Mengenal Toko Jaya Baru serta Potensi Strategi Bisnisnya: Cek Toko Sebelah The Series

Analisis SWOT, Five Force, dan Strategi Toko Jaya Baru


0

Sinopsis Cek Toko Sebelah The Series S1 

Description: D:KuliahS2 UGMMatrikulasi - Semst 0Business and ManagementTugas Kelompok #8Picture1.png

Cek Toko Sebelah The Series adalah serial drama komedi yang diproduksi oleh starvision plus, setelah menuai sukses pada perfilman box office dengan judul yang sama. Sutradara serial ini adalah Ernest Prakasa yang merupakan sutradara versi Film dimana sudah lebih dulu sukses. Serial Cek Toko Sebelah menceritakan mengenai dilemma modernisasi bisnis keluarga yang berupa toko kelontong. Erwin anak koh afuk yang terbiasa dengan lingkungan perkantoran menilai bahwa Toko Jaya Baru, yaitu toko kelontong milik ayahnya sudah terlalu kuno dan perlu memajukan kesejahteraan toko agar lebih modern dan efisien. Sejumlah cara seperti penambahan CCTV, strategi pengelolaan sumberdaya,  hingga absen sidik jari dilakukan. Koh Afuk sendiri setuju dengan rencana Erwin dengan catatan tidak terlalu mengubah bentuk usaha toko secara total. Rencana yang dilakukan Erwin menghasilkan respon yang berbeda dari karyawan. Konflik antara Erwin dan para karyawan pun terjadi.

Overview Toko Jaya Baru sebagai Organisasi Bisnis

Toko Jaya Baru merupakan toko kelontong yang memperdagangkan barang-barang kebutuhan pokok (sembako) seperti beras, telur, gula pasir, minyak goreng, tabung gas LPG, galon air minum, sampai dengan rokok dan jajanan seperti makanan ringan. Toko Jaya Baru adalah bisnis keluarga Koh Afuk telah dirintis dengan penuh perjuangan mulai dari dirinya dan mendiang istrinya. Toko ini masih dapat dibilang merupakan toko yang tradisional, dan meskipun berada di kota besar seperti Jakarta, toko tersebut terletak di dalam suatu perkampungan warga, seperti sebagaimana toko kelontong pada umumnya. Toko tersebut merupakan suatu bentuk usaha kecil, dimana manajemen & kepemilikan usaha menjadi satu, yaitu pada Koh Afuk, dengan karyawan yang hanya berjumlah 5 orang, yaitu Ojak, Yadi, Naryo, Amiaw, dan Kuncoro.


Analisis SWOT Toko Jaya Baru

Salah satu alat bantu untuk menentukan strategi bisnis bagi suatu perusahaan adalah analisis SWOT, yaitu analisis yang meninjau faktor internal (Strength & Weakness) dan eksternal (Opportunity & Threat) melalui daftar/data yang terorganisir. 


Toko Jaya Baru

Strength (Kekuatan) 

  • Toko Jaya Baru merupakan pemain veteran di dalam industrinya, yang mana sudah dirintis sejak lama oleh Koh Afuk, sehingga sudah memiliki segmen pasar yang utama dengan retensi tinggi.

  • Untuk ukuran toko kelontong yang tradisional, Toko Jaya Baru adalah toko yang terbilang besar, dengan barang-barang dagangan sehari-hari yang lengkap dan juga memiliki karyawan, yang pada umumnya tidak banyak dimiliki oleh toko kelontong yang kecil.

Weakness (Kelemahan)

  • Dikarenakan ukuran toko kelontong yang besar, bisa dikatakan Toko Jaya Baru hampir menyamai model operasional sebuah minimarket dimana pembeli bisa melihat dan memilih sendiri barang yang diinginkan, sedangkan model layout toko kurang efektif untuk pelanggan melihat dan memeriksa barang yang ingin mereka beli.

  • Pembagian tugas dan SOP dari karyawan toko masih kurang spesifik dan terintegrasi.

