapor kembali ke bosnya. Ini adalah perang, dan Escobar tahu itu. Dia menawarkan $500 ribu kepada siapa saja yang membawakannya kepala Murphy. Perang narkoba telah berlangsung selama bertahun-tahun, tetapi perang antara Escobar dan Murphy baru saja dimulai.

Pablo Escobar Vs Steve Murphy

Pada episode pertama season pertama ini menampilkan adanya peperangan yang nyata antara peran antagonis utama yaitu Pablo Escobar dan pemeran protagonis yaitu badan intelijen. Terlihat jelas bahwa pihak intelijen berusaha keras untuk memerangi anak buah serta seluruh rekan Pablo Escobar yang merupakan pemeran penting dalam penyelundupan narkoba di Amerika. Pada episode pertama ini, narasi pemeran protagonis dari badan intelijen lebih berfokus pada sosok agen DEA yaitu Steve Murphy. 

Terlihat jelas bahwa pemberantasan narkoba terutama kokain di Amerika tidaklah mudah. Hal tersebut tidak terlepas dari cerdiknya Pablo Escobar dalam mengatur dan membuat beberapa keputusan manajerial penting dalam bisnis penyelundupan narkobanya. Meskipun bisnis narkobanya sangat berhasil, tetapi pada episode pertama kali ini pihak intelijen juga berhasil melakukan penangkapan dan membunuh salah satu rekanan dari Pablo Escobar, yaitu poison. Tidak hanya itu, pihak intelijen juga beberapa kali berhasil menggeledah kokain yang akan diselundupkan. Keberhasilan pihak intelijen dalam melaksanakan tugasnya juga tidak terlepas dari adanya kerjasama dan manajerial yang baik.

 


Pablo EscobarSteve Murphy
Foto
PeranAntagonisProtagonis
PekerjaanPemimpin kartel Medellin, Pemasok Kokain utama ke Amerika SerikatAgen DEA yang ditugaskan ke Kepolisian Kolombia untuk memburu Pablo Escobar

Four Tasks of Management

Fungsi dari manajemen adalah membantu organisasi memaksimalkan sumber dayanya untuk mencapai tujuannya. Berdasarkan buku Jones and Goerge (2020) ada 4 hal penting tugas manajemen, yakni:



(Pablo Escobar)


(Steve Murphy)

Planning
Pablo memiliki perencanaan yang baik. Sebagai seorang penyelundup ulung, ia memiliki banyak cara agar bisnisnya sustainable.
Murphy merupakan polisi, dia bekerja sama dengan banyak pihak baik lawannya lawan untuk mencapai tujuannya.
Organizing
Sebagai ketua kartel Medellin, ia mengorganisasikan rantai bisnisnya agar berjalan lancar, mulai dari bekerja sama dengan polisi korup, diversifikasi kurir, dll.
Penugasan sebagai agen DEA Miami membuatnya mengorganisasikan banyak pihak, mulai dari rekan DEA, kepolisian Kolombia untuk memburu satu persatu anggota kartel Medellin.
Leading
Ia memimpin dengan sangat baik, memberikan contoh kepada anggotanya bagaimana menjadi seorang penyelundup ulung dan turun langsung kelapangan untuk memperlancar bisnisnya.
Bekerja sama dengan pihak polisi Kolombia, peran Murphy sebagai leader kurang terlihat, ia justru seolah mengikuti apa yang dikatakan Javier Pena dan kepolisisan Kolombia. Murphy benar - benar dipermainkan.
Controlling
Pablo secara efektif mendelegasikan tanggung jawab kepada anak buahnya. Ia selalu efisien untuk meastikan kelancaran bisnisnya
Murphy terlihat agak kewalahan dalam mengontrol tanggung jawabnya. selain harus memburu kartel medellin istrinya yang hamil membuat pikirannya terganggu.

Managerial Roles

Henry Mintzberg, seorang profesor di McGill University membagi peran manajerial kedalam 10 peran spesifik untuk mengelola suatu organisasi. secara umum ia membagi kedalam tiga yakni: Decisional, Interpersonal, dan Informational.



