ANALISIS SWOT DAN FIVE FORCES DARI SERIAL DESCENDANTS OF THE SUN


0

Sinopsis Descendants of the sun

Cerita yang terkandung pada serial DOTS ini sangat menguras air mata, tidak mudah ditebak, dengan latar di Rumah sakit Haesung tempat dr Kang Mo-yeon bekerja sebagai dokter bedah, di Urk yaitu suatu daerah di luar Korea Selatan yang memiliki pemandangan yang sangat indah, tapi di sisi lain sangat mengerikan karena merupakan daerah konflik, dan Sebagian cerita ini berlatar di café, dan di jalanan. 

Cerita bermula Ketika Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Dae-Yong menangkap seorang pencuri motor yang bernama Kim Gi-beom. Kemudian Kim Gi-beom yang terluka dan jatuh dari motor mengalami luka sehingga dilarikan ke rumah sakit Haesung tempat dr Kang Mo-yeon bekerja sebagai dokter bedah. Kemudian Ketika akan dilakukan penangan terhadap luka yang dialami Kim Gi-beom,lalu dia melarikan diri dari rumah sakit, sehingga kemudian ditemukan Kembali oleh Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Dae-Yong dan dibawa Kembali ke rumah sakit. Sesampainya di rumah sakit, kemudian Kapten Yoo Si-Jin langsung tertarik dan jatuh cinta dengan dr Kang Mo-Yeon, dokter yang mengobati kim Gi-beom.

Kapten Yoo Si-jin kemudian berusaha untuk menarik perhatian dr Kang Mo-yeon, akan tetapi dr Kang Mo-Yeon mencurigai kalau Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Dae-Yong adalah orang yang menganiaya Kim Gi-Beom. Akhirnya Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Dae-Yong dapat membuktikan kalau mereka adalah tantara dan anggota dari Tim Alpha. 

Kemudian Yoo Si-Jin semakin dekat dengan dr Kang Mo-Yeon, mereka sering bertemu dan membuat janji nonton bioskop, akan tetapi karena profesi Yoo Si-Jin sebagai tantara yang harus siap kapan pun dibutuhkan, maka Yoo Si-Jin sering membatalkan janjinya secara mendadak dengan dr Kang Mo-Yeon. Dr Kang Mo-Yeon menyadari jika Yoo Si-Jin memiliki pekerjaan yang misterius dan profesinya sebagai tentara bisa saja membunuh orang, sedangkan dr Kang Mo-Yeon yang berprofesi sebagai dokter, menganggap kalau nyawa manusia adalah yang paling berharga. Atas dasar inilah, dr Kang Mo-yeon memutuskan hubungan dengan Yoo Si-jin. Saat itu juga, Si-jin dikirim ke negeri fiksional Urk untuk menjaga perdamaian di sana.

Kemudian dr Kang Mo-Yeon menyadari kehidupan idealis tidak membawanya ke kehidupan yang lebih baik, oleh sebab itu dr Kang Mo-Yeon berubah menjadi dokter elit yang melayani orang kaya, dan perlahan dr Kang Mo-Yeon berubah menjadi dokter yang terkenal karena sering tampil di televisi. Akan tetapi suatu hari direktur Rumah Sakit Haesung berniat ingin melakukan hubungan badan dengan dr Kang Mo-Yeon, dan ditolak dengan tegas oleh dr Kang Mo-Yeon. Penolakan ini mengakibatkan ditempatkan sebagai dokter relawan di Urk, Bersama rekan-rekan tim medis lainnya. Akan tetapi penempatan dr Kang Mo-Yeon di daerah konflik Urk, megubah Kembali dr Kang Mo-Yeon menjadi dokter yang idealis, dan membantu orang yang membutuhkan. Ketika di Urk, dr Kang Mo-Yeon bertemu Kembali dengan Yoo Si-Jin. Di Urk, mereka harus berjuang Bersama dalam menghadapi gempa dunia yang dahsyat menghancurkan tempat-tempat di Urk, menghilangkan nyawa banyak orang, dan orang-orang yang terluka akibat gempa. Hal menyedihkan tidak berhenti sampai di sini, karena Urk menghadapi serangan wabah penyakit yang mematikan. Dr Kang Mo-yeon masih bimbang apakah dirinya siap mempunyai kekasih seorang tentara yang dapat meninggalkannya kapan saja. Namun akhirnya, situasi berat di Urk mengukuhkan cinta mereka berdua dan selama ini ternyata dr Kang Mo-Yeon juga mencintai Yoo Si-Jin yang terbukti dari tidak sengaja tersebarnya rekaman curahan hati dr Kang Mo-Yeon kepada Yoo Si-Jin. 

