Rose Island (2020) : Pulau Baja yang Didambakan Para Pencari Kebebasan

Kisah nyata yang terasa fiksi adalah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan Rose Island yang dibangun oleh insinyur dari bologna


0

Drama komedi diusung oleh netflix yang berjudul rose island ini merupakan kisah diadaptasi dari kehidupan seorang insinyur italia, Sydney Sibilia sebagai sutradara dan penulis naskah telah berhasil mengangkat keunikan dan keabsurdan dari kisah insinyur italia yang bernama Giorgio Rosa.

Gambar 1:  Franca- Maurizio Orlandini - Giorgio Rosa - Rudy Neumann - Pietro (dari kiri ke kanan)

Daya tarik dari film ini adalah perjalanan dari ambisi Giorgio Rosa untuk membuat idenya “to be come true” yaitu membangun Republik yang bebas tanpa aturan dan yang benar saja, insinyur itali ini bersama sahabatnya Maurizio Orlandini mampu mewujudkan ambisi dan idenya. Republika Rose Island adalah sebuah negara (pulau dari baja “anjungan”) bebas dari peraturan dan tidak mengekang penduduknya. kejadian ini terjadi pada tahun 1967 silam, agar tidak ada intervensi dari pihak manapun rose island dibangun di lepas pantai ramini. 11 kilometer dari laut teritorial italia.

Giorgio Rosa merupakan seorang insinyur yang  jenius pada bidangnya dibuktikan dari dia telah berhasil membuat mobil dan pesawat yang diciptakan sekaligus dikendarainya sendiri, tetapi barang-barang yang diciptakan olehnya ini tidak mengantongi dokumen-dokumen yang seharusnya ada (seperti STNK jika di indonesia) karena pada dasarnya giorgio rosa tidak ada pemikiran untuk mendaftarkan karena barang - barang yang diciptakannya adalah barang miliknya yang dibuat oleh dirinya, maka dari itu kenapa dia harus mendaftarkannya? 

Sifat yang idealis dan bersimpangan dari orang-orang yang ada di sekitarnya ini membuat kehidupan sosial giorgio rosa tidaklah selancar kejeniusannya saat merakit benda-benda yang diinginkan, karenanya hubungan dengan orang tuanya tidak akur dan juga harus mengakhiri hubungannya dengan kekasih yang sangat dicintainya.

Tidak hanya sampai disitu belum lagi situasi ekonomi dunia sangat mempengaruhi italia yang membuat penduduknya tercekik peraturan demi peraturan termasuk giorgio rosa, situasi ini kian mendorong giorgio untuk mewujudkan idenya untuk memiliki “dunianya sendiri” yaitu sebuah negara yang merdeka seutuhnya untuk para penduduknya, proyek yang bisa dikatakan mustahil ini dijalankan bersama sahabatnya dengan modal dari hasil mencuri uang ayah sahabatnya sampai dengan mencontoh anjungan milik misano petroli dan juga ide kreatif untuk memangkas biaya yang diciptakan oleh giorgio rosa. dalam pembangunannya rose island membutuhkan waktu berbulan-bulan dan juga sumber daya yang terbatas untuk membangun  anjungan berukuran 400 meter berada di laut internasional yang berdiri kokoh itu .

Pada awalnya rose island keberadaannya belum diketahui publik, tetapi kehadiran Rudy Neumann yang merupakan public relation handal Romagna Riviera ( bar termasyur di ramini) yang ikut bergabung dengan giorgio rosa menjadikan rose island menjadi objek wisata dan sweet escape bagi penduduk italia pada kala itu, dengan diresmikannya rose island tangga 1 mei 1968 yang terletak pada lima ratus meter dari perairan teritorial bebas dari segalanya melebarkan kabar burung ke seluruh penjuru italia yang menenggelamkan kabar berita kerusuhan mahasiswa bahkan perang vietnam dan sekaligus membuat hari ke hari nama rose island semakin melejit sampai terdengar ke seluruh dunia. 

