THE FLIGHT – My name is WHIP, and I’m an alcoholic


0

Film yang berjudul The Flight merupakan sebuah film bergenre drama thriller Amerika Serikat yang ditayangkan pada tahun 2012 dimana berkisah tentang kehidupan seorang pilot maskapai penerbangan komersial veteran yang selama bertahun-tahun mempunyai kebiasaan dan kecanduan terhadap alkohol dan kokain. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis dan diproduseri oleh Laurie MacDonald, Walter F. Parkes, Jack Rapke, Steve Starkey dan Robert Zemeckis. Sedangkan naskah film ini ditulis oleh John Gatins.

Film ini dibintangi oleh actor besar Hollywood Denzel Washington, Don Cheadle, Kelly Reilly, John Goodman, Bruce Greenwood, Brian Geraghty, Tamara Tunie dan Melissa Leo

https://youtu.be/WmjawuFvDu4

SINOPSIS FILM

Dalam film ini berkisah tentang sebuah penerbangan Flight 227 ke Atlanta yang dipimpin oleh seorang Kapten pilot bernama William “Whip” Whitaker Sr. (Denzel Washington) dimana sebelum menjalankan tugasnya, dia menggunakan kokain agar tetap bugar setelah bangun setelah tidur nyenyak di kamar hotelnya di Orlando

Di dalam penerbangan pesawat jenis SouthJet Flight 227, dikisahkan bahwa pesawat menghadapi cuaca ekstrim yaitu mengalami turbulensi parah saat lepas landas dimana pada kondisi ini sang captain menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam mengatasi kondisi turbulensi yang hebat. 

Setelah kondisi pesawat dan cuaca menjadi tenang, maka penerbangan diserahkan kepada Copilot Ken Evans (Brian Geraghty) untuk mengambil alih sementara, dimana Whip melakukan pemberitahuan dan menenangkan penumpang atas apa yang baru saja terjadi. Akan tetapi saat melakukan pemberitahuan, secara diam-diam Whip mencampur vodka dengan jus jeruk yang akan diminumnya. Setelah itu penerbangan dilakukan dengan mengaktifkan system autopilot dan Whip mengambil kesempatan itu untuk istirahat tidur siang sedangkan penerbangan diambil alih oleh Copilotnya. 

Pada saat akan melaukkan pendaratan, Copilot mematikan system autopilot dan secara tiba-tiba terjadi kondisi yang tidak diinginkan yaitu pesawat mengalami kecondongan posisi menukik kebawah dan tidak bisa dikontrol. Goncangan yg kuat terjadi dan Whip pun terbangun untuk mengambil alih penerbangan.

Adegan saat Whip (Pilot) mencoba menguasai kondisi pesawat.

Terlihat Whip sangat tenang dalam menghadapi situasi antara hidup dan mati, dia menenangkan Copilot dan Cabin crew, sambil memberikan arahan dan perintah secara jelas dan detail apa yang harus dilakukan oleh copilot serta pramugari yang diminta membantunya didalam cockpit. Secara mengejutkan, Whip mengambil langkah diluar kewajaran guna menstabilkan pesawat dengan menerbangkan pesawat secara terbalik sebelum melakukan pendaratan darurat di lapangan terbuka. 

Adegan di dalam cabin saat peswat terbang terbalik.

Sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam penerbangan tersebut, Whip memilih opsi terbaik dengan melakukan pendaratan darurat yang mungkin bisa menyelamatkan lebih banyak jiwa. Kecelakaan pun terjadi dan Whip beserta Copilot kehilangan kesadaran dan terbangun pada kondisi dalam perawatan di rumah sakit.

