The Perfect Storm, Ketika Para Nelayan Mempertaruhkan Nyawa Demi Memenuhi Kebutuhan Hidup

Kisah enam orang nelayan yang berjuang melawan terpaan badai dan gelombang raksasa di lautan luas


1
1 point

                                               

The Perfect Storm adalah film Hollywood bergenre drama, thriller, disaster yang dirilis pada 30 Juni 2000. Film ini disutradarai oleh Wolfgang Petersen yang diangkat berdasarkan buku non fiksi tahun 1997 dengan judul yang sama karya Sebastian Junger.

Film The Perfect Storm diproduksi oleh Baltimore Pictures, Radiant Productions dan didistribusikan oleh Warner Bros dengan durasi film sekitar 130 menit. Adapun para pemain Film The Perfect Storm diantaranya adalah George Clooney, Mark Wahlberg, Diane Lane, William Fichtner, Karen Allen, Bob Gunton, Mary Elizabeth Mastrantonio, dan John C. Reilly.

Sinopsis Film The Perfect Storm

Film The Perfect Storm menceritakan tentang sekelompok 6 (enam) orang nelayan yang berasal dari Gloucester, Massachusetts, AS. Mereka berlayar menggunakan sebuah kapal penangkap ikan bernama Andrea Gail yang dikemudikan oleh Capt. Billy Tyne (George Clooney) bersama 5 (lima) orang awak kapal lainnya yang bernama Robert “Bobby” Shatford (Mark Wahlberg), Dale Murphy (John C. Reilly), David Sullivan (William Fichtner), Michael “Bugsy” Moran (John Hawkes), dan Alfred Pierre (Allen Payne). Mereka memutuskan untuk kembali berlayar menangkap ikan karena keputusasaan dalam melaut yang hanya mendapatkan tangkapan ikan sedikit yang membuat mereka sedikit memperoleh uang dari hasil tangkapan tersebut. Hal ini lantas membuat sang kapten memutuskan untuk kembali melaut sekali lagi dan meyakinkan kelima orang awak kapal tersebut bahwa kali ini mereka akan memperoleh ikan yang banyak. Arah tujuannya yaitu mengarungi lautan Gloucester, Massachusetts pada bulan Oktober 1991 menuju ke arah Grand Banks. Namun nasib berkata lain karena ikan hasil tangkapan mereka sangat sedikit, mereka melanjutkan pelayarannya ke tempat lain bernama Flemish Cap, dimana tempat ini terkenal dengan ikannya yang banyak.

Tampaknya ini menjadi keberuntungan sang kapten bersama kawan–kawannya saat berhasil menangkap ikan lebih banyak. Bersamaan dengan itu, tiba–tiba saja mesin es kapal mengalami kerusakan parah. Padahal mesin tersebut sangat berguna untuk mendinginkan ikan–ikan agar tak membusuk. Sang kapten pun segera memberitahu tentang cuaca buruk di area tersebut, namun disisi lain perdebatan antara awak dengan andrea tak terbendung lagi. Mengingat cuaca semakin buruk, kepanikan mulai terjadi sampai perahu langsung terguling 360 derajat. Setelah penyelamatan terhadap 2 penumpang dan pemilik perahu lainnya oleh penyelamat pantai (coast guard), tinggal usaha untuk menyelamatkan kapal Andrea Gail. Tapi nasib sial terjadi saat helikopter yang dikemudikan penyelamat pantai tersebut kehabisan bahan bakar yang mengakibatkan helikopter tersebut akhirnya harus mendarat darurat di laut lepas. Para awak helikopter tersebut akhirnya diselamatkan oleh kapal penyelamat USCGC Tamaroa, kecuali satu orang yang gagal diselamatkan.

