Menilik Strategi Korporat dalam Serial Search: WWW

Mengulas strategi perusahaan menggunakan analisis SWOT, Five Forces, serta Level of Strategy.


0

sumber: Dianiopiari.com

Search www adalah sebuah drama korea yang berkisah tentang perjuangan tiga wanita karir dalam memperjuangkan perusahaanya yaitu Song Ga Kyeong, Cha Hyeong, dan Bae Tammi. Pada awalnya Bae Tammi bekerja selama 12 tahun di perusahaan web pencarian nomor 1 di Korea Selatan bernama Unicon. Selama 12 tahun Bae Tammi bekerja dengan Song Ga Kyeong yang merupakan senior SMAnya dahulu. Song Ga-Kyeong merupakan direktur sekaligus menantu dari grup industri teknologi bernama KO Group, yang merupakan mitra Unicon dalam bidang pemenuhan listrik dan teknologi internet. Secara tidak langsung Song Ga-Kyeong dikendalikan oleh ibu mertuanya, karena berhutang budi atas kebangkrutan orang tuanya. Dikisahkan saat pemilihan Presiden Korea Selatan Unicon diperalat untuk menyembunyikan berbagai skandal tentang salah satu kandidat presiden. Bae Tammi sebagai kepala departemen pencarian tidak terima dengan tindakan web Unicon yang memalsukan algoritma kata kunci pada mesin pencarian Unicon, menurutnya ini adalah pelanggaran etika perusahaan.

Namun sebagai karyawan, Bae Tammi justru terus ditekan, hingga mau tidak mau Bae Tammi harus menerima keputusan manipulatif ini. Selain itu, Tammi-pun harus berhadapan dengan majelis sidang sebagai saksi pemalsuan yang dilakukan Unicon. Tammi yang pemberani mengungkapkan fakta tentang pemalsuan algoritma dengan melakukan pengalihan isuue persidangan demi mempertahankan citra Unicon. Persidangan berakhir dengan timbulnya kekacauan baru di perusahaan Unicon dan membuat Tammi dipecat. Karena sepak terjangnya, Tammi mendapat tawaran bekerja di perusahaan kompetitor Unicon yaitu Barro. Langkahnya tidak serta merta mudah, Tammi bahkan dihadapkan dengan tantangan untuk berkejasama dengan rivalnya yaitu Cha Hyeon yang merupakan karyawan senior Barro. 

Bae Tammi bersama Cha Hyeon dibantu dengan rekanannya yaitu Alex, Joseph, Ellie, dan Jenny memiliki satu tujuan yaitu membawa Barro menduduki peringkat 1 pada kategori web pencarian di Korea. Jatuh bangun Tammi lalui bersama dengan timnya mulai dari sabotase hingga berita fiktif tentang dirinya. Hingga puncaknya, Dirut Barro bernama Brian mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawabnya atas issue manipulasi yang dituduhkan Unicon pada Barro. Ditinggalkan oleh sang dirut, Tammi mencoba berbagai strategi marketing dan branding untuk memperbaiki citra Barro. Dalam kondisi kekosongan posisi, direktur Barro sementara dipimpin oleh wakilnya yaitu Kevin. Kevin memiliki sifat yang cenderung mementingkan pangsa pasar tanpa melihat value perusahaan. Tammi yang mengusulkan beberapa strategi pun sering mendapatkan penolakan oleh Kevin, dengan alasan profit. Brian dirut Barro yang mengundurkan diri terus mendapatkan bujukan untuk kembali memimpin Barro hingga akhirnya ia setuju untuk kembali ke Barro. Brian kembali ke Barro membawa misi untuk menyelamatkan Barro dari intervensi pemerintah dalam pemalsuan berita. Bersama Tammi dan teamnya Brian menyusun strategi bersama. Intervensi pemerintah ini justru menimbulkan suatu kerjasama antara Barro dan Unicon yang sepakat memboikot keputusan pemerintah. Dengan perjuangan yang luar biasa, akhirnya Barro mampu menggeser posisi Unicon, dan menduduki peringkat teratas di Korea. Selain itu, karena kegigihan Tammi dan teamnya kesuksesan Barro ini didukung dengan adanya statement yang dikeluarkan oleh direktur Unicon tentang pemalsuan algoritma yang dilakukan Unicon saat pemilu. Song Ga – Kyeong sang direktur membuat portal bernama www yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat dari situs web manapun. Situs www ini memuat berbagi macam skandal pemerintah yang pernah ditutupi oleh Unicon.

