Hijab (2015): Dilema Antara Menjadi Ibu Rumah Tangga atau Pengusaha?

Menjadi IRT membuat Bia, Sari dan Tata tidak memiliki penghasilan. Mereka sepakat untuk merintis bisnis dibidang fashion hijab tanpa sepengetahuan pasangannya.


1
1 point

SINOPSIS

Hijab, film dengan judul hanya satu kata saja ini, tayang pada 15 Januari 2015 silam disutradarai oleh sutradara tersohor di Indonesia, Hanung Bramantyo. Salah satu pemeran utamanya adalah istrinya sendiri, Zaskia Adya Mecca. Film ini merupakan kisah nyata dari istrinya yang ingin merintis bisnis di bidang fashion hijab. Dapur Film bekerja sama dengan Ampuh Entertainment mengemas film ini dengan sangat baik berdurasi 1 jam 42 menit.

Bermula dari empat sekawan yang selalu bersama, Bia, Tata, Sari dan Anin. Tiga dari mereka adalah ibu rumah tangga yang dulunya adalah wanita-wanita mandiri. Saat ini, dalam kesehariannya, mereka hanya mengurus suami dan keluarga, Anin saja yang belum menikah, tetapi dia sudah mempunyai pacar. Ketiga ibu rumah tangga tersebut memakai hijab yang mereka katakan adalah sebuah jebakan. Bia yang bersuamikan seorang artis memilih mengenakan hijab yang fashionable, Sari memilih memakai hijab syar’i dikarenakan pada saat itu dia ingin mendalami sistem bisnis Arab, lalu dia memakai gamis dan cadar, hingga akhirnya ia bertemu suaminya yang keturunan Arab sedang berdagang di pasar. Tata yang bersuamikan seorang fotografer memilih memakai turban untuk menutup kebotakan yang dia alami sejak di bangku kuliah. Lagi-lagi Anin yang beda sendiri dengan teman-temannya, Anin tidak menggunakan hijab. Anin memilih untuk hidup bebas.

Gambar 1. Empat sekawan pemilik Meccanism

Empat sekawan ini sering melakukan kumpul rutin atau kata lainnya arisan. Mereka arisan membawa pasangan masing-masing. Seperti arisan pada umumnya, mereka juga mengumpulkan uang di awal lalu dikocok siapa yang akan mendapatkan uang tersebut. Di tengah-tengah percakapan sambil mengumpulkan uang, Gamal, suami Sari, seorang keturunan Arab kolot menyeletuk dengan ucapan “ini namanya arisan para suami, kan uangnya dari suami semua.” Seketika semua orang yang berada di sana terdiam dan merasa canggung, terlebih para istri.

Keesokan harinya, empat sekawan ini berkumpul kembali. Sambil berbincang-bincang, Sari secara spontan mengajak teman-temannya untuk membuka bisnis fashion hijab dengan brand Meccanism. Bia sebagai desainer, Sari bertugas mengatur keuangan, Anin dan Tata sebagai tim marketing. Mereka membangun dan me-manage bisnisnya berempat tanpa dibantu orang lain. Mereka juga menyembunyikan perihal ini kepada suaminya, begitupun Anin menyembunyikan dari pacarnya. Mereka ingin memiliki kegiatan selain mengurus suami dan keluarga, apalagi setelah kejadian arisan kemarin, membuat tekad mereka semakin kuat untuk menekuni bisnis ini.

(Tata: "Kalian ngerasa gak sih, hidup di bawah naungan suami? Gak punya penghasilan sendiri")

(Bia: Gimana kalo kita bikin bisnis dibidang fashion hijab?")

Arisan pun kembali diadakan, berbeda pada arisan sebelumnya, kali ini para istri yang membayar uangnya. Setelah dikocok, nama Sari yang keluar. Tetapi, Sari tidak mau menerima uang tersebut dan memberikan ke Gamal, suaminya. Suaminya menolak uang tersebut. Lagi-lagi kejadian arisan ini membuat canggung semua pihak. Kali ini, para suami yang dibuat merasa tidak enak oleh para istri. Termasuk Chaky, pacarnya Anin. Anin memaksa Chaky untuk Anin saja yang membayar arisan kali ini. Hari-hari berlalu membuat para suami semakin bingung dengan keadaan ini. Ditambah para suami punya masalah yang membuat mereka tidak memiliki penghasilan padahal banyak tagihan yang harus dibayar. Tetapi, semua tagihan itu sudah terbayar lunas, dibayarkan oleh para istri. Alih-alih ingin membuat kejutan, suami mereka malah marah dan merasa tidak terima. Dibenak suami itu adalah bagian dari tanggungjawab suami.

