Nelson Mandela (2013) Long Walk To Freedom : Cara Nelson Mandela Menjadi Presiden Africa Selatan

The Leader you knew, The Man you Didn't


1
1 point

NELSON MANDELA : Long Walk To Freedom

Long Walk to Freedom adalah Autobiografi mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Dia adalah Presiden Afrika Selatan kulit hitam pertama, seorang revolusioner anti-apartheid dan pemimpin politik yang melayani negara dari tahun 1994 hingga 1999 dan salah satu orang paling berpengaruh di abad ke-20. Diterbitkan kembali pada tahun 1994, Long Walk to Freedom melacak kehidupan Mandela dari tahun-tahun awalnya hingga pengalaman menghabiskan 27 tahun di penjara di Pulau Robben di bawah pemerintahan apartheid. Nelson Mandela diperankan oleh aktor yang bernama Idris Elba Film ini menggambarkan perjuangan kebebasan untuk orang kulit hitam di Afrika Selatan

SINOPSIS

Film dimulai di sebuah pedesaan di Afrika Selatan, mandela lahir dari keluarga kerajaan tembu, di usia remaja Nelson Mandela belajar ilmu hukum di 2 universitas, setelah menyelesaikan kuliahnya Nelson Mandela menjadi pengacara di Johannesburg, Afrika Selatan.

Nelson Mandela menolong seorang perempuan berkulit hitam yang dituduh mencuri pakaian dan merupakan kasus pertama yang dimenangkan oleh Nelson Mandela karena tidak adanya cukup bukti. Setelah kejadian tersebut Nelson Mandela bergabung dengan ANC atau Kongres Nasional Afrika yaitu sebuah partai politik berhaluan kiri yang menginginkan perubahan keadilan di Afrika Selatan. Walter Mendatangi Nelson Mandela untuk memberitahu  bahwa besok akan ada pemboikotan Bus yang dikarenakan adanya kenaikan tarif. 

Orlando Township, Soweto 1949, partai nasional dari perdana menteri  Daniel F malan telah kembali terpilih, dan pemerintahan ingin memisahkan kota antara kulit hitam dan kulit putih, peraturan tekanan diskriminasi militer pada masa itu sangat kuat, membuat kesenjangan sosial dimana mana. Nelson Mandela beserta teman temannya tidak tinggal diam saat mendengar rencana pemerintah tersebut, dia berorasi  untuk menggalang kekuatan masa dengan tujuan menolak kebijakan tersebut karena kebijakan tersebut sangat tidak adil untuk kaum kulit hitam, ia berkata jika Afrika adalah tempat kelahiran mereka tapi mengapa kita tidak diperbolehkan untuk menaiki kereta api, menggunakan toilet bahkan tempat tempat penting lainnya,  Nelson mandela pun memotivasi masyarakat agar tetap mempertahankan tanah kelahiran mereka, dan pada hari itu Nelson mandela serta masyarakat lainnya memasuki tempat tempat yang dilarang oleh pemerintah hingga terjadi bentrok , akhirnya ia ditangkap dan dijebloskan ke penjara



      Gambar 1 : Nelson Mandela dan masyarakat memasuki area yang dilarang pemerintah

Disaat Nelson Mandela keluar dari penjara dan pulang kerumahnya, dia mendapati rumah tersebut kosong yang tersisah hanya anaknya, yang mana istrinya telah meninggalkan mereka. Istrinya meninggalkan Nelson dikarenakan sebelumnya Nelson mandela ketahuan berhubungan dengan wanita lain. Saat kembali ke kota, Mandela bertemu dengan wanita cantik yang bernama Winny yang merupakan pekerja di rumah sakit, akhirnya merekapun menikah.

