The 33 : Belajar Manajemen Krisis dan Leadership dari Kisah Penyelamatan Penambang Chili

Kisah 33 penambang Chili yang terjebak dalam lokasi tambang, menjadi bukti nyata bahwa leadership dapat menyelamatkan nyawa manusia


3
3 points

Gambar 1. Poster film The 33

Sumber : www.staceytuttle.wordpress.com

Tentang Film The 33

Film The 33 (Spanyol: Los 33) yang dirilis pada tahun 2015 ini adalah sebuah film drama penyelamatan bencana biografi yang menarik untuk disaksikan. Film yang di produksi oleh Warner Bros bekerja-sama dengan Alcon Entertaiment dan Phoenix Picture ini memberikan sebuah sajian nyata yang membuat para penonton akan ikut bisa merasakan suasana dan ketegangan pada film The 33. Film ini merupakan sebuah film karya sutradara Patricia Riggen, ditulis oleh Mikko Alanne dan José Rivera dan diproduseri oleh Robert Katz, Edward McGurn dan Mike Medavoy yang juga memproduseri Film Apocalypse Now. 

Pada awal mulai film ini berlatarkan kota di wilayah Chile, merupakan sebuah kota kecil yang 90% warganya bekerja sebagai penambang. Film ini diangkat dari kisah nyata peristiwa kecelakaan pertambangan Copiapo 2010, yang juga dikenal sebagai “kecelakaan pertambangan Chili”. Kisah 33 pekerja tambang yang terjebak reruntuhan di pusat pertambangan San Jose di bawah tanah selama 69 hari di Chili pada 2010 lalu menarik perhatian dunia dan melibatkan bantuan dari beberapa negara.

Biaya produksi film ini sebesar 26 juta USD dan Film The 33 ini pun mendapatkan banyak penghargaan.

Gambar 2. Daftar penghargaan film The 33

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt2006295/

Untuk mendukung kesuksesan film ini, banyak melibatkan aktor dan aktris yang cukup terkenal, yaitu:

Gambar 3. Pemeran film The 33

Sumber : https://www.imdb.com/title/tt2006295/

Video 1. Official Trailer Film The 33

Sumber : Kanal Youtube Warner Bros Pictures

Sinopsis Film


Cerita film diawali dengan sebuah teks pembuka : 'Setiap tahun 12.000 penambang di seluruh dunia meninggal akibat kecelakaan tambang.'


Copiapo, Chili


Menggambarkan suatu daerah Copiapo, Chili yang penduduknya banyak berprofesi sebagai penambang emas di tambang San José. Mario (Antonio Banderas) mengambil giliran kerja ekstra untuk dapat membiayai hidup Katty, istrinya dan putrinya Escarlette. Sedangkan lex (Mario Casas) mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan yang jauh lebih aman meskipun mungkin dibayar jauh lebih sedikit untuk menenangkan istrinya yang sedang hamil, Jessica dan ayahnya Don José. Darío (Juan Pablo Raba) tidak menghiraukan sapaan saudara perempuannya, María (Juliette Binoche). Yonni (Oscar Nunez) menghibur rekan-rekan penambangnya dengan kisah rumah tangganya, sementara Edison (Jacob Vargas) berpakaian dan berperilaku menirukan seperti Elvis Presley. José (Marco Trevino) berperan seperti pendeta bagi para penambang tersebut; mandor shift Luis (Lou Diamond Phillips) semakin mengkhawatirkan keselamatan tambang San José. Gomex (Gustavo Angarita), anggota kru tertua, akan pensiun dalam dua minggu.


5 Agustus 2010. Hari 1.


Mario, lex, Darío, Yonni, Edison, José, Gomex, Luis, dan pria lainnya menaiki bus antar-jemput ke tambang San José. Saat mengemudi melalui padang pasir, mereka melewati Carlos (Tenoch Huerta), imigran Bolivia yang sedang berjalan ke shift tugas pertamanya di tambang emas, namun bus tidak berhenti untuk menjemputnya. Sebelum giliran kerja mereka dimulai, Luis mendatangi kantor pemilik tambang, Castillo. Dia menyampaikan bahwa saat memeriksa stabilitas terowongan di bawah tanah, dia menemukan pecahan kaca. Luis menjelaskan bahwa dia meletakkan cermin di antara celah gunung; apabila beberapa cermin pecah, mengindikasikan ada pergeseran gunung. Luis, yang mengkhawatirkan keselamatan anak buahnya, berpikir tambang harus ditutup. Castillo tidak setuju dan tetap menyuruh Luis pergi melakukan penambangan bersama tiga puluh dua orang lainnya. Sementara itu, Edison mengolok-olok Carlos karena dia berasal dari Bolivia, sebagai penambang timah tetapi bukan emas. Kemudian semua orang naik truk, yang mengangkut mereka ke tambang melalui terowongan sempit dan merupakan satu-satunya pintu masuk dan keluar. 


Lokasi pada situs penggalian, 1.700 kaki di bawah tanah, suhu 90 °F.


Para penambang mulai bekerja. Luis terus memeriksa terowongan dan menemukan lebih banyak pecahan kaca. Disaat penambang sedang bekerja, tiba-tiba tanah mulai bergetar. Batu-batu raksasa menghujani para penambang. Semua orang berlari ke truk dan berkendara seperti orang gila ke Tempat Perlindungan (lokasi penggalian, 2.300 kaki di bawah tanah, 94°F), tempat yang dibangun untuk para penambang untuk menunggu sebelum memasuki gua. Namun situasi terowongan runtuh, kondisi berbahaya dengan banyaknya luncuran batu-batu, dan para pekerja terlempar ke segala arah. Nampak dari luar bahwa pintu masuk gua ke tambang memberikan kepulan asap dan total tiga puluh tiga pekerja telah terperangkap di bawah tanah.



Gambar 4. Ilustrasi situasi pada saat terjadi runtuhan batu di dalam tambang


Sumber : https://portalsurabaya.pikiran-rakyat.com


Mengetahui ada kejadian di lokasi tambang, Castillo menutup lokasi tambang dan melarang siapa pun pergi namun dua penambang berhasil pergi sebelum Castillo menutup gerbang; kemudian mereka melaporkan ada keruntuhan di lokasi tambang dan memanggil penyiar berita untuk melaporkan hal tersebut. Keluarga orang-orang yang terperangkap di bawah tanah bergegas ke gerbang tambang San José dan menuntut informasi dan tanggapan dari pemilik tambang. 


Sementara itu, di istana kepresidenan di ibu kota Santiago, menteri pertambangan Laurence Golborne (Rodrigo Santoro) memberi tahu Presiden Pinera (Bob Gunton) bahwa telah terjadi kecelakaan pada lokasi tambang San José dan perusahaan pertambangan tidak dapat menangani ekspedisi penyelamatan terhadap penambang yang terjebak di dalamnya. Lauren berusaha meyakinkan presiden untuk campur tangan menangani masalah ini.