Kini tinggal kapal Andrea Gail dan awak yang berada di kapal tersebut untuk berjuang mengatasi badai besar di tengah lautan. Berniat ingin segera menuju pelabuhan sebagai tempat kembali, tapi justru malapetaka terjadi ketika gelombang yang amat besar melanda lautan dan membuat kapal Andrea Gail tenggelam. Pintu kabin terkunci, awak kapal tak mampu keluar menyelamatkan diri kecuali Capt. Billy Tyne dan Bobby Shatford yang saat itu berada di ruang kemudi. Capt. Billy masih sempat mengatakan permohonan maaf telah mengajak Bobby melaut dan akhirnya keduanya bisa keluar dari kapal yang telah tenggelam tersebut. Tetapi entah apa yang ada di pikiran Capt. Billy, dia kembali masuk ke dalam kapal dan tidak mau meninggalkan kapal tersebut. Sedangkan Bobby setelah berhasil keluar dari kapal, masih sempat melihat kapal Andrea Gail tepat sebelum kapal tersebut tenggelam di dasar laut. Bobby diam-diam mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang yang dicintainya sebelum ombak tinggi menggulungnya pergi.

 Para tokoh utama dalam film The Perfect Storm

Nama Tokoh

Keterangan

Capt. Billy Tyne (diperankan oleh George Clooney)

Kapten kapal Andrea Gail, sebuah kapal penangkap ikan. Billy telah bercerai dari istrinya, dan mempunyai dua anak perempuan. Billy bertekad untuk melakukan satu perjalanan menangkap ikan terakhir sebelum akhir musim untuk menggantikan tangkapan ikannya yang sedikit baru-baru ini.

Robert “Bobby” Shatford (diperankan oleh Mark Wahlberg)

Awak kapal yang paling tidak berpengalaman dibandingkan para awak kapal Andrea Gail lainnya. Bobby adalah anak dari Ethel Shatford, pemilik cafe/bar Crow’s Nest, dan pacar Christina Cotter. Dia menikmati pelayaran untuk menangkap ikan, namun hubungannya yang mendalam dengan Christina (ditambah dengan keengganan Christina untuk membiarkannya berlayar lagi) menciptakan konflik di dalam dirinya dan di antara pasangan tersebut. Namun, dia terpaksa mendapatkan lebih banyak uang di laut daripada yang bisa dia dapatkan dengan pekerjaan di pantai untuk menandatangani satu perjalanan terakhir.

Linda Greenlaw (diperankan oleh Mary Elizabeth Mastrantonio)

Kapten kapal Hannah Boden. Linda dan Billy, keduanya merupakan kapten kapal untuk pemilik yang sama dan mempertahankan persaingan yang bersahabat. Dia prihatin dengan Billy dan krunya akan keluar dalam apa yang dia anggap berbahaya. Linda adalah yang terakhir berbicara dengan kapal Andrea Gail.

Christina “Chris” Cotter (diperankan oleh Diane Lane)

Pacar Bobby Shatford. Dia tidak ingin Bobby pergi dalam perjalanan karena perasaan buruk yang dimilikinya. Ketika Bobby pergi berlayar dengan kapal Andrea Gail, Christina menghabiskan waktunya untuk mendekorasi apartemen yang telah disewanya sebagai kejutan bagi Bobby.

Dale “Murph” Murphy (diperankan oleh John C. Reilly)

Awak kapal Andrea Gail. Murph adalah seorang nelayan veteran yang bercerai dengan istrinya, dan mempunyai seorang anak laki-laki yang sangat dekat dengannya. 

David “Sully” Sullivan (diperankan oleh William Fichtner)

Awak kapal Andrea Gail. Dia menandatangani kontrak untuk perjalanan pada saat terakhir ketika nelayan lain tiba-tiba mundur. 

Bob Brown (diperankan oleh Michael Ironside)

             

Pemilik kapal Andrea Gail dan Hannah Boden. Meskipun Brown tampaknya mengakui keterampilan Capt. Billy Tyne dalam menangkap ikan, namun ia terkesan mengejek Tyne karena ketidakmampuan terakhir untuk membawa tangkapan yang lebih besar, yang mengakibatkan adanya hubungan yang tidak nyaman antara keduanya.

