Bisnis Miras oleh Bondurant Bersaudara di Film Lawless

Walaupun sudah ditetapkan ilegal oleh pemerintah, Bondurant bersaudara tetap nekat menjalankan minuman keras


1
1 point

Gambar paling atas adalah pemeran yang memerankan Bondurant bersaudara di film Lawless. Sedangkan gambar di bawahnya adalah Bondurant bersaudara yang asli.

Sekilas tentang Lawless dan Bondurant Bersaudara dan Dilemma

Film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan bagaimana Bondurant bersaudara (Forrest, Howard, Jack) membangun bisnis minuman keras dari awal, kini bisnis tersebut masih diteruskan oleh keturunan mereka, Robert Bondurant. Dulunya bisnis minuman keras di Amerika masih termasuk bisnis yang ilegal. Dulunya juga, di tempat mereka tinggal merupakan daerah yang miskin, dimana para petani harus memutar otak membeli kebutuhan mereka untuk menanam dan merawat tanaman mereka. Mereka berjuang untuk menemukan cara memberi makan keluarga mereka dan bertahan hidup. Bisnis minuman keras ternyata merupakan jawaban atas kesulitan yang mereka hadapi. 

Walaupun sudah ditetapkan ilegal oleh pemerintah, Bondurant bersaudara tetap nekat menjalankan minuman keras ke seluruh wilayah selama periode larangan tersebut. Di banyak komunitas, pebisnis dan pembuat minuman keras dianggap sebagai pahlawan. Mereka mampu membawa pendapatan ke daerah-daerah “mati” yang minim pendapatan. Tapi di mata negara, mereka adalah pelanggar hukum. Bondurant bersaudara terus “melawan” dan berjuang untuk kehidupan mereka. Kekerasan seringkali terjadi antara Charlie Rakes sebagai deputi khusus, perwakilan dari jaksa persemakmuran Mason Wardell di pihak pemerintah dengan Bondurant bersaudara dan penjual minuman keras lainnya. Kekerasan berakhir saat Rakes dihabisi oleh Bondurant bersaudara dan Wardell ditangkap atas tuduhan korupsi. Kini, bisnis minuman keras sudah dinyatakan legal oleh pemerintah Amerika, Bondurant bersaudara menjadi salah 1 bagian dari sejarah bisnis minuman keras di sana ([Bondurant Brothers Distillery] 2018). 

Perwakilan pemerintah (Wardell & Rakes) sama-sama keras dan tidak ada yang mau mengalah. Banyak penjual minuman yang terpaksa tunduk dengan mereka kecuali Bondurant bersaudara. 

Apa yang memotivasi Bondurant bersaudara menjalankan bisnis yang sudah dinyatakan ilegal dan penuh kekerasan? Kenapa mereka begitu berani?

Perilaku Forrest dimotivasi secara ekstrinsik untuk Jack dan Howard dapat dilihat dari contoh pada cuplikan ini.

Selain faktor kemiskinan, keberanian Bondurant bersaudara didapat dari tali persaudaraan yang kuat. Forrest sebagai kakak pertama, memiliki karakter yang paling berpengaruh dan kuat. Dia merupakan pemimpin keluarga yang disegani baik oleh kakak beradik mereka sendiri maupun di lingkungan sekitar. Forrest mempunyai keyakinan yang sangat kuat, dimana tidak ada seorangpun yang dapat menghancurkan mereka. Hal ini dikarenakan oleh Howard dan Forrest yang satu-satunya selamat dalam peperangan dan virus flu spanyol yang melanda saat itu. Forrest jugalah yang paling kuat memegang prinsip sampai akhir hayat dia. 

Perilaku Forrest dimotivasi secara intrinsik untuk dirinya sendiri dengan memakai model kepemimpinan Fiedler’s Contingency yaitu karakter yang kuat. 

Jack Bondurant meminta maaf kepada kakaknya, Forrest Bondurant karena ulahnyalah pabrik penyulingan dibakar oleh deputi khusus. Tidak hanya pabrik, mobil, dan uangpun disita oleh mereka. Jack ceroboh membawa orang lain ke tempat penyimpanan rahasia penyulingan minuman keras milik mereka sehingga lantas membuat pabrik tersebut terendus lokasinya. Dari gambar di atas, dapat dilihat Forrest mempunyai prinsip yang sangat kuat dan karakter yang tangguh. Dilihat bagaimana tatapan matanya dan postur tubuhnya sebagai pemimpin, sangat tegas sekali.