(Pablo Escobar)


(Steve Murphy)

DecisionalPablo adalah seorang Enterpreunur dan Negotiator ulung. terbukti ia sukses membangun bisnis penyelundupannya dari Chile hingga Ameriika Serikat. Sebagai seorang negotiator, terbukti dari kesepakatannya dengan polisi bagaimana ia menyuap. bahkan ia meiliki semua biodata polisi hingga keluarga dan anak istrinya. ada frasa unik yang ia ucapkan, "Plata O Plomo". Plata, maksudnya perak atau uang berarti mau menerima suap atau kalau menolak akan menerima Plomo yang artinya timah (peluru).Murphy lebih cenderung sebagai seorang Disturbance handler. ia secara sigap selalu menuju TKP bersama rekannya baik DEA maupun Polisi Kolombia. memburu Kartel Medellin dari kaki-kakinya hingga semua habis satu persatu.
InterpersonalPablo merupakan seorang leader yang baik. Selalu menyontohkan bagaimana bisnis berjalan epada anak buahnya dan menjadi pantan kawan-kawannya.Murphy adalah seorang Liason. ia menjalion hubungan dengan berbagai macam departemen untuk tujuannya. membuat aliansi dengan beberapa rekan polisi Kolombia yang anti suap untuk membagikan informasi penting dan melakukan tindakan.
InformationalPablo memiliki sifat monitor. ia selalu mengawasi keberlangsungan bisnisnya dan keluarganya. bagi dia semua anggota kartelnya adlah keluarga. jadi ia selalu memastikan keberlangsungan hidup kartelnya.Murphy adalah seorang Disseminator, ia selalu memberikan informasi kepada kawannya mengenai perubahan yang terjadi baik dari internal mauoun eksternal. selalu berkomunikasi baik ke Javier Pena maupun ke Kolonel Carrillo.

Management Thought

Pablo Escobar dan Steve Murphy memiliki pilihannya masing-masing mengenai cara perbikir dalam mengelola organisasi.


(Pablo Escobar)

(Steve Murphy)
Pablo Escobar merupakan seorang leader yang selalu mendelegasikan tugas - tugas kepada anak buahnya. ia memiliki banyak sekali kaki tangan untuk menjalankan bisnisnya
Ia secara aktif membuat arisan mingguan untuk para anggota keluarga DEA untuk lebih merekatkan hubungan.
Murphy sering sekali melakukan pendekatan kekeluargaan kepada para rekannya. ia mmebutuhkan koneksi yang luas untuk memburu nama-nama kartel Medellin sehingga sering sekali melakukan netwroking kepada orang-orang penting.
Pablo Escobar sangat cocok dengan teori manajemen:

  • Organizational environment tehory
Steve Murphy sangat cocok dengan teori manajemen:

  • Behavioural Management Theory

Bagaimanakah Pablo Escobar Memimpin Bisnis Narkobanya?

Dalam buku Contemporary Management (2020), manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam penggunaan sumber daya yang ada secara maksimal, agar tujuan dari suatu organisasi itu tercapai. Peran Pablo Escobar dalam bisnis narkobanya adalah bagaimana ia dan seluruh rekannya dapat mengembangkan bisnis narkobanya dan menyelundupkan kokain secara besar-besaran ke pasar yang lebih luas yaitu Miami. Terlihat Pablo Escobar adalah seseorang yang memimpin dalam operasi penyelundupan ini. Sumber daya yang dimiliki pada bisnis narkoba ini dapat dimaksimalkan secara efisien dan efektif melalui beberapa tahapan kegiatan, yaitu planning, organizing, leading, dan controlling.

