Blindness (2008) : Arti Cinta, Kemanusiaan dan Harapan

Kisah romantis dan humanis tentang kesetiaan seorang istri mendampingi suami dengan latar cerita pandemic penyakit misterius


1
1 point

Blindness (2008) : Arti Cinta, Kemanusiaan dan Harapan

Kisah romantis dan humanis tentang kesetiaan seorang istri mendampingi suami dengan latar cerita pandemic penyakit misterius Wabah kebutaan yang dialami warga sebuah kota dimana segala sesuatunya berubah menjadi putih dalam penglihatan mereka yang kemudian diumumkan pemerintah sebagai wabah “The White Sickness”. Kisah bermula ketika seorang pekerja (Yusuke Iseya) mendadak buta saat sedang mengendarai mobil di persimpangan. Seorang pejalan kaki (Don McKellar) menawarkan untuk mengantarnya pulang, tetapi dibalik itu ternyata dia mencuri mobil orang buta itu. Ketika istri (Yoshino Kimura) pria buta itu tiba di rumah, dia mendapati rumah dalam kondisi berantakan dan menemui suaminya yang tidak dapat melihat. Kemudian dia membawanya ke dokter mata, dimana dokter tersebut tidak menemukan adanya masalah tetapi dia menyarakankan untuk dirujuk ke Rumah Sakit demi kepentingan observasi lebih lanjut. Keesokan harinya, dokter mata (Mark Ruffalo) menjadi buta, dan menyadari bahwa kebutaan itu pasti disebabkan oleh penyakit menular. 

Disinilah wabah mulai menyebar menginfeksi orang-orang yang melakukan contact. Kepanikan meluas, sehingga pemerintah menyelenggarakan karantina di sebuah rumah sakit jiwa yang terlantar. Dokter dan istrinya yang setia menjadi penghuni pertama dan setuju bahwa mereka akan merahasiakan penglihatan istrinya (Julianne Moore) yang ternyata tidak terinfeksi. Kemudian bergabung beberapa orang lain termasuk pengemudi, pencuri, dan pasien dokter mata tersebut. Dengan semakin bertambahnya warga yang terinfeksi, tempat karantina semakin penuh. Fasilitas yang minim, menyebabkan kebersihan dan kondisi kehidupan menjadi tidak layak. Dokter berinisiatif  sebagai wakil dari para penghuni di Bangsal 1, dibantu istrinya untuk mengatur dan mengarahkan para penghuni ketika ingin ke toilet dan kegiatan lainnya. 

Konflik mulai terjadi ketika kecemasan atas ketersediaan makanan merusak moral dan menimbulkan konflik antara bangsal penjara, tantara yang mengawasi tidak berbuat apa-apa dikarenakan rasa takut akan terinfeksi. Seorang pria dengan pistol menunjuk dirinya sendiri sebagai “raja” di lingkungannya, dan mengambil kendali atas pengiriman makanan. Negosiasi yang dilakukan dokter tidak berhasil sehingga untuk mengambila jatah makanan penghuni bangsal lain harus menyerahkan barang yang berharga sebagai barter atas makanan. Dan ketika tidak ada barang yang dapat ditukarkan maka mereka meminta imbalan para wanita dimasing-masing bangsal. Penghuni bangsal yang merasa tertindas kemudian melakukan perlawanan dimana akhirnya ada yang melakukan pembakaran atas bangsal sehingga penghuni terpaksa keluar dari tempat karantina yang ternyata juga telah ditinggal oleh tantara yang mengawasi. 

Dokter, istirnya dan beberapa pasien keluar dari tempat karantina dan mendapati kota telah terlantar dan semua orang menjadi buta. Istri dokter tersebut sebagai penunjuk jalan ke rumah mereka dan mencari makanan yang tersisa dari toko di kota itu. Selang beberapa hari kemudian pasien pertama (Yusuke Iseya) mendapati matanya dapat berfungsi normal kembali sehingga hal ini menjadi harapan para penderita lainnya untuk dapat melihat kembali

Konflik yang terjadi dalam film “Blindness” serta penyebab konflik dapat dianalisa berdasarkan 4 (empat) jenis konflik serta 6 (enam) sumber yang menyebabkan konflik yang disampaikan Gareth R.Jones & Jennifer M George yaitu sebagai berikut.