21 maret 1960, Sharpeville, ribuan masyarakat mendemo kantor polisi karena adanya peraturan baru yaitu setiap warga Afrika diwajibkan membawa KTP, jika tidak mereka akan dipenjara, namun masyarakat yang menghadiri demo tersebut malah membakar KTP mereka di depan para Polisi, dan akhirnya menimbulkan keributan hingga menewaskan 50 - 100 orang demonstran, berita tersebut menjadi pemberitaan Internasional. Nelson mandela pun juga membakar kartu pengenalnya didepan karyawan, sebagai bukti protes kekejaman pemerintah yang berkuasa saat itu. Malam harinya Nelson mandela berpamitan dengan istrinya untuk menyusul oliver dan kawan kawan yang telah pergi keluar negeri untuk melakukan pergerakan bawah tanah yang mana gerakan ini selalu tanpa kekerasan , selain bersembunyi, mereka pun akan menyusun rencana untuk melawan otoritas pemerintahan yaitu dengan mempropaganda masyarakat agar tetap bersama sama untuk melawan pemerintah.

Di ANC Training camp  Nelson Mandela dan teman teman telah belajar cara menembak dan cara  merakit bom, lalu mereka meledakan tempat tempat vital di pemerintahan untuk menunjukan eksistensi mereka dalam pemberontakan, akan tetapi mereka pun diberitakan bahwa menjadi seorang teroris, dia akhirnya mengundang media untuk mengklarifikasi dan meminta tuntutan kebebasan dan diskriminasi terhadap orang orang kulit hitam.

Dalam aksi peledakan gedung yang kedua, salah satu temannya meninggal, dan polisi menggerebek tempat persembunyian mereka dan menangkap mereka semua, Nelson mandela dan teman teman dibawa ke meja persidangan, di luar gedung  istri, ibu serta masyarakat mensuport dengan meneriakan nama Nelson mandela dan kawan kawan. 

Mandela dijatuhkan hukuman penjara  seumur hidup atas kasus melawan komando tertinggi nasional, dan tindakan sabotase yang mengarah pada revolusi brutal dengan serangan senjata dengan tujuan menggulingkan pemerintahan, mereka pun dibawa ke penjara Robben island di sebuah pulau kecil pada tahun 1964.

             Gambar 2 : Nelson Mandela dan teman temannya dijadikan budak saat di penjara

Nelson mandela dan teman temannya tetap mendapatkan diskriminasi dan kekerasan di dalam penjara setiap harinya, dilain sisi istri Nelson mandela yaitu Winny ditangkap oleh polisi dikarenakan melakukan perlawan saat dilakukan penggeledahan. Putra pertama Nelson Mandela pun meninggal di umur 13 tahun dan dia tidak mendapatkan izin untuk memakamkan anaknya.

14 september 1970 Istri Nelson mandela pun bebas dari masa tahanannya setelah mendekam di penjara selama 16 bulan dan kepulangannya disambut oleh masyarakat. 16  June 1976 Masyarakat dan mahasiswa anti Apartheid melakukan pemboikotan dengan melempari polisi , membakar gedung dan lainnya, sehingga terjadi keributan besar antara pemerintah dan masyarakat.

Suatu hari anak muda bernama patrick dikirim ke penjara dimana Nelson Mandela dan teman temannya berada, Patrick menceritakan keadaan di luar dan ia dengan bangga telah menutup sekolah dan melawan kepolisian, zindzi anak mandela yang sudah besar menjenguk Nelson Mandela, dia menceritakan bahwa ia telah mengumpulkan massa dan meminta dukungan internasional untuk membebaskan Nelson Mandela dan teman teman, dan aksi menyerukan pembebasan Nelson Mandela terjadi di seluruh dunia.

                         Gambar 3 : Seruan pembebasan Nelson Mandela di seluruh Dunia

Lewat surat yang ditujukan pada massa pendukungnya tersebut, Mandela berkata : ā€œ Aku bukan orang yang suka dengan kekerasan, sebab itu hanya salah satu bentuk dari perlawanan. Yang tidak bisa lagi dihindari sehingga kami melawan dengan senjata. Biarkan Presiden Botha menghentikan kekerasannya. Biar dia yang membongkar apartheid. Aku tidak bisa dan tidak akan melakukannya, ketika aku dan kau, rakyat Afrika Selatan belum bebas. Kebebasanmu dan aku tidak bisa dipisahkan.Aku akan segera kembaliā€.

