Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014); Berdiri dari Kegagalan demi Mencapai Sukses yang Sesungguhnya

Not the Strongest nor the Smartest, but the Most Persistent


1
1 point

Description: https://4.bp.blogspot.com/-joOYGp_Zu6c/Wru2x83pyyI/AAAAAAAAAKI/BZJwUwQcM2UmLnjCFZF4FD4fCT29MmYcwCLcBGAs/s1600/Kata%2Bkata%2Bmutiara%2Bdari%2Bfilm%2Bmerry%2Briana%2Bmimpi%2Bsejuta%2Bdolar.png

Sinopsis Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar merupakan film drama biografi asal Indonesia garapan MD Pictures yang dirilis pada tahun 2014. Film tersebut dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, dan Ferry Salim. Film ini diangkat dari kisah nyata yang tertulis pada novel autobiografi Merry Riana, seorang motivator asal Indonesia yang berhasil meraih 1 juta dolar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun.

Kisah ini bermula pada tahun 1998, tepatnya pada insiden kerusuhan mei 1998 di Indonesia yang diakibatkan oleh krisis finansial. Merry yang merupakan perempuan keturunan Cina dan keluarganya menjadi salah satu target penjarahan pada kerusuhan 1998 di Indonesia, di mana hampir sebagian besar harta benda keluarga mereka habis dijarah pada saat mereka sedang dalam perjalanan menuju bandara, Ayah Merry kemudian menjual beberapa barang mereka yang tersisa untuk membelikan 1 tiket pesawat ke Singapura untuk Merry agar dia dapat menemui pamannya dan untuk sementara mengungsi di sana.

Di Singapura, Merry tidak dapat menemukan pamannya dan akhirnya berkeliaran dengan penuh kebingungan, dia merasa bahwa dia tidak akan bisa bertahan di sana sampai kedua orang tuanya mampu menjemputnya ke Singapura,namun kemudian Merry bertemu Irene, teman SMA-nya, yang membantu Merry tinggal secara ilegal di kamar asramanya. Tetapi kemudian hal tersebut diketahui oleh penjaga dan diadukan ke pihak kampus, dan setelah berdiskusi dengan pihak kampus, Merry memutuskan untuk belajar di Nanyang Technological University (NTU) agar dapat menginap secara legal di kamar Irene. Namun, dia harus membayar student loan yang mahal, yaitu sebesar $40.000. Dengan bantuan teman Irene, Alva, dia berjanji untuk menjadi penjamin student loan nya, tetapi dengan syarat dia mendapatkan pekerjaan agar memiliki penghasilan. Merry kemudian dengan penuh kerja keras mencoba mencari pekerjaan hingga hampir putus asa. Pada akhirnya dia mendapatkan pekerjaan sebagai pembagi brosur; meskipun Alva telah menandatangani perjanjian itu sebelum Merry memberitahu kalau dia sudah mendapatkan pekerjaan. Karena dia tidak memiliki izin bekerja, tempat Merry bekerja sebagai pembagi brosur tersebut diawasi oleh pihak berwajib karena kecurigaan tersebut. Sang manajer kemudian terpaksa harus memberhentikan Merry dan ia pun kehilangan pekerjaannya.