Forrest menerapkan Learning Theories

Bisnis minuman keras pada masanya, merupakan bisnis yang sangat keras. Kekerasan terjadi silih berganti entah itu dari aparat, pesaing bisnis, mafia, dan siapapun itu. Karakter Forrest yang kuat berhasil memotivasi adik-adiknya agar mereka juga tetap kuat menghadapi berbagai masalah. Tidak hanya soal manajemen bisnis, tetapi juga mental dan perlakuan fisik juga termasuk. Jack dinilai yang paling lemah. Beberapa kali di depan adik adik mereka, Forrest yang langsung turun tangan menghadapi kekerasan tersebut. 

Percakapan di atas merupakan tanggapan dari Forrest di depan sesama penjual minuman keras dan di hadapan adik-adiknya (Howard dan Jack). Para penjual minuman kehilangan mental karena ditekan oleh deputi khusus untuk membayar lebih ke mereka jika ingin bisnis minuman kerasnya berjalan mulus, namun tidak bagi Bondurant. Forrest seringkali membawa bawa nama keluarga yang tangguh di hadapan orang-orang, menunjukkan kalau ia memang setangguh itu, bukan hanya omongan saja. Forrest juga banyak membereskan pemalakan dan kejahatan yang menimpa adik-adiknya dan bisnisnya. 

Motivasi Jack Bondurant secara ekstrinsik, ingin diakui juga oleh kakak-kakaknya.

Permasalahan demi permasalahan pun terjadi. Forrest dan Howard berhasil menangani berbagai masalah tersebut. Jack yang penakut sering diremehkan oleh kakak-kakaknya. Jack sering ditugaskan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sepele seperti mengangkat barang dan menunggu di dalam mobil saat kakak-kakaknya menghandle pelanggan yang identik dengan kekerasan (mafia, tukang mabuk, aparat). Karena karakter kuat Forrest dan Howard berhasil mengatasi berbagai masalah dan karena sering dianggap remeh, hal itulah yang memotivasi Jack untuk mengembangkan produk minuman kerasnya agar kualitasnya menjadi yang terbaik. 

Dari Cuplikan film di atas terlihat adanya keterkaitan expectancy theory dengan Jack.

Jack juga berusaha keras agar mendapatkan pengakuan dari kakak-kakaknya terutama Forrest. Dapat dilihat ia membandingkan jika hasil kerjanya lebih baik daripada mereka. Jack juga termotivasi dengan materi dan uang. Jack menyukai mobil-mobil bagus dan memberikan gaun yang indah terhadap wanita yang ia sukai. 

Bahkan Jack yang tadinya tidak dipercaya untuk bertemu klien akhirnya mampu menjual minuman kerasnya kepada mafia paling tinggi di sekitar daerah mereka tinggal, sebelumnya Forrest dan Howard tidak mencapai hasil setinggi itu. Jack ingin diakui dan mendapatkan posisi yang layak di bisnis bersaudara mereka.

Tabel 1  Karakter kepemimpinan yang dimiliki Forrest

Dominan

Forrest selalu mempengaruhi lawan bicaranya dan adik-adiknya untuk mencapai tujuan bisnis mereka. 

Percaya Diri

Ketika teror kerap kali datang dari Rakes, ketika Bondurant bersaudara ditinggal sendirian (hampir semua pebisnis minuman keras tunduk), Forrest dengan sangat percaya diri dapat mengatasi permasalahan ini. Kepercayaan diri Forrest yang sangat tinggi menularkan kepada adik-adiknya.

Energi yang Tinggi

Forrest mengurusi banyak pelanggan mereka, bertemu dengan berbagai kepala dari banyak kalangan. Permintaannya pun berbeda-beda. Forrest berhasil mengatasi semua permintaan tersebut. 

Tahan terhadap Stress

Dengan keadaan yang tidak menentu, kekerasan bisa terjadi kapanpun, di saat keadaan yang sangat sulit, Forrest tau apa yang dia mau, dia dapat mengambil keputusan yang sulit di tengah tengah keadaan yang sulit. 

Integritas & Jujur

Forrest disegani oleh banyak kalangan, baik dari aparat maupun adik adiknya. Forrest juga berperawakan tenang dan tau akan bersikap.

Tabel 2  Perbandingan mengatur strategi konflik di film Lawless

ANALISIS
Tipe Konflik Kasus 1. Konflik Interpersonal= Konflik antar Jack dan kakaknya (Howard dan Forrest) kerap kali terjadi. 

Kasus 2. Konflik Interorganisasi= Konflik terjadi antara bisnis milik Bondurant bersaudara dengan pemerintah.