Kemudian Ketika dr Kang Mo-Yeon Kembali ke Korea Selatan, ia berencana ingin keluar dari rumah sakit Haesung dan membuka klinik sendiri, akan tetapi bank tidak ingin memberi pinjaman jika dr Kang Mo-Yeon tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, oleh karena itu dr Kang Mo-Yeon tetap bekerja sebagai dokter bedah di rumah sakit Haesung. Sementara Yoo Si-Jin terlibat dalam aksi perdamaian Korea Selatan dengan Korea Utara.

Lalu, Yoo Si-Jin dan tim Alpha dikirim ke Albania untuk misi berikutnya. Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Dae-Yong hilang dalam ledakan bom dan semua orang mengira mereka berdua sudah meninggal dunia. Dr Kang Mo-Yeon yang berstatus sebagai kekasih Yoo Si-Jin dan Yoon Myeong-Ju sebagai kekasih dari Sersan Mayor Dae-Yong diberikan surat terakhir dari kekasih mereka masing-masing. Surat ini ditulis oleh  Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Dae-Yong sebelum mereka pergi bertugas dan surat ini akan diberikan Ketika mereka meninggal dalam tugas. 

Satu tahun kemudian, Mo-yeon pergi Albania dalam peringatan kematian Si-jin sekaligus kegiatan relawan. Tiba-tiba Si-jin datang dengan luka-luka, dan menceritakan bahwa “teman jauhnya” yang merupakan seorang tentara Korea Utara menolongnya untuk tetap hidup. Akhirnya, Si-jin dan Mo-yeon, dan Dae-young dan Myeong-ju bersatu kembali.

MISI DAN VISI PADA SERIAL DESCENDANTS OF THE SUN

MISI: 

  • Menyelamatkan nyawa orang lain, baik untuk dr Kang Mo Yeon yang berprofesi sebagai dokter, maupun Yo Si-Jin yang berprofesi sebagai tantara.
  • Melindungi negara Korea Selatan dari segala ancaman dan bahaya, dan juga melindungi negara yang sedang terlibat konflik.
  • Menciptakan perdamaian dunia dan menjamin keamanan untuk negara Korea Selatan maupun negara lain terutama pada negara yang sedang mengalami konflik.
  • Memerangi wabah penyakit (seperti yang terjadi di Urk Ketika satu desa yang bernama ghost village, dilanda wabah penyakit berbahaya)
  • Memberantas child trafficking sebagaimana yang terjadi Ketika di salah satu desa di Urk, anak-anak perempuan dijual kepada mafia.
  • Menjadikan rumah sakit Haesung menjadi rumah sakit yang kredibel dan terpercaya.

