Menyoroti Struktur dan Budaya Amerika dalam Memenangkan Pertempuran Pasifik

Bagaimana Manajemen Amerika Serikat dalam Membentuk Struktur Organisasi Militer, Mengontrolnya, Hingga Menciptakan Budaya Organisasi


0

https://www.youtube.com/watch?v=ikKSUJlmZhw

The Pacific merupakan mini seri yang menceritakan tentang pertempuran puran dua negara yaitu Amerika dan Jepang. Tentara Amerika berjuang untuk mengalahkan tentara Jepang supaya dapat merebut kekuasaan Jepang. Mini seri ini diproduksi oleh HBO tahun 2010. Mini seri ini terdiri dari sepuluh episode. 

Pada episode pertama, menceritakan kisah dari seorang tentara Amerika yang bernama Robert Leckie yang melakukan perjalanannya menuju sebuah pulau Guadalcanal. Pulau tersebut merupakan daerah di sekitar Kepulauan Solomon, Timur Pulau Papua. Selain, itu dalam episode pertama ini, terdapat seorang pemuda yang bersedih karena tidak diizinkan oleh ayahnya untuk bergabung ke dalam tentara Amerika. Pemuda tersebut bernama Eugene Sladge. Ayahnya merupakan seorang dokter yang dulunya mengobati para tentara yang terluka akibat perang. Sang ayah khawatir jika anaknya akan terluka dan pahitnya akan meninggal jika mengikuti perang. Mendengar kondisi tersebut, Eugene Sladge sangat bersedih. Berbeda dari Eugene Sladge, sahabatnya yang bernama Sidney Philips sudah lebih dulu menjadi tentara Amerika dan bergabung dalam peperangan.

Kemudian episode kedua, para tentara dari divisi tujuh yang merupakan divisi John Basilone terlihat berjaga-jaga di Pulau Guadalcanal. Namun tentara Jepang menyerang secara tiba-tiba, tentara Amerika pun berpindah ke tempat yang lebih aman. Kemudian, terdapat seorang tentara yang menyampaikan pesan kepada John Basilone bahwa ia diperintahkan oleh kolonel Puller untuk bergabung dengan kompuabel tujuannya mencari tahu apakah tentara Jepang mengikuti tentara Amerika atau tidak. 

Pada malam hari, tentara Jepang melakukan penyerangan lewat udara sehingga markas tentara Amerika porak poranda. Banyak tentara Amerika yang tewas dan luka berat. Setelah kejadian tersebut, seorang tentara Amerika bernama Briggs yang berada dalam satu divisi dengan John Basilone memberitahu jika John Basilone, JP, dan Manuel  disuruh menghadap kolonel Puller. Kolonel Puller memberitahu jika batalyonnya diminta atasan untuk menuju ke arah selatan landasan udara Pulau Guadalcanal karena menggantikan batalyon Haneken. Mereka ditarik ke bagian utara Matanikau karena menurut informasi Jepang akan menyerang matanikau, sehingga John Basilone dan JP diminta untuk bergerak menuju landasan udara, sedangkan Manuel  tetap berada di markas. Singkatnya, mereka tiba di lokasi dan segera mengatur posisi dan membuat pertahanan. 

Leckie dan teman-temannya yang sedang mempersiapkan senjata, dan tidak lama atasan mereka datang untuk memberitahu jika tentara Jepang bergerak maju dan mereka diminta untuk membuat pertahanan di sekitar hutan. Selain itu, ia menginformasikan jika tentara Jepang tidak jadi menyerang di Matanikau justru mereka menyerang landasan udara. 

Brigs menyampaikan kepada kolonel Puller jika tentara Jepang bergerak maju menuju landasan udara. Kolonel Puller segera menghubungi John Basilone untuk menahan tentara Jepang agar tidak menyerang markas. Namun tidak lama, tentara Jepang melakukan penyerangan dan berhasil masuk ke pertahanan yang dijaga oleh JP, John Basilone memberikan komando agar pasukannya bergerak mundur untuk membantu JP dan mereka berhasil menghabisi tentara Jepang. Dalam perang ini, Manuel  yang semula berada di markas kemudian ikut terjun ke dalam perang dan membantu John Basilone ketika diserang tentara Jepang saat mengambil amunisi. Namun saat mereka berhasil menang, Manuel  diketahui tewas dalam perang dan John Basilone pun sangat bersedih. Kolonel Puller berjanji akan memberikan penghargaan kepada John Basilone atas keberaniannya pada perang ini.