A. Jenis Konflik 

Gareth R.Jones & Jennifer M George (2020) mengidentifikasi jenis konflik dalam organisasi

Contemporary Management

Interpersonal Conflict

Intragroup Conflict

Intergroup Conflict

Interorganizational Conflict

Konflik antara individu dalam perusahaan

Konflik antara beberapa individu dalam perusahaan, 

Konflik antar divisi, grup atau departemen. Bahakan antara pendiri perusahaan dengan anggota keluarganya atau staff pendukung perusahaan.

Konflik antara dua organisasi berbeda, bisa juga terjadi antara instansi pemerintah dengan perusahaan swasta

Dalam cerita Blindness terdapat beberapa konflik yang timbul dimana dapat dikategorikan berdasarkan jenis konflik antara lain:

B. Sumber Konflik 

Gareth R.Jones & Jennifer M George (2020) mengidentifikasi sumber konflik dalam organisasi

Contemporary Management

No

Source Complict

Description

1

Incompatible goals and time horizons

Tujuan yang berbeda dan ketidak sesuaian waktu antar fungsi/departemen

2

Overlapping authority

Otoritas yang tumpang tindih dan adanya klaim para pihak memiliko otoritas lebih tinggi disbanding yang lain

3

Task interdependencies

Saling ketergantungan akan kontribusi para pihak dimana proses tidak dapat berjalan jika aktivitas lain belum diselesaikan

4

Incompatible evaluation or reward systems

Ketidaksesuian evaluasi serta penghargaan atas kegiatan masing-masing fungsi

5

Scarce resources

Kurangnya sumber daya mengakibatkan kesulitan dalam melakukan kegiatan

6

Status inconsistencies

Tingkat status yang berbeda menimbulkan konflik ketika level dibawah melakukan intruksi terhadap level di atasnya misalnya seorang pelayang kepada kepala koki.

Dari ke 6 (enam) sumber konflik di atas, film Blindness mencertikan timbulnya konflik karena adanya Incompatible goals and time horizons, Overlapping authority, Scarce resources dan Status inconsistencies. Hal ini dikarenakan adanya kepanikan dan penyesuaian diri dari masing-masing individu yang menderita penyakit “White Sickness”, tidak adanya kepemimpinan formal dalam group sehingga masing-masing ingin mendapatkan kekuasaan dengan tujuan tertentu, kurangnya bahan makanan serta ego diri dalam hal status masing-masing individu dalam hal profesi dan level kehidupan.

Dalam mengatasi konflik tersebut Gareth R.Jones & Jennifer M George menjelaskan tentang strategi dalam memanajemen konflik yaitu

C. Strategi Manajemen Konflik

Gareth R.Jones & Jennifer M George (2020) menjelaskan tentang Strategi Manajemen Konflik sebagai berikut

Contemporary Management

No

Conflict Management Strategies

Description

1

Compromise

Mengelola konflik dengan tidak hanya memperhatikan pencapaian tujuan sendiri tetapi juga pencapaian tujuan pihak lain serta bersedia untuk memberi dan menerima untuk mencapai kesepakatan.

2

Collaboration

Mengelola konflik dengan bersama memenuhi semua kepentingan yang diinginkan semua pihak

3

Accommodation

Mengelola konflik dengan menyerahkan keputusan kepada pihak yang lebih kuat

4

Avoidance

Mengelola konflik dengan mengabaikan masalah dan tidak melakukan tindakan apapun

5

Competition

Mengelola konflik dengan mengutamakan pencapaian kepentingan sendiri dan hanya sedikit melakukan pemahaman atas kepentingan orang lain.

Strategi Manajemen konflik dapat difokuskan dalam 2 (dua) bagian besar yaitu :

Strategies Focused On Individuals

Strategies Focused On The Whole Organization

1. Increasing awareness of the sources of conflict

Adanya kesadaran dalam memahami sumber konflik maka dapat diantisipasi konflik yang akan terjadi

2. Increasing diversity awareness and skills

Adanya kesadaran akan keberagaman baik dari segi usia, gender maupun ras sehinga masing-masing individu dapat menyesuaikan

3. Practicing job rotation or temporary assignments

Adanya tour of duty mengakibatkan individu dapat memahami kondisi pekerjaan orang lain

4. Using permanent transfers or dismissals when          necessary

Jika konflik tidak dapat diatasi maka individu yang bersangkutan dapat dipindahkan atau diberhentikan

1. Changing an organization’s structure or culture

Perubahan struktur organisasi dan budaya diharapkan dapat membuat organisasi lebih compitable dan lebih update untuk menghadapai konflik

2. Altering the source of conflict

Perubahan tugas dan tanggung jawab untuk menyelesaikan konflik dalam organisasi

Dalam kondisi konflik dimana masing-masing pihak memiliki kekuatan yang sama maka negosiasi merupakan jalan keluar untuk menyelesaikan konflik. Jenis negosiasi tersebut terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu:

Distributive Negotiation

Integrative Bargaining

Pihak-pihak yang berkonflik bersaing untuk memenangkan atas sumber daya yang ada

Negosiasi kooperatif di mana pihak-pihak yang berkonflik bekerja bersama-sama untuk mencapai solusi yang baik kedua belah pihak.