Planning


Dalam proses perencanaan di awal, Pablo Escobar telah melihat visi yang jauh di depannya. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Pablo Escobar telah didatangi oleh Cockroach seorang pemain utama dalam bisnis kokain untuk kemudian diajak bekerja sama. Pada saat itu kokain hanya banyak beredar di Kolombia dan belum beredar secara luas di daerah Miami. Pablo Escobar melihat adanya harga tinggi yang akan ditawarkan masyarakat di Miami untuk narkoba jenis baru ini. Melihat hal ini, Pablo Escobar langsung menetapkan tujuan utama bisnis penyelundupan kokain secara besar-besaran ke Miami.

Strategi yang digunakan untuk menyelundupkan kokain ini adalah dengan jalur darat yaitu penyelundupan menggunakan kentang yang akan dibawa menggunakan truk besar. Pablo Escobar juga memperluas ke jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang dan membuat pangkalan jalur narkoba pertama dan terbesar di Kolombia. Dari jalur laut Pablo menyelundupkan kokain melalui pipa-pipa yang ada di dermaga kapal. Pablo juga melakukan pengalihan polisi, dengan sengaja membuat beberapa kg kokain melalui kontainer digeledah oleh kepolisian. Hal tersebut dilakukan, agar penyelundupan melalui pipa bawah laut dapat berjalan dengan aman karena kepolisian telah dialihkan. Tidak hanya itu, Pablo juga menyuap beberapa kepolisian, hakim, dan bahkan tentara perbatasan di daerah Kolombia. Ia juga melakukan penyelundupan melalui wanita hamil dengan cara wanita tersebut menelan masing-masing 50-70 butir pellet kokain. Melihat semakin berkembangnya bisnis kokain yang ia lakukan, Pablo kemudian mengembangkan pabrik kokain yang lebih besar lagi di tengah hutan tropis Kolombia. Hutan tersebut sulit sekali dijangkau bahkan dilihat dari atas udara, hal ini membuat bisnis narkoba semakin berjalan dengan lancar.

Organizing

Dalam menjalankan bisnis penyelundupan narkobanya, Pablo dibantu oleh beberapa rekanannya yang memiliki tugas penting dalam keberhasilan usahanya. Pablo memiliki peran utama dalam mengatur penyelundupan kokain secara besar-besaran dan mengontrol langsung produksi kokain melalaui Cockroach. Cockroach yang bertanggung jawab secara langsung dalam proses pembuatan kokain yang akan di edarkan. Cockroach memantau langsung seluruh proses produksi yang akan dikerjakan anak buahnya. Dalam melakukan peredaran kokainnya, Pablo juga dibantu oleh rekanannya yaitu The Lion. The Lion bertanggung jawab dalam proses penyelundupan kokain melalui udara menuju ke Miami. Sesampainya di Miami, The Lion langsung memberikan kokainnya kepada rekanannya untuk kemudian diedarkan secara luas. Dalam hal keamanan, Pablo juga telah melakukan suap terhadap kepolisian kolombia dan kepala milisi lokal yaitu Kolonel Carrera. Hal tersebut membuat penyelundupan kokain yang akan melintasi perbatasan aman.

Leading

Pablo dinilai sudah bisa menjadi pemimpin bisnis penyelundupan narkoba yang baik. Pablo dapat memberikan arahan dan perintah yang jelas kepada seluruh anak buahnya, sehingga seluruh rekanan dan anak buahnya dapat mengerjakan tugas sesuai dengan yang diperintahkannya. Pablo juga telah memikirkan secara matang dari proses produksi, penyelundupan, hingga keamanan dari menjalankan bisnisnya ini. Meskipun begitu, Pablo dirasa kurang adil dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin. Hal ini terlihat dari Cockroach dan Kolonel Carrera yang dirasa kurang mendapatkan imbalan yang setimpal dari hasil kerja yang sudah mereka lakukan. Pablo juga dirasa memiliki visi kedepan yang luar biasa dan dapat menjelaskan visinya kembali terhadap rekanan maupun bawahannya. Terbukti saat pertama kali Cockroach mendatangi Pablo untuk mengajak kerjasama melakukan peredaran kokain di Kolombia. Pablo sudah bisa melihat bahwa bisnisnya dapat berkembang secara luas sampai ke Amerika Serikat. 

