Adu Strategi Amerika dalam Perang Pasifik

Analisis lebih lanjut terkait strategi perang Amerika dalam usahanya menumbangkan Jepang pada Perang Dunia ke-2


0

https://www.youtube.com/watch?v=o8CWsSFYpNY

The Pasific merupakan sebuah miniseri dari HBO yang bercerita tentang perang pasifik dalam era perang dunia ke 2. Perang pasifik sendiri merupakan pertempuran sengit antara Amerika Serikat dan Jepang. Hal itu dipicu oleh serangan angkatan udara Jepang ke pangkalan laut Amerika di Peal Harbour, tepatnya di Hawai.

Dalam miniseri ini akan menceritakan tentang kehidupan tentara Amerika yang bernama Eugene Sladge, John Basilone, dan Robert Leckie. Miniseri ini mengambil sudut pandang dari Amerika serikat selama penyerangan mereka di perang pasifik. Miniseri ini terdiri dari 10 episode.

Cerita dimulai dari Episode 1 (Guadalcanal) yang mengisahkan seorang tentara bernama Robert Leckie yang waktu itu sedang menempuh perjalanan panjang ke pulau Guadalcanall. Guadalcanal sendiri merupakan daerah di sekitar Kepulauan Soloman, tepatnya di timur Pulau Papua.

Sementara itu, Eugene Sladge, seorang pemuda yang berambisi penuh menjadi tentara Amerika harus menanggalkan impiannya dikarenakan penyakit lemah jantung yang dideritanya. Sedangkan sahabatnya yang bernama Sidney Phillips terpilih lebih dahulu menjadi tentara dan akan segera diterjunkan ke medan perang. Eugene merasa sangat sedih, karena dirinya hanya bisa meratapi kondisinya, disaat teman-teman sebayanya sedang berjuang membela negara.

Pada Episode 2 yang berjudul Basilone, akan berfokus pada perjuangan dari seorang tentara yang bernama John Basilone dalam tugasnya di perang Guadalcanal. Lalu episode 3 (Melbourne) bercerita mengenai keadaan pasca tentara Amerika memenangkan perang di Guadalcanal. 

Dalam episode ini, terlihat tentara divisi 1 Amerika mendarat di Australia, tepatnya di Melbourne. Melbourne dipilih sebagai tempat transit karena pihak Amerika menilai hanya Australia satu-satunya negara di wilayah Pasifik yang tidak terjajah oleh Jepang, sehingga akan sangat aman bagi pihak Amerika serikat untuk mendaratkan tentaranya sekaligus mempersiapkan segala hal sebelum perang.

Setibanya tentara Amerika di Australia, mereka disambut dengan penuh suka cita oleh warga setempat. Mereka juga mendapat jamuan dan hiburan, seolah tentara Amerika itu datang dengan membawa harapan bahwa perang akan segera berakhir. Bahkan, Leckie bertemu dengan Stelle yang merupakan seorang gadis dari Yunani yang tinggal di Melbourne. 

Pada episode 4 (Gloucester) akan menceritakan kesuksesan Eugene Sledge menjadi seorang tentara. Walaupun kondisi kesehatannya cukup mengkhawatirkan, maka pihak Amerika memutuskan menempatkannya pada regu medis. Cerita berlanjut pada Leckie yang memulai perjalanannya ke Pulau Pavuvu. Sengitnya pertempuran di Pulau Pavuvu melawan tentara kekaisaran Jepang, sampai mengakibatkan Leckie menderita enuresis karena stress pasca perang.

Lebih lanjut, pada episode 5 (Pendaratan di Pulau Peleliu) akan mempertemukan Eugene dengan sahabatnya Sidney Phillips. Di tempat lain, Leckie kembali bergabung ke dalam divisi 1 pasca rehabilitasi medis yang telah di jalaninya. Saat kembalinya di divisi 1 tersebut, Leckie akhirnya bertemu dengan Eugene.

Episode 6 (Peleliu Airfield) akan memperlihatkan saat Leckie pulang ke Amerika menggunakan kapal medis. Sementara itu, Eugene dan para tentara Amerika lain, masih terus berjuang melawan tentara kekaisaran Jepang yang mati-matian mempertahankan Pulau Peleliu.

