PERCY : Seorang Petani yang Melawan Perusahaan Agribisnis Raksasa Dunia

Bagaimana jika sesuatu yang telah dilakukan turun temurun, diklaim menjadi milik orang lain dan kemudian harus menghadapi tuntutan hukum?


1
1 point

BASED ON THE INCREDIBLE TRUE STORY

Film Percy merupakan kisah nyata seorang petani canola sederhana di Bruno, Saskathewan, Canada bernama Percy Schmeiser yang berusia 70 tahun melawan Monsanto, perusahaan agribisnis raksasa yang menguasai hampir seluruh industri pangan dunia. Pertarungan ini terjadi pada tahun 1998 di pengadilan.

(Christopher Walken as Percy Schmeiser)

Synopsis

Kasus ini berawal dari surat somasi yang dikirimkan Monsanto kepada Percy. Mosanto menemukan bukti bahwa ada kandungan genetik pada hasil panen milik Percy yang hak patennya hanya dimiliki oleh Monsanto. Percy dianggap telah melanggar hukum dan diharuskan membayar pada pihak Monsanto karena menggunakan benih gen milik Monsanto tanpa lisensi. 

Percy menyangkal dan menyatakan bahwa ia tidak ada niat untuk menggunakan gen milik Monsanto dan dia tidak menyiram ladangnya dengan roundup. Menurut Percy, benih gen milik Monsanto yang masuk ke ladangnya karena tertiup angin. Percy mengklaim bahwa benih nya adalah miliknya sendiri karena ditanam di lahannya. Percy hanya sebagai seed saver secara turun temurun dari keluarganya. 

Percy tak terima dan ia memutuskan menyewa pengacara, Jackson Weaver untuk melawan Monsanto. Rebecca Salcau yang merupakan aktivis lingkungan membantu Percy untuk memperjuangkan hak nya hingga naik banding ke Mahkamah Agung.

Fokus awal Monsanto adalah pada biaya yang dimana Monsanto mengklaim bahwa Percy memiliki gen Monsanto tanpa membayarnya. Namun pengadilan menyatakan bahwa Percy tidak menyiram canolanya dengan roundup. Monsanto kemudian  mengubah fokusnya pada prinsip mereka atas hak patennya yang sah.

Percy mendapatkan banyak dukungan dari seluruh penjuru dunia. Ia pun diundang dalam konferensi pangan di India. 

Hingga tiba hari keputusan dari Mahkamah Agung, hakim memutuskan bahwa Percy tidak berhutang apapun kepada Monsanto sehingga  Percy dapat menyimpan properti, pertanian, dan semuanya. Namun kabar buruknya, dengan penanaman benih gen milik Monsanto maka dianggap melakukan pelanggaran atas hak paten Monsanto. Sehingga Percy harus memberikan semua benih nya kepada Mosanto.

Fakta menarik, penayangan film Percy ini menjadi sebuah penghormatan bagi Percy Schmeiser yang baru saja meninggal dunia di usianya ke-89 tahun pada Oktober 2020 lalu.

(Percy Schmeiser)

MANAGING CONFLICT, POLITICS, AND NEGOTIATION

Managing Conflict


Percy vs Monsanto

Types of Conflict

Interorganizational conflict

Sources of Conflict

Overlapping Authority

Conflict Management Strategies

competition dan Accommodation

Strategies Focused on the Whole Organization

Changing an organization's structure or culture

Konflik yang terjadi diantara Percy dan Monsanto dapat digolongkan menjadi Interorganizational conflict. Konflik ini terjadi karena tidak adanya etika bisnis yang dimana Monsanto mensomasi Percy dalam kasus pembajakan benih miliknya. Padahal Percy sudah menyimpan benih itu dari generasi ke generasi. Keberadaan Monsanto sangat mengancam kesejahteraan pertanian milik Percy.

Sumber konflik yang terjadi antara Percy dan Monsanto dikarenakan Monsanto mengklaim hak paten atas benih canola yang mengandung genyang hanya dimiliki oleh Monsanto. Kasus ini menyebabkan Overlapping AuthorityMonsanto menguasai hampir seluruh pertanian di dunia dan enggan untuk memberi celah bagi kesejahteraan para petani termasuk Percy. Monsanto hanya mementingkan keuntungan bisnisnya sendiri. 