Di bawah tanah, para penambang dihadapkan pada situasi ada batu besar yang menghalangi mereka untuk menuju jalan keluar dari tambang. Kemudian Luis meminta para penambang itu pergi ke Tempat Perlindungan, di mana ada simpanan makanan dan air untuk tiga puluh orang selama tiga hari. Melihat keadaan terjebak di dalam tambang, Mario tidak menyerah begitu saja. Dia ingin memeriksa tangga yang memanjang ke atas cerobong-cerobong tambang: jika cerobong-cerobong itu tidak ditutup, mereka semua bisa memanjat keluar. lex menawarkan untuk bergabung dengannya. 


Hari ke-2.


Di lokasi bawah tanah, Mario dan lex menaiki tangga dan menemukan bahwa tangga berhenti di tengah cerobong asap. Pemilik tambang tidak pernah menyelesaikan tangga darurat tersebut. Sementara itu, Luis menemukan bahwa radio komunikasi yang dipasang di Refuge tidak berfungsi. Dalam situasi yang berbeda, Dario menyerang Yonni untuk mendapatkan makanan. Mereka menemukan delapan belas kaleng tuna, beberapa bungkus kue, dan beberapa karton susu. Mario menanyakan kepada Luis, yang mengetahui bahwa tangga tidak pernah selesai dibuat. Luis elah putus asa karena butuh satu abad bagi para penambang untuk menggali sedalam ini, dan perusahaan yang memiliki tambang tidak akan pernah menegleuarkan uang untuk melakukan penyelamatan terhadap mereka. Dia percaya mereka akan mati di bawah tanah. Mario dan Luis hampir berkelahi. Di situasi lain, Darío mulai memakan makanan yang tersedia dan terjadilah perkelahian. Mario mengatasi situasi tersebut dan penambang lainnya tunduk dan menghormati Mario: mereka mengangkat Mario sebagai pemimpin dan mengatur jatah makanan mereka.


Selanjutnya menggambarkan situasi di atas tambang ketika Laurence tiba di lokasi tambang tersebut. María menghadangnya dan meminta Laurence bersumpah akan menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di tambang. Laurence menemui Castillo dan Castillo memberi tahu Laurence bahwa dia mencoba mengirim tim penyelamat ke cerobong asap, tetapi cerobong itu runtuh. Terlalu berbahaya untuk mencoba penyelamatan lain. Saat Laurence menyampaikan berita itu kepada keluarga penambang, María menyerangnya karena mengecewakan mereka. 


Di lain sisi, Presiden Pinera memanggil André Sougarret, seorang insinyur pertambangan yang disegani. André memberi tahu Laurence bahwa, bahkan jika mereka segera mulai menggali, perlu waktu sekitar delapan hari untuk mencapai orang-orang yang terperangkap. Selain membutuhkan waktu yang lama, terdapat masalah lain yang mungkin timbul yaitu dasar batu dapat menyebabkan pengeboran menyimpang dari Refuge. Menjangkau para penambang menjadi tantangan, dan mereka tidak punya waktu luang.


Hari ke-3.


Mario mengatur pembagian jatah makanan yang sedikit dan para penambang berhasil memulihkan lampu Refuges, yang membangkitkan semangat mereka. Ketika mereka mendengar suara pengeboran dan menyadari bahwa mereka akan diselamatkan, mereka menjadi bersemangat.


Hari 5.


Pengeboran dilakukan tanpa henti tetapi selalu menemui kegagalan karena batu gunung yang sangat keras. André menjadi tidak sabar dengan Laurence ketika pria lain mengajukan terlalu banyak pertanyaan. Keluarga para penambang telah mendirikan kemah di luar lokasi tambang. Laurence, yang tidak dapat menjawab apakah orang-orang yang terperangkap itu masih hidup, merasa tidak berdaya ketika dia berbicara kepada mereka. Dia membuat sebuah kamp yang akan menyediakan tempat berlindung, makanan, perhatian medis, dan sekolah bagi para penyelamat dan keluarga para penambang yang terjebak. María menemui Laurence dan mengucapkan terima kasih karena menepati janjinya. Situasi di bawah tanah, Dario sudah menderita gangguan psikologis dan mengalami halusinasi. José menghibur dan berdoa bersamanya.


Hari 8.


Tenda yang dibangun untuk menyediakan akomodasi bagi para pekerja penyelamat dan keluarga penambang yang di beri nama Kamp Harapan sudah berdiri dan berjalan. 


Hari 14.


Sebuah bor akhirnya mencapai kedalaman Refuge. Laurence dan André serta keluarga penambang menunggu dengan cemas agar mesin menembus batu. Di bawah tanah, para penambang mendengar suara bor mendekat, mereka bersukacita. Namun kegembiraan harus terhenti ketika mereka menyadari pengeboran telah melewati Refuge. lex putus asa dan hendak bunuh diri melompat ke jurang. Mario meyakinkannya untuk tidak melompat dengan mengingatkannya akan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah. Hari-hari berlalu, dan harapan memudar. Para penambang memakan jatah makan terakhir mereka. Di atas tambang, André memberi tahu Laurence bahwa orang-orang itu mungkin sudah mati. Dia menyerah. Laurence sangat marah, tetapi setelah berbicara dengan María, dia punya ide: belajar dari pengalaman dengan banyak kesalahan perhitungan dalam melakukan pengeboran, mereka harus mengarahkan mata bor di sepanjang celah di batu. Ketika dia menjelaskan rencananya kepada André, sang insinyur menyadari bahwa rencana itu brilian.


Hari 17.


Mario berjalan melalui Refuge dan melihat betapa buruk kondisi teman-temannya itu. lex berbicara pada dirinya sendiri. Jose mengalami kesulitan bernapas. Carlos tampaknya tenggelam dalam pikirannya sendiri. Akhirnya ada kejadian dimana salah satu bor menembus langit-langit gua. Mario memanggil teman-temannya dan membuat suara gaduh untuk memberi tanda kepada penyelamat mereka bahwa mereka masih hidup. Dari atas tanah, Laurence mendengar suara itu. Para penambang melampirkan pesan tulisan pada bor, yang dibacakan Presiden Pinera kepada keluarga penambang: ketiga puluh tiga pria itu masih hidup. Semua orang bersukacita. André memberi tahu Laurence bahwa mengevakuasi orang-orang itu masih merupakan tantangan: belum pernah ada upaya seperti ini sebelumnya.




