Nonton sambil Memahami Manajemen dari Serial Go Go Squid

Drama bergenre komedi romantis ini diadaptasi dari novel Stewed Squid with Honey


0

Go Go Squid! merupakan drama asal China yang tayang perdana pada 9 Juli 2019, di channel iQiyi dan Dragon TV. Drama bergenre komedi romantis ini diadaptasi dari novel Stewed Squid with Honey yang mengisahkan tentang seorang wanita yang berhasil menaklukan seorang pria yang sifatnya sangat serius.

Dibintangi oleh Yang Zi, yang sebelumnya pernah membintangi drama Women In Beijing dan juga The Destiny of White Snake. Perannya dalam drama ini adalah sebagai orang yang percaya diri. Sedangkan lawan mainnya adalah Lu Xian, yang sebelumnya membintangi drama Only Side by Side With You. Ia berperan sebagai orang yang pendiam dan kurang tertarik jika dekat dengan wanita.

Drama ini mengisahkan tentang Han Shang Yan (Li Xian), ia adalah orang yang sangat serius dan tidak terlalu dekat dengan wanita. Suatu hari ia pergi ke kafe untuk mencari internet sambil mengawasi sepupunya untuk menjaga toko. Lalu disitu ada Tong Nian (Yang Zi), dan ia merasa jatuh hati dengan Han Shang Yan. Tong Nian yang biasanya aktif langsung kaku dan tidak bisa berkata ketika melihat Han Shang Yan. Karena keunikan Tong Nian, Han Shang Yan juga tertarik dengan Tong Nian.

Pada awal Hang Shang Yan masuk ke dunia CTF, dia menjadi salah satu anggota tim SP yang diketuai oleh Solo. Selang berjalannya waktu, terjadi salah paham antara Shang Yan dan Solo, sehingga Shang Yan memusuhi Solo dan membuat grup sendiri yang dinamakan K&K, yang berambisi untuk mengalahkan SP dan membawa tim K&K ke kancah dunia.

SP dan K&K merupakan top 3 pemain nasional yang memenangkan banyak pertandingan. SP dalam kegiatan operasional banyak dibiayai oleh investor dan menghadapi banyak tekanan dari investor saat SP kalah bertanding dan terpaksa melepaskan 1 pemain veterannya yang tidak perform, Xiao Mi. Sedangkan K&K, organisasi yang mandiri, tidak tergantung pada investor, namun karena ambisinya untuk memperkuat tim China, melakukan spending untuk merekrut pemain dan untuk mengikuti kompetisi yang tidak sedikit, sehingga keuangan perusahaan lainnya di luar negeri juga ikut terganggu.

Dalam perjalanannya, Shang Yan merekrut Xiao Mi, salah satu mantan personil SP yang dianggap kurang perform, sebagai manajer K&K yang bertugas untuk mengatur strategi tim dan juga menganalisa kekuatan dan kelemahan lawan. Kemudian, dia juga merekrut Buff, pemain senior dari grup lawan, untuk memperkuat tim K&K.

Dengan masuknya Buff dalam tim K&K, Shang Yan menjelaskan bahwa Buff akan berlatih bersama tim K&K lainnya selama setengah bulan dan setelahnya akan dipilih 5 pemain resmi dan 1 cadangan untuk mengikuti kejuaraan Asia. Penilaian akan di lakukan dengan melihat kemampuan pribadi dan kerjasama secara kelompok. Kemudian, team yang terbentuk akan berlatih setengah bulan lagi dan berkompetisi di Kejuaraan Asia

Four Task Management

Four Task Management

Han Shang Yan

Solo

Planning:

Mengidentifikasi dan menyeleksi tujuan yang sesuai organisasi, serta tindakan terbaik mencapai tujuan tersebut

Shang Yan adalah sosok yang penuh perhitungan dan gesit dalam menilai strategi lawan dan meningkatkan kemampuan tim K&K. Latihan yang terarah dan dilakukan di antara anggota tim melawan Shang Yan untuk melatih kesiapan mental tim dan juga meningkatkan kompetensi tim. Tidak hanya mental yang dilatih, kemampuan fisik dengan juga dilatih melalui olah raga. Shang Yan lebih direct dalam menentukan tujuan organisasi, sehingga terkesan one man show.

