Menelaah Permasalahan Unicon dari Sisi Motivasi dan Kepemimpinan pada “Search Engine: WWW”

Menganalisa penyebab kalahnya Unicon dari Barro menggunakan Teori Motivasi serta Kepemimpinan.


0

SINOPSIS

Search www adalah sebuah drama korea yang berkisah tentang perjuangan tiga wanita karir dalam memperjuangkan perusahaanya yaitu Song GA-Kyeong, Cha Hyeong, dan Bae Tammi. Pada awalnya Bae Tammi bekerja selama 12 tahun di perusahaan web pencarian nomor 1 di Korea Selatan bernama UNICON. Selama 12 tahun Bae Tammi bekerja dengan Song Ga-Kyeong yang merupakan senior SMAnya dahulu. Song Ga-Kyeong merupakan direktur sekaligus menantu dari grup industri teknologi bernama KO Group, yang merupakan mitra UNICON dalam bidang pemenuhan listrik dan teknologi internet. Secara tidaak langsung Song Ga-Kyeong dikendalikan oleh ibu mertuanya, karena berhutang budi atas kebangkrutan orang tuanya. Dikisahkan saat pemilihan Presiden Korea Selatan UNICON diperalat untuk menyembunyikan berbagai skandal tentang salah satu kandidat presiden. Bae Tammi sebagai kepala departemen pencarian tidak terima dengan tindakan web UNICON yang memalsukan algoritma kata kunci pada mesin pencarian UNICON, menurutnya ini adalah pelanggaran etika perusahaan.

Namun sebagai karyawan, Bae Tammi justru terus ditekan, hingga mau tidak mau Bae Tammi harus menerima keputusan manipulatif ini. Selain itu, Tammi-pun harus berhadapan dengan majelis sidang sebagai saksi pemalsuan yang dilakukan Unicon. Tammi yang pemberani mengungkapkan fakta tentang pemalsuan algoritma dengan melakukan pengalihan isuue persidangan demi mempertahankan citra UNICON. Persidangan berakhir dengan timbulnya kekacauan baru di perusahaan Unicon dan membuat Tammi dipecat. Karena sepak terjangnya, Tammi mendapat tawaran bekerja di perusahaan kompetitor Unicon yaitu Barro. Langkahnya tidak serta merta mudah, Tammi bahkan dihadapkan dengan tantangan untuk berkejasama dengan rivalnya yaitu Cha Hyeon yang merupakan karyawan senior Barro. 

Tammi bersama Cha Hyeon dibantu dengan rekanannya yaitu Alex, Joseph, Ellie, dan Jenny memiliki satu tujuan yaitu membawa Barro menduduki peringkat 1 pada kategori web pencarian di Korea. Jatuh bangun Tammi lalui bersama dengan timnya mulai dari sabotase hingga berita fiktif tentang dirinya. Hingga puncaknya, Dirut Barro bernama Brian mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawabnya atas issue manipulasi yang dituduhkan Unicon pada Barro. Ditinggalkan oleh sang dirut, Tammi mencoba berbagai strategi marketing dan branding untuk memperbaiki citra Barro. Dalam kondisi kekosongan posisi, direktur Barro sementara dipimpin oleh wakilnya yaitu Kevin. Kevin memiliki sifat yang cenderung mementingkan pangsa pasar tanpa melihat value perusahaan. Tammi yang mengusulkan beberapa strategi pun sering mendapatkan penolakan oleh Kevin, dengan alasan profit. Brian dirut Barro yang mengundurkan diri terus mendapatkan bujukan untuk kembali memimpin Barro hingga akhirnya ia setuju untuk kembali ke Barro. Brian kembali ke Barro membawa misi untuk menyelamatkan Barro dari intervensi pemerintah dalam pemalsuan berita. Bersama Tammi dan teamnya Brian menyusun strategi bersama. Intervensi pemerintah ini justru menimbulkan suatu kerjasama antara Barro dan Unicon yang sepakat memboikot keputusan pemerintah. Dengan perjuangan yang luar biasa, akhirnya Barro mampu menggeser posisi Unicon, dan menduduki peringkat teratas di Korea. Selain, karena kegigihan Tammi dan teamnya kesuksesan Barro ini didukung dengan adanya statement yang dikeluarkan oleh direktur Unicon tentang pemalsuan algoritma yang dilakukan Unicon saat pemilu. Song Ga – Kyeong sang direktur membuat portal bernama www yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat dari situs web manapun. Situs www ini memuat berbagi macam skandal pemerintah yang pernah ditutupi oleh Unicon.

