Analisa Fungsi Manajemen di Law Firm Pearson Hardman dalam Serial TV Suits

Harvey Specter dan Louis Litt, keduanya memegang posisi penting di Law Firm Pearson Hardman. Bagaimana peran keduanya dalam menjalankan fungsi manajer?


1
1 point

Suits merupakan drama televisi berseri asal Amerika yang dibuat dan ditulis oleh Aaoorn Korsh. Suits berlatang belakang mengenai law firm terbaik di New York dengan pemeran utamanya adalah Hervey Specter sebagai pengacara terbaik di New York dan Mike Ross, seorang yang berbakat dalam bidang hukum namun terkena drop out dari kampusnya.

Penayangan pertama di bulan 25 September 2019, pada awal penayangan serial Drama TV Suits merupakan drama tv yang sangat diminati oleh penonton, penayangan Drama TV Suits berfokus pada Harvey Specter dan Mike Ross dalam menyelesaikan kasus hukum dan menutupi rahasia siapa sebenarnya Mike Ross.

Selama musim penayangannya, Suits telah dinominasikan untuk beberapa penghargaan, Torres dan Adams menerima penghargaan individu. Selain dua nominasi yang mengakui perannya sebagai aktris pendukung, Torres dianugerahi Penampilan Luar Biasa dalam Serial Televisi di NHMC Impact Awards 2013. Adams dinominasikan untuk Penampilan Luar Biasa oleh Aktor Pria dalam Serial Drama di Screen Actors Guild Awards 2012, dan pertunjukan itu sendiri telah dinominasikan untuk dua People’s Choice Awards. Keberhasilan acara tersebut melahirkan spin-off berumur pendek, Pearson, yang berpusat pada masuknya Jessica Pearson ke dalam politik Chicago, yang ditayangkan perdana bersamaan dengan musim terakhir Suits pada 17 Juli 2019.

Trailer Serial TV Suits Season 1

Sinopsis Suits


Awal pertemuan Mike Ross dan Harvey Specter terjadi pada saat Mike Ross sedang dikejar-kejar oleh Polisi lantaran dia sedang ditipu oleh sahabatnya, Trevor. Saat itu Mike Ross sedang melakukan meeting dengan teman yang telah dihubungi oleh sahabatnya dan tanpa dia tau ternyata Mike Ross membawa tas yang berisi narkoba dan telah diintai oleh pihak Kepolisian. Saat Mike Ross menyadari bahwa dia telah ketahuan dan akhirnya dia melarikan diri, disaat yang bersamaan Pearson Hardman sebuah Law Firm terbesar di New York sedang mencari Law Associate untuk Harvey Specter, seorang Pengacara handal dan terbaik di New York. Mike Ross secara tidak sengaja memasuki ruangan pendaftaran dan dirinya dipanggil oleh sekretaris Harvey Specter, yaitu Donna Paulsen dimana memutuskan untuk melanjutkan wawancara dari Mike Ross berlanjut interview secara langsung oleh Harvey Specter. Kegigihan dan pengetahuan Mike tentang hukum cukup mengesankan Harvey untuk memenangkan dia menduduki posisi asosiasi, meskipun Mike tidak menghadiri Harvard, persyaratan yang biasa, dan tidak memiliki kredensial untuk mempraktikkan hukum secara hukum. Bersama-sama mereka mengadili kasus untuk firma Pearson Hardman sambil menjaga rahasia bahwa Mike adalah seorang penipu.

Jessica Pearson, Managing Partner, mengetahui rahasia Mike, tetapi masalah lain didahulukan ketika co-founding partner yaitu Daniel Hardman kembali ke perusahaan, menekan Jessica dan Harvey. Ketegangan meningkat antara Jessica dan duo Harvey melawan Louis Litt saat dia mengambil sisi Daniel Hardman untuk dinobatkan sebagai mitra senior. Mike mulai membina hubungan dengan paralegal Rachel Zane, tetapi mendapati dirinya mengejar keterikatan romantis lainnya setelah kematian mendadak neneknya. Harvey dan sekretarisnya Donna menghadapi tuduhan mengubur bukti dan harus menemukan kebenaran sambil menyimpan bukti yang memberatkan dari Hardman, yang akan menggunakannya untuk meningkatkan posisi mitra pengelola. Ancaman yang semakin meningkat dari Hardman memaksa Jessica melakukan merger dengan perusahaan Inggris yang dipimpin oleh Edward Darby. Mike memberi tahu Rachel bahwa dia penipu.