Setahun berlalu giorgio rosa ingin mendeklarasi kemerdekaan untuk rose island , keinginan ini dipicu oleh kehadiran mantan kekasihnya yang menyatakan bahwa rose island hanya sekedar bar musim panas di tengah laut tidak lebih tidak kurang.dan bukan merupakan sebuah negara merdeka yang seharusnya, walaupun rose island ini memiliki bahasa, mata uang, bendera dan perangko sendiri itu belum bisa disebut sebagai sebuah negara. tindakan awal giorgio untuk memerdekakan rose island dengan mengirimi surat pendeklarasian kemerdekaan ke sekjen PBB, langkah ini lah yang menjadi malapetaka bagi rose island karena kehadirannya membuat pemerintah italia geger dan terkejut.

Pada awalnya pemerintah italia menawarkan giorgio untuk mengurungkan niatnya untuk menarik surat pendeklarasian kepada PBB sebagai gantinya dia ditawarkan tanah di pesisir pantai ramini untuk memindahkan rose island menjadi bar musim panas pinggir pantai pada umumnya tetapi tawaran ini ditolak mentah mentah oleh giorgio dan dia tetap bersikukuh dengan keinginannya, karenanya pemerintah italia marah yang selanjutnya berakibat ke ayah giorgio dimana sang ayah harus kehilangan mata pencaharian satu-satunya. walaupun begitu giorgio kian memuncak dan tetap kekeh untuk mempertahankan rose island, segeralah dia bergegas pergi ke majelis hukum eropa (kuasa hukum yang mengurusi sengketa antara negara-negara di Eropa) dan meminta pertolongan kepada majelis hukum eropa untuk membantunya  menyelamatkan rose island dari ancaman pemerintah italia yang berkeinginan untuk menghancurkan rose island. awalnya permintaan ini tidak langsung diterima dan di sebelah matakan oleh majelis hukum eropa tetapi saat mereka melihat buletin koran tentang masalah ini barulah giorgio diterima untuk berdiskusi lebih lanjut.  

Tuduhan anarkis dilayangkan kepada giorgio oleh pemerintah italia membuat  masalah semakin kompleks, siapa sangka kejadian yang dianggap remeh ini bisa membuat seluruh dunia keheranan sekaligus geger. Berjalan dari sebuah ide yang ambisius menjadi konflik yang rumit dan mungkin akan memunculkan peperangan sebuah negara. Bagaimana akhirnya nasib Rose Island teman-teman bisa nonton selengkapnya di netflix ya..😁


Rose Island - Pulau Baja yang Menyuguhkan Kebebasan Seutuhnya

Bergerak dari ide giorgio untuk membangun dunianya sendiri, rose island adalah bukti dari setiap orang memiliki kemampuan untuk mewujudkan impiannya dengan segeralah mengambil tindakan walaupun dunia melihat suatu kemustahilan tetapi di mata orang yang tepat kemustahilan itu adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. 

Perencanaan giorgio rosa sebagai planner and strategist sangatlah matang dan detail secara bertahap membangun rose island bersama sang sahabat Maurizio, persiapan yang dilakukan giorgio mampu menjawab definisi pendirian rose island ini yang di mana sebagai berikut :

  1. siapa yang akan mendatangi rose island? orang-orang yang mencari kebebasan seutuhnya dari kehidupan yang penuh dengan peraturan dan masalah kehidupan

  2. apa yang dibutuhkan orang-orang ? sebuah tempat untuk melarikan diri dari kehidupan yang dijalaninya 

  3. bagaimana rose island bisa memenuhi kebutuhan itu? dengan memberikan rasa kebebasan tanpa terikat peraturan yang mengekang dan hiburan yang disediakan di rose island

Jika ditilik kembali apa saja kekuatan dari rose island dengan menggunakan five force model didapat hasil sebagai berikut: 

  • The level of rivalry among organization in an industry : pemilihan tempat yang tepat membuat rose island menjadi unik yaitu terletak di laut internasional, dan telah menerbitkan mata uangnya sendiri.

  • The potential for entry into an industry : pada saat itu semua orang mendambakan kebebasan yang bisa disuguhkan oleh rose island, dan juga karena terletak di laut internasional tidak ada yang mengintervensi rose island.