Unicon dan Barro merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang IT, walaupun menggeluti bidang bisnis yang sama Barro dan Unicon memiliki value berbeda. Unicon mengusung value sebagai perusahaan web pencarian yang elegan dan kredibel, sedangkan Barro memiliki value sebagai perusahaan dengan fitur pencarian tercepat di Korea. Unicon sendiri merupakan perusahaan internet multi nasional asing yang berasal dari Amerika. Kekuatan Unicon dalam menjaga posisinya selama 12 tahun sebagai perusahaan IT nomor 1 di Korea berasal dari kualitas sajian informasi serta sistem internet yang digunakan merupakan sistem terbaru. Sedangkan kelemahan Unicon salah satunya terletak pada sistem organisasinya, management gagal mendefinisikan batasan wewenang dan tugas tiap posisi. Kegagalan ini dipicu intervensi pemerintah pada Unicon melalui Song Ga-Kyeong sang direktur Unicon. Selain itu, tindakan Unicon yang memecat karyawan seniornya, menimbulkan problematika tersendiri. Terlebih karyawan ini memegang posisi kunci dalam pencarian kata kunci di Unicon. Seiring dengan berbagai permasalahan, Unicon sendiri mengalami sebuah hambatan yang justru berasal dari Song Ga Kyeong sang direktur dimana strateginya cenderung lambat, dia selalu melihat Barro dan mensabotase perencanaan Barro. Peluang Unicon untuk terus maju dan menduduki peringkat pertama di Korea sangatlah besar terlebih Unicon memiliki mata-mata di perusahaan Barro serta support pemerintah. Unicon berpeluang meningkatkan pangsa pasar dengan menggiring opini pembaca dengan menjatuhkan kredibilitas Barro karena namanya sudah besar dan terkenal di Korea. Walaupun demikian Unicon pun tetap memiliki ancaman dari pesaingnya yang terus mengeluarkan fitur baru, kredibilitas berita, dan hubungan kemitraan dengan penyedia teknologi yang memanas

Sedangkan Barro, pesaing Unicon yang berhasil menggeser posisi Unicon dengan memanfaatkan momentum citra negatif tentang Unicon akibat pemalsuan berita politik. Barro sebagai kompetitor mengedapnkan etika jurnalis yang transparan. Salah satu kekuatan Barro terlihat dari efek psikologis yang dibangun Barro dengan masyarakat dengan meluncurkan beberapa fitur disitusnya. Fitur ini membuat kecenderung kepuasan tersendiri saat pelanggan dapat memposting langsung sesuatu di layanan portal publik yang dimiliki Barro. Selain itu loyalitas karyawan Barro dan budaya kekeluargaan merupakan suatu kekuatan dalam menjalani bisnis ini. Namun hal ini juga memiliki kelemahan yang terletak pada kepercayaan diri karyawan. Kepercayaan diri mereka bergantung pada pemimpinnya. Dalam perkembangannya, Barro mengahadapi beberapa ancaman seperti intervensi pemerintah terkait aturan kata kunci internet dan pengkhianatan yang mungkin dilakukan Unicon pada perjanjian bersama. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai strategi perusahaan dan analisis kekuatan dua perusahaan ini di pasar secara lebih detail.

Sumber: Youtube The Swoon

SWOT

Analisis SWOT adalah metode analisis yang digunakan perusahaan  untuk menganalisis perencanaan strategis dengan memonitor dan mengevaluasi yang ada pada lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal maupun internal dengan mengarah pada satu tujuan tertentu yang ditargetkan oleh perusahaan.

Analisis SWOT ? — Hana Gemintang School of Excellence

Sumber: Hanagemintang.com



Unicon

Barro

Strength

  • Perusahaan Unicon yang CEO nya Na In Kyung sudah menjadi perusahaan yang sangat besar pada industrinya dan nomor satu di Korea, sehingga memiliki kekuatan besar menentukan segmen untuk manjalankan bisnis sebagai perusahaan search engine.


  • Barro yang memiliki CEO bernama Min Hong Joo juga merupakan salah satu perusahaan sangat besar di industrinya. Mengingat industry search engine menjadi kebutuhan yang besar masyarakat Korea, perusahaan ini punya modal yang besar untuk terus maju dan Berjaya.
  • Melalui kepemimpinan direktur utama yang memiliki nama lain Brian, Barro sukses mengedepankan value dari perusahaan untuk menolak dan tidak menerima adanya intervensi dari pihak luar seperti pemerintah.