Whip terbangun di sebuah rumah sakit di Atlanta dengan luka ringan dan disambut oleh teman lamanya Charlie Anderson (Bruce Greenwood), yang mewakili komunitas pilot penerbangan tersebut. Ia memberitahu Whip bahwa ia berhasil menyelamatkan 96 dari 102, kehilangan dua awak dan empat penumpang, namun ia memberitahu bahwa kopilotnya masih koma. Whip menyelinap pergi untuk merokok di tangga dan bertemu dengan Nicole, seorang pecandu heroin yang sudah sembuh dari overdosis heroin di rumah sakit yang sama. Keesokan paginya, teman Whip sekaligus pengedar narkoba Harling Mays (John Goodman) menjemputnya dari rumah sakit.

Konflik atas Kebiasaan sebagai Pecandu Heroin and Alkohol

Dalam setiap kecelakaan yang terjadi, sebuah badan investigasi kecelakaan (NTSB) selalu melakukan tugasnya untuk bisa mengetahui secara lengkap penyebab kecelakaan itu terjadi, baik factor penyebab langsung ataupun tidak langsung yang terkait dengan kecelakaan. Termasuk kemungkinan adanya pelanggaran terhadap peraturan penerbangan baik dari sisi pesawat, penunjang operasional pesawat serta orang yang terlibat dalam penerbangan, termasuk pilot dan copilot serta awak cabinnya.

Disinilah permasalahan terjadi, dimana latar belakang sebagai seorang pecandu alcohol dan heroin, serta kondisi Whip saat menerbangkan pesawat diperiksa oleh badan investigasi tersebut. Seorang pengacara yang ditunjuk oleh maskapai penerbangan Hugh Lang (Don Cheadle) dipertemukan degan Whip, yang menjelaskan bahwa National Transportation Safety Board (NTSB) melakukan uji narkoba saat ia tak sadarkan diri. Hasil penelitian menunjukkan Whip mabuk selama penerbangan. Hugh berjanji untuk mendapatkan laporan toksikologi dengan alasan teknis.

 

Adegan saat Cherlie (asosiasi pilot) dan Hugh (pengacara) menjelaskan permasalahan hukum Whip saat menerbangkan pesawat dalam kondisi mabuk.

Sementara itu, Whip berkunjung dan akrab dengan Nicole yang sedang berusaha untuk hidup bersih dari kecanduan dengan mencoba keluar dari lingkungannya. Sedangkan kebiasaan minum Whip masih berlanjut dan bertolak belakang dengan usaha Nicole untuk terbebas dari narkoba. 

Usaha untuk Bisa Terlepas dari Permasalahan

Di sisi yang lain, untuk bisa meringankan permasalahannya, ketika pemakaman anggota kru, ia mencoba untuk meyakinkan seorang pramugari yang masih hidup, Margaret Thomason (Tamara Tunie), untuk memberitahu NTSB bahwa ia dalam kondisi sadar saat memimpin penerbangan.

Selain itu, Whip juga berkunjung ke rumah kopilotnya Ken Evans setelah terbangun dari komanya, dimana Ken kemungkinan telah kehilangan sebagian besar kemampuannya untuk berjalan dan mungkin tidak akan pernah menerbangkan pesawat terbang lagi. Meskipun ia kecewa, Ken tidak berniat memberitahu NTSB bahwa Whip mengkonsumsi alcohol pada saat sedang kejadian itu. 

Adegan saat Whip mengunjungi Ken Evans (co-pilot) untuk membantu meringankan permasalahan hukum Whip bila diminta keterangan oleh NTSB.

Akan tetapi, telah beredar berita tentang kondisi Whip sebagai seseorang alkoholik dan pecandu yang disembunyikan, maka media tidak berhenti untuk bisa mendapatkan berita tersebut dan mengejar Whip guna memergokinya dalam kondisi mabuk. Dan kondisi itu terjadi setelah ia secara spontan berkendara ke rumah mantan istri dan putranya, di mana mereka membencinya.

Adegan saat Whip di kejar oleh wartawan terkait kondisi kecanduannya.