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/108438303501976974/ 

Episode ketiga dan keempat, menceritakan jika seluruh divisi yang berada di Pulau Guadalcanal dipindahkan ke Australia. Dalam episode ini, Leckie bertemu dengan Stella dan mereka saling jatuh cinta. Namun, melihat kenyataan bahwa Leckie harus kembali berperang Stella pun mundur dari Leckie karena ia tidak ingin mendapat kabar buruk dari pasangannya.

Disisi lain, berlangsung upacara pemberian penghargaan Medal of Honor kepada John Basilone. Setelah selesai upacara, Kolonel Puller memberikan perintah kepada John Basilone segera pulang ke Amerika untuk menjual obligasi perang karena tentara Amerika membutuhkan biaya untuk membeli peralatan dan amunisi perang. Seluruh pasukan dipindahkan ke Pulau Pavuvu. Kondisi Leckie sangat buruk karena penyakitnya yaitu Nocturnal.

Episode kelima dan keenam, menceritakan bahwa Leckie sudah sembuh dari penyakitnya dan dapat bergabung dengan teman-temannya. Dikesempatan lain, Sydney bertemu dengan Eugene. Sydney menceritakan bahwa ia akan kembali ke Amerika setelah mendapatkan undian karena berhasil memenangkan perang. Keesokan harinya, Eugene dan pasukan baru lainnya mendapatkan kesempatan untuk latihan terakhir kali sebelum diterjunkan ke medan perang.

September 1944, semua pasukan bertempur di Peleliu. Saat kendaraan mulai diturunkan, serangan dari tentara Jepang sudah dilancarkan. Eugene dan regunya berhasil bergerak maju, sementara Leckie dan regunya masih berjuang di pinggir pulau supaya dapat bergerak maju.

Eugene dan Snafu akhirnya sampai di depan pertahanan Jepang. Tentara Amerika sempat mengalami kekalahan karena kehabisan amunisi dan tank Jepang sudah mengetahui posisi mereka. Mereka pun bergerak mundur, tak lama kemudian tank Amerika datang dan dapat menghancurkan sebagian gedung pertahanan tentara Jepang.

Sebagian tentara Jepang masih berada di dalam gedung dan berada di bawah tanah. Strategi bawah tanah merupakan strategi yang digunakan tentara Jepang untuk mempersulit tentara Amerika. Tentara Amerika mulai kehabisan perbekalan dan air minum. Mereka semua kehausan, sampai salah satu tentara Amerika menemukan air. Air yang mereka temukan sudah diberikan racun oleh tentara Jepang. Keesokan harinya, seluruh pasukan bergerak maju menyerang tentara Jepang. Serangan tentara Jepang sangat dahsyat. Di tengah perang, komunikasi mereka terputus, sehingga Leckie disuruh atasannya untuk mencari bantuan akan tetapi ia terkena serangan bom sehingga harus dibawa ke kapal untuk mendapat peralatan. Akhirnya mereka dapat merebut pertahanan Jepang.

Setelah beristirahat, Eugene dan teman-temannya bergerak maju ke arah bukit yang merupakan tempat pertahanan utama tentara Jepang. Sesampainya disana, Eugene bersama kapten melakukan pengintaian untuk mengetahui posisi tentara Jepang. Singkatnya mereka mengetahui posisi Jepang, namun mereka ketahuan oleh tentara Jepang yang sedang berjaga akan tetapi mereka berhasil lolos. Sang kapten kemudian menghubungi batalyon untuk menceritakan kondisinya dan mereka membatalkan penyerangan. 

Episode ketujuh dan kedelapan, masih menceritakan peperangan di Peleliu. Perang ini semakin hebat banyak tentara yang tewas. Mereka kembali ke markas yaitu landasan udara untuk beristirahat. Setelah cukup beristirahat mereka kembali menuju bukit yang kemarin belum sempat ditaklukan. Di perjalanan mereka bertemu tentara dari divisi satu yang dipimpin oleh Kolonel Puller yang mana mereka sudah bertempur di bukit terlebih dahulu. Pasukan dari divisi ini banyak yang luka termasuk Jergen teman Leckie.

