Melihat Karakter 2 Tokoh Money Heist dari Perspektif Four Tasks of Management, Managerial Roles, dan Management Thought

"Bagaimana perampokan Badan Percetakan Uang Negara Spanyol bisa terjadi?"


0

SINOPSIS

Money heist atau lacasa de papel adalah sebuah series yang berasal dari spanyol. Lacasa de papel yang berarti rumah kertas dalam bahasa spanyol merupakan serial yang bergenre kriminal. Series ini dimulai dari pengenalan back story dari salah satu karakter yaitu Silene Oliveira yang diceritakan adalah seorang perampok yang telah berhasil merampok 15 kali yang pada akhirnya karena alasan cinta membuatnya menjadi seorang pembunuh dan pada akhirnya membuka kedok kejahatannya dan menjadikannya seorang buronan yang paling dicari Polisi. Silene kemudian di rekrut oleh seorang pria bernama Sergio untuk terlibat dalam sebuah perampokan yang besar. Sergio juga yang dikenal dengan Profesor merekrut beberapa orang untuk menjadi bagian dari misi yang telah dipersiapkannya selama bertahun-tahun. Untuk menyembunyikan identitas masing-masing dari anggota perampokan ini mereka memutuskan untuk menggunakan nama-nama kota sebagai nama mereka. Silene mengambil nama Tokyo dan karakter lainnya masing-masing dengan nama Berlin, Rio, Danver, Nairobi, Helsinki, Oslo, dan Moscow. 

Diceritakan masing-masing dari mereka memiliki karakter yang berbeda-beda dan memiliki kelebihan pada bidang masing-masing. Berlin merupakan orang yang ahli dalam manipulasi, Moscow seorang ahli penggali, Rio adalah Hacker yang sangat ahli dalam alarm dan segala macam elektronik, Denver adalah seorang yang jago berkelahi dengan tangan kosong, Helsinki dan Oslo yang terkenal sebagai prajurit profesional, Nairobi ahli dalam hal pemalsuan uang, Tokyo adalah seorang yang sangat berpengalaman dalam aksi perampokan, dan Profesor adalah sosok yang merekrut mereka yang menjadi mastermind yang telah merancang perampokan ini dengan sangat matang.  Profesor adalah sosok yang tidak memiliki catatan kepolisian sehingga membuatnya tidak dikenal. Selama 5 (lima) bulan Profesor melatih dan mengajarkan mereka dengan hal penting yang berkaitan dengan rencana perampokan mereka di suatu tempat yang jauh dari keramaian. Profesor menjelaskan berbagai detail dan rencana-rencana alternatif dari perampokan tersebut sehingga bisa dilihat rencana ini sangat matang dan hampir bisa dipastikan akan berhasil.

Akhirnya tiba waktunya mereka akan mengeksekusi rencana mereka, dimana target perampokan mereka adalah Badan Percetakan Uang Negara di Spanyol. Mereka pun memulai rencana mereka dengan menahan 67 sandra yang berada di dalam gedung. Kemudian mereka juga membuang sejumlah uang keluar gedung percetakan tersebut demi mengecoh sejumlah Polisi dari rencana perampokan mereka yang sebenarnya yaitu untuk bisa kabur dengan membawa uang sebesar 2,4 Miliar euro. Mereka merampok dengan menggunakan kostum merah jumpsuit dengan topeng Salvador Dali untuk menutupi wajah mereka. Disisi lain seorang Inspektur Penyelidik Kepolisian yang bernama Raquel Murillo yang ditugaskan untuk menangani kasus perampokan ini. Pada saat mereka membuang uang di depan gedung percetakan salah satu dari mereka yaitu Rio tertembak oleh polisi saat mengeksekusi salah satu misi tersebut. Karena kejadian tersebut Profesor dan Berlin akhirnya mengetahui kalau ternyata Rio dan Tokyo memiliki hubungan yang spesial padahal sejak awal Profesor sudah melarang jangan sampai ada hubungan asmara diantara mereka karena hal ini dapat mengacaukan misi perampokan tersebut. 

Kedelapan perampok ini melakukan pembobolan ke Badan Percetakan Uang Negara dengan menahan 67 sandera dan uniknya perampokkan ini memiliki beberapa syarat salah satunya untuk tidak melukai ataupun membunuh para sandera. Pada season pertama ini tensi ketegangannya sangat terasa ketika Profesor dan Raquel mulai saling mencintai. Tetapi Raquel tidak mengetahui identitas Profesor yang sesungguhnya karena Profesor sangat pintar menyembunyikan rahasianya. Akhir season merupakan kekalahan pertama Profesor karena 16 sandera berhasil melarikan diri dan memukul Oslo hingga mati.