Irene mengungkapkan pada Merry bahwa dia menyukai Alva. Irene merencanakan kencan dengan Alva namun di lain sisi Alva membantu Merry mencari pekerjaan baru, dan saat tersebut mulai tertanam benih cinta di antara mereka berdua, pada saat itu Merry juga masih belum memperoleh pekerjaan baru. Merry kemudian dipekerjakan di Success Forever, sebuah perusahaan yang menjanjikan investasi dengan return yang sangat tinggi. Merry membawa Alva ke sana, dan ternyata perusahaan itu adalah sebuah penipuan. Merry hampir menyerah dan putus asa, tetapi Alva mengatakan kepadanya bahwa kegagalan sangat penting untuk kesuksesan. Dia kemudian diselidiki oleh polisi karena sebelumnya terlibat dalam Success Forever; Merry kemudian terbukti tidak bersalah dan perusahaan itu diselidiki lebih lanjut. Alva kemudain membawa Merry ke Singapore Flyer, Merry dipekerjakan di sana sebagai petugas kebersihan. Pada saat itu Alva membagikan Merry sebuah novel fiksi s.h.m.i.l.y ("see how much I love you.") sebagai penanda perasaan Alva kepadanya, namun Merry menolak untuk menerima perasaan Alva. Di asrama, Irene mengusir Merry dari kamarnya karena melihatnya bersama Alva di Flyer, dan mengira mereka menjalin hubungan meski Merry tau perasaan Irene kepada Alva. Merry bergegas ke alamat Alva untuk membawanya dan mengklarifikasi hal yang sebenarnya kepada Irene, tetapi penjaga asrama mengatakan Alva tidak tinggal di alamat itu; pada saat itu dia berada di sebuah pabrik untuk mendapat pekerjaan. Kembali di asrama, Irene meninggalkannya Merry dan itu membuat Merry sangat sedih. Keesokannya dimotivasi oleh Alva, dia menunjukkan platform perdagangan online pada Merry yang bisa dia lakukan untuk mendapat uang tambahan.

Di malam Valentine, Alva berencana melamar Merry. Merry memberi tahu Alva tentang maskapai penerbangan yang bisa diinvestasikan dengan trading saham, namun Alva tidak setuju, dia merasa Merry sudah terlalu terpaku untuk mendapat uang sebanyak-banyaknya, kemudian mereka berseteru. Merry berkata dia sudah muak menjadi miskin, dan mengatakan Alva tidak akan pernah tau rasanya menjadi dia kare Alva tidak pernah miskin. Merasa kecewa, Alva kemudian pergi, dan menyerahkan cincin kawin yang harusnya diberikan pada Merry kepada seorang seniman jalanan tua. Beberapa hari kemudian, Merry membaca artikel CNN tentang maskapai yang diinvestasikan sebagian besar uangnya mengalami kebangkrutan. Ibunya Merry mengejutkan Merry dengan kemunculannya di asrama. Merry kemudian mencurahkan semua kesedihannya, dia merasa putus asa dan gagal serta ingin menyerah saja, tetapi ibunya mengatakan bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir, Merry harus menyelesaikan apapun keputusan yang telah dia tentukan, "berjuang sampai akhir dan jangan pernah menyerah," dia kemudian magang menjadi seorang agen perusahaan asuransi; salah satu pelanggannya, Bu Noor, membantunya membayar seperempat pinjaman, karena menyukai sifat dan kepribadian Merry serta menganggap rancangan asuransinya jauh lebih baik dari yang sebelumnya Bu Noor pernah dapat.

Kemudian Suatu hari, seniman jalanan yang sempat dibantu Merry dan memiliki cincin kawin milik Alva memberikan cincin tersebut kepada Merry; Dia mengungkapkan bahwa Alva sebelumnya ingin memberikan cincin itu kepada orang yang istimewa, yang disebut sebagai "Shmily Merry." Merry kemudian berlari ke Flyer dan memberi tahu Alva bahwa dia mencintainya, berjanji untuk menghapus keserakahannya dan menyadari bahwa yang lebih penting dari uang adalah orang yang menyayangi dan melakukan yang terbaik untuknya dan orang itu adalah Alva; Alva menerima dan membalas perasaan Merry. Beberapa tahun kemudian, Merry lulus dari NTU dan melanjutkan karirnya menuju sukses. 

Setelah lulus dan meniti karirnya melalui perusahaan keuangan sebagai konsultan keuangan yang menjual berbagai macam produk keuangan mulai membawa Merry kepada kesuksesan, berkat ketekunan dan kerja kerasnya dalam bekerja selama belasan jam per hari Merry sukses mendapat lebih dari $200.000, dan dia dapat melunasi student loan nya sebesar $40.000. Setelah itu pada tahun 2004, Merry mendirikan perusahaan jasa keuangan bernama Merry Riana Organization (MRO), dan dengan selang waktu 2 tahun, Merry berhasil menghasilkan 1 juta dollar Singapuranya dan pada saat itu dia berusia 26 tahun.