31 maret 1982 Nelson Mandela dan teman temannya di pindahkan ke penjara yang lebih layak yaitu Pollsmoor Prison,  disamping itu Winny yang merupakan istri Nelson mandela menyusun kekuatan massa agar tetap bersatu melawan pemerintahan, dia memerintahkan untuk tidak ada yang berkhianat dan terjadi bentrokan antara masyarakat melawan pemerintah. Sang istri yang merupakan aktivis anti Appeton mengingatkan kepada suaminya untuk menolak bernegosiasi serta berdamai dengan pemerintahan dalam pembebasannya.  Anak Nelson mandela telah bergabung dalam UDF yaitu sebuah gerakan front utama ANC koalisi no rasial, yang mengorganisir 400 sipir organisasi sipir sedang berpidato mengenai pembebasan ayahnya tanpa syarat, dan dia juga menuntut agar masyarakat dibebaskan dari rasisme institusional.

Presiden memerintahkan menteri keadilan Jenderal departemen Penjara untuk menemui Nelson mandela untuk bernegosiasi agar bisa menghentikan kekacauan yang sedang terjadi. Walter dan teman temannya tetap memilih pergerakannya untuk tidak bernegosiasi dan membagikan kekuasaannya untuk kulit putih alias revolusi total, sementra itu tak henti hentinya masyarakat tetap melakukan bentrok dengan pemerintah hingga menewaskan 300 orang dalam satu bulan, dan desakan internasional untuk menyelesaikan konflik, Presiden  memberikan ruang terbuka politik kepada Nelson mandela , dan akhirnya Nelson Mandela menjadi tahanan luar dengan diberikan rumah yang tetap dikawal oleh polisi.

Bergantinya presiden yang baru, Nelson Mandela diminta untuk menemuinya, di sana Nelson Mandela diberikan kebebasan tanpa syarat, dan kebebasannya disambut oleh masyarkat Afrika, tetapi kebebasannya tidak menghentikan perlawan yang ada. 15 mei 1992 Presiden mengumumkan akan adanya perubahan di dalam parlemen, yaitu adanya pembagian kekuasaan, namun masyarakat menolak untuk membagi kekuasan dengan kulit putih, Nelson Mandela membuat keputusan yang sangat kontroversial, dimana dia menyetujui pembagian tersebut untuk sementara waktu agar bisa meredam konflik yang terjadi di masyarakat, beda halnya dengan Winni yang menginginkan revolusi total dengan mengajak masyarakat untuk  menolak pembagian kekuasaan  dan menolak bernegosiasi.

Nelson mandela dan Winnie berdebat mengenai hal tersebut hingga akhirnya mereka pun bercerai dikarenakan perbedaan kepentingan, dan masyarakat pun terpecah menjadi 2 bagian antara freedom party yang menolak bernegosiasi dengan pendukun ANC. Untuk menenangkan situasi yang terjadi, Nelson mandela mengumumkan di televisi bahwa telah memaafkan semua perbuatan dari kaum kulit putih, maka diharapkan masyarakat juga bisa memaafkan mereka, agar dapat menghentikan perang antar ras dan dapat memerdekakan Afrika melalui jalur Konstitusi

                          Gambar 4 : Pemilihan Umum Multi Ras Afrika Selatan

27 april 1994 pemilihan umum Multi ras yang dipimpin Nelson Mandela ANC pun meraih kemenangan, dan dia pun Menjadi Presiden, Pada 10 Mei 1994, Nelson Mandela mengambil sumpah sebagai Presiden Kulit Hitam pertama Afrika Selatan setelah lebih dari tiga abad pemerintahan Kulit Putih. Partainya telah memenangkan 252 dari 400 kursi dalam pemilihan demokratis pertama dalam sejarah Afrika Selatan, Nelson Mandela mengumumkan konstitusi baru, dan menekankan rekonsiliasi antar kelompok ras, dan membentuk komisi pembenaran rekonsiliasi untuk pelanggaran Hak Asasi Manusia dimasa lalu, Pemerintahan mempertahankan perang kaliberal dan memperkenalkan langkah langkah untuk mendorong reformasi tanah, memerangi kemiskinan, memperluas pelayanan perawatan kesehatan. Nelson Mandela  meninggal di tahun 2013 saat usia 95 tahun .