Gambar 5. Pesan yang ditulis oleh penambang kepada team penyelamat

Sumber : http://www.chile-attractions.com/chile-miners.html




Hari-hari pun berlalu, tim penyelamat menurunkan kamera ke Refuge, memungkinkan para penambang berkomunikasi dengan dunia luar. Setelah menemukan para penambang dan membuat celah lubang, para penyelamat dapat mengirimi mereka makanan dan banyak lagi: iPod, majalah, pakaian baru. Kesehatan penambang membaik. Keributan terjadi ketika Yonni membaca di koran bahwa Super Mario telah ditawari pembuatan buku atas kejadian yang menimpa mereka. Sementara itu, presiden sangat marah karena pengeboran terus dihentikan dan menunda penyelamatan para penambang. Cerita di bawah tambang, Dario mencari Mario dan menceritakan permasalahan yang dihadapinya dengan kakak perempuannya María yang telah meninggalkan keluarga ketika dia masih muda. Mario memintanya untuk memaafkan María dan berdoa kepada Tuhan agar dia memaafkannya. Kemudian terjadi lagi  keributan Ketika Edison terbangun dan meyakini bahwa Carlos telah mencuri iPod-nya. Ketika dia mencoba untuk mengalahkan Carlos, Carlos menarik pisau padanya. Mario melerai pertarungan mereka dan memberikan penjelasan bahwa dia memutuskan tidak menerima tawaran pembuatan buku tersebut sehingga Mario dapat menyatukan penambang kembali.


Hari 58.


Luis mendengar suara bor mendekat dan menyadari bahwa mata bor akan mengenai balok penopang besi jika terus di jalurnya saat ini. Menekan balok akan mematahkan bor dan menunda penyelamatan mereka lagi. Para penambang memberi tahu Laurence dan André bahwa mereka harus menggunakan ledakan terkontrol untuk mengeluarkan balok besi di bawah tanah. Mereka bersedia menanggung risiko itu. Situasi di atas tambang, keluarga tahu orang-orang itu akan segera diselamatkan. Kapsul evakuasi yang dipinjam dari NASA akan membawa para penambang keluar satu per satu. Laurence dan André memberi tahu para penambang bahwa, karena ketidakstabilan pegunungan, tidak ada cukup waktu untuk menegakkan poros yang akan dilalui kapsul. Jika sesuatu terjadi saat kapsul turun dan naik, maka mungkin mustahil untuk mengeluarkan para penambang. Orang pertama akan berada dalam bahaya paling besar tetapi mungkin juga satu-satunya orang yang keluar.


13 Oktober 2010.


Kapsul evakuasi mencapai Refuge. lex dipilih untuk menjadi yang pertama dikeluarkan. Dia menyampaikan kepada teman-temannya bahwa dia akan menunggu mereka di atas. Evakuasi berlangsung tanpa hambatan, dan lex muncul dari kapsul untuk menemukan ayahnya, Jessica, dan putri mereka yang baru lahir telah menunggunya. Orang-orang lainnya muncul satu per satu. Suasana penuh kegembiraan dan Presiden Pinera memeluk Laurence dan mengucapkan selamat kepadanya. Dario dan Mario saling berpelukan. Luis adalah orang terakhir yang diangkat, dan film berakhir saat dia melangkah ke dalam kapsul.


Perusahaan Pertambangan San José dinyatakan tidak bersalah karena kelalaian kriminal, dan para penambang tidak pernah diberi kompensasi. Meski begitu, mereka tetap bersaudara hingga saat ini.




Gambar 6. Helm yang dikenakan oleh penambang yang terjebak di Chili

Sumber : https://oshmatters.wordpress.com




Pertambangan dan Kecelakaan Tambang


Sebelum membahas permasalahan yang disampaikan pada film The 33, penulis akan mengulas tentang pertambangan. Pertambangan adalah suatu kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, baik secara mekanis maupun manual, pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi dan di bawah permukaan air. Hasil kegiatan ini antara lain minyak dan gas bumi, batubara, pasir besi, bijih timah, bijih nikel, bijih bauksit, bijih tembaga, bijih emas, perak dan bijih mangan.


Menurut UU Minerba No 4 tahun 2009, pengertian pertambangan adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang.


Dalam aktivitas pertambangan biasanya punya beberapa karakteristik, seperti mempunyai resiko yang tinggi. Risiko pertambangan dapat dikategorikan besar apabila dilihat dari tingkat kecelakaan kerja pertambangan. Kecelakaan pertambangan adalah kecelakaan yang terjadi selama proses penambangan mineral atau logam. Ribuan penambang meninggal karena kecelakaan pertambangan setiap tahun, terutama dari pertambangan batubara bawah tanah meskipun kecelakaan juga terjadi di pertambangan lainnya. Penambangan batubara dianggap jauh lebih berbahaya daripada penambangan batuan keras karena lapisan batuan yang datar, batuan yang umumnya tidak kompeten, adanya gas metana, dan debu batubara. 



Chili dan Pertambangannya




Gambar 7. Negara Chili di Benua Amerika


Sumber : https://www.bbc.com/news/world-latin-america-11467279




Negara Chili, yang terletak di bagian tenggara Amerika Selatan, menghasilkan sepertiga dari tembaga di dunia. Kesejahteraan ekonomi negara tersebut sangat bergantung pada ekspor logam tersebut ke Eropa, AS, India dan Cina. Tidak heran oleh karenanya banyak perusahaan tambang yang berskala kecil-menengah ikut serta dalam bisnis pertambangan ini. Terdapat korelasi antara harga logam dan jumlah perusahaan atau orang yang beroperasi dalam bisnis pertambangan, terutama di tambang kecil dan menengah. Apabila harga logam naik, maka akan semakin banyak perusahaan tambang skala kecil-menengah yang ikut masuk dalam bisnis ini untuk menikmati keuntungan dari bisnis tambang mineral. Namun, perusahaan tambang skala kecil-menengah ini seringkali mengabaikan protokol keselamatan kerja dengan beroperasi menggunakan standar keamanan yang buruk. Pada tahun 2007 dan 2008, pada puncak lonjakan harga tembaga, ada lebih banyak kematian di tambang Chili daripada tahun-tahun lainnya selama dekade tersebut. Pada tahun 2007, ketika harga tembaga rata-rata mencapai rekor $3,24 per pon, 40 penambang tewas dalam kecelakaan. Pada tahun 2008, ketika tembaga berada di $2,88 per pon, jumlah kematian mencapai 43. Rata-rata untuk dekade ini adalah 34. Sebaliknya, tahun teraman dalam sejarah pertambangan Chili adalah 1999, ketika harga tembaga rata-rata turun menjadi hanya 72 sen, level terendah dalam lebih dari 10 tahun, akibat krisis Asia.





Gambar 8. Grafik jumlah kematian akibat kecelakaan tambang dibandingkan dengan harga tembaga

Sumber : https://www.bbc.com/news/world-latin-america-11467279



National Geology and Mining Service (Sernageomin), badan negara yang bertugas mengatur industri, mengatakan ada rata-rata 0,41 kematian di tambang Chili untuk setiap satu juta jam kerja selama tahun 1980-an. Pada 1990-an angka itu turun menjadi 0,28 dan pada dekade terakhir menjadi 0,13. Penambangan di Chili akan tetap menjadi bisnis yang berisiko. Dalam delapan bulan pertama 2010, 31 penambang Chili tewas dalam kecelakaan yang disebabkan oleh longsor, sengatan listrik, ledakan, sesak napas, dan jatuh dari ketinggian.


