Impactful investment: menghubungkan rantai pasokan makanan dari Petani hingga UMKM Makanan

Petani kesulitan menjual hasil panen. UMKM makanan berprospek besar, tapi sulit merambah luar kota. Start-up pertanian dan logistik makanan are the missing link ..??


2
2 points

Indonesia telah memasuki masa resesi ekonomi sejak kuartal III tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi minus 3,49%, pasalnya pada kuartal II -2020 pun, pertumbuhan ekonomi pun negatif (Kompas,2020).

Dampak dari pandemi telah dirasakan banyak pihak, penurunan pendapatan, turunnya permintaan menghantam 163.713 pelaku usaha mikro kecil menengah terutama makanan dan minuman (Pikiran rakyat, 2020). 

Seiring dengan itu, para petani di daerah pun terkena imbas, anjloknya harga jual sehingga tidak bisa menutup biaya tanam. Misal petani kubis di Pairan, harga kubis anjlok ke Rp1.000 – Rp2.000 per kg, sebelumnya harga masih di kisaran Rp3.000 – Rp5.000 per kg. Petani cabe di Bojonegoro tahun 2021 ini juga mengalami hal serupa, harga cabe merah keriting hanya Rp13.000 per kg .

Dalam pelatihan vokasional bagi usaha mikro sektor kuliner yang digelar pada 27-29 Mei 2021 di Bogor, Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM Eddy Satriya, menyampaikan bahwa  UMKM menjadi salah satu penyangga perkenomian Indonesia. Sejauh ini, ada UMKM yang merosot bisnisnya, ada juga yang bertahan, misal UMKM di sektor kuliner. Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih kontraksi dalam beberapa kuartal belakangan, namun berkat UMKM pertumbuhannya mulai mendekati angka 1% dari semula-5%. (Antara News).

Berdasarkan data dari Tokopedia, Januari 2020 hanya ada 7.2 juta, bulan Maret 2021 sudah naik menjadi 10+ juta penjual. Sementara sektor makanan siap masak naik 3,5 x lipat di akhir tahun 2020 (Antara News, Maret 2021). Hal ini menunjukkan peluang bisnis UMKM makanan dengan memanfaatkan teknologi terbuka lebar dan sangat menjanjikan. Bagaimana kita memahami trend dan memanfaatkan peluang adalah kunci sukses.

Dari satu sisi, bagaimana UMKM bisa memahami trend, memanfaatkan peluang adalah kunci sukses. Coba bayangkan berapa banyak dari kita yang kangen menyantap kuliner daerah lain, jika makanan siap saji bisa lintas kota dan dikirim dalam hari yang sama bahkan hanya dalam hitungan jam, berapa tambahan omzet yang bisa diraup.

Kalau UMKM makanan ini omzet terus berlipat ganda, berapa banyak kebutuhan akan hasil pertanian, sayur, daging, cabe, telor. Andai petani bisa punya channel ke UMKM ini….. harga panen akan naik… kemakmuran petani.. roda perekonomian akan bergerak jauuuhhh lebih cepat.

BPS data menunjukkan transaksi belanja untuk bahan-bahan makanan meningkat tajam hingga 51%. Sekitar 46% responden BPS mengaku membeli kebutuhan pokok melalui aplikasi belanja online. Berdasarkan hasil riset Nielsen selama pandemi, sebanyak 71% masyarakat Indonesia berbelanja makanan segar secara harian.

Solusi di bidang logistik, pendistribusian rantai pasokan makanan sangat banyak…. tapi market place yang komprehensif end to end… siapa yang memiliki. 

Per April 2021, Indonesia punya 2.229 perusahaan rintisan/ start up dan menduduki peringkat 5 dunia negara dengan start up terbanyak. Di Indonesia, bisnis startup identik dengan industri transportasi dan marketplace, tapi sebenarnya area bisnis startup sangat luas. Salah satunya di bidang kuliner atau makanan.