Unicon dan Barro merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang IT, walaupun menggeluti bidang bisnis yang sama Barro dan Unicon memiliki value berbeda. Unicon mengusung value sebagai perusahaan web pencarian yang elegan dan kredibel, sedangkan Barro memiliki value sebagai perusahaan dengan fitur pencarian tercepat di Korea. Unicon sendiri merupakan perusahaan internet multi nasional asing yang berasal dari Amerika. Kekuatan Unicon dalam menjaga posisinya selama 12 tahun sebagai perusahaan IT nomor 1 di Korea berasal dari kualitas sajian informasi serta sistem internet yang digunakan merupakan sistem terbaru. Sedangkan kelemahan Unicon salah satunya terletak pada sistem organisasinya, management gagal mendefinisikan batasan wewenang dan tugas tiap posisi. Kegagalan ini dipicu intervensi pemerintah pada Unicon melalui Song Ga-Kyeong sang direktur Unicon. Selain itu, tindakan Unicon yang memecat karyawan seniornya, menimbulkan problematika tersedniri. Terlebih karyawan ini memegang posisi kunci dalam pencarian kata kunci di Unicon. Seiring dengan berbagai permasalahan, Unicon sendiri mengalami sebuah hambatan yang justru berasal dari Song Ga Kyeong sang direktur dimana strateginya cenderung lambat, dia selalu melihat Barro dan mensabotase perencanaan Barro. Peluang Unicon untuk terus maju dan menduduki peringkat pertama di Korea sangatlah besar terlebih Unicon memiliki mata-mata di perusahaan Barro serta support pemerintah. Unicon berpeluang meningkatkan pangsa pasar dengan menggiring opini pembaca dengan menjatuhkan kredibilitas Barro karena namanya sudah besar dan terkenal di Korea. Walaupun demikian Unicon pun tetap memiliki ancaman dari pesaingnya yang terus mengeluarkan fitur baru, kredibilitas berita, dan hubungan kemitraan dengan penyedia teknologi yang memanas.

Sedangkan Barro, pesaing Unicon yang berhasil menggeser posisi Unicon dengan memanfaatkan momentum citra negatif tentang Unicon akibat pemalsuan berita politik. Barro sebagai kompetitor mengedapnkan etika jurnalis yang transparan. Salah satu kekuatan Barro terlihat dari efek psikologis yang dibangun Barro dengan masyarakat dengan meluncurkan beberapa fitur disitusnya. Fitur ini membuat kecenderung kepuasan tersendiri saat pelanggan dapat memposting langsung sesuatu di layanan portal publik yang dimiliki Barro. Selain itu loyalitas karyawan Barro dan budaya kekeluargaan merupakan suatu kekuatan dalam menjalani bisnis ini. Berbeda dengan Unicon yang tidak memberikan apresiasi dan memiliki kecenderungan sang direktur yang menentukan segala sesuatu. Hal ini dapat dilihat dari keputusan Direktur Unicon saat menunjuk Tammi secara sepihak sebagai saksi di pengadilan dengan tanpa melibatkan Tammi dalam pengambilan keputusan sebelumnya. Selain itu pemecatan Tammi secara sepihak juga merupakan bukti sebuah ketidakadilan dalam perusahaan ini. Dedikasi Tammi sama sekali tidak dipertimbangkan oleh direktur. Di sisi lain Direktur Ga Kyeong pun tidak mampu keluar dari tekanan direktur utama dan investor utama Unicon Korea yaitu ibu Mertuanya sendiri. Saat Barro merilis iklan baru dengan menggunakan konsep komparatif Ga Kyeong memutuskan untuk diam dan tidak nemberikan respon banding dengan membuat tuntutan atau iklan baru seperti yang disarankan oleh karyawannya dengan penjelasan yang sangat minim. Seperti yang diketahui bahwa di akhir serial ini Unicon mengalami kekalahan akibat multifaktor salah satu dan yang paling utama adalah kehilangan identitas leader. Demotivated karyawan Unicon ini meningkat akibat beberapa presepsi ketidak adilan Unicon yang menempatkan weebtonist yang tidak profesional sebagai webtoonis utama Unicon dan diskusi atau rapat yang tidak menyeluruh sehingga informasi sering kali kurang dan tidak kritis.

Sumber: Youtube The Swoon


TEORI MOTIVASI KERJA

Teori motivasi kerja yang digunakan oleh perusahaan Unicon adalah lebih kepada Equity and justice in organizations, berikut poin-poin perusahaan Unicon pada teori ini mencangkup:


Organizational Behavior Chapter 6

Sumber: Slideshare.net

  • Keadilan distributif

Merupakan suatu bentuk  persepsi seseorang tentang keadilan dalam sebuah organisasi. Keadilan ini mencangkup tentang bagaimana hasil kesepakatan dijalankan bersama. Unicon melakukan dalam menjalin kesepakatan baik dengan karyawan maupun pihak ekternal memiliki kecenderungan memaksa dan terhadap karyawan cenderung mengikat. Bagaimana atau apapun gejolak sosial yang muncul akibat sebuah keputusan seperti pemalsuan algoritma Unicon berada diluar kendali Unicon, sehingga karyawan yang melayangkan pertanyaan atau protes akan keputusan ini maka akan diabaikan. Karyawan dipaksa untuk mengikuti instruksi sesuai dengan keputusan direktur. 