Controlling

Dalam melakukan kegiatan bisnisnya, Pablo selalu melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan penyelundupannya. Pablo berhasil mengevaluasi baik kinerja bisnisnya, hambatan penyelundupan sempat terjadi saat Kolonel Carrera tidak patuh dan mulai meminta imbalan lebih jika Pablo ingin meneruskan bisnis penyelundupannya. Saat ditelusuri ternyata Cockroach telah menghianati Pablo karena ia ingin lebih unggul dalam bisnis kokainnya ini. Tindakan tegas Pablo adalah dengan cara langsung mendatangi Kolonel Carrera, menggagalkan proses transaksi kokain di Miami yang dilakukan anak buah Cockroach, dan kemudian membunuh Cockroach serta Kolonel Carrera.

Managerial Roles Identified

Type of Role

Specific Role

Examples of Role Activities

Decisional







Entrepreneur

Pablo memiliki vsi untuk mengembangkan bisnis penyelundupan serta menyebarluaskan kokain sampai dengan Amerika Serikat

Disturbance handler

Pada saat terjadi hambatan penyelundupan kokain di suatu waktu, Pablo dengan cepat langsung mendatangi sumber masalah yaitu Kolonel Carrera untuk bernegosiasi ulang. Dan kemudian menggagalkan transaksi anak buah Cockroach yang akan dilakukan di Miami

Resource allocator

Bisnis Pablo berjalan dengan lancar karena Pablo telah menyiapkan beberapa tambahan dana untuk dapat melakukan penyuapan terhadap kepolisian Kolombia. Hal tersebut sudah dipikirkan secara matang oleh Pablo agar bisnisnya tetap berjalan dengan aman.

Negotiator

Pablo telah berhasil bekerja sama dengan beberapa rekanan yang memiliki tugas penting masing-masing dalam mencapai keberhasilan penyelundupan. Diantaranya adalah kerjasama yang dilakukan oleh The Lion dalam menyelundupkan via udara. Bekerjasama dengan menyuap Kepolisian Kolombia serta milisi lokal Kolonel Carrera. 

Interpersonal





Figurehead

Pablo telah berhasil memindahkan lab produksi kokain yang dimiliki Cockroach dari Chili menuju ke Kolombia ditengah hutan tropis. Lab produksi dibuat lebih besar oleh Pablo.

Leader

Dalam menjalankan bisnisnya, Pablo telah berhasil mengarahkan serta membuat beberapa perintah langsung untuk ditugaskan ke beberapa rekanan Pablo. Mulai dari produksi kokain, proses penyelundupan, proses keamanan, dan transaksi sert penyebaran kokain di Amerika Serikat.

Liaison

Bisnis penyelundupan yang dijalankan dari hulu saat proses pembuatan kokain hingga ke hilir saat kokain akan didistribusikan, dapat dikoordinasikan secara baik oleh Pablo.

Informational





Monitor

Pablo juga dapat mengevaluasi secara baik dan membicarakan serta mencari jalan keluar saat terjadi permasalahan atau hambatan pada bisnis kokainnya. Hal ini terbukti saat Kolonel Carrera ingin bernegosiasi ulang dengan Pablo dan pada akhirnya Pablo mengikuti dan sama-sama mencari win-win solution untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Disseminator

Pablo selau berkomunikasi aktid dengan anak buahnya. ia selalu meastikan kelancaran distribusi kokainnya sampai ke tanah Amerika Serikat.

Spokesperson

Pablo telah berhasil memperluas dan mengembangkan bisnis kokainnya sampai dengan ke Amerika, meskipun Pablo tidak secara langsung mengiklankan ataupun mengumumkan kepada masyarakat atau konsumennya.