Kehadiran Darby di perusahaan memberi Harvey pengaruh untuk mencari posisi sebagai mitra yang ditunjuk. Sementara itu, merger menyebabkan mitra senior Louis Litt bentrok dengan mitranya dari Inggris. Klien Darby International Ava Hessington menarik Harvey ke pengadilan yang panjang terhadap mantan mentornya, dan gugatan itu berubah menjadi tuduhan pembunuhan. Menyadari bahwa penipuannya tidak dapat berlanjut selamanya, Mike meninggalkan Pearson Spectre yang baru berganti nama untuk mengambil posisi sebagai bankir investasi. Peristiwa tersebut mengakhiri season ketiga pada serial Suits.


Pekerjaan baru Mike menempatkan dia dan Harvey di sisi berlawanan dari pertempuran pengambilalihan, menyebabkan SEC menuduh mereka berkolusi. Ketika Mike dipecat, Louis berusaha keras untuk membujuk Mike kembali ke Pearson Spectre, daripada bekerja untuk investor miliarder yang licik, Charles Forstman. Louis menuntut posisi mitra nama, bersaing dengan Harvey, tetapi kesalahannya malah membuatnya dipecat. Ketika dia menyadari Mike tidak pernah pergi ke Harvard, dia memeras Jessica agar mempekerjakannya kembali dengan promosi yang dia inginkan. Mike melamar Rachel; Donna meninggalkan Harvey untuk bekerja pada Louis. Harvey berjuang dengan kehilangan Donna dan mulai terbuka kepada terapis tentang hubungannya yang rusak dengan ibunya. Namun, ketidakamanan Louis, dan keinginan untuk merusak Harvey menciptakan celah untuk Jack Soloff, mitra ambisius yang dimanipulasi oleh Hardman. 

Rencana pernikahan Rachel dan hubungannya dengan orangtuanya dibayangi oleh rahasia Mike. Mike dan Harvey sama-sama mengundurkan diri untuk melindungi masa depan mereka, tetapi Mike tiba-tiba ditangkap karena penipuan. Semakin banyak orang yang terlibat menyadari tuduhan itu benar, dan menghadapi jaksa penuntut yang ulet Anita Gibbs, Mike menerima tawaran pembelaan, mengaku bersalah, dan menyerahkan diri sehingga tidak ada orang lain yang akan masuk penjara. Di pesta pernikahan, Mike memberi tahu Rachel bahwa dia tidak akan menikahinya sekarang tetapi jika dia masih menginginkannya dalam dua tahun maka dia akan menikahinya setelah keluar dari penjara. Harvey mengawalnya ke penjara membuat beberapa ucapan selamat tinggal terakhir mereka.