  • Keadilan prosedural

Merupakan suatu persepsi karyawan mengenai kewajaran prosedur yang digunakan untuk menentukan distribusi hasil dalam suatu organisasi . 

Dalam memanipulasi algorithma Direktur Unicon sama sekali tidak memberikan ruang diskusi pada keputusan besar ini, hal ini sangat bertentangan dengan etika kerja Unicon dan Value Unicon sebagai web portal yang kredibel dan tidak memihak. Hal ini pun menimbulkan krisis kepercayaan pada karyawan dan manager divisi mereka dalam hal ini Tammi. Tammi dan karyawannya menilai bahwa tindakan ini sangat merugikan dan tidak wajar, karena Unicon Unicon sebelumnya tidak pernah melakukan hal seperti ini. 

  • Keadilan interpersonal

Merupakan suatu persepsi seorang kayawan terhadap keadilan perilaku intrapersonal yang ia lakukan dengan apa yang ia terima. Hal ini dapat dilihat dari keputusan pemecatan Tammi secara sepihak dan penunjukannya sebagai saksi dan penanggungjawab keputusan Unicon kala di pengadilan 

  • Keadilan informasi

Merupakan suatu Persepsi karyawan mengenai infomasi yang dibagikan atau disediakan oleh Direktur / Manager dalam penentuan sebuah keputusan Hal ini dilihat dari bagaimana sang direktur secara sepihak menyetujui pemalsuan algoritma tanpa pemberitahuan bahkan klarifikasi. Selain itu Ga Kyeong cenderung menentukan suatu keputusan dengan pertimbangannya sendiri bukan pertimbangan bersama seperti saat menentukan langkah karena iklan komparatif Barro 



Pada potongan bagian gambar serial di atas menunjukan adanya intervensi yang memasuki perusahaan Unicon yang berasal dari ibu mertua dari Song Ga Kyeong yaitu Jang Hee Eun untuk melakukan penghapusan kata kunci dan pemalsuan algoritma terkait pemilihan presiden yang terjadi di Negara Korea. Sebagai Tim sukses salah satu calon, ibu mertua Song Ga Kyeong memanfaatkan posisi jabatan yang dimiliki Song Ga Kyeong pada perusahaan mesin pencarian sebesar Unicon, karena mengingat juga apa yang telah Jang Hee Eun bantu pada keluarga Song Ga Kyeong ketika mengalami kebangkrutan pada usahanya di masa lalu. Kejadian ini sebenarnya sudah terbongkar ketika hadirnya salah satu perwakilan dari pasangan calon presiden lawan yang dating ke Unicon. Berlanjut kasus ini menjadi besar hingga masuk ke ranah hukum.

Terbongkarnya kasus penghilangan kata kunci dan pemalsuan algoritma yang dilakukan oleh Unicon telah sampai ke persidangan, Ibu mertua Song Ga Kyeong masi terus mengawasi dan mengawal kasus ini. Dia meminta Song Ga Kyeong dan In Kyeong tetap aman untuk tidak menjadi perwakilan dari Unicon untuk menghadiri persidangan, agar KU Group tidak turut serta terseret pada kasus ini di persidangan.

TEORI MODEL KEPEMIMPINAN

Song Ga Kyeong sang direktur Unicon memiliki tipe kepemimpinan behavioral models.  Behavioral models adalah sebuah teori yang beranggapan bahwa pemimpin bukan hanya dilahirkan, tetapi dapat diciptakan atau ditentukan melalui perilakunya. Pada behavioral models ini terdapat 2 jenis kepemimpinan dan Ga Kyeong merupakan direktur dengan gaya kepemimpinan Initiating Structure dimana Ga Kyeong selalu berfokus pada kerja atau hasil kerja karyawannya tanpa mempertimbangkan kinerja personal keryawannya. Terlihat dari bagaimana usaha Tammi dalam memajukan Unicon dalam masa karir 12 tahun sebagai jurnalist dan kepala departemen kinerja tim dan dedikasinya tidak mendapatkan Ga Kyeong karena Ga Kyeong berfokus pada hasil kinerja Tammy dan timnya yaitu dengan melihat hasil kerja nya saja. Bahkan saat memimpin Unicon sebagai direktur utama plotting tugas setiap karyawan yang dilakukan Ga Kyeong tidak pernah memperhatikan kinerja karyawannya pada bidang tersebut. Dia selalu menekankan pada hasil yang dinginkan dan yang harus diupayakan seperti pada episode terakhir serial www ini.