Episode 7 (Bukit Peleliu) akan berfokus pada perjuangan Eugene dan divisi 5 dalam memperebutkan perbukitan Peleliu. Disinyalir, perbukitan itu merupakan markas utama tentara kekaisaran Jepang di Pulau Peleliu. Mereka sengaja sembunyi di dalam gua-gua bukit itu untuk melindungi diri dari serangan Amerika. Disisi lain, pihak Amerika berusaha mati-matian dalam merebut bukit itu karena dinilai akan sangat menguntungkan, sebab bukit itu merupakan daerah yang paling tinggi dan strategis yang ada di Pulau Peleliu.

Sumber : https://tv.youtube.com/browse/the-pacific-UCnHTiAcWPyeirZSq_GTDw2g

Episode 8, (Iwo Jima) memperlihatkan John Basilone yang kembali bergabung dalam medan perang, pasca kepulangannya ke Amerika. Namun sebelumnya, John sempat melatih beberapa tentara muda yang akan diberangkatkan dalam perang selanjutnya. Disana, ia bertemu dengan Lena Riggi yang merupakan seorang tentara cantik. Lena sendiri, memiliki tugas sebagai tentara medis. 

Singkatnya, John dan Lena saling menyukai satu sama lain. Mereka lalu memutuskan untuk menikah. Pasca pernikahan tersebut, John diturunkan kembali ke medan perang dan akhirnya gugur di sana.

Selain itu, pada episode 9 (Okinawa) akan bercerita mengenai Eugene dan divisi 1 tentara Amerika yang mendarat di Pulau Okinawa. Disana terjadilah perang yang begitu hebatnya dibanding perang-perang sebelumnya. Bahkan, pihak Jepang tidak segan-segan melibatkan rakyat sipil pulau tersebut sebagai umpan untuk memancing tentara Amerika. Alhasil, dari strategi itu, banyak sekali rakyat sipil yang mati sia-sia.

Episode 10 (Rumah) akan memperlihatkan Eugene bersama teman-temannya pulang dari medan perang. Sementara itu, Leckie memutuskan memulai kehidupan barunya dengan menemui tetangga yang disukainya bernama Vera. Disisi lain, Lena Riggi memberikan medali kehormatan milik John Basilone kepada keluarga John sebagai kenang-kenangan terakhirnya. Sementara, Eugene masih mengalami trauma berat akibat perang terakhirnya dan membuatnya harus berusaha untuk melanjutkan hidupnya pasca perang berakhir.

Penting bagi sebuah organisasi ataupun perusahaan untuk melakukan analisis SWOT. Analisis SWOT sendiri berfungsi untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh organisasi ataupun perusahaan. Dari analisis tersebut, maka pemimpin dapat melakukan perencanaan dan menetapkan strategi untuk mencapai visi, misi, serta tujuannya. Seperti halnya organisasi ataupun perusahaan pada umumnya, berikut ini adalah analisis SWOT pada miniseri The Pacific.

Sumber : http://anggraenitriwindy.blogspot.com/2018/02/analisis-swot.html 

Tabel Analisis SWOT

SWOT

Tentara Amerika

Strength

  • Memiliki komunikasi yang baik antar tentara

  • Memiliki tentara dengan jumlah dan kapasitas bertarung yang lebih banyak dibandingkan Jepang

  • Pandai membaca strategi musuh sehingga seringkali tepat dalam mengambil keputusan

  • Memiliki peralatan perang yang lebih canggih daripada musuh

Weakness

  • Tidak memiliki strategi yang kuat untuk melawan musuh, karena hanya menyerang

  • Kurang bisa membaca situasi, hal itu tampak ketika dua orang tentara medis Amerika berusaha menolong tentara Jepang yang terluka. Namun karena mereka tidak berhati-hati, si tentara Jepang itu justru melakukan bom bunuh diri yang mengakibatkan dua tentara medis Amerika tersebut mati sia-sia

Opportunity

  • Mampu melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan penyerangan. Hal tersebut terlihat saat tentara Amerika ingin menyerang tempat pertahanan tentara Jepang di bukit, mereka melakukan pengintaian. Pengintaian tersebut bertujuan untuk mengetahui posisi tentara Jepang.

