Analisis Strategi Samsan Tech dalam Drama Start-Up

Analisis SWOT, Five Forces dan Strategi Level Bisnis, Korporat serta Fungsional pada Samsan Tech


0

Pada Oktober 2020, tvN menayangkan Drama Series berjudul Start-Up. Drama series ini menceritakan tentang perjalanan karir beberapa anak muda dalam mendirikan perusahaan rintisan (Start-Up). Perjalanan karir itu pun dimulai pada saat diadakannya program keanggotaan SandBox ke-12. SandBox sendiri merupakan suatu organisasi yang membantu para perusahaan rintisan untuk berkembang. perusahaan rintisan yang berhasil masuk menjadi anggota SandBox akan mendapatkan mentor dan akan dibimbing untuk perkembangan perusahaan nya, serta bisa mendapatkan investor bagi perusahaan yang mereka dirikan.

     Dari sekian banyak perusahaan rintisan yang ikut, ada 1 perusahaan yaitu Samsan Tech yang beranggotakan Seo Dal Mi, Nam Do San, Lee Chul San, Kim Yong San dan Jeong Sa Ha. Perjalanan Samsan Tech pun dimulai saat perusahaan ini  berhasil masuk dan mengikuti program keanggotaan SandBox.

Samsan Tech

      Samsan Tech adalah perusahaan rintisan yang berinovasi melalui kecerdasan buatan. Sebelum mengikuti SandBox, Samsan Tech hanyalah sebuah perusahaan kecil yang dibuat oleh 3 orang mahasiswa lulusan teknik yaitu Nam Do San, Lee Chul San, dan Kim Yong San dengan Nam Do San sebagai pemimpinnya. Selama karir nya, perusahaan ini tidak pernah mendapatkan investor seorang pun, karena memang dalam bidang teknologi yang mereka jalankan, masih dianggap belum diperlukan dan kemampuan menjalankan bisnis dari mereka bertiga pun masih sangat minim. Sampai tiba dimana suatu hari diadakannya program keanggotaan SandBox yang ke-12 dan Samsan Tech mengikuti program tersebut untuk memulai rintisan bisnis nya.

     Dalam program ini, pertama para peserta diharuskan menjawab beberapa pertanyaan untuk melihat kemampuan nya dalam menjadi CEO suatu perusahaan, apabila jawaban yang diberikan sesuai dengan kriteria, maka ia berhak menjadi CEO dalam perusahaan yang ia miliki. Dari ketiga pemilik Samsan Tech, tidak ada seorang pun yang menjadi CEO dan mereka akan gugur apabila tidak ada CEO yang datang ke perusahaan mereka. Akhirnya dengan kekecewaan yang masih melanda ketiga orang pendiri Samsan Tech ini, datanglah satu orang yang terpilih menjadi CEO yaitu Seo Dal Mi yang menawarkan diri nya untuk menjadi CEO untuk perusahaan Samsan Tech. 

       Tidak sampai disitu, Seo Dal Mi harus mencari satu orang lagi untuk bergabung di Samsan Tech, karena setiap kelompok harus beranggotakan lima orang. Akhirnya, Seo Dal Mi pun merekrut Jeong Sa Ha sebagai desainer di Samsan Tech. Mereka berlima bekerja sama selama tiga hari dua malam untuk mempersiapkan presentasi mereka di pekan retas agar dapat bergabung ke SandBox. Dibawah pimpinan Seo Dal Mi, Samsan Tech berhasil masuk ke lima besar dalam pekan retas dari SandBox ini dengan menciptakan suatu produk teknologi berupa jasa untuk mendeteksi perbedaan dari tulisan tangan, yang dapat mengetahui apakah terdapat pemalsuan atau tidak. Dengan ini, Samsan Tech telah resmi bergabung sebagai anggota SandBox.

