Analisis Strategi Bisnis Perusahaan The One : Matchmaking Application (2021)

Membantu orang-orang menemukan cinta sejati lewat pengujian DNA.


0

Sinopsis

Series The One menceritakan tentang sebuah aplikasi MatchDNA yang mampu membantu orang-orang menemukan jodohnya secara genetik yang didirikan oleh perusahaan bernama The One. Hanya dengan menggunakan air liur dan beberapa helai rambut, seseorang dapat menemukan jodohnya. Rebecca Webb, CEO sekaligus founder dari MatchDNA, bersama rekannya James Whiting, yang merupakan pemilik saham kedua terbesar dari MatchDNA, dengan kerjasama yang baik mampu menghasilkan aplikasi ini. MatchDNA mengklaim bahwa dengan penggunaan aplikasi ini, seseorang dapat menemukan pasangannya dan menjamin cinta sejati. Dimulai dari penelitian James yang awalnya dilakukan pada semut dan menghasilkan bahwa semut saling merespons satu sama lain karena saling berbagi mutasi DNA yang membuat semut berkumpul dan membentuk koloni. Rebecca berpikir bahwa hal ini mungkin saja dapat dialami oleh manusia juga, dimana ia tertarik untuk mengembangkan ini kepada manusia. Namun, menurut James, pengembangan ini pada manusia akan lebih rumit dan memerlukan berbagai pengujian. Saat ingin melakukan pengujian terhadap penelitian, James menemukan masalah dalam mendapatkan database DNA, Rebecca mengusulkan untuk menggunakan laptop milik teman mereka yaitu Ben Naser secara diam-diam. Pengujiannya berhasil dan untuk menguji bagaimana keberhasilan di dunia nyata, James memasukkan data Rebecca ke dalam database dan Rebecca menemukan pasangan, Matheus Silva. Rebecca pun mencoba menemui Matheus dan Matheus jatuh cinta kepadanya, ini membuktikan bahwa eksperimen perjodohan lewat genetika mereka berhasil. Keberhasilan ini membuat Rebecca dan James bertemu dengan Demian, seorang investor yang memiliki pengetahuan mengenai sains. Walaupun awalnya menolak berinvestasi, Demian akhirnya setuju dan membiayai mereka. Karena bantuan Demian, MatchDNA mampu tumbuh menjadi perusahaan besar yang tersebar di 142 negara dan mempertemukan 26 juta orang. Namun, Rebecca memiliki isu yang menerpa dirinya yang dimana ini menurut Demian dapat mempengaruhi perusahaan kedepannya. Hal ini mendorong Demian untuk mengajak rekan lain untuk menurunkan Rebecca dari jabatannya, namun hingga akhir episode, Demian masih belum mampu menurunkan Rebecca. Tidak hanya itu, masalah lainnya adalah banyak pihak yang menolak adanya MatchDNA karena banyaknya pasangan yang bercerai, berpisah, karena pada aplikasi, ditemukan bahwa mereka bukan pasangan yang sesuai genetik atau DNA. Dibalik semua masalah yang menerpa, Rebecca masih beranggapan bahwa pasangan yang berpisah bukan murni kesalahan dari MatchDNA.

Penting bagi perusahaan untuk menetapkan visi dan misi agar perencanaan yang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana. Adapun visi dan misi dari MatchDNA yaitu:

Visi MatchDNA: 

Membantu orang-orang menemukan cinta sejati lewat pengujian DNA.


Misi MatchDNA:

  • Memberikan hasil yang akurat terhadap pengujian DNA sehingga tidak ada kesalahan dalam pemasangan.

  • Memberikan pelayanan yang baik dan mudah diakses

  • Mendekatkan masyarakat dengan pasangannya yang sesuai secara genetik.


Analisis SWOT adalah perencanaan yang dilakukan oleh manajer untuk mengidentifikasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threats) perusahaan. Adapun analisis dari MatchDNA yaitu:

Strengths
  • Mampu memperbesar kemungkinan seseorang mendapatkan pasangan

  • Sudah teruji dan terbukti keberhasilan dalam memasangkan pasangan

  • Memiliki banyak pengguna

  • Tersebar di 142 negara

  • Telah memiliki reputasi yang baik dimata masyarakat

  • Mudahnya penggunaan aplikasi berbasis web

  • Tidak memerlukan banyak persyaratan untuk menggunakan aplikasi


Weaknesses
  • Besarnya kemungkinan orang yang telah berpasangan dan ternyata tidak “match” di MatchDNA untuk berpisah

  • Diperlukannya perangkat elektronik untuk penggunaan

  • MatchDNA belum menyiapkan kemungkinan jika ada “match” nya orang tersebut dengan anak kembar justru akan membuat perpecahan dalam persaudaraan. 