Gambar 9. Tiga puluh tiga orang penambang yang terjebak dalam bencana runtuhnya tambang

Sumber : https://oshmatters.wordpress.com/




Berpacu dengan Waktu Untuk Menyelamatkan Hidup Penambang Yang Terkubur


Setelah mengetahui latar belakang negara Chili, penulis kembali mengupas permasalahan dalam peristiwa yang berasal dari runtuhnya tambang pada Agustus 2010 dan penyelamatan berikutnya di Copiapó, Chili. Sebuah film yang mengangkat kisah bencana tambang Chili 2010, di mana tiga puluh tiga orang penambang yang pergi ke Tambang San José di Copiapó, Chili di tengah Gurun Atacama pada tanggal 5 Agustus terjebak 700 meter di bawah tanah selama enam puluh sembilan hari, dengan ketiga puluh tiga penambang tersebut akhirnya bisa keluar dari tambang hidup-hidup. Hari itu, mandor tambang, Luis "Don Lucho" Urza, melaporkan kekhawatirannya kepada pemilik tambang, Carlos Castillo, tentang sifat gunung yang tidak stabil di mana tambang tersebut berada, kekhawatiran tersebut tidak diindahkan. Don Lucho berangkat bersama tiga puluh dua orang penambang lainnya, pergi bekerja seperti biasa ke dalam tambang. Namun kekhawatiran tersebut terbukti. Ketidakstabilan tanah itu menyebabkan runtuhnya batuan di beberapa lubang bawah tanah. Tiga puluh tiga orang berhasil sampai ke daerah perlindungan. Di dalam sana, mereka menemukan radio, saluran komunikasi ke permukaan yang tidak berfungsi, kekosongan alat medis, lubang ventilasi yang tidak memiliki tangga, hingga cadangan makanan yang sangat sedikit. Dalam keadaan normal, daerah perlindungan memiliki persediaan yang cukup untuk tiga puluh orang selama tiga hari. Para penambang juga menemukan bahwa perusahaan tidak menyelesaikan tangga darurat yang diperlukan dari area perlindungan untuk naik ke permukaan, dan bahwa rute utama keluar sekarang terhalang oleh batu yang bergeser, dengan massanya setara dengan Empire State Building.


Perusahaan tambang sendiri nyatanya tidak melakukan upaya penyelamatan hingga para kerabat kerja penambang akhirnya berkumpul di sekitar gerbang. Akhirnya, pemerintah Chili memutuskan utuk melakukan intervensi aktif dan memerintahkan pembuatan lubang menggunakan sistem pengeboran. Menteri Pertambangan, Laurence Golborne, bertekad untuk melakukan segala upaya untuk mencari orang-orang itu dan mengawasi secara langsung proses penyelamatan di lokasi tambang. President Piñera memerintahkan seorang insinyur ahli, Andre Sougarret, yang ditugaskan untuk mengebor lokasi tambang tersebut. Andre Sougarret mengakui bahwa prosesnya tidak mudah seperti yang diharapkan karena ada faktor kondisi geologis dan teknis. Begitu para penambang ditemukan hidup-hidup, fase berikutnya adalah upaya mengevakuasi mereka memiliki tantangan baru bagi semua pihak.


Berdasarkan rangkaian cerita tersebut, maka permasalahan utama yang dijumpai disini adalah sebagai berikut :

  1. Perusahaan tambang yang mengabaikan keselamatan kerja pegawainya, meskipun sudah diperingatkan sebelumnya oleh Don Lucho, namun Carlos Castillo tetap mengabaikan peringatan tersebut. Dalam kejadian ini, konflik antara Don Lucho dan Carlos Castillo terjadi, seperti yang tergambar dalam cuplikan gambar dibawah.
    Gambar 10,11 dan 12. Rangkaian konflik diantara Don Lucho dan Carlos Castillo 
    Sumber : https://youtu.be/WUxjbjG3qaI


Video 2. Scene Konflik Don Lucho dan Carlos Castillo

Sumber : Kanal Youtube Movieclips 





Gambar 13 dan 14. Rangkaian konflik diantara Yonni dan Dario

Sumber : https://youtu.be/WUxjbjG3qaI



2. Keselamatan penambang, bagaimana mereka dapat bertahan hidup dengan kondisi yang terbatas mulai dari penerangan, pasokan oksigen, makanan dan minuman, alat kesehatan dan obat-obatan yang semuanya terbatas, alat komunikasi yang tidak berfungsi, tidak ada jalan keluar sampai dengan ada team penyelamat yang membantu mereka keluar dari gua dalam tanah tersebut. Keterbatasan kondisi tersebut menimbulkan konflik diantara penambang, mulai dari penambang yang menyerah dengan keadaan, masalah psikologis dan Darío yang hanya memikirkan diri sendiri tanpa memahami kondisi yang sedang dihadapi dengan makan dari persediaan makanan yang terbatas.



Gambar 15 dan 16. Rangkaian konflik antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho

Sumber : https://youtu.be/WUxjbjG3qaI




Selain itu, terdapat konflik antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho, yang memiliki cara berbeda dalam menghadapi bencana tersebut. Mario Sepúlveda menginginkan berbagai upaya dilakukan sampai ketemu jalan keluar dari tambang. Dilain pihak, Don Lucho menyerah dengan keadaan, menunggu sampai dengan bantuan datang. Cara menghadapi bencana yang berbeda ini, tergambar dalam rangkaian gambar dibawah.



        Gambar 17, 18 dan 19. Permasalahan dalam misi penyelamatan

Sumber : https://youtu.be/WUxjbjG3qaI





3. Misi penyelamatan penambang yang bisa dikatakan mustahil dengan probabilitas keberhasilan hanya 1%, membutuhkan pengorganisasian yang efektif mulai dari planning, organizing, leading, controlling. Tidak hanya berhenti pada saat team penyelamat menemukan kondisi para penambang yang masih hidup, namun dijumpai juga permasalahan bagaimana mengeluarkan para penambang tersebut dalam kondisi celah yang sempit dan jauh di bawah tanah.


Semua kondisi diatas dipacu adanya keterbatasan waktu karena kondisi batuan yang terus bergerak sehingga memerlukan kecermatan dan ketepatan dalam bertindak.

Video 3. Scene Konflik Mario Sepúlveda dan Don Lucho

Sumber : Kanal Youtube Movieclips

Video 4. Scene Permasalahan Utama yang Dihadapi Team Penyelamat

Sumber : Kanal Youtube Movieclips

Karakter Pemain


Berdasarkan alur cerita Film 33 ini, berikut karakter pemain utama yang akan dibandingkan dalam menangani permasalahan utama bencana keruntuhan tambang di Chili dengan konflik dan perbedaan karakter yang akan dibahas lebih detil dalam tiap analisis permasalahan dibawah.





