GOOD MANAGER : INTEGRITAS ATAU KORUPSI ?


0

Drama Korea Good Manager :
Judul : 
김과장 / Kim Gwajang / Chief Kim / Good Manager / Manager Kim
Genre : Drama | Komedi | Office
Jumlah Episode : 20  Episode
Pemeran Utama : Namgoong Min | Nam Sang-mi | Lee Jun-ho | Jung Hye-sung

SINOPSIS :

Serial Drama Good Manager atau dalam judul lainnya Chief Kim, bercerita mengenaiKim Seong Ryeong yang berprofesi sebagai akuntan di daerah Gunsan, Korea dengan beberapa kasusnya membantu gangster di wilayahnya untuk membuat laporan keuangan yang tidak terlalu mencurigakan bagi pemerintah, dengan menutupi pendapatan agar mengambil keuntungan dari rendahnya pajak yang dibayarkan. Namun beberapa saat kemudian, pekerjaan yang dilakukan nya tersebut membuat Kim berpikir ulang dan memiliki cita-cita untuk tinggal di Negara Denmark. Hal itu menurut Kim karena negara Denmark terkenal dengan kehidupan yang damai dengan taraf korupsi yang sangat rendah. Untuk mencapai tujuan nya, Kim membutuhkan uang sebagai modal sebesar satu juta dolar di rekening pribadinya, sedangkan hingga waktu tersebut, dana yang terkumpul hanya sebesar tiga ratus ribu dolar. 

Kehidupan lain yang dialami oleh Kim, yakni sebagai akuntan yang sering berhubungan dengan pihak yang berwajib, yang dikarenakan karena kasus penipuan pembukan laporan keuangan untuk perusahaan-perusahaan keciy yang ada di daerah Gunsan. Namun, dalam hal ini Kim tampak lebih lihai dalam menipu dan jaksa tidak dapat bisa menuntut dan menahan Kim dikarenakan bukti bukti yang kurang kuat. Suatu ketika, Gwangsook sebagai bawahan dari Kim, menginformasikan bahwa perusahaan besar TQ Group di pusat kota Seoul sedang mencari kepala departemen akuntansi dalam team operasional bisnis. Kemudian Kim mencoba melama, dengan harapan uang yang diterima dapat lebih besar dan lebih cepat untuk dapat pergi ke Denmark.

Diluar dari dugaan, Kim diterima di perusahaan TQ Group dan langsung diangkat menjadi kepala departemen keuangan. Dan setelah di cari tahu alasannya oleh Kim, ternyata Seo Yool sebagai mantan jaksa wilayah merupakan Direktur Keuangan baru di TQ Group. Seo mengetahui betul sepak terjang Kim, karena terkenal terlalu lihai dan sering berhubungan dengan polisi. Seo berharap dengan direkrutnya Kim, dapat membuat TQ Group mendapatkan keuntungan yang sangat besar dengan cara manipulasi laporan dan pajak perusahaan. Pada awal bekerja di TQ Group, Kim memiliki niat untuk dapat melakukan korupsi agar tabungannya cepat terkumpul sesuai dengan cita-cita awal nya.

Pada akhirnya, TQ Group dianggap oleh Kim merupakan perusahaan yang sangat kotor dan terlalu berbahaya di laporan keuangan perusahaan yang telah dibuatnya. Hal ini karena terjadi juga korupsi yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan sehingga dapat menyebabkan banyak karyawan mendapatkan PHK dan terjadi beberapa kali penunggakan gaji kepada karyawan. Disamping itu, para petinggi perusahaan dengan tidak segannya dapat membunuh karyawan yang mengetahui rahasia dan sepak terjang korupsi yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan. Hal ini tentunya bertentangan dengan prinsip dan cita-cita dari Kim, dan pada akhirnya dengan bekerja sama dengan para karyawan di team departemennya berusaha untuk mengungkap seluruh kasus korupsi yang ada di TQ Group hingga tuntas, tanpa ada ketakutan terhadap apa yang akan terjadi kepada team nya.