  • The power of large suppliers : jumlah pemasok input masih sangat sedikit karena untuk mengakses rose island harus mengarungi lautan terlebih dahulu ini mengakibatkan harga produk akan meningkat akibat peningkatan harga dari supplier

  • The power of large customer : rose island merupakan satu-satunya pulau yang dibangun oleh manusia yang membuat banyak tamu berdatangan ke rose island, selain itu rose island memberikan kebutuhan yang dicari semua orang yaitu kebebasan dan sweet escape sementara dari kehidupan.

  • The threat of substitute product : ancaman yang akan dialami rose island lebih tepatnya berfokus pada intervensi dari pihak pemerintah terkait regulasi negara, karena secara tidak sengaja rose island tidak membayar pajak negara karena berada di laut internasional yang dimana ini diartikan oleh pemerintah italia adalah tindakan menghindari pajak.  

Mengenali kebutuhan akan keputusan (Recognize the need for decision)

kebutuhan akan keputusan untuk membangun pulau sendiri tempat mereka bisa melakukan semuanya tanpa ada peraturan yang mengikat

Menghasilkan alternatif (Generate alternatives)
  • membangun pulau asli dengan pasir 

  • membangun pulau baja (anjungan) 

  • pulau yang akan dibangun terletak di luar perairan teritorial italia yang berjarak 9,6 km dari pantai ramini

Menilai alternatif (Assess alternatives)

membangun pulau asli dengan pasir mustahil bagi mereka karena akan membutuhkan resource yang tidak sedikit dan pasti mahal jadi peluang untuk alternatif ini sangatlah kecil bisa terwujudkan.

di lain sisi jika membangun pulau baja (anjungan) pertama-tama yang mereka harus memiliki SDM yang mumpuni pada bidangnya ini dan memungkinkan akan mahal juga, tetapi mereka bisa mencontoh anjungan yang dimiliki misano petroli dari cara mereka membangun anjungan dan melihat apa saja dibutuhkan. pada anjungan misano terdapat 30-34 pilar penyangga jika dikalkulasikan biaya untuk membeli sampai memasangnya akan membutuhkan kurang lebih 180 juta belum termasuk biaya SDM yang akan digunakan. 

alternatif letak keberadaan pulau sudah jauh dari ancaman yang akan datang dari pemerintah italia karena terletak di luar perairan teritorial italia 

Memilih di antara alternatif (Choose among alternatives)

alternatif yang terpilih adalah membangun sebuah pulau baja (anjungan) yang terletak terletak di luar perairan teritorial italia yang berjarak 9,6 km dari pantai ramini. 

Menerapkan alternatif yang dipilih (Implement the chosen alternatives)

pelaksanaannya dengan mencontoh anjungan yang dimiliki misano petroli tetapi dalam pembangunannya lebih praktis dan membutuhkan dana hanya 700 ribu yang di mana merupakan ide dari giorgio, baja yang dijadikan pilar akan diapungkan dengan cara membuat rongga pada masing-masing baja ini bisa memangkas biaya transportasi karena tidak memerlukan menyewa kapal kargo untuk membawa pilar-pilar tersebut, dalam pemasangannya juga dilakukan oleh mereka berdua dengan membuka tutup rongga pada masing pilar yang menjadikan baja terisi air penuh dan akan tenggelam dengan posisi berdiri tegak ini memecahkan masalah pemasangan pilar karena tidak perlu menyewa SDM yang handal untuk melakukannya. berbulan-bulan berlalu anjungan berhasil dibangun bahkan mereka harus mengebor untuk mencari air mineral dan apa yang diperlukan sebuah pulau sudah terpenuhi.

Belajar dari umpan balik (Learn from feedback)

ternyata pulau baja (anjungan) yang dibangun ini sangat tergantung dengan keadaan cuaca jadi hanya bisa dibuka saat musim panas saja jika nekat membukanya pada musim lain akan berakibat fatal, dan juga pulau baja ini  memancing kemarahan dari pemerintah italia karena keberadaannya bisa merusak tatanan negara karena keinginan giorgio untuk mendeklarasikan kemerdekaan pulau rose island ini.