             Gambar 5 : Nelson Mandela terpilih menjadi President Afrika Selatan

ANALITICAL THINGKING

MANAGING, CONFLICT AND POLITIC

TYPE OF CONFLICT

Interpersonal Conflict

Intragroup Conflict

Interorganizational conflict

  • Konflik antara Nelson Mandela dengan istrinya Winny karena perbedaan pendapat politik sehingga menimbulkan perceraian

  • Konflik antara Nelson Mandela dengan Istri pertamanya


  • Konflik antar anggota ANC yang mana Nelson mandela berbeda tujuan dengan Walters dan teman temannya.


  • pemerintahan ingin memisahkan kota antara kulit hitam dan kulit putih, peraturan tekanan diskriminasi militer pada masa itu sangat kuat, membuat kesenjangan sosial dimana mana

  • Konflik antara masyarakat dengan pemerintah, Adanya Demonstrasi tentang kenaikan tarif, dan kebijakan KTP.



SUMBER CONFLICT



Different goals and time horizons

  • Adanya perbedaan pendapat dan tujuan antar anggota ANC, hal ini terjadi saat Nelson Mandela mengambil keputusan yang kontroversi, yaitu bersedia untuk negosiasi dengan pemerintah agar menghentikan kekacauan yang terjadi, sedangkan Walters dan para teman temannya menolak untuk berdamai dan terus melanjutkan perlawanan karena mereka tidak mau membagi kekuasaannya kepada kulit putih, mereka menginginkan revolusi total.

  • Adanya perbedaan tujuan antara Nelson mandela dan istrinya yang merupakan aktivis anti apartheid, yang mana Nelson mandela telah diingatkan di awal bahwa untuk tidak bernegosiasi dengan pemerintah, tetapi Nelson mandela tetap melakukan Negosiasi, karena perbedaan pendapat dan tujuan tersebut, akhirnya mereka pun bercerai, dan masyarakat terpecah menjadi 2 bagian antara freedom party yang menolak bernegosiasi, dengan pendukung ANC

Status Inconsistencies

  • Adanya perbedaan status warna kulit yang terjadi pada film ini menimbulkan banyak konflik, pemerintahan ingin memisahkan kota antara kulit hitam dan kulit putih, peraturan tekanan diskriminasi militer pada masa itu sangat kuat, membuat kesenjangan sosial dimana mana.

  • Setiap warga kulit hitam harus membawa kartu tanda pengenal jika keluar rumah, sedangkan warga kulit putih tidak diwajibkan, yang pada akhirnya menimbulkan demonstrasi.

  • Saat di dalam penjara, Nelson Mandela dan teman temannya mendapatkan perlakukan yang tidak enak, serta dijadikan budak dikarenakan mereka berkulit hitam

CONFLICT MANAGEMENT STRATEGIES

Cara menangani konflik yang dilakukan Nelson Mandela adalah dengan cara kompromi dan kolaborasi ,meskipun keputusan tersebut adalah keputusan yang sangat kontroversi, hal ini dikarenakan selama beberapa tahun rakyat kulit hitam selalu di diskriminasi, dan perlakuan yang tidak adil, serta Nelson Mandela dan teman temannya yang dipenjara selama 27 tahun. Menurut Nelson Mandela dengan kompromi adalah cara yang paling efektif agar tidak adanya kerusuhan dan korban jiwa lagi, dia menurunkan egonya demi kemerdekaan Afrika Selatan melalui jalur konstitusional, meskipun keputusannya itu membuat teman temannya tidak sependapat, serta istrinya juga tidak sependapat yang membuat mereka akhirnya berpisah. Tetapi pada akhirnya Nelson Mandela berhasil menjadi Presiden untuk Afrika Selatan.