Strategi untuk mendorong integrative bargaining  melalui hal berikut 

  • Emphasizing superordinate goals

Membantu pihak-pihak yang berkonflik untuk mengingat gambaran besar dan fakta bahwa mereka bekerja sama untuk tujuan atau sasaran yang lebih besar meskipun mereka tidak setuju.

  • Focusing on the problem, not the people

Tiap pihak harus dapat focus terhadap masalah yang ada agar tidak terjebat kepada malasah personal

  • Focusing on interests, not demands

Tiap pihak agar fokus terhadap mengapa mereka menginginkan suatu hal agar dapat ditemukan jalan tengah

  • Creating new options for joint gain

Saat focus dalam kepentingan bersama maka akan dihasilkan opsi-opsi baru untuk memperoleh keuntungan bersama

  • Focusing on what is fair

Menekankan apa yang adil bagi setiap pihak menyelesaikan masalah yang ada.

Dalam menjalankan kehidupan di tempat karantina individu dan kelompok menerapkan strategi manajemen konflik yaitu sebagai berikut:

Strategi Berpolitik untuk mempertahankan kekuatan

  • Controling Uncertainty 
    Kemampuan mengatasi situasi tidak pasti.Kaya pengetahuan serta memiliki keahlian menganalisa serta prediksi akan disukai dan dicari oleh perusahaan.  
  • Making Oneself Irreplaceable
    Kedudukan menjadi tidak tergantikan apabila menjadi andalan dan memiliki keahlian yang tidak dimiliki orang lain.
  • Being in a Central Position
    Berada pada posisi strategis yang menjadi pusat kendali kegiatan organisasi, sehingga dibutuhkan semua divisi.
  • Generating Resoures (Meningkatkan penggunaan sumber daya):

    Perusahaan perlu dukungan sumber

  1. Modal awalyang terdiri dari bahan baku, sumber daya manusia yang ahli di bidangnya, modal finansial
  2. Dukungn teknikal seperti mesin dan komputer
  3. Pengetahuan seperti Pemasaran, Informasi Teknologi

Building Alliances (Membangun ikatan sosial):

Kesuksesan manager dapat diraih dari dukungan sekitar baik di luar mapun dalma perusahaan.Dengan banyak berteman, kekuatan seseorang akan bertambah karena banyak yang akan mendukung inisiasinya.

Rekan kerja di dalam maupun di luar umumnya berkenan memeberikan dukungan karena rumus timbal balik dalam kehidupan sosial.

Dari teori di atas dapat disampaikan bahwa konflik serta sumber konflik yang terjadi dalam film tersebut adalah sebagai berikut:

Condition

Type Conflict

Source Conflict

Conflict Management Strategies

Saling menyalahkan antara penderita awal (Yusuke Iseya) dan pencuri mobil atas penyebab kebutaan serta tindakan pencurian.

Interpersonal Conflict

Incompatible goals and time horizons

Compromise

Pembagian Jatah Makanan antar bangsal

Intergroup Conflict

  • Overlapping authority
  • Scarce resources
  • Accommodation
  • Competition

Makanan dikuasai bangsal tertentu dan wajib membayar/tukar dengan harta berharga

  • Interpersonal Conflict
  • Intergroup Conflict
  • Overlapping authority
  • Scarce resources
  • Accommodation
  • Competition

Pemerintah tidak memberikan fasilitas yang layak kepada penderita

Interorganizational Conflict

  • Incompatible goals and time horizons
  • Scarce resources
  • Accommodation
  • Avoidance

Dokter selingkuh dengan penderita lain

Interpersonal Conflict

Status inconsistencies

Avoidance

Istri Dokter dan penderita lainnya keluar dari karantina 

Interpersonal Conflict

Scarce resources

Status inconsistencies

  • Compromise
  • Collaboration
  • Accommodation

strategi fokus pada individu dan organisasi, saran mengenai tipe negosiasi, dan strategi politik untuk mempertahankan kekuatan. 