Dalam film rose island ini sangat terlihat jelas bahwa giorgio dalam pengambilan keputusannya sangat dipengaruhi oleh bias kognitif yang bersumber dari illusion of control yang dimana dia percaya bahwa rose island sangatlah layak untuk menjadi sebuah negara dan seluruh dunia harus tahu bahwa mereka telah berhasil membuat dunia yang bebas dari semua peraturan yang ada, to good to be true bukan? jadi pengambilan keputusan ini penuh dengan kepercayaan seperti itu dari giorgio rosa sebagai pusat dari terjadinya rose island ini.

Ada beberapa teknik yang digunakan oleh giorgio dalam menstimulasi timbulnya kreativitas pada level kelompok di dalam rose island yakni dengan cara brainstorming  yang dimana memiliki arti sebuah teknik yang memunculkan kreativitas di dalam kelompok dengan terus trial and error alternatif-alternatif yang timbul di dalam kelompok yang akan memunculkan keputusan akhir yang akan disepakati. team rose island telah melakukan brainstorming pada setiap pengambilan keputusannya bisa dilihat pada scene berikut :

Selain itu juga untuk menghindari production blocking team rose island menggunakan nominal group teknik untuk mencari alternatif yang potensial dengan memberi waktu yang cukup pada anggotanya. langkah-langkahnya yaitu giorgio memberikan waktu kepada masing-masing anggota untuk mengumpulkan data tentang masalah yang dihadapi dan menuliskan solusi akan masalah yang dihadapinya, kemudian masing-masing anggota diberikan waktu untuk mengemukakan pendapatnya dan rudy neumman akan menulis saran-saran dari anggota itu jika sudah terkumpul saran yang terkumpul ini nantinya akan di diskusikan kembali untuk mencari alternatif yang terbaik dan lengkap, terakhir diurutkan dan memilih saran yang paling terbaik untuk dijalankan.

Konflik dan sumbernya  yang dihadapi dalam  Rose Island 
Intragroup konflik yang bersumber dari overlapping authority dan status inconsistencies 
Interorganizational konflik yang bersumber dari incompatible goals and time horizons
Rudy Neumann VS Maurizio
Tim Rose Island VS Pemerintah Italia

Saat melejitnya rose island dan mulai banyak pengunjung yang tertarik terhadap berkat kehadiran rudy neumann dalam team membuat maurizio merasa tersisihkan yang mengakibatkan menurunnya produktivitas dalam team. pertama maurizio mulai merajuk bahwa dirinya tidak dianggap dalam setiap proyek , kedua maurizio merasa perannya di samping giorgio rosa mulai tergantikan oleh rudy neumann, ketiga maurizio menganggap keberadaannya sudah tidak ada lagi yang dimana seharusnya mendapatkan tempat yang istimewa dalam team mengingat dia adalah salah satu pendiri dari rose island 

Ambisi gergio untuk mendeklarasikan kemerdekaan republika rose island yang memicu terjadinya kemarahan pemerintah italia. pada kenyataannya rose island hanyalah sebuah anjungan berukuran 400 meter tidak memenuhi syarat sebagai sebuah negara walaupun memiliki bahasa sendiri, mata uang sendiri ataupun calon penduduk jika memang diresmikan menjadi sebuah negara,selain itu juga dengan percaya dirinya giorgio mendeklarasikannya langsung dengan mengirim surat kepada sekjen PBB yang menyebabkan kompetensi pihak pemerintahan italia dipertanyakan dan ditambah lagi terjadinya pengajuan perpindahan kewarganegaraan yang diterima secara massal oleh konsultan jerman pada kala itu yang nantinya akan merusak tatanan negara yang sudah ada.