Tabel 1. Karakter tokoh Film 33

A. Managing Conflict, Politics and Negotiation


Seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa dalam peristiwa bencana runtuhnya pertambangan di San Jose, Copiapo, Chilli ini terdapat konflik yang terjadi yakni antara Don Lucho dan Carlos Castillo, antara penambang Danio dan Yonni, serta konflik antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho.

  1. Konflik antara Don Luchodan Carlos Castillo, yang berdebat terkait pentingnya kondisi tambang dicek terlebih dahulu sebelum pekerja memasuki area tambang demi keselamatan pekerja.
  2. Konflik antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho. Pada saat kejadian runtuhnya batu dalam lokasi pertambangan, Don Lucho yang bertindak sebagai mandor dalam kegiatan penambangan tersebut meminta kepada seluruh penambang untuk menuju tempat perlindungan (refuge) dan menunggu disana sampai dengan bantuan datang, namun hal tersebut ditentang oleh Mario Sepúlveda, yang menghendaki untuk melakukan tindakan upaya penyelamatan dengan berbagai upaya, mulai dengan berusaha mencapai tangga yang berada di lubang ventilasi dan konflik pada saat Mario Sepúlveda mengetahui bahwa tangga yang menuju lubang ventilasi tidak selesai.
  3. Konflik antara Dario dan Yonni memperdebatkan pembagian makanan, yang semestinya dibagi untuk semua penambang

      Tabel 2. Perbandingan konflik yang terjadi



Analisa Tipe Konflik



Merujuk kepada Jones, George (2020). “Contemporary Management” bahwa ada 4 (empat) tipe konflik dalam sebuah organisasi yaitu interpersonal, intragroup, intergroup dan interorganizational.



 Gambar 20. Tipe konflik dalam organisasi

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”

Ilustrasi : Penulis


Berdasarkan tipe konflik tersebut diatas, maka dalam kasus di Film 33 ini, sumber konflik yang terjadi antara Don Luchodan Carlos Castillo adalah intragroup conflict, dimana konflik ini terjadi dalam satu perusahaan tambang dan satu team di bawah Carlos Castillo, sebagai manajer operasional pekerja tambang. Sedangkan Don Lucho bertindak sebagai mandor pekerja tambang. Sedangkan konflik Mario Sepúlveda dan Don Lucho juga merupakan intragroup conflict, karena Mario Sepúlveda masih berada dalam satu team pekerja tambang dibawah Don Lucho. Sedangkan konflik Dario dan Yonni yang memperdebatkan makanan adalah interpersonal conflict, yang melibatkan sesama anggota team dalam hal ini pekerja tambang.




Analisa Sumber Konflik


Konflik dalam organisasi muncul dari berbagai sumber. Sumber konflik tersebut disebabkan karena tujuan dan time horizon yang berbeda, otoritas yang tumpang tindih, saling ketergantungan tugas, sistem evaluasi atau penghargaan yang berbeda, sumber daya yang langka, dan inkonsistensi status, yang dapat dilihat dalam infografik berikut.


Gambar 21. Sumber konflik dalam organisasi

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”

Ilustrasi : Penulis




Menilik sumber konflik yang terjadi antara Don Lucho dan Carlos Castillo, yang keduanya berbeda pendapat dalam melihat pentingnya informasi tanda-tanda ketidakstabilan tanah dalam lokasi tambang dimana Don Lucho merasa bertanggung jawab terhadap keselamatan pekerja tambang dengan menjadikan hal itu sebagai tujuannya. Di lain pihak, Carlos Castillo memiliki tujuan yang berbeda yaitu memperoleh hasil tambang emas yang besar untuk menikmati keuntungan. Berdasarkan analisa tersebut, maka sumber konflik keduanya adalah perbedaan tujuan dan jangka waktu.


Sedangkan untuk konflik antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho, dikarenakan konflik terjadi karena perbedaan melihat sumber daya yang dapat digunakan. Mario Sepúlveda melihat masih ada peluang dan harapan dengan segala upaya untuk dapat keluar dari dalam tambang, sedangkan Don Lucho melihat keterbatasan sumber daya sehingga tidak ada harapan. Dengan demikian, sumber konflik keduanya adalah sumber daya yang langka.


Untuk konflik ketiga antara Dario dan Yonni, dimana Dario karena lapar ingin segera makan dari makanan yang tersedia tanpa memperhitungkan kondisi yang dihadapi. Kondisi tersebut menimbulkan konflik yang bersumber dari perbedaan tujuan dan jangka waktu. Dario hanya melihat kondisi saat ini dan tujuannya mengatasi rasa lapar yang dirasakan, sedangkan Yonni melihat perlu menjaga persediaan makan sampai dengan semua pekerja tambang berkumpul sehingga dapat dibagi dengan adil dan merata.


Analisa Strategi Konflik Manajemen


Jika sebuah organisasi ingin mencapai tujuannya, maka manajer harus mampu menyelesaikan konflik secara fungsional baik itu dengan cara kompromi ataupun kolaborasi. Menurut Jones, George (2020). “Contemporary Management”, strategi konflik manajemen terdapat berbagai cara seperti infografis dibawah ini

                                         Gambar 22. Strategi konflik manajemen

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”

Ilustrasi : Penulis


Perdebatan yang terjadi antara Don Luchodan Carlos Castillo berakhir dengan Don Lucho pergi meninggalkan Carlos Castillo dan melaksanakan perintah Carlos Castillo. Strategi konflik manajemen yang digunakan keduanya adalah accommodation, dimana pihak yang lebih lemah dalam hal ini Don Lucho sebagai bawahan Carlos Castillo, mengalah atas kehendak Carlos Castillo.


Lain halnya dengan konflik antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho, pada saat Mario Sepúlveda bersikukuh untuk tetap memiliki harapan dan terus berupaya mencari cara supaya tetap bertahan hidup dan melihat segala kemungkinan yang masih bisa dilakukan, perdebatan akhirnya tidak terjadi lagi dan keduanya tetap bersama mencapai tujuan yang sama. Strategi konflik manajemen yang digunakan adalah collaboration, dimana Mario Sepúlveda dan Don Lucho bersama-sama mengatasi permasalahan yang ada di dalam tambang.


Konflik yang ketiga yaitu antara Dario dan Yonni, diakhiri dengan perkelahian diselesaikan oleh Mario Sepúlveda, dimana Mario Sepúlveda memberikan gambaran kondisi yang mereka hadapi bahwa mereka terkubur hidup-hidup di dalam gua tambang, tidak ada jalan keluar, sehingga harus bertahan hidup sampai dengan bantuan datang. Supaya dapat bertahan hidup, maka diperlukan penghematan bahan makanan dan berbagi secara adil dan merata kepada semua pekerja tambang yang terperangkap. Penyelesaian konflik manajemen ini menggunakan strategi compromise, dimana semua pekerja tambang membuat konsesi bersama untuk membagi makanan secara adil dan merata.