Opportunities
  • Tingginya minat masyarakat untuk memiliki pasangan

  • Ketertarikan masyarakat pada teknologi baru dapat mendorong meningkatnya pengguna MatchDNA


Threats
  • Mudah untuk ditiru oleh perusahaan lain

  • Banyak masyarakat yang skeptis akan aplikasi ini

  • Isu yang menerpa CEO perusahaan dapat berakibat kepada penurunan pengguna aplikasi

  • Ancaman dari sponsor untuk menggulingkan CEO yang dianggap terlalu dominan dalam memimpin.




Analisis five forces dapat membantu manajer untuk dapat fokus terhadap lima hal yang paling kompetitif atau kemungkinan ancaman pada lingkungan luar perusahaan. Adapun analisis five forces bagi MatchDNA, yaitu:

The level of rivalry among organizations in an industry
Dalam The One, MatchDNA belum memiliki pesaing antar organisasi di industrinya. Ia masih merupakan monopoli, oleh sebab itu ia memiliki banyak pengguna dan mampu menguasai pasar karena teknologi baru yang dikembangkan mampu menarik minat masyarakat. Namun, apabila suatu saat ada pesaing, akan sulit untuk pesaing tersebut mengalahkan MatchDNA karena perusahaan ini telah lebih dahulu menguasai pasar, kecuali perusahaan baru dapat memberikan fitur yang lebih menarik dan berbeda dari MatchDNA
The potential for entry into an industry
Dengan masuknya MatchDNA ini sangat berpotensial khususnya bagi para pencari pasangan hidup dari segala usia. Apalagi bagi anak muda yang selalu tertarik pada hal-hal baru. Karena perjalanan Rebecca terkait bagaimana masuk ke industri ini sudah diketahui khalayak, ini tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada pesaing yang masuk ke dalam industi. Namun, mengingat tingginya biaya dalam memasuki industri ini dan sudah terpercayanya MatchDNA, tidak akan mudah bagi pesaing untuk masuk dan bertahan dalam industri ini. Dapat dikatakan barriers to entry cukup tinggi.
The power of large suppliers
Supply terbesar yang dibutuhkan oleh perusahaan berasal dari database DNA, yang dimana apabila hal ini terdapat masalah akan membuat MatchDNA rugi besar karena tidak mampu lagi mencocokkan antar DNA. Hal ini membuat MatchDNA sangat bergantung pada supply database DNA ini.
The power of large customers
Menurut series ini, aplikasi MatchDNA sangat banyak dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. Dimana setiap masyarakat menginginkan hal yang sama yaitu mengetahui dan bertemu dengan pasangannya. Perusahaan The One mengalami banyak keuntungan karena sebagian merupakan customer loyalty / pengguna yang sangat menanti-nanti aplikasi tersebut saat launching. Selain itu, yang membuat pengguna nya betah adalah aplikasi tersebut memiliki fitur video call dimana jika pasanganmu dari luar negara bisa saling menyapa dalam fitur tersebut. Dengan  orang-orang yang harus menunggu hasil MatchDNA nya bertujuan agar masyarakat terfokus untuk lebih sering membuka aplikasi tersebut. Dengan banyaknya pengguna aplikasi ini, memberikan profits yang sangat besar kepada perusahaan dimana jumlah pengguna terus bertambah setiap harinya.
The threat of substitute products
Dalam cerita, saat ini perusahaan The One masih mengalami pertumbuhan dari segi pengguna atau revenue nya. Perusahaan masih mengalami kendala dalam model bisnis MatchDNA nya ini yang mengharuskan untuk terus memperbaiki kesalahan yang terjadi dalam aplikasi tersebut. Contohnya jika menemukan kakak-beradik kembar yang justru memperumit hubungan satu orang. Walaupun dibalik masalah ini, masyarakat belum memiliki pilihan untuk beralih ke aplikasi lain karena belum adanya produk yang dapat mensubstitusikan MatchDNA.