Sedangkan penangan konflik antara Nelson mandela dengan istrinya, dan Nelson mandela dengan teman temannya di ANC menggunakan Avoidance yang mana mereka mencoba untuk mengabaikan masalah dan tidak melakukan apapun untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

TIPE NEGOSIASI

Tipe Negosiasi yang dipakai oleh Nelson Mandela adalah Integrative Bargaining, untuk mencari solusi alternatif terbaik (menguntungkan semua pihak) setiap dihadapkan pada suatu konflik. Dia harus menurunkan Egonya demi kepentingan warga kulit hitam. Yang mana dari pemerintah menginginkan kekacauan yang terjadi agar segera terhentikan , dan keuntungan dari Nelson Mandela bahwa di dalam pemerintahan akan ada perubahan yakni pembagian kekuasaan kepada kulit hitam, dan Nelson Mandela beserta teman temannya dibebaskan tanpa syarat.

POLITIES STRATEGY FOR GAINING AND MAINTAINING 

Strategy yang digunakan pada film ini adalah Making Oneself Irreplaceable terlihat saat Presiden mengutus menteri pertahanan untuk bernegosiasi hanya dengan Nelson Mandela,padahal di dalam penjara terdapat banyak anggota ANC, pemerintah menyadari akan kekuatan serta keahlian yang dimiliki Nelson Mandela , serta Nelson mandela dapat mempengaruhi banyak orang, terlihat pada akhirnya Nelson Mandela berhasil menjadi Presiden untuk Afrika Selatan


MOTIVATION AND LEADERSHIP

Leadership

Pada film ini gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh Nelson Mandela adalah Servant Leader yaitu pemimpin yang melayani di atas segalanya yang memiliki keinginan kuat untuk bekerja demi kepentingan orang lain. Fokus utama pada servant leadership adalah memastikan bahwa kebutuhan anggota terpenuhi sehingga anggota dapat berkembang dengan baik. Dalam hal ini pemimpin memandang perannya sebagai motivator dan pendengar, sedangkan anggota sebagai kolaborator dan inovator pada organisasi tersebut.

      Gambar 6 : Nelson Mandela mengajak masyarakat untuk melawan pemerintahan

Terlihat dari awal film, jiwa kepemimpinan saat menolong masyarakat yang tertuduh tindak pidana pencurian, setelah itu dia terpilih sebagai Pemimpin dari Organisasi ANC. Nelson Mandela selalu memperjuangkan rakyatnya dalam kondisi apapun, dia tidak ingin melihat rakyatnya tertindas di tanah mereka sendiri meskipun perjuangan tersebut harus membuat dia masuk penjara untuk waktu yang sangat lama,setelah keluar dari penjara Nelson Mandela pun masih memperjuangkan rakyatnya di tanah mereka. Kekuatan yang dimiliki oleh Nelson Mandela yaitu Expert power hal ini dikarenakan dia mengambil kuliah hukum di 2 universitas, dan kekuatan lainnya yang dimiliki yaitu Referent Power dimana Nelson mandela sangat dihormati oleh masyarakat di Afrika selatan, bahkan hampir seluruh dunia.

Saat bersumpah sebagai Presiden kulit hitam pertama, ia menegakkan demokrasi di negara itu dan mengatakan tidak akan ada diskriminasi terhadap orang, terlepas dari kasta, warna kulit, keyakinan atau ras. Dia meyakinkan bahwa pemerintah akan selalu memperlakukan semua orang di negara ini dengan rasa hormat dan kesetaraan.