Identifikasi Masalah

Merry Riana mengalami titik balik dalam hidupnya saat ia harus pergi merantau ke Negara asing seorang diri tanpa modal apa-apa dan benar-benar dengan tangan kosong sementara ia perlu bertahan dan melanjutkan hidupnya, demi dirinya sendiri dan juga keluarganya yang ada di Indonesia. Masalah pertama muncul ketika Merry kebingungan untuk bagaimana mencari tempat tinggal di tempat yang benar-benar asing baginya, namun dengan bantuan temannya, Irene, untuk sementara Merry dapat tinggal di asrama kampusnya meski secara illegal, namun permasalahan kembali muncul ketika pihak kampus mengetahui hal tersebut dan ingin menindaklanjuti perkara tersebut. Permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan diskusi yang menghasilkan keputusan bagi Merry untuk mendaftar di Universitas Teknologi Nanyang agar dapat secara resmi tinggal di asrama kampus.

Permasalahan baru muncul ketika Merry tidak mempunyai uang untuk membayar biaya sekolah, sehingga dia akhirnya mengajukan permintaan untuk mendapat student loan, namun untuk benar-benar mendapatkan student loan diperlukan seorang penjamin, sehingga Merry harus mencari penjamin untuk student loan nya dengan tenggat waktu yang sangat singkat. Permasalahan terus berlanjut ketika Merry harus terus mengganti pekerjaannya karena sulit bagi pelajar tanpa working permit untuk mendapat pekerjaan ditambah dengan kasus investasi bodong yang membuat Merry kehilangan uang yang cukup besar dan terlibat sebagai tersangka kasus penipuan investasi tersebut. 

Hambatan warga asing untuk bertahan di Singapura:

  1. Bagi siapapun yang tidak memiliki working permit akan sangat tidak mungkin untuk memperoleh pekerjaan di Singapura.
  2. Biaya hidup yang relatif tinggi, bahkan dengan student loan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya uang makan.
  3. Bagi yang tidak memiliki working permit pekerjaan paruh waktu yang paling memungkinkan dan mau menerima adalah pekerjaan berat/kasar seperti di pabrik yang harus mengangkat-angkat barang. 
  4. Pendidikan dan Sertifikasi sangatlah diutamakan dalam suatu profesi, sehingga diperlukan usaha dan uang untuk mencapainya dengan optimal.

(Merry dan Keluarga dalam Kerusuhan Mei 1998 di Idonesia)

(Merry sebatang kara di Singapura)

(Merry dan Irene bernegosiasi dengan Pihak Kampus)

Overview Karakter Utama

Karakter

Positive Traits

Negative Traits

Merry Riana

Description: MY BLOG: SINOPSIS FILM 'MARRY RIANA'

Persistent

Pekerja Keras 

Setia Kawan 

Jujur dan Adil

Gegabah

Apabila sudah terpojok akan merasa putus asa

Alva Tjenderasa

Description: Merry Riana`, Kisah Cinta dalam Mimpi Sejuta Dolar - ShowBiz Liputan6.com

Percaya diri 

Straightforward

Suportif

Terkadang terlalu kaku

Irene Lee

Description: Kimberly Ryder Adu Akting Bareng Dua Aktor Jepang

Setia kawan

Peduli dan sangat membantu temannya di kala susah

Impulsif 

Boros

Memiliki harga diri yang terlalu tinggi

Analisis

Decision Making, Learning, Creativity, and Entrepreneurship

Dalam pengambilan keputusan terdapat 2 jenis, yaitu terprogram dan tidak terprogram (Jones & George, 2009). Tipe keputusan yang diambil oleh Merry selama masa awal dia bertahan dan menjalani hidup di Singapura cenderung pada jenis pengambilan keputusan yang tidak terprogram (Nonprogrammed decision making). Keputusan-keputusan Merry tersebut juga cenderung termasuk dalam administrative model yang bertumpu pada rasionalitas yang terbatas, informasi yang tidak sempurna, dan kepuasan.