D. Leadership 

Fred E. Fiedler mengidentifikasi 3 (tiga) situasional karakter dalam kepemimpinan :

  • Leader–member relations

Hubungan pemimpin-anggota, adalah sejauh mana pengikut menyukai, mempercayai, dan setia kepada pemimpin mereka. Situasi lebih menguntungkan untuk memimpin ketika hubungan pemimpin-anggota baik.

  • Task structure

Sejauh mana pekerjaan yang harus dilakukan jelas sehingga bawahan pemimpin tahu apa yang perlu dicapai dan bagaimana melakukannya

  • Position power

Besarnya kekuasaan legitimasi, penghargaan, dan paksaan yang dimiliki seorang pemimpin memiliki berdasarkan posisinya dalam suatu organisasi

Dalam film Blindness, Istri Dokter Mata (Julianee Moore) memliki karakter dimana mengharapkan adanya hubungan yang bai kantar penghuni karantina dengan membantu mereka memberikan arah dan mempermudah penderita untuk dapat beraktivitas ditengah keterbatasan. Dokter Mata (Mark Ruffalo) yang berinisiatif untuk menjadi wakil dari Bangsal 1 untuk bernegosiasi dengan Bangsal 3. Dalam hal ini dia ingin menekankan akan pentingnya keteraturan dalam masa karantina, sesuai dengan teori diatas dia menerapkan situasi task structure. Sedangkan pemimpin Bangsal B menggunakan situasi position power dikarena dalam kelompok tersebut mereka memiliki senjata sehingga dapat mengatur orang lain untuk mengikuti kemauan mereka.

E. Communications

Dalam komunikai seorang leader/manager harus memiliki skills sebagai berikut 

Dengan adanya keterbatasan dalam penglihatan Dokter Mata (Mark Ruffalo) berusaha untuk dapat mengkoordinasikan para penghuni. Dalam hal ini dia dibantu oleh istirinya (Julianne Moore) yang dapat melihat sehingga lebih memahami situasi dan kondisi karantina.

Dari penjelasan di atas dapat dibandingkan karakter kelompok yang ada di dalam Karantina

Perbandingan

Bangsal 1

Bangsal 2

Jenis Konflik

  • Interpersonal conflict
  • Intragroup Conflict
  • Intergroup Conflict

Intergroup Conflict

Sumber Konflik

  • Incompatible goals and time horizons
  • Overlapping authority
  • Scarce resources
  • Status inconsistencies

Scarce resources

Sistem Manajemen konflik

  • Compromise
  • Collaboration
  • Accommodation

Competition

Jenis Negosiasi

Integrative Bargaining

Distributive Negotiation

Strategi berpolitik

  • Generating Resoures
  • Building Alliances
  • Controling Uncertainty
  • Being in a Central Position
  • Making Oneself Irreplaceable

Kepemimpinan

  • Leader–member relations
  • Task structure

Position power

F. Kesimpulan dan Saran

Dengan keterbatasan yang ada penderita pandemic dapat bertahan dengan saling berkolaborasi dalam menyelesaikan konflik, walaupun dalam prosesnya terdapat proses ekstrem yang harus dilakukan untuk dapat bertahan hidup. Hal ini dapat diminimalisir jika pada saat awal mereka dikarantina sudah terdapat komunikasi yang baik antara penghuni dengan melakukan Strategies Focused On Individuals dimana dapat dilakukan pendekatan secara personal sebelum dilakukan kesepakatan secara organisasional. Dan juga terdapat komunikasi yang tidak baik dalam menyampaikan pesan sehingga menimbulkan miss persepsi.  Untuk itu 7 (tujuh) Skills komunikasi perlu diterapkan. Hal ini dapat kita ambil contoh dapat kisah bisnis yang diambil dari kisah PT Sido Muncul dimana merupakan salah satu perusahaan yang sudah berdiri cukup lama di Indonesia ini. Didirikan tahun 1951 oleh Ny. Rahmat Sulistio dan di tahun 2004, hampir bangkrut karena besarnya utang perusahaan. Irwan Hidayat yang , Presiden Direktur PT Sidomuncul mencari cara untuk keluar dari kesulitan. Cara yang ia lakukan tidak biasa, yaitu membuat iklan artis yang sedang terlilit kasus. Pesan pentingnya adalah membuat iklan jadi lebih sukses. Bangkit dari kebangkrutan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan bagi setiap pengusaha. Prosesnya tidak mudah dan bisa jadi memakan waktu yang lama.

Source :

Zulham Anggia Nasution – SEMBA 42C


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format