Mengintip Cara Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Seo Dal Mi Dalam Serial Drama Start Up


0

Serial drama televisi Korea Start Up yang tayang pada Oktober 2020 lalu, memperlihatkan 1 karakter yang berpendidikan rendah, namun dapat menjadi CEO dan memimpin perusahaan dengan baik. Karakter tersebut adalah Seo Dal Mi. 

Seo Dal Mi merupakan anak yang berasal dari keluarga sederhana yang terdiri dari 4 orang, Ayah, Ibu, kakaknya, dan Seo Dal Mi sendiri. Dalam serial televisi ini terlihat sekali bahwa Seo Dal Mi dengan sifat nya yang baik, sopan, optimis dan penuh semangat dapat memimpin Samsan Tech serta disegani oleh para anggota nya. Samsan Tech sendiri merupakan perusahaan rintisan yang terdiri dari 5 orang, Seo Dal Mi, Nam Do San, Lee Chul San, Kim Yong San, dan Jeong Sa Ha. Samsan Tech bergerak dalam bidang teknologi buatan atau Artificial Intelligence (AI). Keberhasilan Samsan Tech dalam mengikuti perlombaan-perlombaan sampai akhirnya mendapatkan investor yang mau berinvestasi di perusahaan nya, adalah berkat kerja keras Seo Dal Mi sebagai CEO yang mampu memberikan motivasi yang kuat terhadap anggota Samsan Tech sehingga kinerja yang mereka lakukan maksimal. Tidak hanya itu, gaya kepemimpinan Seo Dal Mi juga membuat anggota Samsan Tech merasa nyaman dan tidak terbebani sama sekali, bahkan dapat dengan leluasa nya menyampaikan pendapat mereka masing-masing.

Bagaimana cara Seo Dal Mi memotivasi anggotanya dan gaya kepemimpinan seperti apa yang ia terapkan? Mari kita ulas satu persatu.

MOTIVASI KERJA SAMSAN TECH

Motivasi memang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan. Menurut teori yang dijelaskan dalam buku Contemporary Management (2020) motivasi merupakan sebuah dorongan yang dapat mengarahkan perilaku seseorang, usaha seseorang serta ketekunan seseorang dalam menghadapi suatu rintangan. Dalam sebuah perusahaan, motivasi yang baik, dapat meningkatkan kinerja dari para karyawan nya. Kinerja yang tinggi diharapkan menghasilkan outcome yang sesuai. 

Dalam serial televisi ini, Seo Dal Mi sebagai CEO dari Samsan Tech memiliki caranya sendiri dalam memotivasi para anggotanya. Terlihat dalam beberapa scene di serial televisi ini, Seo Dal Mi menggunakan tipe motivasi yang dicetuskan dalam teori Herzberg yaitu Motivator Needs. Herzberg menjelaskan yang dikutip dalam buku Contemporary Management (2020) bahwa Motivator Needs adalah sebuah motivasi atau dorongan yang terkait dengan pekerjaan itu sendiri, dilihat dari seberapa menantang pekerjaan yang akan dilakukan. Pekerjaan yang cukup menantang dapat mendorong kinerja karyawan agar dapat memberikan kinerja nya semaksimal mungkin, dengan kinerja yang baik, outcome pun dapat tercapai sesuai keinginan. Menurut teori ini outcome yang akan diperoleh oleh anggota dengan jenis motivasi seperti ini dapat berupa pekerjaan yang menarik, lalu tanggung jawab terhadap pekerjaan nya, lalu dapat juga berupa rasa bangga terhadap pencapaian yang didapat. Selain itu, Seo Dal Mi juga sering kali menetapkan tujuan yang cukup sulit untuk dicapai oleh Samsan Tech, namun bukan berarti tidak mungkin. Hal tersebut merupakan teori motivasi dari Goal-Setting Theory, yaitu yang berfokus kepada memotivasi pekerja untuk dapat berkontribusi dalam kinerja nya terhadap pekerjaan nya. Menurut teori, semakin sulit tujuan yang ingin dicapai, maka kinerja yang diberikan akan semakin besar.