Jones & George (2009) merumuskan 6 langkah dalam sebuah pengambilan keputusan, langkah-langkah yang diambil oleh Merry dalam suatu pengambilan keputusan dapat dilihat sebagai berikut:

Promoting Individual Creativity

Mutu dari pengambilan keputusan manajerial bertumpu pada respon inovatif terhadap kesempatan dan ancaman. Bagaimana cara seorang manajer bisa meningkatkan kemampuan organisasi untuk membuat keputusan yang tidak terprogram dan yang bisa membuat mereka untuk beradaptasi, memodifikasi, atau sampai secara drastis merubah  lingkungan tugasnya, sehingga mereka dapat meningkatkan performa mereka, baik secara individu maupun organisasi secara terus-menerus. Cara yang paling optimal adalah dengan menggalakan organizational learning atau pembelajaran organisasi guna peningkatan kreativitas (kelompok dan individu).

Dalam perjalanannya meniti karir hingga mendirikan perusahaan sendiri tentu diperlukan kreativitas yang luar biasa oleh Merry. Hal tersebut tentu tidak dia peroleh secara tiba-tiba dan cuma-cuma. Hal tersebut dia dapat dari seluruh pengalaman dan kegagalan yang dia alami, seluruh akumulasi dari hal tersebut yang nantinya akan membentuk pemikiran Merry yang lebih terstruktur, open-minded, dan dapat melihat peluang di dalam setiap kesempatan dan masalah yang datang. Hal yang terpenting baginya adalah terus belajar dan mencoba, rasa sesal saat tidak mencoba akan lebih besar daripada rasa sesal ketika gagal setelah mencoba.

Motivation, Performance and Leadership

Nature of Motivation

Motivasi adalah suatu dorongan atau kekuatan psikologis yang mengarahkan perilaku seseorang di suatu organisasi (banyak perilaku yang dapat terjadi), tingkat usaha seseorang (seberapa keras orang akan berusaha), dan tingkat ketekunan seseorang dalam menghadapi suatu rintangan yang dengan gigih terus mencoba tanpa menyerah (Jones & George, 2009).

Merry Riana mengalami titik balik dan perjuangan hidupnya di Singapura, negara asing di mana dia tidak tahu apa-apa dan harus bagaimana, namun dorongan untuk kembali bertemu keluarganya serta keinginan untuk sukses dan bahagia menjadi dorongan utama bagi Merry dalam berusaha dan berjuang menjalani hidup dan kesehariannya di Singapura. Sehingga dapat dilihat motivasi yang mendorong Merry untuk berjuang semuanya terdapat unsur intrinsic (dari diri sendiri dan untuk mendapat kepuasan pribadi) dan ekstrinsik (untuk mendapatkan materi atau kesuksesan).

Dalam perjalanan Merry Riana menjalin hidup di Singapura, terdapat beberapa teori yang dapat menjelaskan motivasinya untuk bertahan di sana, yaitu Alderfer’s ERG Theory (Existence, Relatedness, and Growth)

Description: https://yonulis.com/wp-content/uploads/2021/04/1619702828044.png

Pada waktu awal Merry berada di Singapura dia berada dalam kategoti Lowest-Level Needs, yang merupakan Existence Needs, di mana dia mengalami kesulitan dan kebutuhan yang amat sangat untuk basic needs nya hidup di sana. Dia tidak memiliki tempat tinggal yang memadai, uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan dan sandang, Merry harus benar-benar berjuang untuk mendapatkan hal tersebut, dia melakukan seluruh hal yang dia bisa, mendaftar ke universitas menggunakan student loan untuk dapat tinggal di asrama kampus dan mencari pekerjaan apapun yang bisa dia lakukan di sela-sela kuliah untuk mendapatkan uang saku tambahan untuk menghidupi dirinya sendiri.

Memasuki pertengahan cerita ketika Merry sudah mulai sukses dengan trading saham, ia memasuki kategori yang kedua, yaitu Relatedness, di mana dia berusaha mendapatkan uang sebanyak-banyaknya agar dia tidak jatuh ke dalam kesengsaraan yang sama seperti saat dia tidak memiliki uang, Karena dia merasa saat dia memiliki uang dia lebih dihargai oleh teman-teman dan kolega-koleganya.

Namun saat memasuki akhir cerita, Merry menyadari bahwa uang memang penting namun bukan segalanya, menjadi sukses dan bahagia bukan hanya sekedar memiliki uang banyak, namun memiliki orang yang peduli dan menghargai dirinya serta ingin yang terbaik untuk dirinya. Merry lebih termotivasi untuk menjadi diri yang lebih baik lagi, memberi kebahagiaan bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga bagi orang lain, sehingga dari situ Merry terus belajar dan berkembang. Pada fase ini Merry telah masuk ke dalam kategori Growth Needs dalam teori ERG Alderfer.