Sumber: https://latimesblogs.latimes.com/entertainmentnewsbuzz/2010/03/over-three-million-viewers-sign-up-for-hbos-the-pacific.html 

Dalam perjalanannya ke bukit, Leckie dan teman-temannya mendapat serangan tiba-tiba dari pasukan Jepang. Awalnya mereka kebingungan mencari posisi dari tentara Jepang dan pada akhirnya Eugene menyampaikan ke atasan jika serangan tersebut berasal dari bunker yang berada di depan mereka dan memang benar serangan berasal dari sana. Eugene, Snafu dan teman-teman berhasil melumpuhkan tentara Jepang. Malam harinya hujan turun, mereka harus beristirahat. Kapten Helden memberitahu mereka akan melanjutkan perjalanan ke bukit pada pagi harinya. Sesampainya di bukit mereka sudah harus menghadapi serangan dahsyat dari Jepang. Dalam perang ini, Letnan Hilibiri harus tewas. Selain itu Kapten Helden pun juga tewas terkena tembakan headshot. Singkat cerita, mereka berhasil merebut pulau Peleliu. Mereka kembali ke Pavuvu. 

Pada episode ini, John Basilone bertemu dengan Lena Riggi. Awalnya Lena menolaknya namun karena kegigihan John Basilone akhirnya Lena pun luluh dan mereka pun menikah sebelum John Basilone kembali ke medan perang. Februari 1945, di Iwo Jima Basilone dan kompinya melakukan perang disana. Perang ini berjalan sangat sengit banyak tentara Amerika yang tewas dan tank Amerika harus diturunkan. John Basilone pun juga tewas karena terkena tembakan bertubi-tubi. Lena yang mendengar John Basilone tewas hanya dapat bersedih.
Episode sembilan dan sepuluh menceritakan pertempuran di Okinawa. Saat sedang melakukan perjalanan ke Okinawa, mereka mendapat serangan dari tentara Jepang hingga malam hari. Pemimpin kompi memerintahakan untuk menggali lobang  sebagai tempat pertahanan dan setelah selesai, pemimpin kompi memerintahkan Eugene, Snafu dan pasukan lainnya untuk menembakan  mortir ke arah tentara Jepang. Namun senjata mortir mereka tidak berfungsi dengan baik karena basah terkena hujan. Hal tersebut terjadi karena kelalaian dari tentara baru yang baru. Eugene, Snafu dan lainnya harus mengambil peluru mortir di tempat penyimpanan amunisi. Pada akhirnya mereka memenangkan pertempuran.

Pada pagi harinya, saat semua sudah berada di posisinya terlihat warga sipil Jepang datang dari arah atas bukit tidak lama kemudian tentara Jepang terus melakukan penyerangan.  Warga sipil Jepang digunakan sebagai tameng dan jebakan oleh tentara Jepang. Tentara Amerika berhasil memenangkan pertempuran ini dan berhasil merebut Okinawa. Pada 15 Agustus 1945, Jepang akhirnya menyerah dan perang pun berakhir. Leckie yang sudah sembuh akhirnya kembali ke rumah. Seluruh pasukan pun pulang ke rumah  masing-masing. 

Struktur Organisasi

Dalam setiap organisasi ataupun perusahaan sudah semestinya terdapat struktur organisasi. Tak hanya perusahaan saja yang memiliki struktur organisasi, bahkan negara sekalipun nyatanya juga memiliki. Lebih jauh, Amerika Serikat sendiri dalam menjalankan strategi perangnya tentu memerlukan struktur organisasi. Dalam struktur organisasi, utamanya dalam struktur organisasi militer tentunya memiliki hirarki antara pemimpin tentara dengan tentara itu sendiri. Berikut ini merupakan struktur organisasi yang ada dalam miniseri The Pacific.

Dalam struktur organisasi militer Amerika, Batalyon US Marine ditugaskan untuk melakukan penyerangan terhadap pulau-pulau di pasifik yang waktu itu dikuasai oleh Jepang. Ada regu yang dipimpin oleh LetCol Puller dan ada juga yang dipimpin oleh Capt Haldane. Mereka ditugasi untuk menyerang pulau yang berbeda. Tentara Amerika di bawah pimpinan Capt Haldane menyerang Pulau Pavuvu, sedangkan Letcol Puller menyerang pulau Guadalcanal. Kendati ditugasi di pulau yang berbeda, namun pada akhirnya mereka akan sama-sama menyerang Pulau Okinawa dan Iwo Jima.

