The Patriot: Bencana Perang Yang Mengubah Nasib Sebuah Bangsa Menjadi Negara Paling Berpengaruh Di Dunia

Perjuangan seorang patriot dalam bencana perang revolusi Amerika


2
2 points

Sinopsis film The Patriot

The Patriot adalah sebuah film tentang bencana peperangan Amerika yang dibuat pada tahun 2000. Film ini ditulis oleh Robert Rodat, disutradarai oleh Roland Emmerich dan dibintangi oleh Mel Gibson, Chris Cooper, Heath Ledger dan Jason Isaacs. Film ini memiliki alur cerita mengenai bencana peperangan yang melibatkan pasukan Inggris dan pasukan Amerika yang mendapat dukungan dari sekutunya yaitu pasukan Perancis.

Film ini mengambil tempat di pedesaan Berkeley County di South Carolina pada tahun 1776 dengan tokoh utama Benjamin Martin, seorang eks kapten perang Amerika yang terjebak ke dalam Perang Revolusi. Latar belakang waktunya dimulai dari beberapa bulan sebelum Amerika mendeklarasikan kemerdekaannya di Juli 1776. Dimana terdapat dua kubu pada koloni Amerika, yaitu kubu yang ingin merdeka melalui jalur diplomasi dengan Inggris, dan kubu lainnya adalah yang ingin merdeka melalui berperang.

Benjamin adalah perwakilan dari kubu yang tidak ingin berperang. Sebelum menikah, dia pernah terlibat dalam perang bersama dengan pasukan Inggris melawan pasukan Perancis dan pasukan Indian. Kejadian perang tersebut menimbulkan penyesalan yang sangat dalam sehingga Benjamin memiliki trauma mendalam atas bencana perang. Setelah istrinya meninggal, dia berusaha untuk menjadi orang tua yang baik mewakili istrinya dan melakukan segala cara untuk menjaga ketujuh anaknya agar tetap aman.

Pada akhirnya dalam pengambilan keputusan, kubu Benjamin yang tidak ingin berperang kalah suara melawan yang ingin berperang. Benjamin melihat dengan sedih putra sulungnya Gabriel mendaftarkan diri untuk bergabung dengan pasukan koloni Amerika yang dikenal dengan Continentals.

Pada suatu malam, pertempuran meletus di luar rumah Benjamin. Seorang tentara yang terluka memasuki rumah Benjamin. Saat Benjamin menarik pistol ke orang asing itu, ternyata orang asing tersebut adalah Gabriel yang sedang dalam misi mengirimkan pesan. Keesokan harinya, Benjamin memberikan perawatan kepada Gabriel dan kepada prajurit lainnya yang terluka, baik pihak Continentals maupun pihak Inggris. Tidak lama kemudian, pasukan Inggris yang dipimpin oleh Kolonel William Tavington tiba. Tavington memerintahkan agar pengirim pesan tersebut untuk menunjukkan dirinya. Gabriel akhirnya menyerahkan diri, berharap agar keluarganya dapat terhindar dari hukuman. Namun Tavington tetap memerintahkan agar pasukan Continentals yang terluka agar dibunuh dan seluruh rumah dibakar karena telah membantu pihak yang berkhianat. Benjamin memohon keringanan hukuman tetapi tidak diperhatikan oleh Tavington. Thomas, salah satu anak Benjamin, berlari dan mencoba membebaskan Gabriel tetapi akhirnya ditembak dengan kejam oleh Tavington. Thomas kemudian meninggal dalam pelukan ayahnya. Pasukan Inggris membakar rumah Benjamin sementara Gabriel dibawa pergi dengan tujuan untuk dihukum gantung. Pasukan Inggris juga membawa para pekerja ladang Benjamin untuk dijadikan tentara Inggris.