Beberapa startup besar seperti gabungan Gojek dan Tokopedia, Grab, dan Bukalapak merambah bisnis impact investing atau investasi berdampak. Jefri R Sirait, Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) menyampaikan, potensi bisnis dari energi terbarukan, agrobisnis, perikanan sekitar Rp 100 triliun. Impact investment adalah investasi yang bukan sekadar mencari keuntungan, tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Sumber:https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/60d1802e6475d/potensi-bisnis-impact-investing-yang-dilirik-gojek-grab-tokopedia

Start up lokal dengan impact investment

1. Paxel

Paxel adalah perusahaan pengiriman berbasis teknologi yang berkomitmen untuk menyelesaikan tantangan jarak jauh di Indonesia dan terinsipirasi oleh gaya hidup masyarakat urban. Dengan memberdayakan dan membangun kemakmuran masyarakat lokal di seluruh Indonesia, mulai dari inovasi, pengalaman hingga pemberdayaan masyarakat. Paxel memiliki fitur Paxel Market, sebuah toserba online yang menjual panganan unik khas Nusantara, bahan pangan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Keunggulan Paxel adalah same day delivery dan flat ongkir. Salah satu co-founder Paxel, Johari Zein, menjelaskan bahwa tujuan dibuatnya Paxel adalah agar online shop bisa hidup. UKM bisa lebih sukses karena memiliki service same day delivery dengan biaya yang lebih murah.


https://paxelmarket.co/

2. Sayurbox, e-grocery

Amanda Susanti (Founder & CEO Sayurbox), Rama Notowidigdo (Co-Founder Sayurbox), dan Metha Trisnawati (Co-Founder Sayurbox) meluncurkan Sayurbox pada bulan Juli 2016. Saat ini Sayurbox masih terpusat di Jabodetabek, Surabaya, dan Bali.

Amanda Susanti (kanan), CEO dan Founder Sayurbox (Foto Credit: Swa)

Menjembatani konsumen untuk mengakses bahan segar secara langsung dari petani, memotong rantai pasokan yang panjang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan produsen lokal. Sayurbox saat ini memasok hasil tani langsung ke petani dengan sistem jual putus. 

Untuk memastikan hukum supply dan demand terjaga, Sayurbox secara periodik memantau tingkat pemesanan dengan menerapkan forecast untuk para petani, supaya teknik panennya tidak berbenturan, over supply/ demand dapat dihindarkan, sehingga harga stabil.

3. Dropezy, daily needs platform, konsep "Buy small, eat fresh’ dan ‘Top up, don’t stock up’


Dropezy, platform daily needs, mengambil kesempatan dengan fokus pengantaran dalam jumlah mikro, sehingga memungkinkan konsumen untuk memesan mulai dari satu produk saja dengan ongkos kirim terjangkau. Konsep ‘Buy small, eat fresh’ dan ‘Top up, don’t stock up’' diusung oleh Dropezy, karena kebanyakan orang Indonesia lebih suka membeli segar dan tidak menyimpan di rumah mereka. Orang Indonesia juga suka pergi ke pasar dan membeli dari Langganan mereka setiap saat. 

Perusahaan membeli produk sehari-hari dari brand prinsipal, distributor, agen, grosir, dan partner B2B untuk dijual kembali ke konsumen Dropezy. Alhasil seluruh produk yang dibeli dari Dropezy datang langsung dari gudang perusahaan dengan logistik sendiri. “Karena sumbernya langsung dari prinsipal, kami bisa membuat margin yang layak.”

4. Edenfarm, distribusi pangan berkelanjutan, B2B

Eden Farm, distribusi pangan berkelanjutan, diluncurkan pada tahun 2017, dengan fokus menyederhanakan supply chain, membuat jalur B2B pelanggan dan petani lokal. Menjual buah, sayur, daging dan bahan makanan kering ke customer, sekaligus meningkatkan pendapatan produsen a.k.a petani. Saat ini beroperasi di 6 kota besar Indonesia: Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok dan Bogor (https://www.techinasia.com/agritech-startup-eden-farm-bags-1m-seed). Tahun 2020, Edenfarm sudah melayani 20 ribu UKM, 2 ribu reseller, seribu restoran dan cafe, dan juga 25 startup partner di Jabodetabek dan Bandung. Eden Farm bahkan sudah mulai melebarkan sayap ke produk makanan beku untuk daging dan ikan.

From left: Eden Farm founder and CEO David Gunawan, co-founder and chief financial officer Ramavito Mountaino, and co-founder and chief operating officer Febrianto Gamal / Photo credit: Eden Farm
Kedepan, Edenfarm berencana memperluas operasinya ke 8 kota besar dan menambah line produk yang menguntungkan. 