Opportunity (Kesempatan/Peluang)

  • Model kegiatan jual-beli yang dapat dikatakan tradisional dari karyawan dan pelanggan, terutama bagi pelanggan reguler dapat menjadi peluang untuk mengedepankan customer retention & value agar pelanggan dapat merasakan kepuasan yang lebih dari sekedar berbelanja di Toko Jaya Baru.

  • Beberapa fasilitas toko dapat diperbarui agar lebih efektif dan efisien, terutama dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Threat (Ancaman)

  • Terdapat toko serupa yang berada persis di sebelah Toko Jaya Baru yang dimiliki oleh Pak Nandar sekaligus pesaing utama yang sama-sama sudah merintis toko kelontong sejak lama.

  • Hadirnya minimarket yang terbilang lebih modern memberikan ancaman berkurangnya minat pelanggan untuk berbelanja di Toko Jaya Baru.


Analisis Five Forces Toko Jaya Baru

Untuk mengetahui posisi suatu perusahaan di dalam industri bisnis, terdapat suatu alat/metode yang dapat digunakan, yaitu Analisis 5 Kekuatan Porter (Porter’s Five Forces Analysis). Metode analisis ini dikemukakan oleh Michael Porter (Universitas Harvard) pada tahun 1979. Analisis Lima Kekuatan Porter ini merupakan salah satu Analisis yang cukup sering digunakan dalam menentukan Manajemen Strategi sebuah perusahaan. 



Ancaman Pendatang Baru

Ancaman pendatang baru yang diceritakan dalam series adalah adanya minimarket dengan konsep modern

Ancaman Produk Pengganti

Toko yang menawarkan kebutuhan dengan suasana modern, dilengkapi fasilitas AC, ATM, dan harga yang fix tertera pada rak akan menjadi ancaman menggantikan suasana toko tradisional Toko Jaya Baru.

Namun, Toko Jaya Baru memiliki segmentasi tersendiri dalam hal ini.

Persaingan Antar Perusahaan Sejenis

Terdapat toko serupa yang berupa toko kelontong konvensional di sebelah Toko Jaya Baru, bentuk dan konsep toko dapat dikatakan sama.

Kekuatan Tawar-Menawar Pemasok 

Pada Toko kelontong, harga yang ditawarkan pemasok relatif sama, sehingga kekuatan tawar menawar pemasok Toko Jaya Baru dapat dikatakan sama dengan toko sejenisnya.

Kekuatan Tawar-Menawar Pembeli

Adanya toko serupa di sebelah Toko Jaya Baru, membuat kekuatan tawar menawar kepada pembeli kurang baik, karena apabila toko sebelah menurunkan harga, pembeli akan relatif beralih ke toko sebelah. Tidak hanya harga, kenyamanan berbelanja pun mempengaruhi keputusan pelanggan.


Strategi Bisnis untuk Toko Jaya Baru

Setelah dilakukan analisis untuk mengetahui posisi Toko Jaya Baru dalam bisnisnya, dapat disusun beberapa strategi-strategi bisnis untuk lebih membantu mengembangkan dan memajukan bisnisnya. Strategi tersebut terbagi menjadi 3 tingkatan (levels) yaitu, level korporat, bisnis, dan fungsional. 

A. Level Korporat Concentration on Single Industry

  • Penentuan Visi-Misi

Untuk menentukan Visi setidaknya menjawab apa yang akan dicapai dan kemana arah Toko Jaya Baru. Dimana, value yang digenggam Toko Jaya Baru adalah nuansa tradisional toko kelontong. 

Visi Toko Jaya Baru harus menjawab kedua pertanyaan mengenai akan kemana dan apa yang ingin dicapai. Sementara untuk Misi dapat menjawab Apa yang dilakukan untuk siapa. Dengan demikian, maka

Visi: 

Menjadi toko kelontong modern yang tidak kalah bersaing tanpa mengubah suasana toko konvensional dan tetap menjaga nilai-nilai tradisional.

Misi: 

  1. Memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan ramah suasana tradisional untuk pelanggan.

  2. Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan fokus produk dan pelayanan yang berkualitas.