Four Task Management : Kim Seong-Ryeong vs Seo Yool

Dalam buku Contempary Management, by Gareth R. Jones & Jennifer M. George, peran manajemen dalam sebuah perusahaan (Gareth R. Jones, 2020). 

Tugas manajemen dapat dibagi menjadi 4, yaitu

Planning (perencanaan)

– Organizing (pengorganisasian)

– Leading (memimpin) 

– Controlling (pengendalian)

4Task Management

Kim Seong-Ryeong

Seo Yool

Planning

Mr. Kim memiliki rencana untuk berjuang menyelamatkan perusahaan untuk melawan korupsi dan irrasionalitas dalam perusahaan TQ Group

Mr. Seo Yool sebagai direktur keuangan perusahaan, memiliki ambisi untuk selalu menutupi korupsi yang dilakukan oleh top manajemen

Organizing

Kemampuan Mr Kim dalam menjelaskan dan membagi tugas-tugas yang dapat dilaksanakan oleh staf team accounting untuk dapat mengungkapkan korupsi yang ada di perusahaan TQ Group

Cara yang dilakukan adalah mengorganisir departemen finance untuk dapat memanipulasi data dan transaksi keuangan demi kepentingan pihak tertentu (korupsi)

Leading

Memberikan motivasi dan memberikan semangat kepada seluruh team untuk dapat bekerja secara bersih dan berani menghadapi tekanan yang diberikan oleh Top Manajemen

Memberikan energi yang negatif kepada team nya untuk dapat melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan peraturan perusahaan, demi kepentingan pribadi serta rencana korupsi top manajemen

Controlling

Melakukan monitoring pekerjaan dari staf dan team departemen keuangan agar dapat bekerja secara profesional dan mengevaluasi hasil-hasil yang di telah dikerjakan oleh team

Memaksakan hasil pekerjaan team agar selalu sesuai dengan rencana jahat manajemen dalam hal pencatatan dokumen keuangan

Tabel 1 : Four Task Management ( Kim Seong-Ryeong x Seo Yool )

Gambar 1 : The Evolution Of Management Theory

Managerial Roles & Management Thought  : Kim Seong-Ryeong vs Seo Yool

Dalam buku Contempary Management, by Gareth R. Jones & Jennifer M. George;

Management Roles terbagi menjadi 3 tipe peran, yaitu :

Decisional (Pengambilan Keputusan)

– Interpersonal (Memimpin)

Informational (Penyediaan Informasi) 

Adapun evolusi dari Teori Management yang berlangsung dari tahun 1890 hingga saat ini, yakni ; 

 Scientific Management Theory 

– Administrative Management Theory 

– Behavioral Management Theory 

– Management Science Theory 

– Organizational Environment Theory 

Type of Role

Kim Seong-Ryeong

Seo Yool

Decisional

Disturbance Handler

Negotiatior

Mr. Kim melakukan berbagai tindakan preventive-corrective yang dapat berguna dalam perbaikan tata kelola keuangan manajemen agar terhindar dari korupsi yang ada di perusahaan. 

Mampu untuk bekerja sama dengan para staf yang ada di bagian nya serta mampu memecahkan masalah yang timbul dan berkaitan dengan internal maupun external perusahaan.

Mr. Seo selalu bekerja dalam koordinasi dan bernegosiasi baik dengan atasan maupun bawahannya, yang berguna hanya untuk kepentingan pribadinya.

Kemampuan negosiasi Mr. Seo tampak sangat baik ketika mencoba melakukan kerjasama dengan manajemen dan mencoba untuk mempengaruhi Mr. Kim agar melakukan tindakan yang serupa

Interpersonal

Leader

Liaison

Mr. Kim memberikan semangat dan motivasi kepada rekan kerja dan atasannya untuk berani mengungkapkan korupsi dan irrasionalitas yang ada di dalam perusahaan.