Dalam mencapai tujuannya, Percy dan Monsanto membawa kasus ini ke pengadilan. Dalam menangani konflik tersebut, dapat disimpulkan jika perseteruan Percy dan Monsanto adalah bentuk competition dan Accommodation. Terlihat dari tujuan Monsanto yang mencoba menekan Percy dan memaksimalkan keuntungan untuk perusahaan nya sendiri. Monsanto sebagai perusahaan agribisnis besar dianggap tidak memperhatikan petani dan mereka hanyalah berfokus pada keuntungan besar yang bisa mereka dapatkan. Namun, Percy berharap ia dapat membela hak nya dan membuktikan jika ia tidak bersalah serta dapat melindungi pertaniannya. Cara ini dinilai tidak efektif karena kedua pihak tidak bekerjasama untuk menyelesaikannya dengan baik. Apalagi salah satu pihak yaitu Mosanto dinilai lebih berkuasa dan Percy dianggap pihak yang lebih lemah. 

Saran dari penulis, sebaiknya dalam menangani dan menyelesaikan masalah yang terjadi antara Percy dan Monsanto adalah dengan cara compromise. Dengan begitu kedua belah pihak dapat berkomunikasi, bernegosiasi, berdiskusi, dan berupaya untuk memperoleh kesepakatan dengan jalan damai antara kedua belah pihak.

Penyelesaian koflik yang terjadi antara Percy dan Monsanto mungkin juga dapat dilakukan dengan cara changing an organization's structure or culture dari pihak Percy terutama bagi perusahaan Monsanto. Perlu adanya perubahan norma, nilai, dan budaya perusahaan yang dimiliki oleh Percy dan Monsanto. Monsanto dinilai “kejam” terhadap para petani. Seharusnya Monsanto bersikap lebih fleksibel dan menghilangkan norma-norma yang menekankan penghormatan terhadap otoritas formal perusahaan.

Negotiation 


Percy vs Monsanto

Distributive Negotiation and Integrative Bargaining

distributive negotiation

Pada proses negosiasi yang dilakukan oleh Percy dan Monsanto menggunakan jenis distributive negotiation yang dimana mereka sama-sama merasa berhak atas benih roundup. Monsanto berusaha menguasai seluruh benih gen atas patennya yang dimiliki oleh Percy. Pada proses negosiasi ini, konflik terjadi secara kompetitif dan berusaha memenangkan persaingan pada keputusan sidang. Hingga menyebabkan hubungan pribadi kedua belah pihak menjadi tidak baik.

Saran dari  penulis, akan lebih baik jika pada proses penyelesaian kasus ini menggunakan jenis negosiasi integrative bargaining. Tanpa melibatkan persaingan antara Percy dan Monsanto, konflik dapat diselesaikan dengan menghasilkan solusi yang kreatif, kooperatif dan menguntungkan bagi kedua pihak serta tidak merugikan salah satu pihak saja. Negosiasi ini dapat dilakukan melalui kompromi dan kolaborasi.

DECISION MAKING, LEARNING, CREATIVITY, AND ENTREPRENEURSHIP

Steps in the Decision-Making Process


Percy

Monsanto

Recognize the Need For a Decision

Tuduhan Monsanto terhadap Percy yang dianggap telah melanggar hukum karena menggunakan benih genmilik Monsanto tanpa lisensi namun Percy merasa ia tidak melakukannya.

Monsanto menemukan bukti bahwa ada kandungan genetik pada hasil panen milik Percy yang hak patennya hanya dimiliki oleh Monsanto. Bukti tersebut membuat Monsanto menindaklanjuti kasus tersebut.

Generate Alternatives

Percy dihadapkan oleh 2 pilihan: 

  1. Percy membela diri di pengadilan
  2. Settle

Monsanto telah mengirimkan somasi kepada Percy hingga membuat Percy berada di posisi yang tersudut.

Assess Alternatives

Jika Percy menindaklanjuti kasus tersebut ke pengadilan maka konsekuensinya adalah jika Percy kalah maka percy harus membayar semua tagihan hukum Monsanto. Sedangkan jika Percy memilih settle maka menandakan bahwa ia tidak membela diri dan menerima tuduhan tersebut.

Monsanto memberikan ancaman kepada Percy jika melarikan diri maka harus membayar sebesar $19.000

Choose among Alternatives

Percy  Bersama dengan pengacara nya, Jackson Weaver memutuskan untuk melawan Monsanto dalam pengadilan. Rebecca Salcau yang merupakan aktivis lingkungan membantu Percy untuk memperjuangkan hak nya hingga naik banding ke Mahkamah Agung

Berawal dari surat somasi yang dilayangkan Monsanto kepada Percy, Percy menindaklanjuti kasus tersebut. Monsanto berhadapan dengan Percy di pengadilan.

Implement the Chosen Alternative

Percy memutuskan melakukan pembelaan diri untuk memperjuangkan hak nya dan membuktikan bahwa tuduhan tersebut tidak benar.