        Setelah berhasil bergabung sebagai anggota dari SandBox, Samsan Tech mulai mengembangkan ide-ide bisnis baru nya. Masih dalam bidang teknologi kecerdasan buatan, Samsan Tech menciptakan suatu teknologi yang bernama Noongill. Noongill adalah sebuah teknologi berupa aplikasi pada smartphone yang sangat berguna bagi para penyandang tunanetra. Cara kerja Noongill adalah dengan menggunakan kemera dari smartphone pengguna yang diarahkan ke suatu benda ataupun makhluk hidup, kemudian dari aplikasi tersebut akan mengeluarkan suara yang menjelaskan tentang benda atau makhluk hidup yang terdapat di depannya. Samsan Tech membuat teknologi seperti ini karena memang visi misi mereka yang sangat kuat dalam mengambangkan teknologi di dunia modern kelak. Dengan Noongill, Samsan Tech berhasil memenangkan hari demo di SandBox dan memenangkan 50.000.000 Won. Hari demo adalah hari dimana setiap perusahaan rintisan di SandBox mempresentasikan produknya. Hari demo dihadiri oleh banyak investor yang mumpuni, yang mana ini menjadi kesempatan besar bagi perusahaan rintisan di SandBox. 

Visi dan Misi Samsan Tech

        Berdasarkan serial televisi ini, kita dapat melihat bahwa Samsan Tech memiliki Visi dan Misi yang cukup bagus. Samsan Tech membuat suatu teknologi pengenalan benda dengan menggunakan kamera yang mana dapat digunakan untukmengidentifikasi benda dengan mengarahkan kamera ke arah benda tersebut kemudian akan muncul identifikasi benda tersebut di monitor yang telah terprogram. Teknologi ini juga dapat mengenali wajah seseorang atau yang kerap disebut pada zaman sekarang ini adalah face recognition. Berikut adalah Visi dan Misi dari Samsan Tech Berdasarkan serial televisi ini:

VISI

Menjadi perusahaan teknologi yang bergerak dalam bidang artificial intelligence yang mampu bersaing di dunia global dan mampu memberi kontribusi yang baik dalam kehidupan masyarakat.

MISI

  • Menciptakan produk berbasis artificial intelligence yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Mengembangkan produk buatannya menjadi suatu produk yang lebih canggih dan bermanfaat
  • Mengedepankan profesionalisme serta kemampuan individu dan tim untuk menciptakan produk-produk unggulan.

Analisis SWOT Samsan Tech

     Kita sudah sangat sering membaca dan mendengar mengenai analisis SWOT, yang dimana merupakan suatu analisis dalam perencanaan untuk menentukan strategi yang sesuai untuk keberlangsungan suatu perusahaan di kemudian hari. Menurut Jones dan George (2020) yang ditulis dalam bukunya yang berjudul “Contemporary Management” menjelaskan bahwa analisis SWOT adalah suatu perencanaan yang dilakukan oleh manajer dengan mengidentifikasi Strength (S), Weakness (W), Opportunity (O), dan Threats (T) dari suatu organisasi atau suatu perusahaan. Kali ini kita akan membahas mengenai analisis SWOT yang terdapat pada Samsan Tech, berikut penyajian nya:

Analisis SWOT

Samsan Tech

Strength

Samsan Tech memiliki anggota yang potensial, yang sangat handal dalam programer, memungkinkan mereka untuk membuat suatu teknologi yang canggih dan dapat bersaing.

Weakness

Kurangnya kemampuan dalam berbisnis menjadi salah satu kekurangan Samsan Tech. Hal ini terjadi karena semua anggota Samsan Tech belum memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup dalam dunia bisnis.

Opportunity

Teknologi yang dibuat oleh Samsan Tech merupakan teknologi yang belum ada di pasaran, pesaing yang bergerak di bidang kecerdasan buatan juga masih sedikit, maka dari itu Samsan Tech memiliki peluang yang cukup besar untuk memulai bisnis nya.

