Leader Challenge, Me-maintain Motivasi Tim Saat Up and Down

Saat roda berputar ke bawah, tantangan besar bagi seorang leader untuk mengembalikan motivasi dan menjaga keutuhan tim.


0

Sinopsis

Malam sebelum pertandingan, Shang Yan memberikan speech yang sangat bagus ke tim… tekanan selama pertandingan sangat besar … tapi jangan menyerah, karena akan menjadi akhir dari seorang “Hero”. 

Kemudian, seperti biasa Xiao Mi, manager K&K, memberikan briefing analisa kekuatan dan kelemahan tim lawan SP, menginfokan mengenai captain SP bernama Hua Ti yang sangat berpengalaman dan telaten dalam menghadapi lawan. Wu Bei, captain tim K&K, akan dipasang melawan Hua Ti. Kemudian ada Bug, pemain penyerang tim SP, yang dulu pernah mengalahkan Xiao Mi dan Demo bilang dia akan mengalahkan Bug. Xiao Mi juga mengingatkan bagi Hua Ti dan Ou Yang pertandingan kali ini akan menjadi pertandingan terakhir mereka, sehingga tim SP akan berjuang mati-matian. Ternyata di pertandingan, Demo kalah dari Bug dan membawa kekalahan untuk tim K&K.

Han Shang Yan memberikan briefing sebelum pertandingan

Tim K&K diujung kekalahan

Tim K&K kalah bertanding dalam pertandingan melawan SP pada putaran semi final, namun masih bisa masuk ke pertandingan final dan tidak boleh kalah. Sementara tim sudah mulai down karena kalah dalam pertandingan dengan SP. Shang Yan tidak memberikan waktu untuk timnya berlama-lama berkecil hati. Dia langsung memberikan grade dan meranking timnya. Gamers dengan ranking terendah tidak boleh mengikuti pertandingan.

Tim K&K kalah bertanding dalam pertandingan melawan SP pada putaran semi final, namun point yang didapat  masih mencukupi syarat untuk masuk ke pertandingan final. Sementara tim sudah mulai down karena kalah dalam pertandingan dengan SP. Shang Yan tidak memberikan waktu untuk timnya berlama-lama berkecil hati. Dia langsung memberikan grade dan meranking timnya. Gamers dengan ranking terendah tidak boleh mengikuti pertandingan.

Tim K&K kalah bertanding dalam pertandingan melawan SP pada putaran semi final, namun point yang didapat  masih mencukupi syarat untuk masuk ke pertandingan final. Sementara tim sudah mulai down karena kalah dalam pertandingan dengan SP. 

Di saat tim down, Shang Yan merekrut Buff, seorang pemain senior tim lawan, menjadi tim K&K. Kemudian Shang Yan memberikan grade grade dan meranking timnya. Gamers dengan ranking terendah tidak boleh mengikuti pertandingan.

Hal ini membuat timnya terkejut dan juga tertekan. Dari analisa di atas, short cut yang diambil oleh Shang Yan punya 2 kemungkinan, apakah timnya akan terpacu atau semakin down. Di sinilah leadership dan cara Shang Yan untuk memotivasi timnya diuji.

Teori Motivasi yang Digunakan

Berdasarkan dengan uraian di atas Han Shanyang menggunakan Goals-setting Theory yang berfokus untuk memotivasi tim guna berkontribusi dan memberikan input untuk pekerjaan dan juga organisasi/tim nya. Fokus dari manager atau ketua tim di sini adalah memastikan bahwa anggota dapat fokus dan memberikan performa terbaiknya dan mencapai tujuan organisasi. Tujuan atau goals yang diberikan bersifat spesifik dan sulit, tujuan yang sulit memang susah untuk diraih namun bukan berarti tidak mungkin. Secara spesifik tujuan yang sulit memberikan efek motivasi ada dua cara. Pertama mereka akan meminta anggota untuk memberikan input yang lebih lagi ke organisasi atau tim. Sedangkan untuk yang kedua adalah dengan membantu dalam fokus terhadap input yang tepat sehingga dapat membantu dalam membangun action plan untuk mencapai goals.

Selain itu, dapat dilihat bahwa Han Shangyan juga menerapkan salah satu bagian dari Learning Theories, yaitu Operant Conditioning Theory, punishment. Punishment merupakan pemberian konsekuensi yang tidak diinginkan atau negatif ketika terjadi perilaku disfungsional (Jones & George, 2020). Han Shangyan memberikan punishment berupa gamer yg mendapat ranking rendah tidak dapat berpartisipasi dalam kompetisi.