  • Alat dan kendaraan perang yang dimiliki tentara Jepang tidak sebaik milik tentara Amerika

  • Posisi tentara Jepang yang mudah diketahui oleh tentara Amerika, menjadikan tentara Amerika lebih mudah dalam melakukan penyerangan

  • Jumlah tentara Jepang yang lebih sedikit daripada tentara Amerika

  • Tentara Jepang tidak mendapatkan bantuan baik laut maupun udara sehingga akan menguntungkan bagi tentara Amerika

Threats

  • Strategi tentara Jepang sangat bervariatif mulai dari parit pertahanan yang kuat, bunker bawah tanah, hingga racun, sangat membuat tentara Amerika kewalahan menghadapinya

  • Adanya warga sipil Jepang yang dipaksa menjadi umpan bagi tentara Amerika. Hal ini tentu menyebabkan dilema dalam kubu Amerika. Disisi lain, mereka tidak boleh membunuh warga sipil, bahkan memiliki tanggung jawab untuk menyelamatkan mereka. Namun, apabila mereka berusaha menyelamatkan, maka akan sangat berbahaya bagi nyawa tentara Amerika. Mereka bisa saja diserang kapan saja oleh tentara Jepang yang memantau dari kejauhan.

Selain perlu adanya analisis SWOT, sebagai organisasi atau perusahaan juga memerlukan analisis yang berfokus pada lima kekuatan yang dimilikinya. Berikut Five Force Model pada series The Pacific.

Sumber : http://fernfortuniversity.com/term-papers/porter5/analysis/7-adient-plc.php

Tabel 2 Five Force Model

Five Force Model

Tentara Amerika

Industry Rivalry

Memiliki koordinasi yang begitu kuat antara satu sama lain, baik dalam konteks sesama tentara maupun pemimpin (kolonel, jenderal) dengan bawahannya. Hal itu yang menjadi pembeda dengan negara Jepang

Bargaining Power of Supplier

Banyaknya tentara yang dimiliki dan canggihnya peralatan perang menjadikan Amerika Serikat sebagai negara yang paling mendominasi pada era perang dunia ke-2

Bargaining Power of Buyer

Strategi yang dimiliki oleh tentara Jepang cukup bervariasi sehingga dapat menyebabkan kesulitan bagi tentara Amerika

Threat of New Entrants

Kemungkinan Jepang menjadi kompetitor baru dalam menyaingi kekuatan militer Amerika sangatlah rendah. Hal itu karena Amerika merupakan negara yang memiliki SDA yang lebih tinggi dibanding Jepang yang sangat kekurangan SDA. Sehingga menyebabkan Amerika menjadi negara dengan militer yang kuat

Threat of Subtitutes

Adanya warga sipil dalam perang tersebut, menjadikan ancaman bagi tentara Amerika. Hal tersebut, dilakukan oleh tentara Jepang untuk menjadi umpan bagi tentara Amerika

Dari pemaparan di atas terkait analisis SWOT dan Five Force Model, berikut strategi dan planning yang dapat dilakukan pada series The Pacific.

Tabel 3 Planning and Strategy Formulation

Corporate-Level Strategy

Business-Level Strategy

Functional-Level Strategy

  • Bekerjasama dengan negara lain yang memiliki SDA yang diperlukan untuk kebutuhan perang seperti minyak bumi untuk bahan bakar kendaraan perang, bubuk mesiu sebagai bahan membuat bom.

  • Merancang strategi perang dengan tepat dan mempersiapkan alat dan kendaraan perang dalam rangka meminimalisir korban jiwa

  • Mempersiapkan tentara tentara yang banyak dan kuat, serta mampu membagi kelompok dengan tepat

  • Bekerjasama dengan negara lain yang memiliki visi dan tujuan yang sama dalam mengalahkan Jepang

Rock Star Squad:

Bima Indra Permana

Atika Raisa Fitri M

Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Referensi:

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

https://www.tokopedia.com/yuliaff/serial-perang-the-pacific-full-season-subtitle-indonesia-terbaru


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
bimaindra01

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format