Startup Yummy Corp dalam membantu UMKM Industri Makanan dan Minuman


1
1 point

Pemerintah terus berupaya mengeluarkan kebijakan ekonomi seperti insentif dari pemerintah baik modal kerja, bantuan bantuan tunai, bantuan bagi para pekerja, dan percepatan vaksinasi ke seluruh masyarakat Indonesia untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity), kedua hal diatas dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi permasalahan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi covid-19.

https://kemenperin.go.id/gpr


Selain perekonomian Indonesia pada kuartal III tahun 2020 mengalami kontraksi hingga -3,49% dan ditambah pandemi covid-19 yang terjadi mengakibatkan pukulan telak bagi seluruh sektor industri di Indonesia tidak terkecuali pada sektor makanan dan minuman. Sampai dengan triwulan III tahun 2020 industri makanan masih tumbuh positif namun pertumbuhan industry makanan dan minuman masih jauh dari kondisi normal.


Sejatinya industry makanan dan minuman turut menggerakkan ekonomi dari produksi, penanaman modal, penyerapan lapangan kerja, untuk itu sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia harus menunjukkan kinerja yang baik. Industri makanan dan minuman berkontribusi 38,01% terhadap produk domestic bruto pengolahan non migas pada kuartal IV / 2020.

Berdasarkan data laju pertumbuhan industry makanan dan minuman periode 2016 – 2019, kinerja industri sebelum covid-19 relatif stabil di level 7,78% - 9,23%. Kinerja terbaik terjadi di tahun 2017 dengan pertumbuhan sebesar 9,23% yoy.


Tabel 1 : Laju Pertumbuhan Industi Makanan dan Minuman 2016 – 2020, Triwulanan terhadap Triwulan yang Sama Tahun Sebelumnya (y-on-y)



Triwulan I

Triwulan II

Triwulan III

Triwulan IV

Tahunan

2020

3.94

0.22

0.66

1.66

1.58

2019

6.77

7.99

8.33

7.95

7.78

2018

12.77

8.67

8.1

2.74

7.91

2017

7.7

6.48

8.92

13.77

9.23

2016

7.6

8.13

9.98

7.53

8.33

Sumber: Badan Pusat Statisika (BPS) [Seri 2010] Laju Pertumbuhan PDB Seri 2010 

Pandemi COVID-19 menyebabkan industry makanan dan minuman tahun 2020 merosot dalam sebesar 1,58%. Pasca penerapan kenormalan baru, industry makanan dan minuman di triwulan III/2020 sedikit menguat menjadi 0,66 % yoy dibandingkan posisi triwulan II/2020 yaitu 0,22% yoy. (Diagram 1).

Diagram 1 : Laju pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman 2020 (sumber BPS)

Dari berbagai sumber yang kami peroleh, merosotnya kinerja industry makanan dan minuman disebabkan oleh : 

1. Daya beli masyarakat

Industri makanan dan minuman dibuat lesu akibat pandemi covid-19 yang secara tidak langsung mengakibatkan merosotnya daya beli masyarakat (dari kelas menengah ke bawah) untuk berbelanja.

Pada saat awal pandemi, yang paling dirasakan dari kalangan kelas menengah ke bawah karena banyak yang dirumahkan / kehilangan pekerjaan yang mengakibatkan hilangnya daya beli karena tidak memiliki pendapatan. Sedangkan daya beli dari kalangan kelas menengah pada saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sangat membatasi aktivitas dan belanja meskipun mereka memiliki uang.

https://m.mediaindonesia.com/ekonomi/322506/daya-beli-masyarakat-hilang-rp362-triliun

2. Birokrasi

Tantangan industry makanan dan minuman selain itu adalah permasalahan birokrasi panjang dan berliku yang mengakibatkan tersendatnya impor bahan baku.

Saat ini banyak bermunculan perusahaan rintisan (startup) berbasis makanan dan minuman yang mencoba mencari solusi bagi pemenuhan kebetuhan pelanggan (to fulfil customer needs) di era kenormalan baru, salah satunya adalah PT Kuliner Digital Sejahtera dengan brand Yummy Corp. 

Meskipun berdiri sejak tahun 2017 yang terafiliasi dengan Ismaya Group yang merupakan merk terkemuka di perusahaan lifestyle Food & Beverage dengan lebih dari 70 outlet yang beroperasi di seluruh Indonesia, singapura, shanghai, dan dubai, 


Pada saat itu beberapa perusahaan besar menyediakan makanan bagi para karyawan sebagai bagian dari fasilitas untuk karyawannya. Yummy Corp hadir menawarkan makanan segar dan lezat bagi perusahaan dan kelompok-kelompok tertentu yang menginginkan layanannya.


