The Cost of Lies : Chernobyl (2019)

akibat dari sebuah kebenaran yang selalu ditutupi, cepat atau lambat kebenaran akan terungkap itulah mengapa inti reaktor Chernobyl meledak.


0

“The Nuclear Meltdown at Chernobyl, was perhaps the true cause of the collapse of the Soviet Union” ditulis tahun 2008 oleh Mikhail Gorbachev Mantan Presiden Uni Soviet, saat bencana Chernobyl terjadi, beliau lah pemimpin pada kala itu.  

Zona eksklusi merupakan cinderamata yang diberikan oleh tragedi 1986 ini. Tragedi sejarah ini sangat lekat dengan perasaan trauma, tangisan dan pengorbanan yang telah berhasil diceritakan kembali lewat miniseri Chernobyl (2019) dengan soundtrack yang membuat penonton terhanyut dalam setiap episodenya, membuat HBO dan Sky UK meraih berbagai penghargaan salah satunya the 71st primetime Emmy Awards dalam kategori outstanding limited series, outstanding directing, dan outstanding writing serta sekaligus berhasil mencetak rating di angka 98% pada situs Rotten Tomatoes.

Bencana Chernobyl adalah sebuah akibat dari kebohongan yang terus menerus digunakan untuk menutupi sebuah kebenaran akan kecacatan dari PLTN yang dimiliki Uni Soviet. Dini hari tanggal 26 April 1986 adalah waktu meledaknya reaktor empat milik PLTN Chernobyl yang merupakan awal mula tragedi ini terjadi. Pukul 01:23:45 meledaknya inti reaktor empat PLTN Chernobyl dengan kekuatan tujuh megaton telah menggetarkan Pripyat, selain ledakan-ledakan ini, menimbulkan juga hal lainnya, yaitu :


  • api di inti reaktor tidak akan padam walau disirami air. Jika api tidak padam akan terus menghasilkan abu grafit yang diterbangkan angin ke seluruh penjuru Pripyat, mengakibatkan terkontaminasinya udara di sekitar lokasi kejadian.

  • ledakan membuat terbukanya inti reaktor yang mengakibatkan sindrom radiasi akut bila terpapar bisa melelehkan sel-sel manusia.

  • meningkatnya korban jiwa karena tidak ditangani dengan cepat dan tepat oleh manajemen PLTN Chernobyl.

Komite pusat merespon bencana ini dengan mengutus dua orang dari anggota komite pemulihan bencana untuk mengatasinya dan sekaligus melaporkan perkembangan dari pemulihan bencana Chernobyl. Dua orang ini adalah Valery Legasov dan Boris Shcherbina dengan keahlian yang saling melengkapi satu sama lainnya.

Menuangkan boron dan pasir untuk memadamkan api pada inti reaktor merupakan langkah awal yang menyebabkan rambatan masalah, diantaranya :

  • pemadaman api menggunakan boron dan pasir akan menimbulkan percampuran yang berbahaya (lava) yang akan melelehkan dasar beton dari inti reaktor yang akan tembus ke tangki air yang penuh jika lava ini menembus tangki ini akan mengakibatkan ledakan uap yang berkekuatan dua megaton setara ledakan bom atom Hiroshima dan Nagasaki, ledakan ini akan memicu ledakan pada tiga PLTN yang berada pada 20 km dari Chernobyl dan diperkirakan mereka hanya memiliki 34-72 jam untuk lava mencapai tangki air.


  • bahwa api pada inti reaktor mulai padam tetapi lava yang dihasilkan dari boron dan pasir semakin cepat lelehannya yang akan menembus beton dasar dari inti reaktor. Masalahnya jika dibiarkan lelehan ini akan mencemari air tanah yang mengalir langsung ke sumber mata air Ukraina yaitu sungai Dnieper, bisa dibayangkan kalau air sungai ini tercemar satu benua tidak akan lagi memiliki sumber mata air bersih dan semua makhluk hidup yang mengkonsumsinya akan terkena sindrom radiasi akut, kecacatan dan kematian.