Michael “Bugsy” Moran (diperankan oleh John Hawkes)

           

Awak kapal Andrea Gail. Ketidakmampuan Bugsy yang agak kaku untuk berhubungan dengan wanita tampaknya berubah pada malam terakhir sebelum perjalanan, saat dia bertemu dengan Irene, seorang wanita di cafe Crow’s Nest. Irene kemudian datang ke dermaga untuk melihat Bugsy pergi berlayar dan mengucapkan selamat jalan kepadanya.

Alfred Pierre (diperankan oleh Allen Payne)

           

Salah satu awak kapal Andrea Gail, sering dipanggil dengan inisial namanya yaitu AP.

                                           

                                                                          Kapal Andrea Gail

                                           

                           Adegan ketika Kapal Andrea Gail diterjang gelombang raksasa

                 

                                Para nelayan yang tenggelam dalam pelayaran kapal Andrea Gail

A. Managing Conflicts, Politics and Negotiation

Jones dan George dalam Contemporary Management mendefinisikan konflik adalah kondisi yang tidak harmonis yang muncul ketika terdapat tujuan, kepentingan ataupun nilai-nilai  yang tidak sesuai antara individu atau grup dimana individu-individu atau grup-grup tersebut saling menghalangi satu sama lainnya untuk mencapai tujuan mereka.

Konflik yang terjadi dalam Film The Perfect Storm adalah ketika Bobby berselisih dengan Christina, dimana Christina ingin agar Bobby mengurungkan niatnya untuk pergi berlayar menangkap ikan. Sedangkan Bobby bersikeras untuk tetap berangkat karena dirinya membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan untuk membayar utang-utang Bobby yang menumpuk.

  1. Tipe Konflik

Terdapat 4 (empat) tipe konflik dalam suatu organisasi:

Tipe Konflik

Definisi

Konflik Interpersonal

Konflik antar individu karena adanya perbedaan tujuan atau nilai

Konflik Intragroup

Konflik dalam suatu kelompok, tim atau departemen

Konflik Intergroup

Konflik antara dua atau lebih grup atau department yang membutuhkan peran manajer untuk menyelesaikannya 

Konflik Interorganizational

Konflik yang terjadi antar organisasi

Hasil analisis atas tipe konflik yang terjadi dalam Film The Perfect Storm memperlihatkan bahwa konflik yang terjadi adalah bertipe konflik interpersonal, yaitu konflik yang terjadi secara personal antara Bobby dan Christina.

       

       

Adegan dimana Bobby dan Christina terlibat konflik karena Christina menghendaki Bobby mengurungkan niatnya pergi berlayar menangkap ikan, sedangkan Bobby bersikeras untuk tetap berangkat karena beralasan bahwa mereka membutuhkan uang.

  1. Sumber Konflik

Sumber konflik dalam suatu organisasi adalah:

Sumber Konflik

Definisi

Perbedaan tujuan maupun rentang waktu

Grup yang berbeda mempunyai tujuan dan rentang waktu yang berbeda

Kewenangan yang tumpang tindih

Dua atau lebih manajer mengklaim memiliki kewenangan untuk suatu aktivitas yang sama yang kemudian mengakibatkan konflik

Tugas-tugas yang saling bergantung satu sama lain

Salah satu anggota grup atau salah satu grup gagal atau terlambat menyelesaikan tugasnya dimana mengakibatkan anggota tim lain / grup lain tidak dapat melaksanakan tugas mereka atau terlambat menyelesaikan tugas mereka.

Sistem penilaian dan penghargaan yang berbeda

Perbedaan sistem penilaian dan penghargaan / reward

Sumber daya yang langka/terbatas

Para manajer berkonflik atas alokasi sumber daya yang terbatas. 

Inkonsisten atau perbedaan status

Beberapa individu atau grup memiliki status kedudukan organisasi yang lebih tinggi, yang menimbulkan konflik dengan grup dengan status kedudukan yang lebih rendah. 

Berdasarkan konsep tersebut di atas, hasil analisis atas sumber konflik yang terjadi antara Bobby dan Christina bersumber dari sumber daya yang langka/terbatas, karena dia membutuhkan uang yang cukup banyak untuk membayar utang-utangnya.