Eden: Welcome Reseller 

Selain Edenfarm, masih banyak start up merambah agribisnis, misal Tanigroup dengan platformnya bernama TaniHub, Limakilo, Kecipir, Pantau Harga, Rego pantes, Eragano, IGrow.

Source:kecipir.com

SWOT dan Five Porter Analysis

Meskipun dunia start up sangat luas, namun berapa banyak yang mempunyai ide baru. Umumnya mereka mempunyai fitur yang mirip dan pangsa pasar yang saling beririsan. Sehingga ancaman dari kompetitor existing maupun pendatang baru memaksa tiap start up untuk terus berinovasi mempertahankan dan merebut market para pesaingnya.

SWOT Analysis

Analisa SWOT, membantu para manager di berbagai level organisasi memilih strategi korporasi, bisnis dan fungsional yang terbaik untuk perusahaan mencapai misi dan tujuannya (JG)

Start-Up

Strength

Weakness

Opportunity

Treat

Paxel, startup logistic untuk memberdayakan UMKM melalui layanan same day delivery dengan ongkir murah

  • User 1.7 juta +
  • Same day delivery untuk layanan antarkota
  • Memiliki freezer untuk frozen food
  • Flat ongkir 
  • Paxel Market: jajanan khas daerah
  • Menjangkau Jawa, Bali, Sulawesi, Sumatera
  • Opsi pilihan pembayaran banyak
  • Aktif melakukan survey pasar
  • Jumlah merchant yang bergabung masih terbatas
  • Fragile
  • Apps kurang user friendly
  • PSBB membatasi mobilitas konsumen
  • Gaya hidup urban yang mementingkan kualitas dan kenyamanan
  • Kerinduan akan makanan khas daerah
  • Semakin banyak UKM menjual makan siap saji yang dibekukan
  • Shelf life makanan pendek
  • Makanan kering mudah hancur/ remuk
  • Funding

Sayurbox, e-grocery farm-to-table, menjembatani masyarakat untuk memperoleh bahan segar langsung dari petani.


  • Jumlah user 8,000+
  • Menerapkan system forecast dengan para petani untuk menjaga supply dan demand stabil
  • Preorder, sehingga minimal bahan segar terbuang (waste)
  • Membangun system kemitraan dengan petani dan memberikan edukasi ke petani (packaging, cara menggunakan gadget)
  • Mempunyai 50 mitra petani dan produsen local dari Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok, Sukabumi dan Bandung.
  • Connect dengan peerlanding pertanian
  • Produk yang dipasarkan tergantung cuaca
  • Kemungkinan gagal panen pada petani dan produsen local
  • Umur produk pendek dan harus dikirim dalam 24 jam untuk menjaga kesegaran produk


  • Sudah cukup dikenal oleh pasar, sehingga mitra petani dan pedagang local yang mencari Sayurbox


  • Mitra petani beralih ke startup lain
  • Kemungkinan gagal panen pada petani dan produsen local
  • Konsumen mengetahui harga pasar
  • Banyak pesaing, misal Kecipir, Edenfarm, Regopantes


Dropezy, daily needs platform, pengantaran dalam jumlah sedikit. 

  • Mempunyai metode paylater
  • Menjual kebutuhan rumah tangga di luar bahan segar, misal perlengkapan bayi & Moms 
  • Ongkir murah mulai dari Rp5 ribu
  • Pesanan berulang bisa diakomodir
  • Pengiriman hanya bisa di Jakarta
  • Jam cut-off pesanan jam 17.00 supaya bisa dikirim keesokan harinya. Lebih dari jam 17.00 akan dikirim hari kedua


  • Mempunyai private label, sehingga margin lebih besar dan harga lebih bersaing
  • Melayani kuantitas kecil
  • Habit orang Indonesia lebih suka yang segar dan tidak menyimpan banyak di rumah


  • Mendapatkan barang langsung dari principal, supaya margin memadai
  • Apps masih baru diluncurkan di April 2021
  • Mendapatkan talent untuk bergabung di Dropezy


Edenfarm, distribusi pangan berkelanjutan.