VISI:

  • Menjadikan Lembaga Tentara Nasional Korea Selatan untuk menjadi Lembaga yang dapat dipercaya oleh rakyat Korea Selatan sebagai tempat yang menjamin keamanan dan keselamatan negara Korea Selatan dan seluruh rakyatnya.
  • Menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam diri seluruh rakyat Korea Selatan kepada negaranya. 
  • Menumbuhkan sikap rela berkorban untuk kepentingan negara, dan kepentingan orang banyak.
  • Menjadikan rumah sakit Haesung menjadi rumah sakit terbaik di Korea Selatan

ANALISIS SWOT Pada Serial Descendants Of The Sun


Analisis SWOT adalah metode analisis yang terdiri dari 4 komponen yaitu: Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan threats (Ancaman), yang digunakan untuk melakukan monitoring dan mengevaluasi sebuah lingkungan organisasi baik eskternal maupun internal untuk mencapai tujuan tertentu

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

Strengths

  • Memiliki struktur organisasi yang jelas dan terstruktur: baik pada organisasi Lembaga Tentara Nasional Korea Selatan, maupun pada organisasi Rumah Sakit Haesung.


  • Serial D.O.T.S ini memiliki visi misi yang jelas, serta memiliki tujuan yang sangat mulia.



  • Setiap peran memiliki profesionalitas yang tinggi dan cinta akan pekerjaannya. Seperti dr Kang Mo Yeon,  Yoon Myeong-ju, seluruh tim medis. yang professional dalam menolong orang-orang yang membutuhkan dia sebagai dokter yaitu korban gempa Urk, anak-anak yang terkena wabah penyakit berbahaya, dan pasien-pasiennya. Dan juga Yo Si Jin, Seo Dae-young, dan seluruh tentara yang sangat professional, nasionalis, dan rela berkorban demi bangsa dan negaranya.


  • Tim relawan medis memiliki pemimpin yang sangat hebat seperti dr Kang Mo Yeon, dan Tim Alpha dipimpin oleh pemimpin yang sangat hebat, pekerja keras, berani, seperti Yo Si Jin.


  • Memiliki Standard-operation-procedures (SOP) yang jelas dan baik pada setiap pekerjaan yang terdapat di serial ini, Seperti untuk tim medis, tim tentara.


  • Memiliki tim yang sangat solid, saling membantu, dan saling bekerja sama dalam mengerjakan pekerjaan. Bahkan kerja sama antar tim (tim medis dan tim tentara) juga sangat baik.


  • Terjalinnya komunikasi yang baik dan efektif dalam satu tim maupun antar tim yang berbeda sehingga mereka bisa mencapai tujuan dengan baik.


  • Memiliki perlengkapan, peralatan yang canggih baik untuk peralatan medis maupun untuk peralatan perang seperti senjata, maupun perlengkapan logistic yang sangat memadai.



Weakness

  • Ada seorang chief pada rumah sakit Haesung yang tidak professional, dimana chief ini ingin memanfaatkan jabatan tingginya di rumah sakit tersebut untuk melakukan hal yang tidak pantas kepada dr Kang Mo Yeon, dan Ketika dr Kang Mo Yeon menolak  mengabulkan keinginan sang chief untuk berhubungan badan dengannya, lalu chief rumah sakit ini menempatkan dr Kang Mo Yeon di daerah konflik karena dendam keinginannnya tidak dikabulkan


  • Adanya konflik batin antara dr Kang Mo Yeon yang seorang dokter yang menganggap nyawa manusia itu sangat berharga, dengan kapten Yo Si Jin yang berprofesi sebagai tantara dimana ada kemungkinan dia akan membunuh orang yang jahat demi menyelamatkan kepentingan bangsa dan negara.


  • Pekerjaan Yo Si Jin sebagai seorang abdi negara yaitu seorang tantara, sering mengabaikan kepentingan pribadinya.

Opportunities

  • Terdapat kenaikan karir dan pangkat untuk setiap tantara yang berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik.


  • Karena keberhasilan tim medis dari rumah sakit Haesung dalam melakukan kegiatan kemanusiaan di Urk, maka Rumah Sakit Haesung menjadi semakin terkenal dan memiliki nama yang baik di Korea Selatan.