Seo Dal Mi sebagai CEO kerap memberikan ide-ide menarik tentang project baru yang bisa dibuat oleh Samsan Tech, dan sering kali project tersebut hampir tidak masuk akal, seperti saat baru bergabung dengan Samsan Tech, Seo Dal Mi mengusulkan untuk membuat suatu teknologi yang dapat membedakan tulisan tangan manusia, lalu ada pula salah satu ide Seo Dal Mi yaitu membuat teknologi kemudi otomatis. Dapat dilihat dalam gambar dibawah ini.

Hal seperti itu yang membuat para anggota Samsan Tech termotivasi dan memberikan kinerja mereka dengan maksimal. Berkat kinerja mereka yang maksimal, Samsan Tech sering kali memenangkan perlombaan dengan memamerkan teknologi buatan mereka, sampai pada akhirnya mereka mendapatkan investor dari luar negeri yang mau membiayai mereka selama tiga tahun. 

LEADERSHIP MODEL SAMSAN TECH

Berdasarkan beberapa scene yang kami amati, Seo Dal Mi sebagai CEO Samsan Tech memiliki model kepemimpinan perilaku atau behavior leadership model. Menurut Jones dan George (2020), dalam model kepemimpinan ini terdapat Dua perilaku yaitu  consideration (pertimbangan) dan initiating structure (struktur awal). Consideration adalah perilaku yang menunjukkan bahwa seorang manajer percaya, menghormati dan peduli terhadap anggotanya. Manajer dengan perilaku ini akan memperhatikan kesejahteraan karyawan dan melakukan apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu para karyawan agar mereka merasa nyaman dan menikmati pekerjaannya. Perilaku ini sangat terlihat di scene pada episode 6 saat pertama kali Samsan tech memasuki kantor baru mereka. 

Dalam scene ini Seo Dal Mi selaku CEO Samsan Tech mempersilahkan anggotanya terlebih dahulu dalam memilih tempat duduk. Bahkan Seo Dal Mi memberikan tempat ternyaman untuk para anggotanya.

Setelah itu, Seo Dal Mi meminta pendapat kepada anggotanya tentang budaya organisasi yang akan mereka terapkan yaitu berkaitan dengan panggilan dan cara bicara, apakah mereka ingin secara formal atau santai. Hal ini dilakukan Seo Dal Mi semata-mata agar para anggota merasa nyaman berada dalam kantor dan dapat melaksanakan pekerjaannya secara maksimal. Tetapi dalam scene ini terlihat bahwa Jeong Sa Ha enggan melakukan hal itu.

Perilaku yang kedua adalah initiating structure. Dalam perilaku ini, seorang manajer menugaskan tugas pada karyawan, memutuskan cara melakukan tugas, membuat jadwal, mendorong kepatuhan terhadap peraturan dan prosedur serta memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan semaksimal mungkin, sehingga karyawan mengetahui apa yang diharapkan dari mereka. Perilaku ini terlihat dalam scene di episode enam pada saat pembagian saham awal.

Pada scene ini, Samsan tech dengan personil yang lengkap berkumpul di kantor. Seo Dal Mi pun tanpa basa-basi langsung menjelaskan tentang pembagian saham. Seo Dal Mi membuat dua alternatif pembagian saham. Pembagian saham yang dipilih bergantung pada jawaban Jeong Sa Ha, apakah ia akan mematuhi peraturan perusahaan atau tidak. dalam scene ini Seo Dal Mi sangat terlihat bersikap tegas terhadap Jeong Sa Ha terkait sifat Jeong Sa Ha yang enggan menerima peraturan kantor dan bersikap seenaknya. Pada akhirnya, Jeong Sa Ha memilih untuk akan mengikuti dan mematuhi peraturan yang ada pada perusahaan. 