           

Adegan ketika Bobby menjelaskan kepada Christina bahwa dia membutuhkan uang untuk membayar utang-utangnya

  1. Strategi Manajemen Konflik

Strategi Manajemen Konflik

Definisi

Kompromi

Upaya untuk memperoleh kesepakatan antara kedua belah pihak yang berbeda pendapat

Kolaborasi

Masing-masing pihak bekerja sama untuk memperoleh gagasan dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama untuk tujuan bersama

Akomodasi

Cara penanganan konflik yang tidak efektif, dimana pihak yang lebih lemah mengalah pada pihak yang lebih kuat.

Penghindaran

Pendekatan penanganan konflik yang tidak efektif di mana para pihak mencoba untuk mengabaikan masalah dan tidak melakukan apa pun untuk menyelesaikan perbedaan mereka.

Kompetisi

Suatu pihak memaksimalkan keuntungannya sendiri tanpa peduli akan tujuan pihak lainnya.

Berdasarkan konsep tersebut di atas, hasil analisis atas strategi manajemen konflik antara Bobby dan Christina adalah penghindaran (avoidance), dimana Bobby mencoba mengabaikan perselisihan paham antara dirinya dengan Christina. Bobby tetap berangkat berlayar untuk menangkap ikan tanpa melakukan apa pun untuk menyelesaikan konflik yang terjadi diantara mereka berdua.

Solusi/Saran yang diberikan

Atas konflik yang terjadi antara Bobby dan Christina tersebut, atas dasar konsep strategi manajemen konflik, strategi berfokus pada individu dan organisasi, serta strategi politik untuk mempertahankan kekuatan, penulis mencoba mengemukakan beberapa saran/solusi yang dapat dilakukan oleh Bobby dan Christina yaitu:

Konsep

Solusi/Saran

Strategi manajemen konflik

Mencoba strategi manajemen konflik kolaborasi untuk menyelesaikan perselisihan paham diantara mereka. Dalam hal ini Christina dapat bekerja agar memperoleh penghasilan. Sedangkan Bobby dapat bekerja seperti pekerjaannya sebelumnya yaitu bekerja di pantai dan memperbaiki jala serta berjualan ikan dan peralatan berlayar lainnya.

Strategi berfokus pada individu

Bobby dapat berlatih untuk memperoleh keahlian baru (practicing job rotation or temporary assignments) seperti memperbaiki mesin kapal dan alat-alat kapal lainnya yang rusak sehingga tidak perlu lagi berlayar meninggalkan keluarga dalam jangka waktu yang lama.

Strategi berfokus pada organisasi

Mereka dapat mengubah sumber konflik (dimana sumber konflik mereka disebabkan sumber daya/uang mereka yang sangat terbatas/sedikit), yaitu dengan cara mengumpulkan uang bersama atas hasil perolehan mereka dalam bekerja (joint income).

Strategi politik untuk memperoleh dan mempertahankan kekuatan

Bobby dan Christina dapat bersinergi untuk menerapkan strategi memperoleh/menghasilkan sumber daya (generating resources) karena sumber konflik mereka disebabkan sumber daya (dalam hal ini jumlah keuangan) mereka yang terbatas. Mereka dapat memperoleh/menghasilkan sumber daya dengan cara masing-masing pihak (baik Bobby maupun Christina) bekerja untuk memperoleh uang dan menggabungkan penghasilan mereka tersebut (joint income).

B. Motivation and Performance

Motivasi menurut Jones dan George dalam Contemporary Management adalah faktor psikologis yang mempengaruhi seseorang dalam menentukan arah perilaku seseorang dalam suatu organisasi, tingkat usaha seseorang, dan tingkat kegigihan seseorang dalam menghadapi suatu rintangan.

Hasil analisis atas sifat alami motivasi para tokoh utama (keenam orang nelayan) dalam film The Perfect Storm mengungkapkan hal-hal sebagai berikut:

Sifat alami motivasi

Deskripsi

Sifat alami motivasi para tokoh utama The Perfect Storm

Perilaku yang dimotivasi secara intrinsik

Perilaku yang dimotivasi untuk kepentingannya sendiri

Keenam orang nelayan memiliki motivasi untuk berlayar menangkap ikan karena kepentingan masing-masing dan juga karena “darah nelayan” yang mengalir dalam tubuh mereka.