FOUR TASKS MANAGEMENT

The Professor (Sergio)

Raquel Murillo

Planning

Sergio sejak awal sudah merencanakan perampokan gedung percetakan uang dengan sangat terukur. Perencanaan mulai dari tujuan, persiapan tim yang dibutuhkan hingga rencana cadangan untuk mengantisipasi tindakan kepolisian sudah sangat dipikirkan oleh sergio. 

Raquel selaku inspektur kepolisian yang ditugaskan untuk menangani kasus ini, pada awalnya hanya melakukan perencanaan dengan protokol standar kepolisian. Namun setelah menyadari kemampuan The Professor, perencanaan pada setiap tindakannya dilakukan dengan lebih cerdas.

Organizing

Team perampok yang dibentuk oleh sergio mempunyai tugas dan peran yang sudah terbagi sesuai dengan kapasitas kemampuan tiap individu di timnya.

Team kepolisian yang dimiliki Raquel telah terorganisir dengan baik sebagaimana seharusnya sebuah organisasi kepolisian. 

Leading

Meski tidak berada langsung di tempat perampokan, Sergio dapat memandu timnya melalui jaringan telepon khusus, dan berkat kemampuannya dalam menjelaskan perencanaan dan tujuannya, seluruh anggota timnya memiliki rasa respect dan kepercayaan yang cukup tinggi kepada Sergio.

Raquel memimpin langsung timnya di depan tempat perampokan, Raquel banyak melibatkan rekannya Angel Rubio dalam memutuskan dan membantu penyelidikan kasus. Pada umumnya seluruh anggota kepolisian mempercayai kepemimpinan Raquel.

Controlling

Pada prosesnya, terdapat beberapa hal diluar rencana Sergio yang terjadi di perampokan ini. Namun dengan tidak berada langsung di tempat perampokan, Sergio dengan kemampuannya dapat mencegah kegagalan rencananya dan melindungi temannya dari luar. Sedangkan untuk membantunya menjalankan operasi perampokan di dalam gedung, dia telah mempercayakan salah satu anggota timnya yaitu Berlin untuk memimpin di lapangan.

Setelah beberapa kali menemui jalan buntu dalam menangani perampokan ini, Raquel berusaha berpikir ulang dengan mengevaluasi tindakan kepolisian sehingga tidak mudah terperdaya oleh rencana Sergio. Pada prosesnya hal ini cukup merepotkan Sergio dan timnya yang semakin sering terpojok berkat tindakan-tindakan team kepolisian yang dipimpin Raquel

Menilai perbedaan dari kacamata four task of management dari kedua karakter diatas, terdapat kelemahan dan kekuatan dari masing – masing karakter yang mempengaruhi efektifitas dan kualitas dari leadership yang dilakukan. 

Planning

The Professor ( sergio ):  otak dari operasi yang dijalankan oleh kelompok. Merencanakan seluruh langkah dengan detail dan menggunakan metode testing a/b. Merencanakan lebih dari satu jalan untuk setiap tindakan yang dilakukan untuk antisipasi rencana yang dijalankan tidak berhasil. The professor juga menempatkan diri sebagai pucuk pimpinan pada setiap posisi (sisi lawan dan sisi team), professor menilai setiap kekuatan dan kelemahan dari timnya untuk menempatkan pada peran yang tepat didalam team. Professor juga melakukan analisa kekuatan dan kelemahan lawan untuk melakukan perencanaan strategi yang akan dijalankan untuk mengantisipasi langkah lawan. 

Raquel Murillo (inspektur):  Pemimpin operasi yang dilakukan kepolisian. Melakukan perencanaan dan kepemimpinan secara protokoler, inspektur melakukan segala tindakan dan perencanaan sesuai dengan protokoler dari kepolisian, seluruh tindakan telah terukur dan ada prosedur bakunya.

Organizing

The Professor (sergio): Dengan mengetahui setiap kelemahan dan kekuatan tim, professor berhasil menerapkan “the right man for the right job”. Sehingga setiap tindakan dapat dilakukan dengan efektif dan berjalan sesuai rencana. 

Raquel Murillo (inspektur) : karena bekerja di dalam koridor yang telah diatur oleh protokol operasi kepolisian tidak banyak yang dapat dilakukan oleh inspektur, seluruh posisi telah diisi oleh peran – peran terlatih dan terbiasa menjalankan perannya. Hal ini juga menjadi titik lemah yang dapat dengan mudah dibaca oleh lawan. Karena tindak baku yang dilakukan oleh tim kepolisian sudah terstruktur dan cenderung kaku. 