KRITIK DAN SARAN

Motivasi Kerja

Terkait dengan motivasi, hal yang dilakukan Seo Dal Mi sudah terbilang bagus, karena ia dapat memberikan pekerjaan yang menantang para anggotanya serta tujuan dari perusahaan yang cukup sulit. Namun sebaiknya Seo Dal Mi juga memberikan motivasi dari segi yang lain seperti upah yang besar, atau dapat bonus tambahan, atau bahkan penghargaan terhadap anggotanya apabila mencapai target perusahaan. Dilihat dari serial televisi ini, Samsan Tech membuat teknologi nya tanpa memikirkan keuntungan yang ia dapat, bahkan sering kali Samsan Tech kekurangan dana untuk project selanjutnya. Dalam sebuah perusahaan, hal seperti ini dapat menurunkan kinerja dari karyawan, karena ada beberapa karyawan yang termotivasi dari upah hasil project yang ia kerjakan, bila project tersebut tidak menghasilkan keuntungan atau bahkan rugi, hal tersebut bisa menjadi faktor menurunnya kinerja dari karyawan. Dijelaskan dalam salah satu teori motivasi, bahwa seseorang akan melakukan suatu tindakan atas konsekuensi yang diinginkan nya, teori ini dicetuskan oleh B. F. Skinner. Teori ini juga menjelaskan tentang Positive Reinforcement, yaitu memberikan sesuatu yang diinginkan karyawannya apabila kinerja yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dari organisasi tersebut. Seo Dal Mi dapat menerapkan motivasi seperti itu, dan lebih memikirkan keuntungan yang didapat dari penjualan teknologi nya, dengan hal seperti itu maka Seo Dal Mi dapat memberikan bonus tambahan untuk para anggotanya apabila kinerja nya bagus dan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan Samsan Tech.

Leadership Model

Gaya kepemimpinan Seo Dal Mi dengan Behavioral Leadership Model sudah cukup baik, yang mana Seo Dal Mi memiliki dua karakteristik yaitu consideration (pertimbangan) dan initiating structure (struktur awal). Tetapi alangkah lebih baiknya jika, Seo Dal Mi menerapkan gaya kepemimpinan transformasional atau Transformational Leadership dalam memimpin Samsan Tech. Menurut Jones dan George (2020) gaya kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang menyadarkan karyawan akan pentingnya obsesi dan kinerja bagi perusahaan. Selain itu juga menyadari kebutuhan karyawan untuk pertumbuhan pribadi dan memotivasi karyawan untuk bekerja demi mencapai tujuan perusahaan. Berdasarkan penjelasan diatas, dalam gaya kepemimpinan transformasional terdapat tiga poin penting yang harus dilakukan seorang manajer dalam memimpin, yaitu:

  1. Menyadarkan karyawan akan pentingnya obsesi dan kinerja bagi perusahaan

  2. Membuat karyawan sadar akan kebutuhan pribadinya untuk pertumbuhan, perkembangan dan pencapaian pribadi.

  3. Memberikan motivasi ke karyawan untuk bekerja demi kebaikan perusahaan, bukan demi kepentingan pribadi.

Dari ketiga poin tersebut, dalam serial ini Seo Dal Mi dengan gaya kepemimpinan Behavioral telah berhasil melakukan dua poin, yaitu poin pertama dan kedua. Untuk itu, agar lebih ideal Seo Dal Mi harus melakukan poin ketiga. Sejak awal serial drama ini, sangat terlihat bahwa Seo Dal Mi kurang menekankan dan mengarahkan pada visi perusahaan. Mayoritas scene hanya menjelaskan tentang bagaimana cara meraih target jangka panjang. Hal ini sangat terlihat pada episode 11 yang mana saat mereka berkumpul di kantor Samsan tech yang lama, mereka membayangkan akan masa depan mereka dan sebagian besar anggota fokus kepada cita-citanya masing-masing bukan pada kemajuan perusahaan. 

Untuk itu, seharusnya Seo Dal Mi lebih menekankan dan memberi motivasi terkait visi perusahaan kedepannya. Berdasarkan hal ini maka, menurut kami Transformational Leadership adalah gaya kepemimpinan yang paling ideal untuk digunakan Seo Dal Mi dalam memimpin Samsan Tech.

 

Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Nama anggota : 

  1. Selma Ferena 

  2. Muhammad Jodi Aprianda Fadhlan

 

Referensi

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.

Serial Televisi Drama Korea Start-Up.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Managers R Us

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format