Mr. Seo mengkoordinasikan departemen finance accounting untuk dapat memanipulasi data keuangan perusahaan agar korupsi dapat berjalan dengan lancar di lingkungan perusahaan.

Informational

Monitor

Disseminator

Selalu mengevaluasi hasil kerja team keuangan agar dapat memberikan performance yang baik bagi perusahaan, dan mengambil langkah tegas dalam pemberantasan korupsi di lingkungan perusahaan.

Memerintahkan kepada team jajaran departemen yang ada dibawah nya untuk dapat mengikuti perintah untuk melakukan tindakan berupa manipulasi data dan dokumen keuangan dengan tujuan korupsi tidak dapat terungkap.

Spokesperson

Mr. Kim berjuang untuk selalu memberikan solusi serta semangat kepada team untuk berani mengungkapkan fakta yang benar terkait adanya korupsi dan irrasionalitas di dalam perusahaan.

Management Thought

Behavorial Management Theory

Organizational Theory

Mr. Kim memotivasi team didalam accounting department untuk berkomitmen dalam menciptakan profesionalitas pekerjaan yang bebas dari korupsi, serta berani untuk memperjuangkan kebenaran dalam mengungkapkan tindakan korupsi yang ada di perusahaan tersebut.

Mr. Seo menggunakan team middle manajement untuk dapat bersinergi dalam mempermudah proses manipulasi dokumen dan data keuangan untuk keperluan korupsi yang dilakukan oleh top manajement.

Tabel 2 : Management Roles & Management Thought ( Kim Seong-Ryeong x Seo Yool )

SOLUSI yang dapat diberikan bagi kedua tokoh dalam film Good Manager adalah :
A. Karakter Kim Seong- Ryeong

  • Monitoring dan Controlling dilakukan secara simultan sesuai dengan periode waktu tertentu, untuk menghindari adanya campur tangan dari pihak-pihak yang ingin mengganggu performa perusahaan.
  • Untuk dapat lebih melakukan perencanaan yang mendetail terhadap tujuan perusahaan yang hendak dicapak.
  • Sebagai karakter yang mengedepankan specific role nya berupa Distrubance handler, Mr. Kim harus senantiasa dapat melakukan pendekatan-pendekatan kepada departemen lain selain departemen keuangan, sehingga lingkungan kerja yang kondusif dapat selalu tercipta dengan baik.
  • Untuk lebih dapat meningkatkan kualitas sebagai manager, pemberian motivasi kepada para team member dalam depertemennya harus disesuaikan dengan karakter-karakter yang dimilliki oleh masing-masing team member. Sehingga tidak berbenturan yang dapat mengganggu performa kerja team.

B. Karakter Seo Yool

  • Sebagai leader (Direktur Keuangan), diharapkan tidak menggunakan kuasa kepemimpinanya untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan perusahaan dan bertentangan dengan hukum.
  • Melakukan fungsi planning dan controlling selalu berdasarkan dengan arah tujuan perusahaan, demi tercapainya performance yang maksimal.
  • Sebagai karakter yang lebih memiliki ciri khas sebagai seorang negotiator, diharapkan kedepannya dapat menggunakan kelebihan yang dimiliki untuk dapat merangkul seluruh karyawan sebagai satu bagian yang terpisahkan guna mencapai tujuan perusahaan.
  • Ada baiknya sebagai pucuk pimpinan yang tinggi, penghimpunan kekuatan karyawan perusahaan dapat berdasarkan arah dan kebijakan perusahaan, dengan mengindahkan kepentingan pribadi yang dapat merugikan perusahaan.

Artikel ini dibuat oleh Team Geronimo :
1. Henry Julianto Tarigan

2. Riva Selviani Harahap

3. Priyonggo Setyoadi

Referensi :

1. Gareth R. Jones. 2020. Contemporary Management 11th Edition. McGraw-Hill Education

2. Netflix.2017. Good Manager / Chief Kim

Trailer Good Manager / Chief Kim


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format