  • penutupan dan membangun kembali inti reaktor untuk memberhentikan radiasi radioaktif. Pada awalnya misi ini hanya menggunakan robot, didatangkanlah “Joker” robot yang bisa menahan radiasi hingga 2000 rontgen dan merupakan robot tercanggih yang dimiliki Uni Soviet saat itu, tetapi ketidak beruntungan menghampiri mereka lagi, dimana saat perdana Joker digunakan ternyata Joker tidak berfungsi, tidak ada pilihan lain pada akhirnya mereka merekrut 3.828 prajurit untuk dijadikan bio robot (manusia) sebagai pengganti Joker yang pastinya memiliki keterbatasan beberapa diantaranya; per orang memiliki waktu 90 detik untuk membuang batu grafit ke inti reaktor, per orang harus membuang 40-50 kg batu  grafit, setiap orang tidak boleh terjatuh atau menyentuh batu grafit serta menggunakan cangkul untuk mengambil batu grafit. 

Jika melihat masalah yang harus diselesaikan oleh komite pemulihan bencana Chernobyl, membuat posisi mereka seperti telur yang berada di ujung tanduk selain harus menangani bencana Chernobyl, mereka juga harus mengungkapkan rahasia yang disembunyikan oleh Uni Soviet. 

           Tahapan pengambilan keputusan

Tahapan Pengambilan Keputusan 
Alternatif Keputusan
Komite Operasi Penanganan Pasca Bencana Chernobyl 

Recognize the need for decision

Untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya, mereka melakukan peninjauan langsung ke Chernobyl dengan mengutus Valery Legasov dan Boris Shcherbina  sebagai perwakilan dari komite pusat sekaligus, untuk mengumpulkan informasi secara akurat,  mereka mengukur menggunakan alat dosimeter yang berguna untuk mengukur besaran radiasi atas ledakan inti reaktor.

Di pusat penelitian Minsk Ulana Khomyuk menganalisis debu yang tertempel pada kaca jendela laboratorium untuk mengetahui kandungan dari debu tersebut karena dia mencium bau logam di luar dari laboratoriumnya, dan hasilnya debu itu merupakan pecahan dari batu grafit yang terkandung dari inti reaktor, diputuskan yang mereka harus lakukan :

  1. Memadamkan api dari inti reaktor
  2. Mengosongkan tangki air yang penuh yang berada pada basement inti reaktor
  3. Memasang alat pendingin di bawah lapisan beton dasar inti dari Chernobyl 
  4. Memusnahkan makhluk hidup yang dianggap telah tercemar
  5. Mendapatkan laporan yang riil dan valid
  6. Menutup inti reaktor yang telah terbuka
  7. Membangun ulang inti reaktor yang telah meledak
  8. Memperbaiki rancangan pengaman dari inti reaktor

Meninjau lebih lanjut asal dari ledakan dengan memerintahkan satu petugas untuk memastikan keadaan sekitar inti reaktor, selain itu kepala pimpinan yang bertugas saat itu adalah Dyatlov, dia menghubungi seluruh manajemen PLTN Chernobyl untuk mengadakan rapat dadakan yang membahas langkah apa yang akan diambilnya untuk ledakan yang terjadi, sebelum meninggalkan ruang kendali dia memerintahkan satu petugas untuk menghubungi seluruh pemadam kebakaran yang bertugas di wilayah Pripyat. Selain itu juga dia mengutus dua petugas reaktor untuk memastikan inti reaktor tidak kekurangan air, putusan yang akan mereka laksanakan :

  1. Meminta pemadam kebakaran untuk memadamkan api reaktor 
  2. Membuat laporan peristiwa yang terjadi yang menyembunyikan fakta sesungguhnya dan mengungkapkan bahwa yang terjadi adalah kebakaran kecil yang terjadi pada tabung air yang mengaliri inti reaktor dan semua sudah teratasi.
  3. Memenuhi tangki air di bawah reaktor untuk mengairi inti reaktor yang pada saat itu tidak disadari sudah meledak
  4. Tidak melakukan peninjauan lebih lanjut untuk asal dari ledakan yang terjadi, jadi terhenti begitu saja dan dianggap sudah teratasi