Threats

Samsan Tech memiliki satu pesaing yang juga berkompeten dalam hal teknologi kecerdasan buatan, yaitu adalah In Jae Company. Mereka membuat teknologi yang menyerupai Samsan Tech.

       Kekuatan Samsan Tech terdapat pada Nam Do San, Lee Chul San, dan Kim Yong San sebagai CTO yang handal. Mereka bertiga memiliki kemampuan yang sangat mumpuni dalam bidang teknologi terutama kecerdasan buatan. Hal ini dibuktikan dengan menangnya mereka dalam perlombaan internasional CODA, suatu perlombaan proposal bisnis bagi para perusahaan yang bergerak di bidang kecerdasan buatan. Seo Dal Mi menjadi kekuatan sekaligus kekurangan dari Samsan Tech. Sifat optimis, semangat, kreatif dan inovatif Seo Dal Mi menjadi kekuatan bagi perusahaan, yang mana dapat memotivasi para anggotanya dalam bekerja. Kekurangan Seo Dal Mi yang sekaligus menjadi kekurangan perusahaan adalah kurangnya pengalaman dan pengetahuan sebagai CEO menjadikan Seo Dal Mi memiliki kemampuan yang kurang terutama dalam pengambilan keputusan. Hal ini sangat terlihat di beberapa scene film ini, yaitu saat membagikan kesepakatan jumlah saham pada para anggota perusahaan nya. Tidak hanya itu, dalam memilih investor Dal Mi juga melakukan kesalahan yang berakibat fatal terhadap Samsan Tech.

        Peluang yang dimiliki Samsan Tech sangatlah besar. Sedikitnya pesaing yang bergerak di bidang teknologi terutama kecerdasan buatan menjadi salah satu peluang mereka. Selain itu, ide kreatif dan inovasi yang mereka ciptakan menjadikan produk yang mereka buat tidak memiliki pesaing. Sehingga mereka menjadi pemain utama dalam produk ini. Ancaman Samsan Tech adalah pesaing yang mumpuni. Pesaing memang sedikit, tapi memiliki kekuatan yang cukup kuat dan mereka memiliki pengalaman yang cukup lama. Morning Group adalah salah satu pesaing yang sudah lama bergerak dibidang teknologi dan In Jae Company adalah pesaing baru dalam bidang kecerdasan buatan yang anggotanya memiliki pengalaman yang cukup baik.

Analisis Five Forces Samsan Tech

      Menurut Jones dan George (2020) yang menjelaskan tentang teori dari Michael Porter yaitu Analisis Five Forces ini adalah suatu model analisis yang membantu manajer untuk berfokus pada lima kekuatan dari kompetitif atau potensi ancaman yang terdapat di lingkungan eksternal. Berikut Analisis Five Forces pada Samsan tech:

The Five Forces

Samsan Tech

Level of  Rivalry in an Industry

Tingkat persaingan dalam perusahaan yang bergerak dalam industri ini masih terbilang cukup rendah, karena perusahaan yang bergerak dalam industri teknologi kecerdasan buatan masih tergolong sedikit.

Potential for New Entrants

Ancaman kompetitor baru pada industri ini tergolong rendah. Hal ini terjadi karena industri ini membutuhkan modal yang besar dan SDM berkompetensi tinggi. Selain itu industri ini juga memiliki risiko yang tinggi.

Power of Large Suppliers

Dalam hal ini, Samsan Tech sudah termasuk sebagai suppliers, karena Samsan Tech membuat suatu teknologi software yang kemudian akan dipasarkan dan dijadikan produk yang digunakan oleh konsumen nya yaitu para tunanetra.

Power of Large Customers

Dalam dunia teknologi, faktor yang sangat mempengaruhi kekuatan konsumen adalah diferensiasi produk. Sehingga peningkatan diferensiasi produk akan sangat berpengaruh pada penjualan

Threats of Substitute Products

Pada industri kecerdasan buatan dengan produk seperti Noongill, konsumen akan sulit untuk mendapatakan produk substitusi atau bahkan tidak ada. 