Teori Leadership Yang Dipakai

Dari uraian permasalahan dapat kita ketahui bahwa Han Shangyan merupakan sosok yang perhitugan dan gesit dalam menilai strategi lawan dan meningkatakan kemampuan tim K&K. Sosok Shang Yan cukup dingin, namun sangat perhatian terhadap tim dan memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghandle permasalahan (personalize) tergantung dari dengan siapa berhadapan dan juga masalahnya. Model kepemimpinan yang diterapkan oleh Han Shangyan dalam serial Go Go Squid tersebut serupa dengan teori Fiedler’s Contingency. Dalam (Jones & George, 2020) dijelaskan bahwa terdapat 2 leader style, yaitu relationship-oriented leaders, dan task-oriented leaders. Relationship-oriented leaders merupakan pemimpin yang perhatian utamanya adalah mengembangkan hubungan baik dengan bawahannya dan disukai oleh mereka, dan task-oriented leaders merupakanpemimpin yang perhatian utamanya adalah memastikan bahwa bawahannya bekerja pada tingkat yang tinggi (Jones & George, 2020). Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa Han Shangyan menerapkan task-oriented leaders.

Yang Sebaiknya diterapkan pada Perusahaan:

1. Teori Motivasi

Sesuai dengan setting perusahaan yang bergerak di bidang kompetesi games, teori motivasi yang lebih sesuai untuk diterapkan oleh perusahaan adalah salah satu dari need theories, yaitu teori yang dikemukan oleh McClelland’s mengenai need for achievement, need for affiliation, dan need for power.

Dalam (Jones & George, 2020) dijelaskan bahwa need for achievement merupakan sejauh mana seseorang memiliki keinginan kuat untuk melakukan tugas yang menantang dengan baik dan untuk memenuhi standar pribadi untuk keunggulan. Perusahaan dapat memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya agar gamer menunjukkan pencapaian pribadi terbaiknya terhadap pekerjaannya, karena apabila gamer memiliki tingkat need for achievement yang tinggi, mereka biasanya akan membuat goals yang jelas, sehingga hal ini akan sangat berguna bagi gamer untuk mampu bersaing dan memenangi berbagai kompetisi. Perusahaan juga perlu untuk memantain performance gamer tersebut dengan cara memberikan feedback atas performancenya.

Need for affiliation merupakan sejauh mana seorang individu peduli tentang membangun dan memelihara hubungan interpersonal yang baik, disukai, dan membuat orang-orang di sekitarnya bergaul satu sama lain (Jones & George, 2020). Perusahaan perlu memperhatikan terpenuhinya need for affiliation gamer karena dalam setiap kompetisi, kekompakan tiap tim sangat dibutuhkan untuk memenangi setiap kompetisi. Dengan pressure yang tinggi pada setiap kompetisi, apabila hubungan interpersonal sesama anggota tim tidak berjalan baik, hal ini tentu saja dapat mempengaruhi performance tim pada saat bertanding

Need for power merupakan sejauh mana keinginan seseorang mengontrol atau mempengaruhi orang lain (Jones & George, 2020). Dalam cerita diketahui bahwa tim K&K memiliki kapten tim yaitu Wu Bai (DT) sebagai attacker utama, Wu Bai merupakan sepupu dari Han Shangyan. Perusahaan seharusnya dapat memberikan kesempatan yang sama bagi para gamer untuk bisa bersaing untuk bisa menjadi kapten tim. Hal ini dapat memberikan motivasi bagi para gamer untuk dapat lebih menunjukkan kapasitas terbaiknya agar bisa menjadi leader atau kapten tim, serta hal ini dapat dipersepsikan bahwa terdapat media peningkatan karir pada perusahaan

2. Model Leadership

Model leadership yang dapat diterapkan oleh Han Shangyan yaitu, Shangyan masih bisa menerapkan model kepemimpinan dari Fiedler’s Contingency Model. Shangyan diharapkan mampu mengembangkan lebih lanjut model kepemimpinan Fiedler namun lebih berfokus pada aspek relasi. Dalam Jones & George (2020) dijelaskan bahwa relationship-oriented leaders merupakan pemimpin yang perhatian utamanya adalah mengembangkan hubungan baik dengan bawahannya dan disukai oleh mereka. Shangyan harus lebih focus dalam sisi membangun relasi dikarenakan apabila tim memiliki hubungan interpersonal yang baik, maka akan berdampak positif pada performance. Shangyan juga harus mulai lebih mengedepankan sisi humanis dalam membangun motivasi anggota tim.

Reference

Gareth R. Jones dan Jennifer M. George. (2020).  Contemporary Management. (11th Ed). New York: McGraw-Hill Education

https://k-adramanov.blogspot.com/2019/10/sinopsis-c-drama-go-go-squid-episode-36.html


By: AlphaBravo, SEMBA 42C

Dhana Strata Nusantara

Muhammad Syawaluddin Fatih

Novy Wulansari


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
FatihBravo

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format