Untuk sementara Whip tinggal bersama Charlie hingga sidang NTSB dan bersumpah untuk tidak minum. Malam sebelum sidang, Charlie dan Hugh memindahkan Whip ke kamar hotel yang dijaga tanpa alkohol. Akan tetapi, meskipun bar kecilnya kosong, Whip menemukan pintu ke ruangan yang berdekatan dan tidak terkunci dan menemukan bar kecilnya. Whip ditemukan oleh Charlie keesokan paginya, pingsan dan masih mabuk. Harling datang dan menyadarkan Whip dengan kokain.

Persidangan atas Kecelakaan Pesawat

Pada persidangan, penyidik dan pemimpin NTSB Ellen Block (Melissa Leo) menjelaskan bahwa elevator yang berfungsi sebagai kemudi angkat, mengalami kerusakan dan dianggap sebagai penyebab utama kecelakaan itu. Ia memuji Whip dengan keberanian dan keahliannya dan mencatat bahwa tidak ada satupun pilot yang bisa mendaratkan pesawat tersebut dalam simulasi percobaan kecelakaan itu.

 

Adegan saat siding NTSB & penjelasan hasil investigasi atas kecelakaan penerbangan.

Ellen Block juga mengungkapkan bahwa dua botol vodka kosong telah ditemukan di tempat sampah pesawat, meskipun faktanya bahwa minuman tersebut tidak boleh disajikan untuk penumpang, dan tes Whip tidak disertakan karena alasan teknis. Satu-satunya anggota kru yang teruji positif alkohol adalah Trina (Nadine Velazquez), yang meninggal dalam kecelakaan itu dan menghabiskan malam sebelumnya dengan Whip. 

Akan tetapi Whip yang tidak mampu menyalahkan Trina atas tindakannya, sehingga Whip membuat pengakuan bahwa dirinya pada kondisi mabuk pada saat memimpin penerbangan tersebut yang secara kebetulan kecelakaan itu terjadi.

Adegan dilematis Whip saat pengakuan pengaruh alkohol saat penerbangan.

Kehidupan Baru

Setelah tiga belas bulan kemudian, Whip yang dipenjara menyampaikan kepada kelompok narapidana, bahwa ia merasa senang bisa sadar atas apa yang dilakukan dan tidak menyesal melakukan hal yang benar. Whip terlihat melihat foto-foto Nicole, keluarga dan teman-temannya di dinding selnya, bersama dengan kartu ucapan selamat kepadanya karena sudah bisa terbebas dari kecanduannya selama setahun terakhir. 

Whip juga sedang berusaha untuk membangun kembali hubungan baik dengan putranya, yang sering berkunjung dan berbicara dengannya tentang kehidupannya.

Bab 14 – Leadership

Leadership in the Contigency Situation

Dari adegan dramatic dalam penerbangan yang digambarkan dalam 2 kondisi, yaitu saat pesawat memasuki cuaca turbulensi serta saat terjadi kerusakan mesin pesawat, sangat terlihat bahwa leadership seorang Pilot ( Whip ) atas anggota flight crew ( Copilot dan Pramugari ) sangat menetukan keselamatan.

Dalam buku Contremporary Management yang disusun oleh Gareth R. Jones & Jennifer M. George (2020) edisi ke-11, chapter 14 tentang Leadership, gaya kepemimpinan yang diambil oleh Whip dalam menghadapi kondisi krisis tersebut dibahas tentang Contigency Models of Leadership ( Fiedler’s Contigency Model ), adalah sebuah Task Oriented Leader, dimana Whip memberikan petunjuk dan perintah kepada Co-pilot dan Pramugari untuk focus menjalankan individual task dan bekerjasama satu dengan yg lain untuk bisa mengendalikan pesawat saat kritis dan melakukan pendaratan darurat.