 Strategi Samsan Tech

Type of Level Strategy

Samsan Tech

Business Level Strategy

Differentiation

Corporate Level Strategy

Related Diversification

Functional Level Strategy

Human Resources

Memberikan mentoring dan pelatihan kepada seluruh anggota Samsan Tech, terutama tentang manajemen dan bisnis.

Finance

Mendapatkan investor yang mumpuni.

Marketing

Mempromosikan produknya dengan lebih baik lagi agar dapat lebih dikenal masyarakat.

Operations

Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk setiap anggota.

      Strategi level bisnis yang tepat untuk digunakan Samsan Tech adalah strategi diferensiasi. Menurut Jones dan George (2020), strategi diferensiasi merupakan strategi dengan cara menciptakan produk yang berbeda dari pesaing pada aspek desain produk layanan dan kualitas, yang mana perusahaan menjadikan hal ini sebagai competitive advantage dari produk tersebut. Dalam hal ini Samsan Tech membuat produk tanpa memiliki ciri khas tertentu baik itu dari segi desain, layanan dan kualitas. Apabila suatu saat nanti ada pesaing yang masuk kedalam bidang industri yang sama dengan Samsan Tech, maka produk dari Samsan Tech tidak dapat bersaing dengan tidak adanya ciri khas yang menonjol dibandingkan produk pesaing nya.

        Selanjutnya untuk strategi level korporat yang tepat untuk Samsan Tech adalah strategi Related Diversification. Menurut Jones dan George (2020) dalam bukunya, strategi ini adalah strategi dimana suatu perusahaan merambah pada industri baru namun masih dalam bidang yang sama. Samsan Tech dapat melakukan strategi tersebut, sebagaimana misalkan, saat ini Samsan Tech sudah membuat produk berupa Noongill, kedepannya Samsan tech juga dapat membuat produk yang masih dalam bidang yang sama seperti teknologi yang mengunci dan membuka suatu peralatan pribadi hanya dengan menggunakan wajah sang pemilik nya, atau bahkan suatu teknologi buatan yang mampu menjalankan alat secara otomatis.

        Dalam strategi level fungsional ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu yang pertama adalah dalam Human Resources nya, walaupun Samsan Tech telah memiliki SDM dengan skill tinggi terutama CTO nya yang sangat berkompeten, akan lebih baik lagi apabila Samsan Tech melakukan mentoring dan juga pelatihan untuk seluruh anggota. Hal ini dilakukan, melihat dari kurangnya wawasan anggota Samsan Tech terhadap manajemen dan juga bisnis. Tujuan dari diadakannya mentoring dan pelatihan agar para anggota memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup sehingga memudahkan pengambilan keputusan dan kinerja dalam perusahaan.Selanjutnya dalam bidang Finance atau keuangan. Samsan Tech akan cepat berkembang apabila mendapatkan investor yang mumpuni untuk perusahaannya. Hal ini terjadi karena dalam bidang keuangan Samsan Tech sedang krisis dan diambang batas, sehingga menemukan investor yang tepat merupakan strategi terbaik untuk Samsan Tech. Selain itu, dalam segi marketing, Samsan Tech dapat melakukan pengiklanan produk (advertising) dengan cara mengiklankan nya kepada semacam organisasi pemberdaya tunanetra, agar produk mereka dapat lebih dikenal dan akan banyak digunakan oleh penyandang tunanetra. Pengoptimalan website dan media sosial juga dapat dilakukan untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas. Yang terakhir adalah strategi dalam aspek operasional. Alangkah baiknya apabila Samsan Tech membuat Standar Operasional Prosedur atau SOP untuk setiap bagiannya. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja para anggota agar lebih efektif dan efisien.

           
Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Nama anggota : 

  1. Selma Ferena 
  2. Muhammad Jodi Aprianda Fadhlan

Referensi

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.

Serial Televisi Drama Korea Start-Up.

Ide tentang Noongill


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Managers R Us

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format