Job Specialization and The Division of Labor

Teori ini pertama kali disimpulkan oleh Smith, ia beranggapan bahwa peningkatan tingkat spesialisasi pekerjaan adalah proses dimana pembagian kerja terjadi karena pekerja memiliki tugas yang berbeda untuk meningkatkan efisiensi dan mengarahkan pada kinerja organisasi yang lebih tinggi. Pablo sebagai seorang leader mengatur bisnis penyelundupan narkobanya dengan membagi beberapa divisi dari tingkat hulu sampai dengan tingkat hilir usahanya. 

Para pekerjanya dipekerjakan berdasarkan kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas yang berbeda, tergantung spesialisasi pekerjaannya. Pembagian kerja dilakukan mulai dari pembuatan kokain sampai dengan penyebarannya, dilakukan oleh divisi atau orang yang berbeda-beda. Hal tersebut dilakukan karena pekerja memiliki keahlian yang berbeda dalam melakukan tugasnya. 

Cockroach berfokus pada pembuatan kokain yang akan diedarkan. Sedangkan proses penyelundupan dilakukan oleh rekanan Pablo yang lainnya. Proses penyebaran kokain juga dilakukan oleh orang yang memang memiliki keahlian tersebut. Seperti The Lion saat akan menyelundupkan kokain melalui penerbangan pesawat. Sampai dengan ke tingkat otoritas keamanan juga dilakukan oleh orang yang berbeda juga. Hal tersebut dilakukan agar meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis kokain.

Keberhasilan Steve Murphy dalam Memerangi Narkoba

Dengan semakin gencarnya operasi penyelundupan yang dilakukan oleh Pablo, membuat Steve ingin berada di garis depan dalam operasi pemberantasan narkoba. Pada Episode pertama ini diketahui Steve telah berhasil mendapatkan informasi mengenai rekanan Pablo, yaitu Poison. Operasi pengintaian yang dilakukan oleh badan intelijen berbuah manis dengan terbunuhnya Poison. Steve juga beberapa kali berhasil meringkus kokain yang dibawa oleh beberapa anak buah Pablo.

Planning

Tujuan utama dari badan intelijen dan DEA serta agen Steve Murphy adalah dengan memberantas habis operasi penyelundupan dan penyebaran kokain di Amerika Serikat. Pada awalnya, strategi yang digunakan kepolisian adalah dengan memantau komunikasi panggilan telepon melalui satelit udara. 

Kemudian badan intelijen mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengepungan terhadap rekanan Pablo Escobar. DEA juga sempat melakukan transaksi kokain dengan bawahan Cockroach guna meringkus serta mengumpukan bukti perdagangan barang illegal tersebut. Namun, saat menjalankan aksinya, anggota DEA Steve Murphy diserang oleh bawahan Pablo yang melakukan penembakan secara masal. Satu anggota DEA, yaitu rekan Steve meninggal saat menjalankan misinya tersebut. 

Badan intelijen juga beberapa kali berhasil meringkus beberapa kg kokain yang sengaja diselundupkan oleh Pablo melalui kontainer kapal. Meskipun kokain tersebut dikirimkan bertujuan untuk mengalihkan perhatian polisi.

Organizing

Dalam menjalankan misinya untuk meringkus komplotan Pablo, badan intelijen membuat struktur hubungan kerja secara formal. Steve Murphy merupakan anggota DEA yang bekerja dibawah naungan atasannya dan dibawah organisasi DEA. Steve melakukan tugasnya berdasarkan perintah langsung dari atasannya. Dalam menjalankan misinya juga, Steve bekerja sama dengan beberapa anggota kepolisian dan DEA lainnya. Steve mengatur dan menjalankan strategi secara bersama dengan rekanan kepolisian yang lain, untuk kemudian mengeksekusi langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan. Steve melakukan pekerjaan secara terorganisir dan hanya bisa melakukan misi dan tugasnya saat ada perintah atau informasi tertentu yang didapatkan melalui atasan maupun rekanan kepolisian yang lainnya.