Adegan dimana Thomas tertembak dan Gabriel dibawa pasukan InggrisKejadian ini membuat Benjamin sangat marah dan segera mengambil senapan beserta amunisinya. Dia juga memerintahkan tiga anaknya yang masih kecil untuk menunggu di dekat rumah sementara Benjamin bersama kedua putranya segera beranjak untuk menyergap pasukan Inggris. Dia memerintahkan mereka untuk menembak seluruh prajurit inggris dari pangkat yang paling tinggi sampai ke pangkat yang paling rendah. Saat konvoi pasukan Inggris lewat, Benjamin dan putra-putranya bergantian menembak, menciptakan kebingungan dan kekacauan di antara pasukan Inggris. Pada malam itu, Benjamin menunjukkan kebrutalan terhadap pasukan Inggris. Gabriel akhirnya berhasil dibebaskan dan mereka dapat bersatu kembali dengan seluruh keluarga. Terdapat satu pasukan Inggris yang selamat dari serangan konvoi tersebut dan melapor kepada Tavington bahwa tampaknya hanya satu orang yang bertanggung jawab atas serangan tersebut dan menjulukinya sebagai Ghost atau hantu.

Setelah kejadian tersebut, Gabriel kembali bergabung dengan pasukan Continentals meskipun dilarang dengan keras oleh Benjamin. Akhirnya untuk menjaga Gabriel, Benjamin memutuskan untuk bergabung dengan pasukan Continentals. Kolonel Angkatan Darat pasukan Continentals Harry Burwell, yang sebelumnya pernah bertempur bersama Benjamin dalam Perang Perancis dan Indian, meminta Benjamin untuk mengkoordinir perlawanan terhadap pasukan Inggris di South Carolina. Benjamin akhirnya mengorganisir dan melatih sebuah tim militia, yang terdiri dari rakyat biasa yang bukan tentara sambil menunggu kedatangan pasukan Perancis dengan 10.000 tentara sebagai pasukan tambahan bagi pasukan Continentals. Dalam mengorganisir kelompok ini, Benjamin dibantu oleh Perwira Perancis Mayor Jean Villeneuve meskipun Benjamin memiliki hubungan yang buruk dengan pasukan perancis dalam peperangan sebelumnya.

Adegan perekrutan tim militia di sebuah bar lokalDi sisi lain, Tavington tidak tinggal diam. Dia memerintahkan pasukan Inggris untuk melacak Benjamin dan pasukannya. Mereka berhasil menemukan tempat tinggal Benjamin dimana pasukan Inggris datang dan menawan para penduduk di sekitar daerah rumah Benjamin. Mereka mengumpulkan para penduduk ke dalam sebuah gereja, lalu gereja tersebut dikunci dan dibakar. Semua penduduk tersebut akhirnya meninggal termasuk istri dari Gabriel. Dengan membawa beberapa pasukannya, Gabriel segera mengejar pasukan Tavington untuk membalas dendam. Namun Tavington terlalu tangguh dan berhasil mengalahkan serta membunuh Gabriel. 

Adegan pertarungan Gabriel dengan Tavington

Setelah berkabung atas kematian Gabriel, Benjamin memiliki motivasi baru untuk memerdekakan Amerika. Benjamin bersama pasukan Continentals menyusun strategi untuk membalas pasukan Inggris. Pasukan militia yang dipimpin oleh Benjamin dan Jean Villenueve diputuskan untuk memimpin di garis depan. Pada akhirnya Benjamin berhasil mengalahkan dan membunuh Tavington, serta memukul mundur Pasukan Inggris. Berlanjut dengan beberapa pertempuran lainnya, dan dibantu dengan bala bantuan dari pasukan Perancis, pasukan Inggris akhirnya menyerah.

Tokoh-tokoh utama di film The Patriot:

Managing Conflicts, Politics and Negotiation – Jones and George Chapter 17

Konflik adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam suatu organisasi atau individu karena masing-masing organisasi atau individu memiliki tujuan dan objektif yang berbeda.  Hal inilah yang dapat menimbulkan konflik. Menurut Jones and George (2020), konflik dapat dibagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah analisa jenis-jenis konflik dan contoh pada film The Patriot:

Pada film The Patriot, sumber konflik pada utamanya adalah ketidaksesuaian tujuan dimana koloni Amerika ingin memiliki kemerdekaan, yang tidak sesuai dengan Kerajaan Inggris yang tetap ingin menguasai koloni. Selain itu, juga diiringi konflik interpersonal dan intragroup antara Benjamin dengan anaknya Gabriel dan koloni yang ingin berperang, karena Benjamin memilih jalan damai.