Video 5. Scene Pembagian Jatah Minuman sebagai Bentuk Kompromi / Konsesi yang Disepakati

Sumber : Kanal Youtube Movieclips


Analisa Strategi Fokus pada Individu dan Organisasi


Menurut Jones, George (2020). “Contemporary Management”, terkadang konflik dipicu karena beberapa sebab selain sumber konflik yang telah disebutkan diatas. Mulai dari masalah komunikasi, keragaman dan individu yang tidak memahami aktivitas kerja. Secara garis besar, strategi fokus pada individu dan perusahaan seperti yang tergambar dibawah ini.



Gambar 23. Strategi fokus pada individu

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”

                                                               Ilustrasi : Penulis



Pada konflik yang telah dipaparkan diatas, strategi fokus pada individu untuk konflik antara Don Luchodan Carlos Castillo dapat dengan melakukan rotasi kerja atau tugas sementara, terlepas dari siapa yang benar ataupun salah dalam hal ini. Hal tersebut dipilih karena keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan Don Lucho tidak memahami tujuan perusahaan.


Sedangkan pada kasus Mario Sepúlveda dan Don Lucho dapat menggunakan strategi meningkatkan kesadaran sumber konflik. Masalah keduanya terletak pada masalah komunikasi dalam menanggapi situasi yang sedang dihadapi, padahal keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni selamat dan bisa keluar dari lokasi tambang bawah tanah. 


Kasus yang ketiga yaitu Dario dan Yonni, karena Dario bersikukuh akan makan sesuai dengan keinginan dia, maka dapat menggunakan strategi rotasi kerja, yakni Dario ditugaskan untuk melakukan pengecekan dan pemantauan kondisi tambang sehingga dapat memahami kondisi yang sebenarnya sedang mereka alami. Dengan demikian, pemikiran Dario akan lebih terbuka dan menyadari kondisi yang dialami bahwa mereka sedang berada dalam kondisi darurat, dengan persediaan makanan yang terbatas untuk 33 orang.


Dalam buku Jones, George (2020). “Contemporary Management”, disampaikan juga strategi fokus pada organisasi, yang terdiri dari dua hal yaitu seperti gambar dibawah ini :



  Gambar 24. Strategi fokus pada organisasi

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”

Ilustrasi : Penulis





Strategi fokus pada organisasi pada konflik antara Don Luchodan Carlos Castillo dilakukan dengan mengubah struktur dan budaya organisasi. Hal ini perlu dilakukan dengan pertimbangan bahwa di antara Don Luchodan Carlos Castillo terjadi konflik kepentingan, dimana Carlos Castillo mengutamakan keuntungan daripada keselamatan pekerja. Dengan mengubah struktur organisasi dan budaya organisasi, maka perusahaan dapat lebih memperhatikan keselamatan pekerja.


Sedangkan konflik Mario Sepúlveda dan Don Lucho maupun konflik Dario dan Yonnidapat menggunakan strategi mengubah sumber konflik dan melakukan evaluasi bersama terhadap sumber konflik, misalnya dalam hal ini Mario mengajak Don Lucho bersama-sama memotivasi pekerja dengan bersikap lebih optimis dan menyalakan harapan kepada pekerja, sehingga yang semula terdapat perbedaan sikap karena ada perbedaan evaluasi situasi, dapat di ubah sudut pandang Don Lucho. Sedangkan Dario dan Yonni setelah memahami kondisi yang dihadapi, melakukan evaluasi situasi yang dihadapi bersama,  dapat mengubah situasi sumber konflik dengan membagi makanan bersama-sama.




Negosiasi



Negosiasi merupakan teknik yang sangat penting untuk manajer dan anggota organisasi lainnya dalam mengatasi konflik, di mana para pihak konflik memiliki tingkat kekuatan yang kurang lebih sama. Selama negosiasi pihak-pihak yang berkonflik mencoba mencari solusi yang dapat diterima oleh mereka dengan mempertimbangkan berbagai cara alternatif untuk mengalokasikan sumber daya yang ada. Menurut Jones, George (2020). “Contemporary Management”, tipe negosiasi ada 2 yaitu distributive negotiation dan integrative bargaining.

1. Distributive negotiation, dimana kedua pihak bersaing atau berkompetisi sehingga tidak mempedulikan jika hubungan kedua pihak terjalin dengan tidak baik

2. Integrative bargaining, dimana kedua pihak berusaha menemukan solusi yang kreatif, bukan kompetisi namun win-win solution dan tawar menawar untuk kepentingan kedua pihak

Berdasarkan kedua tipe negosiasi tersebut, maka penulis menyarankan ketiga konflik yang diutarakan diatas, diselesaikan dengan cara integrative bargaining sehingga kedua pihak akan tetap menjalin hubungan yang baik karena semua pihak yang terlibat dalam satu organisasi dan lingkungan yang sama, tentunya ingin terus memelihara hubungan baik di antara mereka. Disamping itu, dengan integrative bargaining, kedua pihak akan merasa menang dan timbul kepuasan.



Strategi Politik


Manajer yang menggunakan strategi politik untuk meningkatkan dan mempertahankan kekuasaannya, mampu untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja sesuai tujuan organisasi. Beberapa strategi politik yang digunakan yaitu dengan mengendalikan ketidakpastian, membuat diri mereka tak tergantikan, berada di posisi sentral, menghasilkan sumber daya, dan membangun aliansi, manajer dapat meningkatkan kekuatan mereka. Pada kasus konflik diatas, antara Mario Sepúlveda dan Don Lucho serta Dario dan Yonni, strategi politik yang dapat digunakan adalah berada di posisi sentral. Situasi dalam tambang yang terkubur merupakan situasi yang penuh ketidakpastian, sehingga memerlukan seorang pemimpin yang mampu merangkul dan memotivasi semua anggota penambang tersebut untuk dapat terus bertahan dan menjaga asa mereka.


Sedangkan dalam konflik Don Luchodan Carlos Castillo, strategi politik yang dapat digunakan oleh Don Lucho adalah membuat diri tidak tergantikan, sehingga Carlos Castillo dapat mengikuti saran Don Lucho. Apabila Carlos Castillo merasa bahwa tanpa Don Lucho, tambang tidak bisa berjalan, maka posisi tawar Don Lucho akan naik.






Apa yang harus diperbaiki dan bagaimana solusinya?