Sumber: Jones et al., (2016: 220)

Dalam perusahaan biasanya perencanaan dilakukan pada tiga level manajemen yaitu korporat (corporate), bisnis (business), dan fungsional (functional). Setiap level ini tentu saja mengambil keputusan yang berbeda namun sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Adapun strategi setiap level pada MatchDNA yang berdasarkan analisis SWOT dan five forces, yaitu:

Strategi yang dapat diambil oleh MatchDNA untuk level korporat yang dapat dilihat dari analisis SWOT dan five forces yang telah dilakukan yaitu dengan menerapkan vertical integration. Menurut Jones et al., (2016: 228), vertical integration adalah pengembangan kegiatan operasi perusahaan yang dapat dilakukan dengan mengambil langkah maju ke depan (mendistribusikan, menggunakan dan menjual produk sendiri) atau ke belakang (dengan membuat input atau menyediakan input sendiri). MatchDNA tidak akan bergantung lagi dengan supplier DNA yang mensupply-nya sekarang apabila perusahaan mampu melakukan merger dengan perusahaan penyedia DNA tersebut, dimana untuk melakukan penelitiannya sendiri akan menghabiskan banyak waktu dan biaya. Namun, dengan bergabung menjadi satu dengan supplier seperti melakukan merger akan memberikan keuntungan kepada MatchDNA karena pesaing pun akan sulit untuk mendapatkan database DNA sehingga akan memperkecil kemungkinan menaikkan barriers to entry ke industri.


Dalam level bisnis strategi nya, MatchDNA lebih cenderung kepada focused differentiation yaitu sebuah strategi yang fokusnya untuk membedakan produk / jasa organisasi dari produk pesaing pada segmen tertentu seperti desain produk, kualitas, atau jasa. Biasanya berfokus dalam memenangkan suatu pasar. Perusahaan The One menciptakan sebuah aplikasi bernama MatchDNA yang merupakan daya tarik perusahaan. Terbentuknya MatchDNA ini untuk mempertemukan pengguna dengan pasangan nya berdasarkan DNA. Jasa tersebut merupakan keunikan bagi perusahaan yang menyebabkan MatchDNA ini “stand out” dari pada yang lain sekaligus sebagai pelopor aplikasi berbasis DNA yang diciptakan. Karena menjadi yang pelopor, maka masyarakat tidak memiliki pilihan untuk beralih ke aplikasi lain karena belum adanya produk yang dapat mensubstitusikan MatchDNA. Ditambah lagi, apabila aplikasi tersebut berhasil serta memberikan dampak positif kepada masyarakat, semakin menaikkan nama perusahaan dan mendatangkan banyak masyarakat untuk patut mencobanya.


Pada strategi level fungsionalnya, yaitu dari segi operasi, pemasaran, dan sumber daya manusia perusahaan juga dilakukan analisis yang didasari atas analisis SWOT dan five forces yang telah dilakukan sebelumnya. Dari segi pemasaran, dapat dengan meningkatkan pada advertising yang dapat semakin mendorong brand awareness sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa akan semakin meningkatnya pengguna dari MatchDNA dan meningkatkan profit perusahaan. Tidak hanya itu, lewat advertising, perusahaan juga dapat memperbaiki citranya dan menerpa isu buruk yang beredar.  Pada sisi sumber daya manusia, Perusahaan The One memiliki SDM yang mumpuni dalam mengelola perusahaan dan membantu aplikasi MatchDNA untuk berkembang lebih stabil. Terlihat dalam series, setiap masing individu pekerja di perusahaan The One memiliki peranannya dalam organisasi atau perusahaan tersebut. SDM tersebut yang akan mengelola jalannya proses bisnis pada suatu perusahaan. Sehingga dibutuhkan kinerja yang optimal dari seluruh SDM yang ada dan terlibat dalam suatu perusahaan. Dari segi operasi, untuk mengoptimalkan tujuan dari perusahaan maka baik owner maupun peneliti yang bekerja pada perusahaan The One perlu mengawasi apabila adanya kesalahan pada cara proses bisnis yang dijalankan MatchDNA. Contoh kasus yang terjadi dalam series ini bahwa ada kejanggalan pada aplikasi terhadap anak kembar yang dapat menyebabkan retak nya sebuah hubungan mengingat proses matchmaking ini berdasarkan DNA seseorang sehingga perusahaan perlu mempertimbangkan model bisnis nya agar bisa diterima dan digunakan oleh banyak masyarakat.

Referensi

Jones, G.R., dan George, J.M. (2016). Contemporary Management. 9th Edition, McGraw-Hill,

New York.

Netflix. (2021). The One diakses pada 18 April 2021.

Artikel ini telah dicek anti plagiarisme via web https://smallseotools.com/plagiarism-checker/


Kelompok 4: Viking Raiders

I Gusti Agung Ayu Laksmi Kurnia Putri

Kahfiara Krisna Selia Putri


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format