Generate alternatives

  1. Penggunaan boron dan pasir untuk memadamkan api dari inti reaktor

  2. Memanggil pemadam kebakaran untuk memadamkan api dan mengaliri air ke inti reaktor

  3. Menghilangkan kekhawatiran publik dengan menyembunyikan semua informasi tentang bencana dan menyelesaikannya sendiri

  4. Mengungkapkan semuanya kepada publik yang akan membahayakan diri sendiri dengan memberikan laporan yang riil dan selengkap untuk publik

  5. Menganggap bencana sudah berakhir sendiri dengan tidak melakukan pemulihan sepantasnya, yang pada kenyataannya semakin memburuk dan tambah buruk

  6.  Mengatasi bencana tetapi berkemungkinan menyebabkan korban jiwa untuk keterlibatannya

  7. Meminta bantuan penambang tula untuk membuat terowongan di bawah beton landasan untuk pemasangan pendingin lava dan juga memperkuat beton landasan

  8. Mengutus tiga penyelam untuk membuka segel dari mengosongkan tangki air di basement

  9. Merekrut prajurit tambahan untuk memusnahkan hewan, tanah dan tumbuhan yang dianggap tercemar

  10. Penggunaan robot tercanggih satu-satunya dari jerman bernama joker yang memiliki ketahanan radiasi sampai 2000 rontgen untuk menutup inti reaktor yang medan kerjanya langsung dekat dengan inti reaktor

  11. Penggunaan bio robot (manusia) untuk menutup inti reaktor yang disiapkan sebanyak 3.828 prajurit yang pasti tidak seefektif robot dalam pengerjaannya dan juga akan memakan korban jiwa jika tidak hati-hati dan waspada

  12. Meminta pemerintah pusat mengadakan evaluasi terhadap masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar Chernobyl

  13. Mengungkapan rahasia sesungguhnya dan menjadikan mereka tersangka telah melakukan propaganda selain itu mereka juga akan diasingkan selama lamanya 

  14. Berbohong dan menutup rahasia menjadikan mereka sebagai pahlawan Chernobyl

Assess alternatives


  1. Terbentuknya lava dari  penuangan boron dan pasir pada inti reaktor, lava ini akan menembus landasan beton dan menuju langsung ke basement yang bila bersentuhan pada tangki air yang penuh akan mengakibatkan ledakan uap yang berkekuatan dua megaton setara Hiroshima dan Nagasaki jika terjadi akan meledakan tiga reaktor yang berada 20 km di sekitar Chernobyl 

  2. Kurangnya pengetahuan dan transparansi dari pihak manajemen Chernobyl karena hambatan ini menyebabkan keterlambatan akan pengambilan keputusan dan dan penanggulangan bencana Chernobyl

  3. Kurang canggih teknologi yang dimiliki pada saat itu jadi robot yang dimiliki tidak berfungsi

  4. Penggunaan bio robot (manusia) ketahannya hanya 3-2 menit saja

jika berhasil peluang untuk menyelesaikan masalah bencana Chernobyl tinggi dan menurunkan tingkat korban jiwa.

Choose among alternatives

alternatif yang terpilih adalah :

  1. Penggunaan boron dan pasir untuk memadamkan api dari inti reaktor

  2. Mengungkapkan semuanya kepada publik yang akan membahayakan diri sendiri dengan memberikan laporan yang riil dan selengkap untuk publik

  3. Mengutus tiga penyelam untuk membuka segel dari mengosongkan tangki air di basement

  4. Merekrut prajurit tambahan untuk memusnahkan hewan, tanah dan tumbuhan yang dianggap tercemar

  5. Meminta bantuan penambang tula untuk membuat terowongan di bawah beton landasan untuk pemasangan pendingin lava dan juga memperkuat beton landasan

  6. Penggunaan bio robot (manusia) untuk menutup inti reaktor yang disiapkan sebanyak 3.828 prajurit yang pasti tidak seefektif robot dalam pengerjaannya dan juga akan memakan korban jiwa jika tidak hati-hati dan waspada

  7. Meminta pemerintah pusat mengadakan evakuasi terhadap masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar chernobyl

  8. Mengungkapan rahasia sesungguhnya dan menjadikan mereka tersangka telah melakukan propaganda selain itu mereka juga akan diasingkan selama lamanya 