Monsanto mengikuti rangkaian proses pengadilan 

Learn from Feedback

Memang bukan perkara mudah melawan Monsanto  perusahaan agribisnis raksasa. Namun Percy sebagai seorang petani sederhana yang berani memperjuangkan hak nya seolah meyuarakan aspirasi para petani yang direnggut hak nya oleh Monsanto. Karena aksi heroiknya tersebut, Percy mendapat  dukungan dari ribuan orang. 

Monsanto sebaiknya tidak menuduh Percy mencuri dan menggunakan benih gen miliknya tanpa lisensi dengan cara mensomasi Percy.  Pengadilan pun menyatakan bahwa Percy tidak menyiram canolanya dengan roundup (benih gen milik Monsanto)

Menurut penulis, dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa pengambilan keputusan oleh Percy sudah benar. Apa yang dilakukannya adalah aksi heroik dan pantas mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia. Aksi percy tersebut turut menjadi perwakilan bagi seluruh petani yang ingin menyuarakan aspirasinya.

MOTIVATION & PERFORMANCE

Saat dihadapkan dengan suatu keadaan yang sulit pada kasus yang terjadi antara Percy dan Monsanto merupakan sebuah tantangan yang kompetitif dimana pihak satu dan lainnya berusaha untuk menang dalam pengadilan.


Percy

Monsanto

Motivation Theory

Need theories

Goal-setting theory

Percy

Percy tak terima atas tuduhan Monsanto kepadanya. Percy menyangkal dan menyatakan bahwa ia tidak ada niat untuk menggunakan gen milik Monsanto dan dia tidak menyiram ladangnya dengan roundup. Percy mengklaim bahwa benih nya adalah miliknya sendiri karena ditanam di ladangnya. Percy pun menyewa pengacara untuk melawan Monsanto di pengadilan demi memperjuangkan hak nya. Dilihat dari gambaran kasus tersebut, Percy mengarah pada teori motivasi jenis Need theories.

Pada need theories, Percy masuk ke dalam Mashlow’s Hierarchy of Needs. Pada hierarki kebutuhan oleh Maslow ada tingkatan kebutuhan dari yang terendah hingga tertinggi. Safety needs mungkin paling tepat dalam menggambarkan kondisi yang dialami oleh Percy. Tekanan dari pihak luar yaitu Monsanto membuat Percy tidak nyaman dan merasa terusik dengan hal tersebut. Pada saat itu kebutuhan akan rasa aman, stabilitas, dan lingkungan yang aman sangat berharga baginya. Percy mencoba memperjuangkan hak nya atas benih yang dimilikinya sendiri dan di simpan nya dari generasi ke generasi. 

Menurut penulis, motivasi tersebut sangat tepat sesuai dengan kasus dan keadaan yang sedang di hadapi oleh Percy. Dengan adanya keinginan untuk melindungi pertaniannya dan kebutuhan akan rasa aman pada pertaniannya, Percy termotivasi untuk memperjuangkan kasus nya pada pengadilan hingga naik banding ke Mahkamah Agung.

Monsanto

Sebagai perusahaan besar, Monsanto memiliki nilai dan tujuan sebagai pihak yang menguasai pangan terutama pertanian. Berdasarkan tujuan perusahaan, Monsanto menerapkan teori motivasi yang dimana dalam menentukan dan mencapai tujuan perusahaan maka akan mempengaruhi sikap yang diambil oleh Monsanto di masa depan. Teori motivasi yang diterapkan oleh Monsanto mengarah pada Goal setting theory.

Menurut penulis, teori motivasi yang diterapkan oleh Monsanto sebagai perusahaan besar sudah tepat. Mengingat sebuah perusahaan yang besar perlu diimbangi juga dengan motivasi yang besar supaya menghasilkan kinerja yang besar pula.

Artikel ini telah melalui pengecekan plagiarisme di duplichecker.com

Kinsai Dona Ayu Nirmala
472058 Pra-MBA 78C

Referensi:
Gareth R. Jones Jennifer M.George “Contemporary Management” Eleventh Edition https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/25/165600566/sinopsis-percy-kisah-nyata-petani-yang-dituntut-perusahaan-besar?page=all
https://padana.id/2020/10/perjuangan-david-melawan-goliath-agrikultur-belum-selesai/
https://id.melayukini.net/wiki/Percy_Schmeiser
https://www.matain.id/article/10061/2021/0321/film-percy-yang-dibuat-berdasarkan-kisah-nyata-tayang-eksklusif-di-mola-tv.html


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format