Sedangkan ditinjau dari karakteristik situasi yang terjadi, ketiga teori Fiedler sangat berperan dalam situasi yang digambarkan dalam film the Flight yaitu :

  1. Leader – Member Relations, dimana dalam sebuah penerbangan semua bagian dari team sangat mengenal satu dengan yang lain dengan hubungan interpersonal yang baik dan menaruh kepercayaan sepenuhnya pada pemimpin ( Pilot ), sehingga Ken Evans (Copilot) dan Margaret (pramugari) sepenuhnya akan mengikuti instruksinya dan memungkinkan serta memudahkan dalam aksi pendaratan darurat yang dilakukan.
  2. Task Structure, penetuan sebuah task untuk dikerjakan oleh semua posisi di dalam organisasi (Subordinates) dengan kejelasan batasan dan tujuannya serta bagaiman itu harus dikerjakan. Sangat terlihat bahwa Whip (Pilot) memberikan instruksi yang sangat jelas atas apa yang mesti dikerjakan baik caranya serta waktu yang ditentukan. 
  3. Position Power, menunjukkan sejumlah legitimasi, penghargaan serta kekuasaan dalam sebuah organisasi untuk menentukan sesuatu. Dalam cerita ini, seorang Pilot mempunyai kondisi diatas yaitu legitimasi, penghargaan, kekuasaan dalam sebuah pererbangan. Dimana Whip mempunyai dan mempergunakan Position Power untuk melakukan fungsinya yaitu menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa penumpang.

Leadership issue in contingency situation

Telaah terhadap alur cerita pada saat menghadapi situasi penerbangan dan dalam melakukan pendaratan darurat, dilihat dari komponen penunjangnya, maka didapatkan matrik sebagai berikut :

Situational Characteristics

Kondisi Situasi

Relationship Leader-member

Bagus

Hubungan interpersonal antara Pilot dng crew terlihat baik

Task Structure

Tinggi

Semua crew tahu apa yang harus dilakukan dan tujuannya

Position Power

Kuat

Pilot sangat mengendalikan dan dipatuhi oleh semua crew

Maka membuat siatuasinya menjadi sangat menguntungkan dan memungkinkan bagi seorang leader (pilot) untuk melakukan fungsinya dan mengendalikan kondisi (pendaratan) darurat.

Dari rangkaina diatas, tidak terlihat adanya permasalahan leadership dalam penerbangan dan saat terjadinya pendaratan darurat yang menyelamatkan banyak jiwa.

Bab 16 – Effective Communication

Komunikasi bisa diartikan sebagai berbagi informasi anatar 2 orang atau lebih ataupun antara kelompok untuk bisa mendapatkan pengertian yang sama atas informasi. Untuk itu akan terkait dengan proses penyampaian informasi dan penagkapan atas informasi yang disampaikan.

Kefektifan sebuah penyampaian sebuah informasi juga terkait dengan beberapa hal, yang salah satu factor terpenting atas kemampuan penerimaan informasi adalah media atau cara penyampaian informasi, seperti yang tertulis dalam Buku “Contemporary Management Elevent Edition; Gareth R. Jones dan Jennifer M. George ( JG Chapter 16 ) tentang Promoting Effective Communication, yaitu :

Terlihat bahwa, komunikasi secara langsung (Face to face communication) akan menghasilkan serapan informasi yang paling tinggi dibandingkan melalui media baik itu media cetak ataupun media elektronik. Karena dengan cara penyampaian secara langsung akan terjadi iteraksi yang melibatkan bahasa tubuh, ekspresi serta intonasi antara kedua pihak.

Hal terpenting lainnya dalam sebuah komunikasi adalah tingkat kegunaan atau kandungan informasi yang disampaikan untuk orang yang menerima informasi tersebut. Bisa terjadi sebuah informasi menjadi sangat penting bagi seseorang, tetapi bisa sama sekali tidak penting untuk orang lain. Sehingga dalam menyampaikan informasi perlu mempertimbangkan :

  • Quality of information, diterjemahkan dalam seberapa akurat danterpercayanya sebuah informasi yang disampaikan.
  • Relevance information, yang bersifat erat kaitannya dengan kebutuhan atas informasi tersebut.
  • Completeness, dimana informasi yang diberikan adalah lengkap dan bisa memenuhi atau dipakai sebagai dasar dalam membuat sebuah keputusan, 
  • Timeliness, berarti bahwa informasi yang disampaikan dapat tepat pada waktu dibutuhkan, bukan informasi yang sudah usang.