Sumber Konflik dan Dilemma Ada beberapa sumber konflik di Lawless yaitu

Kasus 1. Status Inconcistencies, di film ini, belum jelas status dari kakak beradik di dalam bisnis mereka. Mereka hanya menyamakan / mencampuradukkan kedudukan status kakak beradik ke dalam bisnis. Sang adik, Jack, merasa dirinya tidak diposisikan di posisi yang semestinya. Beberapa kali terjadi konflik, Jack tidak mendengarkan instruksi kakak tertuanya, namun Jack membuktikan hasil yang baik dan pantas di posisi yang ia mau

Kasus 2. Different Goals. Pemerintah melarang bisnis minuman keras di Amerika pada masanya. Tetapi Bondurant tetap menjalankan bisnis terlarang tersebut. Ini juga merupakan dilemma, bisnis minuman keras merupakan jawaban dari permasalahan kemiskinan di daerah mereka. Jika tidak menjalankan bisnis ini, mereka tidak bisa menghidupi keluarga mereka, jika menjalankan, mereka akan berhadapan dengan pemerintah.

Strategi Konflik Manajemen Kasus 1. Kompromi dan Kompetisi= Forrest akhirnya mengizinkan Jack menempati posisi yang semestinya Jack tempatkan. Tetapi di 1 sisi, karena kinerja Forrest dan Howard yang baik dan berada di posisi atas Jack, membuat Jack ingin merasa bahwa dirinya juga turut andil dan berguna. Hasilnya adalah Jack memberikan hasil yang lebih baik di bandingkan kakak-kakaknya. Di sisi lain, Forrest berkompromi dengan Jack, dia melihat hasil kerja Jack bagus di tempat yang ia mau, Forrestpun memberinya tempat dan posisi tersebut. 

Kasus 2.Kompetisi= karakter Forrest dan Howard yang kuat dengan persaudaraan yang solid adalah modal yang cukup untuk dapat berkompetisi. Di sisi lain, oknum pemerintah memeras/ memalak bisnis, sudah seharusnya Forrest tidak bekerjasama dengan mereka. Keduanya sama-sama keras sehingga mereka berkompetisi. Siapa yang kuat dia yang menang. Pada akhirnya pihak pembuat minuman keraslah yang menang, sehingga yang tadinya bisnis minuman keras itu ilegal sekarang ditetapkan legal.Jaman sekarang, Bondurant Brother Distillery dan pemerintah berkolaborasi satu sama lain. Penerus Bondurant Brother Distillery membayar pajak ke pemerintah. 

Strategi Fokus pada Individu & Organisasi Kasus 1. Practicing job rotation or temporary assignments. Ketika Jack belum pernah ditugaskan sesuatu yang penting dan bermakna buat dia, dia nekat menjalankannya secara diam-diam pekerjaan yang ia inginkan untuk meyakinkan kakak-kakaknya bahwa ia juga bisa melakukan itu, dan Jack berhasil membuktikannya dengan memberikan hasil yang lebih baik daripada kakak-kakaknya. 
Saran Mengenai Tipe Negosiasi Kasus 1. Tawar menawar integratif=Karena persaudaraan mereka yang solid, maka mereka tidak melihatnya sebagai suatu persaingan yang serius bagaimana Jack bisa mendapatkan apa yang ia mau sedangkan masih berada di prinsipnya Forrest. 

Kasus 2. Negosiasi distributif= Konflik antara pemerintah dengan Bondurant ditangani dengan persaingan. Keduabelah pihak merasa tidak perlu berinteraksi 1 sama lainnya dan mereka juga tidak peduli dengan hubungan pribadi mereka yang akan rusak dengan persaingan tersebut. 

Strategi Politik Mendapatkan dan Mempertahankan Kekuatan Kasus 1. Making oneself irreplaceable= Siapa yang dapat menggantikan Forrest ? Jack tidak cukup berani untuk menjalankan bisnis ilegal ini, Howardpun walaupun dia termasuk yang bermental kuat, namun tidak memiliki kharisma seperti Forrest yang membuatnya disegani baik dari pemerintah maupun koleganya sebagai sesama penjual minuman keras.

Kasus 2. Building Alliances= Minuman keras racikan Bondurant bersaudara bisa seterkenal itu juga dikarenakan aliansi mereka yang menganggap minuman kerasnya ialah yang terbaik. Selain itu, keberanian Bondurant bersaudara melawan pemerintah tersebar sampai ke banyak mafia terkenal sekaligus. Membuat posisi Bondurant semakin kuat dan didukung oleh aliansinya. 

Strategi Politik Menjalankan Kekuatan Kasus 1. Making everyone a winner. = dengan mendukung Forrest sebagai pemimpin adalah untuk kepentingan terbaik mereka sebagai kakak beradik. 