Managing Conflict, Politics and Negotiation

Dampak Konflik terhadap Performa Organisasi

Description: https://yonulis.com/wp-content/uploads/2020/12/Level-of-Conflict.jpeg

Pada ilustrasi tersebut dapat dilihat diperlukan pengelolaan konflik pada tingkat yang optimal, dimana apabila tidak ada atau sedikit konflik, performa organisasi tidak akan berkembang dan stagnan, namun ketika konflik berlebihan akan menyebabkan disfungsionalitas kinerja yang menyebabkan outburst pada organisasi, maka dari itu diperlukan tingkat konflik yang optimal agar dapat memicu sisi kompetitif organisasi dan akan memicu organisasi untuk terus belajar dan berkembang.

Tipe-tipe Konflik

Untuk mengetahui bagaimana mengelola konflik maka perlu diketahui tipe-tipe konflik apa saja yang akan ditemui dalam suatu organisasi, Berikut merupakan tipe-tipe konflik menurut Jones & George (2009):

Description: https://yonulis.com/wp-content/uploads/2021/04/Screen-Shot-2021-04-07-at-16.10.21.png

Pada film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, terdapat beberapa tipe konflik yang ditemukan, yaitu sebagai berikut:

No.

Jenis Konflik

Pihak yang berkonflik

Keterangan

1.

Konflik Interpersonal

Merry dan Irene

Irene merasa terkhianati oleh Merry dikarenakan Merry dekat dengan Alva sementara dia tahu kalau Irene menyukai Alva. Hal tersebut menjadi pemicu renggangnya persahabatan mereka dan Merry kembali harus menghadapi segala masalah-masalahnya seorang diri, di mana dia sangat perlu dukungan orang lain. 


2.

Konflik Interorganizational

Organisasi Amal & Aparat Hukum

Organisasi amal tempat Merry bekerja dengan pihak atau aparat hukum berselisih kepentingan, di mana mereka sebenarnya tidak diperkenankan untuk mempekerjakan seorang siswa atau mahsiswa tanpa working permit sementara saat itu mereka mempekerjakan Merry yang tidak memiliki working permit, dan mereka dicurigai oleh aparat hukum, hal tersebut menyebabkan organisasi amal tersebut memecat Merry.

Merry harus sembunyi-sembunyi makan di toilet

Konflik organisasi amal dengan aparat hukum

Sumber Konflik

Description: https://yonulis.com/wp-content/uploads/2021/04/Screen-Shot-2021-04-07-at-16.24.13.png

Bagan tersebut menunjukan hal-hal yang sekiranya dapat menjadi sumber dari suatu konflik. Berdasarkan sumber-sumber konflik tersebut, dapat ditemukan beberapa sumber konflik pada Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar sebagai berikut:

1. Task Interdependencies

Hal ini terlihat dari student loan yang diambil oleh Merry, di mana dia harus memiliki penjamin dan untuk Alva mau menjadi penjamin Merry adalah Merry harus memiliki sumber penghasilan sehingga Merry harus mencari pekerjaan untuk dapat mempertahankan sekolah dan biaya hidupnya di Singapura.

2. Scarce Resource

Kelangkaan sumber daya (for basic needs) ini menjadi sumber utama dari masalah Merry, dia tidak memiliki basic needs yang mencukupi sehingga sempat berkonflik dengan pihak kampus dan juga dengan tempat Merry bekerja paruh waktu sebab dia tidak memiliki working permit

3. Status Inconsistencies 

Hal ini terlihat dari status ekonomi Merry pada saat awal dia berada di Singapura, ditambah gender inequality di mana dia jauh lebih susah untuk mendapatkan pekerjaan yang sepadan dan terkadang sempat dengan mudah ditipu oleh sebuah perusahaan palsu

Strategi Manajemen Konflik

Berikut merupakan strategi manajemen konflik yang terdapat pada Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar dengan strategi manajemen konflik yang sekiranya dapat dilakukan untuk resolusi yang lebih baik:

Strategi yang digunakan

Strategi yang sekiranya mampu menghasilkan resolusi yang lebih baik

  • Accommodation

Hal ini dikarenakan Merry sebagai pihak yang terbilang lemah, sehingga dia harus menerima dan bertahan dengan keadaan, seperti saat ia memutuskan untuk bersekolah di NTU dengan alasan awal untuk dapat tinggal di asrama kampus karena itu adalah regulasi yang berlaku di tempat itu.