Leading

Steve memberikan informasi terhadap temannya yang merupakan kepolisian lokal pemberantas narkoba di Kolombia yaitu Horacio Carrillo, bahwa terdapat salah satu rekanan Pablo yaitu Poison di salah satu pub lokal. Dengan diterimanya informasi tersebut, Poison berhasil dikepung dan dibunuh oleh anggota kepolisian setempat. Dalam menjalankan tugasnya, Steve dirasa masih belum cukup baik dalam memimpin secara langsung proses penyergapan rekanan Pablo. Hal ini terlihat pada saat Steve mendapatkan informasi secara langsung dari kepolisisan yang melakukan penyadapan terhadap telepon milik Poison, alih-alih melakukan penangkapan, Steve malah menghubungi rekanan kepolisian yang lain untuk melakukan penyergapan Poison. Meskipun begitu, Steve beberapa kali juga telah melakukan aksi dan menyelesaikan misi berbahaya secara baik.

Controlling

Dalam episode satu ini terlihat bahwa beberapa kali Steve mencoba untuk mempertahankan serta meningkatkan performanya. Hal tersebut dibuktikan melalui tertangkap dan diadilinya pembunuh bayaran yang dipekerjakan oleh Pablo yang berusaha menggagalkan transaksi kokain oleh Steve dan rekanannya dengan anak buah Cockroach. Steve juga dengan gencar melakukan pengumpulan informasi. Steve dapat mengevaluasi kembali tindakan kepolisian yang dirasa kurang membuahkan hasil saat melakukan peringkusan kontainer kokain. Steve kemudian merasa janggal karena peredaran kokain bertambah banyak. Pada akhirnya Steve berupaya untuk mengatur strategi lebih agar dapat menjebak komplotan Pablo. Steve juga terlihat sempat mengidentifikasikan rekanan Pablo yang tewas di klub malam lokal untuk kemudian mencari informasi yang lebih lanjut.


Managerial Roles Identified

Type of Role

Specific Role

Examples of Role Activities

Decisional

Entrepreneur

Murphy bukanlah seorang entreprenuer yang baik. ia selalu tertinggal beberapa langkah dari Pablo Escobar dalam melaksanakan misinya. pasti ada saja informasi yang bocor.

Disturbance handlerMurphy selalu menelesaikan misinya degan baik, walaupun banyak sekali tantangan di lapangan ia selalu berusaha mengeksekusi tugasnya dengan sepenuh hati
Resource allocatorMurphy kurang cakap dalam hal ini, ia terlihat kekurangan dana dan sangat mengandalakan suntikan dari Kedubes USA.
NegotiatorIa merupakan negotiator yang ulung. selalu terjun kelapangan dan memastikan informasinya akurat dan mengeksekusi tugasnya ditempat.

Interpersonal

Figurehead

Ia kurang cakap dalam hal ini. Peran figurehead justru dimainkan oleh Javier Pena dan Kolonel Carillo.

Leaderia memberika contoh kepada kepolisian kolombia bagaimana melakukan spionase dengan baik. walaupun peran leadernya asih kalah dibandingkan kawannya Javier Pena.
LiaisonMurphy selalu mengkordinasikan tugas dan informasi kepada kawannya di DEA dan Polisi Khusus Kolombia. dia membentuk aliansi yang kuat dengan kelompok anti Kokain terutama anti komunis yang dapat bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat.

Informational





Monitor

Dalam hal mengevaluasi performa kinerja, Steve berupaya lebih baik dalam menjalankan misinya. Meskipun sudah beberapa kali menggagalkan penyelundupan kokain melalui kontainer, Steve merasa belum cukup karena ia merasa kokain masih banyak beredar di masyarakat. Oleh karena itu berbagai upaya terus dilakukan, hingga upaya menyadap panggilan telepon melalui satelit. Steve berkomitmen untuk melakukan pemantauan dengan berpindah tempat tinggal, dari Amerika menuju Kolombia agar dapat memberantas bisnis yang dijalankan oleh Pablo.

Disseminator

Penyebaran informasi mengenai visi dan tujuan dari organisasi intelijen telah dilakukkannya secara baik. walaupun terjadi kebocoran karena banyak sekali polisi yang disuap Pablo Escobar bekerja dengannya.