Communication in contingency situation

Mengambil alur cerita pada saat menghadapi situasi penerbangan dan dalam melakukan pendaratan darurat, dilihat dari teori tentang kegunaan serta keeffektifan komunikasi yang di lakukan oleh Capt. Whip terhadap Co-pilot dan Pramugari, maka didapatkan matrik sebagai berikut :

Communication Media

Face to Face Communication

Quality of Information

Sangat tingi

Informasi diberikan langsung oleh Pilot yang berkompeten dalam mengendalikan penerbangan

Relevance of Information

Relevan 

Baik Co-pilot dan Pramugari dibeikan instruksi sebatas apa yg harus dilakukan

Information Completeness

Lengkap

Pilot memberikan informasi yang lengkap tentang langkah apa yang harus dilakukan tanpa menimbulkan persepsi lain.

Timeliness of Information

Tepat

Informasinya sangat tepat pada waktu yg dibutuhkan.

Bab 17 – Managing Conflict, Politics & Negotiations

Konflik dan Strategi Pengelolannya 

Konflik pada suatu organisasi atau kelompok adalah perselisihan yang muncul ketika tujuan, kepentingan, atau nilai dari individu atau kelompok yang berbeda tidak sesuai dan individu atau kelompok tersebut menghalangi atau menggagalkan upaya satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka. 

Mengutip dari Buku “Contemporary Management Elevent Edition; Gareth R. Jones dan Jennifer M. George ( JG Chapter 17 ), terdapat 4 tipe konflik dalam sebuah organisasi dapat terjadi antara kelompok ataukah individu yang mempunyai kepentingan atau tujuan tertentu yaitu :

  1. Interpersonal Conflict, yaitu sebuah konflik yang terjadi antara individu dalam sebuah kelompok atau organisasi karena perbedaan tujuan dan nilai dalam menjalankan fungsi atau kepentingannya.
  2. Intragroup Conflict, jika konflik terjadi didalam sebuah kelompok, group atau departemen.
  3. Intergroup Conflict, yaitu konflik yang terjadi antar group, kelompok atao department dalam sebuah organisasi.
  4. Interorganizational Conflict, apabila konflik terjadi antara organisasi yang berbeda.

Konflik adalah sebuah hal yang sering kali bisa mendorong tingkat produktivitas, sehingga perlu di kelola dengan baik untuk tetap berada pada situasi yang positif dengan startegi yang tepat (Conflict Management Startegies). Dimana pengelolaan konflik dapat dikelompokkan dalam strategi seperti :

  • Compromise, konflik yang dimana kedua pihak mengambil sikap “menerima dan memberi” dan membuat kesepakatan diantara mereka.
  • Collaboration, konflik yg dipecahkan apabila kedua belah pihak mengambil langkah saling mensupport guna kepentingan bersama yang lebih baik.
  • Accomodation, penanganan konflik dengan pendekatan kedua pihak yang menerima kondisi pihak lainnya
  • Avoidance, sebuah penanganan konflik dengan menghindari dan tidak menyelesaikan secara langsung.
  • Competition, yaitu konflik yang disepakati dengan memperbolehkan masing-masing pihak menyelesaikan tujuan dan maksudnya.

Negosiasi dan Strateginya sebagai Solusi 

Negosiasi adalah factor penting dalam pemecahan sebuah konflik, dimana keduanya akan menawarkan jalan tengah atau solusi yang bisa diterimanya dengan mempertimbangkan segala kondisinya. 