Gambar 2. Potret arisan empat sekawan dengan pasangannya

Konflik demi konflik hadir setelah mereka berbohong pada suami mereka masing-masing. Para suami merasa banyak perubahan yang dialami istri mereka, para istri menjadi lebih intens memakai handphone dan kurang perhatian mengurus keluarga. Hingga pada suatu hari, bisnis empat sekawan ini semakin sukses dan terkenal sampai membuka butik, butik tersebut mengadakan opening yang mengundang orang-orang terdekat, termasuk suami mereka masing-masing. Sari berpesan pada Tata yang akan memberikan sambutan, bahwa butik ini dimiliki oleh Anin, Tata dan Bia saja, tidak dengan dirinya. Sari sangat takut jika suaminya akan sangat marah apabila tau kalau Sari bekerja dan memiliki penghasilan. Suami Sari berpegang teguh bahwa dalam Islam, perempuan itu tidak boleh bekerja, sebaiknya di rumah saja mengurus keluarga.

(Gamal: "Ente pada ngerasa aneh gak sih dengan kelakuan para istri? Kita harus ngontrol mereka")

Kebohongan-kebohongan yang bertumpuk semakin membuat rumit permasalahan, menguji rumah tangga, persahabatan bahkan bisnis yang telah mereka besarkan namanya. Suatu ketika, para suami sudah mengetahui tentang bisnis fashion hijab ini. Para suami takut kalau para istri memiliki penghasilan lebih tinggi. Tata, Sari dan Bia memilih untuk mundur dan tidak melanjutkan bisnis dan akan kembali fokus mengurus keluarga.

(Gamal: "Perempuan itu kudu di rumah, merawat anak, nyuci baju, masak, dan patuh pada suami")

Mengetahui keputusan istrinya, Matnur (suami Bia) dan Ujul (suami Tata) melihat istrinya murung membuat mereka akhirnya menyetujui dan mendukung bisnis istrinya. Tapi tidak dengan Sari. Gamal tetap bersikukuh dengan prinsipnya. Sari pun sudah legowo dengan keputusan suaminya dan akan mencarikan pengganti Sari yang akan membantu Bia, Tata dan Anin dalam melanjutkan perjalanan bisnis Meccanism. Sari tetap bahagia dengan keputusan ini. Sari tetap bisa sering bertemu teman-temannya karena butik Meccanism yang baru lokasinya dekat dengan rumah Sari. Bisnisnya pun semakin berkembang. Anin akhirnya menggunakan hijab dan akan segera menikah dengan Chaky. Dulu Anin sangat takut untuk menikah, bukan karena tidak cukup secara finansial, tetapi takut dengan masalah-masalah rumah tangga yang dialami sahabat-sahabatnya. Kabar Bahagia lainnya adalah Meccanism juga berhasil mengikuti acara besar yang diberi nama Jakarta Fashion Week.

ANALISIS FILM HIJAB

Melalui artikel ini, penulis bermaksud untuk menganalisis perihal manajemen konflik organisasi, struktur organisasi, budaya organisasi serta pengambilan keputusan kelompok yang terjadi di film Hijab.

Organizational Structure

Struktur organisasi adalah sistem formal tugas dan hubungan pelaporan pekerjaan yang menentukan bagaimana karyawan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Analisis struktur organisasi pada film Hijab adalah sebagai berikut:

Faktor yang Mempengaruhi Struktur Organisasi

Keterangan

Lingkungan organisasi

Pada film ini, lingkungan organsisasi sangat baik. Semuanya mendukung langkah para istri untuk bekerja membangun dan mengembangkan bisnis fashion hijab dengan brand Meccanism. Bahkan teman orang tua Anin membantu meminjamkan modal yang besar untuk keberlangsungan bisnis ini. Empat sekawan ini juga memiliki visi misi yang sama sebelum mereka memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Hanya saja, para suami tidak diberi tahu tentang bisnis ini sedari awal dikarenakan ketakutan para istri yang berfikir akan dimarahi dan tidak akan diizinkan jika berkata jujur. Di akhir cerita, para suami sudah mendukung bisnis yang dirintis oleh empat sekawan ini. Para suami juga menawarkan sendiri ide-ide mereka untuk membantu memasarkan Meccanism.