Leading

The Professor (Sergio): Memimpin dengan memberikan arahan yang jelas kepada tim, jauh sebelum melakukan operasi professor membangun engagement didalam team dengan menciptakan rasa kekeluargaan dalam tim untuk membentuk kekompakan. Setiap anggota tim harus mengerti dengan jelas peranan dari role yang dijalankan, serta mendapatkan pelatihan yang cukup untuk mengasah keahlian, bahkan untuk keahlian di kondisi tidak biasa seperti pembedahan untuk korban tembak. Professor menanamkan rasa kepercayaan dan keamanan untuk setiap anggota tim, bahwa rekan satu tim akan saling melindungi, termasuk Profesor yang akan selalu melakukan perlindungan kepada mereka, meski ia tidak ikut di dalam “operasi” tersebut. Professor juga membagi kekuasaan pimpinan di lapangan yang dilakukan untuk eksekusi singkat dan cepat di lapangan untuk mengantisipasi lambatnya keputusan ketika keadaan mendesak harus diambil dan eskalasi dilakukan lambat.  

Raquel Murilo (Inspektur) : memimpin dengan kuasa yang telah distrukturkan oleh rantai komando kepolisian, inspektur dikenal berprestasi dan memiliki disiplin yang tinggi. Seluruh anggota tim patuh dalam disiplin rantai komando yang sama. Namun beberapa kali terlihat, keegoan dari gaya leadership yang terkesan kaku ini menjadi kelemahan dari tim kepolisian. Inspektur yang sulit menerima masukan dari bawahan, menjadi mudah dikendalikan oleh lawan (professor) untuk mengetahui langkah tim kepolisian. 

Controlling

The Professor (Sergio) : Fungsi pengendalian pada tim professor dilakukan dengan rasa respect yang tinggi oleh seluruh anggota tim kepada pimpinan, bukan berdasarkan kekuatan atau pangkat. Professor mengendalikan tim yang telah memiliki rasa percaya satu sama lain, termasuk kepada dirinya sendiri untuk saling melindungi dan melengkapi sesama anggota tim. Fungsi kontrol ini cenderung statis dan aman selama tidak ada kecacatan dalam kepercayaan tim, seperti mata rantai yang tidak boleh terputus, karena setiap orang memiliki peranan untuk menjaga fungsi kontrol yang berpusat pada puncak pimpinan, namun kekuatan puncak pimpinan tidak digunakan untuk melakukan penekanan, melainkan untuk melakukan dorongan untuk melakukan sesuatu

Raquel Murilo (inspektur) : Tim kepolisian melakukan fungsi kontrol dengan power yang ditempatkan pada pucuk pimpinan berdasarkan hirarki, setiap anggota tim dipaksa untuk disiplin melakukan tindakan dan peran sesuai fungsi, dan dijaga dengan aturan baku. Dalam kondisi ini, peranan inspektur adalah memastikan fungsi tiap orang berjalan baik dan mengambil tindakan untuk peran yang tidak berjalan dengan melakukan pergantian

MANAGERIAL ROLES

The Professor (Sergio)

Raquel Murillo

Decisional Role

Professor menjalankan peran manajer sebagai Resource Allocator dengan mengalokasikan sumber daya manusia di teamnya dengan fungsi dan peran sesuai kemampuan masing-masing, dan menjadi Disturbance Handler ketika timnya mendapat masalah yang ditimbulkan oleh kepolisian maupun kesalahan teknis

Raquel sebagai seorang inspektur kepolisian menjalankan peran sebagai negotiator ketika dia mencoba menggali informasi dari pemilik junkyard mobil.

Beberapa kali tindakan dan keputusannya dalam memanfaatkan sumber daya kepolisian cukup merepotkan team perampok, dia telah menjalankan peran sebagai Entrepreneur dan Resource Allocator 

Interpersonal Role

Beberapa kali The Professor sangat tegas dalam menjelaskan tujuan, peraturan, dan sangat mendorong setiap anggota timnya untuk bekerja sama dan saling membantu dan mengedepankan profesionalitas. Dia telah menjalankan peran manajer sebagai Figurehead, Leader dan Liaison dengan baik

Raquel juga dengan tegas selalu bertujuan memprioritaskan keselamatan sandera dan dia berhasil menanamkan tujuan itu kepada timnya. Dia juga tidak ragu untuk berkoordinasi dengan divisi kepolisian lain yang padahal adalah mantan suaminya. Peran sebagai figurehead, leader dan liaison dijalankan Raquel dengan baik