Dalam kisah penambang yang terkubur hidup-hidup ini, merupakan cermin nyata perlunya kemampuan manajemen konflik dalam sebuah organisasi. Pada kejadian konflik antara Carlos Castillo dan Don Lucho, Don Lucho semestinya dapat bersikap lebih tegas karena hal ini menyangkut keselamatan teamnya. Alih-alih mengikuti perintah Carlos Castillo, Don Lucho apabila memang meyakini akan ada bahaya yang mengancam dengan adanya pergeseran batu, sebaiknya Don Lucho dapat menggunakan strategi konflik Compromise/kompromi sehingga dapat mengajukan konsesi dan persyaratan jika akan terus diminta bekerja, ada beberapa persyaratan terkait keselamatan pegawai, misalnya melakukan tes lereng terlebih dahulu dan memeriksa apakah peralatan keselamatan telah memenuhi standar. Dengan strategi kompromi ini, maka masing-masing dapat mencari solusi yang efektif demi tercapai tujuan bersama.


Selain strategi konflik yang sebaiknya menggunakan kompromi, saran lain yang dapat diberikan adalah Don Lucho dan Carlos Castillo harus lebih memperbaiki cara kerja dan mematuhi standar keselamatan. Perusahaan jasa pertambangan memiliki andil yang signifikan dalam terjadinya kecelakaan tambang, yakni 79 persen kontraktor dan 4% subkontraktor. Pekerja dengan pengalaman kerja kurang dari 3 tahun, paling banyak menjadi korban. Kondisi tidak aman yang paling sering menyebabkan kecelakaan adalah alat atau system pengaman yang tidak ada, tidak lengkap dan tidak berfungsi dengan baik. Jumlahnya mencapai 19% dari total kecelakaan. Kemudian tindakan tidak aman yang paling sering memicu terjadinya kecelakaan adalah bekerja dengan posisi tidak benar (22%) dan tidak mengikuti prosedur kerja (17%), kondisi lereng kritis 14%.


Rekayasa Teknik, administrasi berupa pemilihan tenaga kerja yang kompeten, pengaturan jam kerja, rambu-rambu keselamatan, rotasi kerja, pembatasan jam kerja, penempatan orang dan penempatan tugas. Praktek kerja berupa prosedur kerja yang sesuai standar, cara kerja dan pelatihan, APD dan alat keselamatan.


Saran lain yang dapat diberikan kepada Don Lucho dan Carlos Castillo adalah menerapkan strategi politik sebagai berikut :


Relying on objective informationDengan adanya informasi awal bahwa ada kaca retak, maka Don Lucho dan Carlos Castillo perlu meneliti kembali kebenaran informasi tersebut dengan menganalisa tanda lainnya yang dapat digunakan, misalnya suara yang bergemuruh.
Bringing in an outside expertApabila tidak memiliki kapabilitas, maka Don Lucho dan Carlos Castillo dapat meminta pendapat orang lain yang lebih ahli dalam hal pertambangan, bukan dengan mengabaikannya.

                                                  Tabel 3. Saran perbaikan

Video 6. Scene Penambang Berlarian Pada Saat Batuan Runtuh di Pertambangan

Sumber : Kanal Youtube Warner Bros Entertainment

Video 7. Scene Komunikasi Laurence Golborne dengan Maria, Keluarga Penambang

Sumber : Kanal Youtube Movieclips

B. Promoting Effective Communication


Dalam menangani situasi yang genting dan krisis seperti dalam proses penyelamatan para penambang yang terkubur ini, diperlukan komunikasi yang efektif, supaya semua tindakan dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan tujuan.


Proses Komunikasi


Menurut Jones, George (2020). “Contemporary Management”, bahwa proses komunikasi terdiri dari dua fase yakni transmisi dan feedback/umpan balik. Pada fase transmisi, informasi dibagi antara dua atau lebih individu maupun kelompok. Dalam fase umpan balik, pemahaman umum dipastikan meskipun berbagai media komunikasi digunakan, komunikasi dalam organuntuk memastikan pemahaman dari penerima pesan. 


                                                   Gambar 25.Proses Komunikasi

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”





Pada saat terjadi runtuhan batu dalam tambang, pekerja tambang berlarian dan tidak terjadi komunikasi yang efektif, karena mereka berlarian ke segala arah sehingga malah menabrak satu sama lain. Dalam manajemen krisis seperti ini, perlu ada pesan yang jelas, yang dikomunikasikan ke seluruh anggota team, supaya semua dapat memahami dan melaksanakan sesuai pesan dimaksud


Jaringan Komunikasi


Meskipun berbagai media komunikasi digunakan, komunikasi dalam organisasi cenderung membentuk pola tertentu tergantung dari tipe organisasi dan tingkat kepentingan informasi yang disampaikan.


Empat tipe jaringan komunikasi adalah sebagai berikut seperti gambar dibawah.



       Gambar 26. Jaringan Komunikasi dalam Group

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”





Team penyelamat yang dipimpin oleh Menteri Pertambangan, Laurence Golborne dan team teknis yaitu André Sougarret, sebagai insinyur yang ahli dalam pertambangan, memerlukan komunikasi yang efektif, yang melibatkan komunikasi kepada Presiden, semua team penyelamat yang hadir, kepada media baik lokal maupun internasional yang turut meliput, komunikasi kepada pihak keluarga penambang dan komunikasi kepada para penambang yang terperangkap. Dengan pola seperti itu dan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat, maka tipe jaringan komunikasi yang digunakan adalah Wheel Network (yang terpusat kepada satu pihak/individu).




Communication Skills for Managers



Efektivitas organisasi tergantung pada kemampuan manajer (serta anggota organisasi lainnya) untuk secara efektif berkomunikasi, mengirim pesan kepada orang lain baik di dalam maupun di luar organisasi.


Berikut perbandingan Communication Skills antara Menteri Pertambangan, Laurence Golborne dan Carlos Castillo:


Tabel 4. Perbandingan Kemampuan Komunikasi




Perbedaan kemampuan komunikasi keduanya nampak pada saat menangani tuntutan dari keluarga penambang. Carlos Castillo selama 2 (dua) hari tidak memberikan informasi apapun kepada keluarga penambang sedangkan Laurence Golborne, begitu datang ke lokasi tambang, langsung melakukan komunikasi kepada keluarga penambang.


Hal ini mengakibatkan keluarga penambang yang awalnya resah, marah karena ada ketidakpastian ; dengan adanya kehadiran Laurence, mampu meredam amarah keluarga penambang dan menumbuhkan harapan kepada keluarga tersebut.


                   Gambar 27. Laurence Golborne berkomunikasi dengan keluarga penambang



Sumber : https://youtu.be/WUxjbjG3qaI



Apa yang harus diperbaiki dan bagaimana solusinya?