Weakness

  • Perusahaan Unicon terkesan mudah di intervensi oleh pihak luar. Melalui direkturnya Song Ga Kyung, Unicon secara tidak langsung berjalan dibawah kendali mertuanya karena perlu berhutang budi kepada mertuanya yang telah menyelamatkan orang tuanya dari kebangkrutan.
  • Kepindahan Bae Tammi dari Unicon ke Barro menjadi kelemahan Unicon karena Bae Tammi sudah mengetahui seluruh seluk beluk dan strategi yang dijalankan Unicon selama 12 tahun.
  • Pada perusahaan Barro terdapat kelemahan di sisi karyawan yang kurang memiliki kepercayaan diri. Kepercayaan diri mereka berjalan karena bergantung kepada pemimpinnya.

Opportunity

  • Unicon memiliki peluang yang sangat besar untuk Berjaya pada industry ini, karena memang sebagian besar dari masyarakat Korea sedang sangat tren dalam menggunakan teknologi search engine semacam ini.
  • Terbukanya peluang Barro  untuk menaikkan peringkat menjadi perusahaan nomor satu di Korea. Faktor terpentingnya adalah bergabungnya Bae Tammi sebagai karyawan hebat yang memiliki ambisi besar mengangkat peringkat Barro serta sudah sangat berpengalaman bekerja di Unicon selama 12 tahun, dan Unicon terus berada di peringkat teratas urutan perusahaan search engine.

Threat

  • Adanya perusahaan lain yaitu Barro yang dipimpin oleh CEO Min Hong Joo, menjadi pesaing sengit dari perusahaan Unicon dengan ambisinya yang sama untuk mencapai perusahaan search engine nomor satu di Korea. 
  • Aksi dari karyawan sendiri, Song Ga Kyung yang  menghilangkan beberapa tren pencarian terkait skandal yang melibatkan kandidat presiden Lee Wook Hyeon pada kompetisi pemilihan presiden, menjadikan suatu ancaman yang cukup serius pada perusahaan Unicon. Pasalnya buntut dari kejadian ini Unicon kehilangan salah satu karyawan terbaiknya yang manjadi korban pemecatan yaitu Bae Ta Mi.
  • Sebaliknya bagi Barro, adanya Unicon yang dipimpin oleh CEO Na In Kyung, menjadi ancaman nomor satu karena Unicon sebagai kompetitor teratas perusahaan Barro dengan ambisinya yang sama untuk mempertahankan perusahaan search engine nomor satu di Korea. 
  • Adanya isu manipulasi dari Unicon kepada Barro sebagai bentuk ketatnya persaingan bisnis, yang sempat menimbulkan mundurnya direktur utama Barro pada saat itu, yaitu Brian sebagai bentuk tanggung jawabnya.


Five Forces Model

Five forces Model adalah lima metode analisis kekuatan dari Porter. Analisis ini adalah suatu kerangka kerja yang dilakukan untuk menganalisis suatu industri, serta melakukan pengembangan  bisnis pada perusahaan yang dijalankan.

Five Forces Model Porter | For Better Life!

Sumber: kikisaragih.wordpress.com


Unicon

Barro

Rivalry Industry

Adanya rival persaingan dari Barro yang mengancam Unicon, bahkan kecerobohan yang terjadi pada organisasi di Unicon bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Barro untuk menjadi perusahaan teratas.

Persaingan ketat antara Barro dan Unicon yang memuncaki rangking perusahaan, memacu keinginan dari Barro untuk terus berusaha mengungguli pencapaian Unicon.

Potential for entry industry

Bisa adanya perusahaan-perusahaan baru yang masuk dengan teknologi tinggi perlu diwaspadai kedua perusahaan Unicon maupun Barro. Tetapi pencapaian tinggi dari 2 perusahaan ini tidak akan mudah untuk dikejar oleh pemain baru yang masuk dalam industri.

The power of Large Suppliers

Unicon mampu bertahan selama 12 tahun menjadi perusahaan search engine nomor satu di Korea karena Unicon mampu konsisten memberikan kualitas sajian informasi terbaik serta sistem internet yang digunakan merupakan sistem internet terbaru.