  • Competition

Hal ini terlihat saat Merry mulai mempunyai banyak pemasukan saat masuk ke dalam trading saham, sehingga dia terlalu bersikeras untuk terus-menerus mendapat uang yang sebanyak-banyaknya, sehingga dia ceroboh dan berinvestasi pada perusahaan maskapai penerbangan yang kemudian hari ditemukan bangkrut.

  • Compromise

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan yang mencurigakan, seharusnya Merry lebih teliti dalam menjalankan kontrak kerja dengan perusahaan penipu tersebut, benar-benar melihat praktik, aktivitas atau hasil produk yang perusahaan tersebut lakukan agar dia tidak tertipu

  • Collaboration

Merry seharusnya bisa lebih berhati-hati saat akan mengambil keputusan agar dapat terhindar dan mengurangi konflik yang tidak perlu, seperti melakukan investasi atau trading saham dengan lebih seksama dan hati-hati atau ketika dia sudah mendapat uang lebih dia bisa bekerja sama dengan perusahaan atau pihak yang lebih kredibel


Negosiasi

Negosiasi merupakan bagian dari teknik resolusi konflik yang penting untuk menghadapi konflik yang mana pihak-pihak yang berkonflik memiliki tingkat kekuasaan/posisi yang setara (Jones & George, 2009). Negosiasi juga dapat dan sering kali melibatkan pihak ketiga, dimana individu tersebut tidak memihak dan tidak secara langsung terlibat dalam konflik. Negosiator merupakan pihak ketiga yang diberikan andil untuk membantu kedua pihak yang bernegosiasi mencapai kesepakatan yang dapat diterima, negosiator juga disebut sebagai mediator.

Dalam negosiasi secara umum terdapat dua tipe, yaitu distributive dan integrative bargaining:

  • Distributive negotiation = kedua pihak sangat kompetitif untuk mencapai kesepakatan yang mereka inginkan.
  • Integrative bargaining = berusaha mencari solusi kreatif untuk benar-benar menyelesaikan masalah dengan sebaik-baiknya, tidak ada menang-kalah atau kompetitivitas.

Pada film ini saat terdapat konflik antara Merry dan pihak kepolisian atas tuduhan terlibat kegiatan penipuan, Alva bertindak sebagai negotiator, dan melakukan integrative bargaining dengan memberikan bukti-bukti kuat bahwa Merry sebenarnya juga hanya seorang korban dari penipuan investasi tersebut, bukan pelaku atau bagian dari komplotan tersebut.

Strategi Politik

Strategi politik penting di dalam suatu organisasi untuk melakukan perubahan-perubahan positif yang diperlukan bagi suatu organisasi untuk berkembang dan bagaimana menghadapi penolakan yang sering datang dari para anggota organisasi yang ingin mempertahankan status quo. Terdapat beberapa strategi politik yang dapat digunakan untuk mempertahankan kekuasaan yaitu sebagai berikut:

Description: https://yonulis.com/wp-content/uploads/2021/04/Screen-Shot-2021-04-09-at-15.49.55.png

Dan berikut ini adalah strategi-strategi yang dilakukan oleh Merry untuk dapat bertahan dan meraih suksesnya mebangun perusahaannya sendiri dari nol:

Strategi

Keterangan

Controlling Uncertainty

Merry mengatasi ketidakpastiannya dengan keuletan dan kerja kerasnya, karena memang banyak hal yang tidak bisa dikontrol, namun selama dia tetap berusaha maka hasil kerja kerasnya akan menghasilkan sesuatu, seperti saat dia menjadi agen asuransi yang sudah ditolak berpuluh-puluh kali, namun pada akhirnya dia menemukan klien yang baik dan tepat untuknya, dan hal tersebut menghasilkan kebaikan dan keuntungan besar bagi Merry.