Strategi

Memutuskan untuk merintis Meccanism, dimulai dengan empat sekawan ini menempatkan diri pada posisi yang ahli dalam bidangnya. Memasarkan produk melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Ketika berinteraksi dengan pembeli, Meccanism memanfaatkan media sosialchatseperti WeChat. Desain dan pilihan fashion hijabnya pun sangat beragam, sehingga memudahkan pembeli untuk mencari selera fashion yang pas, tidak terpaku dengan satu model. Meccanism juga memiliki relasi yang cukup baik, sehingga produknya banyak dikenal dari mulut ke mulut. Hal ini juga menjadi salah satu media promosi yang ampuh meningkatkanengagementpembeli.

Teknologi

  1. Menggunakan media sosial sebagai media berjualan dan pemasaran.
  2. Memanfaatkan gadget untuk membuat desain fashion yang akan dijual.
  3. Kamera sebagai alat membuat foto dan video untuk pemasaran.

SDM

Dalam mengembangkan bisnisnya, empat sekawan ini hanya mengandalkan diri mereka saja. Tetapi setelah Sari berkata jujur kepada Gamal, Sari mengundurkan diri untuk menjadi bagian dari Meccanism dan Gamal akan mencarikan pengganti Sari.

Organizational Culture

Budaya organisasi merupakan kumpulan dari nilai, norma, dan standar perilaku manusia yang mengontrol bagaimana individu dan kelompok berinteraksi satu sama lain didalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Analisis budaya organisasi pada film Hijab adalah sebagai berikut:

Faktor Pembentuk Budaya Organisasi

Keterangan

Karakteristik anggota organisasi

  • Bia: tugas dan tanggungjawabnya sebagai desainer Meccanism membuat dia semakin kreatif dalam menciptakan karya dan desain baru untuk tetapup to datemengikuti fashion yang sedangbooming.
  • Sari: bertanggungjawab untuk mengatur dan mengelola keuangan Meccanism, Sari sangat andal dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan. Modal yang pernah dipinjamkan oleh teman mamanya Anin pun sudah dibayar lunas, sebagai tanda bahwa keuangan perusahaan dalam keadaan baik dan dikelola dengan baik pula. Keadaan Meccanism pun seiring waktu meningkat pesat dan keuntungan semakin banyak.
  • Tata: bekerja sama dengan Anin untuk memasarkan Meccanism, Tata sangat bersemangat untuk memasarkan produknya ke media sosial, menjawab pertanyaan calon pembeli dan melayani komplain pembeli dengan sangat baik.
  • Anin: menjadi salah satu bagian dari marketing Meccanism, Anin yang memiliki kepribadian bebas, tidak kalah semangat dengan Tata dalam mempromosikan brandnya. Anin juga memiliki selera dan relasi yang bagus. Kedua hal tersebut sangat menunjang keberhasilan dan nama besar Meccanism.

Etika organisasi

Ketika sedang membicarakan bisnis, empat sekawan ini sangat serius. Mulai dari mendesain, mengelola keuangan hingga pemasaran. Hanya saja terdapat masalah ketika para istri tidak jujur dengan para suami yang membuat terganggunya keberlangsungan dan keberadaan Meccanism.

Hubungan kerja antar karyawan

Sudah berteman sejak lama membuat mereka memiliki hubungan yang baik dan erat. Layaknya teman yang sedang menjalankan bisnis bersama-sama. Berbekal visi dan misi yang sama, empat sekawan ini sangat bersungguh-sungguh dalam merintis bisnis ini.

Struktur organisasi

Pemilik bisnis ini adalah empat sekawan, yaitu Bia, Sari, Tata dan Anin. Bia sebagai desainer, Sari sebagai pengatur keuangan, Tata dan Anin sebagai tim marketing.

Managing Conflict, Politics, and Negotiation

Organizational Conflict

Gambar 3. Tipe konflik organisasi

Awal mula konflik terjadi pada saat Sari, Bia, Tata dan Anin melaksanakan arisan yang dijadwalkan secara rutin. Setiap diadakannya arisan, empat sekawan tersebut tak lupa membawa pasangannya masing-masing. Di tengah-tengah pembicaraan, Gamal (suami Sari) nyeletuk dengan kata-kata yang membuat para istri merasa tersudutkan, dengan perkataan “ini namanya arisan para suami, duitnya kan dari suami.” Membuat keadaan sejenak canggung. Sejak hari itu, para istri berniat untuk merintis bisnis fashion hijab agar mempunyai penghasilan sendiri dan tidak membebankan suami lagi, alasan lainnya adalah agar mereka mempunyai kegiatan lain selain mengurus rumah tangga. Ide itu dicetuskan oleh Sari. Tapi malangnya, hingga bisnis ini suksespun, empat sekawan ini tidak pernah berkata jujur dengan para suami dengan adanya brand Meccanism. Konflik pun bertambah banyak. Rumah tangga, persahabatan dan bisnis pun sempat menjadi taruhannya.