Mitra andalan usaha kuliner resto dan café

Target: merangkul 25ribu resto- termasuk skala  UKM

  • Harga petani
  • Customer tersebar di berbagai sector, sehingga demand relative stabil
  • Mengakomodir reseller dengan minimum profit margin 20%
  • Jaminan kualitas dan harga yang dinilai lebih stabil karena harga berlaku mingguan, Eden Farm juga punya jasa pengantaran.
  • siap menampung jika ada produk yang sudah diantar dan tidak bisa digunakan.
  • Eden Farm Distribution Network memberdayakan masyrakat dalam radius 5km dari pelanggan, sehingga pengiriman cepat
  • Kota yang dilayani masih terbatas: Jabodetabek, Medan, Bali, Surabaya, Malang
  • Tergantung pada kekuatan jaringan pasokan
  • Sudah banyak dipercaya oleh resto dan café ternama, misal Flip burger, Holycow, Kopi Janji Jiwa

  • Mempunyai beberapa angel investor untuk mendanai ekspansi bisnis
  • Banyak pemain pivot yang baru
  • Kestabilan kualitas dan stock
  • Proses bisnis harus efisien, supaya harga terus bersaing

Source:JG

The Five Forces Model 

Suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh Michael Porter untuk analisa industri dan pengembangan strategi bisnis: 

1. The level of rivalry among organizations in an industry: ancaman pendatang baru dalam dunia start-up sangat besar, baik yang pivotal maupun merupakan inovasi dari bisnis yang ada.

2. The potential for entry into an industry: meskipun memasuki dunia start-up di bidang agribisnis dan kuliner tidaklah mudah, namun jumlah pemain di sektor ini terus bertambah dan saling bersaing untuk merebut pasar dan funding dari para investor. Persaingan yang ketat tak jarang berujung pada perang harga dan perang promosi yang akhirnya menurunkan margin para start-up

3. The power of large suppliers: terbatasnya jumlah petani dan produsen lokal bisa mengakibatkan kenaikan harga. Jumlah mitra petani dan produsen lokal merupakan kunci kekuatan jaringan pemasok yang harus dipunya sebuah start-up. Bagi start-up baru tidaklah mudah mencari mitra ini.

4. The power of large customers: pelanggan besar, misal resto ternama yang dimiliki oleh EdenFarm, tentu mempunyai standard harga dan kualitas, dan bisa menekan harga beli

5. The threat of substitute products: barang ditawarkan oleh para start-up logistik dan bahan segar hanya dibedakan oleh harga dan kualitas, sehingga sangatlah mudah untuk digeser oleh pesaing. misal Sayurbox vs Kecipir.

Planning & Strategy

Planning sangatlah penting untuk mengidentifikasi dan memilih tujuan organisasi dan spesifik strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Sedangkan strategy adalah rangkaian keputusan managerial dan rencana kerja untuk mencapai tujuan.

Ada 3 tahap perencanaan (planning), yaitu:

1. Corporate level

2. Bisnis level

3. Functional level

Start-Up

Paxel

Sayurbox

Dropezy

EdenFarm

Corporate level plan

Membantu UKM makanan melalui layanan same day delivery dengan ongkir murah

Farm-to-table

menjembatani masyarakat untuk memperoleh bahan segar langsung dari petani.


daily needs platform, pengantaran dalam jumlah sedikit.

distribusi pangan berkelanjutan.

Mitra andalan usaha kuliner resto dan café


Business level plan

Layanan pengiriman antarkota dan same day

Bermitra dengan petani dan produsen local untuk menyediakan bahan segar ke konsumen di kota

Menjual bahan segar dan kebutuhan rumah tangga lainnya

Memberikan jaminan kestabilan harga, kualitas dan pasokan bagi resto dan cafe

Functional level plan 

Menjaring UKM makanan local;

Membuat fitur paxel market untuk mengobati kerinduan akan makanan khas daerah;


Menambah mitra petani dan produsen local;

Membangun QC team untuk menjaga kualitas produk

Bekerja sama langsung dengan principal untuk memperoleh margin yang bagus


Mengakusisi reseller;

Efisiensi bisnis proses supaya margin terjaga;

Menjaga kualitas dan kestabilan harga


Tugas manager untuk mengelola environment suatu organisasi

Salah satu tugas utama seorang manager adalah mengelola environment di organisasi. Tekanan pihak eksternal memberikan banyak peluang (opportunities) dan juga ancaman (threats) bagi para manager dan organisasi. Dalam suatu organisasi, manager harus pandai mengelola sumber daya yang ada dengan melihat berbagai peluang dan ancaman, mengambil keputusan dari banyak alternatif dengan menganalisa pilihan, course of action, tujuan organisasi. Keputusan yang baik akan meningkatkan kinerja perusahaan.