Merujuk pada buku Contemporary yang ditulis oleh Gareth R. Jones & Jennifer M. George, setidaknya terdapat empat faktor yang mempengaruhi struktur organisasi. Berikut penjelasan dari masing-masing faktor yang teraplikasikan dalam miniseri The Pacific.

Berdasarkan keempat faktor tersebut, maka dapat dilihat bahwa struktur organisasi militer Amerika serikat yaitu senagai berikut:

Faktor

Aplikasi dalam Mini Seri The Pacific

Organizational Environment

Perang ini merupakan peperangan yang sangat dahsyat dan hebat sehingga menyebabkan tentara Amerika banyak yang tewas. Selain itu, juga menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan dan amunisi untuk perang. Dalam hal ini, John Basilone yang sedang dipulangkan ke Amerika untuk menjual obligasi perang agar mampu membeli peralatan dan amunisi perang juga diperintahkan untuk memberikan pelatihan kepada tentara baru. Tentara-tentara tersebut dipersiapkan untuk membantu tentara yang sudah dahulu mengikuti perang 

Strategy

Dalam hal ini, strategi yang digunakan tentara Amerika dalam menyerang Jepang adalah membagi divisi. Hal tersebut terlihat saat Kolonel Puller menyuruh John Basilone, JP dan Manuel  untuk menggantikan batalyon Haneken berjaga di landasan udara, sedangkan batalyon Haneken yang beranggotakan Leckie dan teman-temannya bergerak menuju Matanikau, sebab informasinya Jepang bergerak menuju Matanikau. Namun, sebaliknya Jepang tidak jadi menyerang Matanikau, tetapi menyerang landasan udara tempat John Basilone, JP dan Manuel . Mengetahui hal tersebut, Kolonel Puller segera menghubungi John Basilone agar tetap berjaga. Singkatnya, mereka berhasil melumpuhkan Jepang

Human Resource

Amerika memiliki pasukan yang sangat tangguh, berani dan kuat. Berikut tentara-tentara Amerika diantaranya Kolonel Puller, Kapten Helden, Letnan Halibiri, John Basilone, JP, Manuel, Leckie, Eugene

Technology

Teknologi yang digunakan dalam perang diantaranya tank, senjata laras panjang, pistol, bom, mortir

Kendati demikian, dalam organisasi militer Amerika terdapat kelebihan dan kekurangan. Disisi lain, kelebihan akan mempercepat tercapainya tujuan organisasi. Namun, adanya kekurangan tidak bisa dipungkiri akan menghambat bagi tercapainya tujuan organisasi dan bisa berpotensi menggagalkan tujuan organisasi. Dimana tujuan organisasi dari militer Amerika tentulah mendapatkan kemenangan mutlak atas Jepang dalam perang pasifik.

Kelebihan

Struktur Organisasi

Kita semua tentu sepakat bahwa dalam perang pasifik ini, pihak Amerika sangat diuntungkan. Mulai dari sumber daya manusia berupa tentaranya yang secara jumlah dan kualitas jauh mengungguli Jepang. Disisi lain, penggunaan teknologi militer yang Amerika gunakan kian membuktikan bahwa Amerika merupakan negara superior. Ditambah lingkungan organisasi dan strategi yang ada juga turut memberi kontribusi lebih dalam perjalanannya Amerika mengalahkan Jepang

Kekurangan

Kontrol Organisasi

Kendati demikian, kontrol organisasi yang diterapkan Amerika relatif kurang. Hal itu bisa dilihat bahwa terjadi kesalahpahaman informasi yang diberikan saat mengintai pertahanan Jepang. Serta diketahuinya pengintaian Amerika saat berusaha memata-matai persembunyian Jepang. Serta beberapa tentara Amerika terlihat berkelahi dalam beberapa adegan dikarenakan mereka mengalami stres akibat perang. Tentu apabila hal ini berlangsung secara komprehensif tentu akan menghambat tercapainya tujuan Amerika untuk memenangkan perang

Budaya Organisasi

Budaya organisasi merupakan gabungan dari nilai, norma, dan standar perilaku manusia mengontrol antara individu dan kelompok saling berinteraksi satu sama yang lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan. Terdapat empat faktor utama dalam membentuk budaya organisasi. Berikut faktor budaya organisasi yang terlihat pada mini seri The Pacific.