Threats

  • Untuk seluruh anggota tentara termasuk Yo Si Jin, Seo Dae Young dan seluruh anggota tantara lainnya yang bisa menyebabkan mereka kehilangan nyawa akibat perang, bom, atau kecelakaan lainnya yang mungkin saja didapat Ketika bertugas. Seperti Yo si Jin & Seo Dae Young yang terluka sangat parah (bahkan sudah dianggap meninggal oleh orang  lain) Ketika melakukan tugas di Albania.


  • Ancaman untuk bisa saja tiba-tiba kehilangan seseorang yang sangat dicintainya juga menghantui para kekasih tantara Tim Alpha yaitu dr Kang Mo Yeon & Yoon Myeong Ju yang harus rela dan ikhlas untuk kemungkinan ditinggal wafat oleh kekasih mereka yang merupakan anggota tantara Tim Alpha.


ANALISIS FIVE FORCES PADA SERIAL DESCENDANTS OF THE SUN

Level of Rivalry in Industry

  • Adanya rumah sakit lain yang terdapat pada wilayah yang sama yaitu di Korea Selatan, tepatnya di Incheon.

Potential For New Entrants

  • Low threads of new entrants, karena bisnis rumah sakit ini memerlukan keahlian dari tenaga medis yang tinggi dan terpercaya, bisnis rumah sakit juga memiliki resiko yang tinggi dan memerlukan waktu yang lama agar bisnis rumah sakit bisa sukses, mendapat kepercayaan masyarakat, dan terkenal.

Power of large suppliers

  • High suppliers’ power karena supplier untuk peralatan medis, obat-obatan sangat terbatas jumlahnya.

Power of Large Customers

  • Customers memiliki beberapa pilihan rumah sakit yang terdapat di Korea Selatan (High Buyers’ power)

Threat of Substitute Products

  • Rumah sakit lain yang terdapat pada daerah yang sama yaitu daerah Incheon, Korea Selatan.

Strategi Level Korporat, Bisnis, dan Fungsional Berdasarkan Analisis SWOT dan Five Forces

Corporate-Level Strategy

Dalam buku Jones & George (2019) yang berjudul Contemporary Management, Corporate-Level Strategy adalah tindakan rencana untuk mengelola pertumbuhan dan perkembangan organisasi untuk memaksimalkan kemampuan jangka panjangnya dalam menciptakan nilai. Strategi-strategi yang dapat diterapkan dalam corporate-level ini meliputi concentration on a single industry, vertical integration, diversification, dan international expansion (Jones & George, 2019)

Strategi International Expansion cocok diterapkan oleh Rumah Sakit Haesung. Seperti yang kita tahu, tujuan awal Dokter kang Mo Yeon ingin mengalahkan rumah sakit sebagai perusahaan kesehatan yang terbaik di Korea. Maka, Dokter Kang Mo-Yeon merancang usahanya untuk menjadi nomor 1 di Korea Selatan dan juga melakukan ekspansi ke luar negeri. Strategi ini sesuai dengan strengths dan opportunities yang tim rumah sakit Haesung miliki.

Business-Level Strategy

Business-level Strategy adalah rencana tindakan untuk memanfaatkan peluang yang menguntungkan dan menemukan cara untuk melawan ancaman agar dapat bersaing secara efektif dalam suatu industri (Jones & George, 2019). Dalam business-level, terdapat 3 strategi yang dapat diterapkan, yaitu low-cost strategy, differentiation strategy, dan focused low-cost and focused differentiation strategies.

Differentiation strategy adalah strategi perusahaan dengan membedakan produk mereka dari produk pesaing pada dimensi seperti desain produk, kualitas, atau layanan purna jual (after-sales service)(Jones & George, 2019). Dalam hal ini, differentiation strategy dapat diterapkan oleh Rumah Sakit Haesung dengan membedakan konsep bisnis dan segmen pasar dari Pesaingnya. Dokter Kang Mo Yeon dapat membuat konsep manajemen untuk semua kalangan dengan konsep ramah pelayanan.