Gambar 4. Sumber konflik

Tipe konflik, sumber konflik dan strategi manajemen yang dihadapi Tim Meccanism adalah sebagai berikut:

Organizational Conflict

Pihak yang berkonflik

Keterangan

Tipe konflik

Tipe konflik yang terjadi antara Bia, Tata, Anin dan Sari dengan pasangannya adalah intragroup conflict.

Pada dasarnya hubungan antara empat sekawan iniadem-ayemsaja, tetapi karena kebohongan Sari terhadap pasangannya yang terus berlanjut, sempat membuat keadaan semakin tidak kondusif. Hingga akhirnya Sari memutuskan untuk taat perintah Gamal dan fokus mengurus keluarga.

Sumber konflik

Sumber konflik yang dialami Tim Meccanism ini adalah scarce resources atau langkanya sumber daya yang mereka miliki.

Hakikatnyamanajemen adalah proses memperoleh, mengembangkan, melindungi, dan menggunakan sumber daya yang memungkinkan organisasi menjadi efisien dan efektif. Kurangnya SDM membuat empat sekawan ini keteteran mengurusi bisnisnya hingga melupakan tugas utamanya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Strategi manajemen konflik

Sari dan suaminya (Gamal)

Cara menangani konflik yang dilakukan Sari dan Gamal adalah kompromi dan kolaborasi. Gamal tetap berkeyakinan bahwa istri tidak boleh bekerja, fokus saja mengurus rumah tangga dan keluarga. Akhirnya Sari mengalah dan mengikuti perintah suaminya. Gamal pun akan mencarikan pengganti Sari untuk mengelola keuangan Meccanism.

Negosiasi

Negosiasi adalah teknik resolusi konflik yang sangat penting bagi seorang manajer dan anggota organisasi lainnya. Tipe negoisasi yang digunakan empat sekawan dengan para pasangannya adalah tawar-menawar integrative (integrative bargaining). Dalam hal ini, empat sekawan ini sudah bernegoisasi dengan para pasangannya untuk melanjutkan bisnis ini, walaupun awalnya mereka memilih untuk mundur dan tidak melanjutkan Meccanism. Nasib baik, para pasangan semuanya mendukung untuk tetap melanjutkan Meccanism, tetapi tidak dengan Sari. Namun demikian, Sari sudah ikhlas dengan keputusannya untuk tidak menjadi seorang pengusaha lagi.

Group Decision Making

Jika waktu dapat diulang agar dapat menghindari konflik rumah tangga, persahabatan hingga bisnis yang hampir terancam, berikut beberapa saran yang dapat dilakukan empat sekawan Anin, Bia, Sari dan Tata sebelum membangun bisnis Meccanism:

  1. Jujur dan terbuka dengan suami ketika ingin merintis bisnis. Bagaimanapun juga, sebaiknya ketika melakukan sesuatu, seorang istri harus mendapatkan izin suami.
  2. Tidak berlarut-larut dalam menutupi kebohongan agar dapat menghindari masalah yang menumpuk dan terus bertambah.
  3. Sebaiknya para istri dapat membagi waktunya antara bisnis dan keluarga, agar para suami tidak merasa terabaikan.
  4. Semakin terkenalnya Meccanism, seharusnya empat sekawan ini merekrut karyawan lain yang akan membantu mengembangkan dan membesarkan Meccanism, sehingga tidak terpaku dengan empat orang ini saja.
  5. Dalam mengurus rumah tangga, jika para istri keteteran ada baiknya mencari ART untuk membantu urusan rumah tangga.

Penulis

Nita Septa Dilla – Pra MBA 78C

Referensi

Jones, Gareth R. & George, Jennifer M. 2009. Contemporary Management 11th edition. New York: McGraw-Hill Education

Youtube. Official Trailer Hijab (2015). URL. https://www.youtube.com/watch?v=ad31HI-tQrY&t=66s

Yonulis. Decision Making, Learning, Creativity, and Entrepreneurship. URL. https://yonulis.com/2021/04/16/decision-making-learning-creativity-and-entrepreneurship-2/

Yonulis. Managing Conflict, Politics Negotiation, and Using Advanced Information Technology to increase Performance. URL. https://yonulis.com/2021/05/24/managing-conflict-politics-negotiation-and-using-advanced-information-technology-to-increase-performance/

Yonulis. Managing Organizational Structure and Culture. URL. https://yonulis.com/2021/04/23/ch-10-managing-organizational-structure-and-culture-ch-11-organizational-control-change/

Artikel ini telah dicek anti plagiarism via website https://www.duplichecker.com/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format