Berikut merupakan tabel analisis terkait budaya organisasi di militer Amerika yang ditinjau berdasarkan empat perspektif berbeda:

Faktor yang Membentuk Budaya Organisasi

Aplikasi dalam Mini Seri The Pacific

Karakteristik Anggota Organisasi

  • Kolonel Puller

Merupakan seorang pemimpin yang sangat apik. Ia mampu membaca kondisi dengan baik sehingga mampu menyusun strategi dengan tepat. Ia juga seorang pemimpin yang adil dan menepati janji. Ia memberikan penghargaan kepada tentara yang hebat. John Basilone diberikan penghargaan dari Kolonel Puller

  • John Basoline

Merupakan tentara yang hebat dan berani. Atas aksi keberaniannya dalam medan perang, ia mendapatkan penghargaan dari Kolonel Puller

  • Leckie

Merupakan tentara yang berani dan tangguh. Terlihat pada saat ia harus mundur untuk mencari bantuan karena pada saat itu komunikasi mereka terputus, namun Leckie justru terkena serangan dari Jepang dan harus dirawat di kapal

  • Eugene

Merupakan tentara yang gigih, awalnya ia dilarang ayahnya ikut berperang namun usaha untuk menyakinkan ayahnya berbuah manis ia pun diperbolehkan untuk ikut berperang. Selain itu Eugene juga memiliki insting yang kuat, terlihat saat menemukan posisi Jepang yang berada di bunker sehingga mereka berhasil dilumpuhkan

Etika Organisasi

  • Adanya kesalahan karena lalai yang terjadi oleh tentara baru yang menyebabkan senjata mereka tidak bisa digunakan. Dalam hal ini kelalain tidak boleh terjadi karena dapat merugikan organisasi

  • Terjadi perkelahian antar sesama anggota tentara Amerika dikarenakan terjadinya gangguan kejiwaan. Beberapa tentara mengalami stress akibat perang sehingga jiwanya terguncang

Hubungan Kerja antar Karyawan

Walaupun terjadi beberapa masalah antar tentara, mereka semua memiliki hubungan yang baik. Salah satunya, ketika Manuel meninggal John Basilone sangat sedih dan merasa kehilangan. Sebelum meninggal Manuel  mampu menyelamatkan John Basilone dari serangan musuh. Selain itu, terlihat pada hubungan Leckie dan Eugene yang sangat kooperatif sehingga mereka dapat memenangkan perang

Struktur Organisasi

Sebagai pemimpin dalam perang Kolonel Puller dan Kapten Helden selalu memberikan komando yang tepat dan benar kepada setiap anak buahnya. Sehingga seluruh tentara dapat bekerja dengan baik dan dapat memenangkan pertempuran ini

Kontrol Organisasi

Kontrol pada organisasi bertujuan untuk menilai proses perjalanan dari sebuah organisasi maupun perusahaan supaya berhasil mencapai tujuannya. Berikut tipe-tipe kontrol yang terdapat pada The Pacific

Tipe – Tipe Kontrol

Aplikasi dalam Mini Seri The Pacific

Feedfoward Control

Kontrol ini telah dilakukan oleh pemimpin Amerika karena setiap tentara selalu memberikan informasi terkait kondisi yang terjadi. Setiap selesai memberikan informasi, pemimpin memberikan saran dan strategi yang harus dilakukan oleh tentaranya. Saran tersebut digunakan oleh tentara sehingga mereka dapat memenangkan perang

Concurrent Control

Ketika masalah telah terjadi, misalnya saja saat pengintaian tentara Amerika terbongkar. Maka pemimpin regu akan memerintah kan langsung kepada seluruh tentara untuk mundur. Keputusan ini diambil karena pihak Amerika kalah jumlah dan dari segi tempat juga berada di daerah yang kurang menguntungkan. Sehingga akan berbahaya jika memutuskan untuk melakukan pertempuran