Functional-Level Strategy

Functional-Level Strategy adalah rencana tindakan untuk meningkatkan kemampuan departemen organisasi dalam menciptakan nilai (Jones & George, 2019).

Dari segi supply chain, Dokter Kang Mo-Yeon sebaiknya memiliki banyak pemasok bahan baku untuk meingkatkan bargaining power yang dimiliki.

Tahapan Pengambilan Keputusan Yang Digunakan Rumah Sakit Haesung Dalam Masalah Yang Sedang Dihadapi

Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputusan :

1. Dalam proses pengambilan keputusan tidak terjadi secara kebetulan.

2. Pengambilan keputusan tidak dilakukan secara sembrono tapi harus berdasarkan pada sistematika tertentu :

a) Tersedianya sumber-sumber untuk melaksanakan keputusan yang akan diambil.

b) Kualifikasi tenaga kerja yang tersedia

c) Falsafah yang dianut organisasi.

d) Situasi lingkungan internal dan eksternal yang akan mempengaruhi administrasi dan manajemen di dalam organisasi.

3. Masalah harus diketahui dengan jelas.

4. Pemecahan masalah harus didasarkan pada fakta-fakta yang terkumpul dengan sistematis.

5. Keputusan yang baik adalah keputusan yang telah dipilih dari berbagai alternatif yang telah dianalisa secara matang.

Apabila pengambilan keputusan tidak didasarkan pada kelima hal diatas, akan menimbulkan berbagai masalah :

1. Tidak tepatnya keputusan.

2. Tidak terlaksananya keputusan karena tidak sesuai dengan kemampuan organisasi baik dari segi manusia, uang maupun material.

3. Ketidakmampuan pelaksana untuk bekerja karena tidak ada sinkronisasi antara kepentingan organisasi dengan orang-orang di dalam organisasi tersebut.

4. Timbulnya penolakan terhadap keputusan.

Bias Kognitif Dan Sumber Bias Kognitif Yang Mungkin Terjadi Saat Pengambilan Keputusan

Didalam serial ini terdapat beberapa bias kognitif yang terjadi, salah satunya adalah :

Jenis Kognitif Bias

Penjelasan

Confirmation Bias

Saat misi terakhir ketika Yo Si Jin dan Seo Dae-young menjalankan misi terakhir mereka, mereka berdua terkena tembakan dan lokasi didekat mereka ditembak oleh rudal. Seluruh tentara korea selatan mengira mereka telah tewas, sehingga tidak dikirim bantuan pasukan lagi dan dilakukan upacara kehormatan untuk tentara yang meninggal. Padahal sebaliknya mereka berdua ternyata ditangkap oleh tentara musuh. Seharusnya pejabat korea selatan melakukan misi baru untuk mengecek keberadaan Yo Si Jin dan Seo Dae-young sebelum mengidentifikasi bahwa mereka berdua telah tewas.

Jika waktu dapat diputar kembali yang seharusnya dapat dilakukan adalah metode Dialectical Inquiry, dikarenakan rumah sakit Haesung terdiri dari individu yang bekerja sama dalam team. Chief rumah sakit  seharusnya lebih bisa mendengarkan masing-masing anggota team mempresentasikan alternatif ide nya dan kemudian masing-masing individu mengkritik posisi pihak lain. Chief rumah sakit  dapat menchallenge anggota team untuk menterjemahkan SWOT terkait dengan ide mereka. Tujuannya adalah untuk menemukan ide terbaik yang sesuai untuk client.

Disusun oleh kelompok 8 Bravehearted:


Yosi Amelia Putri

Mahatir M Tamher

Septian Arif Nugroho

Sumber:


https://sis.binus.ac.id/2018/02/21/porters-5-forces-model/

https://id.wikipedia.org/wiki/Descendants_of_the_Sun

https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
SeptianArif

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format