Intervensi yang terjadi pada perusahaan Unicon semakin dan tidak terkontrol, pemimpin perusahaan seperti sudah tidak lagi memiliki keukuasaan untuk menentukan ketika kasus naik ke persidangan. Jang Hee Eun memerintah In Kyeong untuk mengutus Bae Tammi yang mewakili Unicon untuk datang ke persidangan yang sebenernya tidak banyak mengerti atas kasus yang terjadi karena Bae Tammi menolak rencana tersebut.

Keberhasilan Bae tammi memenangkan Unicon di persidangan masih dianggap kurang memuaskan oleh pimpinan Unicon, karena dianggap Bae Tammi tidak menjalankan apa yang diperintah oleh In Kyeong sehingga kredibilitas Unicon menjadi menurun. Atas kejadian ini Bae Tammi diputuskan untuk dipecat oleh pimpinan perusahaan Unicon.

Pada episode terakhir(16), Song Ga Kyeong melakukan pengunduran dirinya dari Unicon, Song Ga Kyeong sepenuhnya menyadari hal yang dilakukannya benar-benar salah. Setelah keluar dari unicon Song Ga Kyeong melakukan konferensi pers dan melakukan pengakuan atas yang terjadi selama ini. Song ga Kyeong menceritakanbahwa selama ini mendapatkan tekanan dari Jang Hee Eun  untuk melakukan segala tindak kecurangan.

SOLUSI

  • Teori Model Motivasi

Model Teori Motivasi yang sebaiknya digunakan pada perusahaan Unicon menurut penulis adalah Mc Clelland’s needs for affiliation. Teori Mc Clelland’s needs for affiliation adalah sebuah teori motivasi yang dapat mendorong kebutuhan berafiliasi pada suatu organisasi dengan dimana seorang pimpinan mengatur perilakunya dalam memimpin agar dapat terciptanya selalu hubungan yang baik antara pimpinan perusahaan dengan para anggota pada organiasi yang dipimpinnya. Model teori motivasi ini yang lebih cocok diterapkan pada sistem organisasi di perusahaan Unicon, karena teori ini dapat mengadopsi nilai dimana seorang Song Ga Kyeong sebagai pimipinan pada perusahaan Unicon dapat berusaha sebaik mungkin untuk melakukan keputusan-keputusan dalam organisasinya dengan memperhatikan nilai menjaga hubungan baik pada seluruh anggotanya di Unicon. Jika Song Ga Kyeong berusaha menjaga hubungan baik pada anggotanya, maka akan selalu mengambil keputusan dengan mengedepankan kepentingan semua dan tidak mementingkan kepentingan sendiri sehingga akan mengambil keputusan yang tidak mengecewakan dan memberatkan seluruh anggotanya karena melakukan diskusi bersama pada selutuh anggotanya dalam perusahaan Unicon tersebut.

  • Teori Model Kepemimpinan 

Model kepemimpinan yang digunakan pada sistem organisasi di Unicon sebaiknya menggunakan consideration atau pertimbangan. Consideration yaitu suatu model kempimipinan yang bersifat menunjukkan kepercayaannya seorang manajer, sangat memperhatikan anggotanya dengan menghormati dan juga mempedulikannya. Manajer berperilaku seperti ini tentu sangat memperhatikan apa saja yang menjadi kesejahteraan karyawan dan melakukan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membuat para karyawan mereka dapat merasakan kenyamanan serta bisa sangat menikmati pekerjaan mereka dalam organisasi. Model kepemimpinan seperti ini seharusnya dilakukan oleh Song Ga Kyeong sebagai pimpinan dari perusahaan Uncion, sehingga Song Ga Kyeong mampu memperhatikan kenyamanan dari para anggotanya dalam hal ini Bae Tammi. Karena apa yang dilakukan oleh Song Kyeong mengabaikan apa yang dikerjakan dan menjadi prinsip anggotanya dan melakukan keputusan dengan sendirinya. Tindakan ini juga menjadikan Song Ga Kyeong mengabaikan nilai-nilai dari perusahaan dan tampak seperti arogan berjalan sendiri dengan menjalankan kepentingan pribadi dalam mengambil keputusan di perusahaan Unicon. Hal ini yang juga sangat ditentang dan mengecewakan bagi para anggotanya. Bahkan Bae Tammi sebagai anggotanya yang mengedepankan kebenaran, justru mendapatkan pemecatan dari perusahaan Unicon.






Artikel ini telah melalui pengecekan plagiarisme di duplichecker.com


Kelompok 7: All Bosses Club

Muh Rafa Subhannallah
Camelia Dewi F

Referensi:
Gareth R. Jones Jennifer M.George “Contemporary Management” Eleventh Edition


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format