Spokesperson

ia bukanlah seorang spokeperson. peranan spokeperson ustru dimainkan oleh Duta Besar USA untuk Kolombia.



The Theory of Bureaucracy

Steve Murphy merupakan anggota dari badan intelijen pemberantas narkoba yang bernama DEA. Sistem yang dianut oleh organisasi ini menggunakan pemikiran terkait konsep dan teknik manajemen yang diusung oleh Max Weber. Teori ini berfokus tentang bagaimana suatu sistem formal organisasi dan administrasi dirancang agar dapat memastikan efisiensi dan efektivitas, bentuk sistem tersebut merupakan birokrasi. 

1. Steve Murphy merupakan agen DEA yang bertugas di lapangan secara langsung. Posisi tersebut memiliki beberapa otoritas tertentu dan terbatas sesuai dengan kedudukan formal yang dimiliki oleh Steve.

2. Semakin baik kinerja Steve dan rekanan kepolisian yang lain, maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi juga dalam birokrasi tersebut. Hal ini sejalan dengan sistem yang terdapat dalam birokrasi yang menjelaskan bahwa setiap individu harus menduduki posisinya karena kinerjanya dan bukan karena kedudukan sosial mereka.

3. Terdapat tingkat otoritas formal dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam setiap tingkatan posisi. Adanya hubungan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya saat menjalankan tugas. Seperti saat Steve mendapatkan informasi secara langsung melalui anggota kepolisian yang lain, saat sedang bertugas menyadap saluran telepon rekanan Pablo melalui satelit.

4. Steve Murphy berada dibawah otoritas atasannya dalam menjalankan setiap tugas dan misi dalam hal pemberantasan penyelundupan kokain. Steve Murphy harus selalu melaporkan hasil investigasinya kepada rekanan kepolisian yang lain maupun atasannya. 

5. Ada standar operasi prosedur (SOP) tersendiri mengenai sistem aturan dan norma yang terdefinisi dengan baik dalam organisasi DEA saat Steve Murphy beserta rekan kepolisian yang lain akan menjalankan tugasnya.

Solusi Manajerial terhadap Pablo dan Steve

Dalam menjalankan bisnisnya Pablo memiliki manajerial dan cara memimpin yang berbeda dengan yang manajerial yang dilakukan oleh Steve Murphy. Perbedaan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berdasarkan penjelasan mengenai four task of management yang sudah dijabarkan diatas, maka beberapa solusi dapat diberikan untuk mengatasi kekurangan yang dilakukan oleh Pablo dan Steve dalam menjalankan tugas dan peranannya masing-masing.

Four Tasks of Management


(Pablo Escobar)

(Steve Murphy)

Planning

Perencanaan yang dilakukan oleh Pablo sebenarnya sudah cukup baik, Pablo dapat menjalankan bisnisnya dengan aman meskipun dirinya tengah berurusan dengan kepolisian dan badan intelijen setempat. Namun seharusnya Pablo memiliki rencana cadangan untuk mendirikan dan mengembangkan laboratium kokain sendiri tanpa bergantung dengan Cockroach. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan yang telah dilakukan Cockroach dalam episode ini.

Dalam menjalankan strateginya untuk menangkap gembong narkoba yang dimiliki oleh Pablo, seharusnya Steve bisa lebih bersabar dan berhati-hati dalam menentukan langkah. Seharusnya pihak kepolisian tidak melakukan penembakan terhadap Poison sehingga menyebabkan kematian banyak orang yang tidak terlibat. Seharusnya kepolisian lebih bijak dalam menentukan taktik pengepungan dan melakukan penangkapan rekanan Pablo secara hidup-hidup agar bisa diintrogasi untuk mendapatkan keterangan dan informasi yang lebih. 

Organizing

Dalam menjalankan bisnisnya, struktur hubungan kerja dalam bisnis penyelundupan narkoba Pablo dirasa kurang terorganisir. Meskipun semua perintah berada langsung dibawah naungan Pablo. Seharusnya Pablo bisa lebih membagi sistem kerja yang adil dan merata terhadap seluruh rekanan dan bawahannya, agar penyelesaian tugas dari masing-masing pekerjaan yang berbeda dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. 