Informational Role

Peran The Professor sebagai Monitor dan Disseminator sangat terasa karena dia benar-benar mengawal dan mengevaluasi setiap tindakan di dalam tempat perampokan melalui kamera-kamera cctv dan kemudian menginformasikan perubahan-perubahan yang diperlukan terkait operasi perampokan melalui jaringan telepon khusus. Dia juga berperan sebagai Spokesperson kepada pihak kepolisian dengan tujuan untuk mengulur waktu sehingga timnya dapat mencetak lebih banyak uang

Peran sebagai Spokesperson dijalankan Raquel ketika menjelaskan tujuan polisi dan menyebarkan informasi mengenai anggota team The Professor. Pada prosesnya dia juga berperan baik sebagai Disseminator dengan menginfokan mengenai temuan-temuan yang berkaitan dengan kasus perampokan. Selain itu dia menjalankan peran Monitor dengan mengevaluasi segala keputusan dan tindakan yang telah diambil oleh timnya dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dalam proses penyelidikan.

MANAGEMENT THOUGHT

Tim Kepolisian – Raquel Murilo (Inspektor)

Management thought yang paling menggambarkan pola managerial dari tim kepolisian adalah kombinasi dari Administrative Management – authority Theory : The Study of how to create an organization Structure and control system that leads to high efficiency and effectiveness, dan Behavioral Management : The study how manager should personally behave to motivate employees and encourage them to perform at high levels and be committed to the achievement of organizational goals. Dimana Inspektor memimpin dengan kekuatan yang diberikan oleh struktural yang dibentuk dari kepolisian yang telah mendesain struktur manajemen untuk menghasilkan rantai komando yang paling efektif untuk tujuan operasi. Disisi lain struktur ini didukung oleh Karakter kuat dari Inspektur Raquel Murilo yang dikenal disiplin, cerdas dan berprestasi sehingga mempertegas karakter leadership dari pimpinan, dan mendorong timnya untuk bisa perform sesuai dengan fungsi dan peranan masing – masing untuk memenuhi ekspektasi dan tuntutan dalam tim.

Sementara di sisi lain, The Professor menggunakan theory adam smith – Job Specialization : bahwa pekerjaan akan lebih efektif jika dilakukan oleh seseorang yang memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. Pada beberapa tayangan, tim Professor juga menunjukan theory scientific management  dari F.W. Taylor : the systematic study of the relationships between people and tasks for the purpose of the redesigning to increase work efficiency. Professor selaku pimpinan tim membagi masing – masing anggota tim berdasarkan pengalaman dan keahlian mereka sebelum bergabung kedalam tim, professor juga mempertimbangkan karakter masing – masing individu untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam proses berjalannya operasi, professor berupaya memadu-padankan masing – masing anggota individu dengan karakter yang cocok untuk meningkatkan engagement dan efektifitas didalam melakukan suatu tugas pada saat operasi dilakukan. 

KESIMPULAN:

Terdapat kelemahan dan kelebihan dari setiap tim diatas, untuk tim yang beranggotakan orang – orang terlatih dan minim soft skill dan engagement, metode struktural dengan SOP baku adalah struktur yang tepat dalam kacamata four task management, dikarenakan dalam struktur ini segalanya jelas telah diatur dan terstruktur, bahkan pimpinan junior bisa berperan baik karena power diberikan dalam struktural berdasarkan kepangkatan. Tidak membutuhkan jiwa leadership dari seorang leader dalam struktur ini. Namun hal ini sekaligus menjadi kelemahan, dikarenakan sifatnya yang baku dan tidak dinamis (mudah menyesuaikan keadaan). Terbukti beberapa kali tim Professor dengan mudah membaca langkah kepolisian karena operasi kepolisian berdasarkan aturan baku, berbeda dengan tim profesor yang dinamis sehingga tidak mudah dibaca lawan, namun kelemahan dari struktur ini adalah dibutuhkan seorang leader yang tenang dan kharismatik yang mendapatkan kepercayaan penuh dari tim, yang bisa mendengar secara utuh, dibutuhkan engagement yang terbangun sempurna sehingga operasi bisa dijalankan lancar dan tidak terkendala karena salah satu tim tidak efektif misalkan karena kurangnya kemampuan menjalankan tugas, tidak termotivasi atau malas, dan tidak disiplin.

Dibuat Oleh:

Jimmy Indrawan

Kharmanovian Umboro

Teresa Irselinia Prisscilia Iskandar 

Money Heist - Season 1 Trailer


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format