MOTIVATION

Pada film ini teori Motivation yang digunakan oleh Nelson Mandela yaitu Need Motivation dimana seseorang termotivasi  untuk memperoleh hasil saat bekerja yang akan memuaskan kebutuhan mereka. Menurut Maslow Hierarchy Needs kebutuhan itu meliputi Psikologis, kebutuhan keamanan , kebutuhan dihargai , dan kebutuhan  rasa memiliki, yang mana Nelson Mandela selalu memberikan motivasi agar kebutuhan masyarakat Afrika terpenuhi, Mandela menyatakan bahwa setiap manusia dalam hidup memiliki dua kewajiban utama. Yang pertama adalah terhadap keluarganya yaitu orang tua, istri dan anak-anak dan kewajiban kedua terhadap tanah airnya, sebangsa dan masyarakatnya. Setiap orang mampu memenuhi kewajiban itu menurut minat dan kecenderungannya sendiri. Namun, sulit untuk memenuhi kedua kewajiban ini sebagai orang kulit hitam di negara seperti Afrika Selatan sebelum gelombang demokrasi mengambil alih negara dengan badai.

           Gambar 7 : Nelson Mandela Memberi Motivasi kepada masyarakat Afrika Selatan

Ketika Mandela dewasa, ia menyadari bahwa kebebasan hanyalah ilusi dan bersifat sementara bagi orang-orang berkulit hitam di negaranya. Dia merasa bahwa mereka diperlakukan sebagai budak eksploitasi dan semua orang dari rasanya diperlakukan tidak adil oleh orang kulit putih, hal itulah yang dirasakan oleh Nelson Mandela serta masyarakat Afrika Selatan, oleh sebab itu Nelson mandela selalu memberikan motivasi kepada mereka, agar mereka merasakan arti kemerdekaan.

                         Gambar 8 : Memotivasi anggota ANC agar selalu melayani Masyarakat

DECISION MAKING


Decision making

Nelson Mandela

Pengambilan keputusan tidak terprogram

  • Saat Nelson Mandela mengambil keputusan yang kontroversi, dimana keputusan itu diambil secara mendadak karena mendapatkan tawaran negosiasi untuk berdamai dan menghentikan kerusuhan yang terjadi.

  • Mengambil keputusan untuk mengajak masyarakat memasuki seluruh fasilitas yang dilarang untuk warga kulit hitam, yang mana menimbulkan bentrok sehingga membuat Nelson mandela ditahan sementara

  • Melakukan aksi pengeboman di tempat tempat vital pemerintahan untuk menunjukan eksistensi terhadap pemerintah 

  • Melakukan aksi demo terhadap kebijakan warga kulit hitam diwajibkan membawa KTP, yang mana pada demo tersebut menimbulkan banyak korban jiwa

The classical Model

  • Yang mana ANC memutuskan untuk ikut dalam pemilihan suara, yang pada akhirnya dimenangkan oleh ANC dan Nelson Mandela menjadi seorang Presiden


SOLUSI

- Model Negosiasi yang seharusnya di gunakan saat terjadi konflik antara Nelson dan Istrinya serta Nelson dan teman temannya adalah Kompromi dan Kolaborasi, hal ini karena mereka dari awal telah sama sama berjuang, dan memiliki tujuan yang sama, ketika permasalahan tersebut di bicarakan baik baik maka tujuan mereka akan tercapai dengan cepat, mereka sama sama memiliki tujuan yang sama, tetapi cara mereka untuk menapai tujuan tersebut yang berbeda.

- Sebagai seorang pemimpin sebaiknya Nelson Mandela harus mendiskusikan dengan temannya atau berpikir berulang kali, hal ini dapat dilihat saya mengambil keputusan untuk melakukan pengebobab di tempat vital pemerintah, yang mana pada akhirnya menimbulkan korban jiwa. dan lagi saat mengambil keputusan untuk Negosiasi dengan pemerintah, seharunya saat mengambil keputusan yang sangat penting tersebut harusnya Nelson Mandela mendiskusikan kepada teman temannya terlebih dahulu.

- Menghilangkan konflik Intrapersonal dengan istrinya, hal ini dikarenakan istrinya selalu menemami Nelson Mandela,serta Istrinya melanjutkan perjuangan saat Nelson Mandela dipenjara selama 27 tahun



Artikel ini telah di cek anti plagiarism via website https://www.duplichecker.com


Penulis

Tubagus Razab Darmawan(472113)

Referensi:

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.

https://www.youtube.com/watch?v=bGuC7elOO6M

https://www.imdb.com/title/tt2304771/




Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format