Perilaku yang dimotivasi secara ekstrinsik

Perilaku yang dilakukan untuk memperoleh imbalan materi atau sosial atau untuk menghindari hukuman

Memperoleh uang yang banyak merupakan motivasi utama keenam nelayan tersebut untuk berangkat menangkap ikan.

Perilaku bermotivasi prososial

Perilaku yang dilakukan untuk memberi manfaat atau menolong orang lain.

Keenam nelayan tersebut berangkat berlayar bersama-sama karena mereka tahu bahwa mereka harus bekerja sama untuk menolong satu sama lain.

           

Adegan yang memperlihatkan bahwa uang adalah motivasi utama para nelayan tersebut

 (extrinsically motivated behavior)

Solusi/Saran yang diberikan

Seharusnya Capt. Billy Tyne juga fokus pada Need Theories, dimana dia harus memperhitungkan alat-alat keselamatan yang diperlukan oleh mereka semuanya demi untuk bertahan hidup di tengah lautan seandainya terjadi bencana melanda seperti badai dan gelombang besar. Alat-alat keselamatan yang dibutuhkan untuk survive dan bertahan hidup tersebut dapat berupa tabung oksigen, peralatan menyelam, kapal sekoci, pelampung, dan alat-alat keselamatan lainnya.

C. Leadership

Menurut Gareth R. Jones dan Jennifer M.George dalam Contemporary Management (2020), kepemimpinan adalah proses dimana seseorang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan seseorangan/orang lain guna membantu tercapai tujuan kelompok atau organisasi. Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mampu memberikan pengaruh terhadap anggotanya dalam mencapai target dan visi misi tim/kelompok yang dipimpinnya.

Hasil analisis atas model kepemimpinan yang dimiliki oleh Capt. Billy Tyne memperlihatkan bahwa Capt. Billy Tyne memiliki model kepemimpinan Charismatic Leader, dimana dia merupakan pemimpin yang antusias, pemimpin transformasional yang percaya diri yang mampu secara jelas mengkomunikasikan visinya, selalu bersemangat dan secara jelas mengkomunikasikan hal-hal yang menggembirakan kepada para nelayan (awak kapal) yang dipimpinnya. Selain itu dia secara terbuka selalu berbagi informasi kepada para nelayan (awak kapal) sehingga setiap orang sadar akan masalah yang dihadapi (adanya badai dan gelombang besar yang akan melanda kapal mereka) dan perlunya perubahan rencana mereka (dari yang semula hanya menuju Grand Banks, pada akhirnya juga menuju Flemish Cap).

Solusi/Saran yang diberikan

Capt. Billy Tyne alangkah baiknya memiliki tipe kepemimpinan Transformational Leadership, dimana dia dapat memotivasi para awak kapal yang dipimpinnya untuk bekerja demi kebaikan bersama, tidak hanya untuk pencapaian atau keuntungan mereka sendiri. Hal ini akan mengakibatkan para nelayan tersebut sadar akan pentingnya keselamatan mereka dalam berlayar, dan termotivasi untuk mempersiapkan diri mereka dengan alat-alat keselamatan bersama seperti tabung oksigen, peralatan menyelam, kapal sekoci, pelampung, dan alat-alat keselamatan lainnya.

Ferdinand Luther (42P20064)

SEMBA 42 C 

Referensi:

  1. Gareth R. Jones and Jennifer M. George, Contemporary Management, 11th ed (2020, McGraw Hill Education)

  2. http://jadwalfilmbioskopku.blogspot.com/2018/01/sinopsis-perfect-storm-2000-lengkap.html

  3. https://www.rottentomatoes.com/m/perfect_storm

  4. https://www.youtube.com/watch?v=Z8CR7jaYNsI

Trailer Film The Perfect Storm


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format