Strategi konflik manajemen dalam rose island rose island
Intragroup konflik yang bersumber dari overlapping authority dan status 
( Rudy Neumann VS Maurizio)
Kompromi dan kolaborasi

maurizio menempatkan dirinya seperti semestinya yaitu berada disisi giorgio rosa sebagai co founder rose island dan pada saat perwakilan pemerintah italia mencegat dan ingin berdiskusi dengan giorgio secara tegas maurizio menghentikannya dan mengarahkan jika ingin bernegosiasi bicaralah pada rudy neumann yang menjabat sebagai perwakilan hubungan luar negeri rose island.

Competition

keadaan cuaca memburuk karena musim dingin hampir tiba hujan terus menerus membuat ombak yang tinggi jadi rose island tidak dapat dibuka untuk umum. rudy neurmann kesulitan mendapatkan tamu untuk didatangkan karena keadaan cuaca sekaligus demi menjaga keselamatan tamu menyarankan rose island hanya bisa dibuka saat musim panas saja, tetapi maurizio membantahnya dengan berdalih kendala cuaca hanya alasan semata dan juga maurizio mengajukan untuk merekrut orang baru menggantikan rudy neurmann yang telah gagal melakukan tugasnya untuk mendatangkan tamu.  

Interorganizational konflik yang bersumber dari incompatible goals and time horizons (Team Rose Island VS Pemerintah Italia)
Akomodasi

pemerintah italia pada awalnya memberikan tawaran diberikannya tanah di pantai ramini untuk dibangun rose island kepada giorgio dengan syarat harus menarik surat deklarasi kemerdekaan dan hidup sebagai warga negara pada semestinya. tawaran ini ditolak yang berakibat pemerintah italia menghentikan mata pencaharian ayah dari giorgio rosa dengan menugaskan perusahaan tempat sang ayah bekerja untuk memecatnya secara tidak hormat yang memperlihatkan apa yang dikorbankan ayahnya selama bekerja tidak ada artinya lagi atau sia-sia.

Competition

tidak menyerah akan pulaunya giorgio rosa meminta pertolongan kepada majelis hukum eropa (majelis yang mengatasi sengketa antar negara) untuk membantunya menyelamatkan rose island yang akan dihancurkan oleh pemerintah italia. 

pemerintah italia menyatakan perang terhadap rose island dan sudah mempersiapkan kapal perang andrea doria untuk meledakkan rose island dan ini adalah cara terakhir untuk menghentikan giorgio rosa untuk memerdekakan pulaunya.


Strategi fokus pada individu dan organisasi
Individu
Increasing awareness of the sources of conflict

pada saat rapat membahas penutupan rose island karena keadaan cuaca memburuk bersamaan dengan terjadinya pertengkaran antara Rudy Neumann dengan Maurizio. maurizo bersikukuh untuk memecat rudy dan akan mencari orang baru untuk menggantikan tempat rudy, dengan tenang giorgio menengahinya menggunakan cara menanyai pendapat pengempu pulau lainnya. disini giorgio ingin memberikan kesadaran bahwa mereka semua penting dalam tim ini tidak ada yang harus bertanggung jawab akan penutupan rose island karena memang cuaca tidak mendukung untuk membuka rose island. 

Increasing diversity awareness and skills

saat sebelum mengirimi surat kepada sekjen PBB giorgio menyampaikan langkah yang akan dilakukannya untuk mendeklarasikan kemerdekaan pada anggota pengempu rose island untuk lebih pastinya giorgio menunjuk anggotanya untuk menjabat sesuai keahliannya seperti franca menjadi menteri urusan ekonomi, pietro menteri pengawas dan pertahanan, Rudy menjadi Menlu, maurizio menjadi mendagri dan giorgio sendiri menjadi presiden.

Using permanent transfers or dismissals when necessary

pemerintah italia mengambil tindakan menghancurkan atau menjatuhkan rudal ke rose island ini untuk menghentikan ambisi giorgio rosa untuk mendeklarasikan kemerdekaan rose island yang nantinya akan menimbulkan peperangan yang lainnya. 

Organisasi
Changing an organization's structure or culture.

struktur rose island diperjelas dengan membagi job description pada masing-masing pengempu pulau menghindari konflik yang terjadi kembali. rudy berfokus pada tamu franca berfokus pada pengelolaan sumber daya yang ada di pulau begitu juga yang lainnya.