Bagi Carlos Castillo tentunya ada beberapa koreksi yang bisa dilakukan, karena dengan tidak melakukan komunikasi kepada keluarga penambang, menjadikan keluarga penambang marah. Bahkan Carlos memerintahkan penjaga untuk menutup gerbang dan penjaga tersebut membawa senjata api, yang tentunya semakin menyulut kemarahan keluarga penambang atas sikap pemilik dan manajer tambang tersebut. Saran perbaikan untuk Carlos Castillo adalah dengan meningkatkan communication skills-nya dengan perincian sebagai berikut :




                                                   Tabel 5. Saran Perbaikan


C. Managers and Managing



Misi penyelamatan 33 orang penambang di Chili merupakan peristiwa fenomenal. Dengan kondisi yang tertekan oleh terbatasnya waktu, diperlukan peranan seorang manajer handal dalam menangani hal tersebut. Peranan seorang Andre Sougarret sangat besar. Untuk itulah, kita bisa belajar dari Andre Sougarret.


Merujuk kembali kepada Jones, George (2020). “Contemporary Management”, tugas manajemen adalah membantu organisasi memanfaatkan sebaik-baiknya sumber dayanya untuk mencapai tujuannya. Bagaimana manajer mencapai ini? Mereka melakukannya dengan melakukan empat tugas manajerial penting yakni : merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan.


Gambar 28. Four Task of Management

Sumber : Jones, George (2020). “Contemporary Management”


Berikut perbandingan Four Task Management antara Andre Sougarret dan Carlos Castillo :


          Tabel 6. Tabel Perbandingan Four Task of Management


Memimpin misi penyelamatan yang diamanatkan oleh Presiden Pinera merupakan tugas yang tidak mudah. Andre Sougarret mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, meskipun memakan waktu lebih dari 2 (dua) bulan untuk itu. Kondisi penyelamatan yang rumit dapat digambarkan sebagai berikut :



                    Gambar 29. Infografis rencana penyelamatan penambang Chili

Sumber : https://jessicawinnpr.wordpress.com/2012/11/02/crisis-communication-in-trapped-chilean-miners-case/




Terdapat batu yang sangat besar, dengan berat dua kali berat Empire State Building dan lokasi para penambang berada jauh di dalam tanah, dengan ketinggian hampir sama dengan Burj Khalifa, yang membuat misi penyelamatan ini seolah-olah adalah misi yang mustahil.


Namun dengan bantuan dari berbagai negara, bahkan menggunakan kapsul yang dipakai oleh NASA untuk mengevakuasi para penambang dari dalam tanah, dan dengan kemampuan leadership yang sangat baik, misi penyelamatan nan dramatis ini berhasil dan mampu mengundang milyaran mata meyaksikan peristiwa ini.



Apa yang harus diperbaiki dan bagaimana sarannya?


Sosok Carlos Castillo menjadi muara peristiwa ini dan tentunya saran perbaikan untuk Carlos Castillo supaya tidak terulang lagi kecelakaan tambang tersebut.





Tabel 7. Saran Perbaikan


Bagaimana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima dapat Selamat?

Gambar 30. Fukushima Plant

Sumber : https://www.nippon.com/en/japan-data/h00508/the-history-of-nuclear-power-in-fukushima.html




Ketika kita mendengar kata-kata “Bencana Fukushima,” sebagian besar dari kita berpikir tentang Fukushima Daiichi, pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak karena ada tiga kebocoran dan tiga ledakan bangunan reaktor setelah gempa bumi dan tsunami padai Maret 2011 di Jepang. Tanpa listrik untuk menjalankan sistem pendingin pabrik, para manajer dan pekerja tidak dapat mencegah bencana: Orang-orang di seluruh dunia menyaksikan rekaman ledakan yang kasar, gumpalan asap abu-abu dan uap yang menutupi kaki langit. Sejak tsunami, Daiichi harus dapat menahan dan mengurangi polusi radioaktif.


Namun masih ada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daini, sekitar 10 kilometer ke selatan dari Daichi, yang juga mengalami kerusakan parah namun luput dari nasib Daiichi. Selamatnya pembangkit listrik tenaga nuklir Daini ini berkat kepemimpinan seorang pengawas lokasi, Naohiro Masuda, dibantu 400 karyawan Daini lainnya berhasil melewati kekacauan tersebut, dan pabrik tersebut bertahan tanpa kehancuran atau ledakan.


Daini diguncang gempa dengan kekuatan bermagnitudo 9,0, gempa tersebut adalah yang terbesar dalam sejarah Jepang yang tercatat, dan gelombang yang dihasilkannya tiga kali lebih tinggi dari tembok penahan yang telah dibangun untuk menahannya. Hanya satu generator diesel dan satu saluran listrik yang utuh. Saluran listrik itu memasok listrik ke ruang kontrol, di mana operator pembangkit dapat memantau ketinggian air, suhu, tekanan, dan indikator penting lainnya untuk setiap reaktor dan bejana penampung. Tapi tiga dari empat reaktor kekurangan daya yang cukup untuk menjalankan komponen penting dari sistem pendingin mereka. Dalam dua menit, tsunami menguasai Daini.


Untuk mencapai cooldown dan mencegah jenis kehancuran yang terjadi di Daiichi, Masuda dan timnya harus menghubungkan reaktor tersebut ke sumber daya Daini yang masih ada. Meskipun pegawai juga memikirkan keluarga yang terkena tsunami, namun Masuda berhasil mengajak pegawai untuk terus bekerja memperbaiki kerusakan pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut. Kegigihannya dan komunikasi yang sangat efektif dia lakukan, sehingga anak buahnya mau bekerja di tengah bencana yang terjadi.


Dalam hal ini kita juga belajar kepemimpinan dan komunikasi yang efektif. Tujuan pekerjaan di sampaikan dengan jelas sehingga semua pegawai membantu pekerjaan dan menghasilkan organisasi yang efektif.



Artikel ini dibuat oleh:


Katarina Melia Indah Sari/SEMBA 42C/42P20069



Referensi:


  1. Gareth R. Jones, and Jennifer M. George (2020). Contemporary Management (Eleventh Edition). McGraw - Hill Education.
  2. http://info-pertambangan.blogspot.com/2012/10/pengertian-pertambangan.html
  3. https://oshmatters.wordpress.com/2017/10/08/osha-bosses-analyse-occupational-health-and-safety-issues-in-the-movie-the-33/
  4. https://staceytuttle.wordpress.com/2016/02/20/the-33-movie-discussion/
  5. https://www.imdb.com/title/tt2006295/
  6. http://www.chile-attractions.com/chile-miners.html
  7. https://portalsurabaya.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-22670404/sinopsis-the-33-kisah-bertahan-hidup-penambang-yang-terjebak-dalam-bencana-runtuhnya-tambang?page=2
  8. https://www.bbc.com/news/world-latin-america-11467279
  9. https://jessicawinnpr.wordpress.com/2012/11/02/crisis-communication-in-trapped-chilean-miners-case/
  10. https://hbr.org/2014/07/how-the-other-fukushima-plant-survived







Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Melia

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format