Dalam menjalankan setiap tugas dan misinya, Steve lebih mempunyai struktur hubungan kerja yang lebih baik dan terorganisir. 

Leading

Sebagai pemimpin dari bisnis penyelundupan narkoba, Pablo seharusnya bisa lebih adil terhadap seluruh rekanan maupun bawahannya. Pablo terkesan egois dan mementingkan kehendak sendiri. Sebagai rekanan dalam bisnis kokain, seharusnya Pablo bisa melakukan negosiasi dengan Cockroach dalam hal pembagian keuntungan secara adil.

Steve dirasa sudah cukup baik saat menjalankan tugas dengan partner kepolisiannya. Hal ini terbukti saat Steve melakukan pengejaran terhadap bandar ganja di pantai Miami. Hanya saja, Steve kedepannya harus lebih terbuka dan dapat membicarakan serta membantu mengatasi kekurangan yang dimiliki oleh partner DEA-nya. 

Controlling

Dalam mempertahankan dan meningkatkan performa bisnisnya, Pablo dirasa sudah cukup baik dalam hal mengevaluasi kinerja rekanan maupun bawahannya. Pada saat terjadi masalah atau hambatan pengiriman kokain, Pablo dengan tanggap langsung menyelesaikan ke pusat masalah tersebut terjadi dan bernegosiasi langsung dengan sumber masalahnya. 

Steve seharusnya bisa meningkatkan kinerjanya dengan selalu mengevaluasi permasalahan yang terjadi saat ia menjalankan misinya. 


Solusi yang dapat diberikan kepada Pablo dan Steve berdasarkan Type of Role Manager menurut Mintzberg adalah sebagai berikut.

Type of Role


(Pablo Escobar)

(Steve Murphy)

Decisional

Pablo Escobar sebaiknya lebih menekankan ke entreprenuership yang lebih sehat karena pesaingnya Kartel Cali lebih mendiversifikasikan bisnisnya.

Steve Murphy kurang berperan sebagai negotiator. Ia dkurang membaur dengan warga sekitar. sebaiknya ia meningkatkan kemampuan peran ini.

Interpersonal

Pablo sebaiknya lebih memainkan dengan maksimal peran figureheadnya. ia perlu membangun markas-markas baru disepnajang jalur distribusinya untuk meningkatkan keberhasilan penyelundupannya.

Murphy sebaiknya meningkatkan peran sebagai liaisonnya. ia harus sering bertemu dengan manajer antar departmene baik kepolisian dan jaksa yang anti suap agar tujuannya tercapai.

Informational

Pablo perlu meningkatkan perannya seorang monitor, ia sebenernya sudah baik namun kerajaan bisnisnya yang sangat besar memerlukan monitor akki tangan yang besar juga.

Murphy perlu meningkatkan perannya sebagai spokeperson. Ia perlu mengambill peran lebih besar di DEA kolombia


Solusi terakhir dalam hal Management Thought terhadap Pablo dan Steve dalam menjalankan tugas dan misinya masing-masing dapat dilihat melalui table berikut.


(Pablo Escobar)


(Steve Murphy)

Administrative management theory dapat membantu Pablo Escobar mengelola kartelnya. Birokrasi, SOP, Line of Authority sangat membantu untuk meningkatkan performa bisnisnua.Organizational Environment theory dapat membantu Steve Murphy dalam mengelola DEA Kolombia menjadi lebih baik dan efektif. sehingga jika melihat sejara lingkungan ia dapat meaksimalkan potensiyang sudah ada di DEA dan kepolisian Kolombia untuk mencapai tujuannya.

Referensi

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.

Serial Televisi Netflix - Narchos (Episode 1 - Season 1)

Nama Anggota :

- Deasy Rike Rahmawati

- Ramadhian Ekaputra


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format