Feedback Control

Para tentara tentunya akan merespon perintah untuk mundur tersebut, apabila memang secara jumlah, persenjataan, dan tempat kurang menguntungkan. Namun, apabila ada situasi yang mana menguntungkan bagi Amerika, maka para tentara biasanya akan memberikan laporan masukan kepada pemimpin regunya. Hal itu dilakukan untuk memberikan alternatif pemikiran terhadap keputusan yang akan diambil

Saran 

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi yang ada di The Pacific sudah sangat baik karena dengan adanya struktur tersebut terwujudnya terkoordinasi dengan baik

Budaya Organisasi

Merujuk dari Jones (2009), secara umum budaya organisasi terdiri dari dua. Pertama Inert Culture atau budaya organisasi yang bisa dikatakan gagal apabila gagal dalam memotivasi sumber daya manusia yang dimiliki. Sedangkan adaptive culture diartikan sebagai budaya organisasi yang memiliki nilai dan normal dalam rangka membantu organisasi tersebut untuk berkembang dan berubah sesuai dengan tujuannya. Dalam konteks miniseri the Pacific ini, beberapa tentara tampak mengalami permasalahan mental yang pada akhirnya berujung pada stres. Seringkali hal itu menjadi pemicu terjadinya perkelahian antar tentara Amerika. Sebenarnya hal ini terjadi karena mereka tampak sudah lelah dengan hebatnya strategi dan perlawanan dari Jepang. Dalam hal ini tentu para pemimpin regu baik kolonel, kapten, bahkan jenderal sekalipun harus mengambil andil dalam memberikan motivasi dan dukungan moral agar mental para tentara bisa menjadi tangguh dan tidak mudah terkena masalah mental saat pertempuran

Kontrol Organisasi

Diperlukan alur komunikasi yang jelas dalam penyampaian strategi dari atas ke bawah sehingga seluruh tentara memiliki pandangan yang sama mengenai strategi yang akan dilakukan. Disisi lain para tentara juga jadi lebih paham bagaimana mereka harus memposisikan diri mereka dalam pertempuran nanti sehingga meminimalisir kekalahan

Langkah Perubahan Organisasi

Perubahan organisasi merupakan pembaharuan cara organisasi dalam beraktivitas sebagao respon dalam mengikut tren sesuai dengan yang berlaku. Organisasi yang baik adalah organisasi yang mampu melakukan perubahan. Perubahan organsasi ini dilakukan supaya cepat dalam merespon peluang dan ancaman. Berikut proses perubahan organisasi dalam The Pacific.

Proses Perubahan Organisasi

Aplikasi dalam Mini Seri The Pacific

Menilai Kebutuhan akan Perubahan

Pertama-tama perlu ditentukan adalah perubahan seperti apa yang diharapkan. Serta mengidentifikasi masalah dan sumber dari masalah tersebut. Dalam the Pacific, diperlukan briefing strategi kepada seluruh tentara, jangan hanya para kapten saja yang diberi arahan

Memutuskan tentang Perubahan yang akan Dilakukan

Dengan mengetahui detail strategi, maka tentara akan makin memperbaiki komunikasi mereka satu dengan lain

Melaksanakan Perubahan

Dari hasil evaluasi pribadi tersebut, selanjutnya harus diimplementasi oleh masing-masing tentara. Baik dari segi manajemen emosi mereka, maupun komunikasi mereka kepada sesama tentara sehingga akan meningkatkan performa mereka di medan perang

Mengevaluasi Hasil Perubahan

Setelah beberapa pertempuran berjalan, maka harus dievaluasi terlebih dahulu mengenai struktur serta perubahan, apakah sudah tepat atau belum. Jika belum, maka harus dilakukan perbaikan kembali agar masalah yang ada bisa teratasi. Hal itu dilakukan agar lebih mengefektifkan usaha-usaha yang dilakkan untuk mencapai tujuan organisais yaitu kemenangan

Rock Star Squad: 

Bima Indra Permana 

Atika Raisa Fitri M 

Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/  

Referensi 

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

Jones, Gareth R. & George, Jennifer M. 2009. Contemporary Management 11th edition. New York: McGraw-Hill Education

https://www.amazon.com/Pacific-Joseph-Mazzello/dp/B001IBIHQ4 (gambar tumbnail)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
bimaindra01

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format