Ketika dilakukan pemilihan suara di koloni South Carolina, Benjamin memutuskan tidak mau berperang

Dalam menangani suatu konflik yang terjadi di dalam suatu organisasi atau individu, diperlukan solusi atau teknik untuk mengatasi konflik tersebut. Menurut Jones and George (2020), terdapat 5 teknik atau solusi untuk menghadapi atau menyelesaikan konflik yang ada ini, antara lain sebagai berikut:

Keadaan dimana Benjamin menghindari konflik di saat Thomas tertembak karena memikirkan keselamatan keluarganya

Setelah memutuskan bergabung dengan pasukan Continentals, Benjamin perlu memiliki strategi politik untuk mendapatkan dan mempertahankan keunggulan dari pasukan Continentals atas pasukan Inggris. Menurut Jones and George (2020), terdapat 5 strategi untuk mendapatkan dan mempertahankan otoritas atas bencana peperangan ini, yang mana sebagai berikut:

Salah satu cara adalah membangun aliansi, dimana Pasukan Perancis tiba untuk membantu Pasukan ContinentalsSementara itu Benjamin juga harus memiliki strategi-strategi untuk dapat menjalankan otoritas nya sebagai komandan pasukan Continentals. Menurut Jones and George (2020), terdapat 4 strategi untuk menjalankan otoritas untuk dapat meraih kemenangan atas bencana peperangan ini, yang mana sebagai berikut:

Adegan yang menunjukkan semua orang pemenang, dimana budak yang ikut berperang memperoleh kebebasannya

Effective Groups and Teams – Jones and George Chapter 15

Perbedaan mendasar antara sebuah tim dan grup adalah:

Jenis

Penjelasan

Grup

Dapat didefinisikan sebagai dua orang atau lebih yang berinteraksi satu sama lain untuk menyelesaikan tujuan tertentu atau mencapai kebutuhan tertentu.

Tim

Adalah jenis kelompok yang anggotanya bekerja secara intens satu sama lain untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama. Dengan kata lain, semua tim adalah grup, tetapi tidak semua grup adalah tim.

Dua karakteristik yang membedakan tim dari grup adalah intensitasnya dengan mana anggota tim bekerja sama dan mengenai tujuan atau sasaran tim yang spesifik dan utama. Pembagian tim dalam pasukan Continentals berkontribusi signifikan atas kemenangannya dalam peperangan. Seorang pemimpin dapat membentuk berbagai jenis grup dan tim untuk mencapai tujuan kinerja tinggi, daya tanggap, inovasi, dan motivasi pasukan. Berikut adalah keuntungan pembentukan kelompok dalam film the Patriot:

Kerja sama yang kompak antara tim militia dengan tentara reguler Continentals menghasilkan kemenangan

Suatu tim dapat dibagi menjadi 2 bagian: tim formal dan tim informal. Tim formal adalah tim yang dibentuk seorang pemimpin untuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut. Tim informal adalah tim yang dapat dibentuk oleh siapa saja untuk membantu mereka mencapai tujuan atau kebutuhan mereka. Berikut adalah macam-macam tipe tim yang relevan dalam film the Patriot:

Tim militia sebagai gugus tugas baru dibentuk dan dilatih oleh Jean Villenueve untuk membantu pasukan Continentals

Pasukan Continentals memiliki jumlah pasukan yang lebih kecil dan kurang terkoordinasi dan kurang terlatih jika dibandingkan dengan pasukan Inggris. Akan tetapi suatu kelompok kecil memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kelompok besar dalam hal ini pasukan Continentals dibandingkan dengan pasukan Inggris. Berikut adalah pemetaan keunggulan dan kelemahan kelompok kecil dan kelompok besar berdasarkan Jones and George (2020):

Dari segi hubungan pekerjaan, pasukan Continentals dan pasukan Inggris menganut jenis Pooled Task Interdependence dimana anggota kelompok memberikan kontribusi masing-masing kepada kinerja kelompok. Sementara jika dilihat dari tahapan perkembangan sebuah kelompok, berikut adalah analisa atas tahapan kelompok dari Tim Militia sebagai bagian dari pasukan Continentals.