Solo adalah tipe leader yang baik, namun sudah tidak secara langsung memberikan training ke tim. Semua diserahkan ke managernya Ai Qing. Meskipun Solo juga ingin untuk memenangkan kompetisi Asia, namun tidak seberani Shang Yan dalam merekrut pemain untuk memperkuat tim.

Organizing

Menetapkan tugas dan authority relationships yang memungkinkan orang untuk bekerja bersama untuk mencapai tujuan organisasi

Tugas dan peran masing-masing pemain dan manajer dalam tim K&K sangat jelas, namun bisa berubah sesuai dengan kondisi (agile). Terlihat pada saat K&K merekrut Xiao Mi, mantan pemain SP, menjadi manager, bukan sebagai pemain. 

Membagi tugas dan peran tim secara jelas, namun cenderung statis.

Leading

Memotivasi, koordinasi, dan memberikan energi pada individu ataupun kelompok untuk bekerja bersama demi mencapai tujuan organisasi

Meskipun sosok Shang Yan cukup dingin, namun sangat perhatian terhadap tim dan memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghandle permasalahan (personalize) tergantung dari dengan siapa berhadapan dan juga masalahnya. 

Solo tidak terlalu banyak membangun karakter tim, karena anggotanya merupakan pemain lama dan lebih ke task.

Controlling

Tetapkan pengukuran yang akurat dan sistem pemantauan untuk mengevaluasi seberapa baik organisasi dalam mencapai tujuannya.

Setiap anggota tim diberikan target ranking yang harus dicapai dan direview secara berkala dalam meeting yang dipimpin langsung oleh Shang Yan. Reward and punishment juga diberikan ke tim untuk memastikan target tercapai. Training juga diberikan ke anggota tim yang performancenya kurang bagus.

Tidak terlihat ada pengukuran dari kinerja tim secara berkala, kecuali target untuk memenangkan pertandingan.

Managerial Roles

Type of Role

Specific Role

Han Shang Yan

Solo

Decisional

Entrepreneur

Ambisi mengalahkan performance keuangan, sehingga sisi entrepreneur cenderung lemah dan lebih banyak investing.

Sebagai entrepreneur yang juga diawasi oleh investornya, Solo lebih berjiwa entrepreneur dan play safe.

Disturbance Handler

Fighting spirit saat dihadapkan dengan masalah sangat tinggi dan berani untuk mengambil keputusan terkait K&K

Menerima kesalahan, namun tidak berusaha untuk membalikkan keadaan (cenderung pasrah)

Resource Allocator

Karena ingin memperkuat tim China, budget keuangan untuk operasional di luar negeri sempat terganggu

Meskipun tidak outstanding dalam mengelola resource, namun cukup prudent dalam mengalokasikan resourcenya

Negotiator

Negotiator yang baik dan pantang menyerah, terbukti saat mengakuisisi Xiao Mi dan Buff

Menerima keadaan, terlihat saat melepas Xiao Mi atas desakan dari investor

Interpersonal

Figurehead

Pemimpin yang disegani, keras dan perhatian ke anggota tim

Kekeluargaan menjadi ciri dari Solo

Leader

Ambisius untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan detail oriented 

Tidak terlalu banyak mengarahkan tim, karena tim sudah matang

Liaison

Kaku dalam membina hubungan, keras, sehingga kadang berbenturan dengan pihak lain

Lebih persuasive dalam membina hubungan dengan tim maupun investor. Mempunyai hubungan baik dengan banyak pihak