Yummy Corp adalah perusahaan manajemen cloud kitchen terbesar di Indonesia. Cloud Kitchen juga sering dikenal sebagai ghost kitchen yang merupakan restoran yang tidak menyediakan makanan di tempat atau hanya layanan antar pelanggan. 


Startup ini melakukan open partnership dengan pihak manapun dan membimbing para pelaku UKM untuk berkembang dalam industry makanan dan minuman. Seperti yang diilustrasikan dalam website Yummy Kitchen sebagai berikut:

Meskipun Yummy corp saat ini memiliki dua dapur di Serpong (dapur utama) dan Jakarta Pusat (dapur hub) namun dapat memenuhi kapasitas 12.000 hingga 15.000 porsi makanan setiap harinya.

Layanan yang disediakan oleh Yummy corp antara lain 

  1. Food Facility Management (seperti catering, restoran, dan f&b management)
  2. Corporate Branded Outlet (seperti layanan kafe)
  3. Meeting & Event Packages
  4. Yummy Box (pemesanannya menggunakan aplikasi di HP)

Dengan layanan diatas, Yummy corp siap melayani kebutuhan pelanggannya dari beberapa perusahaan.


Pada masa pandemi covid-19, banyak permasalahan yang dihadapi oleh startup tidak terkecuali dengan Yummy corp sendiri. Dalam kondisi saat ini Yummy corp harus melakukan terobosan dan inovasi dalam industry makanan dan minuman. Salahsatunya adalah Kerjasama antar startup, antara lain dengan tukar pikiran atau membuat produk secara bersama atau membuat platform baru.


"Sekarang ini hal yang membuat kita selamat adalah kolaborasi, karena dengan begitu kita akan saling kenal dan mendengar pencerahan-pencerahan. Jangan berpikir tentang diri sendiri tapi berkolaborasi, berkontribusi, dan inovasi. Saya pikir ini adalah yang dibutuhkan oleh orang-orang sekarang di masa saat ini," ungkapnya pada acara virtual IDEAFEST 2020, Sabtu (14/11). 

Sumber:https://www.merdeka.com/uang/bos-yummy-corp-penyelamat-bisnis-saat-pandemi-ialah-kolaborasi.html


Selain itu dalam masa pandemi, Yummybox meluncurkan program kampanye dalam rangka penanggulangan pandemi dengan judul #yummycares. Kampanye ini untuk mengajak masyarakat makan makanan sehat dan melakukan social distancing dan juga meluncurkan tiga food playlist terbaru yaitu immune booster, work from home dan comfort soup.  Layanan ini menerapkan contactless delivery tanpa berinteraksi dengan pelanggan.


Analisa Isu dan Permasalahan dari sudut pandang Teori Business & Management sebagai berikut:

Bab 8 Managers as a planner and strategist

Yummy Corp : sektor bisnis, pesan antar-kuliner dan operator cloud kitchen

Planning

Mengidentifikasi dan memilih tujuan dan program yang tepat dari tindakan untuk sebuah organisasi.

Planning 


Kami bersemangat bermitra dengan Anda untuk memberikan pengalaman solusi makanan yang luar biasa.


Strategy

Sekumpulan keputusan terkait tujuan yang ingin dicapai, tindakan apa yang harus diambil serta bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan.

3 Langkah utama dalam proses perencanaan: 

  1. Menentukan misi dan tujuan utama organisasi. Mission Statement (Misi) adalah pernyataan umum terkait tujuan organisasi menjelaskan tentang produk organisasi, pelanggan yang membedakan organisasi dengan pesaing lainnya.
  2. Menentukan strategi untuk mencapai misi dan tujuan tersebut. Menganalisa kondisi perusahaan saat ini yang dapat digunakan untuk merumuskan strategi dalam mencapai misi dan tujuan.
  3. Menetapkan cara efektif untuk mengimplementasikan strategi tersebut ke langkah-langkah atau tindakan lebih lanjut.

Strategy


Yummy Corp menyediakan solusi makanan yang lezat, segar, dan kreatif untuk kebutuhan perusahaan dan kelompok sehari-hari. Kami memberikan sentuhan baru pada dapur awan yang terkelola sepenuhnya, manajemen fasilitas makanan, dan katering MICE khas kami, memberikan Anda pengalaman berharga sambil membantu Anda mengelola biaya.

Bab 8 


DEFINING THE BUSINESS

  • Manager harus dapat menjawab 3 pertanyaan penting berikut dalam mendefinisikan bisnisnya,:
  1. (Who) Siapa pelanggan kita
  2. (What) Apa yang pelanggan butuhkan agar dapat terpenuhi
  3. (How) Bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan pelangga




  1. Karena ini merupakan restoran yang menyajikan secara delivery maka pelanggannya adalah karyawan perkantoran, rumah tangga. 
  2. Perusahaan manajemen cloud kitchen terbesar di Indonesia. Cloud Kitchen juga sering dikenal sebagai ghost kitchen yang merupakan restoran yang tidak menyediakan makanan di tempat atau hanya layanan antar pelanggan. 
  3. Menyajikan makanan sehat dan lezat serta penyebaran outlet2 yummy kitchen.