Barro mengedepankan value dan integritas sekonsisten mungkin seperti tidak bisannya di intervensi dari pihak luar, ini menjadikan modal bagi perusahaan untuk maju kedepan bahkan mengambil alih posisi leader dalam industri.

The power of Large Customers

Pengguna produk jasa dalam industry ini sangat besar karena sudah mayoritas atau lebih dari setengah dari jumlah masyarakat yang ada. Semakin besarnya tingkat pertumbuhan populasi yang ada juga menjadikan semakin besar masyarakat yang akan menjadi pelanggannya. Ditambah lagi semakin hari kebutuhan internet untuk melakukan browsing semakin meningkat, sehingga pelanggan yang melekat pada dua perusahaan ini akan tetep sangat banyak dalam waktu panjang asal kedua perusahaan mampu memelihara dan mengembangkannya search engine ini dengan baik.

Product subtitution

Untuk produk pengganti dari search engine ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil. Hanya saja adanya subtitusi perusahaan search engine dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya cukup besar. Misalkan lengahnya perusahaan Unicon dan ketika banyak masyarakat tau atas kecurangan yang dilakukan menjelang pemilu, maka banyak masyarakat yang beralih menggunakan search engine yang lain yaitu Barro.


Level of Strategy

Strategi bisnis yang dijalankan perusahaan bisnis terbagi menjadi 3 tingkatan utama, yang pertama corporate level strategy, kedua business unit level strategy dan yang terakhir functional level strategy. Strategi korporasi digunakan untuk menentukan bisnis mana yang perlu dijalankan oleh sebuah perusahaan. Strategi bisnis berfungsi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif pada segmen bisnis, sedangkan strategi fungsional difungsikan pada tingkat pemasaran, produksi dan keuangan guna memastikan agar setiap bagian dapat bekerja menggunakan strategi untuk mendukung bisnis perusahaannya.


7. The Three Levels of Strategy


Sumber: Theintactone.com


Strategy

Unicon

Barro

Corporate Level

Pada kedua perusahaan Unicon dan Barro ini sebaiknya menggunakan corporate level strategy related diversivication. Dimana perusahaan ini dapat mengembangkan perusahaannya dengan mendirikan perusahaan lain diluar industri search engine, tetapi masih melakukan kegiatan bisnis pada industri IT (Informasi dan Teknologi). Misalkan perusahaan ini bisa mendirikan bisnis pemrograman atau software yang tidak memiliki basic terlalu jauh, sehingga masih banyak dapat menggunakan karyawan yang ada pada perusahaan sebelumnya.

Business Level

Level bisnis strategi yang tepat adalah differentiation strategy. Karena jika menggunakan low cost strategy, biaya yang dibebankan kepada pengguna produk ini tidak terlalu dirasakan. Differentiation strategy yang digunakan adalah setiap perusahaan berusaha membuat perbedaan baik secara tampilan, kecepatan, teknologi yang digunakan, ke arah yang lebih baik jika dibandingkan dengan  perusahaan pesaingnya. Perbedaan yang dilakukan ini dapat mengundang pengguna dari luar perusahaan untuk menggunakan produk dari perusahaan karena memang lebih baik dan lebih nyaman untuk digunakan.

Functional Level

  • Sumber daya manusia, Manajer dapat membangun sumber daya yang memiliki kemmapuan untuk meningkatkan kualitas dan laba perusahaan dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang memadai serta melakukan rekrutmen dengan se efektif mungkin.
  • Operasi, Memelihara dan terus mengembangkan produk search engine yang dimilikinya, tentunya dengan tujuan memiliki keunggulan dan dapat melampaui dari perusahaan-perusahaan pesaingnya di industri yang sama.
  • Pemasaran, Manajer dapat melakukan beberapa teknik pemasaran yang strategis seperti pemasaran-pemasaran tepat sasaran yang langsung memberikan informasi atas keunggulan yang dimiliki dari search engine milik produk mereka.
  • Keuangan, Karena setiap perusahaan bergerak berorientasi dengan laba, maka pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan sangat bijak. Misalkan mengurangi pengeluaran tidak perlu, memberikan upah se efektif mungkin. Serta mengeluarkan dana secara bijak kepada yang sifatnya adalah investasi bagi perusahaan di masa mendatang.


Disusun Oleh Kelompok 7 All Bosses Club:

Camelia Dewi F.

Muh Rafa Subhannallah.


Sudah di periksa plagiarism melalui https://www.duplichecker.com/


Referensi

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format