Being Irreplaceable

Dengan ketekunan, integritas, dan etos kerjanya yang tinggi, Merry akhirnya dapat diapresiasi dan diakui oleh rekannya serta mendapatkan klien yang benar-benar senang dengannya

Being in a Central Position

Merry tetap gigih dan kukuh dengan pendiriannya an dengan dukungan dari orang-orang dekatnya Merry bisa terus bertahan dan mencapai posisi utama dalam bidangnya.

Generating Resources

Saat mulai meniti karirnya, Merry terus menerus mencoba dan belajar hal baru, tidak terpaku hanya pada apa yg dia bisa, namun apa yang bisa dia pelajari, sehingga dia memperoleh pengalaman dan kemampuan baru untuk karirnya

Building Alliances

Dalam perjalanannya selain dibantu oleh banyak orang, Merry juga berusaha membantu orang sebanyak mungkin dan sebisa mungkin, karena dia juga ingin orang lain mendapatkan kebahagian seperti miliknya darinya.

Saran Penulis

Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar mengajarkan banyak hal terkait bagaimana kita harus menyikapi masalah dan tantangan dalam hidup, keberanian dan kemampuan untuk mengambil keputusan penting bagi diri kita, serta ketetapan dan keteguhan hati untuk menyelesaikan segala urusan dari pilihan yang telah kita pilih sampai akhir.

Setelah pemaparan masalah yang tertera, penulis mengajukan beberapa saran untuk solusi yang bisa diimplementasikan untuk tiap permasalahan yang ditemukan di film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar sebagai berikut:

Concept

Proposed Solution

Decision Making and Creativity

Dalam usahanya mencari pengalaman dan berkembang Merry sudah dengan baik membuat dirinya terus maju dan mencoba hal baru, namun di lain sisi karena Merry juga sedikit gegabah dan terkadang kurang teliti, maka seharusnya dia bisa dengan lebih baik menilai dan mengamati keadaaan, serta mencari informasi atau saran dari orang-orang yang dia percaya dan peduli kepadanya sebelum benar-benar mengambil sebuah keputusan besar.

Motivation and Performance

Motivasi yang menggerakkan Merry sangatlah besar dan positif, namun dia memerlukan dukungan lebih dari orang-orang penting di hidupnya, dan terkadang dia tidak benar-benar mencoba membagi hal tersebut dengan orang lain dimana dia cenderung lebih mencoba memikul semuanya seorang diri, maka diharapkan Merry dapat lebih open-minded dan menerima bantuan atau masukan dari orang lain yang benar peduli padanya.

Managing Conflict, Politics and Negotiation

Dalam mengatasi konflik yang dihadapinya mulai dari memenuhi kebutuhan hidup di Singapura, mencari pekerjaan sampingan, keterlibatannya dalam kasus investasi bodong, dan juga kebangkrutannya dalam menjalankan trading saham, Merry bisa lebih berkompromi dan melakukan kolaborasi yang optimal dengan pihak lain guna menyelesaikan konflik tanpa menambah masalah atau konflik lainnya yang sebenarnya tidak perlu.


Artikel ini telah di cek anti plagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Artikel ini disusun oleh:

Dhanesworo Arsojotegto Yuwonoputro (472021)

Mahasiswa Pra-MBA 78 C


Referensi:

Jones, Gareth R. & George, Jennifer M. 2009. Contemporary Management 11th edition. New York: McGraw-Hill Education

Youtube. Official Trailer MERRY RIANA MOVIE (2014). URL. https://www.youtube.com/watch?v=MHqIvyVt4S0

Yonulis. Decision Making, Learning, Creativity, and Entrepreneurship. URL. https://yonulis.com/2021/04/16/decision-making-learning-creativity-and-entrepreneurship-2/

Yonulis. Motivation, Performance, and Leadership. URL. https://yonulis.com/2021/04/29/motivation-performance-and-leadership-4/

Yonulis. Managing Conflict, Politics Negotiation, and Using Advanced Information Technology to increase Performance. URL. https://yonulis.com/2021/05/24/managing-conflict-politics-negotiation-and-using-advanced-information-technology-to-increase-performance/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format