Informational

Monitor 

Memonitor tim secara detail dan direct, meskipun mempunyai manager

Monitor diserahkan kepada manager

Disseminator

Meskipun mempunyai penggemar yang sangat banyak, K&K hampir tidak terlihat memanfaatkan crowd untuk mempromosikan timnya

Membangun hubungan yang baik dengan penggemar

Spokesperson

Shang Yan cenderung irit dalam memberikan komentar ke publik, sehingga tidak terlalu dekat dengan para fansnya

Solo terbuka dengan penggemar dan sering tampil untuk memberikan komentar atas kemenangan tim SP

Management Thought

Dalam Jones and George (2020) terdapat 5 teori yang termausk ke dalam evolusi dari manejemen modern yg dimulai sekitar akhir abad 19. Kelima teori tersebut adalah Scientific management theory, administrative management theory, behavioral management theory, management science theory, serta organizational environment theory. Dalam cerita series Go-go Squid, salah satu teori manajemen yang dapat dilihat yaitu dari teori Behavioral Management Theory, dari perspektif Teori X dan Teori Y. Perusahaan K&K kubu Han Shang Yan terlihat cenderung menerapkan teori X. Hal ini dapat dilihat dari sosok God Gun yang terlihat memiliki karakter yang keras dan terkesan otoriter. Ia juga melakukan pengawasan terhadap pekerja (pemain) dan dilakukan dengan cukup dekat meskipun ia juga memiliki manajer. Selain itu, Shan Yang juga memberlakukan sistem rewards punishment terhadap pemainnya, di mana hal ini menggambarkan teori X. Pada lain pihak, Solo di perusahaan SP terlihat menerapkan teori Y. Solo melakukan pembagian tugas dan peran tim secara jelas. Selain itu, karen pemain-pemain di SP merupakan pemain yang matang, sehingga tim lebih diberikan kebebasan dalam menentukan arah.

Kemudian, berdasarkan perspektif Organizational Environment Theory, Han Shang Yan  terlihat menerapkan dynamic capabilities. Menurut Jones dan George (2020), Dynamic capabilities merupakan teori bahwa organisasi memiliki kemampuan untuk membangun, mengintegrasikan, dan mengkonfigurasi ulang proses untuk mengatasi lingkungan internal dan eksternal yang berubah dengan cepat. Dalam cerita, diketahui bahwa Han Shang Yan melakukan rekrutmen sebanyak dua kali untuk menambah pemain dari luar. Solo menerapkan contingency theories yaitu organic structure, meskipun pembagian tugas dan peran di SP diberikan secara jelas, SP memberlakukan desentralisasi pada middle ataupun first line managernya, agar dapat merespon secara cepat kondisi yang tidak terduga.

Solusi

Han Shang Yan

Solo

Four Task Management

Shang Yan perlu belajar untuk slow down, sehingga tim tidak exhausted dalam menghadapi pertandingan

Lebih tegas dan cepat dalam mengambil keputusan ataupun mengambil peluang

Managerial Roles 

Belajar untuk lebih menahan spending dan memperbaiki kinerja keuangan

Sedikit risk taker diperlukan, supaya tim SP maju lebih cepat

Management Thought

Meskipun Shang Yan seorang yg agile dalam mengatur organisasi dan tidak takut benturan dalam tim, namun cara yang lebih persuasive perlu dipelajari untuk meredam kegalauan dalam tim

Lebih agile dalam mengambil keputusan dan peluang yang ada

Kelompok 6 (Alphabravo)

  1. Dhana Strata Nusantara
  2. Muhammad Syawaluddin Fatih
  3. Novy Wulansari

Reference:

Gareth R. Jones dan Jennifer M. George. (2020). Contemporary Management. (11th Ed). New York: McGraw-Hill Education

https://www.dailysia.com/sinopsis-go-go-squid-episode-1-41-lengkap/

https://wetv.vip/play?cid=6r4fklf4ckewnza&languageid=1491988&ptag=5_3.6.5.5343_system%27


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
FatihBravo

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format