Bab 7 Level of Management


CEO

Top Managers

Bertanggung jawab atas kinerja semua departemen.

Menetapkan tujuan organisasi

Tentukan bagaimana departemen yang berbeda harus berinteraksi

Pantau seberapa baik manajer menengah di setiap departemen menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan

CEO:

Mario Suntanu merupakan CEO Yummy Corp


Top Manager:

Marbio Suntanu merupakan Managing Director

Marius Suntanu merupakan Food Development Director

Edward Kumar merupakan Co-Founder

Juan Chence merupakan Co- Founder

SWOT Analisis

Strength

terafiliasi dengan Ismaya Group yang merupakan merk terkemuka di perusahaan lifestyle Food & Beverage dengan lebih dari 70 outlet yang beroperasi di seluruh Indonesia, singapura, shanghai, dan dubai.

Memiliki Yummy Kitchen sebagai Ghost Kitchen yang memiliki cabang 70 dapur.

Weakness

Hanya memiliki 2 dapur yaitu di Serpong dan Jakarta

Kurangnya media promosi mengenai Yummy Corp.

Opportunities

Di era pandemic, layanan pesan makan ini memberikan pengalaman baru dalam memesan makanan yang sesuai selera pemesan

Perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini yang instant, layanan pesan makanan ini sangat berguna dan sangat menjanjikan.

Threats

Banyaknya competitor yang akan menyaingi bisnis Yummy Corp ini.

Salah satu dibukanya partnership akan menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis jika tidak di maintain dengan baik.

Five Force Model

Competitors in the industry

pasar dibidang ghost kitchen bisa digolongkan ke dalam pasar oligopoli, dalam arti banyak pesaing namun dalam jumlah yang masih terbatas.

barriers to entry into an industry

potensi pesaing masuk ke dalam industry makanan dan minuman masih sulit karena membutuhkan modal yang besar, serta teknik promosi yang baik agar dapat bisa diterima oleh pelanggan.


Bab 8


THREE MISSION STATEMENTS


Yummy Corp

PT Rebel Food

We are passionate about partnering with you to deliver an exceptional food solutions experience.

Our mission is to create unique, memorable and delightful experiences for all occasions: Shoumyan Biswas, Rebel Foods. Rebel Foods, owns well-known brands such as Faasos, Behrouz Biryani, Oven Story, Mandarin Oak, The Good Bowl, SLAY and Sweet Truth among others.

Pengembangan secara teknologi informasi harus ditingkatkan, tidak hanya focus di kota besar Jakarta tapi harus bisa masuk ke kota-kota di luar Jakarta, pemasaran via media sosial, belajar dari para ahli kuliner. Hal tersebut sangat berguna dan startup local akan cepat berkembang atau mungkin dapat ekspansi ke luar negeri seperti yang dilakukan oleh perusahaan PT Rebel Food di Indonesia


berikut kutipan dari situs rebelfoods.com:

Kesuksesan hanya dapat dicapai dengan menyelaraskan individu dengan pola pikir wirausaha yang benar. Kami terus mencari merek yang memecahkan masalah besar bagi konsumen di setiap langkah perjalanan makanan mereka.

SLAY Coffee lahir dari visi seorang wirausahawan untuk mengantarkan kopi panas. Setelah kesuksesan awal, kami menskalakan merek ke +100 lokasi di India dalam waktu 18 bulan.

Di Rebel Foods, kami mengikuti filosofi Eat Sure, yang mengamanatkan bahwa semua makanan.


Demikian


Terimakasih.



Sumber

Jones, G.R., dan George, J.M. (2016). Contemporary Management. 9th Edition, McGraw-Hill, New York.

https://kemenperin.go.id/gpr

https://katadata.co.id/yuliawati/indepth/5fc259bb47b62/industri-makanan-dan-minuman-akan-kembali-normal-pada-2022

https://agro.kemenperin.go.id/artikel/6419-kebijakan-pemerintah-dalam-pengembangan-industri-makanan-dan-minuman

https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/104/sdgs_17/2

https://teknologi.bisnis.com/read/20190530/266/929119/yummy-corp-akuisisi-berrykitchen

https://koran.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/459773/pesan-antar-dari-dapur-bersama

https://www.yummycorp.com/

https://www.yummykitchen.com/cloud-kitchen

https://www.rebelfoods.com/rebel-launcher


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
amaryadi

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format