Hukuman penjara dua tahun menempatkan Mike pada belas kasihan Frank Gallo, seorang narapidana dengan dendam terhadap Harvey. Di Pearson Specter Litt, hanya sedikit karyawan yang tetap membantu. Rachel menangani kasus Proyek Innocence untuk profesor hukumnya; Jessica membantu pro bono tetapi teralihkan dari masalah di perusahaan, dan memilih untuk meninggalkan posisinya untuk mengejar hidupnya sendiri. Teman satu sel Mike terbukti sangat penting dalam kesepakatan untuk kebebasan Mike, yang akhirnya dia menangkan ketika dia diam-diam menangkap upaya pembunuhan dari Frank di depan kamera. Dia berjuang dengan penipuannya menjadi pengetahuan publik tetapi mendapatkan pekerjaan di klinik hukum. Harvey membantu Rachel dan Mike lulus ujian, dan membujuk Mike untuk kembali ke perusahaan. Semua orang di perusahaan itu berjuang untuk menyesuaikan diri dengan keadaan normal baru tanpa Jessica. Donna mengambil posisi sebagai COO, dan teman Harvey, Alex, bergabung dengan tim. Harvey mulai berkencan dengan mantan terapisnya, Paula; Louis menemui terapisnya sendiri, dengan hasil yang beragam. Rachel memulai karirnya sebagai pengacara, setelah lulus Pengacara. Mike terus menangani kasus pro bono di klinik, dengan restu Harvey, tetapi salah satu kasus membahayakan Alex, Harvey, dan lainnya. Louis dan Sheila terhubung kembali; seperti halnya Jessica dengan keluarganya di Chicago. Mike dan Rachel menerima tawaran pekerjaan di Seattle untuk menjalankan perusahaan mereka sendiri yang menerapkan gugatan class action, dan menikah sebelum pergi. Saat musim berakhir, kasus yang menempatkan Spectre Litt dalam bahaya ditemukan sebagai pekerjaan mitra Robert Zane, Rand dan Kaldor. Ketika Zane mengetahuinya, dia bergabung dengan Spectre Litt.



Ketika Mike dan Rachel pergi setelah menikah, Robert Zane sekarang menjadi mitra pengelola Zane Spectre Litt, dengan Donna tetap dalam peran COO-nya. Robert mempekerjakan mitra senior baru, tangan kanan dan fixer Samantha Wheeler. Wheeler kemudian menjadi partner nama bersama Alex Williams. Louis mengetahui bahwa Sheila hamil. Katrina Bennett menjadi pasangan senior, dan bergumul dengan perasaan romantis untuk rekan pribadinya yang sudah menikah. Donna dan Harvey akhirnya mengakui perasaan mereka satu sama lain saat Musim 8 berakhir, tetapi kesalahan penanganan klien / pacar Donna, Thomas Kessler, memaksa Zane untuk mengorbankan karier hukumnya demi kebaikan perusahaan.

Analisa Four Task Management dan Managerial Role di Law Firm Pearson Hardman 

Sumber: pinterest.com

Merujuk Jones, George (2020). “Contemporary Management” bahwa dalam setiap organisasi, seorang manajer memiliki peranan yang penting untuk membantu organisasi mencapai tujuannya secara efektif dan efisien melalui serangkaian kegiatan Planning, Organizing, Leading (di sebut juga Directing didalam buku Ferrel, Hirt dan Ferrel (2020). “Business Foundations, A Changing World”) dan Controlling yang dikenal dengan istilah Four Task Management. 

Dalam serial TV Suits ini, peran manajer juga telah ditunjukkan oleh Harvey Specter dan Louis Litt. Kami mengambil contoh peran manajer yang telah ditunjukkan oleh keduanya dalam Season 1, episode 8 pada saat Law Firm Pearson Hardman menerima tugas dari client bernama Lucille dari Stable Shelters untuk membuktikan adanya penggelapan uang yang dilakukan oleh Anthony Mazlo. Harvey dan Louis dipaksa bekerja sama untuk mengejar sebuah perusahaan investasi yang meretas organisasi nirlaba. Tapi Louis, ingin membuat kesan yang baik, namun secara tidak sengaja memperburuk kasusnya. Bagaimana Four Task Management diimplementasikan oleh Harvey dan Louis, ditunjukkan dalam tabel dibawah.



Disamping itu, seorang lawyer selain dituntut memiliki pengetahuan hukum yang baik, juga harus memiliki kemampuan manajerial yang baik, terutama untuk lawyer yang menjadi senior partner atau memiliki independent law firm. Karena tuntutan untuk bisa menjaga kepentingan klien dan firmanya, mengharuskan seorang lawyer harus betul me-manage dengan seimbang kepentingan tersebut. Mintzberg, seorang Professor manajemen dari McGill University dalam teorinya membagi peran manajerial (managerial role) dalam tiga peran utama yaitu:

1.Decisional

  • Entrepreneur
  • Disturbance handler
  • Resource allocator
  • Negotiator

2. Interpersonal

  • Figurehead
  • Leader
  • Liaison

3. Informational

  • Monitor
  • Disseminator
  • Spoke person

Dalam serial SUITS, setiap lawyer senior dengan jabatan Senior Partner memiliki seorang asisten khusus untuk membantunya menangani berbagai macam kasus. Harvey Specter sebagai Senior Partner memiliki seorang asisten bernama Mike Ross, sedangkan Louis Litt selaku Junior Partner belum memiliki asisten khusus untuk mendampinginya. Perbedaan peran managerial dari kedua karakter diatas adalah sebagai berikut:


Managerial Role Identified by Mintzberg

Perkembangan Ilmu Manajemen


Ilmu manajemen dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Ilmu manajemen yang pada mulanya didefinisikan cukup kaku, saat ini semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman. Mulai dari Scientific Management Theory yang digagas oleh F.W. Taylor, hingga Organizational Environment Theory. Berikut adalah periodisasi perkembangan teori ilmu manajemen:


The Evolution of Management Theory

Sumber: Jones, George (2020)


Serial Suits memperlihatkan perbedaan gaya manajemen pada setiap karakter. Beberapa karekter yang memerankan posisi strategis di Firma Hukum Pearson Hardman, seperti Jessica Pearson, Harvey Specter dan Louis Litt, memiliki gaya khasnya masing-masing. Jessica Pearson selaku Managing Partner, secara langsung membawahi dua partner senior dan junior, yaitu Harvey Specter dan Louis Litt. Jessica dengan karakternya yang berwibawa kerap kali mendelegasikan kasus-kasus yang diterima Firma kepada Harvey Specter dan Louis Litt, dan kemudian dilakukan kontrol setiap saat untuk memastikan progress dari kasus-kasus yang dipegang. Terkadang, Jessica Pearson memberikan perintah langsung tanpa boleh ditolak, bahkan untuk kasus yang sifatnya pro bono (gratis), yang dianggap dapat menaikan citra Firma. Semua itu untuk mencapai satu tujuan utama firma, memenangkan kasus di pengadilan.


Sumber: serienytt.no


Sedangkan perbedaan gaya manajemen antara Harvey Specter dan Louis Litt, dua tokoh yang bertolak belakang dan saling bersaing, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Solusi untuk peningkatan kinerja dan pemilihan teori manajemen

Kedua tokoh, Harvey Specter dan Louis Litt telah melaksanakan fungsi manajerial mereka dilihat dari sisi Four Task Management. Namun, dalam hal Managerial Roles dan Management Thought Harvey Specter dan Louis Litt terlihat berbeda satu sama lain. Setiap karakter meyakini apa yang mereka jalankan adalah yang terbaik untuk pribadi dan perusahaan. Walaupun begitu banyak perbedaan diantara dua karakter tersebut, terdapat beberapa kesamaan yang tak terbantahkan diantara mereka, yaitu sama-sama sombong/angkuh, arogan dan ambisius.


Kami menilai, untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam mendapatkan dan menangani klien papan atas, serta meningkatkan kualitas seluruh lawyer yang tergabung dalam Law Firm Pearson Hardman, perlu diambil terobosan-terobosan baru dalam memandang dan menjalankan beberapa peran, yang dipandang dari berbagai sisi yaitu:


Four Task Management



Management Role



Management Thought


Artikel ini dibuat oleh : 

Team Kungfu Pandas

  1. Brian Paulus Hutama
  2. Iffan Arinanda
  3. Katarina Melia Indah Sari

Referensi:

  1. Gareth R. Jones, J. M. G. (2020). Contemporary Management (Eleventh Edition). McGraw-Hill Education.
  2. Jones, George. 2020. Contemporary Management. 11th edition. New York : McGraw Hill Education.
  3. https://www.pinterest.com/pin/410742428489376518/
  4. https://moodswag.com/witty-inspiring-harvey-specter-quotes/
  5. https://www.happyshappy.com/idea/24055/

Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Melia

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format