  • Penetapan Strategi Berdasarkan Matriks SWOT

Strategi yang berfokus pada peningkatan kinerja toko, berdasarkan analisis SWOT dapat dilakukan adalah

  1. Penerapan pembagian tugas (job description) masing-masing karyawan sehingga setiap karyawan memiliki tanggung jawab masing-masing. 

  2. Pembuatan dan penentuan model Layout Toko sehingga dalam berbelanja pelanggan dapat merasa lebih nyaman dalam memilih dan mengecek pembelian, misalnya seperti cat ulang dan dekorasi toko sehingga lebih enak dipandang, dan penataan rak-rak barang yang lebih rapi dan mudah untuk dilihat dan diambil oleh pelanggan.

  3. Penentuan SOP yang lebih terorganisir dan terintegrasi sehingga dapat secara sukarela dipatuhi dan dilaksanakan oleh karyawan untuk meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan.

  4. Penciptaan situasi dan kondisi toko yang bersih dan nyaman, sehingga selain untuk berbelanja, pelanggan juga bisa untuk sekedar ngobrol/nongkrong untuk sesaat, sesuai dengan konsep toko kelontong sebagai toko tradisional, sehingga customer value & retention dapat dioptimalkan.

  5. Pembaharuan fasilitas-fasilitas toko yang dapat membantu operasional sehari-hari, sehingga meski Toko Jaya Baru adalah toko tradisional, namun tidak kuno, fasilitas yang ditambah dapat berupa pemasangan CCTV, menyediakan opsi pembayaran online, dll.

B. Level Bisnis

  • Fokus Diferensiasi (Berdasarkan Five Forces Porter)

Pada level bisnis, strategi yang dapat digunakan oleh Toko Jaya Baru berdasarkan analisis Five Forces adalah Fokus pada diferensiasi. Dikarenakan terdapat toko serupa dengan lokasi tepat di sebelah Toko Jaya Baru dengan umur toko yang cukup lama sehingga untuk melakukan strategi efisiensi biaya (low-cost strategy) relatif sulit diimplementasikan karena biaya tenaga kerja dan pemasok sama. 

Diferensiasi yang dapat diimplementasikan adalah jasa pengantaran bagi pelanggan dengan nominal transaksi tertentu. Hal ini akan menjadi perbedaan bagi toko serupa dan menjangkau potensi pelanggan yang enggan untuk ke luar rumah.

C. Level Fungsional

Bentuk bisnis Toko Jaya Baru lebih menitikberatkan pada proses operasional dalam menjalankan dan mempertahankan bisnis nya. Karyawan yang terdiri dari 5 orang membuat manajemen karyawan bukan menjadi poin utama namun bonding kepada karyawan terbangun dengan baik. Strategi yang dikembangkan kembali adalah bagian operasional.

  • Strategi Optimalisasi Operasional Toko

Operasional yang optimal dapat menghasilkan output secara efektif dan efisien didukung dengan penentuan input dan proses transformasi. Penentuan jumlah input dan jenis input dapat mempengaruhi output dan tercapainya tujuan perusahaan. Strategi pengembangan pada level operasional adalah

  1.  Penambahan variasi barang dagang yang akan membuat Toko Jaya Baru dapat menawarkan berbagai kebutuhan pelanggan.

  2. Meningkatkan quality control bagi barang sudah kadaluarsa.



Artikel ini telah di cek anti plagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Disusun oleh: Kelompok 3-Notorious Businessman:

  • Dhanesworo Arsojotegto Yuwonoputro

  • Fadilla Aulia Rahma



Referensi:

Ferrell, O. C., Hirt, G. A., & Ferrell, L. (2020). Business: A Changing World. Twelfth Edition.

New York: McGraw-Hill Education.  


Jones, Gareth R. & George, Jennifer M. 2009. Contemporary Management 11th edition. New York: McGraw-Hill Education


Youtube. Trailer Cek Toko Sebelah The Series. URL. https://www.youtube.com/watch?v=hKHM5KsaWd0


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format