Implement the chosen alternatives

Pada pengaplikasiannya semua alternatif yang dipilih telah dijalankan sesuai dengan prosedur yang diarahkan oleh Legasov dan diatur oleh Shcherbina dengan sebaik-baiknya. walaupun terjadi masalah pada setiap alternatif yang dijalankan tapi mereka bisa mengantisipasinya 

Learn from feedback

Bencana Chernobyl ini membuat Legasov mengungkapkan kecacatan dalam pembangunan reaktor di Uni Soviet, karena ini Legasov dituduh telah memfitnah Uni Soviet dan dihukum pengasingan sampai pada umurnya 51 tahun, dua tahun setelah bencana ledakan Chernobyl Legasov gantung diri dan meninggalkan rekaman suara tentang bencana Chernobyl yang sebenarnya terjadi. Rekaman ini tersebar di antara para fisikawan di sana. Akhirnya para fisikawan membuat gerakan untuk memperbaiki rancangan dari reaktor yang ada di Uni Soviet ini dilakukan agar bencana Chernobyl tidak akan terulang lagi.


Bias Kognitif dan Sumbernya

Confirmation Bias

Di episode lima Chernobyl, terdapat bias konfirmasi yang menyebabkan terjadinya ledakan dini hari di Chernobyl yaitu dikarenakan Dyatlov yang bertanggung jawab sebagai asisten teknisi PLTN Chernobyl, tidak memperhatikan prosedur keselamatan dalam melaksanakan uji keselamatan dan tidak memikirkan secara matang apa akibat yang akan terjadi setelahnya jika terlalu memaksakan kehendak. Hal ini memungkinkan sumber bias kognitif terjadi lagi jikalau PLTN Chernobyl tidak bergegas untuk mengganti posisi Dyatlov.

Representativeness Bias

Bias keterwakilan dalam mini series ini yaitu pada saat PLTN Chernobyl memilih untuk merahasiakan ledakan yang terjadi dan menyimpan rapat-rapat persoalan agar tidak diketahui penduduk sekitar. Mereka juga berlagak seolah-olah semua baik-baik saja, padahal bencana besar di depan mata. Bias keterwakilan ini akan terjadi lagi dimasa yang akan datang apabila memiliki manajer yang tidak transparan ketika terjadi suatu masalah.

Illusion of Control

Dyatlov terlalu percaya diri ketika dirinya ingin melakukan uji keselamatan, dengan menunda pengujian selama 10 jam dan menurunkan tegangan menjadi 700 megawatt, terlebih tanpa buku panduan yang sesuai standar. Alih-alih ingin melewati pengujian keselamatan ini dengan berhasil, yang terjadi malah jauh dari ekspektasi. Tidak seharusnya ia meremehkan dan mengabaikan saran dari rekan kerjanya. Dyatlov semestinya melakukan analisis terlebih dahulu dan melakukan diskusi dengan rekan-rekan yang berada dalam satu ruangan sebelum bertindak nekat, kejadian ini justru merugikan seluruh penjuru kota karena menghadirkan kekacauan yang tidak mudah untuk diatasi salah satunya yaitu radiasi akut.

Escalating Commitment

Langkah yang diambil untuk memadamkan ledakan dengan memanggil pemadam kebakaran bukan suatu hal yang dapat mengatasi masalah, karena yang mesti dipadamkan bukanlah api melainkan inti reaktor nuklir. Langkah selanjutnya yang diambil yaitu dengan menuangkan boron dan pasir agar dapat memadamkan api pada inti reaktor, hal tersebut adalah langkah yang tepat dan cepat karena situasi sedang mendesak, tetapi sayangnya langkah tersebut juga menimbulkan masalah-masalah lainnya.


Group Decision Making

Seperti nasi sudah menjadi bubur, namun jika waktu dapat diulang kembali ingin rasanya memberikan beberapa saran yang dapat dilakukan sebelum terjadinya ledakan Chernobyl, berikut beberapa sarannya: 

  1. Bekerja secara jujur, profesional, dan sesuai standar operasional prosedur yang ditetapkan tanpa mengharapkan promosi kenaikan jabatan yang mengakibatkan terpecahnya fokus saat uji keselamatan.