Strategi politik untuk mempertahankan kekuatan 

Relying on objective information

giorgio rosa yang selama ini dipandang sebagai si jenius yang menjunjung tinggi kebebasan di pulaunya sangat didukung oleh kawan-kawannya dengan mengetahui keinginan yang terdalam dari masing-masing anggotanya giorgio berhasil mempengaruhinya. seperti maurizio yang sudah muak dengan perusahaan ayahnya dan menginginkan hidupnya terbebas dari ayahnya maka giorgio menawarkan kebebasan seutuhnya dari terbentuknya rose island, rudy yang memang handal dalam public relation tetapi selalu tidak pernah diakui kehandalannya ini giorgio bisa memberikan itu semua yang membuat rudy merasa sangat berjasa dan dibutuhkan di rose island.


Bringing in an outside expert

kedatangan gabriella (mantan kekasih giorgino) menyadarkan giorgio bahwa rose island yang dibuatnya melenceng dari rencana. pada awalnya rose island dibuat untuk membentuk sebuah pulau tanpa peraturan tetapi seiring berjalannya waktu rose island malah menjadi objek wisata musim panas yang seperti bar di pantai ramini.


Controlling The Agenda

giorgio dengan detail membuat agenda langkah yang dilakukannya untuk mempersiapkan pendeklarasian kemerdekaan republik rose island dengan dibuktikannya rose island memiliki bahasa, prangko, bendera dan mata uangnya sendiri, dan bergerak minta dukungan majelis hukum eropa sebagai pendukung untuk menyelamatkan rose island dari serangan pemerintah italia.


Making everyone a winner

walau terlihat susah giorgio telah membuat semua anggotanya merasa rose island adalah bagian dari hidup mereka.

kegigihan giorgio sangat diapresiasi oleh majelis hukum eropa sampai mereka setuju untuk mendampingi giorgio dalam sengketa dengan pemerintah italia. giorgio adalah contoh orang yang telah berhasil memperjuangkan idealisnya sampai akhir.

Jika Rose island tetap berjalan tanpa harus mendeklarasikan kemerdekaan mungkin akan bertahan sampai saat ini, karena ide yang diunsung giorgio rosa sangat unik dan pengaturan sumber daya dikelola sangat baik, berikut beberapa saran untuk manajemen Rose Island  

  • Giorgio selaku pemimpin dalam rose island ini seharusnya bisa menghilangkan intragroup konflik yang bersumber dari overlapping authority dan status inconsistencies dengan berfokus pada individunya dari masing anggotanya, walaupun terlihat baik-baik saja dan tetap berjalan tetapi seiring berjalannya waktu satu anggota akan merasa tersisihkan yang dimana akan menghambat produktifitas dari rose island dan juga 

  • Giorgio harusnya mengambil keputusan yang bisa diterima oleh seluruh anggota dengan memikirkan ancaman yang nanti akan muncul, memang benar adanya giorgio merupakan pemimpin di rose island dan keputusan yang diambil bersifat mutlak tetapi giorgio terlalu terpengaruh oleh bias kognitif yang illusion of control membuat pengambilan keputusan membuat rose island terancam dan dihancurkan.

  • Perencanaan yang matang pembentukan rose island sudah sangat mendetail dan rinci tetapi giorgio lupa untuk tetap membekali dirinya dan anggotanya dengan dokumen yang lengkap, walaupun mereka mendeklarasikan kemerdekaan tetapi mereka tetap berstatus warga negara italia dan permohonan perpindahan kewarganegaraan harus melewati persetujuan pemerintah italia, ini menjadikan boomerang bagi giorgio sendiri karena terlihat sebagai gerakan anarkisme.   

 

Sumber:

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

https://youtu.be/qS2NtbEoIc8

Artikel UAS ini ditulis oleh:

Ni Made Arini Noviyanthi - 470332 (Pra-MBA 78C)

Artikel ini telah dicek anti plagiarisme via website www.duplichecker.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format