Dunia start up sangatlah agile, perubahan terjadi sangat cepat, small winning is matters. Kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan menjadi kunci untuk memenangkan pasar, meraup kepercayaan para angel investor.

Entrepreneurship and New Ventures

Entrepreneurship adalah mobilisasi sumber daya untuk meraup peluang untuk memberikan layanan baru atau terbarahui ke pelanggan.

Contoh Paxel saat Ramadhan kemarin, upsize ukuran box per pengiriman dengan harga sama untuk menjaring lebih banyak konsumen dan memanfaatkan peluang bisnis UKM makanan. 

Untuk bisnis logistik, biaya fixed cost yang dikeluarkan untuk pengiriman tersebut adalah sama, peningkatan volume vs harga ongkir sama, belum tentu merugikan Paxel. Namun peluang tambahan transaksi dan user lebih banyak.

Promoting Group Creativity

Untuk keluar dari jebakan ide yang itu-itu saja, promoting group creativity dapat ditempuh. Seperti diulas dalam JG, untuk mendorong kreativitas pada group level, kita dapat mengunakan teknik grup problem-solving yang dapat mendorong ide-ide kreatif dan juga solusi yang inovatif. 

Ada 3 teknik dalam group decision making:

1. brainstorming : para manager bertemu face-to-face berdiskusi dan menchallenge berbagai alternatif sebelum memutuskan suatu keputusan. Contoh: manager melakukan brainstorming untuk menentukan akan ekspansi ke daerah baru atau membuat fitur layanan yang baru, menganalisa produk

2. the nominal group technique:  masing-masing anggota grup menuliskan ide dan solusi yang dipunya, kemudian dibacakan ke grup dan didiskusikan bersama. Kemudian, alternatif yang ada diranking.

3. Delphi technique: online meeting (Zoom, Gmeet, Teams) untuk membahas problem statement yang diberikan oleh manager, karena tidak bisa berdiskusi tatap muka. Kemudian para expert atau manager diminta untuk membuat solusi dan mengemail ke grup leader. Hasil yang masuk akan dirangkum dan dishare kembali ke peserta untuk mencapai konsensus dan solusi yang paling tepat.

Masih seputar Paxel, tim Paxel tidak enggan melakukan survey untuk mendapatkan market insight untuk menjawab problem statement yang ada. Survey untuk mendapatkan data dan insight bisa dilakukan dengan menggunakan Delphi technique, karena jarak UKM yang cukup berjauhan.

Sumber:paxel.co.id

“UKM di Indonesia terus berubah, dan sekarang kita harus lebih mengerti mereka ketimbang sepuluh tahun lalu. Makanya Paxel Buy & Send Insights ini dibuat untuk mengetahui karakter UKM penjual online saat ini. Apa yang penting dan tidak penting bagi mereka, bagaimana mereka memasarkan dan sampai mengirim barang dagangannya ke konsumen” ungkap COO Paxel, Zaldy Ilham Masita.


.

Benchmark: Favor fleet

Fleet Favors, start up asal Texas, mengadopsi sistem runner, customer tidak perlu booking sendiri untuk memesan layanan. Favor fleet adalah kompetitor dari Doordash, Cornershop (yang baru diakusisi oleh Uber).

As a Runner, you help Texans get anything delivered — even when they don’t order directly through the Favor app!

Berbeda dengan start up lain, yang mempunyai fixed armada pengiriman, Favor Fleet belum tentu armada pengiriman adalah tetap. Siapapun bisa menjadi Runner, istilah untuk tukang kirim, di Favor Fleet, sehingga biaya pengiriman yang dikeluarkan adalah per assignment. 

Tidak banyak layanan start-up local logistic yang menggunakan per assignment ke mitranya, kecuali Shoppe, Gojek, Grab.

Perbandingan kinerja start-up lokal vs luar negeri

Start-Up

Local

Fleet Favors

Who are they?