  2. Mendengarkan saran rekan kerja yang lain meskipun mereka hanyalah bawahan yang pengalaman kerjanya masih sangat kurang. Hal ini bisa dipertimbangkan setelah didengarkan terlebih dahulu sambil memikirkan rencananya matang-matang.

  3. Mempersiapkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi, agar dapat mempersiapkan pula apa yang harus dilakukan.

  4. Bertindak cepat dan tepat meskipun waktu terus mendesak. Tetap lakukan yang terbaik selagi masuk akal dan mengatasi masalah.

Pengambilan keputusan kelompok yang paling tepat pada bencana Chernobyl adalah diversity among decision makers.

Pengambilan keputusan dengan cara ini sangat cocok dan sudah diterapkan secara langsung oleh komite pusat dengan mendengarkan Legasov akan langkah-langkah yang harus diambil untuk penanggulangan bencana mengingat Valery Legasov adalah ahli dalam bidang nuklir dan saat bersamaan komite pusat juga mendengarkan alternatif keputusan yang diajukan oleh Ulana Khomyuk yang juga merupakan fisikawan bidang nuklir, komite pusat juga tetap menanyakan boris tentang pemikirannya walaupun Boris Shcherbina bukan ahli di bidang nuklir tetapi Boris Shcherbina ikut terjun langsung ke Chernobyl dan tahu apa yang terjadi dan ikut serta dalam setiap langkah yang diambil oleh Valery Legasov, karena kumpulan dari pemikiran ini terbentuklah keputusan yang paling terbaik untuk dilakukan dalam pemulihan bencana Chernobyl. 

Mengembangkan kreativitas untuk pengambilan keputusan berkelompok sangatlah penting untuk terciptanya inovasi maupun penyelesaian masalah dari bencana Chernobyl.

Nominal group technique dalam mengembangkan kreativitas adalah cara yang paling layak untuk pengambilan keputusan pada bencana Chernobyl. Selain terstruktur, mengingat bencana ini harus diatasi dengan cepat dan tepat teknik ini memberikan waktu untuk mendatangkan alternatif keputusan terstruktur yang mana nantinya bisa memutuskan keputusan terbaik bagi pemulihan bencana. Komite pusat juga telah menerapkan nominal group technique ini, terbukti pada setiap rapat komite pusat, diadakannya rapat selalu pada saat legasov dan boris ingin melaporkan perkembangan pemulihan bencana yang telah terlaksana, Shcherbina dan Legasov diberi waktu secara bergantian untuk menyampaikan laporannya dan juga menyampaikan alternatif langkah yang akan dilakukan selanjutnya. Sesegera mungkin alternatif yang diputuskan saat rapat akan dilaksanakan oleh Legasov dan Shcherbina. 

Belajar dari kejadian bencana Chernobyl ini, agar tragedi seperti ini tidak akan terjadi lagi. bisa diawali dengan menetapkan SOP yang tegas, jelas dan juga selalu melaksanakan perbaikan, pelatihan maupun pembaharuan sistem baik itu kepada karyawannya, manajemennya, dan PLTN itu sendiri. Jadi prosedur yang dijalankan sudah jelas sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dalam SOP perusahaan. Selain itu juga, menyelaraskan tujuan organisasi dengan karyawannya merupakan suatu yang penting untuk disamakan, agar satu tujuan dan lebih mudahnya pencapain yg dicanangkan oleh organisasi, untuk itu organisasi bisa melakukan brainstorming kepada karyawannya di mna cara ini bisa membuat banyak kebijakan yang terbaik demi pencapaian organisasi itu sendiri. Jika saja keputusan-keputusan diatas sudah diterapkan oleh manajemen PLTN Chernobyl mungkin saja Uni Soviet masih ada sampai sekarang dan Uni Soviet tidak akan mungkin kehilangan fisikawan yang hebat seperti Valery Legasov, itulah the cost of lies dari bencana Chernobyl. 


Sumber :

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

https://youtu.be/e1aUaVNMTfc

https://youtu.be/OHrVlyU3suk

https://youtu.be/LU4fT2P104k

Penulis :

The Mighty Shark

  1. Ni Made Arini Noviyanthi

  2. Nita Septa Dilla

  3. Tubagus Razab Darmawan


Artikel ini telah di cek anti Plagiarism melalui www.duplichecker.com




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format