Kasus 2. Relying on objective information. = di saat penjual minuman lain tunduk terhadap pemerintah yang kotor, namun tidak dengan Forrest, Forrest memberikan pandangan-pandangannya kenapa ia tidak tunduk dengan pemerintah. Awalnya koleganya menuruti pemerintah, namun pada akhirnya, mereka mengakui kesalahan mereka di hadapan Forrest dan kembali mendukung Forrest. Pada akhir konflik dengan pemerintah, Bondurant bersaudara dibantu dengan rekan-rekannya sesama penjual minuman keras. Merekapun berhasil memenangkan konflik tersebut berkat dari bantuan rekan-rekannya

Saran/ Solusi

  1. Mengenai Motivasi. Keyakinan yang kuat memang landasan yang bagus, namun tanpa diiringi dengan pemikiran yang kuat maka setiap kali ada masalah ditabrak saja dengan keyakinan tersebut, bukan dengan bagaimana mencari solusi yang cerdas. Hal ini dapat dilihat pada adegan terakhir dimana jika tidak ada kolega-koleganya yang membantu, bisa saja seluruh Bondurant bersaudara akan tewas di sana. Keyakinan yang kuat juga, apalagi terkait dengan nyawa seseorang, lebih baik tidak mengikutsertakan orang lain, beberapa orang dekat keluarga Bondurant tewas. Kakak beradik Bondurant memang selamat, tetapi jika mengorbankan orang lain maka hal tersebut tidaklah dibenarkan.
  2. Mengenai Kepemimpinan. Karakter Forrest sangatlah kuat dan cenderung kaku, Forrest juga bukan seorang negosiator yang baik. Apa yang jadi kehendaknya, maka hanya fokus kepada kehendaknya saja. Padahal di dalam bisnis, diperlukan orang lain dan win win solution. Forrest hanya mengandalkan prinsip dan keyakinannya saja, oleh sebab itulah tanpa adanya Jack, maka kemungkinan bisnis penyulingan minuman kerasnya tidak akan berkembang. Forrest juga cenderung menolak ide yang cenderung baru selain ide dari dia. Kepemimpinan model seperti ini lebih cocok jika di dunia militer, walaupun kuat tapi coba juga untuk mendengarkan masukan dari yang lain.
  3. Mengenai Konflik dengan adik-adiknya masih ada keterkaitan dengan point 2. Forrest cenderung menolak ide baru selain ide dari dia. Jack mengusulkan dia juga bisa menghandle pelanggan dan juga bisa mengurusi pengembangan produk minuman keras. Namun hal itu ditolak oleh Forrest sehingga Jack tanpa sepengetahuan Forrest menjalankan pekerjaan itu dan ternyata benar apa yang Jack katakan. Jack bahkan membuahkan hasil yang jauh lebih baik daripada Forrest dan Howard.
  4. Mengenai konflik dengan pemerintah. Sebelum datangnya deputi khusus, Rakes. Forrest sudah terlebih dahulu bermain ‘kotor’ dengan aparat di daerahnya. Pihak Rakes sudah memberikan tawaran, bahwa ia meminta sebesar 30 dollar, namun hal tersebut langsung ditolak oleh Forrest. Dapat dilihat jika Forrest tidak berpikir panjang, langsung membuat kesimpulan yang spontan menolak. Padahal Forrest masih bisa negosiasi terlebih dahulu. Jika ia bisa bernegosiasi, dengan menawar jadi 25 dollar atau coba meminta diberikan waktu terlebih dahulu supaya dapat membuat keputusan. Jika hal tersebut bisa dilakukan, mungkin dia tidak harus kehilanggan Cricket (ahli produksi, riset dan pengembangan produk minuman keras) mereka. Dan kehilangan banyak orang di dekat mereka. Forrest juga tidak akan kehilangan pabrik minuman kerasnya akibat diledakkan oleh deputi khusus. 

Best Practices

Bisnis ganja merupakan salah 1 bisnis ilegal juga di banyak negara. Namun negara-negara seperti Kanada, Belanda, Uruguay melegalkan bisnis ganja di negaranya dengan ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi. Persamaan dengan ketiga negara tersebut adalah pelegalan masuk melalui jalur politik. Dengan masuk jalur politik, maka bisa mengatur pemerintahan. Tidak perlu pertumpahan darah, asalkan bisa melobby dan mempengaruhi anggota parlemen lainnya maka sudah ada pintu masuk untuk melegalkan bisnis ilegal. 

Referensi

[Bondurant Brothers Distillery]. 2018. About us The Moonshine Legacy Continues. https://www.bondurantbrothersdistillery.com/about-us.html [9 Aug 2021].

Jones, Gareth R, George, Jennifer M. 2016. Contemporary management ninth edition.US: McGraw-Hill Education. 

[The Phage]. 2012. Lawless. https://filmphage.com/2012/09/16/lawless-2012/ [9 Aug 2021].


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format