Strategi negosiasi yang digunakan dalam pemecahan konflik antara lain :

  • Emphasizing superordinate goals
  • Focusing on problem, not the people
  • Focusing on interest, not demand
  • Creating new options for join gain
  • Focusing on “what is fair”

Telaah dari alur cerita yang dikaitkan dengan konflik yang terjadi antar Whip (Pilot) dan Investigator NTSB terhadap peraturan mengkonsumsian alcohol serta batasan kandungan alcohol dalam darah saat menjalankan tugas sebagai pilot, di matrikkan : 

Tipe konflik : 

Interpersonal Conflict

Whip (Pilot), sebagai Pilot yang kecanduan Narkoba dan Alkohol

Investigator NTSB, yang melakukan investigasi factor penyebab kecelakaan

Sumber konflik :

Different Goals & Time Horizon

Konsumsi & kandungan alkohol dalam darah yang tinggi (di atas batasan) saat menjlankan fungsi flight crew (pilot) saat penerbangan

Peraturan Penerbangan, bahwa seorang Pilot saat bertugas, kandungan alkohol harus dibawah ketentuan 

Pengelolaan konflik

Avoidance, dimana Hugh (pengacara) mengambil medical examination atas hasil pemeriksaan darah ny Whip

Competition, hasil dari pemeriksaan darah akan di bandingkan dengan peraturan yang berlaku.

Negosiasi & Strateginya

Empahazing Superordinate Goals, dengan selalu menyatakan bahwa tujuan penyelamatan jiwa tercapai.

Focusing on Interest instead of demand, keberhasilannya dalam penyelamatan jiwa saat pendaratan darurat.

Focusing on the problem, not the people, dimana tuntutan dibuat berdasarkan pada pelanggaran konsumsi alkohol saat bertugas dan bukan kemampuan Whip dalam aksi pendaratan darurat

Dari konflik yang diceritakan terjadi pada diri Capt. Whip sebagai alur utama, yaitu dalam menghadapi tuntutan hukum atas kebiasaan buruknya sebagai pecandu narkotika serta alcohol, dapat disususn beberapa kesimpulan :

  1. Capt. Whip adalah seorang penerbang yang sangat handal dengan kematangan dalam menjalankan pekerjaannya sebagai seorang Pilot, terlihat dari kemampuannya dalam menghadapi kondisi krisis. 
    1. Leadership yang sangat kuat dengan membuat kepercayaan kepada subordinatnya dan mengikuti instruksi yang dia lakukan.
    2. Kemampuan komunikasi yang sangat baik dalam memberikan instruksi dan mengukur pemahaman atas informasi yang disampaikan.
  2. Kehidupan pribadi sebagai pecandu adalah sumber segala permasalahan hidupnya dimana sudah tidak bisa dikendalikan dan akhirnya menimbulkan konflik atas perbuatannya dengan pihak regulator yang membuat kehidupannya menjadi berantakan.
  3. Solusi atas kebiasaan buruk sebgai pecandu adalah dengan menghentikannya yang hanya bisa di dorong oleh keinginanyang kuat seperti yang digambarkan dalam alurnya, yaitu keinginan berubah untuk anaknya serta keluar dari lingkungan yang akan mendorong kebiasaan tersebut kembali. 

Penulis :

HERU SUSILO – 42P20066

Referensi :

  • Contemporary Management Elevent Edition; Gareth R. Jones dan Jennifer M. George” ( JG Chapter 14 ) – Leadership
  • Contemporary Management Elevent Edition; Gareth R. Jones dan Jennifer M. George” ( JG Chapter 16 ) – Promoting Effective Communication
  • Contemporary Management Elevent Edition; Gareth R. Jones dan Jennifer M. George” ( JG Chapter 17 ) – Managing Conflict, Politics & Negotiation
  • https://youtu.be/WmjawuFvDu4

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
herususilo

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format