Start-up logistic dan agribisnis yang sudah memperoleh funding dari investor, contoh Edenfarm, Sayurbox

Texas’ #1 Rated Delivery App 

Jangkauan distribusi

Terbatas pada beberapa kota besar

Focus di Texas


Cara pemesanan

Customer melakukan pemesanan, membayar dan berkomunikasi dengan start-up/ customer service di apps/ web


Toko atau restoran akan memesan atas nama customer. Logistik seperti memesan, membayar dan komunikasi dengan customer dihandle oleh merchant

Customer

Konsumen yang menggunakan barang/ jasa

Merchant

Siapa yang mengantar

Pegawai/ pekerja start up. Mitra lokal

50,000 +Runner dengan rata-rata waktu pengiriman 35 menit

Dengan menggunakan Runner network, pada jam sibuk ataupun busy season (Valentine, Natal), jumlah Runner bisa bertambah.

Cost efficient 

Fixed cost cukup besar dan idle capacity akan membebani biaya operasional

Fixed cost rendah, Runner dibayar per assignment




Saran

Salah satu masalah yang dihadapi oleh start-up makanan dan agribisnis lokal adalah jaringan logistik, mahalnya biaya infrastruktur, bahan segar harus segera dikirim untuk menjga kualitas produk.

Mencontoh dari Favor Fleets yang mengakuisisi para Runners dan membayar mereka sesuai assignment dan kecepatan pengiriman, atau bahkan tips di awal, maka tidak perlu merekrut armada logistik dalam jumlah besar. Dengan banyaknya jejaring Runners, pada masa-masa panen order, kita tidak perlu kewalahan mencari tambahan pekerja sementara. Karena ada Runners yang ready untuk mengambil order.

Kemudian, UKM makanan juga terbantu karena makanan lebih cepat sampai ke pelanggan. Biaya untuk merekrut dan training tenaga kerja akan menurun.

Jika Runners ini tersebar dari pedesaan hingga perkotaan, ini akan killed mahalnya biaya operasional pengiriman, waktu kirim dan meningkatkan kualitas produk. Sehingga harga jual dari petani dan UKM lokal akan bisa meningkat dan konsumen  juga bisa menikmati bahan segar hasil petani dan UKM lokal.

Sosial impact atas mempekerjakan para Runners lokal juga akan turut membantu meningkatkan perekonomian di masa pandemi.



Pangeran Harry jadi bos startup

Daftar pustaka

1. Gareth R. Jones and Jennifer M. George. “Contemporary Management 11th edition (McGraw Hill Education, 2020) 

2. https://paxel.co/id#our-services

3. https://venngage.com/blog/best-pitch-decks/

4. https://www.antaranews.com/berita/2179410/kemenkop-pastikan-umkm-kuliner-mampu-bertahan-di-tengah-pandemi

5. https://www.theiconomics.com/change-management/bagaimana-ukm-penjual-makanan-dan-minuman-beradaptasi-selama-pandemi-covid-19/

6. https://www.antaranews.com/berita/2029522/tren-dan-peluang-bisnis-2021-yang-harus-diketahui-umkm

7. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19

8. https://money.kompas.com/read/2020/11/05/111828826/indonesia-resmi-resesi-ekonomi-kuartal-iii-2020-minus-349-persen?page=all

9. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/12/160500965/petani-merugi-saat-sektor-pertanian-tumbuh-di-tengah-pandemi-corona-apa?page=all

10. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4563154/hebat-indonesia-duduki-peringkat-5-jumlah-startup-terbanyak-di-dunia

11. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/60d1802e6475d/potensi-bisnis-impact-investing-yang-dilirik-gojek-grab-tokopedia

12. https://dailysocial.id/post/menyelesaikan-isu-rantai-pasok-agar-tak-sekadar-jadi-pemain-e-grocery

13. https://dailysocial.id/post/dropezy-dan-misinya-permudah-belanja-harian-dengan-kuantitas-kecil-dan-berulang

14. https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/60d1547d38440/uber-ambil-alih-seluruh-saham-startup-pengiriman-bahan-pokok

15. https://www.techinasia.com/agritech-startup-eden-farm-bags-1m-seed

16. https://id.techinasia.com/kumpulan-emstartupem-dan-aplikasi-pertanian-di-indonesia

17.https://dailysocial.id/post/penguatan-jaringan-rantai-pasokan-jadi-strategi-pertumbuhan-bisnis-eden-farm

18. https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/60d1547d38440/uber-ambil-alih-seluruh-saham-startup-pengiriman-bahan-pokok

19.https://www.favordelivery.com/fleet


By Novy Wulansari



Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format