Salah satu adegan yang menunjukkan tim militia sudah berada di tahap performingMotivation and Performance – Jones and George Chapter 13

Menurut Jones and George (2020), motivasi memiliki makna kekuatan psikologi yang menentukan arah dari perilaku seseorang dalam suatu organisasi, usaha seseorang dan kegigihan seseorang. Untuk meraih kemenangan dari bencana peperangan ini, Benjamin harus mampu mengerti motivasi dari pasukan Continentals dan mampu meningkatkan motivasi tersebut agar dapat meraih kemenangan. Berikut adalah 3 komponen kunci dari motivasi dan bagaimana Benjamin mampu memaksimalkan penggunaan komponen tersebut untuk meraih kemenangan atas bencana peperangan ini:

Motivasi yang dimiliki oleh pasukan Continentals berupa Intrinsically dan Prosocially Motivated Behaviour, dimana ada yang berjuang untuk membalaskan dendam, mendapatkan kemerdekaan dan berjuang membantu rekan-rekan seperjuangan yang sudah terlebih dahulu bergabung untuk berperang.

Adegan dimana Benjamin memiliki motivasi untuk memerdekakan AmerikaUntuk dapat meraih kemenangan yang maksimal, seseorang harus mengerti teori motivasi dimana terdapat beberapa input yang harus diberikan oleh masing-masing anggota dari suatu organisasi, kinerja yang dikontribusikan dan output atau hasil yang diharapkan dari anggota-anggota tersebut. Berikut adalah analisa persamaan teori motivasi berdasarkan Jones and George (2020):

Berdasarkan teori hirarki kebutuhan Maslow, terdapat 5 kebutuhan dasar yang memotivasi perilaku manusia. Maslow mengemukakan bahwa suatu tingkat terendah atas kebutuhan yang belum terpenuhi merupakan pendorong atau motivator utama dari seseorang dan hanya jika kebutuhan tersebut terpenuhi, maka seseorang akan mencoba untuk meraih kebutuhan di tingkat selanjutnya. Berikut adalah analisa teori hirarki kebutuhan Maslow dan konsepnya dalam film the Patriot:

Perbandingan dua karakter pada film The Patriot

Berdasarkan 3 bab yang dibahas untuk film The Patriot, berikut adalah perbandingan antara kedua karakter protagonis yaitu Benjamin Martin dan antagonis utama yaitu William Tavington:

Beberapa saran untuk peningkatan dalam pengelolaan konflik, tim serta motivasi dari kedua pemain utama adalah sebagai berikut:

Dengan beberapa hal diatas, dapat dilihat bahwa strategi penanganan konflik yang tepat, tim yang memiliki kohesivitas tinggi dan motivasi yang tepat yang dimiliki oleh para anggota tim, maka kelompok yang kecil sekalipun dapat mengubah sejarah. Meskipun film The Patriot ini merupakan kisah fiksi, namun beberapa bagian di dalamnya merupakan gabungan sejarah dari beberapa kisah hidup pahlawan revolusi Amerika. Dengan kegigihan dari pasukan revolusi, Amerika dapat menjadi bangsa yang merdeka dan menjadi negara paling berpengaruh di dunia saat ini.

Referensi:

1. The Patriot Movie

2. Jones, G.R., and George, J.M. (2020) Contemporary Management (Eleventh Edition). McGraw – Hill Education.

3. Wikipedia: The Patriot (2000 film) – Prolog and Historical Authencity

Disusun oleh: 

Stephanie Tanggara (SEMBA 42 C – 42P20079)


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
stephanie

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format